Hubungan baik di antara Manusia

Setidaknya ada tempat aman utk kita berbicara mengemukakan pendapat. Gunakan blog ini semaksimal mungkin. yg penting adalah memberi kenyamanan kepada pengguna lain utk ikut berpartisipasi meramaikan blog.

About these ads

Posted on 25/04/2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 4.230 Komentar.

  1. Kondisi alam lagi luar biasa,cuaca berubah-ubah tapi suhu permukaan bumi cukup tinggi alangkah baiknya menjaga kondisi dg banyak minum air putih dan air buah juice buah sebagai penetral/penguat tubuh.Hal itu perlu dilakukan mengingat akan ada perubahan cuaca yg agak ektrim kedepan dan itu akan cukup membuat banyak musim flu dan batuk…

    Diluar alam nyatapun spertinya juga terjadi gejolak,seakan merupakan sebab akibat alam nyata dan tdk nyata dan itu bisa menimbulkan efek yg luar biasa dipermukaan bumi dan seisinya.

    Kelak bila efek-efek itu muncul ke permukaan secara kasat mata bisa berupa bencana ,musibah,atau efek hubungan sosial antar manusia.

    Proses itu spertinya sedang berlangsung dari 2012-2017 yang akan ditandai dengan gejolak alam dari yang kecil hingga yang besar.

    Dalam kondisi itu saya mendapat suatu pelajaran bahwa manusia harus mulai mendekatkan diri pada Tuhannya sesuai cara masing-masing,mohonlah kepadaNya rahmat dan tuntunan agar setiap langkah hidup ini selalu berpijak pada kehendakNya.

    Inilah magna pesan itu :
    Beriman dan taat kepada Allah dengan hati yang sabar dengan cahaya petunjuk yang benar.
    Taqwa–>taat & sabar—>Allah—-kebenaran &hikmah –>iman.
    Artinya kita harus bertaqwa yang diwujudkan dg taat dan sabar(dalam kondisi apapun) kepada Allah,dari apa yang terjadi(menimpa)akan melihat/memperoleh kebenaran dan hikmah dan itulah kita akan menuju/memperoleh Iman,bahwa semua apa yang terjadi dan kita terima adalah semata karena Rahmat dan Kasih Nya.
    seseorang yg sdh /telah memperoleh kondisi diatas adalah berupa cahaya lingkaran putih yg ada titik ditengahnya,memang ini tdk terlihat kasat mata hanya para waskita yg mampu melihat simbol itu.
    Semoga kita semua dan keluarga kita selalu dalam rahmat dan kasihNya,hiduplah saling menyayangi akan sesama,lakukan banyak amal ibadah.Perbuatan baik sekecil apapun akan dicacat begitupun perbuatan jahat sekecil apapun akan dicacat pula.

    Joyo joyo wijayanti,mugi-mugi kito sedoyo tansah pinaringan teguh ,rahayu ,slamet,widodo,nir ing sambi kolo nir ing sekoro-koro.

    • benar kang tb, alam sedang bergejolak luar biasa, dan ini sangat dirasakan oleh makhluk yang nyata maupun yang dialam ghoib, semua merasakan panas yang tidak biasanya.

      dialam nyata, bukan hanya kekeringan terus meluas dimana2, tetapi juga berbagai macam penyakit memang sedang mewqabah, utamanya flue dan ispa, kalau tidak pandai mengantisipasi, sudah pasti ikut kena dampak gejolak alam ini.

      saran kang tb untuk makin mendekatkan diri kepadaNya, agar selalu memperoleh rahmat dan kasihNya, menjadi penyejuk keadaan alam yang luar biasa ini

      salam

  2. orang indonesia sebenarnya jagoan…
    ————————————————–

    Hebat, Bisa Tetap Panen di Tengah Kekeringan

    Wajah Saidi dan Mahdi tampak cerah. Mereka tersenyum lega karena tahun ini bisa panen raya padi.

    “Alhamdulillah, kami masih bisa panen besar. Di tempat lain banyak yang kering dan tidak bisa ditanami,” kata Saidi petani asal Desa Pekayon, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, Banten, saat melihat hamparan padi menguning siap dipanen.

    Kakak beradik ini bersama para petani lainnya yang tergabung dalam Kelompok Tani Harapan Makmur Desa Pekayon, bisa menikmati panen padi varietas Sidenuk sebanyak 11 ton gabah kering panen (GKP) dan varietas Mira I sebanyak 12 ton (GKP). Dua varietas tersebut hasil pemuliaan padi dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN).

    Panen raya itu dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Hermansyah, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tangerang Jarnaji, dan tamu undangan lainnya.

    Hal menarik lainnya panen raya ini juga ditopang teknologi pertanian berupa penyediaan pupuk yang ramah lingkungan yang diberi nama Slow Release Fertilizer (SRF), hasil riset para peneliti dari Pusat Teknologi Industri Proses Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (PTIP BPPT).

    Kepala Program Pengembangan Pupuk Berimbang PTIP BPPT, Abdul Ghofar menjelaskan penyebab terjadinya gagal panen pada musim kemarau ada beberapa hal. “Selain air tidak mencukupi, juga penggunaan pupuk yang berlebihan, tanah yang tidak subur, dan teknologi yang dipakai tidak berkembang.”

    Menurutnya seiring dengan isu perubahan iklim maka sektor pertanian pun harus melakukan adaptasi terhadap lingkungan. Namun dari hasil penelitiannya, petani sering boros pupuk yang menyebabkan terjadinya pemakaian pupuk secara berlebihan.

    Pada umumnya petani memakai empat jenis pupuk untuk menyuburkan tanah dan tanaman. “Mereka memberi pupuk pada tanah dan tanaman melebihi kapasitas. Sementara pupuk yang berhasil diserap tanaman cuma 20%, sisanya hilang.”

    Dampaknya limbah pupuk yang terbuang dalam jumlah berlebihan, saat musim kemarau menyebabkan tanah cepat kering dan pecah-pecah.

    “Inilah yang kemudian menjadi dasar pemikiran kami untuk menciptakan pupuk yang hemat air, hemat pemakaian, dan sawah tetap bisa ditanami meski kemarau panjang.”

    Kabid Teknik Industri Kimia PTIP BPPT, Hens Saputra menambahkan SRF ini merupakan pupuk hara makro yang mengandung nitrogen, fosfat dan kalium.

    Pupuk tersebut dikembangkan dengan material nano dari sumber alam yakni ziolith. Sifat ziolith tidak bisa melepas air begitu saja. Ziolith ini nantinya memiliki fungsi sebagai pengikat air di dalam tanah. Ketika musim kemarau tiba dan di saat air mulai berkurang, pupuk ini bisa dipakai selain untuk menyuburkan tanah dan tanaman juga melepas air yang sudah diikat.

    Bahkan ziolith ini juga membantu kapan nutrien di dalam pupuk dilepaskan ke tanaman. “Jadi intinya dengan adanya ziolith ini, pupuk SRF yang mengontrol air dan nutrien,” terang Hens.

    Adapun bentuk pupuknya mirip gronola atau butiran-butiran kecil. Hens menambahkan BPPT sudah melakukan ujicoba di 16 kabupaten di Jawa, Bali, Sulawesi Selatan, dan Merauke. Termasuk di Desa Pekayon ini dengan memakai lahan seluas 20 hektare dari total 50 hektare sawah yang ada.

    Uniknya sebagian sawah yang ada di desa tersebut sudah puso akibat kekeringan. Namun wilayah uji coba tersebut tetap subur, bahkan panen raya.

    http://www.mediaindonesia.com/read/2012/09/13/347747/291/7/Hebat-Bisa-Tetap-Panen-di-Tengah-Kekeringan

  3. ada informasi nanti malam para leluhur tanah jawa akan turun dari puncak merapi setelah lebih dari sepekan beliau berkumpul disana, sebelumnya beliau2 ini sangat sibuk sekali setelah sebelumnya beliau berkumpul di lawu, muria dan bahkan sempat hampir 2 bulan berkumpul di negeri yaman.

    apakah kesibukan beliau2 ini dan turun gunungnya beliau2 ini ada kaitannya dengan kepentingan manusia utamanya dengan kondisi alam sekarang ?, wallahu alam

  4. Pak Boss kemana neh…………

  5. salam hormat poro sepuh&sedulur,.
    Vishnu @ wahai kaum yg tengah berputus asa,.cintailah dengan segenap hatimu untuk tanah,.dimana kamu meminum airnya,dan memakan hasilnya,..
    Putra sang fajar @ bangkilah jiwa&ragamu,.wahai para marhaen…bangun,,bangunlah,….

  6. Salam Mas GP……..

    Seperti yang Njenengan katakan kemarin bahwa api sudah ada dimana mana…..membakar dan menimbulkan kerusakkan…….

    Surabaya jawa timur juga terkena marahnya api…..

    http://www.metrotvnews.com/read/newsvideo/2012/09/17/159643/Pasar-Turi-Terbakar/6

    Gempa kembali melanda Banyuwangi…..

    http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/09/16/106329/Gempa-5-1-SR-Guncang-Banyuwangi/6

    • salam romo JS,

      apinya sekarang ga pandang bulu… mudah-mudahan pasar genteng selamat dr amukan api, amin.

      sebelumnya kios di bali juga terbakar… hampir sy salah baca… kios jadi kos hehehe…

      • hati-hati… gerbong juga merambah indonesia,

        12 tewas, 13 masih hilang…
        http://www.antarakaltim.com/berita/9241/korban-tewas-kapal-tenggelam-jadi-12-orang

        • Salam Mas GP….sedoyo sedulur dan porosepuh……

          Bencana gunung meletus dan kapal tenggelam itu sama dengan penglihatan Njenengan beberapa hari yang lalu….melihat gambar gunung dan kapal ketika mata terpejam menuju tidur…..

          Semoga berita selalu hadir ke banyak pribadi rekan blogger….supaya bisa lebih waspada…eling dan waspodo…….

          Kami juga ada berita gambar tapi kami belum tahu artinya….tentang gelombang bening yang menyebar kesegala arah….entah apa faedah dari aura bening itu….

          • itulah akibat jelek kalau terlalu dekat dg romo JS… mata ke tiga jadi melek/melihat… hati-hati, jangan dekat-dekat dg romo JS… ketularan melihat yg aneh-aneh…
            hehehe…

      • hiks…….. kos

  7. Tsunami Matahari: sebuah berita yang cukup mengagetkan dari Nasa. Para ilmuwan NASA mengeluarkan peringatan tsunami. Tapi ini bukan sembarang tsunami. Ini adalah tsunami Matahari yang akan menghantam Bumi dan dikhawatirkan mengganggu sistem komunikasi. Mereka memperkirakan, tsunami matahari ini akan melanda kawasan kutub utara dan selatan, dan akan terlihat seperti aurora di langit. Tsunami matahari ini berasal dari ledakan sangat besar yang terjadi di permukaan matahari. Ledakan yang terjadi pekan lalu itu sempat terekam oleh sejumlah satelit, termasuk stasiun pemantau matahari milik Nasa, Solar Dynamics Observatory. Begitu besarnya ledakan itu sehingga tidak bisa ditahan oleh gravitasi matahari, dan energi dari ledakan diperkirakan akan meluncur mencapai bumi. Gelombang energi itulah yang digambarkan seperti sebuah tsunami yang melintasi jarak 93 juta mil melintasi angkasa dan menuju planet bumi.

    Badai Matahari: Menurut laporan website Inggris “New Scientist”, maksud dari badai matahari atau solar storm adalah siklus kegiatan peledakan dahsyat dari masa puncak kegiatan bintik matahari (sunspot), biasanya setiap 11 tahun akan memasuki periode aktivitas badai matahari. Ilmuwan Amerika baru-baru ini memperingatkan bahwa pada tahun 2012 bumi akan mengalami badai matahari dahsyat (Solar Blast), daya rusakanya akan jauh lebih besar dari badai angin “Katrina”, dan hampir semua manusia di bumi tidak akan dapat melepaskan diri dari dampak bencananya.

    Pada 22 September 2012 tengah malam, langit New York, Manhattan Amerika Serikat akan tertutupi oleh seberkas layar cahaya yang warna-warni.Di wilayah selatan New York ini, sangat sedikit orang yang dapat melihat fenomena aurora ini. Namun, perasaan menikmati indahnya pemandangan alam ini tidak akan berlangsung lama. Setelah beberapa detik, semua bola lampu listrik di wilayah tersebut mulai gelap dan berkedip tak menentu, kemudian sinar cahayanya dalam seketika tiba-tiba bertambah terang, dan cahaya bola lampu menjadi luar biasa terang. Selanjutnya, semua lampu mati. 90 detik kemudian, seluruh bagian Timur Amerika Serikat akan mengalami pemadaman listrik. Setahun kemudian, jutaan orang Amerika mulai mati, infrastruktur negara akan menjadi timbunan puing. Bank Dunia akan mengumumkan Amerika berubah menjadi negara berkembang. Pada saat yang sama, Eropa, China dan Jepang dan daerah lain atau negara juga akan sama seperti Amerika Serikat, berjuang dalam bencana sekali ini. bencana ini datang dari badai matahari atau solar storm yang dahsyat, terjadi pada permukaan matahari yang berjarak 150 juta km dari bumi.

    Sumber: http://messianic-indonesia.com/index.php?option=com_content&view=article&id=204:menyonsong-ratu-adil-dengan-menjalani-kehidupan-yang-sadar-dan-waspada&catid=34:mesianik&Itemid=53

  8. IKAN LELE & GEMPA
    Di Jakarta dan berbagai kota metropolitan di dunia, rumah di atas tanah harganya jauh lebih mahal daripada tinggal di apartemen. Sehingga banyak sekali penduduk yang memilih tinggal di apartemen untuk efektivitas biaya. Apartemen yang dibangun bila kita amati perkembangannya semakin tinggi struktur bangunannya. Untuk keamanan dan kenyamanan para penghuni, manajemen apartemen biasanya mengadakan latihan evakuasi, baik dari kebakaran atau gempa. Ini hal yang cukup baik mengurangi resiko kecelakaan dan banyaknya korban. Bagi penghuni apartemen di lantai atas, evakuasi memakan waktu cukup lama.
    lele
    Bagi para penghuni apartemen, hal lain yang dapat dimanfaatkan adalah dengan memelihara ikan lele. Sekelompok lele dipelihara dalam akuarium kaca atau kolam dalam apartemen. Lele memikiki sensitifitas tinggi terhadap pergerakan tanah termasuk gempa, bahkan walaupun lele diletakkan di lantai tinggi apartemen. Di Jepang, sangat disarankan bagi para penghuni partemen untuk memelihara ikan ini. Bila suatu getaran dalam tanah terjadi dan membentuk gempa, maka lele-lele peliharaan ini akan berkecipuk aktif dan mengibas-ibaskan air akuarium/kolam. Sebelum berita gempa muncul di TV atau radio, penghuni apartemen dapat bergegas melakukan evakuasi penyelamatan.

    Sumber : http://www.armhando.com/2012/01/tanda-tanda-dari-hewan-akan-datangnya.html

  9. Salam hormat poro sepuh&sedulur,.

    Baru saja sy diperlihatkan,.bahwa malam ini ada 7 orang manusia yg sedang menimba ilmu,.dlm suatu majelis/pdepokan,. yg uniknya,5 atau 6 orang manusia2 itu(tidak trmsk sy),adlh yg membaca atau(tahu/mengenal),blog akigendeng ini..
    Bagi yg merasa/tahu didlm hati,bahwasanya itu adlh sukma sejatinya,.buktikan merahmu,.dalam hal nyata,pd duniamu…

    Mungkin sy salah dlm melihat,.mungkin..
    Tp untuk membumbu-bumbui tidak,apalagi bohong..buat apaan…

    Ohya,.Nb: tidak ditanggapi pun ora popo…hha,,hha,,..

    • Salam Mas Nur,
      7 yang berarti pitulungan, semoga setelah menimba ilmunya selesai dan berhasil, dapat di tularkan pada saya dan mereka dapat menolong sesama titah dalam hidup nyata mas….

      salam

      heri

  10. Salam Mas Nur……weeeh…jago melek malam rupanya ……semoga saja manusia itu adalah para blogger Aki Gendeng atau si mata pengintip……waaah…..saya jadi kepingin tahu siapa saja beliaunya…he he apakah para beliau mau mengaku ???……he he he….saya ngikut Mas Nur saja sebagai pengekor dan tidak ikutan dalam majlis….ikutan menimba ilmu dan diskusi dalam majlis bikin kepala mumet dan kliyengan…..Nuwun…

  11. salam romo JS,

    sy belum mudeng ttg server arsip… apakah alat ini sebagai penyimpan arsip/data yg kapasitasnya sangat besar? ataukah hanya sebagai penyederhana kunci pembuka file?

    suwun.

  12. Bapak bapak….Ibu ibu …. dan Teman temanku….. Mari kita lihat film ‘Innocence of Muslims’. … rame rame yukk…
    http://berita.plasa.msn.com/rusuh-demo-film-innocence-di-kedutaan-as-indonesia

  13. Satu lagi….. Siapakah nenek moyang bangsa Indonesia?
    1. Bangsa Austronesia dari Yunan selatan
    2. MUNGKIN Bangsa Austronesia dari Yunan selatan
    3. Manusia Purba Pythecantropus Erecthus
    4. Yang di warung Bego semua
    5. Atau saya saja yang Bego
    hehehe…..

  14. Banyak ahli – ahli yang menyampaikan pendapatnya tentang Asal – Usul Bangsa Indonesia. Ada pendapat yang diterima dan ada juga yang tidak, dan pendapat yang diterima itulah yang disebut sebuah teori. Berikut adalah 15 Nama Ahli beserta pendapatnya tentang Asal – Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia :

    1. Drs. Moh. Ali
    Ali menyatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Yunan, Cina. Pendapat ini dipengaruhi oleh pendapat Mens yang berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Mongol yang terdesak oleh bangsa-bangsa lebih kuat sehingga mereka pindah ke selatan, termasuk ke Indonesia. Ali mengemukakan bahwa leluhur orang Indonesia berasal dari hulu-hulu sungai besar yang terletak di daratan Asia dan mereka berdatangan secara bergelombang. Gelombang pertama berlangsung dari 3.000 hingga 1.500 SM (Proto Melayu) dan gelombang kedua terjadi pada 1.500 hingga 500 SM (Deutro Melayu). Ciri-ciri gelombang pertama adalah kebudayaan Neolitikum dengan jenis perahu bercadik-satu, sedangkan gelombang kedua menggunakan perahu bercadik-dua.

    2. Prof. Dr. H. Kern
    Ilmuwan asal Belanda ini menyatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari Asia. Kern berpendapat bahwa bahasa – bahasa yang digunakan di kepulauan Indonesia, Polinesia, Melanesia, Mikronesia memiliki akar bahasa yang sama, yakni bahasa Austronesia. Kern menyimpulkan bahwa bangsa Indonesia berawal dari satu daerah dan menggunakan bahasa Campa. Menurutnya, nenek-moyang bangsa Indonesia menggunakan perahu-perahu bercadik menuju kepulauan Indonesia. Pendapat Kern ini didukung oleh adanya persamaan nama dan bahasa yang dipergunakan di daerah Campa dengan di Indonesia, misalnya kata “kampong” yang banyak digunakan sebagai kata tempat di Kamboja. Selain nama geografis, istilah-istilah binatang dan alat perang pun banyak kesamaannya. Tetapi pendapat ini disangkal oleh K. Himly dan P.W. Schmidt berdasarkan perbendaharaan bahasa Campa.

    3. Willem Smith
    Melihat asal-usul bangsa Indonesia melalui penggunaan bahasa oleh orang-orang Indonesia. Willem Smith membagi bangsa-bangsa di Asia atas dasar bahasa yang dipakai, yakni bangsa yang berbahasa Togon, bangsa yang berbahasa Jerman, dan bangsa yang berbahasa Austria. Lalu bahasa Austria dibagi dua, yaitu bangsa yang berbahasa Austro Asia dan bangsa yang berbahasa Austronesia. Bangsa-bangsa yang berbahasa Austronesia ini mendiami wilayah Indonesia, Melanesia, dan Polinesia

    4. Prof. Dr. Sangkot Marzuki
    Menyatakan bahwa nenk moyang bangsa Indonesia berasal dari Austronesia dataran Sunda. Hal ini didasarkan hasil penelusuran DNA fosil. Ia menyanggah bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan, karena Homo Erectus atau Phitecantropus Erectus ini tidak ada kelanjutannya pada manusia saat ini. Mereka punah dan digantikan oleh manusia dengan species baru, yang sementara ini diyakini sebagai nenek moyang manusia yang ditemukan di Afrika.

    5. Van Heine Geldern
    Pendapatnya tak jauh berbeda dengan Kern bahwa bahasa Indonesia berasal dari Asia Tengah. Teori Geldern ini didukung oleh penemuan-penemuan sejumlah artefak, sebagai perwujudan budaya, yang ditemukan di Indonesia mempunyai banyak kesamaan dengan yang ditemukan di daratan Asia.

    6. Prof. Mohammad Yamin
    Yamin menentang teori-teori di atas. Ia menyangkal bahwa orang Indonesia berasal dari luar kepulauan Indonesia. Menurut pandangannya, orang Indonesia adalah asli berasal dari wilayah Indonesia sendiri. Ia bahkan meyakini bahwa ada sebagian bangsa atau suku di luar negeri yang berasal dari Indonesia. Yamin menyatakan bahwa temuan fosil dan artefak lebih banyak dan lengkap di Indonesia daripada daerah lainnya di Asia, misalnya, temuan fosil Homo atau Pithecanthropus soloensis dan wajakensis yang tak ditemukan di daerah Asia lain termasuk Indocina (Asia Tenggara).

    7. Prof. Dr. Krom
    Menguraikan bahwa masyarakat awal Indonesia berasal dari Cina Tengah karena di daerah Cina Tengah banyak terdapat sumber sungai besar. Mereka menyebar ke kawasan Indonesia sekitar 2.000 SM sampai 1.500 SM.

    8. Dr. Brandes
    Berpendapat bahwa suku-suku yang bermukim di kepulauan Indonesia memiliki persamaan dengan bangsa-bangsa yang bermukim di daerah-daerah yang membentang dari sebelah utara Pulau Formosa di Taiwan, sebelah barat Pulau Madagaskar; sebelah selatan yaitu Jawa, Bali; sebelah timur hingga ke tepi pantai bata Amerika. Brandes melakukan penelitian ini berdasarkan perbandingan bahasa.

    9. Hogen
    Menyatakan bahwa bangsa yang mendiami daerah pesisir Melayu berasal dari Sumatera. Bangsa Melayu ini kemudian bercampur dengan bangsa Mongol yang disebut bangsa Proto Melayu (Melayu Tua) dan Deutro Melayu (Melayu Muda). Bangsa Proto Melayu kemudian menyebar di sekitar wilayah Indonesia pada tahun 3.000 hingga 1.500 SM, sedangkan bangsa Deutro Melayu datang ke Indonesia sekitar tahun 1.500 hingga 500 SM.

    10. Max Muller
    Berpendapat lebih spesifik, yaitu bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Asia Tenggara. Namun, alasan Muller tak didukung oleh alasan yang jelas.

    11. Mayundar
    Berpendapat bahwa bangsa-bangsa yang berbahasa Austronesia berasal dari India, lalu menyebar ke wilayah Indocina terus ke daerah Indonesia dan Pasifik. Teori Mayundar ini didukung oleh penelitiannya bahwa bahasa Austria merupakan bahasa Muda di India bagian timur.

    12. Mens
    Berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari bangsa Mongol yang terdesak oleh bangsa – bangsa yang lebih kuat, sehingga mereka terdesak ke selatan termasuk kawasan Indonesia.

    13. Sultan Takdir Alisyahbana
    Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang berasal dari melayu karena berdasarkan rumpun bahasa yang memiliki kesamaan.

    14. Gorys Kraf
    Indonesia kebudayaannya lebih tinggi dari kebudayaan wilayah sekitarnya, yang berarti induknya berasal dari Indonesia.

    15. Harry Truman Simandjutak
    Bahwa bahasa yang banyak digunakan di Indonesia berasal dari Bahasa Austronesia yang induknya ada di Pulau Formosa, Taiwan.

    # Menurut Prof. H.R. Fischer (pengantar Antropologi kebudayaan Indonesia) bangsa indonesia terbagi menjadi 3 bangsa :
    Negroid (orang Tapiro Irian/Papua).
    Ciri-ciri : kulit hitam, rambut keriting, bertubuh kecil.
    Weddoid (orang Senoi di Malaya, Sakai di Siak, Kubu di Palembang).
    Ciri-ciri : rambut berombak tegang, lengkung alis menonjol ke depan, kulit agak coklat.
    Melayu (Suku jawa).
    Ciri-ciri : tubuh tinggi & ramping, wajah bulat, hidung pesek, rambut hitam, kulit sawo matang.

    Teori hanyalah sebuah teori, namun dari sebuah teori kita dapat mengambil sebuah pengetahuan. Terlalu fanatik juga akan memperburuk keadaan kita, karena kita belum mengetahui kepastian pendapat tersebut. Namun tidak memperdulikan berarti kita tidak menghargai para ahli yang berniat membantu kita dalam menyelesaikan problema ketidaktahuan kita.
    Sumber: Akurat-Independence-Berimbang

  15. Analisa super FANTASTIS

    Tahun 2237 : Seusai Indonesia – Lahirnya negara baru di Indonesia Timur

    Penambangan pihak asing yang membuat luka di bumi Papua.

    Pada tahun 2237 telah terjadi perubahan besar di tatanan politik, sosial, ekonomi , budaya dll di kawasan Asia Tenggara, khususnya di wilayah yang dulu dikenal sebagai Indonesia, dimana sekarang telah terbagi menjadi dua negara di barat dan timur Indonesia. Dua kutub yang sebelumnya sangat berbeda kekuatan ekonomi dan human knowledgenya pada awal abad 21. Penduduk di kedua wilayah ini telah mencapai 827 juta orang, dimana barat dan timur sudah mencapai titik perimbangan di segala bidang, khususnya setelah revolusi Jayapura pada tahun 2041.

    Sejak berdiri megahnya jembatan penghubung pulau Jawa dan Sumatera, jembatan ini telah melejitkan pertumbuhan ekonomi di seluruh pulau Sumatera. Bila dilihat dengan satelit-satelit mutahir turunan dari teknologi Defense Meteorological Satellites Program (DMSP) yang semakin detail di tahun 2030an, lampu-lampu jalanan di Sumatera saat malam hari terlihat sangat jelas dengan hiruk-pikuknya manusia untuk mengais rejeki dari kemajuan daerah ini. Pelabuhan-pelabuhan di sepanjang Samudera Hindia dan selat Malaka hingga laut Jawa semakin menyemarakkan perekonomian di kepulauan ini. Di siang hari bila diamati dengan menggunakan sistem satelit real-time upgrading dari Ikonos dan Quickbird yang pada tahun 2010an merupakan teknologi mutakhir, saat ini telah mencapai resolusi sub-milimeter, maka terlihat jelas perubahan drastis kesibukan manusia di wilayah ini dibandingkan dengan beberapa dekade sebelumnya. Mereka berlalulalang untuk menyelesaikan hajat masing-masing. Mobilisasi manusia dan telekomunikasi dapat diamati dengan cepat dan kegiatan kriminal antar bangsapun dapat diawasi dengan cepat lewat teknologi turunan dari RFID yang sudah ditanamkan ke tubuh manusia bersamaan dengan suntikan vaksin saat lahir sejak tahun 2015.

    Pada saat salah satu satelit monitoring melewati gang-gang sempit kota Bandar Lampung yang telah dipenuhi orang-orang Jawa perantauan, terekam seorang ibu yang mengenakan konde sedang naik mobec alias nama keren dari motor becak elektronik, yaitu kendaraan pintar karya anak Indonesia tahun 2014 yang menciptakan kendaraan dimana para pemakai dapat menikmati entertainment di layar yang dulunya untuk kerudung anti panas becak. Kanan kiripun penuh dengan panel dan tombolnya, sehingga tinggal pencet ini itu untuk mendapatkan program satelit terkini hingga pembelian saham dari dalam mobec yang energinya disupply dari solar panel terbaru. Pembayaran mobec tidak seperti jaman dulu dengan uang, credit card atau sidik jari, tapi semua sudah terekam sesuai dengan sistem DNA yg dipancarkan oleh gelombang otak manusia dan turunan teknologi RFID. Sistem ini sudah menjadi sistem pembayaran standar di wilayah ini, sehingga pergi kemana-mana tidak perlu membawa dompet, dompetpun sudah masuk museum saat ini.

    Tentara campuran Indonesia dan Belanda di masa 1830-1950.
    Museum keindonesiaan dapat ditemukan di kota tua, Jakarta, bekas Ibukota Indonesia yang dipakai sampai tahun 2032 dan sekarang telah pindah ke ibu kota baru di kota yang dulunya bernama Palangkaraya. Kota bekas Palangkaraya adalah kota di tengah Borneo yang relatif stabil terhadap gempa dibanding pulau Jawa yang pada tahun 2010an sering terjadi gempa dan terjadinya gempa yang cukup besar ini merusak infrastruktur pulau Jawa termasuk jalan tol Jawa utara dan selatan. Alasan ini yang menyebabkan dipindahkannya ibukota Indonesia dari Jakarta ke Palangkaraya pada tahun 2032.

    Disamping sebagian kota Jakarta yang telah tenggelam akibat penurunan tanah di sekitar pantai Jakarta utara akibat penggunaan lahan yang tidak mempertimbangkan tatanan tanah di wilayah tersebut dan penggunaan air tanah yang tak terkontrol. Hal serupa juga terjadi di kota-kota besar sepanjang pantura, dimana proses sedimentasi tidak seimbang dengan perkembangan kota sendiri. Ditambah semakin miringnya pulau Jawa akibat hunjaman (subduction) di selatan pulau Jawa yang mengakibatkan pergeseran tanah di pulau jawa sekitar 1.32 meter dibanding tahun 2010an, belum dipertimbangkan pula semakin miringnya permukaan pulau Jawa ke arah utara. Walau fenomena pengangkatan dan pergerakan pulau Jawa ini sebenarnya sudah terjadi terus menerus sejak 20 juta tahun yll, saat lempeng Australia menghunjamkan ke bawah lempeng Asia yang mengakibatkan ratusan ribu hingga jutaan kali gempa di sekitar wilayah selatan pulau Jawa. Sekitar 10-20 juta tahun lagi sebenarnya wilayah Indonesia bagian barat, tepatnya di sekitar selatan pulau Jawa dan barat Sumatera akan bertambah kurang lebih 200 km. Hal ini adalah berkah dari hunjaman lempeng tersebut sehingga menciptakan perluasan pulau Sumatera dan Jawa. Kondisi ini sangat mirip dengan kondisi pulau dulu yang dikenal sebagai negara Jepang yang tercipta karena subduction juga.

    Dalam museum keindonesiaan ini dapat kita temukan juga mata uang Rupiah yang dipakai oleh Indonesia sampai tahun 2042, dan sekarang diganti menjadi mata uang Asia. Pemilihan nama “Asia” karena Indonesia ingin “setidaknya” menguasai seluruh Asia. Mata uang Rupiah tidak dipakai oleh masyarakat Indonesia lagi karena nilainya tidak karuan dan sulit mengontrolnya, dimana pada tahun 2042 harga beras jatah pegawai negeri per liter telah mencapai 102,000 Rupiah, dimana rata-rata pendapatan saat itu 6,825,000 rupiah. Warganegara Indonesia selalu dipusingkan dan disibukkan dengan angka yang panjang untuk menghitung segala kebutuhan sehari-hari, bahkan untuk beli bandeng pepes beberapa ekor dan satu mangkuk bakso saja harus memakai memori kepala sepanjang 5 digit. Pihak pedagangpun semakin repot untuk urusan dagang, karena harus menyesuaikan diri terus menerus dan bolak-balik beli kalkulator baru, karena jumlah digit semakin bertambah untuk mengekspresikan nilai barang yang semakin menyusut jumlahnya. Tepatnya semakin capek saja menghitung barang yang tidak seberapa. Sebaliknya pabrik kalkulator dan komputer khusus untuk wilayah Indonesia terus dapat mengeruk keuntungan dengan penjualan kalkulator model baru dan upgrading memori komputer. Efek lain cepatnya inflasi keuangan Indonesia adalah cepatnya penuh memori komputer, demikian juga semakin banyak energi listrik yang dipakai dan semakin tidak efisien saja, antara energy yang disediakan negara dengan perhitungan yang harus dilakukan. Semakin banyak digit yang dipakai, maka semakin banyak energy yang harus digunakan untuk mengingat dan memproses angka-angka rupiah di seluruh negara ini, fenomena ini meningkatkan efek pemanasan global dari pihak Indonesia. Akhirnya mata uang Rupiah diruwat dengan mengganti namanya menjadi “Asia” pada tahun 2042.

    Majunya Indonesia mengubah kebiasaan hidup masyarakat dan membuat semakin tidak karuan kebutuhan listrik Indonesia, karena industri dan jumlah penduduk yang terus bertambah pesat, sehingga dibutuhkan pasokan listrik yang stabil dan aman. Semakin stress dan kegeraman masyarakat karena pemadaman bergilir tanpa pemberitahuan dan tanpa kompensasi terhadap hilangnya data olahan kerja, kerusakan perangkat elektronik, hilangnya kesempatan berbisnis dan bekerja, sehingga kondisi ini membuat kemarahan rakyat mencapai ubun-ubun. Maka terjadilah protes besar-besaran di seluruh Indonesia pada tahun 2015. Sifat masyarakat Indonesia yang lebih mengedepankan otot daripada otak, membuat mereka bertambah beringas dengan penghancuran fasilitas pemerintahan, khususnya fasilitas perusahaan listrik negara, karena perangkat jaringan listrik ada atau tidak sama saja tidak tersedianya listrik yang stabil, malah adanya jaringan listrik yang semrawut menambah stress masyarakat saja selama ini, belum masalah buruknya pemandangan karena kabel listrik yang semakin semrawut. Demikian juga pengerjaan proyek galian listrik yang seharusnya dapat dikerjakan saat malam hari agar dapan dihindari terjadinya kemacetan, malah selama ini pimpro tidak pernah berpikir sedikitpun untuk mengatasi masalah-masalah demikian. Kemacetan di mana-mana terjadi dan membuat masyarakat semakin butek pikirannya. Memuncaknya kemarahan rakyat terhadap masalah listrik, pengrusakan lingkungan karena prioritas eksploitasi tambang mineral selama ini yang merugikan masyarakat daerah, akhirnya mengambil korban Menteri ESDM yang digebugi oleh rakyat di jalanan saat kunjungannya menjelang tahun baru 2016 di perjalanan menuju peresmian proyek baru pertambangan tembaga dan emas yang dikelola oleh perusahaan asing. Peristiwa ini baru berakhir setelah turunnya Presiden yang kurang tahu kebutuhan kestabilan energi dan pemeliharaan lingkungan hidup saat itu, dimana kebijakan saat itu hanya mengeksploitasi terus sumber daya alam Indonesia dan menjual murah ke negara lain. Beberapa saat Indonesia mengalami kemunduran, tapi akhirnya terjadi revolusi energi dengan pembangunan reaktor nuklir di beberapa daerah untuk mencukupi kebutuhan listrik wilayah ini, dimana seharusnya pada tahun 2010 saja membutuhkan sekitar 50 reaktor nuklir untuk mendukung industri dan penduduk yang berjumlah sekitar 230 juta orang.

    Pada tahun 2025 ada seorang anak bangsa menemukan idea, ciri khas Indonesia yang antik ini bisa menjadi obyek wisata tersendiri, kemudian dia mendirikan biro “wisata pusing” bagi orang asing yang ingin menjauhkan diri dari kesantaian dan keteraturan di manca negara yang sudah maju dan teratur. Penemuan-penemuan orang Indonesia untuk menghitung dan mengakali kerumitan hidup menjadi produk kebanggaan tersendiri bagi Indonesia. Dari kalkulator yang mencapai ratusan digit yang biasa dipakai untuk menghitung di space science, tapi di negara lain sudah tidak diperlukan lagi, karena mata uang mereka sudah mapan, bahkan semakin kecil atau berkurang digitnya, tapi nilai nominal cukup tinggi. Salah satu program wisata pusing ini adalah mengikuti wisata korupsi dengan kunjungan langsung ke workshop atau praktek korupsi dengan staf pengajar yang memang pakar di bidang ini dan telah mempunyai track record dan lisensi sebagai gembong korupsi, telah mempunyai catatan emas sebagai pelaku di peristiwa-peristiwa besar sejarah perkorupsian Indonesia beberapa puluh tahun yll.

    Akhirnya masyarakat Indonesia lelah dan kehabisan energi untuk menghilangkan korupsi, hingga hancurnya Komisi Pemberantasan Korupsi pada tahun 2017 karena lemahnya pemerintah saat itu dan mulusnya rancangan perundangan legalisasi korupsi di Indonesia oleh DPR. Sejak itu semakin marak sekolah yang menyajikan manajemen dan bisnis korupsi. Sistem pajak biasa dianggap kuno dan tidak berlaku lagi, dimana sistem pajak korupsi lebih menjamur dengan berbagai paket hematnya dengan semakin bervariasinya sistem pelicin dan pengibulan yang sangat canggih. Indonesiapun menjadi acuan bagi manajemen korupsi dunia, orang asing berbondong-bondong belajar untuk menimba teknik korupsi ala Indonesia yang sangat original.

    Penelitian terhadap struktur fisik otak orang Indonesiapun semakin marak, ternyata ditemukan hasil penelitian pada tahun 2021 dimana otak orang Indonesia sangat aktif dan terlatih untuk berpikir bersamaan antara perilaku berdasarkan etika adat-agama dengan perilaku korupsi sendiri dan perilaku nyeleneh lainnya, walau kalau dilihat dari kehidupan sehari-hari sangat alim dan seolah sebagai panutan, karena mereka selalu mengoperasikan otaknya bagaikan parallel processing yang berkembang pesat pada tahun 1990an dan sangat cepat seperti GPU CUDA atau processor Playstation 3 pada tahun 2010an. Keseimbangan antara baik dan buruk menjadi budaya dan keharusan untuk dilakukan, bukan lagi memisahkan baik dan buruk lagi yang sudah menjadi budaya basi. Hal ini semakin menguatkan hipotesa beberapa puluh tahun sebelumnya dimana parallel processing telah dipakai dalam kehidupan sehari-hari orang Indonesia jauh sebelum ditemukan komputer sendiri. Hasil korupsipun sudah menjadi hal biasa dan dianggap sebagai pahala, bahkan dalam doa sehari-haripun mereka berterimakasih atas berkah dan rejeki dari hasil korupsi.

    Kembali ke wilayah Sumatera, ketergantungan perekonomian Aceh terhadap kota besar lainnya di wilayah Sumatera semakin besar, terbukti dengan budaya dan perilaku masyarakat yang berubah pesat pada tahun 2040an, sehingga para generasi mudanyapun lupa terhadap peristiwa-peristiwa yang terjadi hingga awal tahun 2000an. Ini hal lumrah seperti apa yang terjadi di kawasan yang disebut Indonesia dulu, mereka mengklaim telah memenangkan perjuangan fisik hingga kemerdekaan penuhnya tercapai pada tanggal 27 Desember 1949 setelah ditandatangani Rancangan Piagam Penyerahan Kedaulatan antara Republik Indonesia Serikat dari Kerajaan Netherland.

    Pada saat perjuangan fisik akhir abad 19 hingga awal abad 20 di bekas wilayah Indonesia, seluruh komponen Indonesia, baik ormas, tentara, cendikiawan, politikus dll dengan berbagai paham, ajaran dan kepercayaan masing-masing mempunyai pikiran sama, yaitu “Merdeka !” Tapi mereka juga mempunyai harapan tersembunyi yang sama juga, yaitu “Setelah kemerdekaan tercapai nanti, akan kami tanamkan lebih dalam paham, ajaran dan kepercayaan sesuai misi kami ! kalau ada yang ganggu, babat !“ Ternyata para pejuang Indonesia adalah hasil produksi pengaruh asing semua yang membawa misi-misi hasil karya paham, budaya dan jati diri asing yang berasal dari Eropa, Rusia, Amerika, China, India, Arab dll.

    Sangat disayangkan nenek moyang Indonesia adalah orang-orang kepulauan yang bisa dikata, orang-orang penakut, karena takut terisolir bila tidak mengikuti ajaran asing, lebih baik manut saja. Demikian juga pikirannya, daripada bingung membangun budaya dan jati diri sendiri, lebih baik makan saja mentah-mentah pikiran dan produk budaya asing. Alhasil, setelah kemerdekaan, kebiasan yang telah membudaya yaitu budaya siapa kuat dia yang akan berkuasa di Indonesia, semua sumber daya alam dan manusia adalah milik si pemegang paham kekuatan dan ajaran yang paling luas dan banyak dipercaya oleh orang Indonesia. Proses kompetisi memformat jati diri orang Indonesia semakin tajam pada tahun 1930an hingga 2030an. Orang di kawasan Indonesia semakin takut untuk menunjukkan dan menggali jati diri bangsa sendiri, bahkan mereka semakin tidak tahu dan hanyut dengan iming-iming ilusi alam setelah kematian yang semakin membingungkan generasi mudanya dan menjauhkan dari kenyataan hidup dan arti hidup sendiri. Rasa takut dan ewuh pekewuh orang Indonesia yang sebagian besar orang Jawa terhadap budaya asing, secara tidak langsung membawa bangsa ini menuju ketakutan nasional dan penuh rasa curiga. Asal ada kegiatan sosial langsung ditutup paksa dengan berbagai alasan yang dibuat-buat, akhirnya akal normal untuk menjaga lingkunganpun hilang, karena tata cara kehidupan sehari-hari dan waktu telah habis untuk mengkonsentrasikan diri untuk mengagungkan kebesaran dan kekosongan ajaran asing.

    Setelah kemerdekaan Republik Indonesia Serikat tahun 1949, seiring dengan pertumbuhan negara dengan segala intrik yang terjadi di dalamnya, generasi mudapun semakin tidak acuh dengan apa yang terjadi di negaranya, Indonesia yang membesarkannya selama ini. Hal ini terjadi karena generasi tuanya dulu hanya mengandalkan dan membanggakan gerakan fisik saja tanpa menanamkan pengertian kemerdekaan yang seharusnya diisi dengan kebersamaan untuk membangun negara Republik Indonesia Serikat yang dimerdekakan bersama. Tapi semua sudah menjadi bubur, karena Negara Kesatuan Republik Indonesia hanya bertahan sampai tahun 2118 setelah terjadi perpecahan di Indonesia Timur yang dimulai revolusinya sejak tahun 2041. Di wilayah baru dengan penduduk 51,421,735 orang ini dipimpin oleh seorang mantan jenderal pasukan elit Indonesia yang memboyong sebagian anggota pasukan elit yang loyal sejumlah 1952, termasuk beberapa pelatih pasukan handalnya untuk menyeberang ke wilayah timur Indonesia.

    Pada tahun 2041 mulai terjadi perpecahan meruncing di Indonesia Timur, setelah penguasaan beberapa basis militer Indonesia di Biak, Sentani, Mimika, Ambon dan Halmahera. 1952 orang sempalan pasukan elit Indonesia sambil berjuang mereka tetap melakukan pendidikan pasukan khusus, sehingga tercetak pasukan elit baru sebanyak 27,401 orang dan pasukan cadangan 146,605. Pasukan ini cukup untuk mulai penentangan terhadap pemerintah Indonesia. Sekedar pembanding, pada saat itu jumlah pasukan Indonesia dan polisi 1,074,050 orang. Sebenarnya pasukan Indonesia Timur ini sudah menyadari bila hal ini bisa dimulai pada tahun 2010an, pada saat jumlah tentara dan polisi sekitar 801,308 orang dengan kekuatan tempur dan mobilisasi pasukan Indonesia yang hampir mencapai titik nadir. Dimana sistem persenjataan yang cukup kuno dan kurangnya perawatan, ompongnya rudal-rudal pesawat tempur, pesawat angkut pasukan ringan hingga berat yang tersisa sangat mudah dijatuhkan dengan Stinger saja, rudal kapal perang yang dapat di diakali dengan terbang rendah atau bisa dihancurkan dengan peluru kendali terbang rendah, kapal perang yang katanya anti radar tapi bisa kelihatan dengan mudah menggunakan sinyal GPS saja dan masih banyak list kelemahan tentara Indonesia. Tetapi pasukan Indonesia Timur menunggu sampai kejemuan masyarakat setempat yang telah mencapai 51,421,735 orang terhadap pemerintah pusat mencapai titik ledak tertinggi, sehingga akhirnya meletus peristiwa Jayapura pada tahun 2041 yang dipicu dengan pembakaran gereja oleh ormas yang selama ini selalu menjadi pemimpin terdepan untuk pembakaran dan penutupan tempat ibadah di Sumatera, Jawa hingga Nusa Tenggara dengan berbagai alasan termasuk pemurnian ajaran asing di Indonesia.

    Pada tahun 1980an hingga 2041 merupakan masa yang sangat menentukan kondisi keamanan di Indonesia, khususnya di wilayah Indonesia Timur. Dimana masa-masa tersebut semakin maraknya kegiatan ormas yang melakukan pembakaran tempat-tempat ibadah minoritas. Pada tahun 2041 semakin sesaknya pulau Jawa dan Sumatera, menyebabkan kaum minoritas yang sudah berjumlah 40,027,269 orang memerlukan banyak tempat ibadah. Gesekan-gesekan semakin tajam dan semakin marak pembakaran tempat ibadah dengan berbagai alasan, dari tidak ada ijin, kerasnya loud speaker yang dipakai untuk khotbah dll, sehingga ormas minoritas yang selama ini hanya diam saja di Pulau Jawa dan Sumatera, mulai menunjukkan militansinya, ditambah dengan dukungan dari 7,543 orang pasukan elit dengan postur tubuh yang mendekati sempurna bantuan dari wilayah timur Indonesia, mulai melancarkan teror di seluruh Indonesia.

    Pembabatan hutan Indonesia tanpa kontrol, menusuk paru-paru Indonesia, Borneo.
    Pada tahun 2034, setelah pulau Sumatera dan Borneo hancur alamnya dan habis sumber daya alamnya, wilayah Indonesia Timur menjadi pusat pengerukan sumber daya alam, dimana wilayah ini selama ini telah dieksploitasi habis-habisan akibat kontrak pemerintah pusat yang berlanjutan dengan pihak asing, menyebabkan lubang menganga sangat besar seolah luka di pusar Papua Barat. Bekas pengrusakan lingkungan ini jelas tidak bisa dikembalikan ke kondisi semula. Masuknya pendatang baru untuk usaha pembabatan hutan menjadi lahan kelapa sawit yang lebih menguntungkan bagi para pendatang menyebabkan semakin sempitnya ruang hidup penduduk setempat menyayat hati seorang jenderal pasukan khusus Indonesia putra daerah Indonesia Timur, sehingga dia mulai menegakkan bendera perjuangan untuk memerdekakan Indonesia Timur, setelah dia melihat ulah para pendahulunya yang main politik dan memicu peristiwa Jayapura di tahun 2041 yang dilakukan oleh ormas yang dipelihara oleh para mantan pendahulunya di pasukan elit. Setelah perang yang berkelanjutan selama 77 tahun, akhirnya tahun 2118 Indonesia Timur merdeka. Wilayah dengan penduduk yang sudah mencapai 100,289,490 atau 1/5 penduduk Indonesia, mulai babak baru di tahun 2118. Walau ada beberapa riak ketidakpuasan di antara para pejuang melawan Indonesia dalam beberapa tahun setelah mereka merdeka, mereka mulai membangun wilayah pusat perekonomian segitiga Papua-Selandia Baru-Australia.

    Syukur pada tahun 2237 masyarakat negara baru di kawasan barat bekas Indonesia telah menemukan kenyataan baru, dunia nyata yang perlu dijaga dan untuk lebih dihargai. Selama hampir 300 tahun masyarakat telah lupa akan alamnya dan terfokus hanya pada kegiatan untuk mengikis jati diri untuk membesarkan ajaran asing yang jelas tidak cocok dengan manusia di wilayah bekas Indonesia. Negara di barat dan timur wilayah bekas Indonesia telah menjadi yang semestinya sesuai dengan keinginan masing-masing penduduknya. Pada tahun 2237 jumlah penduduk di barat wilayah bekas Indonesia mencapai 412,297,731 orang sedangkan di Timur mencapai 414,702,269 orang. Masyarakat di wilayah bekas Indonesiapun sudah lupa akan peristiwa 2041 dan semua akhirnya hanya tercatat di lembaran-lembaran buku sejarah. Semua orang kembali berjuang untuk bertahan hidup dengan sisa-sisa alam yang ditinggalkan oleh para pendahulu yang tukang main jual sumber daya alam.

    • @ Mas BB . dan Salam rahayu untuk semuanya.
      Tulisan Mas BB ttg Analisa super Fantastis sebenarnya bagus sih ya. tetapi kalo diamati maaf sepertinya tulisan itu bukan hasil weruh sadurunge winarah tetapi ingin mengajak orang untuk mengkondisikan / memotivasi orang yang terlibat di dalamnya untuk berbuat sesuatu sesuai dengan arah tulisan itu. sadu, sadu sadu , semoga alam semesta bersama semua mahluk berbahagia dan selamat sentausa.

      • Malam Kang Jatayu
        Itu memang bukan hasil weruh sadurunge winarah. Itu saya copas. Hanya ingin menunjukan bahwa manusia indonesia sebetulnya juga menginginkan perubahan tetapi kenyataan yang ada membuat si penulis berpikir seperti itu.
        Suwun

  16. Salam Mas GP…….

    Alat itu bukan sebagai penyimpan data dalam computer tetapi sebagai switch analog….ON dan OFF saja…. bisa untuk menggerakkan apa saja….lampu…AC…Almari / laci locker ….audio…camera…

    Alat ini dengan kabel out put sebanyak 7 tetapi bisa mengeluarkan code berjumlah ratusan ribu…….
    Nanti kalau saya sudah agak longgar ….gambar akan saya kirim lewat email Njenengan…..

    Saat ini saya masih sibuk memenuhi permintaan order yang cukup membuat badan pegel…….
    Doakan saja saya sewhat selalu….kerja lebih dari 12 jam….balung wis tuwo….sangat riskan dan bisa mreteli….he he he…..Nuwun….

  17. suwun
    maaf gaptek hehehe…

    jangan lupa minum jamu pegel linu dan jamu awet tuwo… hehehe…

  18. Salam kang js,kang gp,kang bb @ kang js kayaknya lg sibuk lahir dan batin nih..hhe,..
    Semoga sehat,bahagia,&beruntung selalu…

  19. Sugeng enjing sedoyo sedherek…..salam rahayu
    Salam Kang JS Kang GP Kang NKH-RP
    Nyuwun Pangapuranipun ingkang kathah katur sedoyo pengintip….
    Bukan bermaksud melecehkan keadaan poro sedherek, hanya mengajak berpikir sedikit (kalo mau) mengenai ulasan saya tentang nenek moyang kita.Saya hanya menulis seperti yang sudah diberikan kepada kita di waktu sekolah dahulu bahwasannya nenek moyang kita berasal dr Yunan. Selebih dan kurangnya kepastian cerita itu saya tidak paham wong saya tidak lahir di jaman itu. Adapun bahwa teori itu adalah merupakan brainwash orang barat, maka saya malah mengajukan pertanyaan siapa orang timur?

    Adapun kalo saya mengatakan bahwa kalo tidak ada seorangpun yg bisa menjawab maka saya katakan bahwa semua yang ada di warung ini adalah bego semua tentunya berdasar dari suatu penyampaian yang sudah dibuat yang menyatakan bahwa saya salah pendapat.Ini berarti semua yang ada disini juga salah pendapat, karena saya pernah menulis bahwa bukannya nenek moyang kita berasal dari Yunan Cina selatan.

    Data di atas saya pun juga ikutan copas. Dan penutup katanya sungguh menggelitik
    “Teori hanyalah sebuah teori, namun dari sebuah teori kita dapat mengambil sebuah pengetahuan. Terlalu fanatik juga akan memperburuk keadaan kita, karena kita belum mengetahui kepastian pendapat tersebut. Namun tidak memperdulikan berarti kita tidak menghargai para ahli yang berniat membantu kita dalam menyelesaikan problema ketidaktahuan kita.”

    Sungguh bijaksana kalau menurut saya. bahwa perbedaan tidaklah untuk dipertentangkan, justru semangat untuk menambah wawasan dan pengetahuan lebih dititikberatkan disamping kebenaran. Menghormati perbedaan itu ternyata lebih baik ketimbang mengiyakan kebenaran absolut yang sepihak.

    Monggo

    • Kang BB,

      Teori mengenai nenek moyang kita menurut saya sudah betul. Dasarnya apa ? Ya a.l dari fossil2. Ilmiah. Kalau ada teori,misalnya, nenek moyang kita itu dari … kahyangan sana, ya boleh2 saja … Cuma, buktinya apa ?? Arkeologi dan anthropologi itu kan salah satu atau dua ilmu pengetahuan yang dipelajari di sekolah, dan universitas. Dan konsep sekolah modern itu berasal dari … eng ing eng … Barat !

      • Malam Kang R. Gentholet
        hehe suwun… cuma sedikit grogi waktu saya tahu bahwa itu adalah hasil brainwash.
        Ciiaoo…. baratdotcom

  20. Semoga tulisan abal abal saya bisa di baca dengan baik. maklum jarang bergaul jadi bahasanya tumpang tindih. Jarang keluar dari habitat soalnya hehehe

  21. SETAHUN YANG LALU……..
    Misbakhun: Cita-cita Saya Ingin Penjarakan SBY
    http://www.tribunnews.com/2011/10/25/misbakhun-cita-cita-saya-ingin-penjarakan-sby

    DUA MINGGU LAGI………….
    Sayembara Tangkap SBY
    http://www.tribunnews.com/2012/09/19/ada-sayembara-tangkap-sby-istana-ini-sungguh-tak-nyaman

    Welehh welehh………….

  22. Apakah anda adalah salah satu dari pendukung Jokowi??
    Mau ikutan??
    http://jakarta.tribunnews.com/2012/09/20/jokowi-menang-pendukungnya-cukur-kumis

  23. Salam kang bb @ sy juga sedang mencari apa yg kang bb maksudkan,.ketika mengetik skrg pun badan sy gemetar dari ujung rambut sampai ujung kaki,.hhe…cm memang ketika mengeksplor apa yg kang bb utarakan memang pertanyaan berat sekali…
    Menurut sy semua orang indonesia(yg saat ini) itu,gennya sudah tercampur dari jaman dahulu(khususnya yg jiwanya berkasta ksatria),sebagian penduduknya memang berasal dari(kemungkinan dari daerah india dan skitarx)..tp, manusia indonesia yg sesungguhnya adlh keturunan asli Indonesia(karena diIndonesia ada nigerianya:irian asli,ada cinanya:menado asli, ada bulenya:padang asli,ada arabnya:aceh asli,ada indiannya:kalimantan asli,ada himalayanya:bali asli,ada negronya:ambon asli,.dll..
    Mungkin kebalik kang bb,Justru semua manusia Indonesia itu,adlh sample2 semua bangsa2 yg ada didunia…adapun manusia Asli Indonesia,adlh Asli hanif musliman,.mksdx:keturunan asli Indonesia,.karna tdk bs dikatakan,.bahwa nabi adam,nabi nuh,dan nabi Ibrahim itu orang arab,.itulah hanif musliman…
    Nah si satrio itu adlh orang asli indonesia yg gen/darahnya,maupun jiwanya berkasta ksatria,itu asli manusia Indonesia.. Mhn maav bukan sy bilang penduduk indonesia saat ini bkn manusia indonesia,bukan bgtu…justru penduduk dunia pada hakikatnya,.adlh seluruh warga tanah Indonesia..
    #katanya Indonesia itu mercusuar dunia,.jd maklum jika jadi perlambang seluruh bangsa didunia#

    • Sugeng ndalu Kang NKH-RP
      hehe matur nuwun… smoga semua bs mengerti bahwa hakekatnya smua juga tidak tahu sampai waktunya nanti….
      suwun

  24. Salam kang bb @ nggeh kang…amiiin…
    semoga semua jg tahu,.bahawa dirinya sendiri,.bukanlah miliknya…

  25. spsw nusantoro

    Katur kagem Mas Slamet ugi Mas JS
    Ngaturaken ndherek belo sungkowo sedanipun Mbah putrinipun saking Mas Slamet
    Mugi mugi Mbah putri suwargi tansah pinaringan pangapuran
    saking Gusti Ingkang Moho Agung.

    Kun Fa Yakun

  26. spsw nusantoro

    Katur kagem Mbak Dewi (JDD)
    Ngaturaken ndherek prihatin mugi mugi Mbah putrinipun enggal dipun paringi seger kewarasan saking Gusti. Kersanipun saged kempal maleh dumugi keluargo sedoyo.

    Kun Fa Yakun

  27. Ki spsw @
    *turut berduka cita kang js,mas slamet,sekeluarga,. semoga disisiNya..

    *amiiin,.mbak dewi…

  28. Turut berduka cita…….
    Buat bapak JS dan mas Slamet moga njenengan berdua diberi kekuatan dan ketabahan hati

    Buat mbak Dewi semoga eyang putri tercinta cepet pulih sehat spt sediakala

    selamat mlm
    salam buat semua

  29. Pak JS dan Mas Slamet, saya nderek belo sungkowo
    Mbak Dewi semoga eyang lekas sehat

    salam

    Heri

  30. Indonesia Jaman Pra-Sejarah

    Belum ada apa yang disebut dengan wilayah Indonesia pada periode-periode geologi Palaeocene (70 juta tahun SM), periode Eosen (30 juta tahun SM), periode Oligacene (25 juta tahun SM) dan periode Miocene (12 juta tahun SM). Pendapat yang banyak diyakini adalah cikal bakal kepulauan Indonesia sudah terbentuk pada periode Pleistocene (4 juta tahun SM). Namun daratan ini masih mneyatu dengan benua Asia. Diyakini pula bahwa sudah ada tanda-tanda kemunculan Homonids (species yang dipercaya sebagai cikal bakal manusia) yang mendiami daerah ini. Pada perkembangannya pada masa ini di bagian daratan yang sekarang disebut Indonesia muncul species yang terkenal dengan sebutan “Manusia Jawa”. Mahluk yang masih berspecies Pithecanthropus Erectus ini ditemukan fosilnya di Pacitan – Jawa Tengan, dan merekalah yang dipercaya saat in sebagai penduduk Indonesia pertama.

    Pada akhir masa Pleistocene bentuk rupa bumi mengalami perubahan karena mencairnya lapisan es di daerah kutub yang mengakibatkan naiknya permukaan laut di seluruh bagian dunia. Banyak daratan yang tergenang, selanjutnya menjadi laut dan dartan yang tidak tergenang menjadi pulau. Pada saat inilah apa yang disebut Kepulauan Indonesia sekarang terbentuk. Perubahan luas daratan memicu pula pemindahan penghuni-penghuni yang bermukim diatasnya.

    Pada periode kira-kira tahun 3000 SM — 500 SM di wilayah Indonesia sudah dihuni bukan saja oleh penduduk asli tetapi juga sudah ada pendatang Sub-Mongoloid dari Asia dan Indo-Arian dari sub-benua Asia Selatan. Dipercaya bahwa mereka semua akhirnya bercampur baur dan menurunkan keturunan-keturunan seperti apa yang menghuni wilayah Nusantara sekarang.

    Pergerakan dan migrasi yang penting adalah ketika para migran India, terutama yang dari Gujarat, India Tenggara, masuk ke wilayah Indonesia. Ini terjadi pada awal-awal abad Masehi.

    Kontak dan interaksi ini memunculkan pengenalan tulisan pada penduduk Indonesia. Aksara Pallawa dan bahasa Sanskerta yang dibawa oleh para pendatang dari India ini mulai digunakan di Indonesia (bagian barat) dan terus berkembang sampai memunculkan tulisan dan bahasa Kawi atau Jawa Kuno. Hal ini terlihat pada aksara dan bahawa yang digunakan pada prasasti-prasasti yang ditemukan di Kalimantan, Jawa Sumatra dan Pulau-pulau lain.

    Hubungan awal antara penduduk Indonesia dan India (bagian Selatan) yang berawal dari perdagangan berkembang lebih jauh lagi. India yang berkebudayaan lebih maju pada saat itu mendominasi pertukaran pengaruh. Kepercayaan dan agama Hindu mulai berkembang di Indonesia, bentuk kerjaan mulai terbentuk di Indonesia dan banyak perilaku hidup orang India diadopsi oleh seluruh lapisan masyarakat terutama di Pulau Jawa dan Indonesia bagian barat.

  31. BABAH Asal-usul Sebutan untuk Keturunan Pembauran Cina-Jawa

    SEMENJAK 500 tahun lebih, bagi orang Jawa pada umumnya hanya ada dua golongan TIONGHOA, yang pertama adalah Cina Baru, yang kedua, Babah.

    Cina Baru alias Cina Totok ditujukan kepada mereka yang baru datang dari Daratan Cina, mendarat dari kapal yang merapat di pelabuhan dan kemudian menyebar, umumnya bekerja sebagai pedagang kelontong. Sebagian terbesar berasal dari suku Khek hingga disebut juga Khek-lang (orang Khek).

    Babah adalah sebutan untuk keturunan mereka yang telah berbaur, menikahi orang pribumi. Sebagian terbesar berasal dari suku Hokkian. Banyak dari mereka yang menikahi kalangan berdarah biru, ningrat, keluarga keraton di Jawa.

    Jadi bila seorang Cina Totok menikahi sesama Cina Totok maka keturunan mereka masih tetap dianggap Cina Baru. Sebaliknya bila seorang Cina Totok menikahi pribumi, keturunannya otomatis akan menajdi Babah.

    Ternyata Babah yang pertama di Pulau Jawa adalah Raden Patah yang diperkirakan lahir pada sekitar tahun 1500.
    R. Patah dilahirkan sebagai pangeran Majapahit. Ayahnya, Prabu Brawijaya, raja terakhir Majapahit. Ibunya, Putri Campa alias Putri Cina, yang membawa agama Islam dari Daratan Cina.

    Pada waktu itu sebagian terbesar rakyat Jawa, termasuk Kerajaan Majapahit adalah penganut agama Buddha yang telah berakar selama 1000 tahun (bukti; Candi Borobudur). Jadi cikal-bakal penyebar agama Islam di tanah Jawa hakekatnya adalah orang-orang Cina-Islam, bukan hanya para pedagang Gujarat dari Arab seperti ditulis dalam buku-buku sejarah untuk Sekolah Dasar selama 50 tahun terakhir (!)

    Oleh ibunya, R. Patah yang dilahirkan di Palembang, dinamai Kaotiang. Sejak kecil sudah memeluk agama Islam. Menurut peraturan leluhur Kerajaan Majapahit seharusnya ia dinamai Bambang, namun karena separuh berdarah Cina, Prabu Brawijaya menganugrahinya gelar Raden Babah dan mengangkatnya menjadi Adipati Demak.
    Sebagai Adipati Demak, ia dinamai juga Cek Ko Po dengan nama kecil Copo. Raden Babah Patah juga disebut Senopati Jimbuningrat dengan nama kecil Jimbun. Gelar kebesarannya setelah membangun Demak menjadi Kerajaan Islam pertama dan terbesar yang melengserkan keagungan Majapahit adalah Sultan Syah Alam Akbar Khalifahturrasul Amirulmukminin Tajudil Abdulhamid Khak atau Sultan Adi Surya Alam di Bintoro.

    Majapahit runtuh pada tahun 1520 setelah diserbu oleh R. Patah yang dihasut Sunan Bonang untuk mengobarkan makar terhadap ayahandanya sendiri!

    Di bawah pimpinan R. Babah Patah inilah kemudian Wali Sanga (sebagian berjatidiri pendekar-pendekar berilmu tinggi asal Cina) mendirikan Mesjid Besar Demak (konon dalam tempo hanya semalam saking saktinya mereka!) yang masih tegak berdiri sampai sekarang setelah 500 tahun lebi

  32. sepertinya sudah tiba saatnya mulai sekarang dan seterusnya, romo JS mulai sibuk ngurusi orderan baik produk lama maupun produk baru yg nantinya sebagai bekal utk keluarga yg akan ditinggalkan ngurusi sikon negara yg semrawut? hehehe…

    omong-omong, berapa potong bajunya…?

    • Salam Mas GP….Mas BB…Mas Nur…Mas Heri….JDD…Mas TB….Mas Sandi…Mas ABR…..Mas Some One……semua rekan sedulur dan porosepuh……

      Terima kasih atas ucapan ikut berduka atas meninggalnya nenek anak saya si Slamet……
      Dalam pesan sanepan mimpi sebelum nenek meninggal si Slamet sudah bersedia mencuci semua pakaian kotor si nenek….semoga ini pertanda baik……

      Sudah sangat sewajarnya dan wajib hukumnya , kita sebagai anak atau cucu melakukan perbuatan baik demi orang tua atau si Mbah kita…….
      Kita harus yakin bahwa men ” suarga ” kan orang tua bukan hanya memberikan nilai materi tapi nilai akhlak dan perbuatan mulia…..

      Mengirim doa kepada para beliau yang sudah meninggal bukan hanya dengan ucapan doa Al Fateha tahlil yang keluar dari mulut tetapi harus bisa tumus dihati yaitu dengan perbuatan nyata sehari hari….kita yang harus ” mendhem jero dan mikul duwur ” yaitu dengan membuktikan kepada mereka bahwa kita adalah anak atau cucu yang berbudi luhur…beriman….memegang amanah….jujur…memegang amanah dan lain lain yang tidak menceridai hati nurani…..

      Mas GP….Terikma kasih….JS dapat order cukup banyak mungkin dari doa Njenengan dan teman teman yang lain…..para pelanggan tertarik dengan suara yang baru……..
      Sangat benar bahwa JS mulai berkiprah dan semangat baru meskipun untuk sementara anggotanya tidak sebanyak dulu….ini yang membuat saya kecapekan…..

      Tentang ngurusi negara yang semrawut….ha ha ha….,itu urusan para manusia top markotop yang sudah mempunyai pengaruh dan kekuatan….kami hanya manusia kecil yang hanya bisa berdoa saja…..embuh doa kami diterima atau tidak….itu semua tergantung Gusti Allah yang memiliki alam semesta ini……

      Saya jadi penasaran dengan pertanyaan dan tulisan Mas GP tentang jumlah pakaian……apakah itu ditujukan kapada saya…….pakaian saya yang saya pakai hanya ada 5 potong….warnanya hitam dan biru…..ora neko neko dalam soal baju…..kalau model baju dalam mimpi….waaaah….ada bermacam modelnya…..pakaian seperti mau main wayang atau ketoprak….lucu kalau dipakai didepan umum….he he he….Nuwun……

      • salam romo JS,

        sy temukan hadits yg menurut sy agak aneh dan dan kalau dicocok-cocokkan mungkin cocok dg kondisi romo JS,
        maaf hadits sy potong krn terlalu panjang.

        dr Abu Hurairah ra: “….. aku adalah manusia yg paling berhak terhadap Isa bin Maryam karena antara aku dan dia tidak ada nabi. Sungguh ia akan turun. Apabila kamu melihatnya maka kenalilah bahwa ia seorang lelaki yg sedang tingginya dan putih kemerah-merahan warnanya. IA MENGGUNAKAN DUA PAKAIAN YG BERWARNA. KEPALANYA SEOLAH MENETESKAN AIR MESKIPUN TIDAK BASAH……”
        (HR. Muslim no. 155)

        komen: pakaian cocok… 2 warna saja…
        rambut seolah meneteskan air… sering kramas tapi malas mandi…
        wkwkwk….

        • ralat,
          dr Abu Hurairah ra bahwa Nabi SAW bersabda:”…. dst…”

        • Salam Mas GP dan sedoyo sederek dan poro sepuh………

          Dari sabda Rosul Muhammad…..mengisyaratkan tentang kata kata AIR….maaf kami hanya menduga saja ketika diperlihatkan gambar Nabi Isa maka aura beliau disampimg warna kuning juga ada aura bening seperti kaca atau air atau boleh saya katakan dengan pandangan yang lain….seperti dalam bola kaca atau air yang menetes….

          Apakah sama kias atau sabda Nabi Muhammad dan gambaran yang kami terima ??,,,,saya tidak tahu persis……

          Mas GP…terima kasih atas info itu dan mohon maaf bahwa JS hanyalah manusia kecil yang sangat jauh dari hal hal yang istimewa….he he he….Nuwun….

          Sekedar info…..teman kita yaitu JDD sedang terkena musibah…..Nenek beliau meninggal dunia tadi pagi …….
          Semoga JDD ikhlas dan sabar….semoga si Mbah ditempatkan oleh Gusti Allah ditempat yang damai dan bahagia….amin…..

          • Kagem Jeng Dewi
            Saya ikut berdukacita. semoga Jeng Dewi tabah dan menerima semuanya.
            Kun Fa Yakun

        • Maaf.. berdaun telinga agak lebar …
          supaya bisa merasakan kejernihan…
          suara audio..

          Kalo rambut basah menetes….
          nanti bunyi suara audio akan terdengar….
          Tes…tes…tes…

          Maka order menjadi akan sangat lama selesainya…
          karena masih tes… tes… terus…
          belum kelar kelar…..

          • Salam…..Mas BB…..sebenarnya sudah kelar dan tidak tes tes menetes…..he he he kebetulan pekerjaan bareng bareng datangnya…..dalam 1 bulan lebih dari 23 unit power dan 10 ujnit X.Over….bikin kepala mumet dan badan loyo….untung saja tidak semaput kecapekan karena hanya dikerjakan oleh 4 orang saja termasuk saya…….

            Order yang satu ini agak khusus tempatnya dan ini yang bikin jadi agak kliyengan….yang bikin box power memang agak sontoloyo….terlalu lama…..tanggal 1 atau 2 oktober sudah bisa dikirim ke Bali…..
            Tanggal 10 Oktober …JS akan pergi ke Denpasar….ada order disana…..apakah saya ikut ??…embuh ora ngerti……..

            Mohon maaf bila terlambat…. sebenarnya bukan terlambat…he he he…memang urutan barisnya begitu….he he he….Nuwun….

          • Cihuyyy… asyiikkk……………..
            Bisa tek jing tek jing….
            hehehe…..
            Luaaammmaaaaa…………

        • rambut seolah meneteskan air menawi mboten lepat menika pangaribawaning tirta perwitasari kampuh bang bintulu aji. den Mas. @ Mas Slamet dan Mbak Dewi. ikut berbelasungkawa semoga yang berpulang kerahmatullah selalu menemukan keberuntungan disisi Allah SWT. Amiiin .

  33. Buat Jeng Dewi

    Turut berduka cita atas meninggalnya eyang putri tercinta
    semoga eyang putri beristirahat dgn damai disisi Tuhan Yang Esa
    Dan semoga Jeng Dewi diberi kekuatan dan ketabahan untuk menerima semuanya

  34. @ Kang JS dan JDD,
    Saya dan keluarga “TURUT BERDUKA CITA”,semoga amal ibadahnya diterima disisiNya dan dosa2 mendapat ampunan dariNya.

    Hari telah berganti,bulan terus berjalan,tahun telah menunggu,hidup mati rejeki jodoh itu sudah ada takdirnya masalah kita kapan menjeputnya atau kapan kita akan dijemput.Maka ada nasehat kalau beribadah beribadalah seolah-olah besuk akan mati,itu bertujuan agar kita belajar ikhlas melepas apa saja yg kita miliki tanpa kecuali baik harta,keluarga dan cinta.Surga atau neraka itu ursannya pribadi kita dg Sang Maha Pencipta.Sayangilah milik kita sewajarnya saja karena cepat atau lambat akan lepas dari tangan kita.

    Bebeerapa waktu lalu sy baru dpt hikmat yg luar biasa,yaitu saya dibawa ke langit dan diperlihatkan salah satu Asma Allah yg ada pda diri sy dan dijelaskan caranya beribadah untuk bisa mencapai Asma itu(tapi maaf ini sangat pribadi),saat itu sy dalam kondisi secara sariat susah/galau/musibah/dll menurut ukuran nalar sehat sangat menakutkan /mencemaskan dll.tapi dg tetap sabar,pasrah dan iklas semua dijalankan dalam istiqomah disuatu malam diperlihatkanlah Asma itu.sy bkn bermaksud pamer sy hanya sekedar sharing saja,agar para teman disini ketika menghadapi situasi yg susah,sedih menerima musibah/bencana tetap setia iklas dll.dan semua itu terjadi karena memang sdh dikehendakinNya.Tidak mudah memang itulah namanya belajar dalam kitap kehidupan kita.

    • Salam Mas Tembayat………

      Sangat benar apa yang Mas Tembayat sampaikan bahwa dalam sehari hari kita wajib mengingat Allah dan mengingat segala hal dan perbuatan baik…….
      Kita juga harus ikhlas dalam banyak hal disetiap hari dalam hidup ini …..sangat berhati hati dan memilah milah hal baik dan yang buruk….salah benar dan baik buruk tidak dicampur dan diuwel uwel…..tidak akan bisa mencapai tataran kemuliaan atau bisa mendapat ridloh NYA tanpa meninggalkan hal yang haram atau kenistaan…..
      Semoga saja kita semua bisa ikhlas bila nyawa kita diambil oleh Tuhan karena hakekatnya manusia yang beriman adalah para manusia yang rindu ingin berjumpa dengan NYA…….

      Selamat dan semoga menjadikan hati Mas Tembayat damai dan berbahagia karena sudah diberitahu banyak hal….semoga saja Mas Tembayat mau dan berkenan bercerita tentang perjalanan gaib itu…..demi amal baik dan ilmu yang manfaat…….
      Dalam spiritual kami hanya berwawasan yang bernilai atau berkadar biasa saja…….nuwun…

    • @ Pakpo JS, Kang BB, Ibu Nuning, Paman Tembayat, Pak Jatayu, Pak Heri, Mas Nurkahuripan, All

      Maturnuwun ucapan belasungkawanya serta do`anya, Saya masih di desa menunggu sampai 7 harinya, maaf beberapa hari modem tidak bisa di buka, ini saya sempatkan ke warnet yang jaraknya puluhan kilo dari dusun. Maturnuwun.

      Salam rahayu,

      • Salam JDD…….

        Semoga Njenengan sehat selalu dan betah disana……Slamet anak saya masih di Magetan juga dalam acara 7 hari eyang putrinya……

        Sekedar info….Bapak Surya juga sudah ngebel dari Belanda….menyampaikan ikut berduka cita atas kejadian ini…..Nuwun……

        Mas BB.. .ditunggu saja hidangan audionya….sedang digoreng…..

        Mas GP…. mohon doanya…..saya sudah mulai mengerjakan apa yang JS rencanakan…..tentang gambar atau contoh mungkin lebih afdol bila barangnya sudah jadi dan sudah di uji coba…..si mbareb juga saya suruh ukrek hal yang lebih penting……..Nuwun….

  35. Poro pinisepuh tuwin sederek sedoyo,
    Mari kita doakan buat kesembuhan dan kebaikan anak ini….
    http://www.tribunnews.com/2012/09/26/anak-ini-meregang-sakit-diserang-tumor-sekujur-badan

  36. Poro pinisepuh tuwin sederek sedoyo,
    Mari kita doakan buat kesembuhan dan kebaikan sodara kita ini….
    http://news.detik.com/read/2012/09/26/175215/2038584/10/aneh-tubuh-supiyati-dipenuhi-jarum-paku

  37. Salam kang js,kang heri,kang tembayat,kang bb,kang gp,dan semua sedulur lan pinisepuh.,
    mari kang uraikan berita2nya,..mohon maaf sy hendak menyimak barang sementara waktu..
    Suwun,,,..Rahayu…

  38. Siang sedoyo…
    Wah komandan pergi…. di gantikan komandan yang lain…
    Siap ndan..
    hehe

  39. Yang tidak tepat ini ni…
    22 sept Solar Blast dan 27 sept
    Tuhan berkehendak lain atau juga manusia berusaha Tuhan yang menentukan. Datangnya tidak bisa diduga…

  40. SBY Nilai Kritikan dari Luar Negeri Lebih Jujur

    JAKARTA, suaramerdeka.com – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menilai kritikan terhadap pemerintah Indonesia yang datang dari luar negeri lebih jujur dibandingkan dengan kririkan yang datang dari dalam negeri.

    “Penilaian dari luar negeri ini lebih jujur, yang baik dibilang baik dan yang jelek dibilang jelek,” ujar SBY dalam sidang kabinet terbatas di Kejaksaan Agung, Rabu (25/7).

    Menurut SBY, kritikan dari dalam negeri lebih banyak bermuatan politik. Dia berharap, jajarannya untuk tidak mengedorkan semangat atas kritik yang ada terhadap semua kebijakan yang telah diambil pemerintah.

    “Pada akhirnya nanti masyarakat sendiri yang menilai. Yang meniliai itu bukan analis, bukan politisi, yang menilai adalah masyarakat,” tegas SBY.

    Mungkin ini yang di maksud yang tidak jujur

    TENTU tak mungkin tanpa ada angin tanpa sebab, persatuan para purnawirawan/warakawuri TNI dan Polri, tiba-tiba perlu menegaskan –seperti diungkapkan Ketua Umum Pepabri Agum Gumelar– untuk mempertahankan kepemimpinan nasional Jenderal (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono sampai tahun 2014. Dengan perkataan lain, jangan menjatuhkan SBY di tengah jalan sebelum berakhirnya masa jabatan formalnya pada tahun 2014. Menurut Agum Gumelar yang adalah seorang jenderal purnawirawan lebih senior dari SBY, “jika suatu pemerintahan yang legitimate digulingkan, besok yang menggulingkan juga digulingkan lagi dan seterusnya”.

    Pada waktu yang sama di tempat berbeda, menurut Harian Kompas (5/7), mantan Wakil KSAD Letnan Jenderal (Purn) Kiki Syahnakri mengingatkan permasalahannya kini bukan pada bertahan atau tidaknya kepemimpinan nasional sampai tahun 2014. Kiki yang adalah Ketua Dewan Pengkajian PPAD (Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat) saat ini, mengatakan “Kita harus menyiapkan pemimpin sebelum atau untuk 2014”. Sementara itu, menurut Letjen (Purn) Sayidiman Suryohadiprojo, sehari setelahnya, pernyataan Agum Gumelar dengan mengatasnamakan Pepabri untuk ‘mempertahankan’ SBY, adalah pandangan pribadi yang berlebih-lebihan. Menyusul, dalam sebuah tulisannya, juga di Harian Kompas, Sayidiman menyatakan, “Anggota TNI umumnya, sesuai dengan esprit de corps, tentu ingin melihat Yudhoyono menjabat sebagai presiden RI sampai tahun 2014 ketika masa jabatannya berakhir”. Namun, jenderal intelektual itu mengingatkan pula, agar anggota TNI sesuai Saptamarga pun tak boleh melupakan kesetiaan dan rasa cintanya kepada tanah air dan bangsa Indonesia. Makna yang dapat ditangkap di sini, tak boleh ‘kesetiaan’ terhadap SBY melampaui kesetiaan terhadap tanah air dan bangsa.

    Kita kutip juga lebih lanjut penyampaian Kiki Syahnakri: Seandainya dinamika politik nasional, misalnya terkait dengan kasus mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin dan kasus pemalsuan surat Mahkamah Konstitusi yang diduga melibatkan kader Partai Demokrat, Andi Nurpati, mengundang reaksi keras rakyat, yang berujung pada penolakan kepemimpinan nasional saat ini, tentu tak bisa ditolak. Kiki mempertanyakan, “Bagaimana kalau keadaan itu dibuat beliau sendiri?”. Jika dipertajam, pertanyaan itu menjadi, bagaimana kalau semua itu bersumber pada perbuatan SBY sendiri? Lebih tegasnya lagi, bagaimana kalau SBY adalah aktor dan author intellectual dari semua peristiwa menyimpang itu?!

    Lebih awal dari Agum Gumelar dan Kiki Syahnakri, Dr Ikrar Nusa Bhakti, dari LIPI, dalam suatu diskusi di televisi swasta pekan lalu, juga menyatakan ketaksetujuannya terhadap suatu penggulingan di tengah jalan terhadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang dilakukan melalui cara-cara inkonstitusional. Ikrar khawatir, seperti pengalaman traumatis masa lampau, itu hanya akan menaikkan dan menempatkan kembali militer ke dalam pengendalian kekuasaan negara dengan segala eksesnya. Tetapi sebenarnya, lebih dari yang dicemaskan Ikrar, tak hanya militer yang berpotensi naik mengambil alih kekuasaan secara inkonstitusional maupun proforma konstitusional. Kelompok radikal dan atau militan –seperti misalnya militan yang mengatasnamakan Islam– pun berpotensi untuk menjadi pengambil kesempatan melalui jalan anarkis. Dengan formulasi pengibaratan yang lebih ekstrim –tanpa menujukannya kepada orang per orang sebagai pribadi, tapi lebih kepada aspek situasional– jangan sampai terjadi menurunkan ‘bandit’ tetapi menaikkan ‘bandit’ lainnya lagi.

    SEKALI lagi, tentu tak mungkin tanpa angin tanpa sebab, orang mendadak membicarakan kemungkinan kejatuhan SBY sebelum mencapai 2014. Perbincangan politik belakangan ini terisi dengan berbagai pikiran, analisa dan keinginan yang kuat untuk menghentikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Entah melalui jalan konstitusional maupun proforma konstitusional, entah melalui cara inkonstitusional. Kenapa orang menginginkan Susilo Bambang Yudhoyono diturunkan?

    Terbalik dari ekspektasi yang begitu tinggi terhadap dirinya pada awal kemunculannya, Susilo Bambang Yudhoyono ternyata bukanlah satria piningit yang dinantikan selama ini. Bukan satria pamungkas yang mampu dan berhasil menyelamatkan bangsa dan negara dari keterpurukan yang dimulai sejak tahun-tahun terakhir masa kepresidenan Soeharto hingga masa ‘reformasi’, yang berlanjut sampai sekarang. Susilo Bambang Yudhoyono dianggap hanya melanjutkan ketidakberhasilan para presiden pasca Soeharto –dari BJ Habibie, Abdurrahman Wahid sampai Megawati Soekarnoputeri– untuk membangun suatu negara yang berhasil menciptakan kehidupan politik baru yang sehat. Gagal memberantas korupsi dan kejahatan keuangan lainnya, gagal menegakkan hukum dan keadilan, gagal membangun ekonomi yang mensejahterakan masyarakat. Tak mampu melaksanakan pembangunan sosiologis untuk menciptakan satu bangsa yang punya harkat dan martabat yang tinggi. Dalam hal tertentu, pencapaian-pencapaian SBY berdasarkan penilaian setelah lebih dari enam tahun berkuasa, bahkan dianggap tak lebih baik dari para presiden yang mendahuluinya. Rating popularitasnya yang tadinya begitu tinggi, merosot selangkah demi selangkah, dan menurut survey LSI terbaru beberapa waktu lalu, untuk pertama kali popularitas SBY berada di bawah 50 persen. Malah, menurut Kiki Syahnakri, hasil survey mutakhir yang diterimanya dari sebuah lembaga, angka popularitas itu tinggal 19 persen, sementara yang ingin mempertahankan SBY hanya 31 persen.

    Isu-isu terakhir yang membuat popularitas SBY anjlok menurut para pengamat adalah peristiwa eksekusi hukuman pancung atas TKW Ruyati binti Satubi yang luput dari pengetahuan pejabat pemerintah, kasus Nazaruddin dan pemalsuan surat Mahkamah Konstitusi. Ketiga isu ini telah berakumulasi dengan berbagai isu sebelumnya, seperti isu Bank Century –yang kini tiba-tiba mendapat perhatian kembali– serta berbagai isu kebohongan terhadap publik maupun ungkapan-ungkapan tentang ketidakbersihan Cikeas ditambah kegagalan penanganan berbagai persoalan di lingkaran kekuasaan SBY.

    NAZARUDDIN WANTED DALAM SITUS INTERPOL. “Kasus Nazaruddin, meski belum sampai kepada konfirmasi pembuktian, telah memberi citra betapa kotornya ternyata Partai Demokrat, yang menjadi partai tulang punggung kekuasaan Presiden SBY. Sekaligus, mempertunjukkan kerapuhan internal partai yang penuh dengan politisi akrobatik, opportunis dan hanya pandai bersilat lidah untuk menutupi kebobrokan partai yang kemudian berubah menjadi saling menelanjangi”.

    Kasus Nazaruddin, meski belum sampai kepada konfirmasi pembuktian, telah memberi citra betapa kotornya ternyata Partai Demokrat, yang menjadi partai tulang punggung kekuasaan Presiden SBY. Sekaligus, mempertunjukkan kerapuhan internal partai yang penuh dengan politisi akrobatik, opportunis dan hanya pandai bersilat lidah untuk menutupi kebobrokan partai yang kemudian berubah menjadi saling menelanjangi. Semula ramai-ramai membela Nazaruddin, bahkan sampai berbohong sekalipun, untuk akhirnya berbalik 180 derajat menjadikan sang mantan bendahara partai itu – sekaligus pemegang kotak Pandora yang berisi catatan dosa sejumlah tokoh– sebagai musuh bersama. Sedang keterlibatan Ketua Divisi Komunikasi Publik Partai Demokrat, Andi Nurpati yang mantan anggota KPU, dalam manipulasi hasil Pemilu, membuka perspektif baru tentang Pemilihan Umum 2009 yang penuh kecurangan. Dalam kasus ini pun, tersedia kotak Pandora lainnya yang menanti untuk dibuka. Perhatian utama akan tertuju kepada Partai Demokrat yang menjadi pemenang dan menjadi partai yang menampung ex anggota KPU yang bermasalah. Apalagi, publik pun masih teringat kepada peristiwa digugatnya angka perolehan suara putera SBY, Ibas, tetapi kemudian berakhir justru dengan penangkapan oleh polisi dan dihukumnya sang penggugat yang merasa dirugikan.

    Pengungkapan-pengungkapan lanjut mungkin menjadi pintu masuk bagi pengungkapan lebih jauh tentang kecurangan lebih besar dalam pelaksanaan Pemilihan Umum maupun Pemilihan Presiden. Dan itu semua tak hanya melibatkan Partai Demokrat, melainkan merata menjadi dosa kolektif dan akumulatif sejumlah partai ‘besar’. Ada tanda-tanda kuat bahwa seluruh partai besar terlibat dalam kecurangan dalam pelaksanaan pemilihan umum: manipulasi penghitungan suara, manipulasi dana pemilihan umum, manipulasi daftar pemilih tetap, janji palsu kampanye dan berbagai kepalsuan lainnya. Semua itu akan berujung pada delegitimasi hasil pemilihan umum secara menyeluruh, delegitimasi pemerintahan maupun lembaga-lembaga perwakilan rakyat yang terbentuk sebagai hasil pemilihan umum itu. Dan menurut logika hukum dan ketatanegaraan, konsekuensi logisnya adalah bahwa seluruh produk dari lembaga-lembaga yang terdelegitimasi itu, juga batal demi hukum.

    KALAU semua sudah serba palsu, serba tidak legitimate, apa yang harus dilakukan? Ini pertanyaan –tepatnya problematika besar– yang perlu kita jawab bersama, minus para ‘bandit’ dan kelompok-kelompok ‘sakit’ di tubuh bangsa ini. Dalam berbuat untuk mencari jawaban, jangan pernah lupa, bahwa sepanjang sejarah Indonesia merdeka tak selalu kebenaran menang, untuk tidak mengatakan bahwa yang terbanyak menang justru adalah ketidakbenaran.

  41. Ki Gendheng: Krisis Kejatuhan SBY September 2012

    JAKARTA – Paranormal Ki Gendheng Pamungkas mengatakan jangan pernah berharap dari para jenderal purnawirawan. Mereka itu, menurut Gendheng, setelah pensiun baru berteriak mengkritisi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

    “Jangan pernah berharap dari para jenderal purnawirawan. Mereka baru sekarang berani berteriak mengkritik SBY setelah pensiun. Lupakan mereka. Kita harus mendekati para jenderal aktif, khususnya Pangdam, agar mereka mau berperan seperti tahun 1998,” kata Gendheng, pada diskusi yang diselenggarakan Rumah Perubahan 2.0 bertema “Gerakan Rakyat Vs Merosotnya Kredibilitas Pemerintah”, di Jakarta, Selasa (17/01).

    Untuk itu, kata Gendheng, para aktivis perubahan perlu mendekati tentara aktif agar mereka berperan seperti pada pra kejatuhan Presiden Soeharto tahun 1998 yang “membukakan” pintu DPR sehingga dapat diduduki mahasiswa. “Kalau pun para jenderal purnawirawan itu kita libatkan, minta mereka yang melakukan pendekatan kepada jenderal-jenderal aktif supaya mendukung revolusi,” ujar Ki Gendheng.

    Menurut paranormal ini, problem utama Indonesia sekarang ada pada SBY. Selama SBY masih menjadi presiden, jangan harap berbagai masalah bangsa bisa diselesaikan. Century misalnya, lanjut Ki Gendheng, tidak akan pernah bisa dituntaskan selama SBY masih menjadi presiden.

    “Jadi, kalau mau memperbaiki negara, langkah pertama adalah menurunkan SBY. Dalam pandangan paranormal saya, Maret sampai September 2012 adalah masa-masa kritis SBY. Pada periode itulah akan ditentukan jatuh-tidaknya SBY. Tapi saya yakin, dia akan jatuh. Saya sendiri sudah sejak awal meletakkan foto SBY di kandang burung perkutut dan saya gantungkan di depan rumah,” tukasnya.

  42. Salam hormat poro sepuh&sedulur,..permisi ki spsw,kang js,kang bb,kang gp,kang tembayat,kang abr,kang sp ngintip, mbak dewi,
    Kang Rd,..

    Ada yg mau menyatakan,.bahwasanya siapapun yg benar2 berjuang,pada jalanNya,.dia pasti sangat hina yg hanya didalam hati,dan dia pasti kelak jg menyadarinya…
    Bisakah kakang meraba,..siapa Beliau yg berbicara..?
    Mohon maaf jika kurang berkenan,. matursuwun…
    ¤¤¤ nurkahuripan ¤¤¤

  43. Orang Jakarta pun menyukai GANGNAM Style

    http://sin.stb.s-msn.com/i/52/D6786C61C1A03BB0EB618C2EFF7547.jpg

    di atas KRL pun sempat bergaya ala Gangnam Style…

  44. 5 Solusi…….5 Solusi…… Saya tegasken…

    1. Saya meminta kepada Kapolri untuk menyerahkan kasus SIM Simulator ke KPK. Perdebatan yang bersumber pada peraturan perundang-undangan dan MoU harus dihentikan. Ini karena peraturan perundang-undangan dan MoU tidak mengatur bila personel penegak hukum dari institusi penegak hukum yang dituduh melakukan tindak pidana korupsi.

    “Dalam kasus SIM Simulator yang menjadi pihak yang disangka adalah anggota Polri sehingga untuk menghindari benturan kepentingan (conflict of interest) harus dilakukan oleh KPK. Di kemudian hari bila personel KPK atau Kejaksaan yang terlibat maka tidak boleh institusi tersebut yang melakukan proses hukum,”

    2. Saya meminta kepada Polri tidak melakukan penarikan penyidiknya yang bertugas KPK, ini termasuk yang sudah melapor ke Kepolisian dan telah diberi tugas baru. Mereka harus dikembalikan ke KPK untuk melanjutkan tugas yang belum selesai.

    “Penarikan akan dilakukan setelah ada koordinasi dengan KPK bahwa tugas mereka telah selesai,” .

    3. Penyidik Polri yang hendak berkarier di KPK harus memenuhi prosedur yang berlaku di Polri. KPK harus menghormati etika yang berlaku antar instansi.

    “Untuk menjamin agar tidak ada gangguan dalam proses pindah instansi ini maka Kompolnas akan melakukan supervisi,” .

    4. Jajaran Polri harus menghentikan akrobat hukum yang penuh dengan kejanggalan yang bisa dipersepsikan oleh publik sebagai pelemahan terhadap KPK dan menghentikan proses hukum terhadap personel Kepolisian.

    “Teladan Kapolri Sutanto harus diikuti di mana sejumlah perwira tinggi tidak dihalangi ketika harus menghadapi tuduhan tindak pidana korupsi,” .

    5. Saya meminta Kapolri untuk melakukan investigasi atas inisiatif Polda Bengkulu yang hendak melakukan penangkapan atas Kompol Novel Baswedan. Investigasi ini harus mengikutsertakan anggota Kompolnas.

    “Inti dari investigasi adalah apakah tindakan hukum tersebut memang benar-benar ada atau sekadar dirancang atau direkayasa. Bila benar dan memiliki dasar yang kuat, silakan proses hukum tetap dilakukan namun setelah Kompol Novel menjalankan tugas penting di KPK,” .

    Namun, bila tidak benar maka harus dilakukan proses internal terhadap anggota-anggota Polda Bengkulu yang terlibat. Selain menghukum mereka, upaya ini untuk memastikan di kemudian hari tidak ada lagi niat-niat semacam ini di setiap instansi penegak hukum.

    Cukup…. Saya tidak meminta lagi…

  45. kpk vs polri, contoh hubungan tidak baik
    kpk dibela ri1, polri jengkel,
    bisa-bisa polri bidik istana… maka tambah ramailah dunia persilatan.

  46. Salam hormat poro sepuh&sedulur,..
    Kang js,kang tb @ bgmn khabar berita2nya kang,..
    Kang gp @ berita2nya juga kang,.dari sudut pandang yg berbeda,.mungkin kang gp kurang peka yah,melihat vision astral,..tp istri kang gp mungkin saja peka kang,..salam kang bwt istri,dari sedulur trah pajajaran katanya…

  47. Delapan Presiden RI

    MUNGKIN masih banyak dari kalian yang beranggapan bahwa Indonesia hingga saat ini baru dipimpin oleh enam presiden, yaitu Soekarno,

    Soeharto, B.J. Habibie, K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Megawati Soekarnoputri, dan kini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Namun hal itu ternyata keliru. Indonesia, menurut catatan sejarah, hingga saat ini sebenarnya sudah dipimpin oleh delapan presiden. Lho, kok bisa? Lalu siapa dua orang lagi yang pernah memimpin Indonesia?

    Dua tokoh yang terlewat itu adalah Sjafruddin Prawiranegara dan Mr. Assaat. Keduanya tidak disebut, bisa karena alpa, tetapi mungkin juga disengaja. Sjafruddin Prawiranegara adalah Pemimpin Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) ketika Presiden Soekarno dan Moh. Hatta ditangkap Belanda pada awal agresi militer kedua, sedangkan Mr. Assaat adalah Presiden RI saat republik ini menjadi bagian dari Republik Indonesia Serikat (1949)

    Pada tanggal 19 Desember 1948, saat Belanda melakukan agresi militer II dengan menyerang dan menguasai ibu kota RI saat itu di Yogyakarta, mereka berhasil menangkap dan menahan Presiden Soekarno, Moh. Hatta, serta para pemimpin Indonesia lainnya untuk kemudian diasingkan ke Pulau Bangka. Kabar penangkapan terhadap Soekarno dan para pemimpin Indonesia itu terdengar oleh Sjafrudin Prawiranegara yang saat itu menjabat sebagai Menteri Kemakmuran dan sedang berada di Bukittinggi, Sumatra Barat.

    Mr. Sjafruddin Prawiranegara

    Untuk mengisi kekosongan kekuasaan, Sjafrudin mengusulkan dibentuknya pemerintahan darurat untuk meneruskan pemerintah RI. Padahal, saat itu Soekarno – Hatta mengirimkan telegram berbunyi, “Kami, Presiden Republik Indonesia memberitakan bahwa pada hari Minggu tanggal 19 Desember 1948 djam 6 pagi Belanda telah mulai serangannja atas Ibu Kota Jogjakarta. Djika dalam keadaan pemerintah tidak dapat mendjalankan kewajibannja lagi, kami menguasakan kepada Mr. Sjafruddin Prawiranegara, Menteri Kemakmuran RI untuk membentuk Pemerintahan Darurat di Sumatra”.

    Namun saat itu telegram tersebut tidak sampai ke Bukittinggi. Meski demikian, ternyata pada saat bersamaan Sjafruddin Prawiranegara telah mengambil inisiatif yang senada. Dalam rapat di sebuah rumah dekat Ngarai Sianok Bukittinggi, 19 Desember 1948, ia mengusulkan pembentukan suatu pemerintah darurat (emergency government). Gubernur Sumatra Mr. T.M. Hasan menyetujui usul itu “demi menyelamatkan Negara Republik Indonesia yang berada dalam bahaya, artinya kekosongan kepala pemerintahan, yang menjadi syarat internasional untuk diakui sebagai negara”.

    Pada 22 Desember 1948, di Halaban, sekitar 15 km dari Payakumbuh, PDRI “diproklamasikan” . Sjafruddin duduk sebagai ketua/presiden merangkap Menteri Pertahanan, Penerangan, dan Luar Negeri, ad. interim. Kabinatenya dibantu Mr. T.M. Hasan, Mr. S.M. Rasjid, Mr. Lukman Hakim, Ir. Mananti Sitompul, Ir. Indracahya, dan Marjono Danubroto. Adapun Jenderal Sudirman tetap sebagai Panglima Besar Angkatan Perang.

    Sjafruddin menyerahkan kembali mandatnya kepada Presiden Soekarno pada tanggal 13 Juli 1949 di Yogyakarta. Dengan demikian, berakhirlah riwayat PDRI yang selama kurang lebih delapan bulan melanjutkan eksistensi Republik Indonesia.

    Mr. Assaat

    Dalam perjanjian Konferensi Meja Bundar (KMB) yang ditandatangani di Belanda, 27 Desember 1949 diputuskan bahwa Belanda menyerahkan kedaulatan kepada Republik Indonesia Serikat (RIS). RIS terdiri dari 16 negara bagian, salah satunya adalah Republik Indonesia. Negara bagian lainnya seperti Negara Pasundan, Negara Indonesia Timur, dan lain-lain.

    Karena Soekarno dan Moh. Hatta telah ditetapkan menjadi Presiden dan Perdana Menteri RIS, maka berarti terjadi kekosongan pimpinan pada Republik Indonesia.

    Assaat adalah Pemangku Sementara Jabatan Presiden RI. Peran Assaat sangat penting. Kalau tidak ada RI saat itu, berarti ada kekosongan dalam sejarah Indonesia bahwa RI pernah menghilang dan kemudian muncul lagi. Namun, dengan mengakui keberadaan RI dalam RIS yang hanya beberapa bulan, tampak bahwa sejarah Republik Indonesia sejak tahun 1945 tidak pernah terputus sampai kini. Kita ketahui bahwa kemudian RIS melebur menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia tanggal 15 Agustus 1950. Itu berarti, Assaat pernah memangku jabatan Presiden RI sekitar sembilan bulan.

    Dengan demikian, SBY adalah presiden RI yang ke-8. Urutan Presiden RI adalah sebagai berikut: Soekarno (diselingi oleh Sjafruddin Prawiranegara dan Assaat), Soeharto, B.J. Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, dan Susilo Bambang Yudhoyono.

    Nah loo…..

  48. Inilah 12 Film Hollywood yang Menghina INDONESIA
    http://www.adayangunik.com/2012/02/inilah-12-film-hollywood-yang-menghina.html

    Masa iya seh hahahahaha………..

  49. Salam hormat poro sepuh&sedulur… maaf,.maafkan aku harus kuucap hal ini…
    Dia berkata dgn nafsu dan ego muthmainahNya..
    Heh,.priyayi2 palsu,.para laskar kurawa,..kelakuanmu lebih2 buruk dari binatang..demi Tuhan alam semesta alam,.kamu,.dan semua kondisi hidupmu,.keluargamu dan semua kondisi keluargamu,.anak turunanmu,dan semua kondisinya…akan merasakan lapar&dahaga dalam batinmu yg sedemikian dalam…yah,kamu tak akan pernah bahagia,.kamu,.tidak akan,pernah bahagia…
    #bismi Alloh,,bersamaMu#

  50. Selamat pagi…..

    Berita yang menjengkelkan dan bikin garuk garuk kepala….JS mungkin salah satu dari komunitas orang gila…..ha ha ha…

    http://health.detik.com/read/2012/10/24/082503/2071145/775/di-desa-di-kota-sama-saja-orang-gila-di-mana-mana?l992203755

  51. Salam kang js,.salam poro sepuh&sedulur,.
    Suwun beritanya kang js,.kalo sudah begini siapa yg memperhatikan kondisi mereka,.paling2 yah keluarganya,.apakah para pembesar disana mau memperhatikan? Baca artikelnya aja udah eneg…sibuk menuhankan diri sendiri…model kayak saya/kang js,.paling2 cuma bisa nglus2 dada..wong kondisinya gak jauh berbeda..hahahahaha,.
    #kadar stress yg naik mahqomad#

  52. Salam dan selamat malam……..

    Apakah ada pemimpin negeri ini mepunyai budaya malu bila tidak bisa melaksanakan tugas dengan baik……atau hanya demi mendapat penghasilan materi berlebih sehingga tidak pernah punya malu……aji mumpung ada kesempatan….mumpung masih belum terendus dan didongkel…..

    http://www.metrotvnews.com/metronews/news/2012/10/24/111272/Menteri-Olahraga-Mundur-karena-Stadion-Banjir/7

    http://www.metrotvnews.com/metronews/news/2012/10/24/111166/Salah-Perhitungan-Gempa-Kepala-Badan-Bencana-Italia-Mundur/7

    • Salam Cak JS…. kemungkinan krn budayanya yg beda cak…… di kita punya budaya lempar batu sembunyi tangan dan telanjur budaya salah kaprah…. kalau mundur berarti mengakui memang salah kelola dan gara-gara pepatah yg disamaratakan….pantang mundur….. membela yg benar…eh diplesetin dikit… jadi membela yg bayar.

      • Salam Mas ABR……kami kadang iri bila melihat negeri maju diluar sana…para pemimpin yang tegas dan disiplin….sangat memperhatikan rakyatnya…..rakyatnya juga begitu…patuh hukum disiplin dan pekerja keras…..

        Kata kata …bersama kita bisa……entah apa maksudnya…..bisa dalam hal apa ??……….

        • He..he… mungkin sepakat dg mantan anak menteng… Obama…Yes, we can…. tapi nggak taulah… apa sama atau beda maksud didlm hati keduanya.

  53. Salam kang js,salam kang abr @ yah demikianlah kang,.faktor manusianya-lah yg wajib dibenahi,..dan itulah yg membuat orang2 yg dekat denganNya jadi grentes dan eneg,.melihat polah tingkah yg sangat munafik tanpa rasa malu…
    #semoga ruanglingkup saya mati sekalian,daripada harus seperti demikian itu#

    • Salam Mas Nur…..semoga anak cucu kita tidak seperti hidup kita sekarang semoga rakyat negeri ini disuatu saat nanti hidup lebih bagus dan layak…..tidak ada perselisihan……

  54. Kang js,kang abr @ amiiin…

    • Cak JS dan Kang Nur….. maap…saya sedikit beda redaksinya… besok kita pasti lebih baik dari sekarang (besok kita pasti bekerja lebih efektif-efisien lebih tanggap dan lebih responsif… otomatis hasilnya akan lebih baik)…. maklum…tipe optimis kang.

  55. Mas ABR….tentang burung naga yang berwarna kuning dan hijau…..saya tidak tahu siapa dia…kami hanya melihat sekilas saja….apa benar bahwa burung itu ada …maksud saya ada dalam dunia gaib disana…karena kami percaya berdasarkan informasi para teman spiritual bahwa dunia gaib juga ada gonjang ganjing…..usreg seperti manusia….maaf….itu hnya kata teman…..

  56. Salam kang abr,.
    Salam kang js,.@ nggeh kang,.itu memang benar adanya,.(sy pun tdk tahu itu ada dimana),.tp hati biasanya memberi tahukan…
    memang benar kata teman kang js(atau,.kang js sendiri),.bahwa disana sedang gonjangganjing,. bbrpa wktu yg lalu sy lihat kerjaan cirebon(bkn dlm arti sbnarnya) porakporanda,.hancur2an,.setelah itu kerajaan yogya,.demikian jg….

  57. Salam Kang bb,kang abr,kang js @ iya,iya,.itu saya yg sms..xixixi,.
    Saya kan mau liat ketampanan kang abr..benar itu kang abr,fotonya..?

    • Heeeeeeeeeeeeeeeee….. ngganteng deweeeeeee
      Hush..hushh..hushh.hushh……..
      Sepenggal bait
      wkwkwkwk
      (comparebetwentheotherontheleftandrightwassohandsomedotcom)

  58. Waaah…anggota belum lengkap….Tukang bikin isu dan tukang tuduh belum nongol….Mas GP….

  59. He…he…he…. Gangnam…disono….kalau disini Gangdolly…..wkkkkk.
    Salam poro akang dan kadang.

  60. Salam kang abr @ owh bukan toh ternyata..wah kang bb..ckckck..

  61. Salam hormat poro sepuh&sedulur,.
    Saat ini,.leluhur tanah jawa(9 wali sanga),ditambah 4 leluhur lagi,.sedang mengadakan rapat,.letaknya didaerah gunung jati/gunung sembung,dicirebon..
    Membahas tentang sangat kurangnya tenggang rasa bangsa Indonesia saat ini,.

    #memang skrg jarang sekali yg benar2 mau memperhatikan kaum papa,.mgkn bnyk jg yg mau,.tp jauh dari bilangan yg tidak mau#

    • Salam hormat poro sepuh dan sedulur.
      Saat ini alam/bumi sedang melakukan balancing sbg bentuk manifestasi kpd Sang Pencipta. Ibarat ban mobil, hal ini dilakukan supaya penumpang yang ada di dalam mobil menjadi nyaman dan bisa konsentrasi dlm hal kebaikan. Kalau sudah selesai maka penumpang akan bisa berpikir dengan jernih dan mudah membedakan mana yang baik dan tidak. Bumi berputar layaknya ban mobil juga.

  62. Salam kang maw @ nggeh kang,.terjadilah apa yg seHarusnya terjadi,.
    Semoga panen raya itu akan segera tiba…

  63. Saya hanya menduga saja bahwa untuk bulan kedepan dan seterusnya banyak bencana melanda banyak negara di wilayah barat dan utara atau bisa dikatakan wilayah diatas negara NKRI……

    Lebih lebih lagi bencana yang terjadi di AS yang kita ketahui sebagi momoknya negara lain @ apakah AS adalah Negara Dajjal…mungkin saja @ apakah negeri kita juga sudah banyak anak buah laskar Dajjal , mungkin juga…..

    Maka bersiaplah bila semua ramalan benar terjadi dan apa arti dari ksatria tanjung putih / SP sebagai sosok yang menolong orang Jawa……

    Negara Dajjal sedang di luruk disatroni dengan badai topan dan gempa…..

    http://news.detik.com/read/2012/10/29/092928/2074687/1148/topan-sandy-mengancam-as-375-ribu-orang-dievakuasi-di-new-york?

  64. Dalam isi ramalan joyoboyo…..apa arti ambantu manungso jowo…membantu hal apa dan tentang apa ??…

    164. putra kinasih swargi kang jumeneng ing gunung Lawu\ hiya yayi bethara mukti, hiya krisna, hiya herumukti\ mumpuni sakabehing laku\ nugel tanah Jawa kaping pindho\
    ngerahake jin setan\ kumara prewangan, para lelembut ke bawah perintah saeko proyo\ kinen ambantu manungso Jawa padha asesanti trisula weda\ landhepe triniji suci\ bener, jejeg, jujur\ kadherekake Sabdopalon lan Noyogenggong\

    ini link tentang ramalan joyoboyo….

    http://id.wikipedia.org/wiki/Ramalan_Jayabaya

    • Sangpenganalisa

      Salam karaharjan
      Pada dasarnya di alam manusia dan di alam jin/lelembut saat ini berada dalam kondisi yang mengenaskan….satu sama lain saling mendolimi saling tekan saling menang sendiri….baik manusia terhadap manusia…manusia terhadap jin…jin terhadap jin bahkan jin terhadap manusia…..
      Keadaan ini disebutkan sebagai wong jowo kari separo artinya orang jawa apapun yg tinggal di jawa yg ngak berbudi baik namanya bukan jowo. orang jawa dibilang jowo dengan saudaranya jika berbudi luhur terhadap saudaranya.

      Nah untuk membalikkan keadaan seperti yg dikehendaki tuhan pencipta alam
      diperlukan kekuatan yg sangat besar tidak bisa hanya dengan kekuatan manusia saja atau jin saja makanya kekuatan2 alam yg ada dipersatukan tentunya di alam manusia diperlukan orang2 yg berwatak ksatria bekerja untuk membela kebenaran tanpa memandang bulu tanpa memandang bangsa manusia atau bangsa halus…makanya para makluk halus akan merasakan hal yg sama karena hal tersebut yg selaras dengan kehendak Sang pencipta. Apa yg dilakukannya….

      Tidak lain Nugel tanah jowo kaping pindho….adalah perbuatan yg sangat mustahil dilakukan oleh seseorang makanya…disini bukan arti sebenarnya tp arti kias. Mari kita tengok siapa yg nugel tanah jawa pertama kali…Pada dasarnya kedatangan islam di jawa telah menyebabkan perubahan yg sangat signifikan baik di alam manusia ataupun di alam jin. Kita semua tahu apapun bisa dipakai untuk melakukan kebaikan dan keburukan tergantung yg memegangnya namun karena pengaruh materialism yg kuat saat ini semua yg ada banyak yg tergerus kesana.

      Makanya semua yg nyata dan gaib harus dikerahkan untuk menjadikan wong jawa Jowo kembali jowo marang sedulure jowo marang sapodo2ne jowo marang sekabehane makhluke Gusti Allah/Gusti kang akaryo jagad apapun disebutNya.
      Ksatria tersebut akan dijadikan pemimpin mereka sedangkan Sabdopalon/Semar/B.Ismaya yg merupakan pemimpin bangsa Jin yg mendampimginya
      biar tugas2 berat berjalan sebagaimana yg digariskanNya di semua alam.

      Kita tahu bahwasanya betapa berat seorang yg jujur harus berlaku benar,jujur jangankan dalam kalangan elit politik dlm lingkungan kerja kita aja sdh sangat berat.
      Jk yg gaib sudah diturunkan jangan harap bisa mengelak jangan harap bisa berbohong…..yg gak benar diibaratkan jd santapan para lelembut akan tergilas oleh roda perputaran jaman.
      Untuk itu marilah kita siapkan diri kita ….perbaiki diri kita….luruskan kebengkokan kita…sehingga jika saat itu benar2 tiba…kita tinggal hanya sekedar memolesnya…dalam artian kita bukanlah yg harus tersingkir tapi kita adalah para pemain…para ksatria yg tlah lurus yg siap mengemban tugas mulia tsb…..

      Sedulur2 disini berkata saat itu kian dekat….kian dekat…mari siapkan diri kita….

  65. Salam Mas Sang Penganalisa…….

    Terima kasih dengan saran dan nasehatnya…..

    Kami di kota Syrabaya hanyalah sekumpulan atau segelintir anak bangsa yang mungkin berpikiran sama dengan semua Panjenengan atau puluhan juta rakyat NKRI , rakyat yang mendambahkan keindahan hidup karena hidup sebenarnya indah dan sakral……

    Keindahan dan sakralnya hidup bisa diresapi bila alam semesta atau tanah yang dipijaknya memang bisa mendukung , memaknai hidup dengan jiwa kebatinan jiwa ketimuran atau sifat dan budaya karakter bangsa timur yang sangat percaya dengan adanya maha gaib yaitu Tuhan sang pencipta dan mahluk gaib dan alamnya….Tuhan yang bernama dan disebut terserah dengan kata kalbunya …..

    Sudah kita dengar dari poro sepuh tentang hebatnya bangsa Jawa atau Nusantara ini dan sejarah atau peninggalan benda benda purbakala telah membuktikan bahwa negeri nusantara adalah negeri hebat dan juga misteri dan malah ada yang percaya berdasarkan penelitihan ilmiah bahwa wilayah nusantara adalah sebagai cikal bangsa manusia diatas bumi , bangsa dari tanah nusantara yang kemudian menyebar ke segala penjuru dunia………

    Menjadi sangat aneh bin mengherankan negeri nusantara yang dulunya begitu terkenal dn dihormati dan disegani menjadi negara ” mbelgedes “…terhina , terpuruk ,loyo…imponten.. bermoral merosot dan bahkan bejat bin sontoloyo……seperti sudah hilang jiwa jowonya dan lebih membanggakan adat istiadat dan budaya atau kepercayaan negeri asing……..

    Semar ditengarahi atau diduga sebagai keturunan bangsa Jin atau keturunan blasteran dari dewa atau apapun dan dari mana asalnya maka bagi banyak manusia mungkin tidak begitu diperhatikan dan Semar sebagai penguasa atau mendampingi para bangsa lelembut mungkin juga benar karena kami yang cubluk dan tidak pernah belajar ilmu gaib sudah pernah dipertontonkan soal sosok Semar itu…kenapa dipertontonkan maka kami selalu menjawab dengan jujur…tidak tahu…..

    Jin yang diberi stempel miring oleh pentolan faham islam dari monco negoro jaman dulu menjadi semakin miring dan dihinakan ketika ajaran itu semakin menyebar ke banyak masyarakat maka jin seakan dikatakan sebagai mahluk buruk dan di musuhi oleh mereka maka siapa sebenarnya yang buruk dan jahat atau yang membuat fitnah itu ??….agama islam , para wali arab atau apa dan siapa saja ..

    Kenapa Sunan Kalijogo dalam ajaran makrifatnya menuangkan dan menyisipkan wayang semar dalam pagelaran wayang lalu apa kesimpulan kita terhadap Sunan Kalijogo …apakah Sunan Kalijogo itu Islam tidak jelas atau Islam sempalan dengan mencampur baur agama islam dengan budaya dan adat pribumi Jawa ??….

    Dalam komentar saya di blog EC , kami sudah banyak menulis tentang semar atau sosok gaib yang jlain dan tentang Semar yang ke Jakarta , masuk keluar dari gedung gedung pemerintahan…..juga perang antar gaib yang berjumlah jutaan , seperti perang antar semut , uwel uwelan dan banyak lagi yang lain……

    Saya hanya menarik kesimpulan saja bahwa sangat benar para gaib juga usrek seperti manusia , ada kelompok yang ingin benar dan ada kelompok yang tidak benar dan Semar sudah pasti menghendaki kebenaran dan keluhuran dan apakah itu bisa diartikan bahwa ada sosok gaib yang membantu manungso jowo…..mungkin saja begitu…..

    Misalkan saja apa apa yang kami lihat tidak dilihat atau tidak diketahui oleh para spiritual yang terhormat maka kami bisa memaklumi karena kami sendiri sebenarnya tidak yakin atas penglihatan itu karena kami memang bukan aorang berilmu apalagi para spiritual dan kami tidak meminta untuk tahu itu…….

    Misalkan saja kami mengatakan bahwa ada sosok gaib yang bermodel seperti Petruk dan sosok ini yang juga berdiri di barisan benar dan dia seakan menunggu rumah bentuk joglo seperti satpam , lalu apakah para rekan percaya tentang itu ???….weeeh…saya jadi ngelantur…mohon maaf…..nanti disambung lagi……..Nuwun….Salam rahayu….
    ..

  66. Ini hanya kabar dari seorang teman yang pernah batuk darah karena si hitam dan juga dari teman yang lain yang sering kluyuran……

    Apakah benar sosok yang bermodel Semar mengatakan bahwa otoritas kepemimpinan gaib dan semua manusia sudah jatuh ketangan seorang manusia..khusus tanah jawa dan nusantara pada umumnya..
    Kata gaib itu…..semua gaib ada dibawah perintah si dia dan semua kegiatan para gaib harus seijin manusia itu…..apakah ini berarti Ksatria itu sudah ada dan hadir , lalu siapa dan dimana SP ??……semoga ada porosepuh mau dan berkenan memberikan info atau pertanyaan kami…karena kami juga ingin bertemu dan menyampaikan sesuatu demi kepentingan banyak manusia…..he he he …apalagi kalau bukan tentang server arsip ……Nuwun…..

  67. gareng petruk

    jika saja poros barat, timur tambah tengah bersatu padu menyerang amrik… wah bakalan cepet bangkrut dia.
    poros barat dg petirnya, poros timur dg api dan gempanya serta poros tengah dg anginnya yg keluar dr telapak tangannya… wuih… termehek-mehek amrik… maka terbuka jalan lebar untuk indonesia menjadi mercusuar dunia.

    bravo para SP
    salam bersatukitateguhberceraikitaruntuh

  68. Saudara2 sebangsa dan setanah air,marilah kita selalu berprangsaka baik,segala sesuatu hendaklah diawali dg niat baik dan tujuan yg baik,jadi jangan didasarkan pada iri,dengki,amarah ,benci dll.selama nyawa masih di tenggorokan Tuhan masih memberi pintu tobat untuk manusia,kita tidak tadi kondisi kita masing2 ketika nyawa masih ditenggoorkan apakah kita mau dan diberikan kesempatan bertobat ? Bisa jadi kita yg mengaku orang paling beriman tapi diakhir hayat kita bisa mengingkari iman kita yg didoorng oleh rasa benci,amarah,iri dan dengki.Kita lahir bersih hendaklah kembali dg bersih,harta,pangkat/jabatan(jendral misalnya) itu hanyalah sampiran.Wong urip iku ibarat koyo mung mampir ngombe.

    Oleh karena itu dalam membangun nusantara ke depan diperlukan para ksatria yg bersih hatinya bukan didasarkan atas kebencian,cepat atau lambat ke 120 negara akan ditata dan nanti akan berkiblat ke Indonesia sebagai mercusuar dunia tanpa kecuali Timur tengah,eropa,amerika,australia,afrika dll.Dengan berbagaio sebab negara2 lambat laut akan mengalami kebangkrutan dan bencana sehingga mau tidak mau harus konsultasi/minta bantuan Indonesia sebagai negeri yg mampu bertahan dari terpaan gelombang politik dan ekonomi,itulah makanya Indonesia oleh Bung Karno disebut Mercusuar dunia.maaf beribu maaf kalau sy menyebut nama Bung Karno disini karena mungkin ada yg tdk berkenan nanti sy di kuyel2/dicaci maki lagi.Hanya sy berharap jadilah manusia pemaaf bukan pendendam,karena pada suatu saat kitapun juga akan merengek-rengek minta maaf pada Allah ,Yang Maha Pengampun.

    Mohon maaf atas tulisan ini,ini hanya sekedar saran dari orang dusun/pengangon kambing maklum nggak pernah makan perguruan tinggi apalagi .dan bukan pemikiran seorang ksatria namanya saja tungan angon kambing he he…….tuh disebelah sdh muncul satria panenget…..

  69. Salam hormat poro sepuh&sedulur,.
    Kang js,dll @ sy pun membenarkan apa yg kang js lihat,..Dia(ksatria tanjung putih),.memang pemimpin utama bangsa ghaib(utk saat ini),dan kelak akan memimpin bangsa manusia(utk waktu kedepan yg sy jg tdk tahu),.Dia panglima perang bangsa ghaib(trmsk jg bangsa jin),. samar2 dia berbicara,dan terdengar oleh saya,.bahwa dia akan mengerahkan pasukanya sekitar 5ribu mahluk,bangsa jin yg Haq,.untuk menyelaraskan alam fikir orang2 skrg(nanti akan bnyk yg suka agak2 bengong,karna alam fikirnya diselaraskan),.dan juga mengerahkan sekitar 3ribu mahluk,untuk memanaskan suhu manusia(mungkin bnyk orang yg akan jadi panasan didlm sikapnya,.atau suhu berupa penyakit),.
    Dia sudah Ada ditengah2 rakyat nusantara,.namun sy jg belum tahu Dia ada dimana,.dia punya ciri,yg kulihat sbb:
    *jika bertemu dgn orang yg waskita/orang pintar/ahli hikmah/ahli sufi,.dia tidak ada takutnya,.namun menghormatinya,..setelah itu terhubung antara diriNya dgn orang tsbt,.
    *Dia punya otak yg sangat cerdas,.namun kehidupanya skrg,tdk mendukung utk otak yg Dia punya,.dia jg dari kaum yg pas2an secara materi,.
    *ketika bertatap muka denganya,.hati kita berada pd posisi zero,.

    #biarlah Dia berkarya sendiri,.kt jg berkarya namun utk kehidupan kt sendiri,.suatu saat nanti,.karya kita dengan karyaNya,.akan dibenturkan#

  70. Kang bb @ Haha,.corong bakal jadi ceesan sama speker,..cm speker(blog timur) suarane merdu, corong suarane cempreng…xixixi

  71. Saat ini beliaunya belum diwisuda kang, mungkin suatu saat nanti ketika beliaunya sudah diwisuda kang js bisa bertemu.
    Jika saat ini kang js ketemu dengannya mungkin tidak akan percaya

  72. Salam hormat poro sepuh&sedulur,.
    Saat ini para leluhur tanah parahiyangan(nusantara) sedang rapat,.membicarakan permohonan yg haq,dari mereka yg dari dahulu belum terangkat permohonannya,.bgmn memulai kondisi,jg cara utk mewujudkannya…..

    Efek utk masyarakat luas adlh lebih mengertinya masyarakat,,trhdp yg haq,dan yg bathil,….
    Rahayu…

    • Salam Karaharjan
      Ngeh kang Kemarin Gludug….gluduk….ke beberapa rumah
      gimana gak gludag gluduk wong emang bawa singgasana
      Batu pualam Hijau …gagang Emas Gada di tangan kanan????
      Waktu agak sore ke rumah yg sebelah timur lawu masih timurnya bengawan banyu….
      Garis Perak ke Gunung Perahu sebelah barat pertemuan kedua garis tsb
      dilihat dari kediri dibelakang sungai….pintunya setinggi batu….dsb…
      Hmmm…persis rumah merpati tiap…dimiliki oleh…sejodoh
      Cuman KTP Ngak dirumah tsb kayaknya…..
      Terus ke rumah yg tinggi gemukan yg direndam sama STP
      agak ke utara….ha…ha rumah budak janggotan kali ya……
      kang Nur dah ada kontak blom sama dia…..
      Ada sedikit pesan……Japri atau kopdar aja kang….ke…748
      jk boleh….
      Trus ke Pr Kusumo…..Rm Kang Nur atau siapa ya…..
      Habis itu terus ke Utara….ha…ha..ha…ke STP kali ya….
      kian dekat….mohon kian siap siap…….
      Ngapunten……

  73. Salam kang As @ sy belum pernah bertemu muka denganNya,kang,.. kalau kontak denganNya kadang suka putus2,..
    dari dulu2,komentar2 saya,.adlh hasil dari kontak denganNya,.nanti ketika Dia bilang berhenti,.saya akan berhenti,utk kirim komentar lagi,.. Tapi mudah2an sih,nggak…

  74. Tulisan kontroversi seharusnya ada di blog ec… banyak yg protes termasuk mas BB hehehe…
    http://blog.konspirasi.com/2012/07/ilmuwan-as-yesus-adalah-seorang-muslim.html
    ——————————————

    Yesus Adalah Seorang Muslim

    Professor Agama dari Sekolah Tinggi Luther di Iowa, Amerika Serikat, bernama Robert F. Shedinger telah menimbulkan kontroversi saat mengklaim Yesus sebagai seorang muslim dalam buku terbarunya.

    Stasiun televisi Al Arabiya, Selasa (24/7), melaporkan pada bagian sampul buku dirilis tahun ini terpajang judul Apakah Yesus Muslim? “Saya menjawab (semua keraguan) dengan bukti-bukti terpercaya,” tulisnya di kata pengantar.

    Pada 2001, kala memberi materi kuliah Metodologi Islam, seorang mahasiswi muslim mengatakan caranya menerangkan mengenai Islam tidak sama dengan cara diyakininya.

    Dalam wawancara, Shedinger mengatakan dari pertanyaan itu memotivasi dirinya berpikir ulang mengenai konsep Islam dan menerapkan pada ajaran agamanya. Posisinya sebagai kepala departemen studi agama memberi dia kesimpulan Yesus seorang penganut Islam, namun belum menjadi agama melainkan gerakan keadilan sosial, seperti ditulis Fox Nation.

    “Yesus menjadi simbol keadilan sosial dan itu cocok sekali dengan Islam. Yesus lebih mendekati seorang muslim,” katanya.

    Islam dibawa Nabi Muhammad menerima wahyu pada 622 masehi dan Yesus sendiri diyakini hidup 600 tahun sebelumnya. Namun perjalanan Yesus sesuai prinsip-prinsip Islam dan semua ditulis dalam buku itu.

    Bahasan hubungan Islam dan Kristen juga menjadi ulasan penting. Shedinger memikirkan bagaimana caranya kedua agama itu bekerja sama untuk mempromosikan keadilan sosial di dunia.–> (lewat blog akigendeng saja gimana?)

  75. Negeri layak atau memang sudah hancur , karena moral dan ditangani dengan pola pikir tidak benar dan tidak beres…..

    http://nasional.inilah.com/read/detail/1925443/kasus-hambalang-andi-layak-tersangka

    http://nasional.inilah.com/read/detail/1925437/grasi-ola-tamparan-buat-sby

    Silakan baca berita yang lain yang mempertontonkan bagusnya perangai dan perbuatan mereka / anak buah Dajjal…

  76. Apakah lampu akan mati lagi , New York dan banyak kota lain akan gelap kembali akibat badai lagi ??….

    http://www.metrotvnews.com/metronews/news/2012/11/11/113407/Lampu-Patung-Liberty-Kembali-Menyala/36…..

  77. Ehem… sapa ya… Coba perhatikan auranya…. gelapkah?
    Tersamarkah? atau bagaimana ini…..

  78. Lihat juga cahaya terang dari atas kepala. Benar benar …….

  79. Tidak terkena dampak badai. ……….. Jadi tetap MENYALA…
    yen listrik mati rak ga iso berdentam yoo..

  80. Salam kang bb @ tersamar kang,.sangat tersamar,.seperti ruangan yg ditutup kelambu ungu…
    Terang kang terang,seperti siang hari ditutup kelambu ungu,..

  81. Salam kang gp @ kang gp,.mang sp sudah bisa difoto yah..??

  82. Kang bb @ wah,,wah,,wah,..pantas liatnya kelambu ungu,.xixixi,..
    Itu kang js yah,..kang js,.saya mau nyium tangan kang js,.mdh2an tahun depan yah,kang js…

  83. Salam dan selamat malam……..

    Waaah….itu jelas gambar saya…..saya si buruk rupa yang diapit putri cantik……

    Gambar itu bagusnya saya beri judul cerita…..Pak tua yang baru sembuh dari sakit Jiwa dijemput oleh para kerabat untuk dikembalikan ke masyarakat….ha ha ha……

  84. Salam Mas Nur…..

    Waaah….ilmu Mas Nur ternyata sangat medeni ….sehingga tahu soal kelambu ungu…kami lebih condong dengan kelambu hitam……

    Salam Mas GP…..ha ha ha ….sangat benar gambar itu adalah Sang Penyolder….yang akan menyolder tubuhnya Mas BB….he he he….

    • Mangkelno !!!….jiaaan…mangkelno tenaaaan…..wakwakakakak……saya sampe ngakak sama si mbareb dan si ragil….anak anak bilang….bapak kalau di foto ternyata wajahnya jelek….huua ha ha ha….

      • Itu Dewi dewi kah? Maha dewi kah atau Angel?
        Sapa tuh kang…. hayooooo… ada main bukan empat mata yaa…. enam mata

    • Selamat malam

      Salam Nuning buat semua tanpa kecuali

      Waahhh romo Js dahsyattt ..

      Makasih buat romo BB yg memuat fto ini

      salam romo JS dan Jeng Dewi salam jg buat yg ibu yg disebelah Romo Js

      • Salam Rahayu sedoyo
        Salam Mbak Nuning. Inggih mbak sami sami. Itu gambar saya dapat pas meditasi tadi siang. Tak potret cekrek…. Aslinya hanya gambar seperti cahaya merah… lalu saya doa komat kamit… di atas pedupaan. begitu asap dupa menyambar … eh kluar gambar di atas kertas gloss yang saya pegang… ya gitu itu..gambarnya….

  85. Kang gp,kang bb,kang js @ hahaha,.kalo deket mah kang bb udah dikejar2,sm kang js..saya sm kang gp jingkrak2an aja..hha,..

  86. Salam semuanya…..ha ha ha….ini ulahnya Mas BB….bikin kepala puyeng……

    Iya …Itu memang JDD dan Bu Kim….main kerumah….Beliau ber dua memang warga Surabaya……

    Mas Pureng…..Baju saya di almari setumpuk…enggak lah…cuman beberapa potong saja…..hanya 2 warna saja …hitam dan biru…..he he he…pilih baju warna gelap itu agak aman dari penglihatan…kalau kotor tidak tampak…he he he…Nuwun….

  87. Istana Kebakaran

    Pihak Istana keberatan dan merasa terhina dengan pernyataan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD. Mahfud menduga praktik mafia narkoba kini mulai merambah ke Istana dengan mempengaruhi para pemberi rekomendasi sehingga presiden pun terpengaruh.

    http://id.berita.yahoo.com/istana-terhina-tuduhan-mahfud-ada-mafia-narkoba-di-125414011.html

    • Tanah negeri ini masih saja mau sabar ketika sudah melihat hal hal yang sudah begitu melenceng….

      Akan menjadi masuk akal bila banyak tempat di negeri ini sedang bergeliat untuk bangun dan memperingatkan para penghuninya……

      Sepertinya bencana besar masih ditangguhkan mungkin karena doanya para beliau yang berhati bersih dan lurus yang masih sangat cinta kepada tanah air ini……
      Tapi semua akan tetap terjadi yaitu bencana besar yang membuat banyak manusia menangis histeris…..

      Semua ini jelas sudah sebagai takdir dan pelajaran bagi mereka yang sudah terjerumus oleh pola pikirnya sendiri …karena egonya dan mungkin dalam faham kepercayaan dalam banyak hal…..
      Ternyata yang dianggap benar dan lurus belum tentu baik dan belum ada manfaat yang besar bagi masyarakat….

      Jurang sudah begitu lebar menganga dan sangat sulit bisa disambung kembali…kelompok yang diatas dan kelompok yang dibawah sangat jelas terlihat….yang klimis dan yang lusuh kumal…….yang kumal selalu ingin meminta dan berharap pertolongan tetapi yang klimis sudah terlanjur buta dan budeg…..

      Untuk apa harus bersaudara bila saudara yang merasa nyaman sudah memutuskan silahturahim dengan si kusut tidak terawat….
      Untuk apa bernegara bila negara sudah tidak sebagai negara yang melindungi dan memelihar rakyatnya…..kalau sudah begini maka alam akan berpihak kepada siapa ??…berpihak kepada yang dholim atau yang didholimi…..

      Entah benar atau hanya mitos dan legenda atau cerita dongeng bahwa alam akan meluluh lantakan isinya bila saja para penghuninya sudah dalam keadaan dan kondisi yang sudah tercelah….sangat merusak dan sudah tidak menghormati dan tidak bermoral….

      Kami hanya merasa takut dan was was bahwa Negeri ini juga termasuk tempat yang sedang di murka NYA sehingga bencana akan ditimpakan….semoga mimpi kami hanyalah mmpi disiang hari bolong dan bunga tidur tanpa arti dan makna……

      ….

  88. Salam Kang Pureng
    hehehe wah saya kok gak lihat baju yaa… lg mikir.membayangkan kalo tuh rambut di rapikan dan cukuran hmmmm…. jangankan dua… tuh angel semua jatuh deh dari langit…. tersepona

  89. Salam hormat poro sepuh&sedulur,..
    Saat ini diatas langit terdengar dag,dug,dag,dug.. seperti petasan meletus sahut2tan… Karena bratayudha,an tara ghoib putih,dgn ghoib hitam,..
    Berjalanlah apa yg seharusnya terjadi,..

    • Leres Kang Nur….
      Barisan tengah selatan…barisan Timur utara….
      Sudah saatnya semua berada dalam barisan yg semestinya yg dulu pernah ada….
      pada saat nusantara lama jaya…..

      Mudah mudahan perubahan besar gol hitam menjadi golput tsb akan segera
      dapat kita rasakan pengaruh baiknya buat kehidupan kita di nusantara tercinta….

      Semoga kita bukan golongan pinter keblinger yg disebut Eyang Siliwangi…..
      Mudah mudahan…yach mudah mudahan …lagi2 kita hanya berharap
      dan terus berharap…..mudah mudahan….

      Salam…..

  90. Bagaimana bila NKRI dipegang oleh manusia yang sering bingung dengan pola pikirnya yang ambisius dan ego…tidak cukup dengan apa yang sudah didapat….juga masih bisa bohong …..agama hanya dijadikan tunggangan…..

    http://news.detik.com/read/2012/11/12/071519/2088754/10/5-pemberitaan-rhoma-irama-yang-kontroversial?9911012

  91. Rakyat NKRI ingin tahu apa dan siapa yang tidak benar dalam memimpin….

    http://nasional.inilah.com/read/detail/1925633/mahfud-vs-inner-circle-istana-kemana-ujungnya

    http://nasional.inilah.com/read/detail/1925628/menkumham-sesalkan-pernyataan-yusril

    Apakah negeri ini segera bubar…diganti pemimpin yang benar , jujur dan lurus…

  92. cerdas cermat konon sudah dimulai…
    tapi sayang belum diperkenalkan pesertanya,
    regu A dr SLTP*… dg juru bicara…
    regu B dr SMP*… dg juru bicara…

    *SLTP = Sekolah Lokomotif Tingkat Pertama…???
    *SMP = Sekolah Militer Pajajaran…???

    salam,
    andum slamet.

    • Salam…..ini cerdas cermat tentang apa kok ada lokomotif ??…. memangnya Mas GP mau naik kereta api ..keluyuran kemana ??….he he..

  93. Salam……

    Ini cerdas cermat tentang apa …kok ada lokomotif ??……apa Mas Gamal mau ikutan naik kereta lokomotif …..mau kluyuran kemana ??….he he he…

  94. Kang gp kemana ya.. Lha ini cerdas cermat dari regu SLTP sm SMP sudah ngumpul
    Kang gp malah kabur

  95. Salam kang js,kang bb,kang gp,kang abr,kang pureng,.
    Nanti lokomotifnya kejar2an,.lokomotif SLTP kang js,lokomoti SMP kang bb,..trus kejar2an,..kang bb dikejar sm kang js…wkwkwkwkwk,..

  96. Salam kang js @ wahahahahaha,..sy mau liat,,sy mau liat… #ngakak bgt sampe junkir balik#

    • Waaah….percuma Mas Nur….Mas BB sudah ngerti kalau mau tak solder….itu lihat…bokongnya sudah dimasukkan ember…..apa di bali emang ada celana pendek model ember.??……wakakakakakak

  97. Waaah…..apeees ….Mas BB sudah tahu kalau akan saya solder…..tuuuh lihat….bokongnya sudah dimasukan ember….Apa di Bali ada celana pendek model ember ???….wakakakakak….

  98. Salam kang js @ wahahahahahahaha…kang bb gak mau muncul,.takut disolder,..

    • Lha…itu dia…orangnya sudah muncul……enaknya solder gagang besi apa gagang kayu….yaa ??….waaah…Mas BB lari lagi Mas Nur….keeejaaaaar !!!….hua ha ha ha ha……

  99. Sssssttttt….. ada yg aneh di blog ni…..
    semua mata masih terpaku dengan foto tiga serangkai….
    hmmmm…. interesting……

    Mungkin mash mencari cari darimana asal cahaya putih yang ada di atas kepala itu….

    • Tidak ada yang aneh…itu lampu neon…. he he he….waaah….lupa…solder ketinggalan…he he he…..

    • sy ampe mimpi ktemu mbah js barusan, gara2 smalam liat poto itu….. dua vanita itu kirain istri dan anaknya si mbah, trnyata org lain pantesan gaya si mbah kayak malu2 meoong gitu…

  100. kata kk gamal sp bakal muncul hari ini…. brarti dikit lg ketauan kk gamal cerdas & cermat opo ndak…. :)

    • Salam Mas S Pengiler…….

      Apa benar Mas GP mengatakan itu……yang masih saya ingat Mas GP mengatakan bahwa SP akan naik haji tahun ini …jawaban dari Mas GP…SP naik haji dengan cara gaib….mungkin munculnya SP jjuga sama…gaib juga……he he he….

      Meskipun muncul dengan cara gaib kita pasti mengharapkan bisa bertemu dengan cara kita masing masing dan semoga ada akibat yang sangat berarti untuk perubahan NKRI….

      Saya mungkin percaya dengan dugaan dan pemberitaan dari Mas GP….karena dunia gaib memang seakan nyata , senyata memandang keadaan disekeliling dunia nyata …kita… ..

      • salam mbah js….. bgitulah kata kk gp dulu, ndak tau skrg apa diralat ato gmana…

        sy memank rada kurang sabar pengen sp nongol,,,, soale sy banyk ditindas & dizolimi, jd sy brharap sp akan ngasi keadilan buat sy mbah…. :(

        • sy memank rada kurang sabar pengen sp nongol,,,, soale sy banyk ditindas & dizolimi, jd sy brharap sp akan ngasi keadilan buat sy mbah…. :(
          —————————
          kurang dramatis… harus pake hiks.. hiks..!

  101. Hahaha,..hayuhlu kang gp…

  102. Dasar Gendeng…tuh foto nangkring terus di tangga teratas selama satu minggu
    Hebatttt….Ciamikkk pisan..euuyyy….

  103. spsw nusantoro

    Sugeng Ndalu sedoyo sedherek ingkang kinurmatan
    Sugeng pepanggihan dumateng Warung kulo ingkang alit sesak ugi mboten sae meniko.

    Sudah lebih dari satu setengah tahun kita duduk minum kopi bersama sembari membahas tentang apa yang kita yakini sebagai juru selamat bangsa bangsa. saya menggunakan bangsa bangsa karena di dalam negara kita sendiri terdapat begitu banyak ras bangsa.

    Saya mengucapkan terima kasih banyak atas partisipasi dan sumbangsih dari sedherek sekalian yang sudah berkenan memberikan waktu, tenaga dan pikiran untuk meramaikan warung ini.

    Tak lupa kepada para Pengintip sekalian saya menghaturkan banyak terima kasih karena sudah banyak membantu dengan kontribusinya sehingga hari ini warung sudah di intip sebanyak lebih dari 200.000 pengintip

    Hari ini adalah hari yang penuh dengan peristiwa penting.
    Diawali dengan pagi hari tadi telah terjadi Gerhana matahari total. Meskipun kita semua belum tentu bisa melihat di karenakan tidak terjadi di wilayah kita. Hanya sebagian dari Indonesia timur saja.
    Malam ini adalah malam 1 Suro . Adalah waktu yang baik untuk kita berintrospeksi diri berdoa kepada Tuhan Semesta Alam.
    Dan nanti tanggal 28 november adalah Gerhana Bulan.

    Semoga kita semua, khususnya poro sedherek diberi petunjuk dan tuntunan yang mungkin bisa dijadikan pegangan bagi poro sedherek skalian keluarga , rakyat dan bangsa.

    Sepindah maleh kulo ngaturaken Matur nuwun sanget dumateng poro sedherek. Mugi mugi Gusti Ingkang Moho Agung nggadahi remen datheng panjenengan sedoyo.

    Kirang langkungipun kulo nyuwun pangapuro mbok bilih kulo wonten lepatipun anggenipun kulo nyaosi panjengen sedoyo wonten bab ugi wekasan kulo ingkang kirang sae.

    Matur nuwun. Sumonggo

    Kun Fa Yakun

  104. Salam ki spsw @ matur suwun,,sami2,.. kepada yth.ki spsw,.. Telah menyediakan warungnya sebagai tempat antar dialog bagi kami semua….

    Bagi seluruh rekan,poro sepuh,sedulur,lan pengintip…yg siang tadi melakukan ritual berpuasa,,yg sehabis magrib&isya tadi membaca kitab,,yg seharian memusatkan alam fikir kepadaNya,,yg berada dlm forum diskusi&do’a,,dan yg beribadah dgn caranya sendiri,..mudah2an diterima,dan dikondisikan didalam hidup&kehidupanya,.untuk kebaikan semua…
    Rahayu…

  105. Rahayu Ki Gendeng…. sami sami Ki
    tapi kok kayak serigala bertopeng domba gitu tho Ki.. hehehe….

  106. Salam hormat poro sepuh&sedulur,.
    Kang js @ sy melihat ksatria tanjung putih itu sering berkunjung ke tempat kediaman kang js,secara astral,.. Mohon kiranya informasi apa yg kang js terima,..
    Rahayu kang js..

    • Salam Mas Nurkahuripan…….

      Saya atau kami hanyalah manusia kampung dan orang kecil yang kebetulan diberi gambar gambar yang tidak kami mengerti maksudkan…..

      Apa apa yang sudah kami terima memang ada yang harus saya sampaikan dan juga ada yang harus saya simpan untuk pengetahuan kami pribadi…..

      Kalau ditanyakan apakah ada info yang kami terima maka kami mengatakan kekuatan besar yang bersumber dari Dajjal sudah hadir di bumi atau mulai muncul dipermukaan , rasa getaran begitu terasa dan seakan bumi atau tanah seakan bergetar…..

      Kami sudah melihat kedatangan sosok yang mungkin itu adalah Dajjal….sosok yang berambut kriwul keriting….tidak tinggi dan agak gemuk , kulit putih kuning dan bukan gelap , bermata satu ( lupa mata mana yang terpejam / buta ) , bertelanjang dada dan bercelana pendek warna hitam…..

      Tentang apakah ksatrio tanjung putih sering datang kerumah…waaah…saya tidak bisa mengatakan apa saja yang kami lihat untuk diwedarkan karena akan menimbulkan sesuatu yang tidak kami harapkan…..
      Kami lebih mengarah bahwa ksatrio itu adalah Nabi Isa atau Yesus atau siapapun yang seperti dan bermaqom sebagai wakil Tuhan….ha ha ha….waaah…sepertinya Mas Nur banyak menerima info seperti kami …..

      Seperti yang diceritakan Mas GP , ada apa dengan tanggal 10 Muharam atau tanggal 24 November , kita lihat saja peristiwa yang sedang terjadi di timur tengah atau ditempat yang lain…..

      Di Timur Tengah , kami diperlihatkan banyak mahluk gaib / qodam yang berbaju putih dan sudah banyak berkumpul disana dan sayangnya gaib itu adalag gaib buruk / begejil buto bajang sebagai musuhnya Nabi Isa / ksatria tanjung putih …..Nuwun

  107. Salam dan selamat pagi…….

    Semoga saja para pembesar di Jakarta kerasukan energi dari aura ksatrio putih sehingga berani menguak dan menyuarakan kebenaran…..
    Pasukan gaib putih dan gaib hitam terus dan terus bertarung….
    Semakin hari semakin ramai dan lambat laut istana istana Dajjal segera ambruk…..Amin.

    http://nasional.inilah.com/read/detail/1928800/boediono-tak-akan-halangi-kpk-periksa-dirinya
    http://nasional.inilah.com/read/detail/1928748/yusril-heran-kpk-malah-kembalikan-century-ke-dpr

  108. AS pasti merasakan dampak dari bencana alam dan bisa merasakan bagaimana paniknya manusia ketika tertimpa malapetaka ….

    Negara ini yang selalu mengatakan sebagai polisi dunia dan selalu menciptakan perang kebelahan bumi negeri lain akan semakin terpuruk ekonominya ketika akan tertimpa bencana yang melebihi dari badai Sandy….

    http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/11/21/114670/Kerugian-akibat-Badai-Sandy-Capai-US$100-Miliar/7

  109. Salam Mas GP…Mas Nur…sedoyo Porosepuh…..

    Ini link tentang 10 Muharam….

    http://uswahislam.blogspot.com/2011/11/peristiwa-bersejarah-tanggal-10-muharam.html

  110. Salam Mas GP…Mas Nur……

    Mungkin kami membenarkan apa yang sedang dilihat Mas Nur , tetapi kami tidak berani menulis tentang peperangan itu…..

    Sudah pernah saya sampaikan bahwa peperangan antar gaib memang dari dulu sampai sekarang sedang dan terus terjadi……

    Kalau dulu gaib hitam memang terlihat jeleknya dan sebagian besar sudah menyerah dan bermohon maaf….he he he…ini hanya seperti cerita komik kartun saja……

    Sekarang ini agak beda bahwa yang diperangi adalah para Qodam , entah mahluk ini model apa , berujud buto bajang / raksasa kecil tapi berpakaian serba putih seperti baju orang naik haji / ikram…..

    Apakah ini sebagai bukti bahwa orang spiritual atau orang sakti yang mengaku beriman dan menyembah Allah mempunyai pembantu / Qodam ….. kami tahu ada tokoh kita yang sudah wafat juga mempunyai banyak Qodam seperti itu , serupa tapi tidak sama…apakah baik atau buruk , entahlah …….

    Para Qodam ini memang bermuka tidak bagus atau memang begitu ujud aslinya , mereka sudah berkumpul di tanah padang pasir dan siap berperang …..
    Ternyata para Qodam itu adalah musuh dari golongan putih / Nabi Isa Yesus ….setiap dihantam maka Qodam itu lalu menghilang , entah mati atau kembali keasalnya…..

    Kami jadi bingung dan heran sendiri , apa Qodam itu sebenarnya , mahluk buruk atau baik dan siapa yang menghimpun itu ???…spiritual orang padang pasir / Arab atau siapa…embuh ora meruh…..

    Itulah sekedar gambar gaib tadi malam…anggap saja hanya ceria mimpi bunga tidur…..dari mana kami tahu maka itu adalah hasil sari Slamet yang sedang galau , gara gara sudah diperlihatkan si mata satu ittu dan tahu tahu…wuuus…dia pergi kesana dan diperlihatkan pertempuran itu….Nuwun…

    • Mas GP….raga sukma terjadi lagi terhadap diri Slamet dan tidak bisa ditolak ….
      saya sebagai orang tua angkat hanya bisa berdoa saja semoga tidak terjadi apa apa yang serius dan tentang anaknya yang hampir meninggal itu bukan karena kekuatan gaib hitam tetapi karena sakit typus dan radang saluran kencing dan ph / trombosit darah menurun…….

      Saya jadi mengerti kenapa Slamet dipaksa untuk berpuasa 40 hari lagi …puasa ini yang kata Slamet sangat beda energinya dan sangat berat juga berat dalam keadaan Surabaya yang sangat panas…..puasanya sudah berlangsung hampir 20 hari…..Nuwun… ….

      • Semoga Puasanya Mas Slamet Kuat Kang JS amiin.

        • Salam Mas Jatayu…sedoyo sederek dan porosepuh…..

          Mas Jatayu…terima kasih atas doanya untuk si slamet….

          Semoga kami tahu dan mengerti kenapa si cerobong putih memaksa si slamet untuk berpuasa dan sedikit banyak akhirnya kami mengerti …Nuwun…

  111. Copas ….sekedar untuk mengisi waktu senggang…

    Di akhir kejayaan Majapahit keberagaman suku, agama dan ras mendapat tempat di nusantara.

    Masyarakat nusantara dan kebhinekaan adalah bagai ikan dan air. Sejak bumi nusantara dihuni manusia, sejak itu pula leluhur kita hidup dalam keberagaman. Maka menjadi aneh bila sekarang ada sebagian kelompok di masyarakat yang menginginkan satu warna dalam hal suku, agama ras dan golongan.

    Untuk tidak jauh-jauh membangunkan memori keberagaman kita, mari kita simak bagaimana keberagaman hidup di zaman Majapahit hingga keruntuhannya. Novel Sabda Palon Seri II (Roh Nusantara dan Orang-orang Atas Angin) ini berkisah tentang kisah-kisah kehidupan di akhir masa kejayaan Majapahit.

    Sabda Palon adalah dua punggawa raja terakhir Majapahit, Raden Brawijaya V. Dua punggawa kerajaan ini memilih untuk berbeda jalan dengan junjungannya. Raden Brawijaya memilih menjadi muallaf seiring menguatnya pengaruh Islam di pesisir Jawa yang dibawa oleh Walisongo.

    Sementara Sabda Palon memilih tetap memeluk Agama Hindu – Budha (Syiwa Budha). Sabda Palon sempat bersumpah untuk kembali lagi dalam 500 tahun, di saat keserakahan, korupsi dan bencana hebat melanda nusantara. Sabda Palon akan mengembalikan ajaran budi dan kebajikan yang telah ditinggalkan.

    Sabda Palon tak terima ketika pada tahun 1478 Majapahit digulingkan oleh tentara Demak dengan bantuan dari Walisongo yang menandai runtuhnya ajaran lama dan digantikan ajaran baru. Sabda Palon akan kembali untuk mengembalikan kejayaan nusantara yang sudah lama dikuasai oleh Eropa, China, Arab, Amerika dan negeri manca lainnya.

    Islam masuk ke nusantara melalui proses yang pelan tapi pasti. Meluasnya Islam dimulai ketika wilayah Raja Vietnam Selatan yang dikenal dengan Champa memeluk Islam. Islam dibawa ke Champa oleh ulama Islam dari Samarqand (wilayah Rusia Selatan), Syekh Ibrahim As-Samarqand. Raja Champa memiliki dua putri: Dewi Candrawulan dan Dewi Anarawati. Syekh Ibrahim As-Samarqand dinikahkan dengan Dewi Candrawulan dan melahirkan dua orang anak: Sayyid Ali Murtadlo dan Sayyid Ali Rahmad atau yang lebih dikenal Bong Swie Hoo.

    Champa adalah kerajaan besar tetangga Majapahit yang kala itu diperintah Prabu Brawijaya. Pendek cerita, Dewi Anarawati menikah dengan Prabu Prawijaya. Dalam kisah-kisah Majapahit, Dewi Anarawati meminta kepada Brawijaya untuk dibangun asrama pendidikan bagi China muslim yang terus bertambah jumlahnya di Jawa.

    Maka dibangunlah asrama di Ampeldhenta (sekarang Surabaya). Dewi Anarawati pula yang meminta agar iparnya dari Champa, Syekh Ibrahim As-Samargqand dipekanankan sebagai pemuka agama di asrama tersebut.

    Sejak itulah agama Islam menyebar di Jawa dari pendatang China Champa. Kecakapan berdagang kaum China membawa dampak kesenjangan orang kaya dan miskin. China muslim semakin makmur, sementara orang Jawa Hindu terbelakang secara ekonomi.

    Dalam buku Sabda Palon Jilid II ini banyak dikisahkan bagaimana orang China muslim membaur dengan orang Jawa. Menurut penulisnya Damar Shashangka, saat diwawancari Beritasatu.com menyatakan pada abad 15 pembauran mulai dilakukan dan dipelopori oleh sosok Bong Swie Hoo alias Sunan Ampel. Pembauran itu berhasil. Tak ada lagi beda antara orang Jawa dan China. “Bahkan orang-orang China sudah wajar menduduki tempat penting di jajaran pemerintahan Jawa. Bahkan mayoritas orang China saat itu Muslim,” kata Damar.

    Kelak di kemudian hari, pembauran ini mulai terusik setelah peristiwa pembantaian orang China (Chinezenmoord) di Batavia oleh VOC pada 1740. VOC lantas menerapkan politik diskriminatif dengan menggolongkan orang China pada golongan sosial Timur Asing (Vreedem Oosterling) selain golongan Eropa (Europeanen) dan Pribumi (Inlander). Pembauran terusik sudah. Ditambah dengan datangnya imigran baru orang China ke Hindia Belanda yang kebanyakan beragama Kong Hu Cu, Buddha dan Tao.

    Gelombang pendatang baru ini, walau sama-sama orang China, namun seolah terputus dengan orang China muslim yang semenjak abad 15 sudah berbaur di nusantara. Orang China Muslim rata-rata masih keturunan para pejabat Dinasti Ming atau setidaknya simpatisan Dinasti Ming. Namun imigran China baru pada abad 18 adalah simpatisan Dinasi Manchu.

    Melalui buku Sabda Palon II ini, penulis hendak menyatakan bahwa sosok Bong Swie Hoo (Sunan Ampel) layak diangkat sebagai bapak pembauran China-Jawa. “Peran besar beliau ini yang kurang diketahui oleh kita semua. Dalam novel Sabda Palon II ini sengaja saya angkat kembali.” kata Damar.

    Novel Sabda Palon II adalah kelanjutan dari Novel Sabda Palon I (Kisah Nusantara Yang Disembunyikan). Dalam Sabda Palon I, penulis lebih banyak berkisah tentang sabab musabab runtuhnya Majapahit. Sabda Palon dan Naya Genggong, dua punakawan Brawijaya, melihat dengan mata batinnya bahwa trah Majapahit akan lumpuh. Selama lima ratus tahun awan hitam akan menaungi Nusantara seiring datangnya para pengusung keyakinan baru yang bakal mengakhiri kekuasaan Majapahit.

    Kedua novel Sabda Palon ini merupakan rangkaian dari trilogi Sabda Palon yang disiapkan penulis. Ketiganya lebih tepat kita sebut fakta sejarah yang dinarasikan. Penulis mengakui hanya 10% yang bisa disebut fiktif. Novel tersebut sengaja dibuat dengan secara ketat menghindari pencampuradukkan kisah dan tokoh fiktif dengan kisah dan tokoh historis sebagaimana lazimnya novel-novel berlatar sejarah, yang banyak beredar selama ini.

    Jika anda termasuk orang yang jenuh mempelajari sejarah berwajah akademis, maka Novel ini sangat tepat untuk Anda. Pembaca akan dibawa wisata imajinasi untuk mengenal nama-nama daerah di masa lalu yang sampai sekarang masih ada.

    Sebut saja pusat kerajaan Majapahit di Trowulan (Mojokerto) dengan pelabuhan internasional Gresik, Ujung Galuh (sekarang Tanjung Perak) dan Kambang Putih (sekarang Tuban). Lalu Blambangan (sekarang Banyuwangi), Pengging (sekarang kecamatan di Kabupaten Boyolali), Wandan (sekarang Banda Neira, Maluku), Tarub (daerah di Purwodadi), Glagah Wangi (sekarang Demak) dan lainnya.

    Narasi novel ini sangat mengagumkan pada tiap bagian. Pembaca diajak berkelana ke nusantara masa lampau. Kita yang hidup di abad 21 ini harus membaca sejarah abad 15. Jangan kaget kalau Anda terpaksa harus membaca ulang kisah pada bab sebelumnya untuk memahami kisah berikutnya.

    Sabda Palon adalah perlambang untuk mengingatkan kita untuk kembali pada kebajikan dan budi luhur. Hanya dengan cara itu kejayaan individu akan didapat. Dan hanya dengan kejayaan individu maka akan melapangkan jalan kejayaan kembali nusantara.

  112. Agama Asli Nusantara adalah agama-agama tradisional yang telah ada sebelum agama Islam, Kristen Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Buddha, Konghucu masuk ke Indonesia.

    Mungkin banyak di kalangan masyarakat Indonesia sudah tidak lagi mengetahui bahwa sebelum agama-agama “resmi” (agama yang diakui); Islam, Kristen Katolik, Kristen
    Protestan, Hindu dan Buddha, kemudian kini Konghucu, masuk ke Nusantara atau Indonesia, di setiap daerah telah ada agama-agama atau kepercayaan asli, seperti:

    * Sunda Wiwitan yang dipeluk oleh masyarakat Sunda di Kanekes, Lebak, Banten
    * Sunda Wiwitan aliran Madrais, juga dikenal sebagai agama Cigugur (dan ada beberapa penamaan lain) di Cigugur, Kuningan, Jawa Barat
    * Buhun di Jawa Barat
    * Kejawen di Jawa Tengah dan Jawa Timur
    * Parmalim, agama asli Batak
    * Kaharingan di Kalimantan
    * Tonaas Walian di Minahasa, Sulawesi Utara
    * Tolottang di Sulawesi Selatan
    * Wetu Telu di Lombok
    * Naurus di Pulau Seram di Propinsi Maluku

    Didalam Negara Republik Indonesia, agama-agama asli Nusantara tersebut didegradasi sebagai ajaran animisme, penyembah berhala / batu atau hanya sebagai aliran kepercayaan.

    Hingga kini, tak satu pun agama-agama dan kepercayaan asli Nusantara yang diakui di Republik Indonesia sebagai agama dengan hak-hak untuk dicantumkan di KTP, Akta Kelahiran, pencatatan perkawinan di Kantor Catatan Sipil, dsb.

    Seiring dengan berjalannya waktu dan jaman, Agama Asli Nusantara semakin punah dan menghilang, kalaupun ada yang menganutnya, biasanya berada didaerah pedalaman seperti contohnya pedalaman Sumatera dan pedalaman Irian Jaya.

    Di Indonesia, aliran kepercayaan yang paling banyak penganutnya adalah Agama Buhun. Data yang terekam oleh peneliti Abdul Rozak, penulis Teologi Kebatinan Sunda, menunjukkan jumlah pemeluk agama ini 100 ribu orang.

    Jika angka ini benar, Agama Buhun jelas salah satu aliran kepercayaan terbesar di Indonesia, yaitu 25 persen dari seluruh penghayat aliran kepercayaan. Data Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata tahun 2003 mengungkapkan, dari 245 aliran kepercayaan yang terdaftar, sementara keseluruhan penghayat mencapai 400 ribu jiwa lebih.

    Tetapi agama asli Indonesia yang paling terkenal adalah Kejawen.

    Kejawen (bahasa Jawa Kejawèn) adalah sebuah kepercayaan atau mungkin boleh dikatakan agama yang terutama dianut di pulau Jawa oleh suku Jawa dan suku-bangsa lainnya yang menetap di Jawa.

    Penamaan “Kejawen” bersifat umum, biasanya karena bahasa pengantar ibadahnya menggunakan bahasa Jawa. Dalam konteks umum, Kejawen merupakan bagian dari agama lokal Indonesia.

    Seorang ahli antropologi Amerika Serikat, Clifford Geertz pernah menulis tentang agama ini dalam bukunya yang ternama The Religion of Java. Olehnya Kejawen disebut “Agami Jawi”.

    Penganut ajaran Kejawen biasanya tidak menganggap ajarannya sebagai agama dalam pengertian seperti agama monoteistik, seperti Islam atau Kristen, tetapi lebih melihatnya sebagai seperangkat cara pandang dan nilai-nilai yang dibarengi dengan sejumlah laku (mirip dengan “ibadah”).

    Ajaran Kejawen biasanya tidak terpaku pada aturan yang ketat, dan menekankan pada konsep “keseimbangan”. Dalam pandangan demikian, Kejawen memiliki kemiripan dengan Konfusianisme atau Taoisme, namun tidak sama pada ajaran-ajarannya. Hampir tidak ada kegiatan perluasan ajaran (misi) namun pembinaan dilakukan secara rutin.

    • pembelajaran yang mungkin iya, mungkin juga tidak.
      Banyak orang mengatakan itu adalah sebuah cerita karangan, dan ada juga yang mengatakan itu adalah cerita kenyataan..
      Tidak salah beberapa penilaian berbeda dari beberapa literatur ataupun cerita turun temurun, bahkan ada juga yang langsung bicara dengan yang bersangkutan tentang kebenarannya.
      Nusantara ini memiliki adab santun dalam bertutur dan bercerita, berpikir dan berlogika, dan ada juga yang jauh dari hal terebut. Semua tidak lain karna khasanah budaya adiluhung tingkah laku manusia dalam menetapi hidup dan kehidupannya.

      Sejarah boleh dirubah, sejarah boleh ditutupi, dan sejarah boleh diungkap. Sudah siapkah semuanya menerima kenyataannya ? tentu satu sama lainnya akan bersikukuh dengan keinginannya masing-masing.
      Sebenarnya benang merah dari pokok semuanya tentu juga kembali kepada manusianya. Nah, sekarang pertanyaan itu berkisar pada. Legawakah/menerima dengan kebesaran hati bila sejarah itu berbicara tidak seperti keinginan kita ?

      Puncak dari segalanya seumpama karang batu stalagmit (batu yang menjulang dari tanah menuju ke atas gua) atau stalagtit (batu yang menjulur kebawah/dasar gua). Mungkin banyak dari saudara-saudara yang mengerti perumpamaan ini, dan ada juga yang belum paham maksudnya. Biarkan saja, kiasan ini saya peruntukkan sebagai penggambaran saja tentang sumber yang berasal dari manusia (bumi/dasar gua) dan sumber dari leluhur(langit/atap gua), tetapi ada jugha dari keduanya bisa bertemu dan akhirnya membentuk pilar dengan simpul ditengah berupa cincin (pemahaman berbeda).

      Sejarah/keadaan yang lalu telah ada dan bisa jadi renungan, apakah memang benar ataukah salah, kita ambil hikmahnya, kalau toh dipaksakan akan sangat berbahaya bagi kerukunan dan juga kestabilan berbudaya.Dan seingatku (sekali lagi ini bukan patokan) dari semua hal yang berbau bahaya, tentunya memiliki hakim pengadil yang benar-benar tidak pandang bulu (ALLAH/TUHAN/GUSTI PENGERAN?PENGUASA JAGAD kah ?) sedikit atau banyak tentunya ikut andil dalam hal ini, hanya saja bukan itu yang saya maksudkan, Saya mengajak rekan-rekan refleksi ke belakang secara acak dengan kenyakinan masing-masing, tapi mohon. jangan libatkan dulu PENGUASA JAGAD BESAR, tapi lihatlah secara akal dan naluri dan sedikit rekayasa angan, dan posisikan diri anda sebagai pelaku utama. apa yang anda rasakan ?

      Sementara ini dulu yang bisa saya hadirkan, kapan-kapan kalau bisa mampir, saya mencoba hadir lagi. Janganlah berhenti untuk berusaha mengerti dan memahami atas segala sesuatu yang hadir disekitar kita, timbang dan renungkan di waktu kita sedang sempit ataupun di waktu luang. lalu telusuri dengan kitab yang ada padamu (kalau sudah paham akan kitabmu) dan tanyakan finalnya kepada nurani. (Peringatan keras bagi yang menganggap nurani adalah golongan setan/iblis/jin, karena tidak akan mungkin dirimu akan dapat bertanya kepada penguasa hidupmu/TUHAN/ALLAH mu secara langsung, karena dirimu sendiri telah menginkari keberadaan-NYA, itu sama halnya engkau telah membunuh dirimu sendiri dan mengatakan. Aku telah mati secara batin, dan engkau telah memutus tali antara engkau dan DIA).

  113. Agama BUDI ternyata bukan agama BUDHA….maaf…ini hanya COPAS saja…terima kasih…

    Jika benar bahwa memang tertulis “gama buda” di situ, kata “buda” dapat dimengerti berarti “budi” bukan “buddha”, karena jika kita perhatikan dalam CANDRA SENGKALA (kata yang bernilai angka), kata ‘buda’ dan ‘budi’ bernilai sama yaitu SATU (1), setara dengan kata jalma, jalmi, janma, putra, aji, ratu, raja, nata, narpati, narendra, pangeran, gusti, allah, hyang, maha, bathara, bumi, jagat, budaya, dan lain-lain.

    Ada teman yang menilai membahas Serat Darmogandhul adalah upaya menyudutkan Islam. Sebenarnya bukan masalah menyudutkan atau tidak, tetapi memang ini kisah Sabdo Palon yang tidak setuju (jengkel) karena Brawijaya V meninggalkan keyakinannya yang lama, dan masuk Islam, mengikuti istrinya.

    Kalau mau lengkap bagaimana jengkelnya “Jawa” pada saat Islam masuk Majapahit, silakan cari dan baca bagian tulisan yang memuat dialog antara Buta Locaya dengan Sunan Bonang, ketika Buta Locaya melihat Sunan Bonang merusaki patung-patung yang dianggapnya berhala.

    Apa yang dimaksud “agama budi”?

    Banyak tafsir tentang “agama budi”, dan saya juga berhak memberi makna terhadapnya, sesuai dengan pemahaman saya saat ini.

    Agama budi, bukanlah agama dengan format seperti agama-agama besar yang selama ini “menguasai” umat manusia dengan doktrin dan dogma yang diturunkan dari Kitab-kitab (yang dianggap) suci, yang dianggap/diyakini berisi perkataan Tuhan. (dan jelas, semua “kitab suci” itu IMPOR dari bangsa lain)

    BUDI artinya PIKIRAN, ini tentang JIWA dan KESADARAN. Kesadaran manusia akan kemanusiaannya. Kesadaran bahwa manusia menjadi ada karena “diadakan” oleh YANG SUDAH ADA (almighty god) diluar diri manusia. (karena tidak mungkin ada berasal dari ketiadaan). Ini jelas bukan atheisme (anti Tuhan), tetapi juga bukan ber-Tuhan dengan cara (ritual-ritual) seperti yang diajarkan oleh agama-agama mainstream.

    Orang Jawa memahami Tuhan sebagai “sangkan paraning dumadi” (asal dan tujuan dari semua yang ada), yang “tan kena kinaya apa, tan kena winirasa” (tidak bisa diserupakan dengan apapun, tak bisa dirasakan –dengan panca indra); yang “adoh tanpa wangenan, cedhak datan senggolan” (jauh tanpa batas, -namun- dekat tanpa bersinggungan).

    Konsepsi bahwa manusia itu “sangkan-e” (berasal) dari Tuhan dan “paran-e” (–akan– kembali) kepada Tuhan, karena menyadari bahwa manusia adalah bagian dariNya, atau ada “Dia” dalam diri manusia, namun manusia BUKAN Dia. (pangeran iku ana ing awakmu, nanging awakmu iku dudu pangeran).

    Dalam diskusi dengan salah seorang “bangkokan” Kawruh Jiwa (Kawruh Jiwa adalah ‘ajaran’ Ki Ageng Suryamentaram), ketika saya bertanya tentang “awal segala sesuatu”, disebutkan bahwa awal segala sesuatu adalah KEHENDAK (karep), dan ketika saya kejar dengan pertanyaan, “kehendak itu apa?”. Jawabnya: “Kehendak itu ADA, SANG ADA”.

    (sebagai orang yang mempelajari Kitab Suci Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, saya meng-amin-i pendapat itu, karena di Kitab Yohanes 1:1 ditulis: “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Elohim dan Firman itu adalah Elohim.”, dan saya bisa memahami bahwa Firman = Kehendak, dan Kehendak itu ADA, dan (Sang) ADA = Elohim itu sendiri.)

    Benarkah SANG ADA itu adalah Elohim (Tuhan, sesembahan, yang patut disembah)?

    Jika kita lihat dalam Kitab Keluaran (Perjanjian Lama), dikisahkan ketika Nabi Musa bertemu muka dengan Tuhan, dan bertanya kepadaNya, “Siapakah Engkau Tuhan?”, Tuhan menjawab, “Ehyeh Asyer Ehyeh” (AKU ADA YANG AKU ADA. — yang diterjemahkan oleh Lembaga Alkitab Indonesia secara kurang tepat menjadi “AKU ADALAH AKU”) — bahwa kemudian “SANG ADA” ini disebut dengan tetragramaton “YHWH”, itu soal “nama” (bahasa), bukan esensi dari “SANG ADA” itu. Sebab nama bukan yang dinamakan.

    Tentang YANG ADA (SANG ADA) ini juga terkonfirmasi dalam Kitab Wahyu 1:4 (Perjanjian Baru), Rasul Yohanes menyebutkan: “dari Dia, YANG ADA dan YANG SUDAH ADA dan yang akan datang” (kata “yang akan datang”, dapat saya ganti dengan “YANG AKAN ADA”).

    Dalam Kawruh Jiwa, KESADARAN diwujudkan dengan memahami “AKU” (aku tukang nyawang), disamping KRAMADANGSA (tubuh/badan dan semua keinginan badaniah/jasmani). Kesadaran akan “AKU” itu yang akan menuntun kepada kesadaran (berikutnya) tentang hidup dan kehidupan manusia, yang secara singkat dikonsep dalam Kawruh Jiwa dalam prinsip hidup 6-SA (SAbutuhe, SAcukupe, SAperlune, SAbenere, SAmestine dan Sapenake). Sayangnya 6 SA ini sering disalah mengerti maknanya oleh orang-orang di luar komunitas Kawruh Jiwa, khususnya di SA yang ke-enam “SApenake”. Dianggap orang-orang Kawruh Jiwa memiliki pandangan bahwa hidup itu “seenaknya saja”. Padahal bukan begitu maksudnya, karena Ki Ageng Suryamentaram mengajarkan bahwa “penak iku yen ngepenakke liyan” (enak itu jika meng-enak-kan liyan/pihak lain), jadi bukan seenaknya saja, tanpa memperhatikan ‘enak’nya liyan.

    Dalam Kejawen, KESADARAN tertinggi dicapai ketika manusia dalam kondisi “MANUNGGAL KALIYAN GUSTI”, oleh sebab itu “manunggaling kawula gusti” menjadi visi dalam olah Kejawen. Jika sudah manunggal, maka “pangeran ana ing awakmu” benar-benar dapat dirasakan. Sudah barang tentu, jika “manunggal dengan pangeran”, maka manusia akan memancarkan sifat dan sikap (dari) SANG ADA (pangeran), karena telah menjadi bagian dari SANG ADA sendiri.

    Dalam agama Buddha, KESADARAN TERTINGGI, adalah hal yang hendak dicapai dari seluruh laku spiritual. Simbolisme pencapaian spiritual, dilambangkan dengan baik melalui relief yang ada di Candi Borobudur, mulai tingkat pertama KAMADATU, RUPADATU, hingga ARUPADATU (kekosongan) di puncak. Arupadatu adalah gambaran Nirvana menurut ajaran Buddha, dimana di sana tidak ada nafsu dan keinginan.

    Kamadatu dan rupadatu, jika dihubungkan dengan konsepsi di Kawruh Jiwa, merupakan bagian dari Kramadangsa, yang seharusnya tidak mengendalikan hidup manusia, namun justru harus dikelola, sehingga sebagai manusia yang hidup bersama manusia lain (dan alam semesta), menjadi baik, nyaman, bahagia. Karena, ketika karep (keinginan – nafsu) yang mengendalikan, yang terjadi adalah kekacauan, ketakbahagiaan, yaitu ketika keinginan seseorang bertemu dengan keinginan yang berbeda dari orang lain, jadinya “sulaya”. Sebab, pada tingkat “kramadangsa” setiap manusia berbeda keingingannya, kesamaan manusia ada di tingkat “aku”, yang didalam Kejawen “aku” itu adalah bagian dari pangeran (SANG ADA). Semua manusia sama, dan karenanya disebut SESAMA, karena sama-sama menjadi bagian dari SANG ADA.

    Manusia yang membenci, atau memusuhi SESAMA MANUSIA, adalah karena TIDAK SADAR, bahwa ada DIA yang SAMA, yang ada didalam diri tiap-tiap manusia.

    Mengutip kata-kata Mpu Tantular dalam Kakawin Sutasoma:
    “Manusia yang masih terikat oleh tindakan menemukan Tuhan dalam api upacara, manusia yang masih terikat perasaan menemukan Tuhan dalam hati, manusia yang masih rendah kesadarannya menemukan Tuhan dalam patung, tapi manusia yang telah terbangun kesadarannya menemukan Tuhan di mana-mana.”

    Tuhan, Dia ADA dimana-mana, dimana terdapat “ADA”, disitu ada DIA, bahkan dia ADA dalam KETIADAAN, (karena sesungguhnya ketiadaan itu tidak ada, ketiadaan adalah juga kondisi ada, yaitu ada ketiadaan, hahaha….).

    Akhir kata, ketika agama dan berbagai doktrin dan dogma serta ritual-ritualnya ternyata tidak mampu membuat kehidupan ini lebih baik, nampaknya KESADARAN bahwa DIA ADA, dan ADA DIMANA-MANA, itu cukup untuk mengendalikan hidup dan kehidupan kita bersama, ketika berinteraksi dengan sesama manusia dan hidup bersama alam.

    Singkatnya begini, ketika kita SADAR bahwa DIA ADA (dan DIA ADA DIMANA-MANA), misalnya:
    Apakah kita akan berbuat jahat kepada manusia lain?
    Apakah kita akan semena-mena terhadap alam?
    Apakah kita akan melanggar norma-norma?
    Apakah kita akan menyia-nyiakan hidup?
    Apakah kita akan mengasihi sesama?

    Tidak perlu repot dengan tata-cara ibadah, tidak perlu repot menentukan arah kemana kita menghadap DIA, karena DIA ada DIMANA-MANA, tidak perlu repot dengan perangkat pengeras suara dan mengatur volume suara “doa”, karena DIA juga ada di hati kita. Tak perlu repot jauh-jauh pergi untuk datang ke rumahNYA, karena DIA juga ada disini. Tak perlu repot menjadi pembelaNYA, dengan menyalahkan orang lain, karena DIA juga ada didalam diri orang lain itu. Tak perlu repot (ijin) mendirikan “rumah ibadah”, karena ibadah kita dapat dilakukan dimana saja, kapan saja. Kalaupun “rumah ibadah” dibangun, mungkin perlu untuk menyediakan tempat berdiskusi tentang kehidupan yang lebih baik, bukan tempat untuk mengajarkan doktrin/dogma atau tempat menjalankan ritual-ritual yang dianggap paling berkenan bagi DIA, yang memanipulasi PIKIRAN kita, seolah-olah untuk beribadah seperti itulah kita hidup di dunia ini.

    DIALAH SANG ADA yang SUDAH ADA, ADA dan AKAN TETAP ADA, dan SANG ADA itu ada DIMANA-MANA, milik semua orang YANG SADAR

  114. cerita diatas mbulet bagiku… sudah universitas.
    sy lebih senang bermain di tingkat sekolah dasar.

    semua mengaku Tuhannya sama-sama 1…
    tapi kenapa balon SP bisa banyak…???
    semua merasa dipilih jadi SP… padahal SP hanya ada 1.
    apanya yg salah…?
    agamanyakah yg salah…?
    atau laku/toriqohnya yg salah…?

    atau Tuhannya memang 1 tapi masing-masing berbeda…?
    lalu… Tuhan yg bagaimana yg benar…?
    bagaimana caranya tahu kalau Tuhan yg kita sembah itulah yg benar-benar Tuhan yg Asli…?

    Sangat Pusing.

    • semua mengaku Tuhannya sama-sama 1…
      tapi kenapa balon SP bisa banyak…???
      semua merasa dipilih jadi SP… padahal SP hanya ada 1.
      apanya yg salah…?
      agamanyakah yg salah…?
      atau laku/toriqohnya yg salah…?
      ———————————————–
      semua orang ingin jadi nomor 1 (balon SP), itu wajar saja bagi yang namanya manusia, karena untuk mencukupi kebutuhan hidupnya saja manusia mengejar no 1, bahkan untuk dapat dekat dengan Pemilik kehidupan saja perlu sesuatu yang no 1 (utama)

      Seumpama harapan itu tidak ada, apa yang engkau rasakan ?
      - sakit parah dengan porsi harapan untuk dapat melanjutkan hidup tinggal 1 minggu / 1 bulan saja
      - investasi dengan tanpa laba/hasil
      - merenung di penjara karena salah tangkap dan belum mendapat fonis
      dan banyak yang lainnya

      Tentang balon SP, biarkan sajalah… kenapa juga kita pusing memikirkannya. Bukankah seharusnya kita diwajibkan untuk lebih perhatian kepada diri kita sendiri yang telah diberi kesempatan menikmati kehidupan kita dengan bahagia, dan dengan cara kita sebagai manusia yang beradap (adab baik dan adab buruk, terserah pilih yang mana. keputusan ada di tangan masing-masing).

      ———————————————–
      bagaimana caranya tahu kalau Tuhan yg kita sembah itulah yg benar-benar Tuhan yg Asli…?
      ==================================
      Anda mengetahui barang yang anda pegang itu asli atau palsu dari mana ?
      tentu macam-macam jawabannya…. semua balik lagi ke pada anda sendiri. Maunya bagaimana ?
      Anda punya kitab yang anda yakini sebagai pedoman, dan rasul sebagai penyampai kabar (kenapa tidak anda baca dan pahami, dan dimengerti ?)
      Anda punya badan lengkap dan perasaan, akal, juga pikiran ( kenapa tidak digunakan)
      Anda punya keyakinan tentang DIA fersi anda (kenapa tidak diyakini bahkan kadang-kadang dibanding-bandingkan)

      Untuk yang satu ini (bentuk), benar-benar saya menyerah (maksudnya saya serahkan sepenuhnya kepada anda, anda boleh senyum, anda boleh tertawa, bahkan juga silahkan mengolok atau menjelakkan. toh tidak ada ruginya bagi saya pribadi)

      Pusing itu datang dari dalam diri anda sendiri, kenapa juga anda menolak diri anda sendiri. Keyakinanmu bagaimana tentang DIA, kalau ditolak sama dirimu, ya jangan di yakini, kalau menerima dengan segenap jiwa, ya diyakini saja, dan jangan dibandingkan lagi. Walaupun anda ditunjukkan yang benar-benar asli (misalnya), belum tentu anda akan langsung mengiyakan dengan ikhlas menerima.

  115. manusia pertama yg tau tentang BUDI adalah nabi Adam,

    1. Adam adalah orang pertama yg bertatap muka dan berbicara dengan Tuhan
    2. Tuhan membuat janji pada Adam, Adam menerima janji tsb
    Tuhan lebih mengetahui watak Adam daripada Adam sendiri,
    yaitu manusia diciptakan tergesa-gesa (mengikuti perintah nafs)
    dosa Adam hanya satu yaitu RAKUS MAKAN,

    Tuhan membolehkan Adam makan segala jenis buah-buahan, tp dilarang mendekati satu pohon yg bisa bikin orang ketagihan.
    orang banyak makan akan lupa dzikir(mengingat Tuhan)

    pohon khuldi itu adalah pohon pisang emas(pohon dengan buah paling menarik,paling lezat,mudah ditelan,mengeyangkan, dan menyenangkan mata melihat pisang bersusun)

    hanya karena Adam berulang kali mendekati pohon itu dan memakannya, ia dihukum diturunkan ke bumi selama 300 tahun,

    ini hukuman Adam:
    1. sendirian di Sabang
    2. dipisahkan dengan Hawa di Mekkah
    3. bekerja keras, untuk memperoleh makanan untuk keluarganya
    4.merasakan kesedihan ,melihat anaknya membunuh
    5.berlayar sendiri di samudera Hindia saat mendapat petunjuk mencari Hawa

    hanya karena 1 dosa /rakus makan, ia harus hidup dibumi dan merasakan sedih,

    Adam berpikir, bagaimanakah caranya agar bisa kembali ke surga, di dekat Tuhan.

    hanya ada satu metode:
    tanya pada diri, dimana letak budi? tidak melanggar janji,tidak melanggar larangan, patuh pada perintah

    JANJI SEMULA manusia dengan Tuhan, yaitu PATUH.
    orang yg tau diri dan tau malu tidak akan melanggar JANJI SEMULA.

    Buddha sidharta termasuk orang yg tau JANJI SEMULA,IA TIDAK MELANGGAR LARANGAN, DAN MEMENUHI SEMUA PERINTAH SANG PENCIPTA.
    ia LULUS BUDI.

    dan AHMAD BIN ABDULLAH ia LULUS BUDI dengan nilai tertinggi di antara seluruh manusia, karena itu ia dapat predikat MUHAMMAD,

    andai al mahdi lulus budi,dengan nilai mendekati Ibrahim dan Ahmad, iapun akan diberi predikat Muhammad (lulus dengan terpuji)

    • pohon khuldi itu adalah pohon pisang emas(pohon dengan buah paling menarik,paling lezat,mudah ditelan,mengeyangkan, dan menyenangkan mata melihat pisang bersusun)
      ===========================

      Untuk yang satu ini, dengan sangat terpaksa saya menolak… karena kuldi (buah kehidupan) adalah barang rahasia milik ADAM dan HAWA/EVA (sahwat). Silahkan berdebat tentang kuldi, karena saya tidak tega mengaitkan buah ini, Lezatnya buah ini.. minta ampun mantapnya…. (kadang bisa membuat orang lupa siapa yang ada didepannya… yang penting puas dan tidak penting itu siapa, mau anak, mau keponakan, mau mertua, mau ibu sendiri, mau bapak sendiri, mau paman, mau menantu, mau anak tiri… yang penting MAk Nyus leganya ).

      • Adam dan Hawa orang-orang suci, mereka tidak melakukan dosa lain, HANYA dosa rakus makan pisang.

        setelah pertama kali mereka makan pisang(atas bujukan setan),mereka menyukainya

        esok harinya, mereka jalan-jalan lagi di sepanjang surga, mereka mendekati lagi pohon itu, selama bertahun-tahun,hingga di dalam tubuh mereka banyak mengandung zat pisang,(adam dan hawa hidup di surga lebih dari 100tahun)

        ZAT MANIS pisang inilah yg membuat mereka jadi remaja/dewasa (timbul rasa suka lawan jenis),

        saat timbul RASA SUKA ini, Allah tidak suka, saat itulah, pakaian surga lepas atas perintah Allah,

        pakaian surga BERARTI malu
        pakaian surga dilepas BERARTI malu itu lepas( saat mereka saling suka)

        Adam dan hawa adalah 2 orang pemalu, mereka hanya diizinkan ntuk berteman, bukan menyukai,

        daun surga yg mampu menutupi tubuh mereka adalah daun pisang yg berada di dekat pohon buah itu.

        AKU pastikan mereka turun di bumi dalam keadaan SUCI,

        AKU INGATKAN, JANGAN MEMFITNAH ADAM DAN HAWA, nanti celaka karena kuwalat.

        ORANG BERBUDI PASTI TAU MALU,
        ADAM PASTI TAU MALU,hanya karena dosa sepele, ia rela menebus dosa selama 300 tahun.

        • AKU pastikan mereka turun di bumi dalam keadaan SUCI,

          AKU INGATKAN, JANGAN MEMFITNAH ADAM DAN HAWA, nanti celaka karena kuwalat.
          =============================================
          terima kasih telah memperingatkan,
          Ya deh, pisang slendang lah ( yang gedhe jemblung itu thoh ?), pasangnya APEM JAWA tuh…

          Ndak perlu ngancam dah, Entah kalau anda belum pernah bersetubuh atau mengeluarkan air surga (mani), tentu anda tidak mengenal itu namanya surga dunia (SENGGAMA).

          untuk menghormatimu, saya senyum aja dah sambil siul-siul….. BANANA BOAT (asem tenan, nih, HOAX. wkwkwkwkwk )

          • setelah pertama kali mereka makan pisang(atas bujukan setan),mereka menyukainya
            ============================
            tambahan :
            Apakah anda sudah kenal yang namanya setan, dan sifatnya ….jangan hanya dirasani tuh si setan, tapi dirangkul, sehingga tau apa maunya.

            Sekali, sekali.. lakukanlah apa yang dilakukan oleh setan, setelahnya, baru kamu tau mana yang benar dan mana yang salah. Nadk papa kok, kalau mau bilang saya masih kerasukan setan.

            Bagaimana saya harus memungkiri, karena saya masih hidup di dunia, entah kalau sudah balik ke pangkuan pemilik hidupku, maka saya dipastikan sudah tidak kerasukan setan lagi. Bagaimana dengan anda ? masih suka dengan pisang ? ataukah sudah berubah menyukai apem ? atau mungkin dua-duanya (pisang dan apem)?

          • selipan yang terlewat :
            Kalau anda tidak menyukai keduanya, mungkin saja anda bukan keturunan ADAM dan HAWA, entah keturunan siapa saya juga tidak mengerti, sebab sejak lahir bapak dan ibu ( wakil adam dan hawa, mengatakan. bahwa saya sejatinya adam (laki-laki) dan kakak-kakak saya perempuan adalah HAWA ) mau bagai mana lagi, jelas bapak dan ibu saya tidak menyebut saya RAJAKAYA LANANG ( hewan laki-laki) dan kakak perempuan saya RAJAKAYA WEDHOK ( hewan perempuan )

  116. Salam kang lidah kelu @ memang semua yg kakang uraikan itu benar,..itu adlh makrifat/sembah rasa(mengenal dan memahamiNYA dengan sebenar2nya),..namun jika benar2 ditapakki jalan menuju kesana,.. Hingga sampai pada maqom hadzal maqom(sudah keluar dari batasan mahqomat/tingkat kesadaran),atau sudah tidak ada lg yg harus dimengerti,difahami,diurusi(mungkin lebih dari orang yg sudah meninggal),..itu hanya sebuah kata(karena biar bgmnpun kt diciptakan/manusia) kata itu adalah “KEPASTIAN YANG PASTI”…

    Salam kang pusing @ menurut saya tidak ada ilmu dasar,menengah,ataupun tinggi,..ilmu itu yah ilmu,..misal sseorang yg mengerti ilmu Tuhan sekalipun(pdhl tdk mungkin,hhe),.jika dilangkah kakinya/dikehidupannya berbenturan dgn sifat alam,.yah tidak mungkin benar,..

    #mohon maaf,.bukan sy bermaksud/merasa paling benar,bukan,..saya juga manusia yg tdk kalah bingungnya,..#

  117. Konsekuensi eksistensi Tuhan
    ___________________________________

    Dengan kemutlakannya, Tuhan tentunya tidak terikat oleh tempat dan waktu.
    Baginya tidak dipengaruhi yang dulu atau yang akan datang.
    Tuhan tidak memerlukan tempat, sehingga pertanyaan tentang dimana Tuhan hanya akan membatasi kekuasaannya.. maka baginya tidak ada kapan lahir atau kapan mati.

    Manusia dalam mencari Tuhan dengan bekal kemampuan penggunaan akalnya dapat mencapai tingkat eksistensinya. Kemungkinan sejauh ini, kemutlakan Tuhan menyebabkan manusia yang relatif itu tidak dapat menjangkau substansi Tuhan. Dengan demikian informasi tentang substansi Tuhan itu apa, tentunya berasal dari Sang Mutlak atau Tuhan itu sendiri.

    Di dunia ini banyak agama yang mengklaim sebagai pembawa pesan Tuhan , bahkan ada agama yang dibuat manusia (yang relatif) termasuk pembuatan substansi Tuhan itu tentu.
    Karena banyaknya nama dan ajaran agama yang bervariasi tidak mungkin semuanya benar., kalau substansi mutlak ini bervariasi, maka hal itu bertentangan dengan eksistensinya yang unik.
    Untuk menemukan informasi tentang substansi yang mutlak, yang unik dan yang distinct itu dapat menggunakan uji autentistas sumber informasinya., terutama terkait dengan informasi Tuhan dalam memperkenalkan dirinya kepada manusia apakah mencerminkan eksistensinya itu.

    Perbandingan antara konsep Tuhan dengan Dewa
    ___________________________________________

    Di dalam bahasa Melayu atau bahasa Indonesia, dua konsep atau nama yang berhubungan dengan ketuhanan, yaitu: Tuhan sendiri, dan Dewa.
    Penganut monoteisme biasanya menolak menggunakan kata Dewa di Indonesia, tetapi sebenarnya hal ini tidaklah berdasar., sebab di Prasasti Trengganu, prasasti tertua di dalam bahasa Melayu yang ditulis menggunakan Huruf Arab (Huruf Jawi) menyebut “Sang Dewata Mulia Raya”. Dewata yang dikenal orang Melayu berasal dari istilah lokal Nusantara, sama seperti Jubata/Juata/Jata yang dikenal orang Dayak yang berarti penguasa dunia bawah (dewa air).
    Bagaimanapun, pada masa kini, pengertian istilah Tuhan digunakan untuk merujuk Tuhan yang tunggal, sementara Dewa dianggap mengandung arti salah satu dari banyak Tuhan sehingga cenderung mengacu kepada politeisme.

    Perbedaan Tuhan dengan dewa hanya sekedar perbedaan terjemahan bahasa, meski masing-masing punya latar belakang perkembangan makna terkait dengan apresiasi masing-masing atas konsepsi Ketuhanannya., namun, secara universal keduanya menunjuk pada eksistensi yang sama, yaitu soal ‘Yang Tak Terbantahkan’.

  118. Paham-paham ketuhanan
    ____________________________________

    Sungguhpun eksistensi Tuhan dipahami mutlak adanya, tetapi setiap orang mempunyai keyakinan yang berbeda mengenai penjelasan tentang Tuhan sehingga pro-kontra tentang Tuhan dapat dibedakan sebagai berikut :

    Teisme: Pemaham-paham yang meyakini adanya Tuhan

    Agnostisisme: Paham-paham yang meragukan adanya Tuhan

    Ateisme:Paham-paham yang menyangkal adanya Tuhan

    Berikut paham-paham yang dapat dimasukkan ke salah satu dari kategori diatas, yaitu :
    Panteisme berarti “Tuhan adalah segalanya” dan “semuanya adalah Tuhan”. Ini adalah ide hukum alam, keberadaan dan semesta di representasikan dalam kaidah agama dengan sebutan Tuhan. sehingga Tuhan dianggap menyatu dengan alam.

    Akosmisme menyangkal realitas dari semesta, dilihat sebagai ultimately illusory (maya), dengan hanya ketidakterbatasan unmanifest absolute sebagai kenyataan.

    Dualisme sering dipergunakan bersamaan dengan setan yang muncul di dalam dunia nyata yang bersaing dengan diri dalam mencari kebenaran spiritual.

    Gnostisisme adalah sebuah istilah untuk berbagai pencapaian tujuan utama dalam hidup. Hal ini juga kadang diasosiakan dengan adanya persaingan antara kegelapan dan cahaya.

    Teori ketuhanan
    ______________________

    Berdasarkan teori atau pendekatan yang digunakan, paham ketuhanan yang beraneka penjelasan tersebut dapat dikelompokkan sebagai berikut:

    Dalil Logik. Sesuatu yang tidak dapat dilihat atau diindrakan tidak mesti tiada. sekiranya kita tidak dapat melihat atau mengindra nyawa, tidak berarti nyawa itu tidak ada. Sekiranya cetusan eletrik dalam otak diukur sebagi nyawa, komputer yang mempunyai prinsip yang sama masih tidak dianggap bernyawa.

    Dalil Kejahatan di Dunia. Tuhan telah memberi peringatan agar manusia berbuat baik pada sesama manusia, dengan balasan siksaan yang keras kepada mereka yang ingkar.
    Adanya kejahatan yang diamalkan oleh manusia di bumi adalah pilihan manusia itu sendiri.
    Kejahatan adalah keadaan di mana ketiadaan kebaikan.
    Barangsiapa mengerjakan perbuatan jahat, maka dia tidak akan dibalas melainkan sebanding dengan kejahatan itu.

    Dalil Kesempurnaan. Tuhan adalah sempurna dari segala sifat kecacatan. dengan itu, mengatakan Tuhan tidak mampu adalah salah. sebagai contoh: “Adakah Tuhan itu berkuasa untuk menciptakan satu batu yang terlalu berat, yang tidak mampu diangkat oleh dirinya sendiri?” menunjukkan keinginan meletakkan sifat manusia kepada Tuhan.

    Berat adalah hukum yang dicipta Tuhan, berat suatu benda di bumi belum tentu sama dengan berat benda tersebut di angkasa. Berat tidak membawa arti apa-apa di alam ghaib.

    Dalil Kosmologikal. Dari segi kosmologi, Tuhan seharusnya wujud sebagai punca kepada kewujudan alam. Dengan premis “segala sesuatu itu berpunca”, maka adalah tidak masuk akal untuk mengatakan alam ini wujud tanpa mempunyai punca,yakni Tuhan.
    Di alam ini semuanya tersusun dengan hukum-hukum yang tertentu dengan ketentuan Tuhan, yang mana dari segi sains pula dikenali sebagai hukum alam.

    Dalil Antropofik. Kewujudan manusia dan fitrahnya untuk mengenal tuhan sudah
    membuktikan kewujudan Tuhan…….

    Salam….he he he…tulisan diatas hanyalah COPAS saja….SANGAT PUSING

  119. Tuhan dalam Agama Samawi
    ________________________________

    Agama samawi atau dikenal juga sebagai agama abrahamis atau agama langit dimaksudkan untuk menunjuk agama Yahudi, Nasrani (Kristen/Katolik) dan Islam.
    Di antara agama-agama ini menggunakan sebutan/panggilan yang berbeda yang dikarenakan perbedaan bahasa dan ajarannya.
    Allah, sebutan bagi Tuhan dalam bahasa Arab. ,biasanya dipakai oleh umat Islam. dan dalam agama Islam, Tuhan memiliki 99 nama suci.

    Yehowa atau Yahweh, salah satu istilah yang dipakai Alkitab. Istilah ini berasal dari istilah berbahasa Ibrani tetragrammaton YHVH (יהוה). Nama ini tidak pernah dilafalkan karena dianggap sangat suci, maka cara pengucapan YHVH yang benar tidaklah diketahui. Biasanya yang dilafalkan adalah Adonai yang berarti Tuan.

    Tritunggal Mahasuci atau Mahakudus, yang artinya adalah Bapa, Putra, dan Roh Kudus, terutama dipakai dalam Gereja Katolik dan Gereja Ortodoks. Konsep ini dipakai sejak Konsili Nicea pada tahun 325 M. Kata “Tritunggal” sendiri tidak ada di Alkitab. Di dalam Ulangan 6:4 ditulis Tuhan itu Esa. Keesaan ini pada bahasa aslinya (ekhad) adalah “kesatuan dari berbagai satuan”. Contohnya, Kejadian 2:24 ditulis “keduanya (manusia dan istrinya) menjadi satu (ekhad) daging” berarti kesatuan dari 2 manusia. Di Kejadian 1:26 Allah menyebut diri-Nya dengan kata ganti “Kita”, mengandung kejamakan dalam sifat Tuhan. Pengertiannya adalah satu substansi ke-Allahan, namun terdiri dari tiga pribadi.

    Dalam Perjanjian Lama, Allah diperkenalkan sebagai Allah Bapa. Dalam Perjanjian Baru, Allah menjelma sebagai manusia dalam wujud Allah Anak (Allah Putra) Yesus Kristus, dan setelah Allah Putra kembali ke sorga, maka datanglah Roh Kudus yang menyertai dan ada di hati orang-orang Kristen.
    Roh tersebut adalah sebagai penolong, pemimpin, penghibur, dan teman yang setia.
    Roh Kudus menuntun umat Kristiani agar hidup sejalan dengan kehendak Tuhan. Allah Anak bukan diperanakkan dalam pengertian manusia, karena Anak keluar dari Bapa yang diwujudkan sebagai Firman (Allah). Allah mencipta dunia melalui Firman Allah, seperti Tuhan ber-Firman: “Jadilah terang”.

    Pada waktu Tuhan mengatakan “Jadilah terang”, maka Firman Allah bekerja, dan Firman Allah itu adalah Allah Anak yang datang ke dunia dengan wujud manusia yaitu Yesus Kristus. Roh Kudus pada hakekatnya “keluar dari Allah Bapa” dan “diutus oleh Allah Anak”, yang mempunyai tugas untuk menginsafkan dunia dan mengenalkan dunia akan Kristus dan menguatkan kesaksian tentang Yesus Kristus, serta menyertai orang-orang yang percaya Kristus sampai akhir zaman tiba……

    Anak Allah dalam pengertian dan faham manusia adalah para Manusia yang sangat dekat kepada ALLAH….dan itu adalah para Nabi yang sudah diceritakan dalam kitab agama Samawi…….

    Tulisan diatas …JUGA hasil comot alias COPAS saja…Terima kasih….

  120. Salam hangat dan bahagia untuk semuanya…….
    Mohon maaf dan salam kenal Bapak SPSW,…maaf…maaf…maaf…nyelonong masuk tanpa ijin lebih dulu…..

    Saya tidak pandai komentar dan tidak pandai menulis , hanya copas saja hal hal yang MUNGKIN perlu untuk ASAH ASIH ASUH…..Terima Kasih….bila diperkenankan….Salam DAMAI.

  121. Salam……Bacaan untu bapak JS yang berilmu ngawur atau otodidak….mohon maaf , ini hanya COPAS saja….terima kasih…

    TUHAN dalam Agama BUDHA……

    Ketidakpercayaan kepada gagasan akan dewa pencipta yang mahakuasa atau penggerak pertama dipandang oleh banyak orang sebagai sebuah kunci yang membedakan antara Buddhisme dan agama-agama lainnya.

    Dalam Buddhisme tujuan tunggal dari praktik spiritual adalah melenyapkan penderitaan secara total di samsara,[disebut dengan nirvana.
    Secara eksplisit Sang Buddha menolak suatu pencipta,[menepis pandangan apapun mengenai penciptaan dan menyatakan bahwa pertanyaan mengenai asal mula dunia adalah TIDAK MANFAAT…..

    Dalam ajaran agama Buddha, Sang Buddha bukanlah Tuhan dalam agama Buddha yang bersifat non-teis (yakni, pada umumnya tidak mengajarkan keberadaan Tuhan sang pencipta, atau bergantung kepada Tuhan sang pencipta demi dalam usaha mencapai pencerahan; Sang Buddha adalah pembimbing atau guru yang menunjukkan jalan menuju nirwana).

    Pandangan umum tentang Tuhan menjelaskan suatu keberadaan yang tidak hanya memimpin tetapi juga menciptakan alam semesta.
    Pemikiran dan konsep tentang inilah yang sering diperdebatkan oleh banyak Buddhis dalam perpecahan agama Buddha.

    Dalam agama Buddha, asal muasal dan penciptaan alam semesta bukan berasal dari Tuhan, melainkan karena hukum sebab dan akibat yang telah disamarkan oleh waktu. Bagaimanapun, beberapa Sutra Mahayana tertentu (seperti Sutra Nirwana dan Sutra Teratai) dan terutama tantra-tantra tertentu seperti Kunjed Gyalpo Tantra memberikan menunjukkan bahwa sikap memandang Buddha yang maha hadir, mempunyai intisari yang membebaskan dan abadi kenyataan dari segala benda, sampai sejauh ini, boleh dibilang sudah mendekati pandangan Tuhan sebagai segalanya.
    Daftar isi

    Pemikiran sebagai “Sang Pencipta”

    Dalam agama Buddha, tidak ada makhluk sakti yang menjadi pencipta segalanya. Buddha Gautama menyatakan bahwa pemikiran kitalah yang telah menjadikan dunia ini. Sang Buddha menganggap buah pikiran sebagai pencipta. Kita adalah buah pikiran kita sendiri.


    Semuanya tentang kita muncul dari pemikiran kita sendiri.

    Dengan buah pikiran kita, kita menciptakan dunia kita.

    (Dhammapada, 1.1-3)

    Tuhan sebagai perwujudan pikiran

    Salah satu dari Mahayana Sutra, yaitu Lankavatara Sutra, menyatakan konsep Tuhan yang berdaulat, atau Atman adalah imajinasi belaka atau perwujudan dari pikiran dan bisa menjadi halangan menuju kesempurnaan karena ini membuat kita menjadi terikat dengan konsep Tuhan Maha Pencipta:

    Semua konsep seperti sebab, pelanjutan, atom, unsur-unsur dasar, yang membuat kepribadian, jiwa pribadi, roh sakti, Tuhan yang berdaulat, pencipta, adalah imajinasi belaka dan perwujudan dari pemikiran manusia.

    Selain daripada Tuhan sebagai persona pencipta, sutra menyebutkan tentang “Pemikiran Kreatif”, dan juga konsep sebagaimana apa adanya (tathata = kebenaran dari segalanya adalah sebagaimana apa adanya), yang didefinisikan sebagai:

    Sebagaimana apa adanya dapat dikarakterisasikan sebagai Kebenaran, Kenyataan, Pengetahuan eksak, batas, sumber, keberadaan diri, Yang Tidak Dapat Diperoleh.

    (Suzuki, Lankavatara Sutra, p. 198).

    Dalam pernyataan tersebut terdapat banyak petunjuk-petunjuk supranatural dan kemuliaan yang tak terbantahkan.

    Terlebih lagi, sutra yang sama juga menanggap Buddha menungkapkan bahwa dia adalah “Seorang Yang Tidak Dikenal”, yang sebenarnya diungkapkan ketika semua manusia memproyeksikan konsep dari keTuhanan kemudian bercakap-cakap dengan “Tuhan” oleh pemikiran mereka yang belum terbangun. Buddha berkata bahwa begitu banyak nama untuk keberadaan yang paling hebat atau kebenaran pada kenyataannya merupakan aksi penamaan dirinya yang membodohi orang.

    Dia menyatakan:

    Kasus yang sama boleh dinyatakan kepada aku ketika aku hadir dalam dunia kesabaran di hadapan orang-orang yang bodoh dan dimana aku dikenal dengan sejuta nama-nama yang tak terhitung.

    @ Mereka memanggil aku dengan nama-nama yang berbeda tidak menyadari itu semua merupakan nama-nama dari satu Tathagatagarbha.

    @ Beberapa mengenal saya sebagai matahari, sebagai bulan; beberapa sebagai hasil reinkarnasi dari orang-orang bijak; beberapa sebagai “10 kekuatan”; beberapa sebagai Rama, beberapa sebagai Indra, dan beberapa sebagai Baruna. ada pula yang memanggil saya sebagai “Yang Tak Terlahirkan”, sebagai “Kehampaan”, sebagai “Apa adanya”, sebagai “Kebenaran”, sebagai “Kenyataan”, sebagai “Prinsip Terakhir”; masih ada juga yang memanggil saya sebagai Dharmakaya, sebagai Nirwana, sebagai “Yang Abadi”; beberapa ada yang menyebutkan saya sebagai kesatuan, sebagai “Yang tidak ada duanya”, sebagai “Yang tidak akan mati”, sebagai “Yang tak berbentuk”; beberapa menganggap saya sebagai doktrin atau penyebab Buddha, atau sebagai emansipasi, atau sebagai Jalan Kemuliaan; beberapa juga menganggap saya sebagai pemikiran yang mulia dan kebijaksanaan yang mulia.

    @ Demikian dalam dunia ini dan dalam dunia lain, aku dikenal dengan nama-nama yang tak terhitung jumlahnya, tapi mereka melihat aku seperti bayangan bulan di air. Walaupun mereka menghormati, memuji dan menyembah aku, mereka tidak mengerti sepenuhnya arti dan akibat dari kata-kata yang mereka ucapkan; tanpa mengerti kenyataan diri dari kebenaran, mereka bergantung kepada kata-kata dari buku peraturan mereka, atau dari apa yang mereka dengar, atau apa dari yang mereka bayangkan, dan gagal untuk mengetahui bahwa nama yang mereka pakai tidak lain adalah satu nama dari sekian banyak nama Tathagatagarbha.

    @ Dari penelitian mereka, mereka mengikuti kata-kata hampa dari teks dengan sia-sia tanpa mengerti arti sebenarnya, bukannya berusaha untuk memiliki kepercayaan dalam “teks”, dimana kenyataan yang mengkonfirmasikan diri sendiri mengungkapkan dirinya yaitu memiliki kepercayaan diri dalam perwujudan kebijaksanaan yang mulia.

    • buddha sidharta gautama amat percaya kepada Tuhan Sang Pencipta,
      Tuhan adalah Penyebab segala sebab

      kitab tripitaka dibuat setelah masehi,ditulis oleh murid,
      nibbana adalah bukti keyakinan hati sidharta untuk bertemu dengan Tuhan,

      penulis tripitaka di zaman sesudahnya, menghilangkan HURUF TUHAN, untuk menghilangkan jejak, bahwa siddharta adalah khidir,

      AKU SUDAH BERTEMU KHIDIR, dia lah sidharta gautama

      • Salam Bapak KHIDIR…..

        Mohon maaf , saya hanya COPAS saja….semoga tambahan atau sanggahan dari Bapak bisa menjadikan atau melengkapi untuk kita semua…Terima kasih atas koreksinya…

  122. Bapak JS…ini saya ambil sepengggal sepenggal , supaya tidak njlimet dan tidak panjang…..tapi ingat lho !!! bahwa Budha tidak mengajarkan tentang Tuhan dan sangat beda dengan faham Bapak JS…..tapi tidak apa karena saya yakin Bapak adalah orang bijak dan mau berpikir dan mungkin teguh dalam pendirian….salam damai….

    Tentang kepercayaan kepada TUHAN……

    Dalam benak kita terbayang teori-teori yang kental kaitannya dengan sesuatu yang diteliti, dikaji, diperdebatkan, dan juga diyakini.
    Secara umum pandangan yang ada menganggap seseorang yang beragama pasti atau harus mempunyai ”satu Tuhan yang diakui”.
    Konsep tuhan dari sudut pandang ini sangat jelas memersonifikasikan Tuhan, jadi tuhan dirupakan sebagai sosok atau makhluk seperti halnya manusia.
    Keyakinan akan konsep ini tentunya bukan sesuatu yang asing bagi kita, karena sejak kecil kita sudah mendapat modal yang kuat akan konsep tuhan sebagai makhluk adidaya yang mencipta alam semesta beserta seluruh isinya dari pendidikan di sekolah maupun lingkungan sekitar kita

    Yang sulit adalah ketika kita mendapatkan kebenaran akan sesuatu konsep yang telah demikian lama mengakar dalam pikiran kita, bahwa konsep yang kita yakini selama ini ternyata keliru atau salah.
    Sulitnya karena kemelekatan kita pada konsep tersebut (bahwa tuhan dipandang sebagai sosok atau pribadi pengatur dan pencipta alam semesta dan isinya) telah begitu kuat.
    Jika kemelekatan (keyakinan) kita terhadap konsep itu begitu kuatnya maka kita akan selalu menjadi pendebat seluruh konsep yang ada walaupun konsep yang lain mungkin menawarkan sudut pandang yang sebenarn

    Istilah agnostik, theis, dan atheis
    ____________________________

    Seorang agnostik adalah seorang yang percaya bahwa ada ‘sesuatu’ yang di luar pikiran manusia. Di sisi lain, seorang agnostik mungkin percaya mungkin pula tidak percaya pada ‘tuhan’. Jadi seorang agnostik bisa sebagai seorang theis ataupun seorang atheis.

    Istilah ‘gnostic’ atau ‘agnostic’ dibuat oleh philsuf-pemikir Thomas Huxley pada tahun 1869. ‘Gnostic’ berasal dari akar kata ‘gnosis’, artinya ‘mengetahui’ (to know). Dengan kata lain, seseorang agnostik mengakui ketidaktahuannya mengenai keberadaaan ‘tuhan’.
    Menurut mereka, ‘tuhan’ mungkin saja ada, tetapi akal tidak dapat membuktikan keberadaan ataupun ketidakberadaannya.

    Dalam teori Buddhis, memang tidak dikenal adanya konsep tuhan dengan definisi sebagai pencipta dan pengatur alam semesta beserta segala isinya dengan watak atau sifat-sifat seperti manusia yang bisa marah, senang, benci, sayang, dsb, sehingga agama Buddha sering disebut atheis., tentunya jawaban ini sangat tidak memuaskan beberapa pihak dan orang-orang yang sudah terlanjur melekat pada pandangan tuhan sebagai pribadi atau makhluk yang agung, tinggi, dan super power, di mana menuntut setiap agama harus mempunyai konsep yang sama seperti itu , sayangnya, cara pandang sebagai
    penganut ajaran Buddha terhadap konsep tuhan ini memang sangat berbeda dibanding agama-agama lainnya.

    Tuhan dalam agama Buddha didefinisikan sebagai yang mutlak, maka jika meminta definisi tuhan sebagai yang mutlak ini, kita dapat merujuk pada uraian Sang Buddha tentang Nibbana yang ada pada Sutta Pitaka, Udana VIII:3. Dalam hal ini agama Buddha termasuk agama theistik. ‘Yang Mutlak’ sendiri adalah istilah falsafah, bukan istilah yang biasa dipakai dalam kehidupan keagamaan. Dalam kehidupan keagamaan, ‘Yang Mutlak’ itu sendiri disebut dengan ‘tuhan yang maha esa’………

  123. ‘Tuhan’ sebagai tujuan akhir

    Agama Buddha boleh-boleh saja dikatakan atheis karena jika melihatnya hanya dari sudut pandang personal, agama Buddha memang tidak ber-’tuhan’. Karena jelas-jelas agama Buddha memegang teguh konsep anatta (doktrin tiada inti diri/aku/jiwa yang kekal) yang merupakan salah satu bagian penting dari 3 corak umum yang universal (tilakkhana). Jika melihat definisi Tuhan dari sudut pandang impersonal (bukan pribadi), maka dalam ajaran Buddha terdapat Nibbana yang bisa disamakan dengan konsep Tuhan karena Nibbana adalah tujuan yang tertinggi dan termulia yang ingin dicapai oleh seorang penganut ajaran Buddha.

    Tujuan akhir dari kita belajar, memperdalam pemahaman tentang Dhamma Sang Buddha, dan mempraktekkannya pun sesungguhnya karena kita menginginkan kebebasan yang mutlak, menuju pada pencapaian pencerahan yang tertinggi, yaitu Nibbana. Sama halnya dengan pandangan umum agama lain yang ingin mencapai atau berada di sisi ‘tuhannya’ setelah meninggal (tujuan akhirnya). Inilah sebabnya kita bisa menggunakan konsep Nibbana untuk mendefinisikan Tuhan dalam agama Buddha karena peranannya sebagai tujuan akhir, sama dengan peranan tuhan dalam agama-agama lainnya.

    Hakekat ketuhanan

    Dengan mengetahui bahwa tuhan dalam agama Buddha sesungguhnya tujuan akhir yang perlu kita capai sebagai pemeluk ajaran Buddha, maka merupakan sesuatu yang mutlak bagi kita untuk mengenali bagaimana hakekat ketuhanan (sifat-sifat tuhan) itu sendiri. Adapun hakekat ketuhanan dalam agama Buddha adalah tidak berkondisi dan terbebas dari Lobha, Dosa, dan Moha. Karena tidak berkondisi dan terbebas dari Lobha, Dosa, dan Moha, maka sifat-sifat tuhan adalah maha esa, karena hanya satu-satunya, dan mahasuci, karena terbebas dari Lobha, Dosa, dan Moha.

    Karena itu, tuhan bisa dikatakan bersifat impersonal (bukan pribadi), yaitu memahami yang mutlak/tuhan sebagai anthropomorphisme (tidak dalam ukuran bentuk manusia) dan anthropopatisme (tidak dalam ukuran perasaan manusia). Jika masih berpandangan bahwa tuhan bersifat tidak impersonal, maka berarti masih berkondisi, yang berarti masih ada dukkha. Dengan demikian, bisa timbul pandangan bahwa ”tuhan dapat disalahkan”, sehingga kita tidak dapat mendudukkan tuhan dalam proporsi yang sebenarnya dan mengaburkan kembali pandangan yang semula bahwa ‘tuhan’ adalah yang tertinggi, mahasuci, mahaesa, mahatahu, dsb.

    Yang mutlak (tuhan) dalam agama Buddha tidaklah dipandang sebagai sesuatu pribadi puggala adhitthana), yang kepadanya umat Buddha memanjatkan doa dan menggantungkan hidupnya. Agama Buddha mengajarkan bahwa nasib, penderitaan dan keberuntungan manusia adalah hasil dari perbuatannya sendiri di masa lampau, sesuai dengan hukum kamma yang merupakan satu aspek Dhamma.

  124. Salam Bapak JS…….

    Bagaimana perasaan Bapak ketika membaca apa yang saya copaskan…??.

    Saya sudah membaca dan juga menghargai pemikiran bapak dengan ilmu ngawur otodidaknya dan sepertinya faham Bapak hampir mirip atau serupa tapi tidak sama dengan agama Budha…….salam damai….

    • RENUNGAN RELIGI

      hidup hanya se………….X
      dosa jangan di………….+
      amal jangan di………….-
      cinta jangan di………… :
      gugur bunga karena layu,gugur iman karena nafsu…….
      tertawa karena bahagia……..
      menangis karena bersedih………..
      bertobat karena berdosa………
      bersihkan hati,sucikan jiwa,mari kita jalani samudra kehidupan ini dengan hati yang sabar dan tawaqal,dengan penuh keyakinan serta keikhlasan.
      mari kita songsong hari ini harus lebih baik dari hari kemarin…….
      hari esok harus lebih baik dari hari ini..

  125. Selamat buat Bapak Bupati Garut . Aceng HM Fikri .

    Pagi siang sore malam… pokok e.. eng..Aceng terus deh pak…..
    http://ciricara.com/2012/11/23/bupati-garut-ceraikan-gadis-18-tahun-setelah-4-hari-menikah/

  126. Salam Mas Lidah Kelu……terima kasih karena sudah menghubungi saya….

    Terima kasih dengan tulisan yang panjang lebar itu meskipun itu hanya copas saja…..

    Bagaimana perasaan saya setelah membaca tulisan / copas itu ??…..saya hanya menjawab sedikit saja….saya galau , sedih , kecewa atau bisa dikatakan kebingungan sendiri……

    Faham saya serupa tapi tidak sama ???….entahlah , karena saya dari dahulu sampai sekarang selalu berpikiran tidak normal atau boleh disebut sebagai pikiran kotor dan jahat atau pikiran yang mendorong saya untuk bisa mengerti dan sadar dengan mengikuti hati sanubari atau nurani dan itu yang saya katakan bahwa saya berilmu rendahan dan otodidak saja…..

    Tulisan saya bagi sebagian rekan mungkin seperti merendahkan dan tidak menghargai faham dan jujur saya katakan bahwa tulisan saya adalah merendahkan dan memalukan diri saya sendiri dan mungkin mengecewakan bagi sebagian teman……

    Itulah nilai kejujuran saya yang sudah kami sampaikan dan hasilnya adalah tidak tentu baik dan tidak begitu menggembirakan orang lain dan kerabat….he he he saya seakan menjadi asing didepan banyak orang , JS seakan menerjang dan melawan arus yang sangat deras dengan alur yang sudah tercetak seperti sungai atau bengawan dan mungkin saya akan tenggelam dalam derasnya air itu……

    Sudah saya sampaikan permintaan MAAF kepada para rekan dan porosepuh karena tulisan atau pengakuan saya bisa berarti sesuatu yang bermaksud dan berniat tidak baik….Nuwun….

    • Salam Mas Lidah kelu……

      Saya bercerita sedikit saja dan sanepan itu saya terima 2 hari yang lalu dan sanepan itu saya dapat dari anak saya slamet……
      Sangat benar bahwa saya berhadapan dengan arus yang sangat besar dan deras , atau alur jalan kaki saya berhadapan dan dihalangi oleh bangunan benteng sangat tinggi dan akar atau fondasi benteng itu sangat dalam menghujam kebumi…..benar benar bangunan yang sangat kokoh dan sangat kuat dan berlapis…

      Dibalik benteng itu juga terlihat banyak para penjaga dan juga berlapis lapis dan itu artinya bila saja ada manusia yang masuk dan tidak sama dengan keadaan di dalam benteng itu maka nasibnya bisa ditebak…dihukum mati atau dihukum seumur hidup atau diampuni dengan persyaratan khusus……

      Itulah sanepan yang kami dapat tentang faham dan kepercayaan saya dalam berfaham…..Nuwun…

      • salam romo JS,

        kalau benteng tidak bisa ditembus dg cara kasar/perang maka bisa ditembus dg cara halus yaitu doa.

        cerita diatas mirip dg hadits tentang ya’juj ma’juj yg ada dalam benteng dan hanya n Isa yg bisa menaklukkan dg doanya.

        itu jika memang perkiraan sy benar.
        nuwun.

        • Salam Den Mas Gamal……

          Saya tidak mengerti kalau mimpi diatas adalah seperti cerita yajuj majuj….

          Tentang benteng kokoh supaya bisa dirobohkan atau ditembus ?? , waaah…itu urusan besar dan bukan urusan manusia , benar bahwa urusan itu adalah tugas Nabi Isa….

          Sanepan diatas mungkin adalah sanepan dan teguran bagi kami supaya tidak berbincang lagi soal faham dan agama dan apa lagi membicarakan agama samawi dari tanah seberang …..

          Sanepan atau mimpi kabah yang dikelilingi api besar , para pentolan pemimpin negara Islam yang diisap tanah pasir , salib yang terbelah dan lain lain sudah cukup bukti bagi kami bahwa urusan soal agama yang konon datang dari langit semoga diluruskan oleh yang dilangit juga…..entah siapa saja yang mempunyai otoritas dalam soal ini…

          Tentang gambaran bencana dan lain lain , kami tidak mengerti babar blas apa makna dan artinya…..

          Kami di surabaya bukan apa apa dan bukan siapa siapa , kami hanya salah 1 dari ribuan manusia di bumi NKRI yang juga telah diberi gambaran dari Tuhan YME….

          Kami hanya sebagai penonton wayang kulit yang duduk ndeprok ditanah dengan bawa sarung , ngopi dan ngebul ngrokok…cerita perjalanan wayang terserah Dalangnya………..Nuwun….

  127. Salam kang js @ tetap semangat kang js,.semua orang yg berjalan ditangga ukhrowi pasti akan merasakan apa yg kang js rasakan(hingga urat2 kaki seperti tertarik,,atau ingin menggenggam sekuat tenaga),..pada posisi yg demikianlah yg amat sulit utk dimengerti para manusia yg lain,,karena tiada bisa dijelaskan dengan kata,…..kegalauan kang js,kegelisahan kang js,kebingungan kang js,..mungkin hanya sementara,.dan akan berubah menjadi manis,nikmat penuh hikmaht,..

    # salam dari kami,,untuk senyuman lepas kang js #

  128. Siang poro sedulur..rahayu
    Wah saya di ikut ikutkan. Tiap hari saya sdh perang. maklum anak2 susaah di atur. maunya bercanda melulu. gebuk gebukan pake bantal guling. Beginilah resiko jd babysister.

    Lagi lagi agama. kan saya sdh bilang jangan bahas soal agama dan gaib. hehe
    Awas Moneter Jatuh

    • Salam Mas Bejo Banget……

      Apa saya impen impenen yaa ??…lha wong tidur sebentar kok seperti mendapat SMS dari Mas GP….sangat sayang saya tidak ingat apa isinya karena banyak kata kata dan disambung dengan titik titik yang mungkin diharap untuk diisi sendiri …he he he…seperti mengisi TTS…waaah…mumet aku….

      • siang bolong mimpi…..karena kang js terlalu memikirkan keoment kang GP namanya kalau di primbon itu mimpi karena kebanyakan pikiran he he……..

        • Salam Mas Tembayat….iya…mungkin saja begitu , tetapi mungkin juga tidak ,,,saya kadang memikir hal sangat berat toh juga tidak selalu mimpi….sebenarnya bukan saya yang memikir tentang / SP / IM / Nabi Isa tetapi Mas Gamal sendiri atau teman yang lain…..

          Sebenarnya saya selalu cuek bebek dalam urusan gaib, sudah dari dulu terjadi dan baru saya sampaikan dan saya tanyakan di blog EC mulai bulan september 2010 ….

          He he he…saya ini sudah sangat mblenger pusing ngurusi macam macam meskipun itu urusan yang tidak penting untuk orang lain….kalau di film film India mungkin saya sudah babak belur digebuki….he he he…..

          Hanya urusan terakhir yang membuat saya kelimpungan menjawab dan mengambil kesimpulan…dan sangat TABU untuk diceritakan dan nyatanya saya tidak mimpi juga tentang jawaban yang pasti…..he he he…..Nuwun…

          • Salam…. , Mas Gamal lebih tahu dari saya atau kita soal IM karena Beliaunya sudah banyak membaca cerita dalam hadis …maaf Den Mas GP…bukan mikir IM atau SP , hanya memberi tambahan info saja untuk membantu dan mengartikan , apakah ada hubungan peristiwanya soal SP atau IM….maaf…sekali lagi maaf….Nuwun…..

  129. @js
    kang js apa yg terjadi pada kang js itu sebenarnya sebuah proses,cuma pertanyaannya apakah semua yg ditulis kang js itu dialami kang js sendiri,atau sebagaian sebeanrnya dialami oleh Slamet,karena nantinya kan berbeda hasilnya.

    Tapi pada intinya ibarat sekolah kang js itu masuk SMU bukan SMK,artinya semua pelajaran diberikan,tapi menurut sy kang js tdk semua,yg dominan tentang timur tengah saja dan itupun tdk semua nabi.

    Ada yg jauh lebih mumet dari kang js,karena semua agama didunia memberikan pelajarannya bahkan animisme,paganisme dll.Hal ini sangat aneh seakan semua menawarkan dagangannya,inti2 pelajaran diberikan.,sehingga sosok ini bisa berdiri diatas semua agama,aneh memang.sebagian orang mengatakan sedang disesatkan,karena agama yg terbaik adalah agamanyatapi ada pula yg mengatakan sungguh beruntung mendapat pencerhaan yg luar biasa yg sangat lengkap.

    Lho mengapa bisa begitu,sosok yg kelak akan tampil yg dikatakan ada perang agung itu sdh menguasai sariat semua agama dg sisttim reinkarnasi,setiap lahir keduania ganti agama dan mempelajarinya samapi tuntas /dpt maqom tinggi,bila belum maka kena HER/Remedial he he…….(jangan percaya dg apa yg saya tulis sy sdg mimpi disiang hari bolong xix ix…) oleh karena disebut sdh LULUS TRISULA WEDA

    • Salam Mas Tembayat…….

      Sebenarnya yang membuat saya jadi linglung senewen adalah teman teman terdekat saya …he he he …termasuk si Slamet dan anak anak yang lain…..

      Hanya sebagian kecil saja yang saya alami dan itu sepertinya tidak terlalu penting bagi orang lain tetapi ada makna dan hikmah untuk pribadi saya…..

      Tentang Agama ??…waaah ini yang membuat saya merinding , tentang kebenaran dan nilai baik dalam agama sepertinya para pemaham dan penganut yang merasakan dan itu terjadi apa adanya dan pasti ada sebab dan akibatnya….

      Saya selama ini hanya mengharapkan jangan fanatik agama…boleh fanatik tapi untuk diri pribadinya dan tidak untuk manusia faham lain atau yang berbeda dalam aliran atau madzab …
      Saya juga berharap ada perlakuan adil dari kelompok yang besar untuk kelompok minoritas dan saya percaya di blog ini tidak ada yang bertindak atau berperilaku untuk merendahkan yang tidak sefaham dan minoritas……Nuwun………

  130. Salam……

    Seperti yang sudah kami sering kami singgung soal si hitam atau sikerudung dan lain lain…he he tetap saja itu misteri karena mereka tidak mau membuka jati dirinya,…yaa sudah…..

    Ada lagi sosok yang menurut kami juga berperan sangat penting di tanah ini ….beliau seakan ada dalam lingkaran cahaya kuning atau seperti dalam lingkaran bulan…..tapi anehnya …wajahnya ditaburi dengan bubuk bedak putih dan terlihat seperti mmasker atau topeng…..dadanya ada sinar berkilau jernih seperti air ..terlihat sangat jelas dan hanya berjarak 3 meter saja…..wis wes ..embuh siapa dia dan sak sak karepnya mereka….he he he….

  131. Jagad Dewa Bathara….
    mumet aku kliyengan…. Ono telpon muni.. tak angkat.. Jebule…..
    Jedar jeder neng kuping neng sirah…. Sikil kroso lemes. Rasane lemah ambles pitung meter jerone….

  132. Salam……

    Malam ini ….pukul 19. 45…Sepak bola INDONESIA VS MALASYA….

    Semoga Negara sontoloyo itu KALAH….1 0 untuk Negaraku sudah lebih dari cukup…..

  133. Kang GP
    Wong dodol gitar iku ngomong opo tho. aku ga mudeng. Ga iso inggis. Gur little little i talk

    • dibilang thank you, jawabnya same-same…
      suruh pilih yes or no, pilih or…
      terjemahan jalan-jalan… walking-walking…
      dilarang merokok bhs inggrisnya pertamina..!

  134. Nusantara yg menbingungkan, semoga gak semua rakyatnya ikut bingung.

  135. Kepada yth. Kang Eddycorret,.. Mari diteruskan tulisan2 kang eddycorret,. saya,adalah fans kang eddycorret,..
    Kang eddycorret jangan berhenti,.jangan malu dengan semua yg membaca,..biarkan saja orang2 yg meledek kang eddycorret,,mereka sebenarnya jg rindu,dengan tulisan2 kang eddycorret,..
    (kepada yth. ki spsw,.mohon maaf,.warungnya saya pakai untuk memberikan dukungan kpd salahsatu orang yg ada dihati saya.,kang eddycorret)

    Hormat saya,,.
    NurKahuripan,..

    • Salam Mas Nur…..he he he …ternyata Mas Nur salah satu fans berat Bung EC…kalau boleh tahu sejak kapan atau tahun berapa Mas Nur ikut nimbrung di Universitas EC ??…dengan nama siapa lalu hal apa yang membuat Mas Nur tertarik dengan pribadi Bung Eddy??…..

      Saya masuk disana mulai September 2010 dengan nama widjil dan beberapa nama lain tapi gravator tidak berubah….ngrumpi juga dengan Mas Bejo Banget dan Mas Kuda Gunung…Kuda Putih…Mas Sandi ..Mas Tembayat dan banyak orang dan tokoh pinter yang lain…

      Menurut Mas Nur , Bung Eddy kenapa tiba tiba menghilang dari rumah blognya yang ramai dan kontroversi itu…….Nuwun.

      • Sejak kapan atau tahun berapa Mas Nur ikut nimbrung di Universitas EC ??…
        Dengan nama siapa lalu hal apa yang membuat Mas Nur tertarik dengan pribadi Bung Eddy??…..

        Jawaban ditulis di kartu pos. Dikirim ke alamat redaksi.
        Pasar Genteng Surabaya
        Atau melalui SMS
        031 781 5 sekian sekian sekian

      • Maaf..saya tidak NGRUMPI
        saya tidak ikut arisan ibu ibu

        • Wakakakak….mangkelno ..mangkelno…lha piye tidak mangkel dan jengkel , nama kok begitu banyak…cemrentel….saya saja sampai tertipu…..ha ha ha …..

          • Pagi semua.. Apa kabar.. ohya salam kenal buat Mas Nurkahuripan.
            Saya suka dengan tulisan puisi Mas. Sangat berisi. Semoga ditulis kembali puisinya. Saya suka B BANGET.

          • Kan lagi praktek belajar ilmu seribu wajah kang. ni jg baru bisa sekitar 80 an
            hehehe

  136. Salam kang js @ saya tahu blog kang eddycorret sekitar akhir tahun 2011 kang js,..tapi saya belum punya email,,jd gak bisa ikut komentar,..nggeh kang,.saya tahu widjilmidjil itu kang js,..hhe,.

    Sepengelihatan saya Kang eddycorret tidak menulis (mohon maaf lho kang eddycorret ngomongin panjenengan,,hhe),.. bukan karena beliau kehabisan bahan,.tapi karena beliau dilihat oleh al’ashwad/si hitam (sebesar 11 gunung,ditumpuk keatas) itu kang,..

    #kang eddycorret,ada salam dari gurunya,.skrg beliau sudah moksa,..#

    • Salam Mas Nur…..waaah…saya jadi bingung ketika Bung EC dikaitkan dengan Si Hitam…..bagaimana cerita sebenarnya menurut Mas Nur….

      Kami juga pernah membaca bahwa Bung Eddy mendapat amanah dari gurunya dan kata Bung EC, guru beliau seorang pengajar di Amerika…entah mengajar ilmu apa ……..

      • Bingung apa PENASARAN..
        Jaim banget.

        • Bingung apa PENASARAN..
          Jaim banget……ini solder sudah lumayan panas….apa Mas BB punya teko panci atau ember bocor ….akan saya solder…saya alih pekerjaan sekarang…tukang solder patri keliling …he he he….

  137. Kang js silahkan ambil solder,.saya pegangin kang bb,.nanti solder pantatnya kang bb..wahahahaha,..

  138. Salam mbak anita mui @ salam kenal kembali mbak anita,..wah maaf mbak anita,saya belum sempat nulis lagi,..padahal tinggal pindahin dari buku ke blog,..hhe,.

    muka saya kok jadi merah sih,,kayak kepiting rebus,……

    Bisik-bisik ke kang bb # kang bb,,kayaknya cantik nih…xixixi#

    • Merah ngempet ngguyu

    • Ha ha ha ha…..iya…nanti akan saya ambil solder yang buuuesaaar….akan saya solder pantat Mas BB…..tolong Mas Nur yang pegang……
      Mbak Anita..mui…..kalau duduk jangan begitu dong !!….nanti terlihat pentungnya……wakakakakak…

  139. Rinduku pada seseorang yang selalu bernyanyi untukku
    Eh Eh Dayohe teko
    eh..gelarno kloso.. Aduhhh bedah rok aku lagi..

    • Mana …mana rok yang bedah itu ??…..akan saya solder juga….biar tambah besar lobang dan sobeknya….he he he…

  140. hehe…. Kang JS…lg pengen nyante neh… ga mau mikir yg susah.(wes susah soale)
    Kang Nur dilanjut bahasan hubungan antara EC dan si Hitam. Sudah ditunggu orang sekampung tuh

    • Betul Mas BB….kita tunggu cerita dari Mas Nur…..betul juga ,,saya pingin nyantai barang sebentar…iibarat badan seperti banyak udun dan bisul….he he…cari cara menghibur diri ..nyelimur.,.cari obat….supaya tetap sehat dan semangat lagi….

  141. Salam kang js @

    nggeh kang js,.tuan hitam/al’ashwad memang benar ada,.
    Yg saya lihat(kalau salah,berarti saya tertipu/dibohongi sama jin-jin saya,,wahahaha),. sewaktu kang eddycorret menulis,,beliau dilihat oleh al’ashwad,..yg terjadi,,adlh rasa malas,atau mungkin kang eddycorret jadi terlalu sibuk,,.

    Kang eddycorret punya guru,seorang ahli sufi setingkat wali,..
    al mukaromah ……….

    Itu yg saya lihat kang js,..

  142. Wah paraaah mbak anita,,eh,mbah anita punya pentung,.besar lg pentungnya,, huahuahaha

  143. Mang mbah anita itu kang eddycorret..?

  144. Kedbakaran hebat melanda Jakarta lagi……

    http://news.detik.com/read/2012/12/11/104940/2114987/10/kebakaran-di-kapuk-muara-jakut-500-kk-mengungsi?9922032

    Kenapa sering terjadi kebakaran di sana dan logika yang paling sering dan masuk akal adalah karena listrik…..kenapa karena listrik ??….karena alat yang dipakai adalah barang barang yang tidak standart , bermutu rendah sehingga sering menimbulkan percikan api dan kabel atau konektior panas ….

    Mungkin ada kesan dan pesan yang lain dari yang diatas sana bahwa Jakarta adalah tempat yang sudah tidak aman lagi dan maaf bila dugaan kami hanya mengada ada saja…..

    Sangat masuk akal bahwa Jakarta pusat pemerintahan harus pindah ketempat lain karena Jakarta sudah sangat parah sakitnya , banjir karena tanah sudah melengkung kebawah dan semakin lama tanah juga ambles kebawah…..

    Kobaran api selama ratusan kali dalam setahun di Jakarta mungkin sebagai pesan dan signal bahwa tempat itu harus diwaspadai dari bencana yang lebih besar yang lain dan bencana akan memakan korban jiwa besar karena pendudduk disana sangat padat…..

    Apakah penduduk pendatang mau meninggalkan Jakarta untuk kembali ke kota masing masing ??….mungkin saja tidak mau karena mereka di Jakarta adalah berkewajiban untuk mencari nafkah demi hidup keluarganya dan di tempat Jakarta adalah suatu tempat yang mungkin bisa menjadi surga bagi mereka…..

    Kami hanya khawatir saja dengan kota Jakarta dan alasan kami adalah dari mimpi dan juga info dari teman spiritual kami dan biasanya dugaan teman kami ini terbukti benar dan apa kira kira bencana besar itu ??…..apakah air atau gempa ??…embuh ora weruh……

    Semoga semua dugaan ini adalah salah dan jangan dipercaya……..Nuwun

    • Salam…..

      Saya mimpi seseorang blogger di blog ini….he he he lupa lupa ingat orangnya…..

      Dalam mimpi saya tentang Jakarta …..saya ada di Jakarta dan saya harus pulang ke Surabaya dengan segera…..saya tidak ingat kenapa dan kapan saya ke Jakarta dan ada urusan apa ??….kenapa harus pulang segera ??….saya juga tidak ingat….

  145. Salam kang js @

    dalam sepengelihatan kami baru2 ini,..al’ashwad memang sering ke jakarta kang,..entah mau apa dia,..al’ashwad sama sekali tiada mau disembah,,namun entah mengapa banyak orang yg menyembahnya,… al’ashwad adlh tokoh yg amat sangat pendiam,..sepertinya mungkin dia mau berbicara ; “sembahlah Tuhan yg ahad,.penciptamu,,juga penciptaku,.”
    atau seperti bilal ibnu rabbah yg hanya bicara ahad,,ahad,….

    Sepertinya al’ashwad mau menemui 7 orang dijakarta,..namun entah orang yg dituju menyadarinya,atau tidak,..yang jelas,saya adalah salah satu orang yg dituju olehnya…hha,.
    Waktu menulis komentar ini dia hanya tersenyum kang,..telinga saya tdk lg mendengar sewaktu nulis komentar ini,.hhe,. Al’ashwad juga memperlihatkan gambaran kang js sedang berbicara dengan sseorang,..wah,kang js orang yg bersahaja yah,.xixixi…

    Salam darinya kang,.juga dari kami,.warga jakarta…

  146. sudah dua malam ini orang yang memiliki mustika di kening itu kedatangan tamu leluhur sebanyak 3 orang , dari yaman, maroko dan satunya kurang jelas asal usulnya, beliau bertandang menemui para leluhur yang saat ini mendampingi beliau.

    saya tidak tau persis maksd kedatangan para beliau ini, hanya saja yang saya tahu, pada tengah malam saat beliau sedan tidur pulas, para leluhur itu memasuki kamar beliau sambil membaca wirid dan tersenyum kepada beiiauu. bisa jadi ini hanya silaturohim biasa karena beliaau memang memiliki garis keturunan dari yaman ( arab ), sehingga banyak leluhur dairi negeri gurun yang sering bertandang, ataukah itu bagian dari persiapan terhadap sesuatu, wallahu alam.

    yang jelas, sebelumnya para leluhurnya, yang masih ada garis dengan yaman dan majapahit oada suatu malam, menjenguk saat beliau tidur pulas, dengan tersenyum dan mengelus kepala beliau, sambil berucap ” saiki isih lelaku, dadi sing sabar “, mungkinkah ini ada kaiitanya karena beliau saat ini masih seperti orang kebanyakan ?, sehingga memberikan nasehat kepada beliau meskipun sedan tidur ?, wallahu alam

  147. SMS KU GA DI BALASSSSSSSSSSSSSSS
    PELITTTTT

    • Salam Mas BB…..sepertinya HP nya sreen layar rewel karena jatuh dari meja….he he he……mungkin nanti ada balasan…….ha ha ha….

      • nambah nambahi perkoro saja dan bikin kepala tambah mumet….

        Kalau tidak dipikir sepertinya salah karena tidak menghargai dan tidak bersukur tapi kalau dipikir juga tidak ngerti jawabnya dan buang energi

        hiks…orderan sewan audio ku hilang. aaaaaaaaaaaaaa…
        Buat hari ini 12/12/12 bnyak orang kawinan.
        Kepada siapa ku mengadu..

        • Tepat pukul 12:12:12 tanggal 12-12-12
          Semoga semua hal buruk berbalik menuju arah yang benar…….

          (karena tidak ada 13/13/13)
          hehehe

          • Dan dalam tanggal itu 9 hari ini ) banyak para Ibu yang mengandung ingin melakukan bedah caesar supaya anaknya mempunyai tanggal lahir keren dan langka….12..12..12….

  148. marilah kita amati bersama mulai 12.12.12.12(jam12-24 malam),langit jakt mendung suhu dingin semilir….

  149. Numpang PROMOSI Ki Gendeng… Bagi rekan rekan yang membutuhkan dana gede, Silahkan menghubungi saya. Saya ada DUIT GEDE yang mau saya bagi bagikan
    suwun…
    http://sphotos-d.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/227014_501929546513635_1973314627_n.jpg

  150. BAHAYA PERSEKONGKOLAN ANWAR IBRAHIM DENGAN PEMIMPIN DAN MEDIA INDONESIA

    DEMONSTRASI REFORMASI HASIL KONSPIRASI DENGAN HABIBIE, AMIEN RAIS DAN GUS DUR

    PRESIDEN INDONESIA: MASYARAKAT YANG BAIK BERBUDAYA ANTI KEKERASAN

    PENULIS INDONESIA BUKTIKAN HABIBIE SELEWENGKAN PANCASILA

    JUSUF KALLA: ZAM BUKAN WAKILI PEMERINTAH MALAYSIA.

    ZAM:” SIAPA SAYA UNTUK RETAK HUBUNGAN MALAYSIA INDOENSIA”

    KONSPIRASI ANWAR IBRAHIM DENGAN INDONESIA DARI KACAMATA BEKAS KETUA POLIS NEGARA
    http://zamkata.blogspot.com/search/label/utama

  151. mayjen ABR(i), how ‘r you, bro?

  152. Perang Terbuka di Jakarta
    TNI mengerahkan ribuan personilnya sampai tahun depan. Memang sudah saatnya dunia mengerti betapa carut marut sudah ibukota RI ini. Adapun personel yang di kerahkan adalah dari seluruh angkatan. AD AL AU….. persenjataan berat… dan alat berat akan di gunakan gi segala medan. http://berita.plasa.msn.com/jakarta-kumuh-jokowi-terjunkan-marinir-dan-kopassus
    Untuk Mayjen ABR…….
    Di tunggu tanggapannya .

  153. Salam dan selamat malam…..

    Kami menganggap atau menduga bahwa Jakowi adalah ksatria SP dan dia sedang diuji dengan masalah yang berat , menaklukan Jakarta.dan banyak permasalahan disana …….

    Apakah kali ini Jakarta bakal jebol karena diterjang banjir ??…….

  154. Semoga warga jawa barat dan jakarta waspada karena semakin kedepan semakin rawan bencana seperti yang sudah diprediksi poro sepuh.

  155. Salam Kang BB.
    Hhhhh….. kalau dimintai tolong… ya ditolongi… dianjurkan tolong menolong dalam kebaikan.
    Yang kebacut….. ya yg minta tolong… DKI kan kaya… maunya yg gratisan…. tuu…rekrut para pengangguran yg berjibun… angkat jadi pegawai kebersihan… sekali langkah 2 masalah beres… masalah sampah dan pengangguran.

    Salam Cak JS.
    Maap..cak… SP (kalau ada) … levelnya nggak cuma segitu…. banjir kemarin membuktikan bahwa dia bukan SP.

    Buat Poro sedulur yang merayakan 25 Desember…. Selamat Natal.

    • Salam Kang AnkerBeeR
      kok pake Hhhh.. Hhhhh….. kalau dimintai tolong
      Harusnya kan Hhhhh.. mesti lho mnta tolong….
      hehe
      Menunnjukkan bahwa dana habis shngga tdk bs memaksimalkan pengangguran. atau dana jangan sampai habis terpakai shngga msh bs di korupsi kedepannya hehe

      Matur nuwun. Selamat Natal buat semua. Damai Tuhan beserta kita.

      • Hhhh… (unjal ambegan karena prihatin)…. itulah salah satu kebiasaan kita… yg bikin bangsa ini tidak profesional. Salah satu contoh… kita mau membuka sekrup.. yg ada didepan kita tersedia pisau berujung tajam… maka dipakailah si pisau untuk membuka sekrup (padahal punya obeng.. tapi harus dicari dulu.. krn lupa tempat naruhnya)… hasilnya.. ujung pisau jadi “gowang” dan ceruk-lubang obeng di pangkal sekrup jadi “lower”….. lebih prihatin lagi… kebiasaan tsb ada pada pemimpin…. weehh… ancur kabbih tak iyyee.

  156. Salam kang ankerbeer @ maksud kang js bukan Sp,.tapi ksatrianya Sp,..
    Suwun,..

  157. Oooooo…. gitu tho….. he…he…he….paham deh.

  158. Salam dan selamat pagi…….

    SELAMAT NATAL untuk semua yang merayakan…..Semoga Tuhan YME memberikan Damai dan Bahagia untuk kita semua…..AMIN

  159. spsw nusantoro

    Ngaturaken Sugeng Natal katur sedoyo panjenengan Umat Kristiani.
    Mugi sedoyo pikanthuk pinaringan Berkah saking Gusti Ingkang Moho Agung.
    natalMerry Christmas 2012….

  160. Selamat malam dan salam sejahtera

    Ki SPSW dan Romo JS

    Terima kasih ucapan Natalnya ..semoga damai sejahtera dan suka cita serta cinta kasih selalu ada dan menyertai kita semua …
    Berkat Tuhan yg berlimpah akan dicurahkan pada kita semua
    Damai di bumi damai di surga
    Amin

  161. @ SPSW Nusantara, Mbah Wage, Lik ABR, Pakpo JS, Ki Tembayat, Om Bala(ne)dewa, Om GP, Ibu Nuning, Pak Heri, Pak Jatayu, Mas Nurkahuripan, Mas BB, Mas Sandi, Mas Pureng, dan Mas-Mas calon SP lainnya :wink:,

    Kagem sederek sedoyo, sugeng pepanggihan malih, mugi rahayu, sugeng lan wilujeng, dan semoga spirit Natal selalu damai bersemi dalam hati…

    Nuwun sewu ki SPSW lan poro pinisepuh, dalam suasana menyambut dan menyongsong Tahun baruan 2013 ini, barang sejenak saya juga mau ikutan nongkrong dan cangkruk`an di warung kopi edipeni niki, Kebetulan, kadang-kadang saya juga suka nyeruput kopi susu instan… xixixixi…

    Tapi sebenarnya Kopi bagi masyarakat kita tak sekedar air gula berwarna hitam, melainkan sebuah pelarian dan kegembiraan. Segelas kopi adalah dua belas teguk kisah hidup. bubuk hitam yang larut disiram air mendidih pelan-pelan menguapkan rahasia nasib…

    Di warung kopi Akigendeng ini, kesusahan tadi dibagi pada orang yang lebih banyak sehingga makin terasa ringan, indahnya momen berbagi dalam kegembiraan dan kebersamaan, baik dalam suka maupun duka.

    Saat untuk menunggu minum kopi, secara teknis hal itu dapat di katakan dengan cara seperti ini: saat kopi yang mendidih tadi perlahan-lahan menjadi hangat, adalah saat kesusahan yang mendidih dibagi di antara mereka, kesusahan itu lalu larut dalam setiap hirupan kopi yang menghangatkan hati, dan hidup menjadi lebih tertanggungkan.

    Terinspirasi dari novel kangmas Andre Herata tentang filosofy kopi, berikut saya tuliskan beberapa point of viewnya :

    Kopi sebuah kisah dalam gelas…

    1.Mereka yang menghirup kopi pahit umumnya bernasib sepahit kopinya. Makin pahit kopinya, makin berlika-liku petualangannya. Hidup mereka penuh intai marah bahaya. Namun mereka tetap mencoba dan mencipta. Mereka naik panggung dan di permalukan. Mereka menang gilang-gemilang lalu kalah tersuruk-suruk. Mereka jatuh, bangun, jatuh, dan bangun lagi. Dalam dunia pergaulan modern ini mereka di sebut para player.

    (*contoh tipe orang peminum kopi pahit ini, mungkin mirip dengan sosok pak JS?…)

    2.Mereka yang takaran gula, kopi dan susunya proporsional umumnya adalah pegawai kantoran yang bekerja rutin dan berirama hidup itu-itu saja. mereka tak lain adalah pria ‘do-re-mi’, dan mereka telah kawin dengan seseorang bernama bosan. Kelompok antiperubahan ini melingkupi diri dengan selimut dan tidur nyenyak di dalam zona yang nyaman. Proporsi gula, kopi dan susu itu mencerminkan kepribadian mereka yang sungkan mengambil resiko. Tanpa mereka sadari , kenyamana itu membuat waktu, detik demi detik menelikung mereka.

    (*ehmmm, kira-kira siapa ya? Ada yang merasa nggak?…)

    3.Kopi dengan dua sendok gula. Kaum ini di sebut para safety player, mereka berangkat kerja berpakaian olahraga. Usai senam kesegaran jasmani, ada upacara kecil penyerahan surat keputusan pensiun.

    Itulah SKJ-nya yang terakhir.
    Itulah hari dinasnya yang terakhir.
    Tamatlah riwayatnya.

    Orang semacam ini sering mengatakan “Aih, rasanya baru kemarin awak masuk kerja” kemarin itu adalah 30 th yg lalu. “tahu-tahu sudah pensiun awak, ni?”…

    (*siapakah gerangan orang-orang semacam ini?… )

    4.Ada pula satu kaum yang di sebut sebagai semi-player. Cirinya: 4 sdt kopi ini termasuk kental, tapi di tambah gula setengah sendok saja. orang ini merupakan ahli dalam bidangnya. Mereka bertangan dingin dan penuh perhitungan. Mereka bukan tipe pegang-lepaskan-pegang-lepaskan. Mereka adalah tipe pegang-cengkeram-telan. Namun, adakalanya mereka adalah pecinta yang romantis. Takaran kopi semacam ini membuat mereka merasakan pahit dekat tenggorokan, namun terbersit sedikit manis di ujung lidah, bagi mereka, hal itu sexy!

    (*Tak di ragukan lagi, karakter semacam ini adalah tipe orang seperti Mas BB?…)

    5.Mereka yang minum kopi dan hanya minta gula sedikit, lalu setelah di beri gula, mengatakan terlalu manis atau kurang manis, merupakan orang-orang yang gampang di hasut. Merekalah pengacau sistem politik republik karena suaranya gampang dibeli. Mereka itu kau plin-plan! Petinggi-petinggi partai politik dan menteri-menteri kabinet banyak bercokol di wilayah ini.

    (*Ada nggak wakil rakyat di sini?… ngkale-kale aja … )

    6.Mereka yang memerlukan susu lebih banyak umumnya bermasalah dengan kehidupan atau dalam rumah tangga. Dalam keadaan yang ekstrim- misalnya tengah berperkara atau di rundung duka, mereka hanya meminum air panas dan susu saja, tanpa gula dan kopi. Orang-orang ini sering melamun di warung kopi. Tak tahu apa yang sedang berkecamuk di dalam kepala mereka. mereka adalah tipe ex-player.

    (*who is the next ex-player?… Wah, jangan-jangan saya sendiri?…)

    Kopi, berdasarkan cara memegang gelas…

    Cara memegang gelas kopi tak sesederhana tampaknya, tetapi sesungguhnya mengandung makna filosofi yang dalam. Mungkin, dari meneliti cara memegang gelas kopi saja, seseorang yang menekuni dirinya di bidang ilmu jiwa dapat membuat sebuah skripsi. warung kopi adalah laboratorium perilaku. Dan kopi bak ensiklopedia yang tebal tentang watak orang.

    -Ujung-ujung kelima jarinya menempel di gelas. Itu berarti mereka gelisah, tapi tak berbuat. menggenggam gelas kopi dan melepaskannya berulang kali. melakukan itu sebenarnya untuk mengalirkan panas kopi dari telapak tangannya ke dalam hati yang dingin karena merasa bersalah.

    -Pegangan tangan di bawah gelas kopi menceritakan hal lain, yaitu tentang kematangan pendirian dan kebijakan bersikap, semakin ke atas, semakin besar maknanya. Jemari yang di lingkarkan di bagian bawah gelas pertanda peminum kopi itu seorang yang memiliki semua sifat mulia zodiak virgo. Mereka mengidolakan Mahatma Gandhi dan terinspirasi oleh Nelson Mandela. Mereka adalah pria-pria tenang yang bisa diandalkan. Mereka tampil ke muka sebagai pembela kawan. Namun, adalakalanya mereka di perlakukan tak adil dan menjadi korban konspirasi kantor, korban salah tangkap, atau korban kesemena-menaan istri yang pencemburu buta.

    -Mereka yang memegang gelas kopi dengan ujung jempol dan ujung jari tengah saja, di bagian tengah gelas, pertanda menderita cinta yang bertepuk sebelah tangan.

    -Ke atas sedikit, mereka yang menjepit gelas kopi dengan jari telunjuk dan jari tengah, kedua jari itu sejajar, lalu pada sisi gelas sebaliknya, dengan jari manis dan kelingking, adalah satu tindakan bodoh sebab akan membuat gelas tersungging dan kopi tumpah. Namun, ketidakseimbangan itu mereka tegakkan dengan ujung jempol. Orang-orang ini ingin anspirasisnya di dengar dan kemampuannya di akui. Mereka menuntut persamaan dan adakalanya ingin di belai-belai. Perempuan peminum kopi selalu memegang gelas dengan seperti itu.

    -Semakin ke bagian atas gelas, pegangan semacam itu merefleksikan gengsi dan mengandung makna politis. Itulah gaya anggota DPRD memegang gelas kopi, karena hanya dengan cara itu mereka bisa memamerkan cincin batu akik besar mereka.

    -Adapun yang memegang gelas kopi di bibir gelas yang paling atas, itu karena kopinya panas… he he he..

    Selamat menyongsong Tahun Baru 2013, Dengan berjalannya waktu, setiap pengalaman dalam hidup adalah pelajaran, tapi cinta & peduli akan selalu menjadi kekuatan dalam kehidupan… Hmmuuuuaahh!!…

    Salam kopi sayang,

    Dewi

    • Salam JDD……semoga selalu sehat dan damai selalu…..

      Terima kasih ilmu filosofi minum kopi…….

      JS minum kopi pahit ??….waaah…kebetulan kopinya ada tapi gulanya hanya sangat sedikit , lha wong bikin kopi kebetulan jam 2 malam dan sorenya lupa beli …ha hha….

      -Adapun yang memegang gelas kopi di bibir gelas yang paling atas, itu karena kopinya panas… he he he…….waah betul juga tuh….apa sebabnya….karena sipeminum kopi sudah sangat kebelet minum kopi , maklum pecandu kopi kelas berat…..tidak minum kopi 5 atau 10 menit saja sudah mbinuni….seperti saya …ha hha……Nuwun…

  162. aduh capek…. matur nuwun kopinya kang JS.
    mbak Dewi.. nti ya bahas kopinya.. ngantuk.. ni.. hehe

  163. @ JS,

    Maturnuwun apresiasinya, Wah, pakpo betul2 sudah kecanduan caffeinnya, sama seperti halnya nikotin pada rokoknya… he he he…

    Bisa mampir ke warung ibu saya, di jamin romantis alias rokok makan gratis… xixixixixi…

    @ BB,

    Sudahkah anda minum kopi hari ini?…

    Weeeh, lha kok udah ngantuk? Biasanya suka begadang di warung kopi… pasti kelelahan, akhir tahun banyak kejar setoran… xixixixixi…

    Lek nyambut gawe ampun ngos2an, kalem2 mawon mas… ingat JAKES alias jaga kesehatan selalu…

    @ All,

    Di antara sengitnya bursa calon SP dan perdebatan tentang sosok ‘satrio piningit’ yang topiknya hangat terkadang terlalu hot ini… Ngapunten, kalau komment saya banyak bercanda cengengesan melulu, tidak bisa mengikuti ritme diskusinya, saya santai namun tetap menyimak dawuh poro pinisepuh…

    Monggo saget di Lajengake diskusinya…

    Dan ini saya aturi nonton pilem kartun sareng2, Semoga bisa membuat suasana warung tambah ramai, di jamin terpingkal-pingkal :D

    (http://www.youtube.com/watch?v=oVEM2eWzCxg)

    salam antonim,

    dewi

  164. SELAMAT TAHUN BARU 2013……SEMOGA BERHASIL DAN SUKSES UNTUK SEMUANYA

  165. Salam kang js @ amiiin yaa Gusti,.. Hari pertama ditahun ini begitu terang benderang,kang js…

  166. Kang JS , Kang Nur @ Rahayu………
    Disini hujan deras hari pertama…. padahal sdh satu bulan tdk hujan. Mungkin bersih2. sehabis malam pergantian tahun.
    Amin..
    Sekarang sudah terang meski mash mendung. persiapan hujan nti malam mungkin.
    SELAMAT TAHUN BARU 2013 ……. sedherek.

  167. Salam kang bb,kang js,poro sepuh,sedulur @ hujan yg turun itu diturunkan oleh 9 semar yg sedang berkumpul dibali,.
    *semar emas,dibali
    *semar hitam,disurabaya
    *semar kuning,dijogyakarta
    *semar putih,dipemalang
    *semar abu2,diindramayu
    *semar coklat dikediri
    *semar hijau dikalimantan
    *semar merah,digunung kerinci,dan
    *semar jingga lembayung,dilaut selatan

    # semoga hujannya memberi perubahan,lebih baik #

    rahayu,..

    • Wah hebat…..
      *semar hitam,disurabaya = Temennya Si Hitam. Ada corong hitam. Gigi hitam2 (xixixi)
      Kulit Hitam. Kantornya Hitam. (Gelaplampuredupdotcom). Banyak Kotak Hitam.
      hmmmmm… semua serba Hitam

      • waaah…..gigi hitam …kulit dan bajunya hitam…..lidahnya melet melet….. sopo iku ??…..ha ha ha……mangkelno….

  168. Kang bb @ semar hitam iku sopo kang bb..???
    # tanda tanya besar #
    ???

  169. Kang bb @ wahahahaha,,.sukanya kopi hitam,pakenya busana hitam,soldernya pun hitam,.tp kok rambutnya gak mau disemir hitam yah,.wahahahaha,.

    • Salam Mas Nur…..kopinya hitam dan rambut pantang disemir , supaya terlihat aslinya…wis tuwo elek dotcom…..
      Soldernya hitam ….iya ..saya mau nyolder anu nya Mas BB supaya jadi hitam….wakakakak….

  170. spsw nusantoro

    Ngaturaken Sugeng Warso Enggal Kaleh Ewu Tigo Welas. Mugi sedoyo sedherek sami dipun Paringi Berkah ugi Kaselametan saking Gusti Ingkang Murbeng Dumadi.2013
    Kun Fa Yakun

  171. Salam hormat……

    Tahun 2013 bagi kami adalah tahun dan waktu yang menakutkan dengan alasan yang masuk akal dan hal lain yang tidak kami ketahui , hal yang nyata adalah bencana dan human error atau bencana yang ditimbulkan oleh pikiran manusia sing wis ora nggenah…..

  172. http://id.berita.yahoo.com/meski-anak-hatta-rajasa-polisi-akan-proses-rasyid-100206839.html

    Mari kita lihat hasilnya …apakah Aparat Hukum di Negeri ini akan berlaku ADIL thd keluarga pejabat dan apa bedanya ketika hukum sedang dihadapi orang kecil, rakyat kere yang sudah kita lihat buktinya,nyolong ayam,sandal ato piring,dipenjara tanpa kenal kompromi dan seperti tanpa perikemanusiaan…… udah jatoh diimpit tangga,,,udah hidup miskin lalu dipenjara….

    Sepertinya peri kemanusiaan hanya berlaku untk pesakitan yang berasal dari para orang kaya,pejabat negeri,partai besar, bandar judi narkoba etc , sehingga mereka msh bisa merasa nyaman enjoy, makan dan minum enak , mungkin ada kulkas ,TV besar , kasur empuk , AC dll , seperti tidak terasa dalam penjara……

  173. salam,

    marilah kita berdoa agar nkri tercinta tidak diobok-obok, diguncang-guncang jin setan dajjal, amin.
    (maaf ganti gravatar)

  174. Salam kang gp,poro sepuh&sedulur,..

    Amiiin kang gp,..

    Siapapun tahu,bangsa Indonesia,adlh bangsa yg besar,bangsa yg begitu terhormat,..bangsa yg begitu hebat,disemua tentangnya,..
    Rakyat Indonesia kala ini mencari,membutuhkan seorang pemimpin yg mencintainya,..
    Namun,sang pembaharu,,sang mujadid itu kini tengah mempersiapkan langkah pembaharuannya,..
    Dia belum melakukan apa2,.saat ini Dia baru mengerahkan universal mindNYA/sugesti yg terhubung dari seluruh alam fikir rakyat Indonesia,.untuk diarahkan kearah yg benar,..itu dimulai dari lapisan terendah rakyat golongan bawah,..
    Untuk saat ini yg kami lihat,baru mencapai 10% dari penyatuan,..

    # yg anehnya,rakyat Indonesia itu bisa bersatu,bila diserang fisik oleh negara luar,..mereka tahu itu,maka mereka takut #

    rahayu,..

    • # yg anehnya,rakyat Indonesia itu bisa bersatu,bila diserang fisik oleh negara luar,..mereka tahu itu,maka mereka takut #
      ————-
      betul itu mas Nur, makanya mereka nyerang dg cara halus… politik, ekonomi dan budaya.

      • # yg anehnya,rakyat Indonesia itu bisa bersatu,bila diserang fisik oleh negara luar,..mereka tahu itu,maka mereka takut #
        ————-
        betul itu mas Nur, makanya mereka nyerang dg cara halus… politik, ekonomi dan budaya.
        ———————————————————————————————————–

        Salam….

        Lalu bagaimana cara kita membalas perlakuan mereka terhadap rakyat NKRI…..

  175. Salam kang ngandel @ cara pertama adalah nganggoni seluruh rakyat Nkri,.dengan makanan asli Indonesia,,yakni Pancasila,…..
    Dimulai dari diri sendiri,keluarga kecil,keluarga besar,sampai masyarakat luas,..
    Rahayu,..

  176. Nuwun Sewu….. Numpang tanya. Apa rapat Poro Semar belom selesai ya.. Kok mash hujan.
    Dingin sekali. flu saya jadinya… meler…

  177. Salam kang bb @ sudah kok kang,.kmrn hanya sehari,..
    Nuwun,.
    Huacim,,huaciim..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: