Kemunculan Satrio Piningit (Skenario Tuhan atau Konsep Manusia)

Sri Aji Joyoboyo memprediksi pemimpin kepulauanNuswantoro yang berikutnya selama berabad-abad ditunggu oleh orang-orang yang mengharapkan mimpinya kehidupan adil dan makmur menjadi kenyataan. Dan hal ini bisa terjadi hanya dengan kehadiran pemimpin atau pemimpin yang disebut “Ratu Adil” yang memerintah negara ini dengan adil dan bijaksana seperti yang anda inginkan dan orang-orang pada umumnya suatu hari nanti.

Dari yang sarjana Hindia Belanda telah dirumuskan dan dianggap “Ratu Adil” hanya mitos dan pernyataan budaya yang turun-temurun selalu diiingat setiap saat oleh orang-orang biasa yang tidak mendapatkan kemakmuran dan keadilan dari negara mereka sendiri. Para sarjana Belanda yang ahli pada isu-isu budaya Hindia Belanda sudah seharusnya berpendapat bahwa Ratu Adil adalah mitos dengan alasan yang hanya Belanda dan pemerintah Hindia Belanda sendiri adalah mutlak dan berhak untuk menjadi Ratu Adil. Sementara para pemimpin pribumi tidak harus menjadi kesempatan untuk kembali memiliki pemimpin dan negara itu sendiri sebagai “Ratu Adil” bagi rakyat nuswantoro.

Prediksi Joyoboyo tentang sosok Satrio Piningit atau adil ratu benar-benar luar biasa dan terjadi hanya pada saat yang luar biasa, dan tampaknya itu hanya bisa terjadi puluhan atau ratusan tahun kemudian di masa depan. Namun, “Ratu Adil” Joyoboyo yang tidak selalu mengarah pada sosok pemimpin. Ratu Adil itu bisa berarti sistem pemerintahan republik kepulauan, yang telah menulis undang-undang, dan peraturan konstitusional sempurna. Dan tentu saja negara kepulauan Nuswantoro yang sempurna dengan sistem pemerintahan yang misalnya: sistem demokrasi sosialis, Pancasila, atau sistem yang akan menjadi “Ratu Adil” jika Anda benar-benar berjalan dengan baik, adil dan bijaksana – sesuai dengan maksud dan Tujuan pendirian negara diwujudkan dalam konstitusi dan berbagai peraturan tambahan.

Jika Joyoboyo meramalkan Ratu Adil sebagai sistem negara, maka pewaris Joyoboyo Ronggowarsito lanjut memprediksi orang pemimpin Nusantara langsung yang memimpin negara sebanyak tujuh Satrio Piningit. Satrio Piningit Enam telah berturut-turut diperintah, sehingga yang tersisa Satrio Piningit ketujuh “Satrio Pinandito Sinisihan Wahyu”. Satrio Piningit Joyoboyo hanya akan muncul dalam keadaan darurat “perang” di Nusantara. Sementara Satrio Piningit ketujuh Ronggowarsito dapat muncul setiap saat tanpa menunggu perubahan usia atau keadaan darurat apapun. Siapapun yang muncul untuk memimpin sebagai “Satrio Pinandito Sinisihan Wahyu” dalam beberapa tahun ke depan akan mengubah negara kepulauan Nuswantoro yang carut marut ini yang menjadi negara “Ratu Adil” menjadi benar-benar mewujudkan keadilan dan kemakmuran bagi rakyat mereka. Dan tentu saja Satrio Piningit mampu bertindak tegas untuk menghukum mereka yang melakukan tindakan sewenang wenang kepada yang lemah yang mengakibatkan penderitaan dan kesengsaraan secara individu ataupun masal.

 

Salam Rahayu sedoyo Sederek

Saya sangat berharap Saudara sekalian bisa menorehkan tulisan mengenai hal yang sifatnya berhubungan dengan kemunculan Satrio Piningit ini. meski berupa Mimpi Tafsiran Penglihatan Wangsit atau sekedar tafsiran.

Rasa wes karasuklagi.
Kesuk lawan kala mangsanipun
Kawises kawasanira Hyang Widhi
Cahyaning wahyu tumelung
Tulus tan kena tinegor

Kelak (sesudah berakhirnya jaman Kalabendu pada tahun windu kuning kencana) memang telah tiba masanya datang jaman Kebaikan di bumi manusia, hal itu tidak dapat dihindarkan oleh siapa pun karena takdir dan kehendak Tuhan (Sang Hyang Widhi).

About these ads

Posted on 16/01/2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 1.074 Komentar.

  1. Salam Ki SPSW

    Terima kasih atas kecepatannya menyediakan halaman baru sebagai wahana diskusi urun rembug sebagai salah satu cara memediasi publik untuk menyumbangkan idenya buat tujuan mulia yaitu rintisan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

  2. Salam Mas SPSW….Mas Gamalpra….Mas ABR…….

    Dengan dibukanya halaman baru….weeh ..judulnya sepertinya sudah yakin bahwa SP yang dinanti sudah lahir……

    Saya jadi ingat tentang janji ..suguhan dari Mas ABR yang belum kita cicipi…yaitu roti SP…..semoga Mas ABR menulis dan menceritakan cerita tentang SP dan kami semua menyimak…..setujuuuu….itu yang saya dengar dari para tamu pengintip yang terhormat…he he he…….

    Mas Gamalpra……membuat alat untuk menyamakan frequency dan menjadikan manusia untuk dicetak menjadi SP sepertinya alatnya tidak ada…alat itu spertinya di monopoli oleh Sabdo Palon dan Nabi Yesus……he he he..jadi saya menjadi tidak kliyengan……kik kuk…….Nuwun

  3. Salam Kang SPSWN… Kang WM… Kang Gamal… Kang ABR…..
    Weeee….eewww….. ada menu baru di warung rupanya.. Kelihatannya menggugah selera banget. hehehehehe…..
    Iya neh… betul Kang Wm…. Janji jangan hanya tinggal janji… mana neh Oleh2 Kang ABR… Bingkisan paket komplet SP nya… jangan di masukin kulkas.. keluarin donk biar anget… di nikmati bersama sambil udut sedot udut sedot klepus… cleguk…. srupuuttt… wedang kopine tuan rumah….

  4. Salam Cak WM, Kang BB, Kang Gamalpra,dan Para tamu terhormat yang belum sempat memperkenalkan diri.

    Salam Ki SPSW.

    Mohon tunggu sebentar..barang sejam..masakan sedang dipanasi dan sedikit dibumbui.
    Hmmm……. para tamu langganan yang kemraket, semanak lan nduluri…..ini yg membuat kangen…….sambil menuangkan bahan masakan, menabur bumbu sambil merenung cari wangsit cara menghidangkannya…. agar sesuai dengan resepNya.
    He…he…he…. selamat nggantung untu.

    • Gini dah kalo orang sdh kecukupan dikit dikit kita harus nunggu
      tunggu ya sejam….
      1. Rapat lom kelar
      2. Saya masih sibuk
      3. Oven mati ndiri dlm sejam
      4. Lagi mandi berendam di bathup

      xixixixixixixixi
      Salam sejam an

  5. Sepertinya rekan di sini pada merasa takut ya untuk menulis sesuatu hal. takut di bilang mendahului kerso. hehehehe.. Seperti sdh di umpamakan sebelumnya. Seakan hendak menyeberang sungai, sampai di tengah tiba tiba datang banjir bandang… hmm.. sepertinya semua hal sdh terlambat untuk di mulai sebagai hal yang baik dan positif bagi sebagian orang yang sudah merasa enak dan nyaman. Sehingga melupakan kewajibannya untuk lebih memperhatikan sesama yg mash serba kekurangan. Hal hal positif dan negatif sudah dinilai untuk tahun lalu kelihatannya. Jadi bersiaplah bagi semua orang yg belum melaksanakan kewajiban dan berbahagialah bagi mereka yg sdh dengan susah payah dan tekun selalu mendengarkan dan menjalankan hal hal yg baik di mata Tuhan..

    Daripada tidak ada yang menulis maka saya akan memberi sedikit bocoran versi saya. hehehehehehe……

    Harta atau emas dapat diambil setelah turunnya SBY. entah kapan. Turunnya pun apakah sampai pada akhir masa jabatan atau tidak, yg jelas kalimatnya hanya setelah turunnya SBY.
    Kalimat turun di sini mengandung arti bukan sebagai terjadi adanya pergantian pimpinan secara wajar. mungkin bs sbg suatu Kudeta/penggulingan kekuasaan atau penyerahan mandat entah kepada siapa.

    Urutan yang ada adalah Bencana harta baru mngkin kemunculan SP atau Satrio.
    Jadi bukan tahun ini. karena tahun ini adalah tahun bencana. Kelak karena kemungkinan pemerintahan yg sekarang tidak becus dalam menanggapi tanggap darurat bencana yg terjadi di banyak wolayah, maka rakyat akan merasa tdk puas dan akan melakukan pengungkapan ketidakpuasan kpd penguasa. bs jd ada pihak2 yg nebeng populer di sana.
    kemudian pemerintahan akan diganti

    Harta dapat diambil oleh Satrio dan mungkin akan d gunakan sebagai bekal. karena kalimatnya akan memberi makan orang sekampung se wilayah dan mungkin senegara. Memberi makan bs di artikan memberi sandang pangan papan. karena sebelumnya ada bencana yg sangat luarbiasa, sehingga orang kayapun akan jatuh miskin dan perlu ditolong satrio. juga akan adanya penggantian penguasa yg didapat dari hasil kudeta misal atau makar besar.
    hehehehehehehehehehehehehe

    Nanti di lanjut sambil nunggu komen berikut, sedikit lupa ceritanya.
    Monggo

    (Srupuuutttdotcom)

    • Salam…..saya nunggu makanan yang sedang di masak……nggeget untu….tangan megangi perut yang sedang mules karena ada ayam jagonya berbunyi…kruk…kruk…..ha ha ha ada tamu yang lain yang sedang liyer liyer sambil garuk garuk kepala…..he he he semoga kokinya tidak ketiduran…kik kuk….

  6. Maap……..agak lama masaknya.

    Sebuah lamunan konsep SP.

    1. SP antara Ada dan Tiada.
    Artinya:
    1.1. SP Ada tetapi identitas sosoknya yang asli tidak diketahui (Tiada), misal seperti cerita Superman/Batman dll dalam cerita fiksi atau seperti sanepan.. ”Cacing hitam berkerudung hitam berada di tanah hitam”…misalnya seperti Ki SPSW yg berkerudung dan tidak dikenali identitas aslinya, atau …Cak WM… ganti id dan ganti model karakter ganti IP… sehingga identitas asli tak diketahui…atau Kang BB..atau Kang Tembayat/putranya…atau Kang PHK.
    Alasan:
    - Keluarga/saudara/kerabat/teman sosok SP tidak ndompleng/memanfaatkan kedudukan SP sehingga tidak menyulitkan SP untuk bertindak tegas dan lugas terhadap siapapun.
    - Meminimalisir risiko ancaman pada keluarga/saudara/kerabat/teman SP yg bisa mempengaruhi keputusan SP.
    - Meminimalisir risiko ancaman terhadap keselamatan SP, bila SP sudah waktunya wafat maka estafet akan digilir pada SP yg lain sehingga seolah-olah SP tak pernah mati.
    - SP bisa melihat/ memantau kondisi riel rakyatnya tanpa diketahui.

    Berdasar sifat egaliter SP (menyitir komen Kang Pengembara) serta bukti kasih sayangnya yang tinggi terhadap sesama serta bisa menganggap semua rakyat adalah puteranya hal mana telah dibuktikan bahwa dia telah punya anak angkat yg diperlakukan sama dg putera kandungnya maka sosok SP yang paling mendekati adalah……….Cak….WM…..he…he…he…ojo njondil lho cak.
    Maap…..yang telah matang masakan ini dulu…biar tidak nggantung untu.

    • Hahahahahahaha
      Sek tak ngguyu… wkwkwkwkwkwk… aku seng njondil…. nganthi wedang kopi ku utah.
      wkwkwkwkwkwkwkwk….

      Tapi biar bagaimanapun… saya ucapkan Selamat …. kepada Kang WM atas anugrah ini

    • Saya ketawa ma tulisan Kang ABR. sebenarnya sengaja atau tidak ya…. ko ngepas banget……

      Maap…..yang telah “matang” masakan ini dulu…biar tidak nggantung untu.

      Sedang saya kan masih Ranum… kinyis kinyis…. belum termasuk kategori matang…
      dan saya ga mau matang dulu soalnya dua tiga hari kemudian akan cepat busuk. hahahahahahahahaa……

      Salam coplok untu

      • Untune dicoplok kabeh wae….biar lucu… .ha ha ha ha…kalau mingkem gusi ketemu gusi…wajah jadi gundeg….lucu seperti popeye……wkwkwkwk…….Mas Bejo…jangan ngguyu terus…bikin saya mangkel……

  7. WES KATON SURYO MENCORONG SOKO BANG BANG WETAN
    hehe bang bang itu apa ya?
    Sudah terlihat cahaya CORONG dari sisi timur
    inget apa kang WM? hehehe

    • Salam Mas ABR….Mas Bejo Banget…….waaah….saking kagetnya saya sampai jatuh dari kursi……ha ha ha…..tidak bisa…tidak bisa….sifat seperti itu bukan jaminan sebagai sosok yang dicari…he he he karena masih banyak manusia di Negeri ini yang lebih baik dari saya…….

      Mas Bejo….saya sudah lupa soal bang bang dari wetan…..kalau bang Thoyib…saya tahu…kik kuk…..

      Mas ABR saya curiga soal mimpi anak saya Fitri….dia diberi selendang oleh seseorang yang tegap…rambut cepak….kulit sawo matang sedikit gelap…he he he apakah itu adalah Mas ABR….hayo ngaku….salam……

  8. Salam kagem sedoyo sedulur……..

    Apakah cerita yang kami dapat adalah soal cerita SP…….kami hanya menunggu pandangan gambar yang lain dan kalau saya himpun ternyata gambar gambar itu sepertinya ada ceritanya……cerita yang menurut saya masih belum mengerucut untuk bisa ditarik kesimpulan meskipun cerita itu sebagian besar memang tertulis di ramalan……ha ha ha dan yang bikin pusing itu adalah peran si Hitam mengkilat itu…..

    Berita yang kemarin ternyata keliru yaitu soal warna keris yang sedang ditancapkan …keris itu terlihat lagi tadi sore…warnanya ternyata hanya hitam pekat….tidak ada warna kuning….berluk banyak dan besinya sangat kengkeng tebal……kalau ditanyakan apa reaksi dan gunanya keris itu maka beliau hanya ngomong…lihat dan tunggu saja…..

    Apakah fungsi dan daya reaktif seperti yang dikatakan teman spiritual saya yaitu untuk memunculkan para manusia sufi tassawuf terhormat…..kami tidak berani membenarkan keterangan itu……he he he siapa Si Hitam itu…kok mempunyai keris….dan si Slamet juga tidak tahu dibelahan bumi mana keris itu ditancapkan………

  9. spada…………….

    numpang lewat untuk singgah sejenak disini, clingak-clinguk ada artikel menarik tentang kemunculan satrio piningit sekenario tuhan atoo sekenario manusia ??????
    oooooooooooooooooooo …..????? dengan munculnya sosok sp tentunya sekenario tuhan , kalo manusia bisanya hanya merekayasa, yg bener jadi salah………… yg salah jadi benerrrrrr…………….

    • Salam Kang Satria Lelana
      Sudah sampai mana perjalanan lelananya?

      Tuan rumah memang pintar dalam memancing reaksi… tp itu sebenarnya jg mirip denga cerita saya. Kalau ini adalah skenario Tuhan maka sdh tidak ada masalah tinggal tunggu dan dinikmati saja sajiannya.
      Sedang kalau konsep manusia adalah konon Ramalan Joyoboyo adalah tidak benar seperti aslinya. sdh di konsep sedemikian rupa sehingga memunculkan kesan bahwa ada paham yang di benarkan. Sedang paham yang lain adalah salah.
      itu menurut apa yg saya dengar lho….

      Salam

      • Mas Bejo Banget……ini hanya kabar burung dan kasak kusuk…..siapa sebenarnya dan apa sanepan pemuda berjanggut…..apakah beliau adalah sosok manusia yang berpakaian serba hitam…rambut sudah memutih semua dan rambut jenggotnya sampai sepanjang hampir dada dan juga putih……beliau itu terlihat ditempat persawahan…beliau berkata dan memanggil kepada seseorang ….ayo kamu kesini….ngaji bareng bersama saya…..

        • Kang WM
          Sejauh ini saya masih belom paham siapa pemuda berjanggut. kalopun misal beliau ada maka saya kira tidak akan seperti itu penampilannya. Kata jenggot dan janggut saya kira lain ya kang. jenggot adalah cambang (bukan kumis) sedang janggut adalah dagu. Jadi menurut saya pemuda berjanggut adalah seseorang yang mempunyai janggut/dagu terlihat panjang. Kebanyakan orang sini janggutnya panjang panjang.

          Lalu kalo misal beliau adalah Sabdo Palon bagaimana? Karena Kang tahu jadulnya Sabdo Palon adalah rambut putih di gelung dan jenggot panjang. memakai kain yg dililitkan d pundak berwarna hitam. warna khas tmpo dulu.

          Untuk soal me ngaji bareng saya rasa adalah bukan masalah beliau siapapun itu akan membahas mengenai agama islam karena mengajak Kang me ngaji, tetapi lebih menitikberatkan bahwa beliau ingin mengajari kang cara ngaji yg benar entah sesuai islam nya ataukah yg bener bener islam sejatinya. monggo ditelaah sendiri

          • Weeeh…..jangan mancing saya….he he he…..cerita itu bukan dari saya atau anak anak saya…..ini dari orang baru saya kenal…..dia yang mungkin ingin masuk dalam keluarga kami….

  10. He…he…he…Cak WM nyobak nyimur…nyamudono.

    Masakan ke dua.
    1.2. SP Ada dan Tiada, kemungkinan yang lain adalah seperti udara (ada karena bisa dirasakan tetapi tiada terlihat) atau seperti arus listrik atau… seperti sosok dg id tertentu dg gravatar tertentu di webblog yg identitas aslinya tak diketahui.
    1.3. SP Ada dan Tiada, kemungkinan lain adalah Adanya sifat manusia yaitu sifat kesatria (jujur, adil, sembodo) yang saat ini tidak muncul (tiada sifat kesatria) karena terkubur (piningit) dalam relung hati terdalam sehingga bila sifat ini diekspresikan (keluar dari pingitan) maka akan membuat bangsa ini menjadi besar (jiwanya) sehingga akan membuat suasana tatatentrem dan negara besar bisa terwujud.
    1.4. SP Ada dan Tiada, pandangan lain dari segi metafisik……..balik maning ..diskusi yg tak tentu juntrungnya karena banyak yg tak tahu isi tapi tahu wadahnya…… hal ini sangat kecil kemungkinannya karena persentase yang percaya metafisik juga sangat sedikit.

    semua hal tsb diatas tetap…..tokoh SP mengarah ke….Cak WM.

    Maap….. masakannya telat nongol.

    • Ayo kabeh podo MADEP MANTEB marang Kang WM
      podo melototi bareng…. ben Kang WM tambah kikuk….. (glagepan)
      hahahaha

    • Salam……

      Mas ABR ini saya kiaskan seperti hakim yang telah menjatuhkan hukuman kepada terdakwa dan kebetulan terdakwanya adalah saya……saya akan mengajukan naik banding…sidang ulang…..supaya saya bebas dari dakwaan.itu…..he he he……Mas Bejo …ojo nggarahi atiku mangkel…ojo kik kuk…kik kuk terus……

    • Seperti arus listrik ya… hmmm enarik sekali, kebetulan ada yg biasa bermain main dengan arus listrik di sini. hehehehehe
      Tapi gpp… saya mau coba sama kang ABR. ini cuma sedikit teori. apabila benar maka nanti akan saya terangkan artinya. kalau tidak ya tidak ada keterangan..
      Tunggu entah berapa lama. kira kira apa ada barang elektronik kang yg akan rusak dlam waktu dekat ini. hehehehehehehe

  11. Apa kias dari gambar gunungan didiri seseorang….juga ada gambar payung dari bahan bambu dan payung itu memayungi bumi…..ada pula gambar energi yang berbentuk seperti gambar pura bali…..seperti atap rumah yang bersusun……

  12. Ada cerita yang saya dengar… bola bali dengar cerita hehehehehe

    Seseorang dalam meditasi (mngkin rogoh sukma atau apalah) berjalan di suatu tempat lama2 terbang melewati hutan, salju gunung, lalu meninggi mencapai angkasa dan terlihat bintang2 di sekelilingnya…. lalu pada suatu ketika dia berhenti dan diam tak bergerak. mengambang…. lalu terdengar suara menasehati….

    Aku tahu kamu bingung.. Aku tahu kamu sedih…. Aku tahu kamu sendirian.. Jalanilah semua ini… ingatlah bahwa tugasmu adalah mengatur semua yang ada di bawahmu itu…

    Lalu orang itu melihat kebawah.. dan alangkah kagetnya pabila di tahu yang berada di bawahnya adalah sebuah planet……… yang kita kenal dengan nama ………BUMI

    Orang itu bertanya… Semua..?? dan suara itu menjawab YA………….
    Karena di tangan mu terdapat semua inti kehidupan.

    lalu meditasipun selesai

    Hmm… enak juga ya meditasi itu… bisa terbang kmn mn. hehehehehe

    • Ha ha ha ha…..jangan nyindir….nanti anumu tak uwek uwek lho…….semoga saja banyak manusia yang seperti Mas Bejo ceritakan….agar dunia ini menjadi tentram dan damai……

  13. Masakan ke tiga,
    Bukti lainnya……
    Omah doro tundo tigo….artinya: pandangan hongsui China bahwa kehidupan manusia dibagi dalam tiga tingkatan yaitu tingkat dasar yaitu mencerminkan sifat ego semasa kanak-kanak sampai remaja, selanjutnya tingkat dua adalah tingkat mencari harta duniawi yaitu saat dewasa dan tingkat tiga adalah tingkat kasepuhan karena lebih mendekatkan diri kepadaNya dan perbuatan duniawinya karena kecintaannya padaNya.
    Nah….yang memenuhi syarat ini…..lagi-lagi…ya yg rumahnya di kedung (lebak=dulunya lembah karena saat ini sudah datar) doro….he..he..he sopo maneh neh gak Cak WM.

    • Salam….ha ha ha…..saya heran…dari mana Mas ABR tahu bahwa tempat tinggal saya disitu…….waaah…gawat….Mas ABR memang jago tembak…..mohon musuh saya ditembak…itu…orang bali yang namanya Mas BB…kik kik kik…

    • lhoooooooooo…komen kang ABR kok iso nbrosot iku piye…………
      haaaaaaaaaaaaa teori saya mendekati kenyataan

  14. Cak WM….. minum air putih dan dingin dulu…biar nggak tersedak

  15. Cak WM…. Maap saya tidak “njomprongno” …kita sekedar “nglakoni lampahan”.
    Saya yakin seyakin-yakinnya bahwa kalau memang benar nanti syarat Capres adalah sanggup menjadi bapaknya seluruh rakyat Indonesia dan memperlakukan seluruh rakyat sama seperti perlakuan terhadap putera kandungnya sendiri….satu-satunya yg bersedia dan mampu ….ya cuma cak WM….yo…tho…cak.

    • Betul betul betul…….
      seperti bacaan ruang ini bahwa Satrio Piningit mampu bertindak tegas untuk menghukum mereka yang melakukan tindakan sewenang wenang kepada yang lemah yang mengakibatkan penderitaan dan kesengsaraan secara individu ataupun masal.
      Maka akan di buatkan rangkaian yang bersifat nirkabel auto pilot dengan tujuan untuk nyetrum mereka mereka yg kurang pener. Semoga Kang WM bs segera mewujudkan alat tersebut.

  16. Saya sudah kenyang minum air….sudah tersedak….ha ha ha ha sudah glagepan kecebur kolam……

  17. Romo WM.
    Mohon dimaapkan….putramu kerjaannya memang tukang intip agar selalu waspada.
    Musuh Romo ya berarti musuh keng putro, ….tapi pengawal Romo sudah mencukupi.
    Untuk mensejahterakan seluruh putera-puteri romo di Nusantara sangatlah mudah….meski tidak secepat membalik telapak tangan…kira-kira memakan tempo 5-10 th.

    Kang BB…. kalau manggil cak WM sekarang ini…Romo atau Bopo…OK?

  18. Salam dan hormat saya kepada Mas ABR dan Mas Bejo Banget……

    Tidak bisa saya pungkiri dan jelas saya akui bahwa hampir ditiap hari saya selalu memikirkan negeri ini.dan rakyat manusianya….
    Marah saya sudah seperti diubun ubun…bukan marah karena saya hidup pas pasan dan bukan karena saya ingin hidup lebih enak dari keadaan yang sekarang….saya sudah sangat cukup dengan hidup sederhana ini….hidup menerima apa adanya dengan ikhtiar semaksimal mungkin…….

    Benar dan saya akui bahwa saya lebih memikirkan hidup orang lain dari pada hidup saya sendiri dan sebenarnya saya sudah bosan hidup dan ingin berpulang karena takjub dan cinta saya kepada Gusti Allah…….ingin sekali rasanya bumi pertiwi ini saya ubleg ubleg ….seperti mengaduk ngaduk kolam supaya ikan pada mabuk dan lalu diambil ikannya yang masih baik dan sehat atau seperti merobohkan rumah yang sudah reyot lapuk dan membahayakan penghuni yang ada didalamnya ….dirobohkan lalu didirikan yang baru secara bersama sama …..rumah yang lebih besar dan lebih kokoh…..rumah yang memenuhi persyaratan untuk tempat bernaung…..salam…….

  19. Salam Romo WM.

    Maap…Romo…kalau Romo WM yg memanggil, saya lebih suka dipanggil nama saja atau nak…..lebih nyes adhem.
    Maap…Romo…..saya sudah tahu isi hati Romo….mangkanya cerita mimpi tentang bangunan tinggi besar yg masih berupa kerangka beton tanpa dinding dengan Naga dibawah pondasinya saya ceritakan pada Romo WM.
    Masih ingat awal id ABR bikin merah telinga banyak orang di diskotik…itu strategi mencari siapa yg paling adem.
    Soal mimpi dik Fitri…..hmmm…romo sudah tahu….figur isi ABR yang terkadang masih brangasan.
    Soal strategi mewujudkan/ menyelesaikan rumah megah bersama kita…..belum saatnya…diwedar….. banyak yg akan mencuri idea..
    Mohon pamit dulu Romo…..saya sudah lega….bisa tidur nyenyak sambil bermimpi mulai membangun bangunan mangkrak peninggalan para pahlawan bangsa kita.
    Sugeng dalu Romo,…Kang BB….Kang PHK eh Kang Satrio Lelono.

    • Salamungalaikuum.
      nek kleru bisa kualat lo den ABR . Dos pundi Romo WM andeng andenge kagungan mboten yang 2 di tulang belikat kiri kanan dan di tulang rusuk terbawah sebelah kiri. coba pak WB suruh melihat anak anaknya. Kang mangka yang dicari itu bukan sang Romo tetapi Sang Putro je. sing lagi madep ngetan nindake dhawuhe kangjeng gusti pangeran Sang Hyang ..(……..). lagi mesam mesem gumbira nyawang para kadhang pada cangkrukan ana daleme den Mas SPSW he he he.
      Salam rahayu widada mukti.

      • Salam Kang Sasmita

        Kang WM adalagi tuh madep wetan. kenapa ya??

      • Mas Sasmitourip…walaikumsalam…..hormat saya…..

        Soal andeng andeng….he he he saya jamin…saya tidak punya dan bila andeng andeng itu gambar gaib semoga saja saya tidak punya….saya juga tidak pernah suruh anak anak melihat soal andeng andeng……salam rahayu……

        Mas Bejo..soal ngadep wetan….semoga Mas Bejo dan Mas ABR mau menbabarkan….nuwun……

        • salam keberuntungan. Den Mas Bejobanget , Denmas WM dan semuanya. madep ngetan adalah perintah yang harus dijalani seseorang (yang sebelumnya mendapat perintah berjalan dari timur), dalam seratus hari sejak 1 suro 1945 . jadi tunggu saja beritanya setelah hari senin pon 5 maret 2012. semoga yang dicari sudah bisa dibuka jati dirinya . salam rahayu wibawa mukti.

  20. Mas ABR,

    Eh hem, Mas WM itu , mungkin Yudhistira, atau, katakanlah … Kresna . Mosok Baladewa harus panggil … romo juga ?! Protes, ni – khas Baladewa, muka merah padam …hehehe ..

    • salam kembali kang bedjo banget ……………….

      menanggapi keterangan kang BB tentang serat sri aji joyoboya itu rekayasa , yg keluar dari pola pikir seseorang , pendapat saya kurang tepat…………..
      ada perpedaan antara serat/naskah dengan karangan atau cerpen……….
      serat joyoboyo atau serat uga wangsit siliwangi merupakan naskah tentang kehidupan berbangsa dan bernegara di nusantara ini , dimasa yg akan datang sedangkan yg menulispun tidak akan mengalaminya…………kita kenal dengan istilah ngerti sakdurunge winarah ! (mengerti sebelum terjadi) itu merupakan petunjuk dari tuhan yg maha kuasa……… sama halnya dengan tuntunan yg diberikan kepada para nabi…… lebih dititik beratkan pada perbaikan ahlaq/moral kaumnya ketika itu, bukan menjelaskan keadaan negara dan rakyatnya seperti serat yg dimiliki bangsa kita sri aji joyoboyo,uga wangsit siliwangi,serat katilada dlsbnya……..begitu ! kaleeeeeee..!……..

    • Salam Kang Baladewa.

      Maap….benar pendapat anda, saat ini memang belum resmi untuk menjadi bapaknya bangsa….. jadi…manggilnya ya…terserah yg mau manggil.

      Salam Cak WM.
      Sebelum pengukuhan resmi……saya kembali menyebut cacak.

      Salam Bang PengembarA / Ahli CuacA.
      Terima kasih kiriman lagunya….masih pedih goresan rencongnya dihati saya.

      Salam menikmati suguhan berikutnya.
      ttd.
      ABR (Anak Bangsa Rusak)

  21. yg jelas serat sri aji joyoboboyo,uga wangsit siliwangi bukanlah ramalan seperti mama lauren yg meramal seseorang atau keadaan bangsa kita,kalaupun tepat itu hanya kebetulan saja lantas diamini………….????? dia sendiri tidak tahu matinya kapan ….? dimana……?
    lain halnya dengan serat tersebut diatas bait demi bait dijelaskan tentang perjalanan kehidupan bangsa dan negara ini kedepan serta peristiwa-peristiwa yg akan dialami kedepan……….salam bingung !

  22. Rupa-rupanya disini sdh ada dua romo,romo phk,romo wm selamat atas statusnya sdh jadi romo dan keduanya adalah romonya RI mendingan bergabung bangun negeri ini,kalau saya lebih senang diangkat jadi dewa banyak hapsari kinyis-kinyis ha ha………..

    • Salam untuk semua rekan yang terhormat……..

      Ha ha ha di blog dunia maya….sudah ada romo…ada dewa….ada nama wayang…..ayo kita manggung main wayang orang…..dunia seni tradisional yang sudah semakin tenggelam…..Mas Bejo Banget jadi dalangnya….dok drok dok…dok….pukul kotak kayu sambil liyer liyer….ngantuk

      Terma kasih Mas ABR kalau sudah kembali dengan sebutan romo…he he he kalau tidak…maka saya akan ganti membalas dengan menyebut Njenengan dengan Eyang ABR……he he he …….

      • Maaf…salah ketik…saya gembira kembali karena sudah kembali dengan sebutan cacak….kalau romo…pasti romo ding dong kik kuk…ketika main ketoprak….. he he he

        • salam kenal pada romo wm , romo phk ,romo komara, romo bedjo bnget , serta romo-romo lainnya yg tdk kami sebutkan semuaaa…….. sebagai warga baru , pendatang baru , murid baru saya mau ngangsu kaweruh…pada kanjeng romo-romo sekalian….. untuk bekal saya kalau saya sudah bekerja……… bekal saya hanya sebuah sim kendaraan didapat melalui ujian…….. agar dapat menjalankan kendaraan dg baik, nyaman bagi yg dibawa, selamat sampai tujuan , dipercaya pemilik mobil………

          namun sayangnya, saya belum diterima bekerja sampai detik ini ………
          barankali romo-romo sekalian dapat memberikan refrensi pada sang majikan pemilik mobil………????..agar saya dapat diterima bekerja…………amin.

          • Salam Mas Satrio lelono…….

            Apakah harapan itu benar soal mencari pekerjaan dan bukan sebagai kalimat sanepan .??…….kalau hal itu benar benar pekerjaan…semoga bulan maret ada pekerjaan untuk Mas satrio…..entah benar atau salah…itu hanya doa pengharapan saya dan sebagai sugesti penyemangat hidup Njenengan……nuwun………

          • salam kembali angger ! satria lelana………

            sing sabar yo, ngger ! mengko nek wis titi wancine anggonmu nyopir bakal kelaksanan
            opo wis mumpuni anggonmu nyopirrrrrr……….????
            montormu nek kotor kudu mbok apake….????

      • Kang WM mana si Eko. hehehehe ayo critakan yg mumbul mumbul. saya lom ngeh

  23. sampun romo prabu haryang kencana ,kawulo sampun ngertos sedoyonipun pedamelan sopir , ujian lan teori sampun kawulo laksanaaken ngentosi montoripun, dereng wonten ingkang percados kawulo.

    menawi montore kotor ,kawulo cuci kersne resik, debu-debu kawulo sikat, kuman-kuman wonten lebete montor kawulo basmi, terot,boljoint lan sakpiturute saget kawulo dandani
    kersane mlajare montor, sae,jejeg,lurus mboten oleng , mboten mogok wonten perjalanan.
    mengaten romo …………

  24. lho ko bisa sama ya , saya sendiri baru ngeh !! padahal kotanya beda,emilnya juga beda.
    mungkin ada faktor bedjo bagi saya, akan sejalan dengan beliaunya
    untuk menghormati yg lebih tua, akan saya ganti.

    • Sugeng ndalu sedoyo sederek
      weee kok bisa ya… Mas Lelana memangnya darimana asalnya. Kalo Kang PHK setahu saya beliau d jakarta. Ga tau lg klo sdh pindah kota xixixixi

      Nah kang ABR smalam saya bngung mau manggil. perasaan blom klop benar kok sdh woro woro. makanya saya blom brani panggil romo. xixixixi
      Lahh menurut Kang ABR sejatinya kedung doro itu apa ya lebak cawane itu?
      Ayo cerita dari medan tempurnya dilanjut. pasti d sana ada saja cerita ttg SP versi di sana
      ben aku ra ndro dok dok dok terus…….

  25. Kang pengembara
    ABR itu singakatnnya Angkatan Bersenjatakan Rencong
    xixixixi

    Nah tinggal pangkat dan jabatannya yg blom di terangkan lebih lanjut. hehe

  26. Salam Mas Bejo Banget…Mas Gamalpra….Mas Pengembara….Mas ABR….Mas PHK…….semua pinisepuh……..

    Mas Bejo Banget…..jangan ikut ikutan maunya Mas ABR….he he bikin pening kepala……soal mumbul mumbul….besok akan saya tanyakan…si Eko memang tukang resek….ha ha ha…arek gendeng….

    Mas Pengembara…saya masih ingat dengan saran dan nasehatnya…ikuti seperti air mengalir…….

    Mas Gamalpra…..bagaimana kabar Njenengan…..siapa yang akan berangkat perang…..he he .Mas ABR pasti banyak pengalaman soal ini…….

    Mas PHK….saya jadi bingung dengan gambar gravator yang sama……semoga Mas PHK mau bercerita banyak hal…..yang saya tahu Mas PHK sudah 3 bulan tidak hadir di blog ini…….

    Mas ABR…kami menunggu hidangan masakan Njenengan……..Nuwun….

  27. Salam Cak WM.
    ah….rasanya lebih enak manggil cacak……lebih deket…kalo Romo…jadi segen.
    Siap cak…..makanan berikutnya sedang dipanasi dan dibumbui…..selamat gantung untu.

    Salam Bang PengembarA.
    Memang ada pengalaman tapi yg mengalaminya saudara saya ….sewaktu membantu membangun kembali Aceh dengan mendatangkan semen dari pabrik semen Padang pasca sunami….dia diculik segerombolan orang bersenjata diperjalanan antara Meulaboh-Banda Aceh…sopirnya (orang jawa) ditembak mati dan dia sudah hampir dieksekusi pula…untunglah dia masih bisa meloloskan diri….dari pengalaman disekap 48jam bisa diketahui bagaimana bencinya saudara kita yg berasal dari Aceh terhadap orang Jawa.
    ….mungkin karena torehan sejarah yg pedih akibat ulah tentara Marzose yg kebanyakan orang Jawa di zaman agresi VOC ditambah DOM zaman Orba….sekarang terulang lagi dengan penembakan pekerja kasar dari Jawa oleh segerombolan orang tak dikenal… saatnya sama yaitu menjelang pemilukada Aceh.
    Maap…bang Pengembara yang saya kira berasal dari Aceh…soalnya ada kemiripan sinyal.

    Salam Kang Gamalpra.
    Memang SP adalah nama salah satu alutsista buatan Pindad.
    Tentang masalah dg tetangga bukannya soal berani atau tidak……kalau kita masuk umpan konfrontasi dengannya maka ada alasan negara kita dibikin spt Irak saat mengakuisisi Kuwait.
    Salut kang…kepanjangan id saya kok ngepas.

    Salam Kang PHK
    Semoga mobilnya cepat siap sebelum masa kontrak habis karena sopirnya yg molor melulu.
    Eh…bukannya Kang PHK ini biasanya pegang mobil yg jalan di air?

    Salam Kang BB.
    Maap…..masakan lagi disiapin dengan sehigienis mungkin…biar tak bikin muntaber.

    Salam para saudara semuanya….selamat nggantung untu sik…nunggu hidangan berikutnya

    • Salam Mas ABR……

      Saya sedang menunggu hidangan yang lain…he he he..masih lapar…..
      Saya jadi tambah heran…kenapa Njenengan sepertinya tahu banyak dengan para rekan disini….waah…gawat….. Njenengan sangat cocok bila memimpin banyak rakyat….saya sangat setuju………. nuwun

  28. Salam Mas Pengembara……

    GENJER GENJER…..Lagu itu pernah saya dengar ketika umur saya masih kurang dari 5 tahun dan kebetulan dikampung saya dulu jarang orang punya radio atau piringan hitam…..saya tidak mengerti apa maksud dari isi lagu ini sampai sekarang dan kenapa dilarang diputar …apakah ini ada kaitan dengan PKI ??…..pembantaian manusia yang mungkin tidak salah …tidak tahu apa apa…tidak berdosa……

    Diumur 5 tahun saya masih ingat bahwa bapak saya melarang saya untuk bermain jauh….kalau malam bapak saya selalu bawa bedil hilir mudik dari ujung kampung balik keujung satunya sendirian….untuk menjaga warganya supaya tidak diambil oleh kelompok faham agama islam untuk tidak dibunuh…. kampung tetangga sudah ada warganya yang hilang tidak kembali …beritanya banyak orang yang mati karena disembelih …..

  29. Bang Pengembara….. ternyata juga ahli sejarah selain ahli cuaca.

    Terima kasih bang….eh…sampek kelalen masakanku…

  30. OK…OK….Siap segera.

    2. SP sebagai Budak Angon.

    Sebutan Budak Angon biasanya ditujukan pada penggembala kerbau (jarang digunakan pada penggembala kambing, ayam atau itik). Kerbau biasanya dipakai sebagai kiasan buat orang yang bekerja hanya mengandalkan otot, lugu dan sedikit masa bodoh serta…maap ..agak bodoh sehingga mudah dibohongi. Penggunaan sebutan ini pada SP berarti SP menghambakan diri menjadi pembimbing orang yang yang belum tahu (maap..bodoh..tegasnya) agar menjadi pandai….artinya SP adalah seorang pendidik (Guru pada sekolah formal atau non formal).

    Dugaan ini diperkuat dengan tambahan info: pekerjaannya mengumpulkan ranting dan daun kering, dizaman dulu..ranting dan daun kering mencerminkan alat tulis-menulis. Daun lontar yg masih segar adalah buku tulis yg belum diisi sedangkan daun lontar kering disertai ranting kering mengisyaratkan hasil karya tulis pekerjaan murid yg diserahkan ke gurunya bila sudah selesai dikerjakan,…atau mencerminkan orang yang sibuk mengumpulkan karya ilmiah /literatur/referensi dari muridnya atau mempelajari hasil karya orang lain untuk diajarkan ke muridnya.

    Jadi kesimpulan sementara Profesi SP adalah Guru pada perguruan tinggi, bisa jadi…dia adalah seorang profesor yg sudah botak…he..he..he mangkanya mendapat sebutan tua meskipun sebenarnya belum terlalu tua.

    Wah..kalo gini…peringkat Cak WM jadi turun??
    Tentu saja tidak… alasannya karena Cak WM sering mengajari (menggurui) kita di blog agar berbudi luhur dan murid-muridnya sudah pada bangkotan (termasuk gue)…berarti Cak WM sudah selevel dg profesor dlm Perguruan Tinggi Ilmu Budipekerti…. he..he..he…kena lagi cak WM.

    Hidangan selanjutnya segera menyusul….mohon komen dulu masakan yg ini.

    • Ha ha ha….saya sudah liyer liyer menahan ngantuk….sambil nunggu makanan ….eeh…eeh..gragapan jatuh karena kaget mendengar Dewa sedang bersabda……

      Mas ABR…tidak bisa dan jangan begitu….he he saya ini sebenarnya manusia urakan…ndugal….guru tidak ada yang ndugal dan urakan seperti saya…… …..

  31. He…he..he….bisa diduga reaksi Cak WM setelah kena tembakan telak.

    Ndugal…urakan….itu kan dulu saat muda sebelum jadi guru……bukan sekarang.
    wkkkkkk….gak isok ngeles maning cak.

    • He he he dulu di Blog EC banyak rekan atau senior saya yang lebih jauh diatas saya……..bahkan disana juga banyak calon SP…..kik kuk…

      • Hmmmm…..ate mbosot lewat ngisor yo cak.
        Gak isok.
        Meskipun masuk belum terlalu lama (bolehlah disebut yunior) tapi bekalnya cacak sudah banyak….sehingga lulus sumocumlaude duluan dari perguruan EC…dan jadi Profesor di sini dan di diskotik……yo..tho..cak.

        • Ehh……gara-gara adu argumen dg promofendus dari jepang….jadi ketularan bau jepang….harusnya SumA cum laude jadi SumO cum laude.

  32. kang bejo banget…………

    baru nyimak dari atas ada tulisan kang bedjo banget mempertanyakan pemuda berjanggut ! !……..???? analisa saya demikian……….
    sebenarnya itu hanyalah sanefan, kalo disunda siloka ,kalo bhs indonesia..filsapat.
    pemuda janggutan pergi bersama bodak angon , ke lebak cawene.
    pemuda berjanggut………….pengertian saya ,ia sebagai pemuda berjanggut , adaalah sosok sepuh meskipun usia belum tua ,juga brahmana, karena sering melakukan tirakat dlm keheningan .

    sedangkan budak angon, menggambarkan sosok pekerjaannya ,penggembala yg digembalakan bukan hewan tapi buku ,yg ditemui dari waktu kewaktu dalam guresan kalakay/pena ,disitu banyak ditemui peristiwa masa lalu dan masa yg akan datang sebagai tuntunan……….

    dalam serat/catatan uga wangsit siliwangi , disebutkan budak anggon pergi bersama pemuda berjanggut , itu adalah satu kesatuan dalam satu sosok , ke lebak cawena artinya dalam kehidupan berbaur dengan rakyat jelata.
    seperti komen kang ABR hampir mendekati kebenaran tentang budak angon……..

  33. Salam lepada Mas Pengembara…Mas PHK….Mas ABR….Mas Melengfkung…Mas Bejo Banget…..semua sederek dan pinisepuh yang terhormat……..

    Suatu hal yang mungkin harus kita ketahui artinya ketika kita melihat atau mendengar dari apa apa yang sudah pernah diberikan kepada kita semua karena hal itu adalah ilmu dan ada hikmahnya…….

    Ketika kita berjumpa dengan sesama manusia dan kemudian berlangsung dengan pembicaraan maka ada banyak hal yang bisa kita rasakan….sebagai orang awam maka kita pastinya menggunakan intelektual dan pola pikir kita masing masing…kita yang ketahuan lebih pandai cerdas atau lebih bodoh dari lawan kita bicara….. kita yang mungkin bisa merasakan ada sesuatu rasa atau penilaian yang diluar dari isi pembicaraan itu dan kita akan mengetahui suatu karakter sifat dari pemilik ilmu pengetahuan itu…..he he he kita yang mungkin menilai dan menyimpulkan bahwa ada pesan dan kesan dari lawan kita bicara…..kita yang akhirnya menilai bahwa simanusia itu adalah orang yang merendahkan diri hatinya atau sombong dan angkuh…….

    Seseorang yang akan diketahui maksud niatnya dan kadar kwalitas sifat pribadinya ketika sedang berbicara atau sedang menulis kalimat yang bermaksud…….
    Hanya seseorang pemerhati alam dan pemerhati sifat dirinya sendiri yang mungkin dan bisa membaca karakter orang lain…..he he he ini ilmu pengalaman dari para pelaku dan pemerhati banyak hal…..mengamati yang kecil atau melihat yang besar didepan matanya dan dimasukan dalam hatinya dan ingatannya demi ilmu dan keingintahuan maksud dari semua pergerakan dan diamnya sesuatu ujud diluar dirinya dan kemudian menyimpulkan dan menjawabnya…………

    Hal akan menjadi semakin jelas dan semakin unik mengherankan bila ketika kita melihat manusia lawan bicara berubah ujud wajahnya….he he he ini ilmu apa sebenarnya dan dari mana manusia bisa memiliki ilmu ini….sekolah dimana dan gurunya siapa…….
    Manusia lawan bicara kita bisa berubah seperti hewan …seperti kerbau…babi…kera dan banyak wajah yang lain dan ada wajah yang berkebalikan….manusia ada yang wajahnya berubah seperti …..orang sepuh berkuncung…..seperti wajah Nabi Yesus….seperti Budha….seperti manusia berjenggot panjang….seperti bermata putih tanpa manik hitam….seperti mata yang bersinar putih dan didahinya ada lubang hitam yang seperti goa dan mungkin banyak pandangan lain yang nganeh nganehi……..

    Apakah ilmu tadi pastinya dimiliki oleh SP atau yang harus dimiliki oleh banyak pemimpin rakyat di negeri ini…..ilmu ini yang mungkin dikatakan dalam ramalan bahwa SP tidak bisa dibohongi dan tahu isi hati seseorang atau manusia banyak……dan tentunya SP atau para pemimpin harus selektif dan teliti ketika memilih manusia pendampingnya …menunjuk seseorang yang mungkin seperti apa yang sudah dimiliki….he he he mungkin sebagai kembarannya atau sebagai bayang bayangnya……serupa tetapi tidak sama pleg atau yang berilmu dan berpribadi nyaris sama ….faham ilmu pengetahuan dan faham soal ilmu rasa yang lain…………nuwun……

  34. Maohon dimaafkan dan semoga para sederek dan poro pinisepuh yang terhormat tidak menduga atau menuduh saya sebagai orang yang banyak tahu soal gaib atau hal uniknya manusia dan isi alam ini…..he he he yang saya tulis adalah pengalaman dari anak anak dan para teman teman……embuh benar…embuh salah………..

    Banyak hal yang akan mebuat diri menjadi malu ketika kita sedang berhadapan dan berbicara dengan orang yang berpandangan batin kuat dan khawas…..para orang khawas itu yang bermata seperti mata dewa…..

    Para beliau yang khawas ini yang sedang kita kunjungi demi meminta arahan hidup dan ilmu hikmah ketika kita sedang mengalami hal yang ruwet mbulet soal hidup…..mungkin saja dengan sangat terpaksa para beliau ini akan menjelaskan atau menjelentrehkan apa apa yang sedang terlihat oleh beliau didiri dan disekitar badan kita…..kita yang mungkin bisa dikatakan sebagai pemilik wajah binatang atau kita yang terlihat berkawan dengan sosok lain yang beraura buruk …kita yang mungkin menjadi malu dihadapan beliau dan dihadapan tamu yang lain…..kita yang seharusnya lebih malu kepada sang pamomong kita dan Gusti Allah……..

    Salam Mas Bejo Banget…….saya baru nggeh soal mumbul mumbul seorang manusia……seseorang yang sedang terbang dan membawa seperti tongkat atau tombak berwarna coklat tua…….semoga benda itu adalah tongkat…..sesuatu yang berkiaskan teken tegen atau tekan teko atau bersifat sebagai huruf Alif….huruf yang bersifat berdiri sendiri dan tidak bisa digandengkan dengan huruf yang lain….bermakna dan bermaksud tersendiri…..tongkat yang bermakana ilmu tuntunan dan ilmu yang bersumber dan berasal dari Gusti Allah……..Nuwun….

  35. Romo PENGEMBARA….
    Saya cuma pinjam liriknya aja kok Romo, bukan orangnya…. Ma’af, keyboard di rumah sering error kalau di buat nulis panjang…… jadi seadanya saja.

  36. Salam Mas Pengembara…..

    Benar bahwa SP tidak harus begitu…..tapi mohon maklum bahwa sesuatu yang didapat manusia bukan karena niatnya dan bukan karena keinginannya terus bagaimana…he he he…..

    Gerombolan spiritual dan gerombolan paranormal memang sepertinya sama ujudnya…nganeh nganehi dan tidak wajar…..he he he kalau kita mau jujur maka hidup ini terasa aneh bagi saya dan sangat ajaib dan ternya kita tidak bisa membongkar apa apa yang ada dalam diri kita sendiri untuk bisa dilihat dan dipelajari…..kita mungkin yang hanya selalu berpikiran normal dan ilmiah bahwa kita hanyalah sekumpulan benda organ jasad atau daging yang masih hidup dan selebihnya dari itu kita tidak tahu babar blas……he he he dan kalu sudah njlimet soal spirit jiwa maka kita serahkan saja kepada ahlinya…. Nuwun………..

  37. Salam kenal pula Cak Melengkung.

    Bo…abbbooo…. peno arek Serbejeh pola gih cak.
    Suwun…kirimannya…jadi senyam-senyum sendiri… jadi ingat masa lalu saat masih beringasan.
    Ahh….baru nongol kok ude mau undur diri tho cak…..sabar..ntar malam tak masakin lagi cemilan buat ngobrol bareng.

    Salam Kang PHK dan Kang BB.

    Makasih…Akang berdua telah membahas tentang pemuda berjanggut dan lebak cawene.
    Ntar malem tak masakin menu tsb tentu saja bumbu versi ABR…he..he..he.

    Salam Bang PengembarA.

    Terima kasih juga masukannya sehingga melengkapi rasa masakan saya.
    Jangan bosen…ntar minta kritik hidangan ntar malam..kayaknya Abang selain Ahli Cuaca (termasuk cuaca hati) juga Ahli Penilai Rasa (klop dg ke ahlian membaca cuaca hati). Untuk keahlian ini……ternyata Abang PengembarA ilmunya sudah selevel Profesor…. sehingga patut pula dpt sebutan Romo Profesor…he..he.
    Hmm…..kalo gitu…benar juga dugaanku…. Romo Prof PengembarA mengirimi lagu bukan asal-asalan…tetapi sudah diperhitungkan…. he..he..he…lagi ngetest murid ya prof.

    Salam Cak WM.

    Terima kasih kuliah singkatnya Prof WM…… mohon perkenan prof, saya mengajukan pendapat menyambung materi yg prof baru saja bawakan.
    Menurut saya…. kepandaian ”melihat” sesuatu yg ”tersirat” baik berupa ekspresi wajah, goresan pena pd kertas atau deretan huruf/angka yg tertera pada layar ….adalah salah satu hal yg memang seharusnya dipunyai semua orang agar waspada …kemampuan tsb dikenal sebagai Kecerdasan Emosional….dan bukan jenis ilmu aneh-aneh.
    Jadi ilmu SP bukan ilmu aneh tetapi beliau punya kecerdasan Intelektual (IQ) yang tinggi plus kecerdasan Emosional (EQ) yg tinggi plus kecerdasan Spiritual (SQ) yg tinggi pula…. jadi wajarlah seakan akan SP bermata dewa dan ”idu geni”.

    Sampe jumpe ntar malem.

    • Salam Mas ABR……..

      Saya sudah duduk dikursi paling depan untuk mendengarkan dawuhnya Njenengan…..

      Mohon diterangkan juga soal SP yang bermata dewa dan idu geninya…bagaimana proses dalam diri manusia sehingga manusia bisa memilki keampuhan ilmu itu……..terima kasih…..

  38. Selamat Pagi Cak WM, Bang Pengembara, Kang BB, Kang PHK, Kang Gamal, Kang Melengkung….dan semua pengunjung rumah Ki SPSW.

    Mohon maap….baru nyampe rumah pkl 23.15…trus kongko-kongko dulu ama ibunya anak-anak dan saat ini sudah bebas sendirian didepan laptop…(ibunya sudah ngelonin anak-anak)…ternyata ada permintaan menu baru dari Cak WM.
    Oh..ya Bang Pengembara…kalo soal umur….. tak bisa dijadikan patokan isi kepala dan kedalaman hatinya…….boleh jadi meski kepala empat tapi isinya sudah kepala enam.

    Mohon waktu sebentar buat nyiapin masakan permintaan cak WM.

  39. Salam Mas Pengembara………weeh…jangan panggil saya seperti itu…saya bisa kualat……he he he….

    Waaah…saya jadi bingung ketika ada pertanyaan seperti itu…..sampai saat ini anak anak anak saya belum pernah bercerita soal yang Njenengan maksud…..kami hanya pernah melihat bahwa ada pertempuran antar sosok gaib….ada sosok gaib yang seperti setan gundul yang bertarung dengan sosok yang hampir sama …..

    Sosok gaib yang seperti setan gundul yang seperti mencari bapaknya…dan bapaknya adalah sosok manusia gembel yang berpakaian serba hitam…setan gundul itu sepertinya sosok yang berpihak dalam golongan baik…..he he he apakah sigembel itu malaikat…saya ora mudeng soal itu dan sepertinya para setan gundul itu memang disuruh atau diperintahkan untuk berperang dengan sosok gaib yang lain yang mungkin dianggap buruk dan menjadi musuhnya……….

    Si Slamet yang pernah berpapasan dengan sosok setan gundul itu disiang hari bolong dan lucunya si Slamet dan sosok gundul itu sama sama kaget…..he he he jadi saya ini menjadi bingung…setan dan iblis itu bagaimana caranya untuk membedakan….dan sebenarnya masih ada cerita lain….sayangnya saya sedikit lupa………..nuwun…….

  40. Salam para saudaraku semua.

    Menu hidangan cemilan malam ini tentang mengasah mata setajam mata dewa dan merintis kemampuan ”idu geni”.
    Sebelumnya mohon dimaapkan….karena bidang ini berkaitan dengan kemampuan Spiritual (SQ) sehingga berbau hal ghoib.
    Dan sekali lagi…mohon maap….level saya hanya sekedar teori dari ”nguping & nginjen” sono-sini…. wal hasil sebenarnya saya belum pantas membahas hal ini…mohon info ini hanya sekedar menyampaikan info saja…bukannya menggurui.

    Pemahaman dasar (boleh tidak percaya).
    Manusia terdiri dari 4 unsur yaitu: unsur jasad(1) yang berpasangan dengan unsur nyawa(2), setelah jasad lengkap sempurna baru diisi dengan unsur roh(3) yang berpasangan dengan unsur jiwa(4).
    Unsur jasad+unsur nyawa telah ada pada masing-masing sel telur yg hidup (dari ibu) dan sel sperma yg hidup (dari ayah)…setelah bertemu (sel telur hidup+sel sperma hidup) akan terbentuk embrio hidup yang lambat laun akan tumbuh berkembang menjadi janin yg lengkap dan hidup tetapi belum bergerak sendiri sampai usia kandungan 3 bulan…baru diisi unsur roh dan jiwa secara bersamaan. Unsur jiwa adalah unsur yang bisa merasakan dan punya kemauan sedangkan roh adalah pengampu jiwa (spt motherboardnya pd komputer)…setelah empat unsur bersatu…barulah janin bisa bergerak sendiri.

    Maap ini baru sangat-sangat dasar sebagai landasan pemahaman selanjutnya…bila menjemukan…gimana kalau ganti topik ?
    FYI: Ilmu hayat (biologi mahluk hidup manusia) ini sebagian saya peroleh dari ibunya anak-anak saya yg berprofesi dokter.

    Ada komentar dari poro sedulur? Sebentar lagi saya sambung.

    • Pagi sederek sedoyo

      Wah ini cocok.. katanya istri SP seorang dokter
      suwun

    • Kang ABR,

      Hmm, perlahan dulu,Kang. Yang empat unsur – jasad, nyawa,roh, dan jiwa – apa ini dari
      sains – kedokteran – atau othak athik gathuk njenengan ? Sains , dalam hal ini ilmu kedokteran.biologi, apa menyebut-nyebut nyawa,roh, dan jiwa ?? Nek jasad, mungkin benar, wong bisa dilihat,dites, dibuktikan. Lha tiga yang lain apa bisa ? Maksud saya BISA dibuktikan keberadaannya secara … ilmiah ?

      Katakanlah, yang ke tiga – nyawa,roh,jiwa – itu memang ada. Tapi ini menurut ‘ilmu’ … njenengan atau ilmu kedokteran itu tadi ??
      Pendek kata : Mana yang ilmiah, dari biologi,kedokteran, dan mana dari ilmu
      njenengan ? Itu satu.

      Yang ke dua, soal air : Apa betul itu … ilmiah ? Apa bisa di …. tes, dibuktikan oleh setiap orang ? Gini,lho, kita tahu kalau air mendidih dalam temperatur 100 derajat Celcius. Nah, apa ‘eksperimen’ dengan air itu juga bisa dibuktikan seperti kalau kita memanaskan air samapai mendidih ? Soalnya, videonya kan cuma menampilkan gambaran kristal air saja. Pertanyaan tetap sama : Apa ini ilmiah, atau cuma kebetulan saja ?

      Saya tidak bilang yang njenengan tulis itu tidak benar,lho. Saya cuma mau tahu benar menurut … siapa,menurut apa … Monggo dilanjut …

  41. Ahh…syukurlah ada yang tertarik….paling tidak Bang Pengembara yang ahli cuaca rasa.
    Terima kasi Cak Melengkung…iringan lagunya bikin terpaku inget masa dlm gendongan.
    OK…..lanjutan akan disiapkan.

    • Saya sudah menunggu makanan buatan romo SP….saya sudah ngantri…bawa piring sama sendok…he..he he……

      Salam untuk Mas Melengkung….apanya yang melengkung….he he he opo melengkung koyok gegerku…..iya..lagunya sama dengan lagu kiriman Mas Sikep di rumah discotic…..

  42. Lhooloolooooo……Cak WM….kok bola panas SP dioper ke saya.
    Masakan ini versi ABR lho cak….bukan versi SP yg mungkin caranya beda.

    Sambungan ke1.
    Setelah janin lahir (bayi) maka semua unsur akan tumbuh berkembang…jumlah sel jasad yang hidup(bernyawa) semakin banyak (meski ada sebagian sangat sedikit sel rusak dan mati), pertumbuhan jasad hidup diikuti pula dengan perkembangan unsur jiwa…ada kalanya pertumbuhan (tumbuh menjadi lebih besar) tubuh/jasad hidup tidak diikuti dengan perkembangan jiwa yang setara/ seimbang.

    Perkembangan jiwa yang tidak seimbang dengan pertumbuhan jasad (badan) bisa dilihat dari peningkatan kemampuan dari si jasad hidup yang terlambat (tidak normal)….misalkan anak usia 2th mestinya sudah bisa bicara tetapi adakalanya belum bisa bicara….hal ini dikenal dg sebutan gangguan perkembangan anak…makanya ada poliklinik tumbuh kembang anak di RS.

    Perkembangan unsur jiwa saat masa kanak-kanak adalah setingkat ego(egois) karena semua rasa/perasaan hanya didasarkan pada kepentingan dirinya sendiri (mau menang sendiri)…. maka bila ada orang dewasa yg masih berjiwa egois disebut mengalami gangguan jiwa.
    Gangguan perkembangan jiwa yang lain sangat banyak, diantaranya misalkan sifat yang selalu curiga terhadap orang lain disangka punya niat jelek padanya….hal ini disebut berjiwa psikopat.
    Gangguan jiwa yang lebih berat adalah ketidakmampuan orientasi waktu/tempat dan tidak bisa membedakan antara yang nyata dan tidak nyata…gangguan ini disebut psikosis (maap…kasarnya=gila).

    Maap, sudah pada bosen?…ini ilmu kedokteran jiwa(kate bini gue).
    Perlu ganti topik?…mohon masukan.

    • Maap…ini baru dasar pemahanan unsur manusia agar lebih paham proses/ cara mengasah kemampuan 4 unsur agar punya kemampuan tidak terbatas ruang dan waktu.

      • Risiko mengembanmgkan kemampuan ini bila tidak didasari pemahaman tingkat dasar yg kuat…..bisa berdampak mengalami gangguan kejiwaan.

  43. Sedikit gambaran…arah pelatihan adalah melatih dan mengembangkan unsur jiwa semaksimal mungkin….semakin besar jiwa maka akan semakin besar kekuatan jiwa…semakin bisa mempengaruhi jiwa-jiwa lain yg lebih kecil ..hal ini sesuai dg hukum alam.

    • Benda mati (batu,besi dll) hanya terdiri dari jasad saja…tetapi bisa mempunyai jiwa yang berasal dari pemilik atau pembuat benda tersebut.
      Misalnya: seorang empu yg membuat sebilah keris dengan telaten dan makan tempo lama maka secara tidak disadarinya sebagian jiwa si empu ini akan masuk kedalam keris yg dibikinnya…kemampuan si empu yg masuk ke dalam keris inilah yg akan membuat keris ini seakan sakti…dan ini berbeda antara keris yg satu dengan keris yg lain tergantung seberapa besar bagian jiwa yg berpindah ke keris tsb serta akan sangat berbeda pula bila pembuatnya berbeda……inilah yg membuat “tuah” pada keris jadi berbeda-beda….ini bukan ilmu klenik.
      Benda mati (gayung/irus diberi kalung berlubang) bisa pula diisi jiwa (disertai ruh) orang yg sudah mati jasadnya….sehingga benda tersebut bisa hidup (bergerak sendiri dan bisa diajak ngobrol)…inilah yg terjadi pada jaelangkung (sewaktu muda saya sering main jaelangkung)….melalui metode ini pula proses zombie bisa diwujudkan….inipun bukan klenik karena bisa dibuktikan faktanya oleh siapa saja yg paham caranya…tak perlu puasa dan jampi-jampi segala.Tapi kemampuan ini jangan diterapkan…..karena ada balaknya karena utang jasa pada jiwa orang lain.
      Benda mati bisa pula “dihidupkan” tanpa menggunakan jiwa orang lain…kemampuan ini disebut telekinetik.
      Ah…hampir subuh….mohon undur diri.

      • Tambahan…sebelum berangkat kerja.
        Salah satu bukti bahwa unsur jiwa seseorang bisa dikirimkan ke benda yang berupa air ”yg dianggap mati” ternyata reaksi air sangat berbeda yaitu gambaran kristal airnya menyeramkan bila dicaci-maki atau ditaruh pd suasana hingar bingar musik metal tetapi kristal air bisa berwujud sangat indah bila diiringi musik lembut atau disapa dengan lembut.

        Berdasar hal tsb diatas maka kisah kutukan keris Empu Gandring bisa diterima sebagai kenyataan…..jadi bukan klenik.

  44. Mohon maap……kayaknya kelanjutan hal ini perlu disambung besok malam..biar agak rileksasi….tidak tegang lagi.
    Cak….cak….cak WM…..mohon maaf…tiada maksud menggarami lautan lho cak.

  45. Wahh….kok sepi yo….omong ijenan kok koyok wong edan…. yg lagi ngintip dimohon komennya.

    • Parama Rahadi .

      Met sore . buat semua Romo dan para Pini Sepuh…. serta saudara2yg terhormat…

      Mas Bejo .. aji2 mumpung ttp berlaku .

      Dalam setahunnya ada 525,600menit .
      Harusnya berpikir apa kita sudah memanfaatkan menit2 di dlm kehidupan kita.

      Apakah sudah bermanfaat bagi sesama. atau memakai *AJI MUMPUNG * yg negatif.misalnya..

      Mumpung msh menjabat.. mumpung masih diberi fasilitas ,.. atau mumpung masih diberi kewenangan. mengatur anggaran..

      Sehingga . menghasilkan perbuatan perbuatan yg melanggar hukum dan agama.

      spt yg sdh terjadi skrng ini …

      Mereka para pejabat udh ga ada yg perduli . ga mau dengar jeritan rakyat .. yg hampir miskin menjadi benar2 miskin dan yg dibawah garis kemiskinan menjerit bukan kepalang

      Seiring dgn kenaikan bahan bakar minyak banyak yg dicemaskan oleh naik nya bahan
      pokok.. sementara gaji dan penghasilan tidak bertambah dengan signifikan bahkan tetap seperti tahun2 se belumnya.

      Utang pengusaha besar dan korupsi para pejabat harus ditanggung oleh jutaan orang yang tidak melakukan kejahatan terhadap negara..

      Sementara itu disisi lain Oknum anggota DPR da pejabat negara . yg justru menuntut hak nya lebih ….dari pada memikirkan nasib hajat orang banyak .

      perlakuan terhadap tidak adil terhadap rakyat kecil masih marak disana sini ….. pungutan liar dan tindakan pidanapun masih marak dikalangan elite politik . walaupun dipermukaan hal itu tidak kelihatan.

      paparan diatas ini merupakan gambaran dan kondisi bangsa kita dan seringkali kita melihat dan mendengar ini kita juga jadi cemas.

      Usaha sepi …kejahatan meningkat.dan beberapa orang yg tidak kuat menghadapi situasi semacam ini . jadi takut cemas.. kehilangan pengendalian diri dan depresi ..

      Lalu banyak cara yang dipakai untuk mengatasi situasi semacam ini …. termasuk mengadakan demontrasi ..secara terbuka .. ada juga yg lewat lobi lobi politik tertentu
      … dan ada juga yang melakukan permainan kotor dalam bisnis dan lain sebagainya

      Apa negara ini akan jadi bangkrut oleh sekelompok orang yg tidak bertanggung jawab..?

      kalau kita pikirkan.. apa ini namanya bukan satu penindasan..?

      Sekarang bagaimana cara kita mengatasi ….. saya rasa .. para Romo dan para Pini
      Sepuh yg tau rumus2 nya.. mengatasi yg sdh hancur .. atu cuma nunggu seorang Sp aja….

      Di tunggu Mas Sp nya.. ya… jgn sembunyi terus..

      Salam dalam penantian..

      matur nuwun.

      • Salam Mas Parama Rahadi…….

        Negeri ibarat manusia sekarat dan berpenyakit kronis…..tidak ada obatnya…..nunggu matek saja……
        Kita hanya seperti manusia kardus bagi para pemimpin diatas sana…kita yang seperti gombal amoh atau seperti lap sepatunya atau sebagai tissue pembersih mulut mereka ketika selesai makan……

        SP bagi saya adalah seperti sosok yang dikatakan Mas ABR…..ada dan tiada….tiada tetapi ada…..
        Bagi kita SP adalah semangat spirit untuk kita supaya tetap hidup dan berjuang demi hidup karena sebenarnya kita tidak hidup untuk diri sendiri tetapi hidup yang menyangga hidup anak istri kita dan orang lain…….

        Percaya dan tidak percaya tentang SP maka hal itu sepertinya tidak ada gunanya bagi diri kta karena urusan SP adalah urusan yang sangt mbulet…..kita yang seperti dan wajib percaya kepada Gusti Allah tetapi kita tidak bisa membuktikan keberadaan ada dari DIA dengan badan kasar kita…….

        Kita yang sudah dan terus percaya bahwa yang ghaib atau SP dan Gusti Allah tidak selalu diam….dan para beliau tentunya ada rencana atau perbuatan yang tidak diketahui oleh pandangan mata kita…….

        SP adalah tetap satrio yang selalu bersembunyi dan terpingit dan tidak diketahui sosoknya lalu dengan cara apa manusia yang terpingit itu berbuat untuk manusia banyak dibumi ini……
        Apakah benar bahwa dhohir ujud SP pasti muncul untuk memimpin negeri ini dan bagaimana kalau beliau tidak muncul dan apakah kita selalu menanti dan masih percaya dengan kehadiran beliau…….

        Apa yang sudah kami ketahui bahwa SP yang tiada tetapi ada sudah bergerak dengan para pengikutnya dan hal itu sudah seperti apa yang ada dalam ramalan….he he he saya sendiri juga bingung soal ini…..nuwun…..

      • Mas Parama Rahadi
        mumpung darimana ? hehehe kalo dari abis beli jajanan mbok saya di uncali…

        Kang WM eh Mbah Romo Wm
        seseorang yang sedang terbang dan membawa seperti tongkat atau tombak berwarna coklat tua…….semoga benda itu adalah tongkat…..sesuatu yang berkiaskan teken tegen atau tekan teko atau bersifat sebagai huruf Alif
        1. Orang itu seperti apa. berbaju apa?
        2. Terbang pake maskapai mana
        3. Teken tegen . tegen itu apa?
        4. Benda itu adalah tongkat apa?
        5. Apa huruf Alif itu ?
        6. Dmn Eko melihatnya (pas sedang apa si Eko ini) mimpi atau gmn?
        Mohon dijelaskan suwun

        Kang ABR
        Benda mati (batu,besi dll) hanya terdiri dari jasad saja…tetapi bisa mempunyai jiwa yang berasal dari pemilik atau pembuat benda tersebut.

        Betul itu semisal kita membuat sebuah layangan dengan segenap hati kita sebagus dan seindah yg kita inginkan, lalu kita terbangkan. Sore hari waktunya layang2 disimpan. Nah mungkin saja setelah itu kita lupa akan layang2 tsb karena kesibukan kita. entah sebulan dua bulan, atau lebih. maka saat kita ingat kita punya sebuah layangan. kita cari dan kita temukan . ternyata layang2 itu mash bagus kondisinya dan terlihat utuh, kenapa ? konon saat membuatnya energi kita tersalur di bentuk benda yg kita buat.
        hehehehehe urung rembug. (NGAWURDOTCOM)

        Mbak Nuning
        Lagunya siapa ya. hehehehe

  46. Salam sedoyo sederek ingkang minulyo……

    Mohon maaf bila apa yang saya tulis adalah dunia komik khayalan…….

    Mas ABR…..saya ini air yang perlu diberi gula…asam dan garam…..saya ini hanya cethek ilmu yang mencoba untuk mengerti dengan semua keadaan dan ilmu faham manusia lain……..

    Saya mungkin sedikit mengerti apa yang sedang Njenengan maksud dan tulis itu……
    Secara ilmiah sebutan kata kata…ruh…jiwa…sukma…nyawa dan sebutan yang lain memang tidak bisa dilmiahkan dan tidak semua manusia bisa memahami hal yang memang bukan dalam jalur logika pikiran yang bermata atau berjendela satu pintu saja……

    Kepada para sudara yang cerdik cerdas pandai…….maafkan bila tulisan ini tidak benar……
    Kalau memang benda hidup hanya dan adalah dianggap benda mati maka istilah zat hidup…ruh…spirit pastinya tidak ada ……
    Benda mati dan kebetulan ketika dilihat ujudnya sedang dan memang tidak bergerak dan ketika secara ilmiah pengetahuam alam dan fisika maka terbukti bawa apa yang didalam benda itu ada muatan positip…negatip…netral….dan dari mana benda benda itu selalu bergerak tanpa diketahui sebabnya dan tanpa diketahui dari mana benda benda atom itu mengambil sumber dayanya……dan bukti itu mungkin dan memang sudah dilmiahkan dan hasilnya para ilmuan tidak bisa menjawab kenapa muatan atom selalu begerak tanpa henti…ora wero karepe…hal yang sudah sangat membingungkan manusia hanya karena satu benda terkecil yaitu atom…..he he he lau bagaimana menjawab soal alam galaxy ini dan soal badan jasad mahluk hidup yang mungkin berjumlah bertrilyun trilyun atom…..

    Teori dan hal yang sudah sangat ilmiah bahwa frequency sama pastinya ada interaksi dan bersinggungan….ujud benda kasat mata juga gatuknya dengan yang kasat mata saja
    Mungkin sudah kita diketahui bahwa otak ternyata masih sangat misteri fungsi dan daya gunanya dan ternyata otak mempunyai kehebatan kerja yang lain berupa gelombang yang terpancar dan mungkin juga menerima gelombang yang lain dan secara ilmiah mungkin bisa diketahui dan dibuktikan dengan bermacam teori dan tetap saja bahwa hal yang rahasia ditubuh badan manusia masih belum terkuak dan terjawab rahasianya…….

  47. Sudah sangat jelas bahwa badan wadag adalah seperti benda ujud yang bisa dilihat…diraba…diterawang oleh alat buatan manusia dan urusan itu tetap saja berurusan dengan wadag atau sesuatu yang dikatakan sebagai bungkus dari isi dan isi dari benda daging adalah yang dinamakan dengan zat hidup…..sprit…jiwa….ruh….tidak bisa diendus dengan tepat dan benar……

    Apakah zat hidup itu maka kalau sudah dalam urusan ini maka kita pasti pah poh dan tolah toleh…bingung……
    Kita yang mungkin mau percaya dan wajib untuk percaya tentang bayi yang dalam gendongan Ibu Maryam yang bisa berkata kata.dengan jelas dan benar…siapa yang mengajari bayi hebat ini dan siapa sebenarnya yang berbicara itu dan kalau hal ini dipercaya adalah peristiwa benar maka ilmu logika apapun dijaman ini pasti tidak akan mampu menerangkan….menerangkan atau membuktkan dengan kepala mereka yang plontos atau dengan alat computer yang serba canggih……..

    Bagaimana dengan urusan yang sangat sepele di bumi kita ini ketika kita menjumpai banyak manusia kesurupan massal…he he he peristiwa apa itu sebenarnya……
    Bagaimana pula dengan ilmu kebal atau kuda lumping jaran kepang….para pelaku seni itu yang makan rumput…makan silet…makan kaca dan hal hal lain yang sangat bersebrangan dan berlawanan dengan ilmu ilmiah…biologi atau anatomi tubuh ilmu kedokteran…….

    Peristiwa dari para teman pelanggan audio ….bagaimana orang bisa memasukan damen batang padi didalam box salon yang sedang berbunyi sehingga hanya berbunyi bak buk saja…ha ha ha……bagaimana memasukan pasir masuk kedalam mixer mixing audio….bagaimana paku dudur yang panjang menyate 2 elco power hingga meletus…..bagaimana jack input ada kue tetel ketan…..dan masih banyak hal lain…..

    Semua diatas hanyalah peristiwa yang sangat nyata dan tidak bisa dijawab oleh para pakar ilmu ilmiah fakultas apapun dan manapun karena hal ini adalah sudah masuk dalam dunia dimensi lain yang lebih tinggi dari benda ujud yang dilihat oleh 2 mata telanjang yang bertempat dikepala…he he he..dan tidak perlu atau harus dibuktikan oleh alat alat ujud benda mati.yang lalu hidup karena ada listrinya…percuma saja……kenapa manusia tidak percaya hal hal seperti ini ….jawabannya adalah sepele dan gampang…karena mereka tidak pernah mengalami sendiri…….

    Bagaimana dengan istilah…ruh..sukma…nyawa…jiwa .dan hal lain…maka hal itu adalah urusan yang ruwet mbulet….he he he hal itu seperti ada dan tiada atau dibalik tiada tetapi ada…lalu bagimana membuktikan keberadaan hal hal itu yang dikatakan bahwa ada 2 unsur dalam diri manusia…yaitu lahir dan batin… wadag dan isi….badan dan ruh … ……

  48. Selamat sore….. buat saudara2 yg tercinta di pndok cantik ini …

    Lama Nuning ga ngintip .. pada dahsyat semua…..Nuning kangen.. berhubung Nuning ga ngerti apa2 ….. Nuning nyanyi aja ya.. lagu jamannya bung Karno

    Mari kita bergembira sukaria bersama ..
    Hilangkan sedih dan duka mari nyanyi bersama..
    Lenyapkan susah dan lara . begembira semua
    La la la la la la lala mari ber sukaria ..

    Siapa bilang bapak dari Blitar ..
    Bapak kita dari Prambanan
    Siapa bilang rakyat kita lapar ..
    Indonesia banyak makanan..

    Mari kita bergembira sukaria bersama
    Hilangkan sedih dan duka mari nyanyi bersama
    Lenyapkan susah dan lara … bergembira semua..
    La la la la la la la la la mari bersuka ria..

    Jalan jalan ke Surabaya..
    Lebih cantik memakai pita..
    Jangan selalu memandang saya (Nuning )
    Nanti bisa jatuh cinta…

    Mari kita bergembira sukaria bersama..
    Hilangkan sedih dan duka .. mari nyanyi bersama .
    Lenyapkan susah dan lara … bergembira semua
    La.la.la.la.la.la.la,..la…. mari bersuka ria..

    Siapa yg masih ingat lagu ini .
    Nyanyi yuuk sama Nuning .. biar pikiran agak santai mengurangi beban .

    salam manis

  49. Ahh…. Bang PengembarA…..bikin saya jadi malu…menggarami lautan.

    Pengetahuan tentang binatang ini berasal dari sahabat saya yang berprofesi dokter hewan.
    Kemampuan “super” pada binatang tertentu (spt binatang piaraan Abang) kemungkinan karena transfer jiwa dari yang memeliharanya dengan kasih sayang (benda mati saja bisa menerima transfer ini apalagi makhluk hidup) sehingga binatang piaraan abang mempunyai jiwa yang jauh lebih besar dibanding yg pd umumnya….maap Bang….sale-sale kate.

  50. Para Romo dan para pengunjung semuanya.

    Sebenarnya maksud pembahasan tentang unsur pada manusia, hewan, tumbuhan dan benda mati tersebut cuma mau memberikan sedikit penjelasan pada Romo WM tentang kemampuan SP yg dibilang bermata dewa dan ”idu geni”.
    Penjelasan ini bukan berarti saya adalah SP karena menerangkan kemampuan beliau….tetapi hanya tebakan yang dituntun oleh ”rasa yg optimis pasti kena”. Metode ini yang sering digunakan seorang penembak jitu saat matanya ditutup/tak melihat langsung sasaran tembak atau menembak sasaran yang sedang bergerak cepat.

    Kemampuan inilah yg saya duga adalah mata batin atau mata ”jiwa” menurut istilah saya karena tidak menggunakan mata alamiah dari jasad hidup. Mata ”jiwa” inilah yang membuat kita bisa melihat saat mimpi meskipun mata lahir sedang tertutup dan tak nyambung dg otak.

    Dan ….. salah satu Romo yg punya kemampuan melihat hal lain tanpa menggunakan mata lahir (dhohir) adalah…..siapa lagi…so pasti…Cak WM…he..he..he. kena lagi.

    • Romo ABR
      melihat saat mimpi meskipun mata lahir sedang tertutup dan tak nyambung dg otak
      Dalam mimpi atau lagi meditasi?

      • Kang Bejo Banget

        Kok kang BB ikutan nyebut Romo ke saya….jadi rikuh kang..

        Saat belum dikembangkan (kondisi natural) mata “jiwa” hanya bisa melihat melalui mimpi, setelah dikembangkan / diasah maka mulai bisa melihat saat sadar tetapi melalui meditasi…..lha..kalau level tertinggi…bisa melihat dalam kondisi sadar tanpa harus meditasi…kayaknya Romo WM sudah mencapai level ini.lho kang BB.

  51. Cak…cak WM….
    Lagi keseleg tah cak…..sepurone yo cak.

  52. Huaa…ha..ha….aduh lucunya…lihat Cak WM salah tingkah…..garuk garuk kepala cari kalimat buat ngebalas lempar bola.

    • ehhh…ternyata bener nih….ternyata Kang PengembarA sudah level tinggi ilmu mata “jiwa”nya

    • Tunggu … tak sms dhisit karo Mbah Romo WM
      Kang ABR kalo mau sms saya silahkan. no saya 0857 skian skian
      xixixixi….xxuuxxxxxx……

  53. Wkwkwkwkwkwkwk……….

  54. Salam Mas Pengembara

    Matur nuwun http lagunya…. Nuning cuma bisa nyanyinya aja..
    Nuning jg bangga jadi indonesialis apa lg jd wong jowo ..

    bahasa nya lebih praktis dan efisien dr pada bahasa Inggris..

    contohnya..

    walk slowly on the edge (side) of the road……….Mlipir atau mrepet 2

    Fall back ward and then it own head………… nggeblak ..

    Got hit by atruck that ismoving back ward….. . kunduran trek ..

    Talk to much about unimportant thing .. ………. kecangkeman.

    Smearing one’s body with hot ointmemt or liquid and then massaging it .. …..
    mblonyo an

    Going without notice………… mlethas … minggat.

    Taking the longer way to get to the destination………… ngalang .

    Riding an old bicycle……………… ngonthel.

    Falling /tripping forward ( and ..may hit own face)……………. kejlungup

    Hot pyroclastic cloud rolling downa volcano .. ………… wedhus gembel .

    Asmall,sharp thing embedded inside one’s skin …………… ketlusupen.

    Spending a lot . time doing nothing ………… mbathang urip ..

    Things gettingout froma container accidentally because of gravity…………….. mbrojol..

    Get hit by thing collapsing on top of one ‘s head/body ……………kembrukan..

    Drinking straigt from the bottle without using glass where whole.. bottle tip gets into the mouth……………… ngokop

    Cannot open eyes because something is shining very bright ………… blereng ..

    Hangging on tightly to something in order to be inert……………. gondhelan…

    Falling/tripping accidently of a hole…………………….. kejeglong .

    Being overly active carelessly …………. pecicilan..

    Felling unwell because offcold temperature… …………….. katisen..

    Making to much noise disturbing other people ………………… mbribeni ..

    Tripping over accidentally caused by wires cloths gowns etc……………kesrimpet ..

    Being alone( or with companion0 in the cornerof a place/room doing something suspcious…………………….. mojok..

    Nah …. bahasa inggris begitu banyak kata … bahasa jawa.. satu kata aja cukup … hehehe

    Selamat malam semua……

    salam manis …

    • He..he..he… terima kasih kirimannya yang bikin segar suasana…Romo NungNing.
      Tolong terjemahin bahasa inggrisnya…nyungsep..

  55. Salam…hormat kepada semua Romo…..maaf terlambat hadir…..baru saja selesai laembur…….weeh….sudah pada serius bicara soal hebatnya ilmu sadar….

  56. Terimakasih Bang PengembarA……jadi lebih rileks saat ngetik.

    Selanjutnya menu ”idu geni”.

    Berdasar pemahaman tentang adanya proses transfer ”jiwa” pada be nda mati, benda hidup (tanaman) dan benda hidup yang sudah berjiwa (binatang) maka jauh lebih mudah mentransfer ”jiwa” pada manusia.
    Mengambil analogi hal tsb diatas maka transfer ”JIWA” dari Sang Pembuat/Pencipta manusia memungkinkan terjadi.
    Semakin meningkatnya rasa sayang si empunya terhadap benda/tanaman/binatang miliknya maka semakin banyak transfer terjadi sehingga semakin awet/kuat dan pandai binatang yg dimilikinya.
    Demikian pula transfer ”JIWA” Nya akan terjadi pada mahluk yang dicintaiNya, semakin besar cintaNya maka semakin banyak transfer ”JIWA”Nya… SP adalah manusia yang mencintaiNya dan dicintaiNya pula sehingga wajar sangatlah besar ”jiwa” SP karena ketambahan sebagian ”JIWA”Nya …so pasti yang diucapkan SP segera terwujud (”idu geni”) bahkan masih dibatin langsung terjadi (”batin geni”).

    Begitu kira-kira asal muasalnya kemampuan SP.

    • Salam Mas ABR…….ha ha ha…ada teman kita yang sudah mempunyai idu dan batin geni…..hayo ngaku….wkwkwkwk….

  57. Salam…..kata kata Mas ABR ada dan mungkin benar bahwa batin atau ngen kita ketika tertuju kepada sesuatu benda akan berdampak positif bila ngen kita benar dan positif…..he he he bahkan dalam pandangan batin kejiwaan sepeda motor bisa menjadi seperti seekor kuda……ini kata anak anak saya…..

    • lhahhhh…. ndadak nggawek ke kandang nggolek ke suket… motor hondaku… xixixixi

      Mana neh Mbah Romo WM… kok pertanyaanku lom d jawab

      • Salam Mas Bejo Banget…..he he he besok akan saya tulis soal pertanyaan itu…..pikiran saya lagi lelet…..lupa tanya si Eko cah edan itu…..he he he……

  58. Bang PengembarA.

    Betul bang…. Nya yg saya maksud adalah Tuhan Sang Maha Pencipta dan Maha Penyayang.
    Menurut saya lho…SP tidak punya rasa benci terhadap apapun (mahluk apapun) yang dibenci adalah sifat jelek (misal: munafik, pengecut, khianat,) pada individu dan bukan personnya.
    Untuk menjawab pertanyaan/pernyataan alinea kedua perlu penjelasan lebih panjang…
    mungkin untuk menu selanjutnya.tentang setan, dajjal,iblis lucifer.

    Salam Cak WM.
    Hmmmm…he..he..he….saya tahu arah tembakan cacak WM.

  59. Ketika kita berdoa kepada Gusti Allah soal ingin menolong seseorang dengan media air…..ketika tangan kita arahkan keair yang didalam gelas atau air…biasanya dari telapak tangan keluar seperti uap jernih seperti kabut dan kemudian uap halus itu menyatu dengan air…….proses ini ada akibatnya diair itu….molekul air air itu akan membentuk formasi yang ada pola gambarnya dan tidak bergerak liar….he he he itupun kata orang dan ada artikel yang menerangkan soal itu……apakah itu yang dinamakan dengan kekuatan spiritual atau kekuatan jiwa yang mengandung zat hidup yang bersifat positif dan sebagai obat suatu penyakit fisik atau sakit batin jiwa……. ……

  60. Itu…tuhhh…Cak WM sudah mampu menjinakkan air….para saudara yg tinggal dekat tempatnya Romo WM tak perlu kuatir kena sunami.

    Buat poro sedulur semua
    Mari bersama-sama membesarkan “jiwa” kita masing-masing dengan cara mengembangkan jiwa agar semakin besar sehingga mampu mengirim sebagian jiwa kita kesekitar kita (pada benda alam,tumbuhan, binatang sesama manusia, air,angin dengan cara menyayangi lingkungan sekitar kita…DAN YAKINLAH..BENCANA SEGERA BERAKHIR.

    • TAMBAHAN….
      Cara mempersingkat waktu memperbesar jiwa:
      1. Berusahalah mendapat transfer”JIWA”Nya dengan meniru sifat Beliau yang paling menonjol yaitu Maha Pengasih dan Maha Penyayang serta Maha Pengampun terhadap semua ciptaanya tak terkecuali terhadap setan, iblis sekalipun.tanpa mengharap balas jasa kecuali mohon agar Beliau semakin menyayangi kita.
      2. Jangan mengurangi kebesaran jiwa yg telah susah payah kita besarkan dengan cara jangan membunuh mahluk apapun ciptaan Beliau atau merusak ciptaanNya. Kalau anda dicintai olehNya maka perlindungan Beliau selalu menyertai langkah anda semua.

      Selamat malam saudaraku semua jadikan malam ini merupakan tonggak perubahan tingkah laku menjadi berperilaku utama…menjadi Satrio Utomo….yang akan memunculkan jutaan SP diatas bumiNya ini.

      • Salam sejahtera, para sedherek ! (-:

        Wah, saya cuma bisa ndomblong baca komentar2 para sedherek disini… Jaaan, salut !

        Kang ABR,

        Mantra orang Tibet ‘Om mani peme hung’ – aslinya dari bahasa Sansekerta Om Mani Padme Hung – itu ,konon, mantra ‘pembuka hati’ untuk membangkitkan perasaan yang ramah,’semanak’ pada diri sendiri dan SEMUA mahluk hidup. Tanpa melibatkan sang Maha Pengasih dan Maha Penyayang …( Boleh, tidak ? )

        Ada seorang Profesor Australia yang mengajar di salah satu universitas terkenal di Amerika, Universitas Stanford. Beliau ini VEGETARIAN bin tidak makan daging. Beliau juga yang menulis buku yang kemudian menjadi sangat terkenal. Buku ini mengenai binatang … Dari buku ini banyak orang terinspirasi untuk memperlakukan … binatang secara manusiawi … Misalnya, ayam yang di kandang, berdesak-desakan,tanpa cukup ruang untuk bergerak, binatang yang hanya …dimanipulasi,diambil telurnya … Ada protes keras dari Australia beberapa waktu yang lalu pada Indonesia karena ada perlakuan yang dinilai … tidak manusia terhadap sapi2 yang mau dijagal. Sapi2 itu dipukuli,ditendang,disakiti, dan ini sempat direkam -video – dan kemudian ditayangkan di tv di Australia. Kemarahan sementara orang di Australia disebabkan … perlakuan yang tidak manusiawi pada sapi2 itu. Umumnya di Australia binatang yang mau dijagal di ‘stun’ dulu,disetrum, jadi gak sadar, baru di …’betheti.’ Dengan begini si binatang tidak lama … menderita.

        Kembali ke Sang Profesor. Om Profesor ini juga menolak memakai sepatu dan jaket … kulit. Lha, jaket kulit kan dari binatang. Jadi tidak terbatas pada tidak makan daging saja .. Oh ya, seperempat gaji om pofesor ini disumbangkan pada instansi2 pilihan sang Profesor.*) Cuma … eng ing eng … sang profesor ini seorang …atheis. Beliau seorang ‘filsuf’ … Mungkin juga humanis …

        Nah,bisakah point 1 dan point 2 njenengan di atas dijalankan oleh orang yang … tidak percaya padaNya, atau oleh orang yang beragama yang tidak melibatkan Sang Beliau Yang Maha … ??

        Lho, kan banyak orang yang amat sangat berwelas asih pada sesama (mahluk hidup) TANPA melibatkan Yang Maha itu … Kalaupun melibatkan, ya yang MAHA itu tidak sering disebut . Bisakah Beliau yang MAHA itu disebut …alam saja ?? Akan marah kah Sang Beliau kalau cuma disebut,itu tadi, alam saja ??

        *) saya lupa persis angkanya, hanya mengira-ira saja, yang pasti, signifikan

        • Mas Baladewa….Mohon maaf bila saya ikut sedikit berkomentar soal para pinisepuh yang atheis tetapi berjiwa seperti manusia yang sudah sangat bersujud dan menyembah kepada Gusti Allah……he he he bersujud dan menyembah seperti apa yang sudah diartikan oleh sangat dangkal oleh banyak manusia…….

          Boleh saja para atheis mengatakan dirinya tidak percaya dengan Tuhan…sesuatu yang dinamakan sebagai Tuhan oleh para manusia baragama tersebut dan orang atheis itu mengenal dan mendengar tentang Tuhan dari para mereka yang beragama dan tragisnya apa yang sedang dilakukan oleh orang faham agama itu tidak cocok babar blas dengan hati nurani si orang atheis itu…. lalu dan pastinya para orang atheis itu tidak mau mengakui dan tidak percaya kepada Tuhan para faham agama …….ha ha ha para pinisepuh atheis yang Njenengan contohkan diatas sebenarnya sedang bertuhan kepada disrinya sendiri…si dia yang berTuhan kepada hati nuraninya dan berpola pikir dengan kata hati dan nuraninya dan lalu apa definisi Tuhan bagi para atheis terhormat seperti itu………

          Bagi orang yang berpikiran mbulet yang mungkin adalah pemikiran yang benar atau sangat salah bahwa menyembah kepada Tuhan adalah menyembah AKU nya TUHAN…sesuatu yang tidak bisa digambarkan sama sekali dan kenapa Budha tidak pernah mengaitkan apa yang dikerjakan ……
          Bagi sebagaian manusia…mereka menyembahTuhan bukan menyembah dzat NYA…bukan menyembah Nama NYA….bukan menyembah sifat NYA….bukan menyembah perbuatan NYA….he he he lalu apa yang disembah oleh para penyembah Tuhan atau oleh Budha sendiri ??…….

          Saya hanya menulis apa yang pernah saya dengar bahwa soa hakekat AKU nya manusia atau AKU nya DIA adalah tidak bisa digambarkan dengan apapun…sesuatu yang sepertinya kosong dan tidak ada dan ketidakadaan itu yang melingkupi keadaan ada itu…he he he ilmu yang mbulet mbundeli…..karena sejatinya AKU adalah bukan nama…bukan sifat…bukan zat atau ujud dan bukan perbuatan lalu siapa aku dan dimana aku……….Nuwun….

          • Maaf…maksudnya para atheis menyembah dan bersujud bukan seperti apa yang sudah diartikan dan dilakukan oleh para faham agama…diartikan sangat dangkal dan hanya seperti kewajiban syreat yang dihubung hubungkan dengan keinginan tersembunyi dan masih hanya keperluan daging jasad syahwatnya……

  61. @Pengembara

    Iya kang pengembara,saya lagi suka mengembara di tlatah banten ngubeg2 serang,ciruas,ciujung,balaraja,mauk,serpong dll.hari ini baru selesai,sy tetap nyimak kok tulisan para romo disini,hanya saya lagi nggak mood…eng saja,jadi nyimak saja.

    tapi ngomong2 ayo dong ceritaiin pengembaraannya di pakuan ?karena minggu nanti sy juga akan merambah wil bogor,sya hanya piknic saja kok,tapi pangalaman saya yg ke jawa tengah dan banten spertinya ada skenario yang sdh ditentukan para leluhur,secara nyata saya peiknik dan atau tugas kantor tapi sebenarnya ada sesuatu yg diarahkan,tak jarang dalam perjalann diputar-putar agar masuk ke suatu daerah tertentu,dipertigaan,atau diperempatan pikiran bisa diubah-ubah sehingga arah perjalanan bisa berubah arah dari tujuan pemikiran awal,setealh dievaluasi ternyata ditempat-tempat yg dilalaui itu ada makam tokoh masa lampau,atau tempat kejayaan masa lampau atau petilasan yg lain,yang sebenarnya itu bagaian dari pembelajaran dan pengenalan masa lamapu(leluhur) pada saya dan keluarga.Dengan bahasa lain para eyang/leluhur mengharapkan dan senang kalau di ziarahi/dikunjungi/disapa para cucunya.Perjalanan pengembaraan saya dua bulan ini rupanya dalam kerangka itu.Jebolnya bendungan ciujung dan meluapnya kali ciujung hingga merendam jalan tol jakarta merak secara kasat mata itu hal lumrah dan bisa dijelaskan dg logika,tapi disisi lain itu merupakan persiapan penyambutan dan pemebersihan di lokasi itu.Di ciujung itu dulunya banyak korban kerja paksa oleh Daendeles untuk membuat jalan anyer panarukan.Sebagai salah satu cucu Banten tentu kehadiran saya akan membuat kegembiraan tersendiri untuk para lelhur banten,karena saya adalah salah satu cucu yg terbawa keadaan hingga ke jawa wetan.Begitu saya dapat tugas ke Serang Banten haru Jumat dan mempersiapkan semuanya dan merencanakan lewat ciujung minggunya hujan ,dua hari sesudah banjir baru saya melewati tempat itu tapi semua sdh bersih dan normal.

    Hal senada juga terjadi ketika di purwokerto,jogya dan solo.Pada saat di lokasi saya selalu kontak dg para sahabat saya tentang kondisi dilokasi sebagai pembanding apakah yg saya lihat rasakan sama,dan ternyata benar,kalau ada digambarkan dalam dunia nyata betapa ribetnya pengawalan disetiap perbatasan apalagi ketika memasuki kraton surosowan,kasultanan yogya ,kasunanan surakarta dan mangkunegaran.

    kang bejo,itulah kenapa saya di minta tdk melanjutkan(menunda) perjalanan ke Bali,oleh beberapa sahabat saya samapi pada suatu saat nanti sdh memungkinkan,dikawatirkan luapan kegembiraan penyambutan bisa berdampak pada rakyat kecil terutama tepian pantai meski para leluhur mengundang kesana dan sangat mengaharapkan sekali.

    pernah suatu saat sy akan liburan musim kenaikan sekolah,lalu sy tanya sy akan ke jateng kalau ada kesempatan ziarah saya akan ziarah ,kalau boleh tahu makam siapa yg di jateng yg pingin sy ziarahi? jawabnya sangat mengejutkan,wah kalau pertanyaannya begitu semua pingin diziarahi !,tapi akhirnya saya malah tdk ziarah dan cukup mendoakan semua dari jauh saja.

    kang pengembara sekian dulu nanti dilanjut

  62. @ kang ABR

    sungguh dalam dan luas penjelasan panjenengan, mengupas sesuatu yang samar ( ghoib ) menjadi sesuatu yang mudah dicerna dengan akal, semoga harapan kang ABR, mengajak kita semua untuk menjadi ” insan ” yang berjiwa besar, betul-betul mampu merubah lingkah laku menjdi pribadi yang memiliki laku utomo, sehingga menjadi SP2 yang diharapkan bumi pertiwi.

    terima kasih kang ABR

  63. @pengembara

    nanti kalau ketemu sama kang PHK salam dari saya,desember kemarin sy lewat disamping rumahnya tapi jam dua malam takut mengganggu kalau mampir di padepokannya.hati2 dibogor banyak manggis-hati2 disana bayak yg hitam manis ha ha….
    kalau sy melakukan perjalanan itu semata karena dari tugas kantor dan musim liburan.

  64. Salam kepada Mas Pengembara…….semua Romo yang saya hormati….

    Saya juga nitip salam kepada Mas PHK….semoga beliaunya sehat selalu dan banyak rejeki….Amin……

    Mas Pengembara…..saya hanya meulis sebagai bahan perenungan bersama atas posting Mas ABR soal taranser Jiwa dari NYA……seorang atau semua manusia sudah seharusnya dan sewajibnya meniru sifat Gusti Allah yang Maha Pengasih…Maha Penyayang….Maha Pengampun…Maha Pemberi….Maha Pemelihara dan sifat baik yang lain…..

    Seseorang yang sudah dan sedang menuju puncak gunung spiritual ke Tuhan an dan ketika sudah ditempatkan maqom derajatnya oleh Tuhan Allah maka manusia seperti itu bisa dikatakan sebagai manusia yang berasa berikhtiar sampai mati untuk manunggaling kawulo gusti dan bagi faham yang lain dikatakan sebagai insan kamil atau manusia yang sudah tercerahkan oleh Ruhul Kudus atau pencapaian kesadarafn sempurna dan sebutan kata yang lain…….

    Saya hanya utak atik gatuk dengan ilmu meraba raba….. mohon bila ada yang mau memberikan keterangan kepada kita semua tentang arti dan hakekat kata kata Basmallah…Bismillah….

    Ada pertanyaan dari seorang rekan…kenapa surat Al Fatehah tidak boleh diawali atau bermula Bismillah….. kata kata Bismillah boleh diucap tetapi dengan pelan dan artinya bismillah bukan salah satu ayat di surah Fatehah itu…….

    Mohon maaf kepada poro sepuh….ini bukan sola ngilmu tetapi soal ngiman…..
    Siapa saja yang boleh dan sangat pantas atau mumpuni berkata atau berniat dengan Bismillah……dan apakah gandeng cenengnya kata kata Bismillah.dengan Surah Al fatehah dan apa pula hubungan dan rentetannya Bismillah dengan syareat…tarekat…hakekat…makrifat….dan dari makrifat kembali lagi harus kesyareat…..he he he dikiaskan dengan Semar Ngejowantah……

    Saya hanya pernah mendengar dari seseorang tetapi saya ragu ragu untuk menulis disini karena saya hanyalah Islam KTP…..
    Bismillah dan Al Fatehah dan syareat sampai makrifat tersebut bukan hanya sebagai unen unen dan lelamisan di bibir tetapi hal diatas yang harus dijalankan supaya kita bisa mendapat transfer energi jiwa dari NYA …
    Kita adalah manusia yang oleh para winasis sudah dikatakan dan dijelaskan bahwa Manusia adalah dan diumpamakan sebagai bayang bayang Tuhan dan lebih lebih lagi kita seperti dikiaskan dengan Ruh NYA sendiri dan kenapa kita tidak mau untuk kembali menjadi sejatinya kita yang dikatakan sebagai Manungso……benar kata kata Mas Tembayat bahwa manusia memang sangat banyak berjumlah milyaran tetapi yang dikatakan sebagai Manungso ternyata sangat sedikit……

    Mas ABR dan semua Pinisepuh semoga Njenengan bisa mewedarkan apa apa yang sedang saya maksudkan diatas…dan saya berkeyakina bahwa SP adalah sebagai manusia pelaku arti hakekat Bismillah………terima kasih……………Nuwun……

    • @WM

      kang wm,sy hanya mengingatkan itu sdh wilayah kasepuhan,bila dibabar sembarang tempat akan menimbulkan waksangka,mungkin secra teori bisa tapi secara ruhaniah blm tentu bisa.kalau dipadepokan untuk bisa memperoleh itu butuh tahuanan nyantrik,memperoleh dalam arti ruh/jiwa dan jasad mau dan mampu menerima atau menyatu itupun pasti ada ujian yg berat,sya hanya mendapat sedkit andaikan sy diberitahu itu nanti kamu dapat ini tapi kamu akan mengalami begini begitu pasti say a awab tidak usah lebih baik sy begini saja tdk bisa apa-apa dan tak punya apa-apa.Hanya hnya membabar tulisan dan teori banyak yg bisa tapi kalau mbabar hakekat dan makrifat kehidupan sulit mencarinya.Saya dibabarkan oleh bukan manusia.

      semua ilmu berasal dariNya dan ada namanya induk dari semua induk ilmu,ada kunci,ada kuncinya kunci ada intinya kunci.kalau nyari orang dukdeng,pandai nerwang seabreg di nusantara ini,dari ulama,pendeta,biksu ,para normal,dukun,orang awam,tapi kunci2 yg mengarah bisa memperoleh Kasih dan Rahmatnya bisa dihitung dg jari.Mujijat/keajaiban iblis juga bisa melakukan.Jadi harap hati-hati dalam hal ini.Hanya orang2 tertentu saja yg mampu membedakan segala sesuatu.

      Pernah saya katakan ada gambaran kelak akan ada 7 ulama ilmu sama,wadahnya sama,bajunya sama bagaimana kita bisa membedakan yg aslinya ?

      Apa yg dimiliki /diberikan pada anak2 kang WM juga ada dimiliki beberapa anak diberbagai tempat di jawa ini.Coba silahkan tanya kan ke putra kang wm didaerah Tangerang ada apa ? meraka bisa tahu posisi kang wm dan anak 2 kang wm dan siapa saja ghaib yg dibelakngnya.

      tapi itu baru sebagian kecil saja,maaf sy bukan membandingkan tapi hanya sekedar cros chek,satu hal yg harus diwaspadai adalah penyamaran dan pengecohan.Ketika saya tahu hal begitu jujur say merinding,lebih baik sy tdk tau dan undur diri.lebih baik jadi petani menikmati panen dan mancing nikmat bukan main.

      kalau memang benar2 kang wm ingin tahu benar/enggak apa yg dimiliki kang wm bilasempat kelak kita bertemu akan sy pertemukan,

      • Salam Mas Tembayat dan semua Pinisepuh…….

        Saya disini hanya ingin ngangsu kaweruh dan sharing untu belajar bisa benar dan pener…….

        Saya juga belajar untuk memahami tentang apa yang Mas Tembayat katakan bahwa banyak manusia yang berdaya linuwih…menerawang dan ilmu sakti lainnya dan kebetulan saya tidak bisa apa apa soal ilmu ajaib itu…….

        Apa yang dikatakan oleh anak anak dan oleh teman saya soal apa yang saya miliki dan apakah itu adalah ilmu benar atau salah maka saya putuskan dan semoga benar bahwa itu semua hanyalah salah pandang dan itu adalah tipu daya dari mahluk jelek………

        Saya hanya mencoba berteori saja dan tidak bermaksud membabarkan ilmu itu dan saya sangat tidak tahu soal ilmu kasepuhan itu apa dan saya sangat jauh dari ilmu benar dan suci itu……

        Soal kata dan tulisan saya diatas…itu hanya hasil dari mendengar atau hasil membaca dari buku pinjaman dan itu artinya saya hanya berteori saja yang mungkin salah dan tidak benar dan tulsan itu hanya sekedar mengingatkan diri saya sendiri atau semua sedulur disini untuk bisa eling dan waspodo atas dasar sadar diri dan nurani hati…….

        Mohon maaf kepada poro pinisepuh soal apa yang saya pertanyakan dan mohon di maklumi bahwa apa yang saya tulis adalah cerita seorang teman….nuwun………….

  65. Salam kepada poro sedulur semuanya.

    Kang Sasmitaurip
    Matur suwan Kang…. Pepeling njenengan.
    Maap….yang mencari sang Romo atau Sang Putro jg lagi madep ngetan ..siapa kang?

    Cak WM
    Kalau soal yang sedang ngadep wetan….lebih tepat kalau yg menbabar…ya yg membuat pernyataan.

    Kang Bejo Banget
    lebak cawane = bekas lembah yg berarti sudah rata kini…nah sebuah penamaan sangat besar kemungkinannya dikaitkan dg kondisi saat penamaan tsb. Jadi bisa saja bernama kedung soko, kedung klinter atau kedung doro….yg terakhir ini kan berkaitan dg model rumah doro.

    Kang Baladewa
    Mantra adalah ucapan yg keluar dari lathi, kalau arti ucapan dlm mantra tsb dipahami maka berarti yg mengucapkan tsb sebagai manusia seutuhnya (4unsur) tetapi bila mantra tak diketahui artinya maka yg mengucapkannya adalah jasad hidup manusia (2unsur saja)…nah pasti bisa ditebak …mana yg lebih manjur.
    Kalau tujuannya baik pasti boleh justru dianjurkan…..apalagi dimaksudkan untuk membangkitkan rasa saling menyayangi.
    Tanpa melibatkan sang Maha Pengasih dan Maha Penyayang ? ah..mana mungkin tidak melibatkan Beliau…..unsur jasad ini yg bikin beliau, unsur nyawa(hayat) asalnya dariNya, unsur jiwa juga berasal dariNya dan unsur wadah jiwa (ruh) yg memberi ya Beliau. Lha…kalau yg bersangkutan belum menyadarinya atau belum mengenal Beliau atau tidak percaya keberadaanNya….no problem bagiNya.
    Penjelasan lebih komplit…bila berminat akan dijadikan menu selanjutnya.
    Oh..ya..saya salut sama professor tsb.

    Bang Sandi
    Terima kasih dukungannya bang.

    Cak WM
    Pertanyaan tentang manusia pelaku arti hakekat Bismillah….. ntar kita diskusikan lain hari ya cak.

    Kang Tembayat.
    Terimakasih telah ikut berkunjung dan memberikan wawasannya yg luas.

    Bang PengembarA
    Menu masakan buat abang hampir sama dg menu permintaan Kang Baladewa…
    saya siapin dulu ya bang…kalau masih berminat.

  66. Kang WM

    temen2 kampus pada kemana ya? Mas Setiawan Mas Kudaputih Mas Budak Angon hmmm sapalagi ya Dhonny.. hehehehe

    • Salam Mas Bejo……lha karena ingin ketemu para beliaunya maka saya menunggu Universitas EC dibuka dan saya harapkan ada reuni sebentar disana….acaranya diharapkan dan diramaikan dengan pagelaran wayang kulit….dang ndut……ketroprak atau film horor suster ngesot yang ditendang satpam……kik kuk

  67. Bang PengembarA, Cak WM dan Kang Baladewa.

    Setelah saya renungkan…..
    Menu yang abang, akang dan cacak minta adalah menu yang sangat keras…. karena menyangkut ranah ghoib (ilmu yg belum ditemukan) baik materinya, prosesnya dan hasilnya….serta rawan konflik….karena kebanyakan hanya didasarkan pada rasa percaya (iman)…..berhubung kebanyakan sudah berpegang pada keimanan yg sudah diyakini sebelumnya. maka sangat besar akan timbul konflik internal pada yg makan menu ini.
    Berdasarkan adanya potensi destruksi pada lingkungan internal dan eksternal kalau salah mencerna masakan ini maka akan lebih bijak kalau materi ini ditunda dulu…maap.
    Nanti bila saatnya tiba…pasti akan saya hidangkan.

    Cak WM…..kalau lapar…sementara nyari tahu tek dulu aja….sori yo cak…demi kerukunan.

  68. Waduh……dipersori buanget ya para yg sudah nggantung untu.

    Ok…lah sedikit saja ya….icip-icip dikit…bolehlah.

    Suatu ilmu yang belum diketahui juntrungnya maka pendekatan yang memungkinkan adalah menggunakan pendekatan universal melalui analogi.
    Untuk memahami Sang Maha Pencipta (biasanya disebut TUHAN) dan ciptaanNya maka pembahasannya melalui scope yang lebih kecil…ada contoh yg pas …yaitu kita (manusia) yang juga bisa mencipta (bukan Maha) dan ada hasil ciptaan manusia….ini pendekatan analogi.

    Tunggu sebentar…kelanjutannya…..soriii…perutku lapar beneran…..silahkan ngaso dulu.
    Sambil merenungi apa yang sudah kita ciptakan masing-masing dan rasa kita pada ciptaan kita.

  69. Baby saya dr td jam 9 sampai jam 4 ini baru bisa bobo. nangis ga da brenti, td malam jam 1 an saya ajak keliling. tiap saya brenti dia bangun. ppdhal tdnya tdur, jalan lg tidur lg. pas brenti bangun lg. trus bgtu. bangun lalu nangis. ga da brenti. alhasil balik rumah nangis lg. Kemungkinan mau tumbuh gigi.
    Bersambung

    • Mas Bejo….Mas Bejo……nenek saya tua….giginya tinggal dua…trek jung…trek jing…kuk kuk kuk…..ha ha ha ha…..apa hubungan SP dengan bayi yang giginya mau tumbuh…wkwkwkwk……

  70. Menu Sangat Keras.
    Spiritual adalah wilayah yang sangat rawan konfik. Mohon hati-hati mencicipinya.

    Seseorang yg pengasih dan penyayang terhadap lingkungannya tetapi tidak tahu atau tidak mengakui keberadaannya (atheis), benarkah? Marahkah Beliau?
    Untuk bisa ”menduga” rasa Beliau maka kita coba menilai rasa kita (karena 4unsur berasal dariNya sehingga paling tidak ada kemiripan sikap dan rasa antara kita dengan Beliau). Selanjutnya adalah menilai rasa kita pada hasil karya kita…pastilah kita semua akan menyenangi dan menyayangi hasil ciptaan kita…. apalagi bila hasil ciptaan kita cukup sempurna semisal robot yg bisa hidup dan bisa mempunyai rasa…pasti kita lebih menyayangi ciptaan kita ini (robot tsb) dibanding ciptaan kita yg lain yg kurang sempurna karena ciptaan tsb tak bisa bergerak sendiri atau tak punya kemauan dan inisiatip sendiri atau tak punya perasaan. Dan pastinya kita akan menciptakan sebanyak banyaknya model(robot) ciptaan tsb.
    Selanjutnya bagaimanakan sikap atau rasa kita terhadap robot tersebut bila ada robot ada yang sangat baik, rajin menjaga rumah/milik kita dan ikut memelihara ciptaan kita yg lain. Pastilah kita akan lebih menyayangi robot yg bersifat baik tsb meskipun tanpa bantuan robot tsb kita masih mampu menjaga dan memelihara milk kita. Tolong diresapi….apakah rasa sayang kita akan hilang dan timbul marah seandainya robot tsb tidak mengenali kita sbg penciptanya? Anda semua sudah pasti bisa menjawabnya.

  71. Wah ga konsen. bangun lg nangis lagi. hehe

  72. Wah….kebetulan ada contoh lain lagi…tuh kiriman kang Bejo.

    Kasihnya kang BB pada bayinya…..pasti sulit diukur. meskipun seandainya kang BB mendapat tugas hingga tidak bisa bersama babynya (secara harfiah) pasti kasih sayangnya tak akan berubah……bahkan seandainya kang BB tugas sangat lama sampai baby tumbuh dewasa setelah ketemu dan putranya tidak mengetahuinya dan tak mengkui keberadaan kang BB sebagai ayah karena selama ini putranya tidak pernah bertemu dg kang BB…. tolong semuanya tanya perasaan kang BB.

    • Mas ABR…..ha ha ha besok Mas BB pasti sakit gigi…kualat dengan putranya yang sedang tumbuh gigi …..kena sawan…….wkwkwkwk….he he he ..

  73. Maap Kang BB
    Mohon perkenan Akang dijadikan proyek uji coba.

    Seandainya kang BB punya 3 putra, putra ke 1 merasa sudah tahu siapa bapaknya dan sudah merasa tahu cara memperoleh kasih bapaknya sedangkan putra ke2 ternyata hampir sama yaitu sudah merasa tahu tapi tatacaranya mendekati kang BB berbeda caranya dg putra ke 1, putra ke 3 tidak tahu dan tak mengakui keberadaan kang BB tetapi paling rajin memelihara rumah seisinya dg penuh kasih sayang…sedangkan putra ke1 dan putra ke2 saling ribut menyatakan caranyalah yg paling benar untuk bisa memperoleh kasih sayang kang BB. Nah kira-kira bagaimanakah rasa kang BB pada masing-masing puteranya? silahkan tanya kang Bejo Banget….nah..lho Kang BB tak operi bola panas.

  74. wkkkkkkk….he..he..he…. benar Cak WM….pasti kang BB…nyureng-nyureng kriyip-kriyip sworone meh gak krungu. wkkkk.

  75. Maap….cak WM….tak operi bola panas yg kedua.

    Seandainya jauh sebelum putra cak WM lahir….cak WM sudah membuat rumah seisinya lengkap dg taman yg indah. selanjutnya cak WM membuat robot yg punya perasaan yg sangat patuh dan taat pada cak WM dan rajin ikut memelihara ciptaan cak WM yg lain beserta rumah seisinya dan memperindah tamannya. bagaimanakah perasaan cak WM terhadap robot tersebut? menyayanginya?

    Setelah waktu lama berlalu…. cak WM menciptakan “sesuatu yg baru” yang sebagian bahannya diambil dari bagian tubuh cak WM. Hasil ciptaan yg baru ini sangat sempurna dan komplit dibanding si robot ciptaan cak WM sebelumnya.
    Bagaimanakan perasaan cak WM terhadap hasil karya barunya?

    Selanjutnya cak WM memanggil si robot tsb dan diperintahkan untuk menyembah ciptaan terbaru (yg ada sebagian komponen cak WM didalamnya)……tertnyata si robot kali ini membangkang perintah cak WM …tak mau menyembah ciptaan barunya.cak WM.
    Nah…bagaimana perasaan cak WM terhadap pembangkangan robotnya yg selama ini selalu taat pada Ck WM?

  76. Sugeng enjing sedoyo sederek.
    Mash ngantuk neh… hehehe nanti saya coba jawab bola panasnya ..kang ABR.
    Kang WM.. kebetulan nenek saya mash utuh semua giginya xixixixi
    Ateis…. dimana salahnya?
    http://berita.plasa.msn.com/article.editor.aspx?cp-documentid=5789899
    Suwun

  77. Saudara semuanya , dari pengamatan abdi, setan itu keyakinan or keimananya lebih bagus dari kebanyakan manusia. karena setan yakin akan masuk neraka sedangkan manusia banyak yang belum yakin masuk surga kan. Padahal dimasukanya Iblis dan Setan ke dalam neraka itu bukan penyiksaan dari Tuhan tetapi wujud kasih sayang tuhan kepada seluruh ciptaanya.. Halini karena iblis setan itu terbuat dari api sehingga ketika dimasukan ke dalam api akan kembali ke asanya seperti dambaan banyak orang kembali ke asal.

  78. mat jumpo bro

  79. Salam dan hormat saya……Mas ABR….Mas Bejo Banget….Mas Pengembara…..Mas Sasmitourip….Poro sepuh……

    Mohon maaf bila bola ini memang menjadi semakin panas…..

    Mas ABR ….saya faham bila Njenengan tidak mau menerangkan soal apa yang saya tanyakan karena itu sudah masuk zona waspada karena berbahaya dan jawaban itu sebenarnya hanya untuk diri pribadi…….

    Mas ABR…pertanyaan Njenengan adalah pertanyaan yang pasti mengakibatkan kontroversi….kegundahan…kemarahan banyak manusia yang sudah sangat percaya atas faham dan kepercayaan mereka dan kalau saya menjawab itu maka saya akan berderajad sama dengan orang atheis lalu saya dihinakan oleh mereka dan saya pasi akan dihukum oleh mereka……saya yang mungkin dituduh kafir musrik atheis dan darah saya dihalalkan untuk tumpah di bumi……

    Bagaimana kalau saya menjawab dengan faham Budha…..lalu bagaimana kalau saya menjawab dengan faham Yesus….bagaimana kalau saya menjawab dengan faham atheis atau faham ego atau hati nurani saya sebagai manusia yang sedang hidup yang mempunyai rasa…cipta…karsa…karya dan berketuhanan ……bagaimana kalau saya menjawab dengan gaya wayang Yudhistira……atau saya menjawab dengan pengetahuan Bima dan Dewa Rucinya……maka dan pasti saya akan dilempar kursi oleh faham fanatik yang masih belum dalam tataran SADAR DIRI dan mencari jawaban tentang HAKEKAT HIDUP…….
    Saya yang mungkin bisa menjawab hanya dari buku atau keterangan dari teman atau dari tulisan alam ini sebagai ayat yang tersirat dan alam ini dengan peristiwanya itu adalah penampakan kebenaran…….kebenaran dari AKU dari DIA sendiri

    Menjawab soal apa yang Mas ABR tanyakan kepada saya soal pribadi saya….atas nama AKU saya….atas ujud AKU saya….atas sifat AKU saya…..atas perbuatan AKU saya….maka ketika anak saya pertama lahir maka saya akan mencintai anak itu karena atas cinta saya kepada anak saya meskipun anak saya belum lahir….ini yang berarti saya berkehendak dan berkeinginan dan berbuat atas dasar cinta dan kasih……

    Ketika anak kedua lahir maka kelahiran anak ini juga atas dasar cinta dan kasih saya juga…..
    Keika anak yang kedua lahir dan ternyata berbentuk dan berparas lebih baik dan lebih tampan sempurna dari anak yang pertama lalu bagaimana saya bisa mengkhianati rasa cinta yang sudah menjadi sifat saya sendiri …lalu membenci atau mengurangi rasa cinta saya kepada anak pertama….
    Apakah saya mampu untuk berbuat melanggar sifat cinta saya sendiri maka saya menjawab dengan tegas bahwa cinta saya tidak akan hilang dan berubah kepada anak saya pertama yang mungkin dan meskipun bertampang jelek….. rasa cinta bukan hanya dan karena didasari oleh wujud fisik dan kebendaan saja….rasa cinta adalah sesuatu yang yang bersumber dari dalam dan sebagai hasil reaksi zat hidup yang berdiri sendiri dan tidak bisa dipengaruhi hal yang lain diluarnya…..ha ha ha apakah mampu keberadaan awal dengan nilai derajat lebih tinggi dan berdiri sendiri dipengaruhi oleh hal yang berderajad dan berkeadaan lebih rendah dan berasal dari keberadaan yang awal itu….artinya apakah rasa cinta itu akan berubah dan dipengaruhi oleh hasil cipta dari rasa cinta itu…..saya menjawab tidak mungkin…….

    Mas ABR dan Mas Bejo Banget bola ini akan menjadi semakin panas dan liar bila saya teruskan …….itu dulu jawaban dari saya yang grutal gratul dan awur awuran……

    Saya pamit dulu untuk meneruskan pekerjaan elektronika…..Nuwun dan.salam sadar diri manusia……..

    • Salam hormat Den WM , Den Tembayat ,Den PHK Khususon den SPSW dan lainya
      Cinta tidak mengenal baik buruk, ataupun tinggi rendahnya kasta dan status sosial lainya. Cinta itu ketulusan hati nurani yang diwujudkan pada perbuatan yang efeknya menyejukan, menimbulkan kegembiraan, kebahagiaan dan pencerahan bagi yang dicintai. Ketika cinta bersemi karena yang dicintai ganteng, cantik, bahenol, molek, kaya, pejabat, kesohor dsb maka cinta yang ini sudah berkontaminasi oleh kepentingan duniawi , kepentingan ragawi, kepentingan syahwat, kepentingan sosial dan sejenisnya artinya sudah bukan cinta sejati. jadi apapun bentuk anak yang dianugerahkan baik anak pertama kedua ketiga bahkan anak tetangga sekalipun dalam cinta diperlakukan sama. najan cintanya dengan setan dan iblispun sama seperti Tuhan mencintai apapun dan siapapun mahluknya. ra mbedak mbedakno Cak.
      Buktinya ternyata Tuhan sangat cinta kepada iblis dan setan dengan diberinya tempat Neraka bagi mereka para setan yang sesungguhnya dikembalikan ke asal kejadianya. Salam ngelantur sasmitaurip dot com.

      • Hormat saya juga kagem Den Mas Sasmitaurip…..

        Saestu leres dawuhipun Njenengan……mboten wonten babakan lan mboten saged dipun nalar tresno lan welas asih tiyang sepah marang anakipun amargi dedhapuk ngganteng ayu…sugeh mlarat…pangkat derajat .sabab ujud wadag putro putri jumedul saking getih dagingipun piyambak…tresno mung manggen ing roso kalbu…awit jumedul lahir ujud wadag putro putri meniko amargi soko roso lan niat tresno welas asih………Nuwun……….

  80. Salam Mas SPSW…..kemana tulisan saya …kok…tidak nongol….suwun…..

    • Cak WM….sugeng siang cak.
      Kayaknya pengunjung warung cangkrukan kita ini semakin banyak dan berbondong-bondong…sekitar 300 pengunjung/hari selama 2-3 hari terakhir ini sejak tuan rumah membuka halaman baru….jadi jalannya macet….karena tuan rumah sibuk menseleksi jangan sampe ada yg mau bikin onar.

  81. Salam Kang BejoBanget, Cak WM, Bang PengembarA,
    dan Uda Siungkara….mat gabung.

    Info kang BB…..tentang siapa yg salah? sbl kita bahas yg salah dan yg benar maka perlu dirunut sejak awal.

    Dasar negara kita adalah Pancasila, yg berkaitan dg hal tsb adalah sila ke 1:KeTuhanan Yang Maha Esa. Komponen negara adalah Rakyat + Pemerintahan + Wilayah.

    Kalau hanya ditinjau hal tsb tentu saja oknum PNS tsb salah karena menyalahi kesepakatan bersama (Pancasila sbg Dasar Negara) apalagi oknum tsb juga selaku Aparat Pemerintahan Negara maka kesalahannya semakin besar.

    Coba kita telaah lebih mendalam:
    Tujuan didirikannya NKRI sudah dijelaskan dengan gamblang dalam Pembukaan UUD45 yaitu salah satunya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, mensejahterakan kehidupan seluruh rakyat, mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

    Berdasarkan keterangan alasan oknum tersebut akhirnya menjadi atheis adalah karena oknum tsb melihat banyaknya ketidak adilan, kerusakan dan kesewenang-wenangan.
    Nah….tugas siapa yg harusnya mendidik/mencerdaskan bangsa (pendidikan bidang formal dan KeAgamaan) dan tugas siapa yg seharusnya menjaga/menegakkan keadilan di negara ini ….yg mengacu pada Pembukaan UUD45….tentu tugas Pemerintahan (aparatnya) selaku pelaksana negara.
    Kenapa untuk memperoleh pendidikan harus bayar? kenapa banyak kerusakan, ketidak adilan dinegri ini dan kenapa kesewang-wenangan merajalela….sehingga membuat salah satu rakyat tidak mempercayai adanya Tuhan karena melihat kondisi ini….dan kenapa aparat negara tidak mencerminkan Pancasila dalam mengambil keputusan dan bertindak.
    Dan lagi….siapa yg jadi pelaksana perekrutan personil aparat sehingga ada yg lolos seorang yg atheis dan bisa jadi PNS.

    So…..sidah bisa disimpulkan siapa yg salah? Andalah jurinya yg nanti akan mempertanggung jawabkan keputusan anda saat kembali menghadap ke HadiratNya.

    Salam Berkeadilan para saudaraku semua.

  82. Kang Bejo Banget dan Cacak WM.

    Mohon bola panas yg semalem saya kirimkan ..ditendang masukin sumur saja….biar adem.
    Menu selanjutnya…kembali ke topik pembicaraan dari menu tuan rumah.

  83. Mas ABR, para sedherek,

    Sebenarnya Indonesia adalah salah satu negara penandatangan Deklarasi Hak-hak Asasi Manusia Universal dari PBB. Pasal 18 mengatakan orang bebas beragama sesuai dengan keyakinannya, agama APA SAJA. Orang juga bebas untuk tidak beragama. Secara moral kan tidak bisa ta menandatangani dokumen kemudian … melanggar salah satu isi dokumen itu. Hak-hak asassi manusia itu UNIVERSAL lho ! Kita, semua negara penandatangan dokumen itu, seharusnya MENGACU pada deklarasi hak2 asasi itu, bukan sebaliknya.

    Negara kita ini , saya rasakan, sering …nyuwun sewu … keblinger. Lho, yang nggebuki orang2 Ahmadiyah itu tidak di-apa2 kan … Lha kok orang yang mengaku atheis malah ditahan. Orang2 yang sering membakar tempat ibadah juga tidak ditindak (begitu) tegas … Menurut saya – berdasarkan UUD 45 dan deklarasi hak2 asasi manusia PBB – beragama atau tidak beragama itu kan urusan ybs dengan Tuhan,BUKAN dengan negara.

    Di Iran dan Malaysia orang Islam TIDAK boleh pindah agama. Bisa dihukum kalau pindah. Tapi orang dari agama2 lain BOLEH pindah agama , jadi Islam ,,,
    Negara2 ini jelas2 melanggar hak2 asasi manusia,

    Oh ya,sebenarnya dalam agama Buddha tidak ada… Tuhan. Atau Tuhan,dewa2 tidak relevan di agama ini. Sebenarnya orang2 Buddha itu bisa dikatakan …atheis …

    Di Nusantara ini kita tahu agama …TIDAK menjadikan orang./ pemeluknya … baik. Lha itu korupsi merajalela. Sembahyang,sesudah sembayang korupsi lagi, atau nggebuki orang lain …

    Tuhan,Gusti, menurut saya tidak keberatan ada atheis.Tapi Gusti keberatan dan marah kalau ada sementara orang yang berdoa padaNya, tapi sering merugikan orang lain. Jadi atheis itu apa melanggar hukum ? Hukum mana ? Tapi kalau nggebuki orang lain dengan alasan apapun,termasuk agama, merusak tempat ibadah orang lain, nah ini yg namanya melanggar hukum … Korupsi kan sama dengan mencuri, ini juga melanggar hukum.Keyakinan tidak bisa dipaksakan

    • Salam Mas Baladewa….

      Saya pribadi sangat setuju mengenai kebebasan beragama, namun yang perlu dicermati adalah mengenai pelecehan agama orang lain. Dimana ada golongan atau kelompok dengan seenaknya menggunakan nama agama yang sama, namun dengan akidah yang jelas berbeda. Bukankah hal ini bisa membuat bingung umat yang menganut agama tersebut. Dipersilakan untuk memeluk atau mendirikan agama apa saja, asalkan jangan sampai melecehkan agama orang lain. Hal seperti inilah yang menyebabkan tercemarnya suatu keyakinan beragama sehingga melenceng dari ketentuannya semula, dan semua itu karena perang abadi antara hitam dan putih, yang mana semuanya adalah bagian dari permainan yang harus kita mainkan. Sungguh untuk mengembalikannya seperti semula tidaklah semudah membalik telapak tangan, karena itulah diperlukan keseriusan mendalam guna bisa memenangkan permainan ini.
      Mengenai hak azazi manusia masih perlu dikaji ulang, sebab masih berdasarkan atas kebaikan menurut manusia, bukan menurut Tuhan. Contohnya hak hidup manusia yang belum lahir masih menjadi perdebatan, sebab kebaikan menurut manusia belum tentu sejalan dengan kebaikan menurut Tuhan. Lagi-lagi semua itu karena perang abadi antara hitam dan putih, yang mana semuanya adalah bagian dari permainan yang harus kita mainkan.
      Mari bangkit dengan kesadaran murni, dan mainkan permainan ini dengan sebaik-baiknya, yaitu mengikuti kebaikan menurut Tuhan. Caranya sudah pernah saya tulis di blog ini.

  84. Salam Kang Baladewa.

    Maap….kok saya tidak bisa menemukan pernyataan kalau Indonesia ikut menandatanganinya? dimana ya kang?

    http://en.wikipedia.org/wiki/Universal_Declaration_of_Human_Rights#Article_18
    http://id.wikipedia.org/wiki/Pernyataan_Umum_tentang_Hak-Hak_Asasi_Manusia

    Berdasarkan kesepakatan Para Pendiri Negara Kesatuan Republik Indonesia ini yg menyatakan bahwa Landasan NKRI adalah Pancasila yang punya tujuan seperti pada Pembukaan UUD45.

    Maap…apakah Kang Baladewa masih tinggal di Negara Korawa dan jadi Warga Negara Korawa? Sekali lagi…maap Kang atas pertanyaan ini.

    • Mas ABR,

      Fyi, saya warga negara Nusantara. Dimana saya tinggal, apa relevansinya dengan diskusi ini ya ? Saya lahir dan besar di Nusantara,lho. Sebagai bahan diskusi saya lampirkan copy hak2 asasi ini – tidak semua -aslinya ada di http.www.kontras .org
      Saya bukan ahli hukum,tapi saya belum perbah dengar ada uu yang … memaksa orang untuk …percaya pada Yang Tidak Nampak. Makasih. Mudah2an SP nanti juga meng OK kan hak2 asasi universal ini.
      =====================
      DEKLARASI UNIVERSAL
      HAK-HAK ASASI MANUSIA
      Diterima dan diumumkan oleh Majelis Umum PBB
      pada tanggal 10 Desember 1948 melalui resolusi 217 A (III)
      Mukadimah
      Menimbang, bahwa pengakuan atas martabat alamiah dan hak-hak yang sama dan tidak dapat
      dicabut dari semua anggota keluarga manusia adalah dasar kemerdekaan, keadilan dan
      perdamaian di dunia,
      Menimbang, bahwa mengabaikan dan memandang rendah hak-hak manusia telah mengakibatkan
      perbuatan-perbuatan bengis yang menimbulkan rasa kemarahan hati nurani umat manusia, dan
      terbentuknya suatu dunia tempat manusia akan mengecap nikmat kebebasan berbicara dan
      beragama serta kebebasan dari rasa takut dan kekurangan telah dinyatakan sebagai cita-cita yang
      tertinggi dari rakyat biasa,
      Menimbang, bahwa hak-hak manusia perlu dilindungi dengan peraturan hukum, supaya orang
      tidak akan terpaksa memilih jalan pemberontakan sebagai usaha terakhir guna menentang
      kelaliman dan penjajahan,
      Menimbang, bahwa pembangunan hubungan persahabatan di antara negara-negara perlu
      ditingkatkan,
      Menimbang, bahwa bangsa-bangsa dari Perserikatan Bangsa-Bangsa di dalam Piagam
      Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menegaskan kembali kepercayaan mereka pada hak-hak dasar
      dari manusia, akan martabat dan nilai seseorang manusia dan akan hak-hak yang sama dari lakilaki maupun perempuan, dan telah memutuskan akan mendorong kemajuan sosial dan tingkat
      hidup yang lebih baik dalam kemerdekaan yang lebih luas,
      Menimbang, bahwa Negara-negara Anggota telah berjanji untuk mencapai kemajuan dalam
      penghargaan dan penghormatan umum terhadap hak-hak asasi manusia dan kebebasan-kebebesan
      yang asasi, dalam kerja sama dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa,
      Menimbang, bahwa pemahaman yang sama mengenai hak-hak dan kebebasan-kebebasan tersebut
      sangat penting untuk pelaksanaan yang sungguh-sungguh dari janji tersebut,
      maka dengan ini,
      Majelis Umum,
      1Memproklamasikan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia sebagai suatu standar umum untuk
      keberhasilan bagi semua bangsa dan semua negara, dengan tujuan agar setiap orang dan setiap
      badan di dalam masyarakat, dengan senantiasa mengingat Deklarasi ini, akan berusaha dengan
      cara mengajarkan dan memberikan pendidikan guna menggalakkan penghargaan terhadap hakhak dan kebebasan-kebebasan tersebut, dan dengan jalan tindakan-tindakan yang progresif yang
      bersifat nasional maupun internasional, menjamin pengakuan dan penghormatannnya yang
      universal dan efektif, baik oleh bangsa-bangsa dari Negara-negara Anggota sendiri maupun oleh
      bangsa-bangsa dari wilayah-wilayah yang ada di bawah kekuasaan hukum mereka.
      Pasal 1
      Semua orang dilahirkan merdeka dan mempunyai martabat dan hak-hak yang sama. Mereka
      dikaruniai akal dan hati nurani dan hendaknya bergaul satu sama lain dalam persaudaraan.
      Pasal 2
      Setiap orang berhak atas semua hak dan kebebasan-kebebasan yang tercantum di dalam Deklarasi
      ini dengan tidak ada pengecualian apa pun, seperti pembedaan ras, warna kulit, jenis kelamin,
      bahasa, agama, politik atau pandangan lain, asal-usul kebangsaan atau kemasyarakatan, hak milik,
      kelahiran ataupun kedudukan lain.
      Selanjutnya, tidak akan diadakan pembedaan atas dasar kedudukan politik, hukum atau
      kedudukan internasional dari negara atau daerah dari mana seseorang berasal, baik dari negara
      yang merdeka, yang berbentuk wilyah-wilayah perwalian, jajahan atau yang berada di bawah
      batasan kedaulatan yang lain………………….

      Pasal 18
      Setiap orang berhak atas kebebasan pikiran, hati nurani dan agama; dalam hal ini termasuk
      kebebasan berganti agama atau kepercayaan, dengan kebebasan untuk menyatakan agama atau
      kepercayaann dengan cara mengajarkannya, melakukannya, beribadat dan mentaatinya, baik
      sendiri maupun bersama-sama dengan orang lain, di muka umum maupun sendiri

      • Pasal 29
        (1) Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa.
        (2) Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.
        ————————————-
        Kang ABR,

        Sekali lagi saya tegaskan, saya bukan ahli hukum. Saya copy.paste kan dari UUD 1945. Saya tidak yakin kalau beragama bisa diatur … negara. Bagaimana kalau sesorang memilih agama.katakanlah, ‘Jedi’ dari star wars itu ?
        Dan,Tuhan kan super arif dan pinter, Dia tidak …. butuh disembah-sembah … Kita tidak tahu isi hati ORANG lain, apalagi isi hati Tuhan … Selama orang tidak melanggar hukum kan Ok Ok saja ta ?

        • “Dlm Pancasila, tak ada sila yang dimutlakkan hingga menyingkirkan sila yg lain. Ketuhanan yg Maha Esa penting tapi juga Perikemanusiaan.”
          — goenawan mohamad

          Kang ABR,

          Sekedar tambahan untuk renungan. Menurut saya SP nanti setuju dengan pernyataan itu.

  85. Salam cak WM, Kang BB, Kang Pengembara, Kang Melengkung dan para pengunjung semuanya.

    Mohon maaf…..suasana warung ini jadi kurang kondusif untuk sarana memunculkan SP.
    Mohon undur diri saudaraku semua.

    • Salam Mas ABR……iya…sebaiknya bola api itu disiram air dan disimpan dalam kotak untuk tidak dimainkan……apakah arti undur diri itu tidak akan hadir lagi ??…..kami mengharap Mas ABR bisa selalu hadir meskipun di tengah malam…he he he seperti hantu yang kliwar kliwer……

      Mas Bejo Banget…soal apa yang dilihat si Eko…..tadi saya ke Fitri karena Ekonya lagi ngambek karena saya marahi…..

      Jawaban si fitri…itu adalah tombak…seseorang itu bergaya pakaian seperti gambar yang ditampilkan di blog….manusia dengan berpakaian hitam hitam dan berblangkon hitam dan dia sedang menghadap ke timur…he he he ngadep wetan……ada apa
      seh di wean itu…apakah itu berarti pulau Bali atau Lombok….he he he Nuwun

      • Kalau dilihat dari arah Jawa sebelah tengah…apakah itu berarti Jawa Timur…he he he atau Timur Jawa…..kik kuk..

    • Salam Kang Gamalpra.

      OK….deh…..balik maning……kesian tuh…tuan rumah sudah buka meja baru nggak ada yg nduduki.

      He…he..he….rupanya kang Gamalpra ini anggota sniper juga rupanya.
      oh..ya..kita ngobrol soal apa kang…jangan soal bola panas ya.

      • Maap….Kang Gamalpra…..saya lupa hari ini mau masak apa…..barusan saya cari postingan sblnya pernah janji masakin dg menu apa….eh ternyata baru nemu postingan Cak WM tentang bola panas kemarin….memang…Cak WM ini orang pilihan…….pas banget caranya berkelit mendapat bola panas.
        Soriii…cak WM…lagi tak test.
        Kang Gamal….maap ingetin …menu apa ya.

  86. Salam Cak WM.
    wah…sudah sueger…baru bangun tidur……tadi pamitan mau tidur…nguantuk….soalnya lagi libur puanjang…..hhhhh nikmat juga bisa tidur siang.
    oh…ya…bola apinya disiram dulu cak.

    Salam Hormat pula Kang Petir.
    Terima kasih dukungannya. ….pamitan tadi siang…soalnya agak frustasi sama pemilik rumah…komen pada Kang Baladewa kena moderasi…tak nongol-nongol….maklum semalam kurang tidur…sehingga lagi sensitip…saya pengunjung setia kok gak boleh masuk…yah…akhirnya tidur dulu…bangun tidur langsung kluyuran ke warung langganan….eh..sudah boleh masuk….makasih ki SPSW.

    • Kang ABR,

      Saya tidak tahu apa Mas SPSW memang … sering men’cekal’ komentar2 yg masuk, wong saya pernah mengalaminya sendiri. Mungkin kesalahan tehnis saja, atau memang ada gangguan.Komentar saya berdasarkan … suara hati saja, karena saya tidak tahu apa2. Mohon para sedherek mengoreksi kalau ada komentar yang salah, atau tidak pada tempatnya. Saya ikut diskusi disini karena cinta saya pada Nusantara tidak pernah putus.Saya percaya kita semua mau (warga) Nusantara maju, apapun SARA nya,

  87. Inti sari Menu tuan rumah.

    “Ratu Adil” Joyoboyo tidak selalu mengarah pada sosok pemimpin.
    Ratu Adil bisa berupa sistem pemerintahan dengan perundang-undangan dilengkapi peraturan konstitusional sempurna yg berjalan dengan baik, adil dan konsekwen sesuai dengan maksud dan Tujuan pendirian NKRI.

    Siapapun yang berperan sebagai “Pemimpin dalam Sistem tsb” dalam beberapa tahun ke depan akan mampu mengubah NKRI yang carut marut ini yang menjadi negara “Ratu Adil” yg mewujudkan keadilan dan kemakmuran bagi seluruh rakyatnya.

    Satrio Piningit mampu bertindak tegas untuk menghukum mereka yang melakukan tindakan sewenang wenang kepada yang lemah yang mengakibatkan penderitaan dan kesengsaraan secara individu ataupun masal.
    _________________________________________________________________
    Hmmm……..Saya benar-benar setuju dan salut akan wawasan tuan rumah kita ini.

  88. Salam dan hormat saya kepada Poro Sepuh……….

    Terima kasih kepada Mas SPSW yang terhormat bila rumah yang sederhana ini bisa selalu terjaga dengan terhormat…tempat asah asih asuh……

    Semoga kita semua selalu sopan dan santun dalam menulis komentar dan hal itu bisa sedikit membantu tugas dari Mas SPSW untuk tidak selalu sibuk dalam moderasi atau sebagai badan sensor……..

    Saya pribadi bermohon maaf bila apa yang saya tulis sudah menyinggung pribadi sedulur kabeh dan sudah menyinggujng agama………

    Semoga rumah sederhana ini tidak ikut ikutan menjadi panas dan terbakar hanya gara gara faham agama……
    Masalah agama dan hal hal yang sudah dijadikan syarat dan rukunnya agama maka hal itu kita kembalikan ke pribadi masing masing…..agamaku itu untukku dan agamamu adalah bagimu…..dan kebetulan saya senang dan suka dengan semua agama itu dan di KTP saya tertulis beragama Islam. .. .semoga jasad dan jiwa saya terselamatkan karena rahmat NYA………Salam asah asih asuh……Nuwun

  89. prabu haryang kencana

    salam sejahtera kang pengembara………………..

    menarik sekali bahasan yg diungkapkan kang pengembara tentang kebebasan beragama berujung apa tidak beragama…………
    kebebasan seseorang memang sudah diratifikasi PBB karena sudah masuk ranah hak asasi manusia……..
    namun negara yg kita menganut faham pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum melahirkan undang-undang dasar 45 . ,sebagai dasar negara kita, sedangkan pancasila itu sendiri sebagai falsafah / pandangan hidup leluhur bangsa nusantara/indonesia, yg digali oleh para perintis kemerdekaan maupun pendiri NKRI.
    butir 1 dalam, pancasila disebutkan ” ketuhanan yg maha esa ” jadi seseorang/warga negara republik indonesia tidak diperkenankan untuk tidak memilih salah satu agama . pilihlah salah satu diantara lima keparcayan yg diakui negara kita, islam,,nasrani,hindu,budha dan aliran keparcayaan kepada tuhan yg maha esa….
    atheis buntutnya lebih mengarah pada faham komunisme………..anak bangsa trauma mendengar kata-kata seperti itu karena sudah beberapa mengalami peristiwa tragis dan memilukan yg menggores disanubari anak bangsa……… semoga kedepan tidak ada lagi seperti itu lagi.
    yg menjadikan pertanyaan kenapa negara mewajibkan rakyatnya untuk memilih satu diantara lima kepercayaan……….????????
    para tokoh agama ataupun para ahli pemikir tata negara/hukum ……meyakini tidak ada agama manapun mengajarkan pada pengikutnya untuk saling membunuh , meruigikan , menganiaya sesamanya. kendati dalam prakteknya ada, itu dilakukan oleh oknumnya, bukan keyakinan agamanya yg menganjurkan.
    ….

    • Mas Prabu HK,

      Ber-Ketuhanan tidak berarti harus percaya pada Tuhan. Dalam agama Buddha,misalnya, Tuhan tidak relevan. Tujuan akhir orang Buddha adalah ‘Nirwana’, keadaan tidak dilahirkan kembali. Jadi bukan surga seperti dalam agama Samawi – konon disana ada kolam susu,tongseng, dan bidadari2 yang molek …
      Sila BerKetuhanan, mengutip Goenawan Mohamad, itu penting, tapi ia TIDAK berdiri sendiri, dan tidak … mutlak. Tiada sila BerKetuhanan TANPA PERI KEMANUSIAAN,tapa Persatuan.tanpa KEADILAN SOSIAL,dan seterusnya.

      Atheisme TIDAK identik dengan komunisme. Misalnya,filsuf Peter Singer dari Australia. Beliau tidak makan daging – vegetarian , menolak untuk pakai jaket dan sepatu kulit – karena dari binatang. Beliau ini atheis. Perdana Menteri negara tetangga kita ,Australia,Julia Gillard juga atheis.

      Bung Karno, sang penggali Pancasila. sebenarnya tidak bermaksud … memaksa orang Nusantara untuk beragama … Itu cuma akal2 an sementara pihak saja. Kalau Bung Karno bisa melihat kondisi Indonesia yang berPancasila sekarang ini, pasti beliau akan sedih sekali …

      Salam

  90. Mas Bois,

    Dalam agama Kristen ada kaum Katholik dan kaum Kristen Protestan. Meski mengacu pada injil prakteknya ya agak … lain. Sekitar abad 14/15 orang2 ini tawuran, banyak yang mati.Belum lama ini, abad 20 , ada aliran MORMON. Juga dari agama Kristen, tapi ditambah nabi mereka sendiri dari Amerika, Yoseph Smith. Aliran ini bisa dikatakan … sesat, dari sudut pandang Katholik/Kristen. Tapi mereka – orang2 Mormon ini – tidak digebuki.

    Dalam agama Buddha ada aliran Theravada – aslinya – dan kemudian muncul aliran Mahayana – Zen , ada juga Tantrayana dari Tibet. Sama2 Buddha, tapi berbeda caranya … Belakangan ini muncul agama Buddha Julai, yang berbeda dengan ke tiga aliran Buddha tadi. Tapi mereka tidak … digebuki …

    Ahmadiyah sudah ada di Nusantara sejak tahun 1920 an. Meskipun tidak plek sama dengan Islam Sunni maupun Syiah, ya selama masa itu sampai paska Suharto lengser keprabon, kaum Ahmadiyah ini aman2 saja. Perbedaan dulu cuma diperdebatkan ,didiskusikan saja, TANPA konflik fisik… Belakangan ini lain. Mereka ,kita tahu, digebuki, mesjid dan rumah2 mereka dibakar di beberapa tempat di Nusantara. Kekerasan pada siapa saja, setahu saya, tidak dibolehkan dinegara yang ber PERIKEMANUSIAAN ini.Hukum saja tidak membolehkan, apalagi … Tuhan.
    Abu Bakar Basyir itu mungkin salah satu contohnya.

    Re hak asasi manusia : Memang selalu menurut … manusia. Itu karena kita hidup di dunia. Kalau kita hidup di surga mungkin hak asasi itu tidak diperlukan lagi. Tuhan itu sering … diam saja kalau ditanya … Doa kita tidak selalu di …dengar,apalagi dijawab. Hak asasi menurut Tuhan akan susah dicapai oleh manusia yang tidak selalu setuju dengan konsep Tuhan. Tuhan yang mana ? Tuhannya orang Samawi, Tuhannya orang Buddha ? – tidak relevan dalam agama ini – Tuhannya orang Hindu ? – Mereka punya banyak dewa2 yg disembah .

    Selama kita hidup di dunia mungkin ukuran yang dipakai seharusnya ya ukuran … manusia. Tuhan.alam memberi kita otak kan untuk digunakan. Oh ya, ketika Tuhan menurunkan wahyu Tuhan juga pakai bahasa … manusia !Tulisan untuk wahyu Tuhan juga tulisan manusia. Lha kalau bahasa Tuhan kan tidak ada orang yang paham. Dulu di Timteng sana Tuhan pakai bahasa orang Timteng – bahasa orang Yahudi,dan Arab – juga.

    Kalau kita pakai bahasa (menurut) manusia yang mengevaluasi nanti kan ya manusia itu sendiri. Kebaikan menurut Tuhan itu kan ya (harus) ditafsirkan menurut manusia, bukan menurut Tuhan … Dari sejarah kita tahu orang2 Kristen/Katholik yang gebuk2an di abad14/15. Kita juga tahu orang Islam juga tidak selalu akur dengan orang Islam sendiri. Tahun 70 -80 an kita tahu ada perang antara Irak yang Sunni dan Iran yang Syiah. Lho itu orang2 yang berkitab suci yang sama ,tapi beda tafsirnya … Kalau sama kan tidak ada … perang …

    Ulil Abshar Abdalla, pendiri JIL, itu menulis belum lama ini di JIL mengenai tafsir Al Quran itu sudah betul dari Allah,kata Ulil. Tapi TAFSIR Al Quran itu kan tafsir … manusia. Lha namanya manusia, bukan dewa /Tuhan, ya tidak pernah sempurna. Satu ayat bisa saja ada puluhan,ratusan, mungkin ribuan tafsir.

    Ngomong2, diantara orang Islam sendiri banyak yang … anti Ulil. Beliau pernah mendapat paket … bom. Gimana ini ? Islam satu, tapi pemahamannya kan lain2. Ada Islam menurut Ulil, menurut Gus Dur, menurut Cak Nurcholis Madjid, menurut Goenawan Mohamad,dll. Tapi ada juga Islam menurut Kahar Muzakkar,Kartosuwiryo,Abu Bakar Basyir,dll. Mana yang benar ? Saya tahu anda pernah menulis disini mengenai bagaimana mengerti paham yang ‘benar’. Lha, benar itu kan tetap subyektif. Benar menurut siapa ? Tidak ada paksaan dalam beragama, kata satu ayat. Prakteknya kan lain …

    Selama kita masih hidup di dunia, pakai bahasa manusia, maka`n makanan manusia, ya ukuran manusia harus tetap dipakai. Kita semua akan lapar kalau tidak makan,haus kalau tidak minum, sakit kalau digebuk, tidak peduli SARA kita. Anak2 itu akan selalu tergantung pada ortu, tidak peduli SARA kita. Orang Jawa bilang, kalau tidak mau dicubit orang ya jangan mencubit.

    Salam pro toleransi

  91. Mas Pengembara,

    Saya harap di Nusantara ini ada cukup banyak orang yang setuju dengan (pendapat) anda. Selama tidak merugikan orang lain, dan santun , kan tidak ada masalah . Lho, ini kan kebebasan berekspresi, hak asasi … Bukan seperti rejim Sukarno dan Soeharto dulu yang sering membreidel koran2 dan majalah2 yang kritis,yang mengkritik pemerintah.

    Re Si A minta dibunuh si B : Mungkin kita perlu belajar pada suku2 Indian itu. Teman saya pernah punya anjing. Kena kanker. Dokter hewan bilang karena anjing sudah tua, 12 tahun, dan kanker sudah pada stadium akhir, tidak bisa … disembuhkan … Anjing itu jelas menderita : tidak bisa jalan dan mengalami pendarahan terus menerus. Dokter hewan menyarankan supaya anjing itu disuntik supaya … mati – di ‘euthanasia’. Untuk mengakhiri penderitaan sang anjing teman saya ini setuju, meski dia sedih sekali …

    Di banyak negara ethanasia ini dilarang – untuk manusia – … Jadi kalau ada orang yang sakit setengah mati, karena kanker seperti anjing teman saya itu, misalnya, ya … silahkan menderita … No euthanasia, meski si penderita yang minta di … matikan. Cuma segelintir negara di dunia Barat mengijinkan euthanasia yang manusiawi ini, Belanda, Belgia dan Kolumbia. Ada beberapa negara bagian di Amerika yang juga membolehkan euthanasia ini, misalnya Oregon.

    Salam berbeda pendapat

  92. Para Romo… mohon pamit… Terima kasih, atas tambahhan ilmunya. Tepukan tangan di pundak ini (tadi sore), menyadarkan diri untuk kembali melangkah…… mungkin sudah cukup bagi diri ini menggayuh air kehidupan dari poro Romo yg penuh ilmu untuk menambah perbendaharaan sisip selip, perkenalan sejenak ini. SPSW… terima kasih…. ( seuntai senyum menghapus jejakku ( yg mungkin saja diri ini kecampuran darah yg menjadikan sekitar jadi kliyengan, tapi yg pastinya dan tentu saja bukan dan tidak ada satupun darah pinunjul di diri ini…. kastaku, hanyalah kasta gedibal….. ). suwun…

    • Salam Mas Melengkung….kenapa harus pamit….kami semua disini adalah sama sama manusia yang selalu bodoh…salah…kotor….lupa diri dan hal yang tidak baik yang lain……
      Kalau Njenengan merendah seperti itu maka saya adalah sama saja …..saya yang juga sebagai kasta gedibal………salam rahayu…..

    • @ at Mas/mbak melengkung . tak perlu risau dengan kasta kita. kalau njenengan masih percaya anak cucu Eyang nabiyullah adam AS , njenengan juga turunan orang linuwih pinunjuling apak apak mas. Semua yang kita terima dan kita jalani adalah hak kehidupan kita yang perlu selalu kita syukuri baik susah dan senang, sedih, bahagia, kaya miskin, sehat maupun sakit. yang penting bagaimana kita selalu belajar untuk lila legawa temen sabar dan berbudiluhur. salam damai dan sejahtera selalu.

      • met malam,,,,,,,met kenal semua sesepuh-pinisepuh kabeh sadaya…… sabangsa jeung sa tanah air……..
        Mau ikutan nimbrung donk ?

  93. MISTERI SP TERPECAHKAN

    bocoran… bocoran… siapa mau….!
    (ikut2an kang BB hehehe…
    dan maaf tdk terima sms gelap wkawkwk….)

    mohon maaf tadi sy pamit krn mau tidur dulu, ngantuk sekali…
    bangun dr tidur2 ayam, sy coba shalat tahajud.

    serunya disini,
    selesai tahajud kenapa tiba2 sy dpt firasat/ilham tentang senjata trisula weda kepunyaan kang SP.
    senjata trisula weda ternyata BUKAN senjata TETAPI 3 (tiga) orang/manusia yg diberi keahlian masing2 dibidang agama/kepercayaan sama pengasuhnya masing2.

    langsung buka aje ye….

    1. kang yesus, diselamatkan oleh yesus dan dibimbing langsung oleh yesus sendiri, gratis… hehehe….
    2. kang semar, selalu dilindungi oleh bopo semar, gratis juga… hehehe….
    3. kang jawa, kemunculannya selalu dinantikan oleh para leluhur raja2 jawa….
    4. SPnya sendiri adalah kang RD yg langsung bisa komunikasi dg Gusti Allah.

    a. bagi yg beragama nasrani (kristen/katolik) silahkan berguru ke kang bejo banget (kang yesus)
    b. bagi yg beragama (islam dr abangan sampai makrifat) silahkan berguru ke kang WM (kang semar)
    c. bagi kepercayaan/kejawen silahkan berguru ke kang tembayat (kang jawa)
    d. ketiga romo diatas silahkan kontak dg komandannya (kang RD) terima SK pengangkatan dan penugasan hehehe…

    demikian, bocoran selesai dan mohon maaf tdk ada tanya jawab wkawkwk….

    ngawur.com tutup
    (tidur lagi…. Zzzzzz…)

    salam misteri

    • Salam Mas Gamalpra…..ha ha ha lalu Mas Gamalpra sendiri piye…jadi dan akan di dhapuk menjadi apa ??……..saya hanya dibelakang saja…..kalau ngurusi Negara ini untuk jadi baik…saya mau kalau rame rame dan gotong royong….saya akan cari ilham supaya bisa bikin alat untuk mencegah orang korupsi………

      Mas ABR…Mas Gamal…saya pamit dulu…sudah liyer liyer…..besok mau nemui tukang bikin box dan sablon cover….salam rahayu…..

    • Welleehhhhh……….
      ga nyeni… babar blasssssssssssssssssss……

      • Salam Mas Bejo……

        Apanya yang nyeni…..he he he nyeni apa maksudnya buang air kecil……wkwkwkwk………

        Putusan hakim yang mulia Bao Gamalpra sudah keluar dan tuduhan dan dakwaan sudah dijelaskan bahwa kita ini sebagai anteknya SP yang sedang buron….ha ha ha ha…..saya mau naik banding supaya bebas hukuman……uhuk…uhuk…kuk….

      • Aa gamalpra………..

        apa betul yg diceritakan itu ………..?
        senda gurau atoooo plesetan…….
        kalo ya ikut berguru ahhhhh………..

      • Poro sederek….
        Kelihatannya ada semacam “Konspirasi Terselubung” di antara beberapa komentator di sini dengan tuan rumah. Bisa jadi hal ini dilakukan untuk mendongkrak popularitas Blog/Warung ini. Hati hati.. yang namanya “Terselubung” selalu terlihat “Nikmat” di depan…

        Salam “Terselubung”

        • ha ha ha…terselubung apa seperti krembuk krembuk dan ukrek dari dalam…..seperti manusia yang sedang korupsi…bergerak diam diam…..dan hasilnya…uuenaak tenaaan…..uhuk uhuk kik….

          • Kalo Kang PHK bilang… namanya “Bak Pao” beda dengan “Ang Pao”
            betul gtu ya Kang PHK…xixixixi…….

          • romo bejo banget ………

            aq ingin kenal romo PHK ada dimana gerangn……….?
            yg Aa bejo banget bilang antara bakpau dengan angpau tidaklah jauh bedanya ibarat obyek dan subyek…….
            ibarat pasangan hidup , ada uang abang disayang , bakpau kusajikan
            tidak ada uang abang aku tendang……..hihihihihihihi……

    • mengingat dst….
      menimbang dst…memutuskan:
      1.Bahwa kang pengembara dalam kondisi ngantuk karena kurang tidur
      2.Ilham yg diterima diragukan dan disinyalir dari alam markayangan
      3.tempat dimana kang gamalpra mendapat ilham akan ditinjau dan dievaluasi bila ternyata menjadi tempat tumpukan energi negatif maka akan dibersihkan,minimal dikurangi hal ini untuk menjaga keseimbangan alam dan kestabilan sosial,bentuknya ditunggu kemudian bulan maret sesuai informasi kang pengembara.

      Perlu diluruskan disini bahwa siapapun (makluk) bisa berkomunikasi langsung dh pencipta Nya,tanpa kecuali soal jawaban bisa beraneka ragam bentuk jawabannya,selama caranya betul sesuai sariat agama masing-masing.

      Jangan mudah percaya terhadap bisikan,bayangan/penglihatan2 tanpa ada pengujian,karena bisa saja itu tipu daya daya dunia markayangan.Penguasa kegelapan sedang mencari bala dg melempar kail sampai jala pukat harimau,,,,hati2 dan eling waspada.Umpannya bisa berupa kenikmatan sahwat,kenikmatan,perut,kenikmatan kekuasaan,kenikmatan dunia bayang2/ghaib.

      Tunggu saja siapa pun yang diberi/dibabar hakekat-makrifat “PAKU JATI TRI JAYA NUNGGAL” itulah sosok yang terpilih apapun agamanya.

      Silahkan para romo,para wiku,para resi,para normal dan para tdk normalpun boleh silahkan kupas.Saya melihat dabalik para sepuh/para sanak kadang disini punya guru2 spirtual/pembimbing/pendamping baik yg nyata maupun ghaib dan pengalaman jam terbang yg cukup tinggi,monggo dipun babar.

      • Salam Mas Tembayat…….

        Kalau tidak salah lihat…..Mas Tembayat juga sudah menerima putusan majelis gaib…..menjadi salah satu tertuduh sebagai Satrio Jawa…ha…ha…ha….apa akan ikut naik banding seperti saya……..

        Dimana ya…Mas RD yang mulia……saya mau lapor tentang nasib saya…uhuk uhuk…kik…..

  94. romo tembayat……

    paan tuh ! paku jati tri jaya nunggal………..??

  95. Salam hormat sedoyo sederek dan poro sepuh……..

    Saya selalu menikmati dan belajar dari semua teman di dunia maya dan ternyata banyak manusia winasis dan pinunjul dalam babakan urip didunia maya ini …laku lakon topo broto….lelaku yang seperti itu sepertinya ujug ujug datangnya dan kita menjadi tertarik dalam ngilmu untuk ngiman ini tanpa kita ketahui sebab awalnya……..

    Percaya dan tidak percaya dalam soal yang tidak bisa dilihat atau gaib ini tetap menjadikan suatu pertanyaan yang sulit dijawab atau diterangkan ketika kita sedang mengalami hal ini maka akibat dari itu maka kita seakan sebagai pribadi yang berbeda dari manusia biasa…..kita bisa menjadi manusia yang nganeh nganehi…ora umum…ora wajar…bisa menjadi manusia super baik dan bisa jadi super jelek di mata manusia….nilai yang kita terima atas respon dari ilmu dan manusia lain tersebut…….

    Saya sebenarnya sangat jauh dari yang Njenengan duga bahwa saya mungkin dinilai baik dan benar oleh anak anak dan para teman saya dan kalau saya didunia ini dinilai manusia winasis atau pinunjul …mohon maaf…dugaan itu saya sanggah…maaf….saya ini orang yang sangat biasa dan tidak nganeh nganehi…..saya kurang ngerti kitab…kurang dari ajaran baik agama….tidak ada sosok manusia yang sebagai guru spiritual….saya yang dari dulu selalu seperti manusia ngetuwel dalam menjalani jalan panjang hidup…seperti mengayuh dengan sepeda ontel reyot yang sudah tua…..sangat pelan…berat dikayuh….memeras tenaga….ha ha ha merasakan nelongso karena medan perjalanan yang saya lihat disepanjang mata melihat adalah jalan yang tidak lurus mulus….tetapi jalan yang bergelombang dan gronjal dan banyak kubangan……ha ha ha kita yang bisa jatuh ndlosor bila mata tidak awas dan teliti….mata kita yang tidak bisa selalu tolah toleh….

    Kenapa jalan itu tidak lurus dan mulus…..apa sebenarnya arti hakekat dari jalan yang lurus…..dan dimana ujung dari jalan lurus dan seperti sempit itu dan lalu pelajaran apa yang kita ambil bila pandangan mata kita tidak boleh tolah toleh…mata yang harus metenteng melihat kebawah saja…..ada apa diujung jalan itu dan siapa dan apa saja dipenghujung jalan itu…maka kita harus tahu dan harus menduga apa jawabnya……jawaban yang mungkin menggembirakan hati dan membahagiakan hati kita dan hal dan jawaban itu sebagai penyemangat dalam mengayuh sepeda onthel yang reyot dan berbunyi kriyet kriyet itu…..ha ha ha….

    Ketka manusia yang sedang dirudung masalah dan himpitan hidup dan ternyata manusia itu selalu tegar kuat dan bahkan masih bisa tersenyum dan tertawa riang dan selalu bisa menjaga rasa baik kepada dirinya sendiri dan kepada manusia lain maka apa sebenarnya yang menjadikan manusia itu kuat nyonggo uripe…..pasti dan pasti didalam dirinya ada apa apanya……..ketidak wajaran atas perilaku manusia ketika nyonggo uripe……seperti cerita nabi Ayub….dan menurut saya ketidak wajaran itu itu adalah sangat wajar….wajar yang sesunggunya…..

    Apakah kita semua sudah menemukan jawaban atas urip kita masing masing….atas duka dan suka ini…..atas kurang dan lebihnya dan bagimana kita mejadi sangat tidak terpengaruh oleh itu dan katalis dan penghantar apa supaya kita bisa selalu netral dan menjadikan keadaan yang berkebalikan itu seperti hal dan pandangan dan rasa yang sama dan tidak bisa mengalahkan rasa yang lain ketika bersusah payah mengayuh sepeda ontel itu……….nuwun….

    • romo WM……….

      lajeng sekecone pripun ????
      supadoso gangsar rejekinipun romo WM…….

      kawulo nyenyuwun dumateng gusti ingkang murbei dumadi supadoso ,romo angsal kanugrahan rejeki ingkang katah ! lambah-lambah, yotrone, lambah-lambah griyanipun, katah garwanipun, hihihihihihihihihi……

    • Kang Mas WM Jawabnya aja gumunan ini pesan Eyang Sri Sultan Hamengku Buwono Sayidin Panata gama Kalifatullah ingkang kaping 9 , lalu belajar lila legawa temen sabar budiluhur yang ini sebagian dari janjine satria pinandita Mas. nuwun semoga semua mahluk berbahagia dan bersuka ria. salam Indonesia adil makmur.

  96. Ada sms gelap masuk ke hape saya.. berbunyi

    Nabi Muhamad dulu juga sembunyi sembunyi. lalu akhirnya terus terang
    Nabi Isa malah lebih hebat lagi. sejak bayi sudah terus terang..
    Lhaa ini Romo Wiji kan sudah lama sembunyi.. sudah waktunya nongol….
    meski orang lain yang memproklamirkan… Sudah takdir Romo Wiji
    Semua akan tampak terang benderang….
    Ojo nggumun. sopo siro sopo ingsun

    Nggih Romo Wiji.
    Dalem namung saged nyekseni sejatosipun Romo Wiji meniko sampun dados Manungso Pilihan…Kulo tumut ndherek madhep manteb marang Romo Wiji

    • yo wis ,nek pancen ngono aku mung biso mangayu bagyo ajo diundur yen maju,ajo dimajoke yen karepe mundur.
      saiki ditanting wae sanggup apo ora ?
      Jan jane sing sanggup jagone apo botohe ha ha……….

  97. Romo Wiji
    Kapan sekiranya saya bisa sowan k surabaya.
    Monggo sedherek sami sowan dumateng Romo Wiji…
    ingat..
    Segeralah menghadap dan memberi hormat….
    Kita berangkat sama sama.. Akomodasi di tanggung………….
    transport ditanggung……………..
    Konsumsi ditanggung……………

    Salam Sungkem

  98. Met malam .. para Romo ..pengunjung dan semua saudara.. di pndok ini ..

    Hari ini lampung berduka..perang antar suku terjadi antara
    Hindu VS pribumi Lampung ..

    2 pura dan 30 rmh dibakar ..

    mari kita doakan saudara kita yg ada di Lampung .. semoga mereka dilindungi oleh Allah yg ESA.

    Semoga ada jln yg terbaik ..tidak gengan anarki ..

    salam prihatin…..

  99. Mbak Nuning
    Mohon disertakan alamat/link nya supaya kita semua dapat membaca berita tersebut sehingga tulisan Mbak Nuning tidak terkesan main main.
    Suwun

    • Salam….berita di Detik dot com…..tawur bentrok antar warga…..sudah diupayakan debgan jalur damai dirumah dinas bupati lampung selatan

  100. Salam kepada semua teman yang terhormat….poro pinisepuh………

    Membicarakan dan membahas soal kemunculan SP memang sangat menarik perhatian kita semua dan saya serta anak anak juga menanti…alasan kita dalam hal ini memang berbeda……

    Saya pribadi hanya menduga dan mengira ira apakah Negeri ini mampu bertahan berdiri sampai 5 atau 10 tahun kedepan dengan keadaan dan kondisi yang seperti sekarang……

    Apakah SP mempunyai kecerdasan yang luar biasa dan juga ide yang sangat cemerlang dan…maaf…apakah SP mau dan mampu untuk bertangan besi dalam memerintah negeri ini…..senjata tri sula weda sudah bermakna jelas bahwa kejujuran selalu dan sangat dijunjung tinggi…kebatilan dan keculasan kecurangan pasti akan terhukum……

    Kejahatan yang luar biasa yang telah dilakukan rakyat kecil mungkin hal yang sangat sepele dan tidak sanghat merusak negeri ini….kejahatan terselubung yang dilakukan para pejabat menengah dan tinggi itulah yang sangat merusak perekonomian negeri…merusak…menghambat kemajuan negeri….membodohi rakyat dan tidak bisa mencerdaskan bangsa……..
    Sifat dan perbuatan mereka yang akhirnya dicontoh dan diikuti oleh para manusia top markotop berkelas teri yang dibawah….korupsi berjamaah dengan teknik dan siasat yang sudah seperti terprogam dan seperti tersistim dan terpola dengan rapi…..mereka seperti hama wereng yang merusak sawah dan gagal panen……

    Bagaimana seorang pemimpin bisa mencetuskan ide yang cemerlang dan bisa menghimpun dan melahirkan SDM masyarakat yang cerdas dan mandiri yang bermanfaat bagi manusia disekelilingnya kalau para pemimpin dan pejabat adalah bukan pribadi yang baik…pribadi yang ego…pribadi yang kedonyan….pribadi yang tidak jujur…tidak cerdas.. tidak halus budi.. tidak membela keadilan… bukan pejuang… tidak membela dan tidak menghormati bumi pertiwi….pribadi yang tidak mau dan tidak mampu mewarisi sifat benar dan niat agung dari para leluhur dan juga para pahlawan negeri ini………..

    Menurut saya….tanpa kejujuran sebaiknya orang itu mati saja…..manusia normal dan cerdas pandai berpotensi yang tidak manfaat kepada manusia lain sebaiknya mati juga dengan membunuh dirinya sendiri…..untuk apa hidup dengan kecerdasan dan keahlian tertentu bila ilmu itu hanya untuk pribadinya sendiri dan bahkan merusak tatanan dalam bermasyarakat dan bernegara……

    Saya hanya menduga atau berteori saja atas dasar pengalaman hidup saya……ketidak jujuran tidak akan membuahkan dan tidak mungkin melahirkan kecerdasan dan kesadaran….ketidak jujuran tidak akan menumbuhkan budhi…..ketidak jujuran tidak akan bisa mewakili..memperlihatkan…melahirkan dan mewakili intelektual suatu ilmu….karena tidak jujur adalah kebohongan dan kemunafikan….membohongi dirinya sendiri dan merendahkan jiwanya sendiri dan merusak pribadi dan mencoreng moreng citra sebagai manusia yang terbukti dan diyakini sebagai mahluk berakal dan berbudi……..

  101. Salam dan hormat saya…….

    Apa apa yang ditulis para Panjenengan sebagai komentar yang ditujukan kepada saya maka bagi kami dugaan itu adalah hal yang berlebihan dan juga hal tidak masuk akal….semoga tulisan itu adalah guyon dan senda gurau…he he he sebagai metoda dan cara mengurangi stress dengan hiburan menghibur diri….tertawa itu memang sehat dan sangat perlu untuk jiwa kita….ha ha ha…supaya selalu bisa fresh….riang gembira….

    Apa apa yang kami terima adalah amanah dan mungkin adalah ujian cobaan….ilmu kami yang sangat cethek dan sangat sepele dan sangat biasa dan ilmu itu hanyalah untuk kami dan sekitaran kami ….hanya ilmu elektro audio…..hanya ilmu otodidak

    SP dan ilmunya bagi saya adalah ilmu aneh dan ora umum…..ilmunya harus seperti kelasnya Nabi…berkelas seperti ilmu dan pribadi Budha…embuh…apa namanya ilmu itu……..
    Dalam hidup ini kita sebaiknya membuka sedikit atau belajar sedikit apa yang ada dalam alam dan pola pikir Sang Budha…..bahwa semua perbuatan diri yang akan berbalik menjadi kamma…karma hukum alam…jelek dibalas jelek…bagus dibalas bagus….hukum keadilan yang bukan hanya menimpa tubuh jasad tapi juga jiwanya……kita ini yang hidup seperti melewati jalan melingkar seperti bulatan…awal dan ujungnya ternyata adalah titik yang sama…..kita yang dihukum dan diberi kebahagiaan oleh diri kita sendiri…akibat dari perbuatan kita sendiri…..

    Budha yang mampu memanage mengatur dan mengawasi semua rasa hidup yang ada dalam dirinya….he he he Budha yang kita anggap sebagai ajaran yang tidak mengenal Tuhan…maaf…bukan bermaksud Budha tidak bertuhan tetapi beliau tidak membicarakan tentang Tuhan alam semesta kepada manusia atau muridnya…..menurut saya Budha adalah melebihi dari ilmu agama yang lain dalam soal mengenal dirinya sendiri dan ..maaf…Budha adalah sosok manusia yang berilmu makrifat dan pola mengajarnya memang sangat beda dengan agama samawi….ha ha ha kita yang hanya salah menduga dan salah menafsiri ajaran Budha itu……..

    Apa maksud dari sosok manusia yang sudah lulus ajaran weda jawa….SP dalam ramalan itu sudah jelas dikatakan sebagai penyandang predikat itu….maka apa agama SP menurut Njenengan semua.
    SP pastinya ber Tuhan….apakah beragama Islam…Budha….Kristen….kepercayaan atau tidak beragama ??…….bagaimana SP menjelaskan soal Tuhan dan memperlihatkan perilakunya persis sama dengan maksud ajaran semua agama……tanpa menyalahkan…tanpa menghujat….tanpa menghina…….beliau yang mungkin mampu menjawab semua pertanyaan soal manusia dan soal Tuhan…..lha piye carane ??…..mbingungke…..

    SP yang menurut saya mempunyai kecerdasan yang luar biasa…sifat dan syarat yang harus dimiliki seperti seorang Nabi Rosul dan ada sesuatu ilmu lain sebagai penguat dan bukti sebagai pemimpin yang mumpuni…..SP yang seakan akan adalah kesatuan banyak jiwa dan banyak kecerdasan……..

    Untuk para Panjenengan semua……mohon maaf bila saya merasa tidak enak atas dugaan kepada saya.bahwa saya seakan manusia yang linuwih…..
    Saya memang penggemar dan hormat kepada SP karena beliau seperti wakil Tuhan dan wakil alam ini dan saya bukan dan sangat jauh dari pribadi dan ilmu SP…he he he kalau guyonan mbok yo ojo mangkono….tulisan ini dibaca banyak orang…..sebetulnya sangat banyak pribadi dan ilmu yang lebih tinggi dari saya……

    Mas Bejo Banget…Mas Gamalpra…poro sepuh….jangan tersinggung…..saya membantah atas dugaan poro Panjenengan.kepada saya……..Nuwun….

    • Mas WM,

      Re agama SP : Mungkin tidak begitu penting. Yang lebih penting adalah apakah SP nanti bisa mengayomi semua warga Nusantara apapun SARA nya. Konghucu yang arif – hidup sekitar 500 SM – pernah ditanya mengenai ‘apa yang terjadi nanti setelah kita mati nanti’. Beliau menjawab,’ Lha wong urusan di dunia ini saja saya banyak yang tidak tahu, apalagi nanti setelah mati…’

      Agama itu sering seperti … pisau yang tajam. Pisau itu bisa dipakai untuk mengiris pepaya atau apel, lalu pepaya atau apel bisa dimakan bersama-sama dengan teman2. Tapi pisau juga bisa dipakai untuk … menusuk orang …
      Kita tahu di Nusantara korupsi merajalela,padahal mayoritas warga kan beragama, meskipun cuma agama KTP. Tawuran antar pelajar juga tidak jarang terjadi. Tempat2 ibadah juga sering dibakar di Nusantara. Yang membakar kemungkinan besar ya orang … beragama …
      Kesimpulan gampangan : Agama kurang, atau tidak selalu, atau mungkin tidak membuat penganutnya menjadi orang baik.

      Saya percaya KALAU nantinya SP datang, beliau tidak akan memaksa orang beragama A,B,C atau D. Tapi mungkin beliau akan bisa ‘membuat’ atau ‘menyadarkan’ manusia Nusantara bahwa kita perlu me … manusiakan diri sendiri DAN memanusiakan orang lain, yang berarti a.l bahwa orang lain mempunyai harga diri yang SAMA dengan kita, dan mungkin juga beliau akan bisa menyadarkan kita untuk selalu bertindak dengan semangat persaudaraan, seduluran dengan orang lain apapun SARAnya. Sedulur tidak pernah gebuk2an …

  102. @ kang WM,

    nggak apa2 kang WM, nggak usah kikk.. kuk dan serba salah, panjenengan didaulat temen2 sebagai SP merupakan penghormatan dari kelebihan2 yang panjenengan miliki, temen2 melihat dan salut sama kang WM, dan karena berharap SP segera muncul, maka temen2 mendaulat kang WM sebagai SP, bisa jadi maksdu temen2 untuk memancing reaksi temen2 yang lain.

    saya pribadi melihat sosok SP seperti yang sudah pernah saya muat di blognya kang eddy, beliau memang linuwih, akan tetapi kelbihan itu tidak tampak dimuka umum, dalam keseharian beliau hanyalah orang biasa.

    pendampingnya banyak, akan tetapi hanya sedikit orang yang mampu mengenalinya ( bisa jdai termasuk kang ABR, kang WM maupun tembayat )

  103. warung pojok tempat ngrumpi para dewa agak sepi…
    mungkin akibat pengaruh bomnya teroris yg hobi mengintai…
    para dewa kelihatan masih pada mabuk kliyeng-kliyeng….

    saling lihat… saling tunggu…
    dg penuh rasa kikuk….

  104. Salam Mas Sandi….Mas Gamalpra…Mas Baladewa juga semua poro sepuh…….

    Barusan istirahat kerja…nanti balik kerja lagi…..badan dan pikiran setengah loyo…..

    Mas Sandi….saya hanya menganggap ini adalah senda gurau saja…dan kebetulan yang senang gojekan adalah para teman kita yang memang manusia spiritual….jelas saya kik kuk dan tidak bisa ngomong banyak dan apalagi tersinggung…lha wong kita semua adalah teman akrab dan saya anggap saudara sendiri…..he he he yang jelas itu adalah metode untuk riang dan cari hiburan dengan nggojlog orang sendiri dan kalau hal ini serius maka jelas saya tolak…….

    Mas Gamalpra….ha ha ha ternyata Njenengan adalah bukan orang biasa….kura kura dalam perahu…..Njenengan sepertinya bisa menebak garis tangan orang atau tentang nasi orang……bercanda Mas……

    Soal rumah discotik…weeeh….sangat sayang bahwa rumah yang menyediakan menu makanan budi luhur ternyata bisa sepi juga dan mungkin saja kokinya sedang absen dan makanan itu menjadi selalu tidak ada……

    Mas Baladewa……agama bisa saja menjadi sangat penting dan bahkan bisa saja menjadi tidak berguna sama sekali bila dalam keadaan yang sangat kritis dan rawan sensitif dan hal itu biasanya perang antar kepercayaan agama……..

    Agama yang sepertinya tidak pernah membahas agama lain dan tidak pernah menjelekan agama orang lain mungkin ajaran Sang Budha……
    Budha yang tidak menerangkan soal Tuhan dan Budha yang tidak menjadikan Tuhan menjadi diluar dan jauh dari diri manusia dari hati dan logika pikirnya……
    Budha yang seakan berbincang dengan dirinya sendiri untuk mencapai kesadaran sempurna dan kalau boleh saya simpulkan dan mohon maaf sebelumnya kepada porosepuh bila saya mengatakan dan menduga bahwa sebenarnya Budha adalah manusia yang bermarifat kepada Sang Pencipta alam lewat cara mengenal dirinya sendiri…..saya menjadi ingat soal cerita Bimo dan Dewa Ruci……

    Agama sebenarnya adalah pribadi dan mendidik dirinya sendiri…mengenal apa yang diluar dirinya dan apa yang didalam dirinya dan apa yang dilihat Budha diluar dirinya adalah sama dengan apa yang didalam diri Sang Budha sendiri…..Tuhan atau Gusti Allah adalah tidak jauh dari diri manusia dan kenapa kita seakan menempatkan Tuhan diluar diri kita dan bertempat sangat jauh dari kita…..kita ini sebenarnya telah tertipu oleh sifat wadag kita…sifat yang timbul dari jasad dan bersifat tidak langgeng…….ha ha ha saya jadi ingat pula dengan apa yang sedang diteriakan oleh Syeh Siti Jenar ditelinga para wali yang lain….ternyata eeh ternyata apa yang dimaksud oleh syeh Siti Jenar adalah sama dengan yang dimaksud oleh Sang Budha….kita saja yang mungkin kurang cermat dan tanggap soal agama dan soal Tuhan……….salam rahayu……….

    • prabu haryang kencana

      kang WM……..

      apa yg dibabarkan panjenengan cukup bagus…….bahwa ajaran budha lebih menitik beratkan pada ajaran prilaku/budi pekerti…..hubungan horizontal lebih diutamakan ketimbang vertikalnya /hubungan kepada yg maha pencipta.
      agama budha mengajarkan begitu memang tdk bisa dipersalahkan karena sidharta memahami hanya sebatas itu , aliran kepercayaan mana yg akan dipilih kita dihadapkan beberapa aliran keparcayaan agar dunia ini terhiasi aneka ragam serta semerbak harumnya pernak-pernik dalam menjalankan keyakinan, toh semuanya itu bermuara pada perbaikan prilaku/moral maunusia agar manusia itu jangan merugikan orang lain serta meriugikan dirinya.sendiri.
      agama adalah ageman/sandang/pegangan, dalam kita menjalani keyakinan didunia,sampai kita menghadap kehadirat allah swt.

      yg dimaksud kita diwajibkan menjalankan keyakinan agama, bukan seremonial ritual semata, akan tetapi esensi dari pelaksanaannya menuju pada perbaikan ahlak/moral. tak heran kita temui orang yg tekun menjalankan agama tetapi kelakuannya berbeda dengan seruan agamanya……..

      sedangkan penjabaran dari MORAL / AHLAK adalah ilmu yg mempelajari prilaku hidup berdasarkan tuntunan agama….dalam meraih kemulyaan hidup menuju ridha tuhan yang maha kuasa.

      esensi dari orang yg bermoral hidupnya tidak mau merugikan orang lain maupun dirinya, dalam keseharian beguna bagi keluarganya maupun orang lain.
      arti merugikan orang lain bukan berarti benda orang lain yg kita curi atau dirusak, akan tetapi hati / perasaan seseorang jangang sampai dilukai karena ucapan atau perbuatan. begitu juga perbuatan yg dapat merugikan diri kita adalah perbuatan yg dilarang agama maupun negara yg menerima azab/penjara adalah diri kita sendiri.
      meskipun setiap insan manusia amatlah sulit dalam menjalankan perbaikan diri menuju keselamatan hidup, yg maha kuasa pencipta alam semesta membuka jalan bagi kita melalui pintu agama atau aliran kepercayaan kepada tuhan yg maha kuasa
      melalui jenjang ilmu syariat,tarekat,hakekat dan makrifat………

      salam sejahtera…………uraian ini, sebagai bahan renungan.

  105. rikuh, pakewuh, sungkan, kikuk….

    sebuah kata-kata indah yg sangat tepat untuk mempererat persaudaraan,
    supaya jangan terluka hatinya…

    rikuh, pakewuh, sungkan, kikuk…
    ada saatnya harus disingkirkan demi untuk sebuah kebenaran, menegakkan kebenaran… kebenaran sejati…

    ah terlalu serius…. mboseni…

    direwangi kungkum mrana-mrene, adus kembang saben wengi….
    direwangi nglakoni ngedan nganti rambut dawa ora keurus….
    direwangi mlayu nggendring ngadohi panggonan kepenak golek sing paling wingit….
    semata-mata hanya ingin sekali menjadi kekasihNya…

    lha lakone nopo mbah…?

    “inilah hari yg kutunggu setelah 500 th kumenanti”
    “semar ngejawantah!”
    “turun ke 2xnya ke dunia”

    lho mbah, kok wektune pas….?
    yo mboh le… delokken wae mengko….

    yang disana sdh pernah kena teguran, lho le… kowe kok isih ana ning kene, kowe ditunggu lho karo kancamu 3 ning kana…
    yg disitu sdh diperintah supaya sedikit demi sedikit mengurangi urusan dunia… ning omah wae…
    yg disananya lagi, ojo cem-macem taiye…. ojo neko-neko…

    ayo kerja… kerjaa…..
    kerja rame-rame, kerja rombongan, kerja gotong royong supaya beban tdk terasa berat …sesuai hukum alam…

    bagaimana klo posting dulu…?

    “kejawen sejati menggugat!”
    “islam sejati menggugat”
    “nasrani sejati menggugat”

    lama-lama ketemu benang merahnya…
    “indonesia sejati menggugat”

    sekian dulu, ga bisa nglanjutin, konsentrasi buyar gara2 ada sms gelap masuk.

    ngawur dot com
    makin ngawur dan makin gendeng akibat akigendengbanget.

  106. Salam kenal Mas Syeh……selamat pagi..

    Ceritakan kepada kami semua apa apa yang menurut Mas Syeh adalah baik dan bermanfaat…..

    Kalau kami semua disini adalah orang orang yang salah maka tunjukan ajaran yang benar kepada kami dan kami akan menyimak dawuhnya Mas Syeh……

    Mas ABR…dimana Njenengan.??…….

  107. Mas Gamalpra…Mas PHK…..Mas Bejo Banget…..Mas ABR……weeh….apes nasibku….lha wong pulang kerja dan ingin istirahat dirumah lha kok saya kena damprat tamu agung…….iyalah tidak apa apa…..saya ini kan menulis ngawur dan menuruti kata hati saja…..kalau itu menjadi tidak benar maka itu adalah kewajaran saja dan mohon apa apa yang salah dan tidak benar semoga ada poro sepuh yang membenarkan dan meluruskan kesalahan saya…….

    Mas Gamalpra…..anak saya yang ditempat kerja pernah bilang kepada saya bahwa dia senang komentar Njenengan di rumah discotik dan pernah menyapa Mas Gamal disana……lalu dia saya beri cerita …..dia hanya bilang…lho iya bener tah ??……. saya jawab…iya benar……

  108. Salam Cak WM.
    Maap…….gak sempet cangkrukan cak…..lagi onok tugas dadakan.
    Lho….cak…..cik kurang ajare tamu peno…..gak perlu diregani tamu koyok ngono.
    Nulis nuruti opo jare ati kui wong jujur cak….lha nek digae-gae… mbujuki..tak iye.
    Selamat cak WM sbg Ka SP…..eh…opo ….WaKa SP ….kang Gamalpra. KaDit…kang BB, kang Tembayat, Kang Sandi….kalau kang RD…Ka Dewan Penasehat….he..he..he.
    Saya…..cukup jadi tukang sapu saja….kotor-kotor tak saponane.

    • Salam Mas ABR…….

      Hari ini saya sudah kerja mati matian…..sudah kepala 5 masih saja terus kerja keras…..saya sekarang menjadi sangat sulit tidur….saya sepertinya kena pelet Njenengan kalau sudah ketemu lalu bisa ngantuk…..laha piye ora ngantuk…lha wong wis parak isuk….he he he…..

      Saya nderek Mas ABR saja…..jadi tukang kebun…..dirumah SP…….

      • He…he…he…. cak……syukurlah nek wis isok ngantuk.
        Lho…..lha nek cacak melok dadi tukang sapu….wah…tukang sapu dadi munggah drajate.
        OK…cak…reged sing ketok tak saponane, sing gak ketok….cacak sing nyapu..sip dah.
        Omahe SP…sak Nuswantoro e……… cacak sanggup? ayo….rawe-rawe rantas cak.

        • Mas ABR…..Njenengan salah satu teman saya disini yang mungkin masih percaya dengan cerita saya…..cerita seperti komik khayalan…..

          Si Slamet anak angkat saya yang diuber uber oleh beliau untuk puasa 40 hari ….tata cara hampir sama dengan puasa ramadhan….sudah dijlankan…….

          Setelah itu dia diajak jalan jalan oleh sosok berbaju putih putih yang berselempang selendang kuning yang dililitkan dipundak dan dilehernya….seperti dijaman dulu…alam padang pasir yang model rumahnya berbentuk kotak kotak dan tersusun seperti dari batu….rumah itu cukup banyak…berderet dan ada yang bersusun…setelah masuk disalah satu rumah itu beliau hanya sedikit memberi nasehat.kepada si Slamet…belajarlah hidup ini supaya selalu benar…untuk bisa menjadi manusia yang benar dan bersabarlah……..

          Mas ABR…..sudah 2 kali ini dia diajak ditempat seperti itu… …apa tanda peristiwa gaib ini….dan kenapa sosok gaib selalu mengawasi……Nuwun…..

        • Mas ABR…..jangan tanya kepada saya soal hati saya terhadap negeri ini…..hampir setiap hari saya mikir negeri ini.untuk bisa menjadi baik…..ha ha ha sangat sayang bahwa saya bukan sebagai orang penting dan tidak punya kuasa atau kekuatan….tapi yaa….tidak apa….hanya dengan doa dan sugesti baik sepertinya sudah cukup bagi saya…..

          • Cak WM…….rumah bentuk serba kotak-kotak adalah ciri rumah di Timur Tengah dan Asia Barat serta sebagian Asia Selatan.
            Hmmm…ada kemungkinan putra cacak adalah keturunan dari sana dan masih diawasi karena ada kecenderungan menyimpang dari kebenaran….maap as-bak nuruti naluri.
            Saya tahu jerohannya Cak WM….Doa dan sugesti dari orang yg benarlah yg mujarab.

          • Mas ABR….menurut batin Mas ABR….apa yang mungkin salah dari anak saya…lha wong anak ini sholatnya khusuk…..pernah dioperasi dada dan tempurung kepalanya oleh beliau berbaju putih putih dan bertutup kepala dan wajah tersembunyi….he he he sampai sekarang kami tidak tahu siapa beliau itu……..

            Anak ini dulu mungkin saja gila bila tidak bertemu saya…dia yang sering diuber uber Nyi Roro Kidul untuk dijadikan suami…..semenjak bertemu saya dia menjadi khusuk dalam sholat…puasa senin kamis…puasa 40 hari….dan yang lain…..

            Mas ABR…apa yang Njenengan ketahui jerohan saya…..saya benar benar bertanya…apakah sama dengan yang diketahui oleh anak anak saya……boleh dijawab kapan saja bila sudah berkenan….saya pamit dulu…mata saya sudah liyer liyer….salam rahayu………….

          • Salam Cak…selamat istirahat.
            saya juga sudah mulai angop….mohon pamit dulu cak…..sudah ada yg uluk salam dari masjid sebelah rumah.

    • Salam kang ABR,

      hormat grak…!
      maaf kang ABR, sy bukan KaDit…, tapi lebih cenderung ke protokoler,
      lebih enak kyanya… satu-satunya bawahan yg berani menegur atasan!

      bos, disini lho duduknya… jangan disitu… disitu kan tempat duduknya tamu..
      lain hari,
      bos, gimana nih si bos… berdiri ya disebelah kanan… masa berdiri disebelah kiri… yg berdiri disebelah kiri itu tamuuu… makanya bos ga usah mikirin elektro lagi, itu sdh ada yg ngurusin… tugasnya si bos skrg ngurusi negara… bukan ngurusi remeh temeh…!

      si bos sambil cengar cengir dan garuk-garuk kepala yg tdk gatal bilang, oalah mass… ya harap maklum to… wong masih baru… belum biasa…. lagian sy ini sdh tua lho mbok jangan dimarahi terus… nanti kliyeng-kliyengku kambuh….

      wkwkwkwk……

      salam sehat selalu

  109. Salam Mas Bejo….Mas Kuda Gunung…..Mas Gamlapra….Mas ABR…..Mas Tembayat dan semua porosepuh…….

    Saya menjadi ingat pengalaman di blog EC…di blog discotic dan ada yang lain….rumah yang awalnya mungkin sepi dan kemudian menjadi ramai dan lalu..eng ing eng….muncul sesuatu lain yang bersifat negatif dengan akibat yang kurang nyaman bagi para pengunjung…….

    Tidak perlu hal hal yang seperti itu dimuat disini karena isi dan maksud dari perbuatan itu kalau dibaca dengan sekilas akan berkesan kurang nyaman bagi saya pribadi karena sudah jelas ditujukan kepada saya…..iyalah …tidak apa….memang saya tidak perlu menulis yang sepertinya berlebihan……ha ha ha bagaimana nanti Saudara Syeh bisa tahu bahwa saya hanya tukang OMDO atauTIDAK OMDO….mau BUKTI…tunggu saja apa yang sedang saya perbuat untuk manusia disekitar saya….dan itu bisa Anda lihat nanti 1 atau 2 bulan kedepan dan kalau ternyata saya adalah manusia yang mampu berkarya dan berguna bagi banyak manusia maka TUTUP MULUT ANDA yang kotor itu….yang hanya cas ces cos menebar fitnah…..kalau mau bukti sekarang juga maka saudara bisa menelisik apa saja yang pernah saya perbuat dalam hasil karya elektronika di Surabaya……..

    Panjenengan Syeh yang mungkin manusia terhormat atau yang ingin saya hormati….baik…saya akan selalu hormat kepada siapapun kalau memang manusia itu perlu dihormati….sekali lagi saya tegaskan dan supaya Anda dan semua teman bisa mengerti apa yang saya maksud bahwa rumah ini atau rumah sekolah yang lain adalah yang membicarakan soal hal hal yang tidak nalar dan tentunya tulisan dan semua komentar para tamu yang terhormat sepertinya juga hal yang tidak nalar dan sepertinya saudara mengerti soal itu…….

    Apakah Anda manusia agamis atau atheis maka bagi saya itu bukan masalah saya dan yang membuat masalah adalah komentar Anda yang seperti mengejek semua tamu yang saya hormati disini…….kalau Anda adalah orang munafik atau atheis maka saya tidak perlu mendengar keterangan kepada saya karena mungkin saya tahu jawabnya…..ha ha ha paling paling ya begitu saja jawabnya…enteng dan sangat sederhana…….

    Kalau Anda adalah orang yang agamis dan terserah Anda itu beragama apa dan merasa sudah menyembah Tuhan maka saya perlu mendengar ulasana Anda soal bagaimana Tuhan Anda dan bagaimana definisi Anda soal Tuhan yang sampean sembah karena hal itumungkin sangat bermanfaat bagi saya atau kita semua……………

    Jangan menulis yang tulisan itu hanya bermaksud seperti…cethek ilmu dan hanya sangat dangkal….tulis yang sangat bermutu soal hidup benar dan saya mau menjadi murid Anda……..terima kasih……

    Mohon maaf kepada poro sepuh…..saya mnulis yang mungkin seperti orang top markotop…saya hanya berniat hal yang baik dirumah ini dengan ajaran asah asih asuh….Nuwun…..

  110. Salam Mas SPSW…….ha ha ha apakah tulisan saudara Syeh itu tidak masuk spam memang disengaja …Mas SPSW….mohon maaf sebelumnya…..

    Logika saya sedang saya pakai…bila ajaran disini adalah asah asih asuh maka tulisan yang menyerang kepada diri seseorang seharusnya tidak dimuat….kalau ajaran itu adalah asah asih asuh dan mengkritik tamu yang lain demi menyadarkan dan menasehati maka tulisan itu bisa dikiaskan dengan nama lain atau denan cerita yang lain….tidak terlalu jelas mengarah kepada seseorang dan kalau saya disindir…tentunya mungkin saya mengerti atau merasa….tapi hal ini sudah terjadi dan mohon maaf bila saya telah tersinggung……

    Saudara Syeh…..Anda pasti sangat tidak tahu hidup saya sehari hari karena kita tidak pernah kenal dan tidak pernah berkumpul disetiap harinya dan saya juga tidak tahu hidup anda sehari hari dan masalah hidup dan cerita hidup itu urusan kita masing masing….Anda mau nyungsep…guling guling…leyeh leyeh dlosor….makan makanan ini itu …mau hidup sehat atau mau hidup nyrleneh atau mau mati bunuh diri itu urusan sampean sendiri…..tapi kalau Anda sudah masuk wilayah hidup manusia lain dan bersifat menyalahi aturan hukum bermasyarakat dan merusak atau menghina maka ada hukum dan sangsi dari hal itu……

    Tulis sebuah artikel yang menarik bila anda adalah manusia berpengetahuan benar dan manfaat bagi manusia yang lain…….kalau tulisan sampen hanya bernuansa tidak nyaman….tidak mendidik….selalu sok benar dan padahal salah maka anda sebenarnya manusia munafik dan kalau saya kiaskan sifat dan perbuatan anda mungkin seperti benalu atau hama wereng atau kutu busuk…tahu kan kemana dan apa nasib dari mahluk seperti itu…pasti digithes dan dimusnakan oleh manusia…..

    Sekian dan maaf kepada Mas SPSW dan semua poro sepuh…..saya berangkat kerja dulu supaya menjadi manusia sebenarnya dan manfaat dan bukan sebagai hama atau benalu….bukan sebagai orang yang hanya OMDO dan MUNAFIK seperti yang sudah dituduhkan oleh tamu agung….yang bernama TUAN AGUNG SYEH….ha ha ha salam rahayu…..

  111. selamat siang ….. para Romo dan saudara2 yg tersayang .di pondok adem ayem..ini.

    khusus nya … Romo .WM..

    Romo ga usah marah 2 jangan tersinggung .. nyelonong masuk tamu yg tdk di undang komentnya ..
    jangan di tanggapi …. sabar ya Romo .. anggap aja saudara Syeh itu lg main sinetron kejar tayang … hihihihi
    Di maklumi aja ya..

    salam kenal ya mas Syeh….

    salam sejahtera buat semua .

    • Salam Mas Dhany…….

      Maaf soal komentar saya….maaf juga kepada semua teman dan poro sepuh dan juga Mas Syeh…….saya tidak marah…hanya tersinggung sedikit dan semoga tidak terjadi komen yang seperti itu…..

      Mas SPSW…mohon dijaga rumah ini…meskipun sangat sederhana tetapi saya krasan dan saya anggap seperti berdiam dirumah sendiri…..salam asah asih asujh…..

      • Salam Mas Sahabat…….iyalah…tertawa saja…saya juga perlu hiburan dan istirahat sebentar…..seharian saya ukrek rangakaian…barusan selesai ukrek gambar cover dengan anak mbareb….lha kok saya sekarang sedang diokrek teman blog…..ha…ha ha ..mungkin saya kena hukum karma……apeees……Nuwun

  112. kepada Tuhan

    Ini ujian kecil bali balon SP,dihina ,dicaci,kesandang kesampar,keambil milikinya hartanya dan cinta dan harapan masa depannya siapa yg sanggup dan lulus uji itulah yg pantas jadi kekasihNYa.Jadi bukan sekedar kungkum,puasa,berdoa,memuji,eling dst.Para penjahat pun juga melakukan,baik penjahat agama,penjahat,ghaib,penjahat,dunia,dll.Para penjahat juga berdoa mohon kejahatannya berjalan mulus.

    Siapakah yg dapat memastikan
    suhudnya diterima
    sembahnya diterima
    doanya diterima
    puasanya diterima
    tobatnya diterima
    dll.

    Yang ada hanya rasa bahwa apa yg dilakukan diyakini diterima,pada hal apa yg dilakukan itu mungkin dg terpaksa,atas saran orang lain,dan yg jelas punya pamrih dan nafsu.Orang bersembayang saja bisa tergelincir dg nafu yg menggebu-gebu.Bila tdk kesampaian atau minimal ada kemajuan terutama dunia lantas biasanya akan mutung/menyalahkan orang lain/acuh/masa bodoh,tapi ketika berhasil sedikit puny ilmu lastas somong /ria /juwawa /orang lain rendah.

    Inilah yg harus hati2 setiap langkah dalam hidup kita para lelhur jawa mengajarkan lembah manah andap asor,tepo sliro,ngajeni liyan bukankah itu semua juga ada di setiap ajaran para nabi dg istilah yg berbeda.

    Sering ditulisan diterdahulu,orang yg mau jadi kekasihNya maka orang itu harus siap menjadi 0 putul,kehilangan segalanya.Itu suatu bukti bahwa didiri manusia tidak ada alagi Ilah-Ilah lain selain DIA.(AKU ADALAH AKU)

    • yth ki spswn,

      mohon komennya romo tembayat di rubah jadi postingan,
      dan
      klo bisa semua posting dikumpul judulnya disetiap halaman postingan (bingung ya?)
      maksudnya seperti warung sebelah klo cari judul posting tidak ribet, masa harus ke beranda lagi….

      suwun

  113. Salam Cak WM, Kang Gamalpra, Kang Tembayat
    Dan salam persaudaraan Kang Sahabat.

    Cak WM ….benar saran para saudara kita…..kalau ada provokator….cuekin aja.
    Anggap komen tersebut tak ada.

    • Salam Mas ABR….Mas Gamalpra…Mas Bejo…..

      Mas ABR….saya selalu nunggu….disetiap jam segini Njenengan pasti hadir….he he he Mas ABR ini benar benar jago melek….ayo Mas cerita kepada kita hal hal yang menarik demi pembelajaran kita semua….suwun

      • nih saya pernah baca tulisanya Mas liman tapi kalo dirasa rasa benar juga “di dunia ini tidak ada seorangpun yang dapat menyakiti hati orang lain kecuali dirinya sendiri” ( limanaji ) @ Mas WM ibarat sembilu kalu tidak dimasukan ke hati ya nggak melukai. lakune tetap lila legawa temen sabar budiluhur.

  114. Salam poro sedulur semua.

    Tentang apa ya cak? tentang bagaimana cara nyaponi rereged sa nuswantoro?
    Hmm…mungkin ini bermanfaat buat sedikit masukan untuk yg sedang atau akan pegang mandat.
    Alat penyapu dibagi dlm 2 jenis…sapu lidi dan sapu ijuk…..he..he..he..ojo ngguyu sik lho cak. Sapu lidi untuk digunakan pada wilayah yg sangat kotor dan sampahnya bervolume besar, cara nyapunya cepat dan sikat yg besar-besar dulu…setelah agak bersih..baru digunakan sapu ijuk buat bersihin kotoran kecil-kecil…yah..seperti strategi pembersihan musuh negara dg cara Kopassus yg maju dulu…selanjutnya disusul pasukan teritorial.
    Wilayah yg disapu dimulai dari dalam selanjutnya pembersihan keluar….kebanyakan yag disapu dibagian luar…yg didalam dibiarkan saja dan yg disapu yg kecil-kecil.
    Ahhh…nggak menarik yo cak.

    • Apapun yang Mas ABR ceritakan kami semua siap sedia menerima tugas untuk mendengar….he he he….

      Mas ABR….anak saya kadang bertanya….mungkin tertarik dan ingin mengenal Mas ABR dan juga ada rekan terhormat yang lain……Saya katakan bahwa Mas ABR itu tentara….embuh dari korp apa dan apa pangkatnya…….tidak tahu kenapa dia tanya soal njenengan……

      • Lho….nanya kok ke saya…ya ke putranya tho cak.
        Sedikit kemampuan saya cuma membaca situasi cak lihat ke dalam untuk mengetahui siapa kita, lihat disekitar kanan-kiri guna mempererat kebersamaan, lihat kebelakang untuk menganalisa dan pembelajaran hal yg sudah terjadi, lihat ke atas untuk meningkatkan motivasi dan koco benggolo, tengok ke bawah agar bisa mensyukuri apa yang telah berhasil kita raih dan lihat ke depan untuk menaruh harapan serta memacu semangat menjadi yang terbaik.
        Cara melihat ini boleh ditiru cak.

        • Salam Mas ABR…..itulah kami….yang memang tidak selalu bisa tahu banyak hal dan tentang rekan disini….terima kasih Mas ABR atas wawasan itu….saya pamit dulu….sudah liyer liyer…..salam rahayu…..Nuwun…

  115. Salam xixikkkwkkkk

  116. Setelah baca tulisannya SYEH, terus liat video dr Singoladro…ha ha ha..Matching abiss…
    Haa ha haa……..

  117. Wah, ternyata di sini masih ada juga orang yang gembira saat melihat orang lain susah. Teman kusayang, lawan kutendang. Ternyata memang tidak mudah untuk bisa mencintai lawan, apalagi mau menolong dan mendoakannya. Indahnya permainan ini… Membuatku tersadar, kalau apa yang tertulis belum tentu sama dengan apa yang ada di dalam hati, dan belum tentu sama dengan apa yang di perbuatnya ^_^ Sebuah kemunafikan. Duhai Allah… jauhkanlah aku dari sifat munafik seperti ini, amin…

  118. Salam kenal bung WM, bung ABR, bung BB, bung PHK, Bung Gandul, Bung Ki/ Sasmita dll yg saya tidak sebut satu-satu dan terutama Ketua RT kampung Bung SPSW, mohon ijin gabung di kampung ini. Saya pakai bung krn biar bisa matching baik utk tua muda dan seperti ada rasa “salam perjuangan”. Senang sekali bisa belajar banyak disini, terutama tentang keindahan cinta yg dilantunkan dalam berbagai bahasa dan gaya dalam semua komen di atas. Mungkin itu sebabnya Cinta sering dilambangkan dengan warna putih (warna yg membentuk/terdiri dari semua warna). Mudah”an memang sudah dekat waktu dimana percampuran warna warni dan karakter akan segera bersimponi, sehingga warna-warna yg berbeda terikat dalam simponi dan harmoni yg hanya menonjolkan sifat terbaik warna tersebut meskipun warna tersebut sbtulnya tidak terlalu elok dipandang tp berpartisipasi dalam menciptakan keindahan yg menakjubkan krn berpadu indah dg warna-warna lain. Setiap warna tidak ngurusin warna yg lain (tangan tidak harus pengen jadi mata atau hidung hehehe), tp setiap warna harus menampilkan warna terbaiknya dan tidak harus menjadi warna lain, karena kalo sampai kita semua jadi warna kuning (ah jadi kepikiran yg jorok- meski jorok adalah bagian dr keindahan – meskipun bagian yg tdk terlalu disukai org. Saya berharap SP, jika muncul segera, akan menjabarkan makna cinta, memadukan warna, menjaga warna putih selama mungkin (meskipun warna putih biasanya akan cepat kotor dan pudar – SP mungkin harus buat pabrik kaporit yg namanya S-Porit hehehe)

  119. spsw nusantoro

    Sugeng Ndalu Sedoyo Sederek Ingkang Kinurmatan
    Salam Rahayu

    Tulisan di atas mengenai Kemunculan Satrio Piningit (Skenario Tuhan atau Konsep Manusia) mempunyai kesimpulan sebagai berikut :

    Konsep Manusia
    Adalah suatu tindakan untuk memunculkan sifat atau keadaan seorang manusia atau sistem pemerintahan dengan pola pikir dan pola kehidupan bernegara yang tersusun secara rinci yang dirumuskan oleh manusia secara individu ataupun golongan.
    Keadaan itu nantinya secara masuk akal akan dapat diterima oleh masyarakat yang mungkin pada umumnya, ditata dan diatur sedemikian rupa sehingga nantinya seorang manusia akan di tunjuk dan dimunculkan dan terkesan menjadi seorang satria.
    Jelas bahwa manusia ini akan memiliki poin 100 (karena sudah dipersiapkan dengan matang dan disesuaikan dengan kebutuhan manusia atau golongan yang menunjuknya)

    Skenario Tuhan
    Suatu keadaan yang mungkin dirasakan tidak wajar/nalar/logis yang jelas jelas akan mendapat tentangan dari banyak pihak. Pola pola yang dibawa adalah ketentuan hakii dari Tuhan semata. yang mungkin sama atau tidak sama dengan pola pola yang sudah disusun atau di impikan oleh manusia atau golongan.
    Seorang manusia akan dimunculkan oleh Tuhan sendiri menjadi seorang satria.Yang akan mempunyai poin 100 di Mata Tuhan dan poin 0 (Nol) di mata manusia.

    Apakah tujuan sebenarnya dari diri kita mengidolakan seorang satria piningit ini. Untuk diri kita sendiri, untuk golongan kita atau untuk seluruh manusia tanpa memandang sara.
    Jujur pada diri sendiri. terbuka kepada yang lain maka kita akan menemukan jawabannya.

    Suwun

  120. @kang sandi

    SPnya muncul dengan skenario bagaimanakah kang?
    1. RI1 turun, RI2 naik menjadi RI1 trus SP jadi RI2…
    2. RI1 dan RI2 turun, TNi ambil alih, trus SP muncul…
    3. …..

    manakah skenario yang terbaru?

    bingungdotcom

    • @ kang gamalpra

      menurut keyakinan saya ( jangan diyakini, ini bukan ramalan ) , RI 1 tidak akan sampai 2014, RI 2 naik menjadi RI1, tapi kondisi negara makin rusak, kasus sengketa tanah akan makin meluas dan berujung pada tumbangnya pemerintahan.

      kerusuhan makin meluas dan berujung perang saudara, sampai saat itu sp belum muncul, dia masih tetap menjadi orang biasa.

      sampai pada akhirnya sp ditemukan oleh mereka yang memiliki spiritual tinggi dan berhati bersih, melalui beliau2 ini ( ahli spiritual ), keberadaan dan pengaruh sp makin meluas sehingga banyak masyarakat berbondong2 minta perlindungan dan keselamatan dari perang saudara.

      • sekedar mengingatkan gambar yg sy dapat tahun lalu dari arah timur berjalan sosok yg dihalangi jin demit bekasaan ditengah-tengah karang abang suasana kerusuhan/pembakaran entahlah apayg terjadi sebenarnya,karena situasinya remang2 habis mahrib,sosok ini akhirnya dapat menemukan penyebab terjadinya ontran-otran agar tdk makan kurban banyak maka sosok ini langsung mencari sumbernya dan ternyata sumbernya adalah sepasang kakek dan nenek yg berlindung dibawah pohon tanjung,lalu pohon tanjung inipun dihantam karena sebagai rumah/perlindungan kakaek nenek ini hanya dg mengucap Bismillah…..dihantamkan pada pohon itu maka layu dan rontoklah pohon tanjung itu,maka redalah kekacauan itu dan terbitlah sinar kuning. dari pohon itu itulah “sang Fajar senja” datang .

        hati2lah poro sederek yg berlindung dibawah pohon tanjung !!!!!

  121. Ivan Setiawan

    kenapa sp nga mau gaku klo dia tu sp, krna kalo dia ngaku pasti didurhaka ma umatnya, trus sp jdi marah & memohan kpd allah agar diturunkan azab bgi yg durhaka sperti kisah2 terdahulu, tentu sp nga mau seperti itu, jdi mendingan kta ubah kta sendiri bkan na kita sdah mendapat kitab pentunjuk masing2 yg mengajarkan kta tuk kebaikan, mta sp biasa ja sepeti dia melihat wajah yg kusut yg berusaha tuk menepati janji namun terikat benang2 hitam hinga nga bisa berbuat apa2, wajah yg dilihat na adalah , ho…ho…numpang lewat….west…..

  122. Heru Hadian Moedjenan

    tempo hari ada pembahsan ilmu atau metoda bagaimana bisa melihat jalan pikiran orang lain…menarik juga….
    setahuku seeh….bagi mereka yang sudah mengenal Hawa Nafsunya sendiri,bisa melihat hawa nafsu orang lain……tapi klo membaca hati seeh….hanya ALLAH yang Mengetahui….:)
    numpang lewat…hehehe

  123. Ivan Setiawan

    hawa nafsu berada dalam pikiran, keinginnan berada dalam hati, kedua nya bisa diketahui dan dirasakan, dgn cra merasakan apa yg org lain rasakan, mimpi, tatapan mata, cra bicara, gerak tubuh, jka semua di satukan dgn pemikiran yg bersih, jangankan hanya membaca hati org lain tpi juga bisa melihat latar belakang, kepribadian, bahkan hal2 yg dialami nya pun bisa diketahui, dgn izin allah tentunya, pringatan hati2 klo baca pikiran org krena otak tidak pernah berhenti berpikir kdang pikiran jauh melayang, klo dibaca tar jdi pitnah, lewat lagi2……………flash…..

    • Heru Hadian Moedjenan

      wooow…bisa segitunya kang????
      Hebat banget yaa???
      Soalnya…klo pernah aku baca(maklum kutu buku)….cuman tahu teorinya saja..:)
      Rasulullah s.a.w saja tdk mampu mpe membaca hati seseorang…ketika sahabatnya berkata: dia seorang Mu’min ya Rasulullah….Rasulullah menjawab:katakanlah dia Muslim,karena perkara hati tdk bisa diketahui…..terus dalam Al-qur’an dikatakan ada sekelompok golongan manusia yg Allah masukkan dalam Neraka lalu mereka berkata: Ya Allah kenapa kami dimasukkan dalam Neraka padahal kami telah beribadah sebaik mungkin….lalu Allah berfirman:”Kalian tiada beribadah karenaku tapi karena RIYA(ingin terpuji)….ini kalau menurut hal tsb perkara hati hanyalah ALLAH yang Mengetahui,Malaikat Rakib dan Atid saja tdk sampai mampu menulisnya dalam buku Amalan…..
      Apakah mungkin ada cara tertentu untuk bisa membaca HATI,kang Ivan?maaf saya tanyakan karena keAWAMAN saya tentang hal ini……:)

  124. Salam Mas Heru………

    Saya hanya menulis yang bisa saja dan pasti bisa salah soal makna atau dugaan menduga dan menebak isi hati seseorang…..mungkin yang dimaksud adalah menebak maksud hati seseorang ketika seseorang itu sedang berbincang atau sedang menulis atau menjalankan suatu gerak tubuh dalam hidupnya……hai ini bisa dipelajari dari pengalaman seseorang atau oeh pakar psikologis…..wajah dan bentuk tubuh dan semua geraknya seseorang adalah dan ternyata menggambarkan sebagian sifat atau gambar isi hatinya dan benar bahwa semua isi hati tidak bakal diketahui oleh siapapun…hanya diketahui oleh diri pribadi dan Tuhan…….

    Saya setuju dengan Mas Heru bahwa manusia tidak akan bisa mengetahui isi hati seseorang dan tentunya tidak ada cara atau teori pasti soal untuk bisa tahu isi hati….kalupun tahu hanya sebagian sangat kecil saja…dipermukaan atau dipingirnya saja……

    Rosul Muhammad adalah contoh suri tauladan semua pengikut atau umat islam atau bisa dikatakan bahwa Nabi Muhammad sebagai sosok yang bisa mewakili isi kitab Al Quran atau dikatakan sebagai Al Quran yang berjalan dan ini artinya manusia umat islam dari tingkat syareat atau sampai tingkat hakekat makrifat juga harus mencontoh beliau…..ini artinya Rosul Muhammad sangat faham soal urusan dunia nyata atau urusan gaib dan mungkin urusan hati seseorang meskipun tidak keseluruhan isi hati seseorang harus diketahui oleh beliau……mungkin dan hanya urusan yang sangat khusus dan penting saja……

    Saya hanya menduga saja….semua rosul adalah tetap sebagai manusia biasa tetapi yang amat cerdas dan pilih tanding….para beliau yang ada saat sebagai manusia berperilaku sangat biasa dan disuatu saat sebagai dan menunjukan sebagai wakil Tuhan….para Nabi atau Rosul yang juga merasa sedih atau yang juga sedang was was dan mengalami keraguan atau kesombongan atau juga kesalahan dalam bermasyarakat……itu adalah kewajaran sifat manusia dan para Nabi hanyalah para manusia yang dikuatkan dengan ilmu dan keyakinan dan sumber ilmu dan keyakinan itu tentunya berasal dan bersumber dari Tuhan yang disembahnya……

    Saya berkeyakinan bahwa Nabi Muhammad atau para Rosul yang lain sedikit banyak tahu soal isi hati seseorang dan mungkin saja ilmu ini bukan ilmu yang bisa diajarkan di sekolah atau universitas dan bukan ilmu warisan atau bisa diwariskan …ini yang mungkin bisa dikatakan dengan ilmu laduni…ilmu hadiah dari atas dan tanpa diketahui kapan datangnya atau karena sebab apa……
    Kalau tidak salah sahabat Rosul yaitu Abu Bakar memiliki ilmu laduni ini…beliau yang bisa tahu tentang ucapan benar dan ucapan bohong dari lawan bicaranya….kalau tidak salah juga dulu Acmad sewaktu masih belia juga sudah mempunyai ilmu ini…beliau yang bisa menghitung jumlah pintu atau jendela kabah dengan persis tanpa pernah menghitung sebelumnya…..he he he inipun kata sejarah…….nuwun

  125. Salam poro sepuh…….

    Ini hanya tulisan ngalor ngidul….untuk asah otak dan menambah keyakinan dan keimanan kita…….

    Kita yang umat islam tentunya sudah pernah mendengar dalam sejarah di kitab Al Quran yaitu soal sombong dan takaburnya Nabi Musa soal hebatnya ilmu yang dimiliki dan ternyata nabi Musa sedang dan sudah ditegur oleh Tuhan tentang riya dan sombongnya….kemudian oleh Allah…Musa dipilihkan lawan tanding dalam soal ilmu manusia…ilmu nyata dan ilmu yang tidak nyata…lawan tandingnya adalah tokoh yang sangat misteri sampai sekarang…yaiti wali / nabi Khidir..hamba kinasih Allah…

    Perjalanan yang mungkin cukup jauh….Nabi Musa dan Harun yang harus melaut untuk menemui Khidir….dan tanda area wali Khidir bisa diketahui dengan tanda ikan yang mati dalam belanga yang kemudian hidup dan meloncat masuk ke air…. dan ternyata dalam hal ujian atau tanda ini Nabi Musa dan Harun sudah tidak bisa dan gagal…..ini apa isyaratnya……ikan yang mati dan kemudian hidup dan ternyata proses ini luput dari penglihatan mata Nabi Musa dan ilmu logikanya / syareat……

    Kemudian ketika Nabi Musa bertemu dengan Khidir…mungkin saja menjadi sangat kaget….mungkin ujud dari wali khidir hanya bermodel hanya begitu saja…mungkin kumel…kecil…cungkring…ha ha ha…..kemudian dan mungkin saja Nabi Musa menjadi ragu atas apa yang sedang dilihatnya dan mungkin masih beraggapan bahwa dirinya masih lebih hebat dari waii / nabi khidir…….

    Dari mana Nabi Khidir mendapat ilmu atau pengetahuan tentang Nabi Musa yang baru dikenalnya sehingga Nabi Khidir mengatakan dengan sangat jelas bahwa Nabi Musa tidak akan mampu dan tidak sabar dengan apa yang akan diperlihatkan kepada Nabi Musa…….he he he Nabi Khidir yangseakan bisa menenmus tabir waktu dan menjelajah ruang dan waktu dan terlihat sangat jelas bahwa Nabi Musa ternyata membangkang dan menolak apa apa yang sedang dikerjakan……membunuh anak kecil…melubangi perahu….merobohkan dan membangun rumah anak yang yatim dll…….

    Perjalanan atau kisah diatas boleh saja kita tafsiri sebagi yang hanya seperti itu semata dan hanya seperti dongeng anak kecil saja……
    Peristiwa diatas menurut logika pikir kita yang terbatas dan apa adanya menjadi sesuatu yang sangat salah yaitu soal apa yang dilakukan Nabi Khidir tetapi menurut saya pelajaran itu yang tidak remeh temeh…tidak main main…karena ilmu itu sperti ilmu kasepuhan menurut poro sepuh disini…..
    Semua diatas adalah kias dan sindiran dari Allah kepada kita semua…soal daging atau ujud alam atau fisik jasad dan logika alam pikir kita yang pasti tidak mampu menembus alam ke Tuhanan …

    Pelajaran diatas yang mengingatkan kita bahwa ada ilmu yang bukan hasil dari pola pikir kecerdasan kita semata tetapi ada ilmu lain yang melebihi dari hasil pola pikir manusia biasa…
    Saya tidak wajib bercerita yang sudah sangat mbulet itu dan apalagi ketika bercerita soal pingsan Nabi Musa ketika sedang dan ingin berjumpa dengan Allah….kenapa harus pingsan dan apa isyarat yang sedang kita terima itu dan itu sepertinya peristiwa yang mirip dengan Bima yang pingsan dalam laut dan akhirnya bertemu dengan Dewa Ruci…..nuwun………..

  126. kalau sy lihat foto yg pertama, jujur, tegas, kuat pendirian dan suka guyon tapi tidak suka bercanda yg berlebihan…
    foto kedua, periang, suka bercanda sampai kelewatan tapi pada dasarnya lembut hatinya…

    ada lagi yg mau sy baca fotonya?

  127. Salam dan hormat saya kepada Mas SPSW……..weeeh…kenapa tulisan soal Nabi Musa dan Wali Khidir tidak muncul….ha ha ha apakah terkena sensor……Suwun

  128. ikan yg terpancing mati seolah-olah tak bisa berbuat apa2, kemudian tiba2 hidup & meloncat ke air setiap kehidupan sudah di tentukan
    klo kamu melihat orang yang yg marah apa kamu katakan hatinya sedang gembira, tentu tidak karena kamu juga punya perasa’an, klo orang menangis bagai mana hati nya….?
    bagai manakah tanda2 orang yg picik…?

    tak seorangpun yg tau isi hati “dengan pasti” kecuali allah & diri nya sendiri

    36:47. Dan apabila dikatakan kepada mereka: Nafkahkanlah sebahagian dari rezeki yang diberikan Allah kepadamu”, maka orang-orang yang kafir itu berkata kepada orang-orang yang beriman: “Apakah kami akan memberi makan kepada orang-orang yang jika Allah menghendaki tentulah Dia akan memberinya makan, tiadalah kamu melainkan dalam kesesatan yang nyata”.

    tak ada daya dan upaya melainkan hanya dgn pertolongan allah,
    yg ingin ku cari adalah kebenaran & kebahagiaan
    tak ada pengetahuanku melainka karena allah
    tak ada ilmu kebatinan yg aku pelajari melainkan belajar dari perasa’an ku sendiri
    tak ada sekutu bagi allah yg maha goib mestipun aku pernah menyatu dgn yg goib dlm keada’an sadar & bisa mengingat namun aku tak berani mengatakan tentang sosok goib itu
    dan aku merasa seperti terus di ikuti & di awasi
    aku hanyalah seseorang yg mencoba untuk menemukan jati diri namun yg kutemukan selalu berubah2 sehinga sulit bgiku tuk menetukan nya
    selama ini yg goib banyak menuntunku namun aku merasa takut akan tersesat
    kucoba tuk bertanya pada orang2 namun malah jadi tak jelas jawab nya
    aku juga pernah di ruqiah namun orang2 yg meruqiahku yg cekukan
    tak ada gading yg tak retak begitu juga diriku

    • Heru Hadian Moedjenan

      Untuk kang Ivan……temuilah seorang Hamba Allah dikota Bandung…beliau bernama K.H. Lukman Firdaus….beliau seorang Ahli Hikmah…murid dari alm K.H Shirodz dari pesantren Cangkorah Cimareme padalarang juga Murid alm K.H Dimyati(Mama Bandung),murid dari Mama Sepuh pemimpin Pontren Cikalama Cicalengka,murid dari alm Mama Ajengan Balong(kyai mahsur di daerah banten yang tinggal ditengah danau/kolam besar) dan terakhir alm Ulama besar dari Madura….
      Beliau tinggal di daerah sungai Citarum/di bantaran sungai Citarum daerah baleendah setelah jembatan Citarum belok kanan.
      atau beliau suka ada di jl Astana Anyar klo gak salah nama pontrennya adalah Al-huda tiap hari jum’at ba’da ashar….
      Temuilah Beliau…sungguh KeIlmuannya dan wawasannya patut kita dengarkan dan tafakuri…..salah satu Ulama2 terdahulu……
      Selamat mencari……wahai saudaraku sesama pencari Al-Haq…:)

  129. Heru Hadian Moedjenan

    mas WM

    Betuulll…sekaliiii!!!
    tapi boleh saya sedikit koreksi…bukan Ilmu Laduni….tapi Wahyu yang di Wahyukan….:)
    tapi hal itu hanya berlaku bagi mereka para nabi dan RasulNYA dan bagi mereka yang telah bersatunya kehendak dirinya dengan Kehendak Allah….Meleburnya hati dan pikiran dengan Kehendak Allah….seperti dikatakan oleh Imam Al Ghazali…..artinya KARUNIANYA yang diberikan kepada manusia yang sangat diCintaiNYA yaitu para kekasihNYA….
    Pertanyaannya,manusia seperti apakah yang sudah mencapai Ma’rifatullah seperti itu?…mereka yang berbicara tiada omong kosong belaka…..
    Apakah ada manusia yang hidup seperti itu sekarang???
    Bagaimanakah cara kita mengenalinya???sedangkan mereka sangat dijaga oleh Allah keadaannya…..
    Berarti hanya manusia yang telah mencapai Maqam tersebutlah yang bisa mengenali sesama Maqamnya….”seorang Mu’min mengenali saudara mu’min yang lain”…bukan begitu??
    Dan Jika Satria Piningit ini yang dikatakan Sinisihan WAhyu…bergerak karena kehendakNYA,hanya orang2 yang telah mencapai yang dicapai Satria inilah yang mampu mengenalinya…meskipun tiada tahu klo besok diantara mereka dipilih oleh Allah untuk memimpin negara ini…..
    Jadi untuk bisa mengenalinya…tinggal kita tingkatkan saja kedekatan kepadaNYA sedekat2nya kita mampu dan meminta semoga Allah karuniakan kepada kita kedudukan tsb,hingga kita diijinkan untuk mengenalinya…..
    itu pendapat saya,mohon dikoreksi……:D

    • kang heru..

      hanya orang2 yang telah mencapai yang dicapai Satria inilah yang mampu mengenalinya
      ———————
      saya setuju ditambah lagi orang yg mencapai maqom diatasnya,seperti yg dikatakn kang wm bahwa dimensi 4 akan mampu menembus diminsi 123,tapi dimensi 123 tdk bisa menembus dimensi 4 keatas.atau yg tahu maqom wali itu hanya wali itu sendiri atau yg diatasnya.

      kang wm
      nabi musa meihat dan berbicara dg kalam,bukan dg mata telanjang,ketika 7 hari digunung sinai blm disapa,setelah lewat 7 hari baru disapa,ketika 30 hari sdh diberi anugerah tapi ada yg kurang mungkin agak ragu,lalu dimantapkan sampai 40hari.Isa Almasih dipadang gurun juga 40 hari,Nabi Yunus 3 hari diperut ikan,nabi Yahya makan belalng madu digurun nabi Yahya inilah yg diberi anugerah yg bisa tahu kelakuan masa lalu seseorang.

      Dulu pernah saya katakan kang wiji harus mengkaji surat kafi kalau tuntas dan dapat hikmatnya dalam kehidupan kng wj maka itu salah satu bagian yg harus kang wiji dapat tapi kalau nggak salah kg wiji spertinya dulu sdh punya pegangan sendiri.

      pengalaman yg saya dapat dan sdh ditunjukkan cahaya sinar yg naik bertingkat 4 masing2 terbagi 4 dan saya baru dapat dibabarkan 3,5 itupun saya dbawa ke tengah samudera oleh “beliau”.(mirip bima).

      kelengkapan selebihnya dari diberikan belakangan,hal itu saya ketahui ketika bebrapa sahabat penempuh hakekat makrifat mengundang sy untuk membabarkan tentang surat kafi yg barusan dilengkapi,pada hal sy tdk pernah bercerita,ternyata merka tahu,makanya merka mengundang.ketika saya memcoba membabarkan baru setengah kemudian ada yg menahan(lewat kalbu),dikatakan bahwa apayg engkau babarkan belum tentu ccocok/pas buat merka,maslah hidayah adlah hak prerogatif dari Nya,jadi jangan melangkahi tanpa seijinNya.

      Sama2 mencari,sama2 belajar,sama2 mehohon belum tentu diberi yg sama.Sekalipun kita bertemu,menemui seseorang yg dipandang jauh melebihi kita,kalau bukan hak kita/ijin dariNya tak akan bisa,paling kita disuruh sabar,tawkal dll.

      Pencerahan yg selam ini sy dapat langsung darinya,baru ada utusan untuk memperluas wacananya dan memberikan medianya/sarana/wasilah dll.

      maaf bila ini kurang berkenan,tiap orang pasti punya pengalaman masing2.

      • Salam Mas Tembayat dan semua poro sepuh……….

        Mohon maaf. Mas Tembayat……saya ini sebenarnya tidak mengerti soal ilmu kasepuhan atau hakekat marifat….saya yang hidup ngglundung semprong.saja…terserah takdir Allah terhadap hidup saya…..takdir hidup yang saya definisikan dengan pola pikir saya pribadi…takdir yang sangat mbulet kalau diterangkan….he he he lebih baik saya simpan untuk pengertian dan keyakinan saya pribadi dan akan terjadi debat kusir kalau diutarakan….pengertian saya yang embuh ora weruh…entah benar atau salah menurut ilmu para panjenengan poro winasis dan sepuh disini………

        Pernah saya tulis di blog EC soal cerita dan pandangan gaib anak saya….yaitu terbukanya kitab Al Quran diatas lautan dan memperlihatkan surat Al Kahfi……dan sangat sayang…kami tidak mengerti maksud isinya….saya hanya mengira ira saja maknanya dan sepertinya surat Al Kahfi menerangkan salah satu ayat di surat Al Fateha dan sepertinya menerangkan salah satu sifat wajib Allah……keterangan dari surat Al Kahfi yang berlanjut dengan surat Al Ashr ……Allah yang bersumpah dengan demi masa atau waktu…..ke dua surat itu yang isi maknanya hampir sama….apa sebenarnya maksud ayat pertama dari surat Al Ashr yaitu….DEMI MASA…meskipun hanya 2 kata saja tetapi dibalik kata kata demi masa adalah menerangkan banyak hal tentang sifat wajib dan perbuatan Allah dan juga terbentuknya alam semesta ini…yang gaib atau yang nyata…….

        Sangat benar bahwa jawaban dan makna isyarat soal ke dua surat itu adalah untuk mendidik logika pola pikir dan keimanan saya kepada Tuhan YME dan makna dari surat itu memang tidak untuk diutarakan kepada orang lain dan saya sepertinya tidak wajib untuk menerangkan itu karena bisa saja apa yang saya pikir soal jawaban arti makna surat itu menjadi sangat salah dan menimbulkan fitnah………………

        Mas Tembayat…saya ini tidak bisa atau bukan belajar ilmu atau ngilmu aneh dan gaib…..soal ilmu gaib dan rahasianya sepertinya saya tidak mengerti babar blas……saya ini apa atau siapa atau tugas apa yang harus saya kerjakan…semua sepertinya samar samar saja…..saya yang selalu lebih mengutamakan yang nyata ada didepan mata dan hidup saya…..bekerja dengan sangat giat…berkewajiban terhadap anak istri…belajar benar untuk bisa pener….membantu kepada manusia lain meskipun amat sedikit….berusaha untuk bisa berpuji sukur dan lain lain yang bermaksud baik baik……………salam rahayu….Nuwun……

      • heru hadian moedjenan

        kang tembayat…..
        muhun benar sekali kang tembayat…..hampir seperti itulah….masing2 wali atau orng yg telah mencapai derajat kewalian mempunyai masing2 ilmu yg dilebihkan dari yang lainnya…memang Musa a.s tdk mengetahui Ilmu Nabi Khidir a.s dalam hal tsb,tapi dilain sisi Nabi Khidir a.s pun tidak bisa menyamai Musa a.s…dikarenakan Karunia Allah yang diberikan kepada mereka berbeda sesuai dengan kadar dan tugasnya masing2…
        Saya teringat wejangan guru saya….dia berkata :”Keutamaan para Nabi dan Rasul yang berjumlah 124.000 orang itu terkumpul atau termaktub dalam satu diri manusia yaitu Rasulullah s.a.w termasuk dengan syar’i dan keIlmuannya”….luarbiasa khan keUtamaan Nabi kita sebagai penutup para nabi???….itulah beliau sumber segala Ilmu…..yang terpenting bagi kita janganlah mencari dari yang lain karena di Nabi Muhammad s.a.w ada semua Ilmu tersebut….oleh karena itu kita harus mencari dari para pewarisnya….Mudh2an kita semua bisa bertemu dengan mereka…Amien Yra

        • sambil mencari… leyeh-leyeh bentar mas, sapa tau dia lewa. trus cangkruk…
          —————————————————————–
          DIREVISI : sambil mencari… leyeh-leyeh Mas, sapa tau Dia lewat, trus cangkruk…

          mudah-mudahan demikina MAS….
          —————————————————
          DIBETULIN : mudah – mudahan demikian Mas

  130. Prabhu Arya Gandamana

    Kang Tembayat,
    Baru-baru ini telah digemparkan dunia dengan pendedahan KAMAL ASHNAWI@Raden Mas Prabhu Gusti Agung Ki Asmoro Wijoyo Mahasiddha yang memiliki harta bertrillion Euro di HSBC London dengan accout number dan passport Netherland beliau tercatit di dalam EUROCLEAR SCREEN dengan tanggal lahir beliau pada 1 January 1964.Beliau merupakan a sole benefeiciary pada harta The Royal Assets millik sekurang-kurangnya 125 Raja-Raja Melayu/Jawa.Beliau pernah dikunjungi oleh Pak Gus Dur pada tanggal 2008 dan diikuti dengan Sheikh Ghafarullah dari pesentren Sunan Darjat pada tahun yang sama.Beliau telah dianugerah ilmu yang tak terbatas.Tahun 2012 adalah tahun kebenaran.Maka mohon Kang Tembayat dapat menerawang bersama rakan-rakan yang lain kerna beliau akan menjejak ke tanah Indonesia sebelum berakhir ke Negeri China.
    Salam Rahayu

    • Kang prabu,
      sepengetahuan saya hingga saat ini blm ada yg secara lengkap untuk bisa mencairkan semua simpanan yg ada dibawah maupun di atas,kalau bisa silahkan tapi itu akan ada taruhannya yg paling fatal adalah nyawa .jadi jangan terlalu percaya dg iming2/propaganda,bisa saja itu untuk memancing pemegang kunci yg sebenarnya untuk keluar,sy sdh diwanti wanti akan hal ini.

      memang saat ini pulau jawa dalam pantauan berbagai pihak luar negeri(para cenayang),dan di nusanatar sendiri masih cuckup banyak yg serakah.Lupakan saja sementara ini.Waspada adalah wajib bagi kita,bukannya tdk percaya.

      • kang tembayat……..

        orang yg terbuai soal harta karun yg bukan hasil keringat usahanya sendiri atau ahli waris yg syah……….. orang tersebut itu bodoh ! …???? .

        akalnya pintar tapi hatinya bodoh…….mereka mau saja ditunggangi oleh nafsunya sendiri , kalau nafsu sdh menunggangi kita pikiran jernih serta rasional akan diabaikan.

        seperti misal . seorang mencalonkan pilkada bupati…..angan-angan kalau menjadi bupati….bla bla bla bla oh betapa enaknya……….
        dana kampanye dan orerasional team sukses mencapai milyaran.. padahal uang itu didapat dari mengumpulkan sedikit-demi sedikit baik didapat dari halal maupun haram. atau pinjam bank atau sanak saudara, padahal yg namanya pinjam kudu membayar…
        uang milyaran kalau kita tabung/deposito diambil bunganya untuk hidup sederhana sdh lebih dari cukup melebihi penghasilan pensiun jendral/pns gol IV e.

        karena ambisi…..dirinya tdk menyadari bagaimana kalau tidak jadi….?
        uang yg telah dikeluarkan dlm pencalonan apakah bisa kembali kalau tdk jadi….?
        semua itu tdk akan terpikirkan………..
        itulah nafsu diri kalau sdh menunggangi akal sehat /sepandai apapu gelar kesarjanaan didapat dari seantero jagad. kita tdk dapat mengendalikan……

        begitu juga dg soal harta karun yg telah di gembar-gemborkan sebenarnya tdk ada, kalau memang ada sdh dari dulu bisa diketemukan…..
        saya kira sp tidaklah sebodoh itu mau mengikuti orang pintar akan tetapi bodoh, sp akan bersama-sama orang bodoh tetapi hatinya pintar .

        • ki sasmita..

          sepengetahuan saya sp urusan utamanya adalh mengembalikan fitrah bani jawi kedalam hak yg telah dijanjikan,jadi tdk melulu soal negara dan harta ,meski tak dipungkiri itu bagian dari menuju kemakmuran.

          yang akan diperangi Sp adalh ketidakadilan,kemungkaran dan akan membersihkan jalan menuju mercusuar dunia.Jadi tantangan utama yg dihadapi sp adlah kekuatan hitam/energi negatif yg sdh terlanjur bercokol di wadag2 putra putri nusantara,sehingga mereka sdh tdk punya rasa malu dan takut akan Allah.Prilaku mereka sdh mencerminkan anak2 bangsa yg tidak mengenal Allah.Coba lihat perjinahan,korupsi,penindasan,lesbi,homo,pembunuhan dll sdh dianggap lumrah bahkan samapai hampir menjadi budaya disemua masarakat berbagai tingkat masyarakat baik didesa atau kota.Kita jadi hinaan dinegeri orang,wanitanya dianggap murahan/rendahan bangsa lain.

          Inilah tugas berat sp mengembalikan bani jawi kembali pada jatidirinya.tentu sp tdk bisa bekerja sendirian perlu tangan2 kanan yg membantunya.

          soal harta kalaupun ada tak akan dikeluarkan saat ini,karena masih banyak orang2 serakah yg bergentayangan.

          • .Coba lihat perjinahan,korupsi,penindasan,lesbi,homo,pembunuhan dll sdh dianggap lumrah bahkan samapai hampir menjadi budaya disemua masarakat berbagai tingkat masyarakat baik didesa atau kota… (Tembayat)
            ——————
            Mas Tembayat,

            Nyuwun sewu, homoseksualitas – lesbian,homo – itu, setahu saya, ya semacam … gawan, dari sono nya memang begitu. Ini pernah jadi perdebatan juga di blog tetangga.Ya seperti ‘kidal’, kalau lahir kidal ya akan tetap kidal. Albinisme, menurut saya ya serupa dengan homoseksualitas atau ‘kidal’ meskipun tidak sama. Kalau sudah jadi albino ya … akan tetap selalu albino, tak bisa … disembuhkan …

            Dalam biologi kan ada juga hewan yg … homo. Prosentasinya tidak banyak, seperti pada manusia, tapi ada.

            Ada festival khusus untuk kaum homo ini, misalnya Mardi Gras,Queer Festival di Melbourne baru2 ini.dll. Dalam dunia kedokteran – di Barat, di Nusantara saya tidak tahu – homoseksualitas ini sudah tidak dianggap …. penyakit atau kelainan lagi. Di beberapa negara di Barat malah boleh ada perkawinan sesama jenis (gay marriage),
            Biasanya yang bilang homoseksualita itu bisa disembuhkan ya kaum … beragama, tanpa bukti ilmiah …

            Saya bajakkan dari Wikipedia mengenai gay marriage yang sudah disahkan di beberapa negara :

            ‘….Since 2001, ten countries have begun allowing same-sex couples to marry nationwide: Argentina, Belgium, Canada, Iceland, the Netherlands, Norway, Portugal, Spain, South Africa, and Sweden. Same-sex marriages are also performed and recognized in the Brazilian state of Alagoas,[3] Mexico City and parts of the United States. Some jurisdictions that do not perform same-sex marriages recognize same-sex marriages performed elsewhere: Israel, the Caribbean countries of the Kingdom of the Netherlands, parts of the United States, and all states of Brazil and Mexico…..’
            ====================
            Di dunia ini kan ada saja kelainan. Disamping yg saya sebutkan tadi, mungkin ‘buta warna’ juga termasuk kelainan.

            Warok2 Ponorogo itu kan ya …. seperti kaum gay -punya gemblak yg notabene laki2.

            Saya punya beberapa teman yg gay, salah satu diantara mereka ini malah seorang psikiater. Saya juga tahu orang2 gay bertitel sarjana hukum. Oh ya, kakak temannya teman saya DEDE OETOMO itu malah aktivis gay di Nusantara (dari Surabaya ). Mas Dede ini menyandang gelar PhD dari Universitas Cornell (Amerika).

            Mohon koreksi Mas Tembayat dan saudara2 yg lain kalau yg saya tulis salah.

            Salam untuk semua – termasuk yg gay,waria, dll

          • Tambahan : Membangun kebersamaan di segala bidang : Lha juga dalam bidang … orientasi seksual kan ?! Yang heteroseksual ya biar heteroseksual. Yang gay, waria ya biar saja tetap jadi gay, waria. Bukan … salah ybs kalau orang jadi gay atau waria atau crossgender. Kalau mau cari … kambing hitam yg salah ya … alam, kalau bukan Tuhan ..

          • Gmn kalo hermaprodithe weee gmn nulisnya, hehehehehe asyik tuh.. ga butuh sapa sapa.

    • @ Kang Prabu . Menurut pangrasa abdi sih gak juga gempar. sudah lama sih berita semacam itu sudah ada , dan tidak juga menarik. Bukan uang macem gituan yang membuat Indonesia menjadi mercusuar dunia tetapi sistem yang dibangun dalam bergotongroyong saling memberi dan saling menerima . kalaupun uang itu ada tetapi jika sistemnya masih seperti sekarang ini ya maaf saja 1 orang dijatah 5 milyard sekalipun 5 tahun kemudian sudah banyak lagi wong mlarat . Percaya dech bahwa sistemnya sudah ada. tinggal menunggu waktu saja . Mohon maaf kalau tidak berkenan salam rahayu widada mukti .

      • kang sasmita urip……..

        uraian romo tembayat dan kakang sasmitaurip memang benar…..
        mungkin kakang phk akan setuju dg pendapat saya yg msh grutal gratul dlm
        menguraikan permasalahan ini…..

        kita acap kali lupa bahwa bumi , dimana kita berpijak adalah mahluk yg diciptakan allah. kemakmuran datangnya bukan dari golongan manusia tetapi dari yg maha kuasa semesta alam. yg telah diatur secara sistematis…….

        tuhan akan melimpahkan rahmatnya pada golongan bangsa manusia apabila pemimpin yg dipilih rakyat juga atas kehendak allah mengerti akan sejatinya sebagai pemimpin.
        sebagai amanah dlm membawa rakyatnya menuju ridhanya. kekayaan / sumber daya alam , yg sebelumnya belum diketahui / ghaib akan dikeluarkan dari ibu bumi / perut bumi atas perintah allah untuk kemakmuran rakyat yg dipimpinnya.

        pendapat saya kemakmuran suatu bangsa atau rakyat , bukan lantaran memdapatkan harta peninggalan/harta karun , akan tetapi bagaimana upaya pemimpin dalam membawa rakyatnya untuk mendapatkan kemakmuran lahiriyah maupun batiniah , gunung harta kalau dikeruk sedikit-demi sedikit akan habis , gunung ilmu pengetahuan / ilmu tauhid dikeruk terus menerus , bukan semangkin habis malah semangkin bertambah.

        • heru hadian moedjenan

          saya sependapat juga dengan Ki sasmita….

          memang dia sp harus merubah sistem ini….tapi entahlah kapan waktunya kita gak tahu….
          mudah2an saja 2 hal tersebut…baik itu harta yang tersimpan dan seorang pemimpin yang bijaksana itu akan segera muncul dan memperbaiki keadaan….Amien Yra..:)

        • Den mas Ki Sasmita ….
          Abdi juga setuju dengan yang diuraikan den mas kisasmita, ketika pemimpin itu diridloi Tuhan yang Maha Segalanya dalam memimpin, maka rezeki dari langit akan diturunkan dan rezeki dari bumipun akan dikeluarkan. jadi tidak perlu berharap turunya Harta Harta kaya gituan.
          Untuk mendapatkan Tuhan Yang Maha Suci,
          Paling tidak pemimpin perlu memiliki 3 pusaka
          1. Trisulawandha yaitu jujur , jejeg , bener,
          2. Trisula kridha yaitu , ngayemi, ngayomi dan ngayani.
          3. Trisula kencana yaitu Kencananeng ati, kencananing lathi dan kencananing budi . pekerti.
          itulah sebabnya satria pinandita harus.
          -Wedi marang pangeran,
          -Nindakake dhawuhe pangeran.
          -Percaya marang kersaning Pangeran
          -Lila legawa temen sabar budiluhur.
          Semoga semua Mahluk Allah berbahagia , bersukacita dan selamat sentausa.

      • Prabhu Arya Gandamana

        Salam Kang sasmitaurip
        Kenapa saya war-war kan tentang KAMAL ASHNAWI adalah kerana ini lah pertama kali dalam sejarah namanya serta dengan akaun numbernya tercatat dalam EUROCLEAR SCREEN dengan jumlah 5TRILLION EURO dari HSBC London.Jumlah ini masih kecil lagi berbanding dengan USD 117 Trillion yang diperuntukkan untuk pembangunan Indonesia.Beliau ternyata pewaris tunggal dari The Royal Assets yang bermulanya sistem perbankan dunia pada tahun 1875
        Perjanjian dunia ialah akan kembalinya sistem beraja di Indonesia selepas tahun 2012.Zaman sekarang adalah zaman avantara di bawah pengawalan Aquarius yang bersimetri dengan LEO(The King).
        “tak bergerak sezarah tanpa izinNya”…..kita harus kaji kenapa nama tersebut tertulis di dunia yang nyata dan juga yang ghaib dengan nama “Raden Mas Prabhu Gusti Agung Ki Asmoro Wijoyo”.
        Beliau juga merupakan president kepada ” Sierra Petroleum International ” yang berdaftar di Hong Kong….sila surf gambar beliau…
        Mengenai dengan Harta tersebut, Bung Sukarnoe, Queen Elizabeth II dan Chen Yu Zhen(China) cuma merupakan pemegang amanah(Trustees) dan bukan pemilik, dan pemilik yang tunggal adalah KAMAL ASHNAWI….yang juga dikenali dengan nama “White Spritual BoY” dalam code Bank Dunia….
        Sekadar untuk di kongsi bersama demi kebenaran
        Salam Rahayu

        • Prabhu Arya Gandamana

          Surat dari HSBC PLC London yang bertarikh 22 November 2011 telah ditandatangani oleh president dan juga CEO HSBC London dan telah di authenticated oleh Bank Of England dan juga Central Bank of Malaysia pada awal Februari 2012

        • he’s a “man” not “boy”…

        • Salam Kang Mas Prabhu Arya Gandamana semoga selalu bahagia sejahtera dan selamat sentausa.
          Kalau itu benar kan ya yang pertamakali harus bersyukur Kepada allah denmas Kamal Asnawi .
          la kalau yang lain kan bersyukurnya nanti setelah itu terbukti dicairkan terus di alokasikan sesuai dengan amanah . kalau nggak begitu ya sama saja bohong meskipun tidak ada sedikitpun keinginan Den Mas Asnawi ingin membohongi tetapi justru iklas mau menolong. tetapi bagi orang orang yang sangat berharap terhadap harta itu ya kadang pikiranya malah tidak sehat seperti yang selama ini kita ketahui tentang perburuan harta karun to Den Prabhu.
          seolah olah bahwa satu satunya penyebab kemuliaan itu harta yang berlimpah, harta karun dan harta lainya. itu salah besar karena penyebab kemuliaan itu ya karena ridla Allah . Allah yang mewujudkan Kemuliaan melalui siapapun yang dikehendakiNya.
          Coba sekarang lihat penyebab kesengsaraan rakyat Indonesia dan mungkin di negara lainya itu kalau mau jujur karena banyak Harta yang ditimbun. ( ini termasuk yang dikorupsi )
          Beberapa waktu lalu terjadi kelangkaan BBM penyebabnya BBM ditimbun, terus terjadi kelangkaan minyak Tanah itu juga karena banyak minyak tanah yang ditimbun . la kalau terjadi kelangkaan duit itu juga artinya banyak duit yang ditimbun.
          Salam Rahayu wibawa mukti sehat sentausa.

    • heru hadian moedjenan

      saya pernah bertemu dengan orng yang mengatakan hal yang sama…meskipun berbeda dalam hal negara tempat harta itu disimpan….tp biarlah klo itu ada….betul kata kang tembayat klo hal itu akan muncul dengan sendirinya….Wa Allahu alam..:)

  131. selamat siang

    salam ki Sasmita…

    Saya setuju sekali dengan uraian njenengan..

    salam juga buat semua .. para Romo .. para pini sepuh .. dan saudara saudari .

    matur nuwun.

  132. Salam dan selamat malam…….

    Mas Bejo Banget….Mas Gamalpra……Mas ABR……Mas Kuda Gunung……Mas Tembayat…..semua rekan dan poro sepuh……

    Sepertinya gambar atau foto wajah bertambah 1 lagi….wajah itu mirip Mas PHK….weeeh…..sepertinya benar……ha ha ha…keren abis…….ayo siapa lagi yang mau kirim foto….bagaimana kalau giliran Mas Gamalpra….nuwun……

    • Salam Mas SPSW……apakah ada cara …untuk bisa menghilangkan kaca mata hitam yang dipakai Mas PHK…..supaya bisa terlihat dengan jelas wajah beliaunya yang manis itu….he he he kik kuk……terima kasih Mas PHK……blog ini semakin guyub….menjalin rasa akrab erat dan persaudaraan dan keterbukaan…..ayo daftar pasang foto wajah ……..gratis……..

    • ntar romo WM, kalau sy sdh berisi maka sy setor foto… ikut kandidat….

      salam utk keluarga besar WM yg selalu gayeng dan rukun.

      • Semoga isinya tambah banyak…he he he…..kalau tumpah banyak yang munguti……semoga fotonya segera dikirim……ikut kandidat manusia puyeng……ha ha ha ………..

  133. salam kangmas prabhu ag..

    salam poro sesepuh semuanya..

    dulu ada teman yg pernah cerita ke sy..
    mengenai asal muasal sejarah berdirinya bank-bank di dunia.
    jauh sebelum tahun masehi dimulai de..kira2 900 tahun sebelum masehi..

    seorang ‘raja’ yg sangat kaya dunia dan dekat dengan gusti Allah.
    berpemaisurikan ratu seba…bla..bla..bla…semuanya hartanya”diumpetin” di p jawa.
    mulai dr tahun 1300 keatas lah semua simpenan yg diumpetin dr cina pun ke p jawa juga.

    singkat cerita ada ni..9 pangeran perang yg menggali atau semedi di kuil bekas raja terkenal tsb selama 9tahun..dan mendapatkan akses dengan para paus dunia. dan mendapatkan restu untuk berdagang dengan para raja jawa.

    bla…bla…bla si 9 pangeran inilah yg kemudian berdasarkan surat pinjam dari poro raja/sesepuh di p jawa mulai berdagang..dari swiss..skotlandia..sampai amrik yg kita kenal skr.

    nah ada yg ngetop ni dari 9 pangeran tsb ..namanya rothsield..buka bank di inggris..perancis..simpan pinjam..sampai adu domba segala kelakuannya..perang napoleon lah..semuanya de..kalo skr namanya iluminati kali ya…mbuh aku xixux kangmas..

    sampai2 keluarga R tsb juga ada dlm FED banknya si amrik.

    laaa..berhubung duit to kangmas…ga mau dibalikin(kaya sy kalo minjem aja)..dibuatlah semakin ga ngerti ni turunan2 poro sesepuh di p jawa..walaupun masih ada ni gen-gen , dna-dna yg disembunyikan…dibuatlah seakan-akan ada duitnya diluar negeri..
    yg katanya eoroclearlah..mt760lah..padahal tanpa di klaim oleh negara masing ya ga kluar juga…kecuali tentunya proses real trading.

    malah kata temen sy…diadu dombalah semuanya demi kepentingan si peminjam..yg kaki tanganya sudah mencapai ke lini2 paling bawah.

    wah..aku cuma berharap disinilah peran si yg kita tunggu2 ini..tp yg asli lo.. berperan mengembalikan semua hak milik dan kewajiban sesepuh leluhur kita…yg semuanya itu sebenarnya ada di p jawa ini…itu kata temen sy lo ceritanya…

    poro sesepuh poro sedulur..maafkan cerita sy ya ..ndak perlu dicermati betul2 kok..

    salam kangmas spsw..kopinya ueenaak tenan…

    salam rahayu

    • Nah… ya bodoh sapa? hehe gmn Kang Gamal????
      AAhhh kakang ku WM kados pundi kabaripun. heheheh usulan soal menghapus kacamata sama tuan rumah tergantung dr si empunya foto donk. kalo saya mah gmn kalo yang di situ panjalu d kasih rok aja. xixixixi
      pissss…….

      • Salam Mas Bagus….saya baik dan sehat…..tetap masih kerja maraton sampai bulan April…semoga semua rangkaian pekerjaan bisa selesai semua……

        Soal gambar wajah Mas PKH…..sudah bagus dan keren…….soal rok….roknya siapa yang dipinjam….he he he kik kuk…..

        • hehehe ga melu melu ah…
          ya kang smoga lancar ya usaha nya. amin

          Oh ya Kang Eddy kok ga jd muncul ya. knp?
          Setiap penulis pada blog masing masing pasti meyakini sesuatu hal
          siapapun dan apapun yg di yakininya.
          Lalu knp Kang Eddy jadi batal muncul? apa sdh tidak yakin atau bagaimana.

          Lalu disini Kang Spsw masih eksis dengan keyakinannya. hmmm apa artinya ya.
          Apa terawangannya blom ditutup gtu jadi mash bisa bercerita dan mengajak rekan sekalian tuk berdiskusi dan menyamakan presepsi ttg sesuatu hal?

          Gmn menurut Kang WM. dan akang akang yang lain. yang super super.
          hehehehe saya menyimak dan sruput sruput..

          Ohya satu hal. buat Jenk Dewi mbok jangan ngintip aja disini. ayo ikutan share.
          Gpp grutal gratul. Ben gayeng…. Tambah wong wedok tambah gayeng opo tambah mumet yoo…

      • emang bodoh banget kebanyakan org ind… termasuk… sy…. mosok kuli terus..?

        kebodohan yg baru… beli pesawat kepresidenan… sibeye yg pesan… tapi yg naikin romo BB, romo WM, romo Tembayat… hehehe….

        ntar sy boleh sekali-sekali nggandul di pesawatmu yo kang BB… bosen nggandul truk terus…xixixixi….

        • jadi inget menteri yg berangkat ke kantor pake busway dan ojek
          Pengen biar bisa jd contoh, tp saat melakukan “perjalanannya” ternyata bnyak ketemu orang bodoh. hehehehehe
          bener bener bodoh. menterinya apa yg lain ya.
          lha kalo ada apa apa di jalan nti gmn. malah di katain….
          Dasar udik bodoh. sdh tau ada rapat kok malah neko neko naek busway dan ojek.
          nah….. begitulah kira kira

          Kang Gamal. nggandul truk dan nggandul pesawat tuh gmn?
          bergelantungan di pinggir luar dari bak truk dan bergelantungan di sayap pesawat ya.

          Judulnya.. Jatuhnya kedaulatan bahasa indonesia
          hahahaha

          • yg antri nggandul di blog ini banyak lho kang… termasuk kang ABR… pegangan di sayap pesawat trus sarungnya diikat di leher… bukan utk mengusir rasa dingin… tapi biar mirip superman… hehehe…

            pamit dulu, belajar sowan…

            salam.

          • maaf sy koreksi, bisa2 multi tafsir…

            kang ABR leyeh2 didalam pesawat dg poro pinisepuh lainnya, sdg sy diluar pesawat… sekali-sekali nggandul…

            kalau sekali-sekali nggandul (1x) mungkin masih bisa karena rasa persaudaraan, tapi kalau terus-terusan ya ga bolehlah… itu namanya KKN… jaman SP sdh tidak ada lagi namanya KKN… gitu ya…?

        • Salam Mas Gamal…….

          Apakah bangsa atau rakyat IND bodoh.??…..sepertinya tidak…hanya ora kramut…atau mungkin sengaja tidak diramut….atau para bapak bapak kita yang diatas yang mungkin bodoh…..ngurusi diri pribadinya saja sudah tidak mampu……

          Mas Bejo…..iya…kenapa Mas Eddy tidak juga membuka rumah sekolahnya…semoga ada teman Mas Eddy yang mau menerangkan sebabnya…….

          Soal apa yang diinginkan Njenengan …weeeh….saya ini hanya sebagai figuran saja…..nderek manut saja……

          Soal Jeng Dewi….sebaiknya dijemput Mas Bejo atau kita bujuki saja…..ha ha ha supaya mau hadir dan bercerita banyak hal…..ha ha ha biar tambah sibuk menulis sampai jari tangan keriting…kik kuk……

  134. Salam Cak WM, Kang Tembayat, Kang Gamalpra, Kang BB, Ki SPSWN. Kang Prabu, Adimas Kudakepang dll.

    Maap baru muncul……tadi thenger-thenger…habis nonton acara saresehan anak negri di metrotv tentang runtuhnya Kedaulatan sumber energi.
    Kesimpulan pertemuannya tentang pelanggaran UUD45 pasal 33 oleh mandataris rakyat.

    Kayaknya…….bola panas segera menerjang istana.

    • sama kang, sy juga nonton… ngeri dan bikin hati keronto-ronto…

      si biru sudah mulai menuai protes keras, benderanya dibakar di makassar…!

  135. Salam Cak WM, Kang Tembayat, Kang Gamal, Kang BB, KI SPSWN, Kang Prabu, Adimas Kudakepang dan poro sedelur semua.

    Ada wacana mulai bergulir.
    http://www.metrotvnews.com/read/newsprograms/2012/02/09/11501/27/Sarasehan-Anak-Negeri-Runtuhnya-Kedaulatan-Energi

    • Salam Mas ABR…Mas Gamalpra dan semua poro romo yang berilmu hikmah…….

      Mas ABR…kalau kita ikut menyimak dalam acar metro TV itu maka hati ini seperti bergemuruh…gelisah …marah…kecewa….negeri ini semakin lama tidak semakin maju malah menjadi mundur dan remek….tinggal menunggu waktu untuk ambruk bila tidak segera dibenahi dengan segera…….

      Menurut Njenengan sendiri bagaimana…saya masih ingat dengan mimpi atau pandangan gaib Mas ABR tentang bangunan kokoh yang didalamnya ada binatang naga…..masih adakah harapan untuk negeri ini dan siapa yang mampu untuk meluruskan bayak kebengkokan para pemimpin kita disana…..

      Pemerintahan SBY dan wakil rakyat ini sepertinya harus bubar sendiri atau dibubarkan dan harus ada sosok pemimpin pengganti yang hati dan kecerdasannya sekelas Nabi atau Wali ….para beliau itu yang bukan hanya cerdas saja tetapi pasti sudah diberi bekal banyak ilmu…..para beliau yang logika pikirnya bisa menangkap pesan yang disampaikan oleh alam atau oleh Tuhan…..para pemimpin yang mengembalikan arah haluan negara ke UUD 45…..

      Mas ABR…menurut pendapat dan penerangan atau terawang batin Njenengan…..kapan terjadinya puncak goro goro untuk mengawali dan menuju baik dan benarnya negeri kita yang tercinta ini…..Nuwun…..

  136. heru hadian mudjenan

    waah mulai rame yaa???…mudah2an bisa diselesaikan dengan damai…kasihan rakyat…dah susah…ntar tambah susah lagi klo sampe ribut gede mah…..sekarang aja banyak yang kesulitan cari sesuap nasi atau untuk makan hari ini…apalgi ntar klo emang bakal datang keributan dan kerusuhan besar…….kasihan mereka rakyat yang gak ada melindungi dan menafkahi…gak kebayang….

  137. bahasa isyarat + twl mimpi, jdi penoton lebih seru ni ….! waktu tanpa kegiatan cerita na jadi singkat,

  138. Salam Cak WM.

    Naga adalah simbol dari kekuatan massa rakyat cq kekuatan negara (rakyat adalah komponen utama kenegaraan), besarnya kekuatan ini sangat tergantung pada struktur kerakyatan (sistem ketatanegaraan) yang dilandasi azas kebersamaan, persatuan, moralitas, kecerdasan intelektual (kemampuan analisis)-kecerdasan kultural dan emosional (paham tiap kultur masyarakat, tanggap perasaan)-Kecerdasan spiritual.

    Bahan bacaan: Dharma Keerthi Sri Ranjan D.G. and Zhou Chang C.Sabaragamuwa University Journal 2010, V.9 N0. 1 pp 65-80.

    Modal kekuatan Naga yg sangat besar ini telah digali/ditemukan oleh para pendahulu dan pendiri NKRI kita….yaitu Pancasila dan UUD45……tetapi sayangnya…kekuatan ini tidak di”uri-uri” bahkan didegradasi.
    Wacana ini telah mulai dipahami oleh banyak tokoh masyarakat kita saat ini (lihat acara saresehan anak negeri di metrotv tsb)……mudah mudahan….ada perubahan secara konstitusional dan bukan goro-goro kerusuhan massa…..sekali lagi…perubahan secara KONSTITUSIONAL…. misalkan Sidang Umum Luar Biasa MPR….bukan kekuatan massa rakyat yg akan cenderung destruktif…dan mudah ditunggangi niat jahat dari luar dan dari dalam negri.
    Salam waspodo buat seluruh sedulur nuswantoro.

  139. Heru Hadian Moedjenan

    saya setuju..klo bisa seperti itu……kekuatan rakyat yang destruktif hanyalah membuat negara tambah kacau dan ditungganggi orang2 gak jelas tujuannya…karena sekumpulan orang2 putus asa dan marah,hanya akan jadi tunggangan para Syaitan dari golongan manusia…..mereka akan sulit membedakan mana yang benar2 demi rakyat atau demi perutnya sendiri….betul sekali mas ABR

  140. Heru Hadian Moedjenan

    salam semuanya….
    saya pernah bertemu seseorang di daerah bendungan CIRATA…seorang SESEPUH disana
    thn 2008 ketika seorang teman saya mengajak untuk berkonsultasi kepada SESPUH tsb perkara dirinya….
    waktu itu kita sampai jam 11 malam….setelah urusan teman saya beres….Sesepuh tersebut bercerita menurut keyakinan BELIAU,inilah ceritanya:
    “Satu hari nanti akan muncul seorang laki2 yang dia memimpin rakyat dalam mengajukan tuntutan dari rakyat kepada pemerintah,yang pada akhirnya laki2 ini diserahi Amanah berupa Kekayaan yang berlimpah untuk dikelola demi kemakmuran Rakyat Indonesia…
    menurut Beliau,laki2 ini sudah ada dan dia hidup sebagai rakyat biasa,nanti muncul disaat rakyat mendaulatnya…..
    usianya waktu itu masih dibawah 40 thn….dia didaulat pada usia diatas 40thn….
    menurut beliau juga,laki2 ini sdh bertemu dengannya disaat laki2 ini sedang mencari jati diri…..
    beliau menawarkan kepadanya ini bantuan tapi laki2 tsb menolaknya…..karena laki2 ini pun terkejut dan gak pernah menyangka bahwa dirinya adalah orang yang akan nantinya memegang Amanah tsb dan juga dia sebelumnya gak pernah tahu perihal perkara satria2 tsb sesuai penuturan SESEPUH ,sedangkan disaat itu dia sedang dalam kesusahan ….malah beliau masih berharap bertemu kembali dengan laki2 tsb,seprtinya sampai sekarangpun beliau belum berjumpa lagi….”
    Ini sebuah Cerita yang sangat diyakininya ketika kami sedang bersilaturahmi ke tempatnya mengenai perkara urusan pribadi teman saya,yang jelas perkataan beliau bukan untuk teman saya tapi untuk orang lain….Wa Allahu A’lam….
    Mohon kiranya saudara2ku mengomentari…kali2 aja mendengar cerita yang sama seperti yang pernah saya dengar dari SESEPUH tersebut…Makasih…..:)

  141. Ada 2 hal yang keliru dari Anda:
    1. Anda mengatakan sp ada 2.
    2. Anda mengatakan sp jayabaya cuma darurat.

    jawaban saya:
    1. Sumber jangka jayabaya versi kraton yogya: “jangan ketipu karena ada dua orang mirip, tapi cuma satu yang asli. sedang yang lain mendapat pepesan kosong”. Jadi jelasnya adalah: Dari gontok-gontokkan energy antar sp-sp tersisalah dua sp, akhirnya cuma 1 sp, sedang satu lagi cuma “sp” dalam tanda petik alias palsu.
    2. Sumber jayabaya bait terakhir: “seluruh rakyat pun menaruh hormat, raja nyembah kawulo, didampingi sabdo palon naya genggong.” Jadi jangan salah anda, perang itu cuma perang suci pembuka sebagai jenjang karir sp dari panglima perang menjadi seorang sultan herucakra.

    hehehe… mau israel berubah kek, gak berubah kek. lokasi pertemuan tiga air adalah semenanjung malaysia. indonesia sudah campuran berbagai laut lebih dari tiga. jadi sp lahir di semenanjung malaysia.

  142. Tampaknya disini ada komentator yang bingung, apa itu pemuda berjanggut. Ngeramal kakek berambut panjang disawah. hehehe…

    Begini, saya jelaskan. bocah angon dan pemuda janggotan itu adalah penggambaran prabu siliwangi atas rakyat yang ia cintai. siapa saja akan masuk sebagai bocah angon dan pemuda janggotan selama perananna ada dan sesuai dengan kepentingan kraton pajajaran.

    tahap pertama:
    “(dijaman suharto) muncul pemuda berjanggut memberitahu salah dan benar, berpakaian hitam” <– itu saya alias nabi isa asli.
    "pemuda gembala, berumah dinding diliputi tumbuhan, diujung sungai, pintu setinggi batu alias rumah bertingkat" <— itu rumah lia eden alias ibu maria.

    tahap kedua:
    "pemuda berjanggut dimasukkan ke penjara" <— itu Lia Eden.
    "pemuda gembala melawan sambil tertawa" <— itu saya sewaktu menulis di internet disaat lia dipenjara.

    tahap ketiga:
    "pemuda gembala sudah pergi bersama pemuda berjanggut, membuka lahan di lebak cawene" <— ini saya bersama asisten saya yang memang berjanggut.

  143. Saya sambut kehadiran blog ini. semoga saya tidak diban disaat saya koment-koment berikutnya. karena sepengetahuan saya koment saya memang SARa tapi tidak melanggar SARA.
    Tapi jangan banyak mimpi kau, dengan paradigma muslim, dicampur paradigma indonesia versi sukarno. lah tambah hancur dan gak jadi apa-apa. kuno.
    hehehe perkara mimpi saya pun banyak, bahkan koment paranormal akan ke sp-an saya pun banyak hehe.

  144. saya antara berjanggut dengan nggak. sebenarnya cuma janggut tipis. tapi saat saya dipanggil pemuda berjanggut adalah jesusnya saya yang diakui prabu siliwangi.
    lalu anak gembala, siapa yang bisa menampik bahwa jesus terkenal di seluruh dunia sebagai gembalanya tuhan. yang juga menggembalakan ajarannya.
    jadi saya bisa masuk dua-dua. anak gembala, pemuda berjanggut.

  145. saya tak menolak bahwa ada penggambaran sp muslim, yaitu separuhnya jangka jayabaya versi yogyakarta. ya silahkan, saya akan menyaksikan dia jadi sp. memangnya mudah.

  146. Akhir kata, saya lampirkan bait-bait berikut:

    Kemudian kelak akan datang Tunjung Putih Semune Pundak Kasungsang. Lahir di bumi Mekah. Menjadi raja di dunia, bergelar Ratu Amisan, redalah kesengsaraan di bumi, nakhoda ikut ke dalam persidangan.”
    Seorang pemuda alim yang bahunya pernah disalib yaitu Jesus lahir lagi, kali ini di bumi Mekah, orang barat mendukung.

    Dimanakah “bumi mekkah” kelahiran pemimpin yang disebut dalam kitab musarar jayabaya itu? Jawabannya ada di serat yang lain yaitu Uga Wangsit Siliwangi:
    “Saat munculnya anak gembala, di situ akan banyak huru-hara, yang bermula di satu daerah semakin lama semakin besar meluas di seluruh negara. yang tidak tahu menjadi gila dan ikut-ikutan menyerobot dan bertengkar. Dipimpin oleh pemuda gendut! Sebabnya bertengkar? Memperebutkan tanah. Yang sudah punya ingin lebih, yang berhak meminta bagiannya.”
    Yaitu suatu daerah yang pernah ribut karena meminta hak otonomi daerah.

    “Tekane sing prahu kenthir”
    Tepat saat gusdur mengurus masalah daerah, sp pergi ke jawa dengan kapal. (sesuai bait diatas).

    SP adalah Nabi Isa itu sendiri, bukan bekerjasama dengan roh Nabi Isa. Alasannya:
    a. “Putra Dewa Indra (Yahweh) yang paling sulung” – Jayabaya pangeran wijil.
    b. “Hiya iku Kanjeng Nabi Isa roh Allah.” – Jayabaya catur sabda.
    (Penulis sendiri tak mempercayai keberadaan roh, tapi menggunakan kata “kesadaran” sebagai pengganti roh).

    Kuburan jesus dan ibu maria ada di kashmir. jadi mereka terus lahir terusmenerus dalam berbagai kehidupan. Ia memang bisa terbang jadi satu saat turun di menara damaskus untuk bertahta di zion.

  147. Sekarang, ramalan dari sudut pandang ronggowarsito digabung notonogoro menghasilkan:
    Satria Pinandhita Sinisihan Wahyu adalah gabungan suami-istri yang setara kesaktian, kewibawaan, dan mandat alamnya.
    karena tersisa nama go nama pria, ro nama wanitanya.
    jesus juga kelahirankembali nabi sulaiman. melihat bait jayabaya “memotong pulau jawa dua kali, tanpa mengerahkan pasukan. cuma jin dan setan.” (dalam versi muslim menjadi malaikat berjuta-juta) menunjukkan kembalinya gaya jesus sewaktu hidup sebagai nabi sulaiman dengan istrinya ratu balqis. ratu balqis pencipta banyak dewi dewi laut selatan akan turun kembali, dan bersama sp membabat tanah jawa kali kedua. kali pertama oleh radeh patah bersama pasukannya dari buddhi ke islam. kali kedua oleh sp dan istri, dari islam ke buddhi kembali. “500 tahun lagi kami ganti lagi jadi buddhi (gabungan kristen, hindu, buddha). jika ada orang bernama tua agegaman kawruh (pembawa nasrani) itulah yang saya asuh.” – serat sabdo palon.

    3 sandi dalam kitab dharmo gandhul:
    1. wit buddhi = agama ciwa dan buddha.
    2. wit kawruh = agama nasrani.
    3. wit kuldi = agama islam.
    jadi kawruh itu bukannya kejawen.

    ciwa dan buddha diberi ke orang agegaman kawruh atau nasrani, menjadi agama buddhi.
    agama buddhi pertama di jaman india dulu cuma shivaism.
    agama buddhi tahap dua di masa mpu sindok (sp dikehidupan dulu) adalah ciwabuddha.
    agama buddhi tahap final adalah kristen, ciwa, dan buddha.

    kenapa final, karena trimurti. kristen dari brahma atau allah, ciwa dari shiva, buddha dari vishnu. selain dari itu gak dianggap oleh alam. kristen disempurnakan jesus kelak dengan gnosticism sehingga ia sempurna. gak musti harus ke islam.

  148. kejadian tragedi jakarta kok dipakai. mana cukup untuk menggambarkan jangka jayabaya tentang punahnya separuh penduduk jawa. bukan jakarta.

  149. Sama ini neh
    http://www.google.co.id/#hl=id&sclient=psy-ab&q=binatang+tomcat+serbu+surabaya&oq=binatang+tomcat+serbu+surabaya&aq=f&aqi=&aql=&gs_sm=3&gs_upl=33423l37150l0l37640l10l10l0l0l0l9l1708l6756l4-1.5.2.0.1l9l0&gs_l=serp.3…33423l37150l0l37640l10l10l0l0l0l9l1708l6756l4-1j5j2j0j1l9l0.llsin.&pbx=1&bav=on.2,or.r_gc.r_pw.r_qf.,cf.osb&fp=8159b491aa39b2f0&biw=1366&bih=601

  150. Salam Kang BB
    Lha iya…sing mbaurekso Surabaya kok belom nongol…ya….Cak…cak WM.

    Salam Kang KG.
    wah…buka link nya kok yg nongol mesin telusur google dg banyak hasil…yg mana kang.?

    • Salam Mas KG….Mas Bejo….Mas ABR……

      Terima kasih atas infonya….semoga tidak menyerbu Surabaya kota……waaah…kalau dientup bisa sakit……

      Tom Cat itu mungkin protes karena lahan dia hidup dirusak untuk mendirikan bangunan baru….lagi lagi ini salahnya manusia……..
      semoga tom cat itu segera pergi…..

      Mas ABR…soal ibu muda itu…waaah…saya kurang jelas mandangnya…..semoga saja beliau…kalau wanita itu putri Brawijaya lalu kenapa dan ada apa gerangan atau gandeng cenengnya dengan keadaan negeri saat ini……..suwun

  151. kemunculan SP sy prediksi 1 suro/muharram,
    tetapi ternyata ulama padang pasir memperkirakan kemunculannya pd tanggal 10 suro/muharram atau 24 Nopember 2012.
    berhubung sy bukan ulama sy ikut saja prediksi mereka….

    ada apa dg 10 muharram?

    Dari Ibnu Abbas -radhiyallahu ‘anhuma-, “Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berpuasa pada hari ‘Asyura dan memerintahkan untuk berpuasa padanya”. (Muttafaqun ‘Alaihi).

    Dari Abu Qatadah -radhiyallahu ‘anhu-, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya tentang puasa hari ‘Asyura. Beliau menjawab, “(Puasa tersebut) Menghapuskan dosa satu tahun yang lalu”. (HR. Muslim)

    Dari Ibnu Abbas -radhiyallahu ‘anhuma- beliau berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Apabila (usia)ku sampai tahun depan, maka aku akan berpuasa pada (hari) kesembilan” (HR. Muslim)

    http://ulamasunnah.wordpress.com/2009/01/01/keutamaan-puasa-di-hari-asyura-10-muharram/

    hadits lainnya,
    Dari Abu Hurairah RA ia berkata: Rasulullah SAW telah bersabda: “Shaum yang paling utama setelah shaum Ramadhan adalah shaum dibulan Allah Muharram. Dan sholat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam”

  152. lama tidak jenguk blog ini, ternyata ada kejutan baru, tentang……SP juga…

    http://indonesian-treasury.blogspot.com/2012/03/satrio-piningit-dimana-ya-masak-lalu.html

    • zzzzzz…. mbok ya jangan terlalu toh mas, mas…. kalau mau bercanda
      ter… la….lu….

      ya ndak segitumya banget mas…..
      saya kira ada kilat 100 jt watt turun langsung dr langit menghajar bumi, ndak taunya cuma gerimis merata di jabotabek…

      yang lain dong… tak tunggu mas Gamal wedarannya….

      • Mas Gamal…
        da titipan dr kembang kemuning…
        dengerin bait genk kobra – wang sinawang.
        Mau bohong, mau nyata, mas gamal yg mikir sendiri ya, saya ndak mau ikut-ikut……

      • Hahahahahahahaha xixixixixixi…. keren

        oh ya mas andy. mengenai pertanyaan badai salju tuh, saya merasa aneh aja. sekiranya nanti saya dah dapat jawabannya nanti akan saya beritahukan.

        hahahaha lucu becandanya

        • oh ya mas andy. mengenai pertanyaan badai salju tuh, saya merasa aneh aja. sekiranya nanti saya dah dapat jawabannya nanti akan saya beritahukan.
          ————————————-
          menurutku juga seperti itu, oleh sebab itulah saya memberikan 2 berita. di lanjut dengan titipan kemuning…

          Mas Bejo….
          Mas Bejo pernah bertemu tanaman yg namanya lidah buaya dan kumis kucing ?
          mereka protes, gara-gara satu hal..
          mas bejo lihat sendiri saja ya…. ini sanepannya….
          perintah itu turun atau tidak, mas bejo sendiri yg menganalisa

          The Lord of the Rings – Two Towers Battle Scenes (Te4mleader)

          bukan hak saya menjawab masalah yg pelik itu, saya hanya grisi’en di protesi sama 2 yg tadi tu….

          —-
          dah wes… capek aku…. tak tidur ja …. tidur lama….. cuaaapek poll….

          • wahh….
            bukan itu yg saya maksud kan mas Bejo….
            Kalau itu mah sudah sejak baca berita , langsung MUPENG ( MUka PENGen ) tau bener pa tdk berita tsb.

            kalau yg bawahnya riil ( atau kata lainnya 80 % bisa di pertanggung jawabkan )….

            tapi, saya tetep salut kok mas….
            ternyata Masnya lebih jeli, walaupun agak sedikit jauh waktunya…

            Dah masnya… q nglanjutin rilexs dl….
            mau mandi dl…. maklum banyak godaan, jadi maunya trus saja ……… lanjut masnya..

          • Mas Andy
            hehehehehehehe……. sumatra sebelah utara memang akan di hajar habis habisan selama tidak mau sadar habis habisan, saya ga mau menerangkan kenapa.(krn tdk tahu) . perintah turun atau tidak smntara bisa saja di berikan, tetapi ada yang bisa menangkal sementara. mungkin waktunya belum tepat. xixixixi…. mau bukti. liat saja jakarta.

          • sayapun biasanya sering kurang akurat. Dan itupun belum tentu benar. sama seperti badai salju kemarin. begitu pula dengan Jakarta. selama mustika (kata orang) itu tidak di tarik balik kembali menuju rumahnya, tentu masih sangat mungkin untuk di setting ulang.

            Semoga saja masih ada kesempatan….
            begitupun dengan wilayah yg lain…

            Tetapi ada beberapa bagian yg sangat – sangat muskil untuk dipertanyakan lagi…….. karena alibinya belum jelas dan kuat ( ma’af, yg ini tidak boleh di wedar apapun resikonya )
            saya percaya dengan Mas Bejo, ada beberapa jejak yg masih tertinggal di sekitaran daerah Mas, dan menurut saya itu sudah cukup untuk menjadi penanda. kapan hari ingin kembali mengenang masa itu, tetapi kemungkinannya sudah sangat muskil dilakukan bila tidak berjalan bersama seseorang yang sekarang menjadi tanggungjawab pribadi.

            Andaikata kesempatan itu ada, tentu akan sangat senang rasanya bisa bertemu dengan kekasih hati,yang telah lama terpisah oleh jarak dan waktu.

            begitu saja Mas Bejo. Dan semoga semuanya bisa berjalan dengan benar-benar arif, adil juga bijaksana di tengah silang sengkarut yang benar-benar susah untuk dipahami walaupun dengan kepala dingin.semoga kita semua terselamatkan oleh hal-hal yg kadang tidak kita sadari terlontar tanpa sengaja (yg kata mas Gamal, bola liar).

            selamat pagi, met istirahat…. saya juga dah mau selesai tugas malam….
            Masnya…selamat bertugas… Entah kapan kita bisa ngobrol-ngobrol lagi,
            terima kasih traktiran kopinya….

          • What can I say Mas Andy
            what will happens let its happens
            we’ll see whatever it is
            Thanks for the nice talking
            i wish we can talk someday too
            with a glass of coffee

  153. knpa bnyakorg ygmengaku2 dirinya satria piningit sdgkan dia sndri gk ngerti ap2…so..apakah dia bs buktikan bukti yg riil atas pengakuannya tsb…satria piningit br akan lahir pd tahun 2012 ini,bkn kalian yg tlah lahir brtahun2 lalu…ingin tau siapa satria piningit yg sesungguhnya ????? tunggulah nanti pd saat kehancuran didepan mata, dgn pertanda terbelahnya pulau jawa ats tragedi LUMPUR LAPINDO bs dihentikan dgn cara membelah pulau jawa…tunggu saat2 tu tiba…!!!!!

    • @Metha.
      Ketika Satria piningit itu diketahui orang, artinya kepiningitanya sudah dibuka. Kelahiran satrian piningit adalah saat orang tersebut diwisuda menjadi satria piningit. jadi menurut saya tahun ini bukan tahun kelahiranya namun tahun kemunculanya. Beliau sedang dipersiapkan oleh Tuhan dan para Leluhur pada tingkat Dunia. tahun ini perjalananya sebagai satria piningit sudah dinilai cukup sehingga mulei diperintahkan untuk tapa ngrame. mohon maaf jika beda pendapat.
      Salam Rahayu Indonesia jaya.

  154. ARYADI YUDHA BHAKTI

    …BetuL bgt,Satrio paningit tidak lg disembunyikan dan itulah datangnya RATUADIL untuk Nusantara.Harapan besar untuk kemakmuran yang merata tanpa menunggu harta kita yaitu Pegunungan meletus dimana 2,Ia jatuh bangun dalam ujian Rezeki dan cerita CINTA nya namun dalam ketiadaan Ia akan bangkit bersama Ruh ruh nenekmoyang Nusantara.
    Harta karun jangan dipaksa bongkar secara asal dan tata cara karena do’a Ia lah yang dapat mewujudkan semuanya…,RATUADILSEJATI ada di Lampung karena Lampung adalah propinsi yang sudah lama teraniaya ,coba lihat sejarah Lampung adalah tempat terbesar adanya Transmigrasi berbagai daerah terutama dari kepulauan JAWA. Dan ikhlas serta batin sucilah yang dapat menjawab semuanya.Intinya kemunculannya adalah satu tanda besar bahwa TUHAN,YME adalah Maha KAYA dan bijaksana .RatuADIL dipilih Tuhan untuk membuktikan bahwa Indonesia adalah Negara KAYA akan budaya,serta Kemerdekaan Bangsa tercipta dari PERSATUAN BANGSA INDONESIA yang terdiri dari berbagai macam ADAT,BUDAYA serta AGAMA terhadap keAGUNGAN TUHAN,YME…

  155. artikel yang bagus…
    semoga menambah pengetahuan kita sema…
    update terus ya…
    salam kenal…

  156. Salam Buat semuanya……
    Numpang lewat sambil baca2, buat nambah wawasan saya

    Salam kenal.

  157. Assalamualaikum wr . wb
    Saudara saudaraku diseluruh dunia dan khususnya yang berada wilayah Nusantara ,
    Saya mempunyai suatu pengalaman gaib yang baru terjadi pada malam Rabu tanggal 8 malam tanggal 9 Maret 2005 ,dan mudah mudahan menjadi suatu renungan untuk mempersatukan seluruh bangsa di Nusantara ini .
    Malam itu sekitar jam 00,00 Biasanya setelah Shalat malam saya langsung tidur tetapi ini memang benar benar aneh, saya sangat gelisah sekali ingin tidur tidak dapat memejamkan mata seakan akan ada suatu keganjilan ada apa gerangan ? Pada jam 01.30 lalu saya melakukan meditasi dan pada saat meditasi saya melihat seorang laki laki berjubah putih sedang bersujud disuatu tempat entah dimana gerangan karena suasananya sangat sepi tetapi juga sangat indah dan dibelakangnya ada 4 orang laki laki pula mengikutinya ,sayup sayup terdengar kalimat dengan bahasa lembut disertai isak tangis yang memilukan dengan nada lirih :” Ummati ummati ummmati, Ya Allah jangan timpakan bencana lagi kasihanilah mereka, karena mereka belum memahami ajaran sebenarnya dan tunjukkan mereka kejalanMu agar mereka kembali kepada Alqur’an dan Hadits untuk membaca dan mengkajinya “,Saya yakin beliau adalah Rosulullah S.A.W . Kata kata beliau disaksikan para penghuni gaib diantaranya Ruh ruh para nabi terdahulu ,para Malaikat, para Dewa serta Ruh para penyebar agama di seluruh dunia , dilangit maupun di Bumi. Alampun menyambutnya dengan Halilintar serta hujan deras disertai angin ribut sedangkan saya sendiri tak sanggup menahan linangan airmata dan ikut menangis sambil bertasbih memuji kebesaran Allah SWT hingga jam 03.45 pagi . Saudaraku para pembaca PosMo yang terhormat dari kejadian tersebut marilah kita ambil hikmahnya untuk bersatu membangun Negeri kita tercinta dan menciptakan kedamaian walaupun kita berbeda agama ,prinsip serta aliran, kita jangan terlalu egois dan berperangka buruk terhadap orang lain dan serta agama lain seakan kita paling benar diantara mereka maka dari itu mari kita kembali kepada Al Qur’an dan Hadist untuk mengkajinya dan juga pengikut agama lain pun agar kembali mengkaji kitab kitab asli yang pernah diturunkan nabi nabi terdahulu dan bukan hasil rekayasa manusia semata bila ini kita lakukan pastilah akan tercipta persatuan serta kesatuan antar ummat beragama yang menjadi satu kesatuan utuh mencapai masyarakat adil dan makmur. Marilah introspeksi diri kita dari kalangan Pemimpin Negara sampai rakyat kecil karena peringatan ini merupakan pelajaran yang sangat berharga sekali tetapi bila kita tidak memperdulikannya maka tunggulah Azab dari Nya ,sebenarnya bencana yang terjadi diseluruh penjuru dunia adalah peringatan agar kita segera menyadarinya sebelum terlambat .cobalah buka kembali sejarah masa lalu baik yang tercantum dalam kitab maupun dalam sejarah tanah Jawa sebelum berdirinya Republik Indonesia .
    Saudara saudara ku pembaca PosMo dimana saja demi negeri tercinta ini marilah kita bersama sama membangun ketentraman dan kedamaian Negeri ini dengan profesi yang kita jalani dan tidak bertentangan dengan ajaran agama yang kita anut.

  158. Selamat pagi …salam sejahtera………..

    Secarik kertas dibawah ini adalah suatu harapan bagi para Pinisepuh yang mengharapkan kehadiran Pemimpin seperti Presiden Soekarno……..
    —————————————————————————————————————-

    Muhamadiyah Syafi’i Ma’arif menilai, Indonesia membutuhkan pemimpin seperti Soekarno. Menurut Syafi’i, Soekarno memiliki pemikiran revolusioner dalam menjaga kedaulatan negara dan menyejahterakan rakyat.

    “Kehadiran Bung Karno sangat diharapkan untuk masa sekarang. Kedaulatan bagaimana, ekonomi bagaimana, pertambangan, perkebunan, siapa yang menguasai. Semua diserahkan kepada asing dan agen-agen domestik,” kata Syafi’i dalam acara “Bulan Bung Karno: Soekarno Dimata Dunia, Gagasan dan Tindakan”, Senin (18/6/2012).

    Dalam Indonesia merdeka tidak ada kemiskinan, tapi menurut Syafi’I atau yang akrab dipanggil Buya Syafi’i, sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan bangsa yang miskin. Pemimpin bangsa Indonesia, kata dia, telah lupa menjalankan amanat Pasal 33 UUD 1945.

    “Di kalangan buruh tani, sebanyak 32 juta jiwa, nafasnya senin- kamis karena susah makan . Padahal, masa revolusi mereka berjasa, tapi nasibnya belum ada perubahan,” kata Syafi’i.

    Lebih lanjut, Syafi’I mengatakan, bangsa Indonesia dapat masuk museum kalau tidak ada perubahan. “Jangan berhenti sampai disini, tapi pulihkan kedaulatan negara ini. Jangan serahkan negara ini ke asing dan agen-agen domestik,” katanya.

    ————————————————————————————————————–

    Semoga harapan para beliau dan juga para leluhur atau para Pahlawan Negeri ini dikabulkan oleh Tuhan YME……amin……

    Sebagai rakyat kecil seperti saya atau puluhan juta yang lain tentunya bisa merasakan bagaimana rasanya numpang hidup , bertahan hidup.di Negeri ini……….
    Dalam keadaan yang serba sulit dan susah mencari nafkah maka banyak urusan yang lain menjadi tidak terwujud , banyak cita cita yang berhenti ditengah jalan , banyak akar kecerdasan sebagai SDM yang terpendam menjadi mati karena tak terawat atau batal tumbuh menjadi batang pohon , daun serta ranting …….semua menjadi hilang dan sia sia……….

    Semoga segera hadir pemimpin yang berjiwa dan membela rakyat , pemimpin yang mengangkat harkat dan martabat , menampung semua kecerdasan anak bangsa untuk bergotong royong membangun negeri ini.. membangun moral dan semangat.percaya diri……membangun jiwa dan raganya untuk menuju Negeri yang terhormat dan berdaulat……….salam membangun negeri NKRI

  159. Salam Mas Nurkahuripan…….Mas Simpang …Mas GP…Mas BB…..semua Romo….

    Setelah saya simak tulisan poro Romo maka saya menjadi berpikir yang mboten mboten , bukan senang atau gembira ria malah sebaliknya , membuat saya menjadi semakin tidak jenak , tidak bebas dalam menulis atau bersikap , ini bukan GR……

    Banyak para manusia hebat di rumah ini , atau rumah tetangga sebelah dan juga diluar sana yang lebih banyak dan lebih mengerti soal negeri ini dari pada kami , mereka yang lebih berkapasitas dan memiliki daya linuwih dalam berpikir , beranalisa berteori yang masuk akal , berpendidikan tinggi dan formal menyandang gelar pangkat pendidikan…….

    Apa apa yang saya tulis hanyalah berkisar tentang mimpi atau pandangan gaib yang belum tentu benar dan belum tentu akan terjadi diwaktu akan datang di Negeri ini…….
    Tulisan saya hanya sebagai mengisi waktu luang , berisi yang hanya sepele dan kurang berarti dan hanya berdasar asah asih asuh , merajut benang untuk dijadikan kain atau tali yang berbentuk dan berguna lebih besar dan manfaat……..

    Tulisan saya disini hanya sebagai penghormatan atas suatu permintaan demi ramainya blog…..meramaikan dengan tulisan yang bermanfaat dan bermaksud mengajak semua rekan disini untuk menjadi semakin lebih mengerti dan lebih memahami soal hidup dan semua permasalahannya , tulisan saya yang selalu mengajak dalam banyak kebersamaan dan bukan dalam hal perbedaan…..

    Saya dirumah sederhana ini yang beringinan mengedepankan dan menjunjung tinggi nilai keluhuran dan kemuliaan yang sudah dimiliki manusia yaitu NURANI dan selain dari itu adalah yang bersifat sekunder atau suatu keadaan yang terlihat beda dalam ujud dan kulit atau corak warnanya…..semua perbedaan itu adalah hal yang sangat wajar dan sangat biasa karena itu adalah takdir alam atau hukum alam yang sudah tercipta dari DIA……………

    Kembali ke laptop bahasan Ki SPSW tentang SP dan fenomena yang terjadi………..

    Mas Nurkahuripan….mohon maaf bila apa yang saya terangkan mungkin tidak sama dengan apa yang Njenengan duga atau simpulkan…….
    Telah saya utarakan dan sudah saya jelaskan , misal soal anak anak saya atau soal payung hitam……..saya agak merinding bila payung hitam itu dikiaskan sebagai gambaran meninggalnya seseorang yang meugikan rakyat dan itu mengarah kepada sosok pimpinan ……
    Saya atau kami di sini hanyalah orang biasa dan bukan orang orang linuwih dalam ilmu atau pelajaran spiritual dan kami hanya kebetulan diberi kabar atau gambar tentang sebuah cerita yang mungkin bisa terjadi benar dan kalau tidak benar maka itu bukan salah kami karena kami memang tidak ada keinginan untuk mencapai atau memiliki itu……..
    Kembali soal payung…..kami hanya mengiaskan saja bahwa arti dari payung itu adalah soal kehadiran sosok pemimpin yang benar benar ingin memperbaiki banyak keadaan diatas bumi ini / bumi NKRI…..
    Saya bukan sebagai pemilik payung itu , saya hanya sempat atau diijinkan melihat dan payung itu memang hanya 1 tetapi ada yang mengatakan ada 2 dan saya tidak mudeng soal ini , dan mohon poro sepuh untuk bisa memahami maksud dari payung hitam karena atau ketika payung dibuka ternyata payung itu memayungi bumi dan bukan memayungi sosok atau manusia………

    Ketika Mas Simpang menduga itu payung tunggul nogo , lalu saya tanya ke mbah Google dan ternyata payung itu ada ceritanya…tentang wahyu juga ada tentang sosok semar……waaah…..baru nggeh saya soal itu………
    Mas Nur…saya bukan pemilik payung itu , semoga yang memiliki payung itu adalah rekan disini atau para pemilik mata Pengintip …he he he salam payung NKRI

  160. Salam dan hormat saya………..

    Sudah hampir 17 bulan saya main dan menulis di blog dan kalau dikumpulkan maka tulisan saya pastinya sangat banyak dan tangan seperti sudah mlungker keriting…he he he……

    Saya baru ngerti soal ramalan mulai bulan Juni atau Juli di tahun 2010 . ketertarikan saya soal SP dan ramalan karena tidak sengaja karena ada anak saya dan juga pelanggan berbincang atau memberi tahu / bercerita soal SP dan cerita gaib…….

    1 atau 2 minggu saya uthak athik di mbah Google dan akhirnya saya kecantol blog EC dan 2 bulan saya mengikuti tetapi saya tidak pernah hadir menulis , yang membuat saya tertarik adalah cerita dari Bung Eddy ketika mengulas Batara Indra / Malaikat Mkail……..

    Saya hanya ingin berkenalan dan bertanya kepada Bung Eddy soal sosok itu dan ingin bertanya tentang sosok yang sudah terlihat oleh anak anak saya ( Si Hitam mengkilat ) di tahun 2002 atau sebelumnya tapi sangat sayang Bung Eddy sudah tidak pernah hadir dan sudah menghilang di bulan Juni atau Juli 2010………

    Semakin mangkel karena tidak ada jawaban pasti maka semakin banyak gambar atau berita yang tidak karuan datang, membuat kami semakin banyak mikir…….

    Banyak sosok / gambar yang terlihat ……contoh….adalah Semar yang hilir mudik keluar masuk di gedung pemerintahan…entah apa yang dikerjakan dan sesudah itu terlihat ternyata timbul kasus besar yang terkuak di media……..

    Ketika terlihat gambar tawuran di gedung Istana dan gedung yang lain lalu timbul kasus besar yang lain……dan masih banyak gambar yang lain……..
    Mimpi atau nyata apa apa yang sedang dirasakan anak anak saya ??….seperti raga sukma atau yang lain , kami susah untuk menjawab dan itu memang dan mungkin ulah si Hitam mengkilat……

    Siapa sebenarnya si Hitam mengkilat itu dan sosok manusia siapa yang lebih faham dan lebih tahu dari kami ??…..kami sampai saat ini tidak pernah tahu dengan jelas siapa dia…..mungkin si Hitam itu pendamping seseorang di bumi ini dan kebetulan dia senang atau berkeinginan .dan memperkenalkan dirinya dan kemudian saya mengabarkan dan menulis di blog…..apa hanya itu maksudnya……memperkuat dugaan atau membenarkan isi ramalan….embuh ora weruh……..dan yang jelas dan pasti ….saya bukan sosok dalam ramalan….saya hanya penyambung cerita saja………..salam hitam manis……

    • salam poro sesepuh & sedulur kuabeh

      salam romo JS,
      singkat saja… batara Indra = malaikat Mikail = si Hitam Mengkilat…???

      salam tebak berhadiah

      • Salam Mas GP……..

        Saya tidak mengerti soal Malaikat Mikail atau Batara Indra…….yang saya tahu…beliaunya suka menyendiri….tidak mau tunduk kepada sosok aiapapun……

        Banyak hal yang tidak saya ceritakan soal si Hitam karena itu akan menimbulkan prasangka yang bukan bukan…bisa menimbulkan fitnah dan melecehkan atau merendahkan ajaran agama……….

        Kalau ditanyakan kenapa Beliau itu hadir di bumi dan kenapa mendampingi seseorang…….beliau hanya menjawab……jangan tanya soal itu karena aku memang ditempatkan disini dan itu bukan urusanmu…ini karena semata perintah NYA….kalau ada yang tidak mengijinkan kehadiran saya maka usir saya jika kamu atau mereka mampu…..kalau sudah dalam posisi dan keadaan seperti ini maka anak anak atau teman yang diijinkan bertemu sudah gemetaran.dan mungsret mundur teratur………..

        Cerita yang lebih aneh , bila ingin bertemu si dia harus wudlu dulu , sholat dulu , bersih lahir dan batin…..baru beliau mau menemui…….ini penuturan dari seorang saksi.yang sudah diijinkan bertemu meskipun kena damptar dulu……he he si dia memang pemarah……….

        Ketika saya tanyakan ke teman spiritual islam kami , setinggi apa maqom si Hitam itu , maka teman saya hanya bilang , tidak bisa dikatakan atau bisa diukur dengan perbandingan seperti itu , tidak bisa disamakan dengan nabi , wali atau apa saja pangkat maqom susuatu sosok mahluk dan alhasil teman saya juga kelimpungan dan tidak bisa menjawab dengan pasti.siapa sebenarnya si hitam itu…….

        Silakan poro Romo untuk mencari keterangan soal si dia…..kenapa gambar si Hitam adalah memegang bumi seperti memegang bola…….ini yang membuat saya bingung…..apakah dia itu malaikat atau jin…..waaah…saya tidak bisa menduga ….apakah dia adalah sosok yang baru dan tidak pernah dikenal oleh banyak tokoh atau leluhur….embuh ora weruh……..

        • Kenapa si hitam suka marah dan tidak senang kepada selain anak anak saya……saya juga tidak tahu……..

          Meskipun terkena damprat , teman saya masih saja sangat penasaran meskipun sudah batuk darah karena memaksa dengan ilmu yang dimiliki untuk bisa bertemu dan berkenalan, ketika si hitam sudah nampak , sempat terlihat kabah dibelakang badan beliau walau hanya sekilas / sekejab…kenapa harus terlihat kabah , apakah itu kabah bangunan asli disana atau hanya kias sanepan saja …kias sebagai rumah Tuhan atau rumah tempat Nabi bernaung …….

          Satu saja yang membuat saya atau anak saya heran dan mungkin tidak setuju dengan ucapan si Hitam dan ini adalah salah satu hal yang mungkin melecehkan.poro Romo disini…..si hitam.ketika memanggil atau menyebut nama beberapa Nabi ( maaf tidak saya sebutkan ) dengan bahasa ” njambal atau ngoko ” seperti tidak ngajeni atau menghormati…………

  161. Salam hormat poro sepuh&sedulur,.
    Kang js @ mohon maav sblmx kang js,.sy bicara sesungguhnya,.
    Sosok yg diutusNya/shri batara kresno/putra batara indra,.memang bukan kang js,.#kang js lebih kesosok sprti begawan abiyoso/pendidik para ksatria#
    kalau payung hitam itu memang milik kang js,.walau kang js tdk merasa mmiliki,.itu hakikatnya mahluk,.melindungi kang js skluarga,walaw hitam tp hitam al’haq,.
    Kalau si hitam mengkilat itu adlh jin nmr satu dan paling sakti di indonesia,t4 yg dia suka digunung lawu,.jin nmr 2 nya di laut banda(wujud kpala burung),.dia taat hanya kpd shri batara kresna dan orang2 yg bersamaNYA,.
    Semoga kang js selalu terjaga dijalan yg lurus,.

    • Salam Mas Nurkahuripan……….teima kasih dengan wedaran sabdonya….semoga saya memahaminya……
      Semoga saya atau kami disini terjaga dan selalu berjalan diatas jalan yang lurus…..semoga Njenengan dan semua sedulur juga begitu adanya….amin….salam jalan lurus…….

  162. Kang js @ amiiin kang js,.ingin rasanya hati ini untuk bertatap muka dgn kang js deh,lalu mencium tangan kang js,.

    • Salam Mas Nur…..weeh….jangan tiru mereka lalu mencium tangan saya…..kita ini sama….hanya sebagai pelaku dan mencari hal yang sama….. …….
      Saya hanya orang kampung dan berpikiran ndeso dan jadul…..bukan manusia istimewa……..salam rahayu….

  163. Ada tulisan yg mungkin bisa jadi tambahan pengetahuan tetang SATRIO PININGIT, RATU ADIL, NYI RORO KIDUL dll di :
    http://satriopiningitmuncul.wordpress.com

    selamat membaca semoga bermanfaat

  164. Satrio Piningit sudah muncul, sepasang… yg satu biasanya dikurung dan yg lain tidak… tapi sama saja…. disembunyikanNya…hanya sedikit orang yg tahu sesuai takdir yg dikehendakiNya…

    selamat berjuang sahabat,
    semoga ridho Alloh selalu menyertaimu… amin.

    • setelah menengah kebawah habis, sekarang saatnya menengah keatas…?
      menengah keatas habis… going international…?
      itukah cara kerjanya SP…?

      mene kutehe…
      hanya Tuhan Yang Maha Tahu!

  165. Salam dan hormat saya……..

    http://nasional.kompas.com/read/2012/06/21/10210263/Marzuki.Alie.Siap.Mundur

    Berita diatas hanya sebagai salah contoh peristiwa yang nganeh nganehi yang sedang terjadi di negeri ini…….para selebriti pejabat negara sedang terkena gonjang ganjing dan gempa politik . angin badai yang menerjang partai….isu negara gagal dan macam macam lain yang menggambarkan keterpurukan NKRI…..

    Semua para pelaku yang mengaku sebagai memimpin rakyat dan bekerja untuk rakyat sudah saling tuding dan saling membantah.soal korup dan penyelewenan jabatan…….

    Siapa yang salah dan yang benar maka hal itu hanya tunggu waktu saja.dan tentunya hal ini karena doa dari para rakyat yang mengharapkan banyak perubahan negeri ini untuk menuju baik……salah seleh…becik ketithik olo ketoro…..hukum alam dan hukum Tuhan yang tidak bisa terbantah………salam rahayu…..

  166. mau tau tentang satrio piningit, baca dan buka diinternet GERAKAN AL MAHDI atau SATRIO PININGIT TELAH MUNCUL, semoga anda terilhami tks

  167. http://satriopiningitmuncul.wordpress.com

    SATRIO PININGIT TELAH MUNCUL
    Tulisan ini dipersembahkan khusus bagi mereka yang ingin memahami kebenaran tentang misteri: Satrio Piningit, Imam Mahdi, Dajjal, Yesus Kristus, anti kristus, nabi Isa, Almasih dan Ratu Adil. Tulisan ini juga mengungkap misteri: Sabdo Palon Nayo Genggong, Nyi Roro Kidul, mahluk ruang angkasa, (UFO), leluhur bangsa israil dan benua atlantis

  168. Ini Presiden kita dalam menghadapi kemelut bangsa……KORUPSI…..TIDAK TEGAS……
    Sebaiknya mundur, sebelum terjadi apa apa yang tambah besar ….Hukuman dari Atas….

    http://nasional.kompas.com/read/2012/08/04/13565186/Presiden.Jangan.Jadi.Pahlawan.Kesiangan

  169. Makanya para DAI kalau ceramah pakai tema yang menyejukkan hati , AGAMA itu urusan HATI dan IMAN dan bersifat pribadi ntuk menjadi manusia santun dan terhormat didepan manusia sesama dan dihadapan Tuhan, bukan utk politik , menggalang massa , jihad , merusak dan mendholimi yang nggak sefaham,arogan dan anarkis..

    Apakah sudah kehabisan tema dan hilang akal sehingga ucapan dalam ceramah agama menimbulkan masalah dan kisruh ,….hhmmmm, pinter keblinger,egois,nurani sudah nggak jujur .

    Selama manusia itu adil dan bijaksana ,ndak menimbulkan kekacauan , ndak merusak kepentingan umum dll , berhak hidup layak di negeri ini…..
    Urusan surga , neraka , ditanggung sendiri sendiri …..
    Allah lebih tahu hati dan perbuatan manusia , ndak ada pemaksaan dalam beragama dan menyembah , nggak ada pemaksaan untuk menyuruh manusia menjadi baik dan benar semau mau agamanya , bila ada pelanggaran hukum maka hukum negara yang memutuskan dan bukan hukum agama karena Negeri ini berdasarkan Panca Sila dan bukan berdasar agama.@

    http://news.detik.com/read/2012/08/08/162142/1986499/10/pkb-panwaslu-harus-hati-hati-tangani-kasus-sara-rhoma-irama?n991102605

  170. Bagaimana kalau badai ini menerjang ditempat para pemimpin yang masih saja eker ekeran tentang korupsi , tidak jujur , tidak adil , apakah baru ingat atau semakin tidak ingat ??……
    Bencana yang menimpa rakyat itu apakah mampu untuk membuka hati nuraninya para pemimpin di negeri ini ??…dianggap biasa (human error atau hukum alam ) atau tidak biasa ??

    http://news.detik.com/read/2012/08/08/151314/1986378/1148/2-juta-warga-china-mengungsi-akibat-badai-haikui

  171. Salam kang es @ nggih kang,.memperihatinkan memang..

  172. Salam kembali Kang Nur…….

    Pejabat Negeri ini memang benar benar alot dan konyol….keterlaluan
    Nurani hati kecilnya sudah benar benar mati , mau mundur dan turun bila terbukti salah menurut hukum, jadi selama tidak terbukti dan selama tidak teriusikatau terendus korupsinya , yaa jalan terus lenggang kangkung , pantang mundur untuk makan segala……SADIS….

    http://news.detik.com/read/2012/08/08/180030/1986614/10/menteri-aktif-bakal-jadi-tersangka-andi-kita-serahkan-ke-kpk

  173. apakah satrio piningit jadi muncul akhir tahun ini?
    kemungkinan besar belum muncul… tahun depan mungkin…
    kenapa diundur waktunya?
    berprasangka baik saja… masih repot!
    hehehe…

    • tapi bisa jadi Satrio Piningit muncul akhir tahun ini,

      untuk sementara ini gelarnya adalah Sang Pendatang… dan bertambah lagi gelarnya… Sang Penantang… dan mungkin bertambah lagi gelarnya… Sang Pemenang!

      itulah JOKOWI!!!
      wkwkwk…

  174. Semoga diwaspadai dan kita semua wajib berdoa karena Negeri ini bisa saja terkena hal yang sudah ngane nganehi yang sedang terjadi di negeri lain……

    http://id.berita.yahoo.com/gelombang-panas-di-korsel-sebabkan-830-000-unggas-135218230.html

  175. Seperti itulah AS , selalu membuat onar dan adu domba, semoga karma AS segera diperoleh…

    http://berita.plasa.msn.com/internasional/republika/pemberontak-suriah-merasa-dikhianati-dan-ditinggalkan-as

    • Kang es,

      Kok selalu AS yang anda jadikan bulan-bulanan ? Mereka bangsat,ok lah. Tapi, Suriah yang menembaki rakyatnya sendiri, apa tidak kalah bangsatnya ? Gaddafi dulu juga menembaki rakyatnya sendiri lho. Sudah lupa ? Kalau Tuhan sudah membuat orang lahir di AS, salahkan Tuhan ? Kalau Tuhan sudah membuat si A lahir sebagai Yahudi di Israel,salahkahTuhan ?

      • @ Kang Kemput.

        Karena AS memang hyper active. superman . polisi dunia….mereka memang menuding Amerika begitu ..
        Saya hanya percaya soal karma, memetik buah hasil dari
        menanam….menuai karena sudah menanam….itupun berlaku sama di negeri ini….hanya tunggu waktu saja….

        • Karma : Pembantaian ratusan ribu orang Timtim oleh TNI, nanti juga akan dibalas. Pembantaian orang-orang yang dituduh komunis oleh tentara dan sipil, sekitar sejuta orang, banyak diantara mereka keturunan Tionghoa, nanti juga akan dibalas. Begitu kan ? Orang sering lupa, ngono yo ngono ning ojo ngono. Orang sering lupa tepa slira. (ketularan orang luar ? )

  176. Sudah jelas di tulis di blog ini bahwa
    Kelak (sesudah berakhirnya jaman Kalabendu pada tahun windu kuning kencana) memang telah tiba masanya datang jaman Kebaikan di bumi manusia, hal itu tidak dapat dihindarkan oleh siapa pun karena takdir dan kehendak Tuhan (Sang Hyang Widhi).
    Apapun kitabnya., Tuhan hanya memegang 1% nya saja. yaitu menyetujui atau tidak.
    dan 99% nya adalah KONSEP MANUSIA.

    • situ yg mulai brontak n mbunuh duluan, masak kita-kita yg disuruh minta maaf… aneh!@#$%^&

      http://www.tempo.co/read/news/2012/08/05/078421412/SBY-Diminta-Tak-Minta-Maaf-pada-Korban-1965

      • Salam Kang GP…..mohon maaf bila saya sedikit menyampaikan…
        Rasa menderita para korban dalam waktu berkepanjangan karena peristiwa politik , termasuk peristiwa G.30 S 1965 , banyak korban yang mati sia sia karena dibunuh , mereka dibunuh hanya ulah manusia yang dholim, main tunjuk dan main fitnah , tidak ikut ikut tetapi terkena dampaknya , para korban yang tidak merasa ikut dan tidak salah ini yang mungkin mengharapakan permintaan maaf dari Negara…..itu pernah saya dengar dari beliau yang masih hidup saat ini….. terima kasih

        • salam kang es,
          sy setuju sekali kalau kita minta maaf pada mereka yg tidak ikut-ikutan tapi kena dampaknya… yg sy tidak setuju itu minta maaf pada pelakunya… bayangkan… 2x memberontak eh… kitanya disuruh minta maaf… ckckck…

          • yg sy tidak setuju itu minta maaf pada pelakunya… bayangkan… 2x memberontak eh… kitanya disuruh minta maaf… ckckck…
            ———————————————
            Mas gp,

            Presiden Suharto sebenarnya bisa … menghindarkan negara dari pertumpahan darah kalau beliau mau. Bahwa para jendral itu mau dibunuh,beliau sudah tahu … Tapi beliau baru bertindak SETELAH jendral2 dibunuhi … Ada udang di balik batu ? Pasti dong …

            Sesudah itu paling tidak setengah juta orang jadi korban. Mati. Dibunuh. Banyak yang dipenjara tanpa proses pengadilan, hanya karena tetangga lapor pada militer, si anu itu komunis. Sepertinya, waktu itu – sekarang juga – pemerintah dan militer tidak bisa … salah … Tapi,waktu itu, setelah Bung Karno (dipaksa) turun dari jabatannya, Indonesia sepertinya adalah milik Suharto (saja). Memerintah RI seperti raja2 Mataram dulu , sewenang -wenang.

            Ribuan orang tak bersalah jadi korban. Lik Arjo Tego, tetangga saya, tahu2 pulang sudah jadi mayat setelah beberapa waktu dipenjara. Isterinya dan Nuning teman bermain saya, terus tiba2 tanpa suami dan bapak yang biasa mencari nafkah buat mereka … Salah lik Arjo kok mati ya ?

            Mungkin meminta maaf bukan … budaya Timur .

          • salam kang Kemput,

            lik Arjo Tego itu tetangganya ya kang? atau hanya sekedar karangan?
            ini cerita bapak sy yg umurnya 84 th dan sekarang masih hidup,

            sebelum meletus pemberontakan pki (48 dan 65) suasana sdh panas, orang-orang pki pada cari bolo termasuk bapak sy diajak mungkin bapak sy termasuk disegani di kampung krn mantan TP (tentara pelajar), sedangkan kampung mulai didominasi pki… bapak sy tdk mau… beliau nasionalis… malas mungsuhan sesama bangsa sendiri lagian trek rekordnya pki jelek… akibatnya ya dimungsuh tapi baru sebatas itu… bapak sy heran kala itu, tidak mungsuhi tetangga kok tetap dimungsuh ya?… ada kenalan beliau sdh mulai hilang (diculik? dibunuh?)… untungnya bapak sy tdk diculik dan dibunuh… entah apa alasannya.

            begitu meletus pemberontakan pki, semua sipil mantan TP disuruh masuk militer lagi kerja bakti bantu tni menumpas pki… selesai menumpas jadi sipil lagi sambil dapat tugas mendata siapa-siapa orang kampung yg jadi antek pki… tapi tugas itu tdk dilaksanakan… laporan berbunyi… kampung aman tdk ada antek pki… maka tdk ada satupun tetangga yg pki masuk penjara…
            setelah sy lahir dan besar baru dapat cerita… si a, si b, si c dll… dulu pki, dulu mungsuhi bapak, hampir bapakmu diculik dan dibunuh…
            (dan krn ortu panjang umur maka sy lahir dan bisa berbagi cerita lewat blog dg njenengan hehehe…)

            http://id.wikipedia.org/wiki/Partai_Komunis_Indonesia

          • Mas gp,

            Lik Arjo Tego itu betul tetangga saya. Sejarah, kata orang, selalu ditulis oleh yg … berkuasa. Di Indonesia kalau pemerintah bilang A ya semua harus ikut A. Ini terutama benar waktu zaman orba.

            Ada seorang maling di satu kampung. Penduduk berhasil menangkapnya. Setelah babak belur, dia juga dituduh PKI, ‘Bukan,saya bukan PKI, saya pencuri saja’, kata si maling. Pemerintah selalu pakai dalih komunis untuk meng- gol-kan niat2 mereka. Sekarang ? Tidak semua orang percaya, kecuali para jendral …

            Bapak pencetus Pancasila dan salah satu pendiri RI , Bung Karno, hanya dirawat oleh seorang … dokter hewan saat2 menjelang kematiannya. Dulu, rakyat gampang diapusi, BK mundur, menyerahkan jabatannya kepada Suharto. Zaman sekarang tidak banyak yang tidak tahu beliau,BK, didongkel oleh AD dibawah Suharto.

            Oh ya, cerita kerja bakti membantu tni : Tahu berapa jumlah yang jatuh korban ?? Apa kah semua memang … bersalah ??

            PKI dan peristiwa G30S itu sering mengingatkan saya pada Islam dan orang2 seperti Bin Laden,Amrozi,Mukhlas,Imam Samudra,dll. Apa komunis itu … jahat ? Apa Islam itu teroris ? Apa di dunia ini cuma ada hitam dan putih saja ?

            Dulu zaman 1965 Subandrio dikatakan sebagai antek China (komunis).Sekarang Indonesia getol bekerjasama dengan komunis China. Malah beberapa waktu ini angkatan bersenjata ke dua negara mengadakan latihan bersama. Dengan China Indonesia punya hubungan diplomatik. Dengsan Israel, yang bukan komunis, dus BERAGAMA, malah tidak ada. Apa tidak terbalik ya ?

            Salam, maaf lahir batin

            http://www.ngeyel-ngonoyongononingojongono.com

          • salam kang Kemput,
            no komen lagi hehehe…
            mohon maaf lahir dan batin
            nyerah.com

      • Memberi maaf kepada seseorang yang kamu anggap musuhmu adalah sangat berat rasanya. terlebih jikalau orang tersebut telah melakukan tindakan yang sangat menyakitkan.
        Benarkah? bukankah itu suatu revolusi yang bisa saja di tungganggi bermacam2 kepentingan? juga adanya azas praduga tak bersalah. Benarkah mereka salah? benarkah mereka mati sia sia? Siapa yang menilai?
        Mumpung masih di bulan ramadhan, mbok ya kita semua seharusnya berusaha meluruskan hati kita yg angkuh sombong kaku dan egois. Merubahnya menjadi hati yang lunak lembut penyanyang dan penuh cinta kasih. Katanya ingin Indonesia menjadi mercusuar dunia? Atau ingin menjadi hakim dunia?
        Dukung ajalah SBY kalo cuma soal meminta maaf. Biarkan saja kalo itu mau dipake sebagai sarana pencitraan politik. Waktu yang akan membuktikannya semua.

        • terkadang…. perilaku angkuh, sombong, kaku dan egois diperlukan dalam kepemimpinan… tergantung sikon… berlaku lemah lembut dan pemaaf berlaku juga… misal yg punya blog nulis…
          ———————————-
          Apapun kitabnya., Tuhan hanya memegang 1% nya saja. yaitu menyetujui atau tidak.
          dan 99% nya adalah KONSEP MANUSIA.
          ————————————
          tentu saja sy cuek tidak membantah karena dasar keyakinan sudah berbeda… tapi kalau yg nulis umpamanya balon sp muslim… jelas akan sy marahi habis-habisan… krn konsep sp adalah konsep tuhan… 100%… kita hambanya hanya sekedar… kami dengar dan kami taat…

          salam damai kang KaPoK

      • Sama juga dengan sehebat dan ssegoisnya kita dalam penyebutan kafir dan suci?
        Silahkan direnungkan. Mau jadi mercusuar dunia yang bagaimana kita?

        • coba kang KaPoK yg jadi presidennya amrik… pasti tidak bakalan ngobok-obok negara afganistan demi memburu osama yg baru diduga meledakkan gedung wtc… masak gantinya gedung adalah negara… tul ga kang KaPoK? hehehe…

  177. Setelah Irak diguncang gempa , kini Iran diguncang gempa juga …apa ini artinya ??

    http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/08/16/102393/Gempa-5-0-SR-Guncang-Iran/7

    • Maaf..salah nulis…setelah gempa kembar , menyusul gempa lagi…

      • salam mas Es,

        seperti tersurat dalam hadits, banyak sekali nanti negara yg mengeroyok IM… secara logika tidak mungkin IM mengalahkan mereka… maka jalan satu-satunya utk mengatasinya yaitu mereka dilemahkan dg cara dikasih hadiah banyak-banyak supaya kekuatannya menjadi seimbang.

        memang bencana alam tahun-tahun ini sangat banyak… ada yg karena ngunduh wohing pakarti, ada yg karena sengaja dilemahkan oleh Sing Gawe Urip dan bahkan ada yg dua-duanya sekaligus diborong…

        salam
        bencanamembawaberkahdotcom

  178. Salam Mas Gamal…..Mas ES….Mas ABR….Mas BB…..Mas TB…Mas Nur…Mas Sandi……semua rekan dan porosepuh yang terhormat……semoga di bulan ramadhan banyak hikmah tuntuk Njenengan semua…..

    Mas GP….saya seharian ukrek , sangat peras pikiran, pasang mata , pasang telinga , sampai kepala ndut ndut , bukan urusan alam gaib , tapi alam suara audio di negeri pasar genteng …he he he…..hasil memuaskan dan rekan kerja ? Mas Pri sangat puas mendengar kwalitas suaranya…..Alhamdulillah…..

    Membaca tulisan Mas GP dan juga berita banyak bencana yang disampaikan Mas ES , maka saya jadi bingung atau menduga bahwa yang kami terima sepertinya ada benarnya….tapi saya tetap ora mudeng soal hadist dan soal IM……
    Sepertinya untuk waktu kedepan semakin tidak karuan dan bisa mencapai titik klimak , tapi kapan itu terjadi ??….ini tetap tidak ada kabar , gambar gambar itu sepertinya juga sedang diam atau sedang sedih atau sedang mencari solusi dan jalan terbaik…….sangat mengkhawatirkan dengan sikap diam ini…..salam dan andum slamet…..

  179. Salam MERDEKA untuk semua rakyat NKRI….

    Apakah kita sebenarnya sudah merdeka ??
    Semoga kita semua merdeka dari karakter manusia durjana…jahat ..tidak jujur ..tidak amanah….dan sifat tercelah lainnya , semoga kita tidak dipimpin oleh para pemimpin yang tidak amanah….
    Semoga kita merdeka dari kemiskinan dan ketidak adilan…..AMIN

  180. Salam kang js @ amiiin ya Gusti…

    • Salam Kang JS., Kang Nurkahuripan….

      Seperti mimpi saja kalau kita bisa lepas dari kondisi sekarang , kita memang merdeka tetapi tidak semua mendapat itu,.hanya orang klas atas dan elite yang sudah merasakan soal rasa merdeka, rakyat kecil hanya sebagai tempat pijakan.,kapan rakyat bisa mendapat adil dan makmur, apakah proses ini sedang berjalan dan puncaknya ketika mulai menginjak 2013….

  181. Salam kang es panas..
    Memang benar kang,.di Indonesia ini para manusianya blm merdeka,. dari materi,keinginan,jg dari perbudakan atas dirinya sendiri.,
    apalagi dgn hakikat kata “merdeka”,..wah terlalu jauh.. Kata pak karno,penjajahan harus dihapuskan,.iya,dihapuskan dari jiwanya sendiri..
    Perhatikan diri sendiri&sekeliling kt,.kt pasti tahu apakah kt merdeka/tidak,..
    Salam kesadaran diri yg damai sejahtera…

  182. Hhmmmm……apa artinya ketika manusia sudah menindas manusia lain…..apakah Anda juga akan tahu dan bisa menjawab semua apa yang terjadi selain hanya menduga duga saja , termasuk dugaan saya atau para pemaham kepercayaa yaitu karma…..

    Kita hanya bisa tahu dan hanya sedikit pengetahuan tentang rahasia hidup bangsa atau manusia dan bahkan kita sendiri tidak akan tahu besok apa yang akan terjadi kepada kita….

    Apakah yang ditindas adalah orang salah atau apakah yang menindas juga orang salah??…
    Kita hanya diberi sedikit logika pikir dan juga naluri , nurani dan lain lain.
    Hukum yang dicipta manusia sebenarnya juga aturan dari ilmu ke Tuhan an yang diterima logika pikir , naluri dan nurani manusia , Semua ilmu pengetahuan dan semua bentuk ujud benda diatas bumi sebenarnya bukan ciptaan manusia tetapi hanya menemukan karena unsur atau hukum alam sudah ada sebelumnya dialam atau di bumi ini…….

    Baik dan buruk …salah dan benar….hidup dan mati …selalu ada dan terjaga. semua terjadi atas berlakunya hukum Tuhan yang diujudkan melalui alam dan hukumnya……

    Pembunuhan di Tim Tim atau Suriah dan tempat lain adalah bukti dari adanya perbedaan dan persamaan sifat dari alam itu dan juga dari sifat manusia , karena alam atau mahluk mempunyai sifat yang berkebalikan , kita ini mempunyai sifat seperti sudah dikiaskan dalam wayang yang dijajar di pakeliran……terserah siapa yang akan dimainkan oleh Ki Dalang , siapa yang akan menang atau yang kalah , siapa yang salah dan benar maka para penonton juga akan tahu dan merasa dengan barometer yang ada dalam dirinya yaitu nuraninya masing masing ….

    Semua peristiwa yang terjadi diatas dunia adalah permainan ILLAHI dan kita tidak tahu kenapa hal itu harus terjadi seperti contoh yang paling gampang yaitu sifat dari alam ini , menghidupi dan juga membunuh dan menimbulkan bencana , maka pertanyaannya …apakah alam itu salah dan kejam ketika menimbulkan bencana ??….dalam hal inipun kita pasti tidak bisa menjawabnya dan begitu juga dengan alam perangai manusia ……

    Ketika manusia tertimpa bencana dan terbunuh maka apakah kita menyimpulakan bahwa mereka terkena karma karena salah ??…atau kita menjadi manusia terhormat atau berkuasa dan kaya raya juga karena karma maka dalam hal ini kita hanya berpengetahuan amat sedikit dan kita menilai karena dengan melihat dan mendenar saja atas daya logika pikir kita yang terbatas dan karena terbatas maka kita menjadi hiruk pikuk tentang menilai BENAR dan SALAH dan hakekat dari itu semua kita sendiri tidak tahu persis…….

    Semua ada perhitungan dan penghitungan, baik itu melalui proses peristiwa dari perbuatan manusia / mahluk atau dari alam itu sendiri maka bagaimana kelanjutan nasib dari masing masing manusia dalam peristiwa ini maka kita kembalikan kepada sifat manusia atau alam atau sifat Tuhan…..
    Bagaimana kita menyikapi dan mengambil hikmah dari itu semua . bagaimana kita mendefinisikan tentang sifat Tuhan yang Maha Rahman dan Maha Rohim dan juga Maha memberikan Adzab ??…..bagaimana kita menjawab tentang murkanya Tuhan yaitu menimpakan adzab atas dasar Cinta dan Kasih Tuhan..??……..salam tafakur…..

  183. Subhanallah….Ya Allah ampuni kami atas dosa dosa kami…..kenapa negeriku terus Engkau murka…..
    Bencana dasyat apalagi yang akan Engkau timpakan supaya para manusia dan para pemimpin bisa sadar dan kembali kejalan yang benar dan lurus……

    http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/08/18/102698/23-Rumah-Roboh-Akibat-Gempa-Parigi/6

  184. Century 10 Kuantrain 75 tertulis :
    Tant attendu ne reuiendra iamais,
    Dedans l’Europe en Asie apparoistra:
    Vn de la ligue yssu du grand Hermes,
    Et sur tous Roys des Orients croistra.

    Lama ditunggu dia tidak akan pernah kembali ke Eropa
    Dia akan muncul di Asia.
    Salah satu anggota liga yang dikeluarkan dari Hermes yang agung
    Dia akan mencapai puncak kekuasaan di atas semua kekuasaan lain di timur.
    ————————————————————
    apakah gara-gara SP dr indonesia sehingga RI menolak ikut berperang dan dikeluarkan sebagai anggota PBB ketika seluruh dunia atas perintah PBB (amrik) melabrak SP/IM…?

    mumetdotcom

    • Salam Mas GP…….

      Bocoran berita itu dari siapa …he he he…..

      Mumet dot com

      • Kang GP hanya sharing saja dan Kang GP bebas menafsiri tentang ramalan apa saja…..
        Kang GP hanya menduga saja bahwa gara-gara SP dr indonesia sehingga RI menolak ikut berperang dan dikeluarkan sebagai anggota PBB ketika seluruh dunia atas perintah PBB (amrik) melabrak SP/IM…?

        Ojomumetmumetdotcom

        Hehehehe….

  185. Salam Mas BB….semoga sehat selalu….

    Mas GP….tentang yang saya sampaikan……soal kliyengan 2 hari berturut turut….

    http://dunia.news.viva.co.id/news/read/346483-topan-isaac-ancam-bagian-selatan-as

    • kang Js,kalau kliyengan dipersilahkan gloso nek ruang sebelah,disna sdh digelarin kloso,kalau sy cukup disni aja wong sy hanya anak petani,wiwit cilik mung angon kambing kumel bau jadi nggak pantes sy cukup diwarteg saja…he he….lagian sy sangat menyadari hati sy masih penuh kotoran lapis 14 ha ha….jadi marilah kita bertobat…semua yg masuk blog ini harus bertobat…tapi heran juga sdh banyak pemimpin dan balon pemimpin yg bersih tapi korupsi masih terus berjalan….tapi apa mungkin hati bersih..tapi pikiran dan ucapannya nggak bersih..?

      ada kabar doanya menggetar langit dan bumi,maka para banaspati,tetekan,jin,s,siluman pada bikin ulah.banaspati menebar api hi hi…..para jin penunggu gunung pada kepanasan tak tahan pada rebutan ingin keluar (gunung2 pada aktif),ingat2…yg bisa menyelamatkan bukan pemimpin yg pintar tapi pemimpin yg amanah berani jujur….banyak pemimpin bersih hatinya tapi ketika simtem lingkungan korup nggak berani jujur alias ikutan dg berbagai alasan, ah cuma sedkit,cuma kertas ini dlll.Jadi kalau kita kaji/teliti berapa prosentase halal gaji/pendapatan kita,dari jam kerja,penyusun
      an anggaran,belanja barang, dll.dan berapa persen dari pendapatan kita yg kita berikan pada fakir miskin ?

      kalau bencana (gempa,banjir,topan,gunung meletus dianggap hukuman bagaimana kalau itu menimpa daerah kita apa kita juga mau dicap sebagai hukuman bagi kita….

      api,angin,tanah ….dan air akan melakukan sebagaian daur ulang…..
      ini hanya ocehan anak angon kambing jangan di gugu dan dirasa….yo jenenge anak kurang pendidikan/bodo…ayo aku arep nggloso neng suketan wae neng neng kloso kan untuk balon pemimpin karo wong “poro sepuh”…..kang BB nderek langkung,nyeun pangaksami…..

      • salam romo JS, kang TB, kang BB dll

        ada yg mengkhawatirkan saya…
        2 hari lalu dapat gambaran tentang alam dan gunung berasap dan kondisi warna alam tidak normal… warnanya kedap-kedip kuning… (kalau warna kuning dalam kondisi tetap itu mungkin bagus)

        menurut sy… kondisi bencana alam sekarang ini belumlah seberapa… masih warna kuning/hati-hati… dampaknya belum begitu menghancurkan.
        untuk kedepan perlu diwaspadai…. lampu merah… bencana alam yg betul-betul menghancurkan… meluluhlantakkan penghuninya dunia…

        mudah2an gambaran sebelum tidur dan penafsiran sy salah…
        dan ada yg mampu mengganti warnanya jadi lampu ijo…

        tambahmumetdotcom

      • Sugeng Ndalu Kang JS Kang GP Kang TB Kang NKH-PN ugi akang akang sedoyo…
        Salam Rahayu………………

        wong sy hanya anak petani,wiwit cilik mung angon kambing kumel bau
        Deskripsi yang cocok dengan SP yang katanya anak petani. hmmmm……..

        Kang NKH-PN
        Mbok ya di upayakan bisa berdialog dengan Eyang Nostradamus tho… capek ni dialognya bisanya cuma dengan Eyang Google saja. Kurang greget dan mbahurekso.. kan lebih tuaan Eyang Nostradamus… iya tho… bener tho…

  186. Tadi malem gempa El Savador 7,4 skala richer,kapan yg tempat lain menyusul ? kita lihat episode berikutnya …..

    • Salam Mas Tembayat…Mas GP…Mas BB…Mas Nur…Mas Johar…semua sederk dan porosepuh……

      Ikut menyimak berita dan wedaran poro sederek……Nuwun…

      • memang kliyengan itu harus diatur… kalau kliyengan berat khusus utk LN tapi kliyengan ringan ya harus utk dalam negeri… biar RI cepat mercusuar hehehe…

      • Wilujeng Rahayu,
        Katur dumateng Romo Js, dhalah poro DenMas,
        Memiko wonten pethikan:

        Tanggal 19 Maret 2012, Senin Pahing
        Katur Sesomo Jati Malelo Bang Wetan

        Mego mendung puputeng gunung 1000 parang kubito
        Majupatmo pondhan panjali simanjungeng simas
        Madharsandhi prachatmiko ing anggar manik jalu
        Mingkar mingkureng selo penangkep kukup guruh
        Mijel sang peksi jolo dhoro panggung gumilar

        Niswa mulki sindhoro gumulung janur kuning rinacut
        Ngracut busono pratiwi sidho mukti sang panji
        Ngraras sang Tunggul Manik nardyo pasunggingan
        Ngruntik jiwo estuty lir khanispo ginipat tunjung
        Njunggring manjuluk angling kusumo memayung lukito

        Tiris sapto nendro pustoko pinedati mayang jangkung
        Tarumo hargo dento garbo niti pralumpito abret
        Trisna mardhi siwi sumping dhiyah ayu pitaloka mawes
        Tantry anjumput anjung selo seto ndlumpak jangkung
        Trihapsari mengkang palpati gandarismo sang bayu aji

        Bromo jagad manjalmo ing potro kinaseh dhalem
        Brojo mukty sabdho pati angangklang jagad segoro muncar
        Bardha dharoda anjleting hyang gandarwo rojo jumedul
        Bebendu lumeber narcyo saptu lodyo jagad sak bumi rad
        Barihk-baruhk nunjang palang kadyo gabah den interi

        Sang narodho nggoncang samar bang patmo pandulu
        Sariro ngrimang cikal wulung asmo sekar bakung
        Sumirat sungker mego nondo pipes tebu kijalmo
        Sirno sumirep karwoheng pepaes koco brenggolo
        Syukur hyang tunggal akaryo jagad pramudhyto

        Cempo candhaning cinarito kaporwan endahing warno
        Cepak cakung chandeng angerat kinanty supo Hong
        Cineret centreng kidung trompet memanjang sebo yomo
        Cikarang ganeswara admo sajuli Tidar angruk – Bengko
        Candi punjung jong Biru Breh soga Bogo mlumpung

        Ireng * Wulung sang pamujang kelanggengan urip widhi
        Ilham labet mreng sapto pertolo panju pandu pandhito
        Irukky ondo mundhing layone ciung baung bangah
        000000000010 parang kalodran palang angkoro
        Ilari jejer sanup junup jombor jaring suro lawang

        Abang * Codro mowo narky Hyang Agny alam Bramurjarty
        Anjalukmo pralumpito Bumi Pertiwi Nusa bakti sindur Bungkus
        Azali ngarso kanalendran gardo cokro jagad ludiro andalas
        000000000210 Basung Karno mekar tites gurid jatu
        Amamaestu lireng puspo sang mawar arumeng suryo

        Kuning * Wiring anggiringake kasatriyan ndandris pucung
        Khalis stiyo tuhu bagas koro ginipat sidem bayu ratry
        Kinarbuko manah mayang golek tali jiwo lembayung
        000000003210 Hyang Bodro Brahmantyo kuncit
        Katulis weksi sindu dharmo projo nangrudyo mogo peksi

        Putih * Tapak suci sang paraksi dhanur wedyo angkoso
        Pepadhane anjalaksi Hargo pamulang panjalasikmo bali
        Pinesdhi samudro menep lareh lerem sumare ing moyo
        000000043210 Silem tanpo kesilem ing teleng ros
        Pustoko Roh Malakut mulat saliro karimah kaprawiran

        Ijo * Salembo kalpiko katentreman siti sri joyo madani
        Idhofi trucuing sarine roso anut purboning kaweknyo drupadi
        Ismayaning Dewi Rukmi nardi hasto kaendahaneng wedrotomo
        000000543210 ALAN (Allah lahir Anak nunggal) salam sakun cipto puspo puring
        Ika septy gadung waru mustiko kemolo sari hyang Nogo Gini

        Biru * Anggungeng anetep dharmaneng wantah kamukten
        Baruno Bonar anyembur tirto sanurepto mego Barzah
        Brantas patas kranggan Mojo Legi granesia samudro Biru
        000006543210 Tunjung Pudhak Mananggal arumeng jiwo
        Babareng lesung tlumpah telo moyo gunung pati nastity

        Ungu * Kawaskidhan jiwo Hyang Wisnu Sujadmiko Trimurty
        Ukel kancing Kencono sari nglerdyo pramucang gumiler condro
        Undur undur sapu samun Kresno duto antuking tajali
        000076543210 Hanoman prenggo seto kolo nagoro
        Urepno bumi langit cokro panggilingan memayu kaluhuran

        Lembayung * Sinirat kencono endhok amun amun Hyang Laroh Semar
        Lampah lakumu suminarang kusumo edi pamomong sejati
        Larum laruntih alang alang kumintir pandulu ndriyo
        000876543210 Jagat cilik jagad gedhe ing cupu manic purbo khayun-Mu
        Langgeng lamunto suare angejo wantah sang aji noto

        Dadu * Anjlumat gedhong samar mijel wewengkon pamangku
        Dhamar ginulung wulang pungkasan kapegot palang kusumo
        Dhanur jati rinonce sekaring jagad pramodya wardani Asri
        009876543210 Kahyangan lawang jati anyepti potro
        Drajad madinah jenjeming kawero kasupti Tri loko

        MU – Manunggal Urip kapatah dhatan tanpo niat
        Marganeng uwot ogal-agil Rigmo sinigar putusan karso
        Murbeng dumadi cipto ning sawijineng tanpo umpomo
        019876543210 Pranatan gedong samar 21 jaman baru
        Mahananing Asih tanpo pilih kasih sekabehaning darsih layu kayafu

        Mbanten Mbanyuwangi jambe sinigar sekaring mayang gading
        Mbasuh lahire satrio putusan pamungkasing Tanah Jawi Wetan
        Meh Raino suryo condro kartiko gumebyar tan keno aling aling
        119876543210 Sampurnaning Sampurno tamat alenging jagad
        Manjelmo Bagus twen Ayu Kusumo pinitrah suci dji do dji (101)

        Sumonggo……
        (meniko saking mbahe nostradamus)

        • salam DenMas Johar,

          mohon maaf, bisa diterjemahkan tulisannya?
          wedaran bagus dari mbahe nostradamus tapi sayang banyak yg kurang mengerti, termasuk sy hehehe…

          • Wilujeng Rahayu, DenMas gp

            Meniko ringkasan artinya dari beliaunya:

            12 * 21 ABAD baru ini, harus bisa membawa diri sebagai Manusia yang utuh dan murni, dan mencapai kesempurnaan yangs sesuai dengan pranatan Bumi Putih Condro Wulung Purwito.
            Penyatuan manusia dan mahkluk hidup yang ada di alam semesta harus tetap bersinergi dan berkasih saying dengan Tri Bawono (alam 3) Paspor (15).
            Biar dalam masa rehapan alam dalam rangka penetralan jagad dan isinya, kembali seperti awal mula dulu kala.
            Terlalu banyak dakjal yang masuk di semua rumah-rumah kosong (berbagai wahana), maka berhati-hati dan tanggap sasmito atau waspada jaga diri kalian masing-masing, utamanya keluarga kalian agar lepas dari pemutihan alam, “perjanjian bumi sereal”.
            Pilihan bibit jati yang bisa ditanam sebagai tangan-tangan penyelamat ala mini.
            Anak angger, apa yang kamu cari, semua leluhurmu sudah menyatu pada jiwa dan ragamu.
            Usahakan mengenali jati dirimu, agar dapat selamat dalam mengarungi dermaga kehidupan dan tercapai apa yang menjadi tujuan hidupmu.

            Salam Bahagia dan Kasih
            IBUMU MAHANANI TRISNO NINGSIH

            Maaf DenMas, sementara hanya ini yang bisa saya aturaken.
            Matur sembah nuwun

  187. Salam kang gp,kang js,kang bb,kang tb @ pak nostradamus mungkin melihat,.kalo isi dari pemimpin2 besar dunia,adlh orang2 asli nusantara,.makanya dia bilang bgtu..mgkn aja kan kang..hhe

  188. Salam kang johar,kang gp,kang bb,kang js..
    Kang bb @ sbntr kang,sy wasweswos dulu,.nostradamus itu agak tinggi,rambut acak2an,hidung agak mancung yah,.yah pokoknya dia datang deh(mau jin,iblis,atau Tuhan yg pandai menipu,atau apapun)…katanya bgini kang..
    “ramalanku pasti akan terwujud semua,.bukan berarti hanya pada masa,dimana kamu dilahirkan,.tapi seiring waktu yg berjalan,.
    kamu semua dilahirkan ditempat dimana ramalanku tertuju,..
    Aku tiada berani,banyak menyatakan,tentang Dia yg kumaksudkan,. sungguh,dia Ada,..tapi aku tidak berani mengatakan”,.
    Begitu katanya kang…

  189. lagi-lagi utak-atik gathuk,

    noto nagoro,

    sukarNO
    suharTO
    tri haryoNO
    GORO-goro

    tri haryono muncul duluan sebelum goro-goro… muncul lewat blog/wi max.

    • Ratna Manggalih

      Sepanjang sejarah Nusantara, bukan sejarah Republik Indonesia saja, tapi sudah jaman Rakai Panangkaran, sejak jaman Sultan Agung Anyokrokusumo, kedudukan Negara diatas agama-agama. Negara tidak bisa didikte agama.

      Para Raja duduk lebih tinggi dari kaum brahmin, kaum Pandhita, Wali, atau Ulama. Dalam falsafah kekuasaan di Indonesia sejak era Pararaton sampai era UUD 1945, Negara mengatur kebersamaan agama dan tidak boleh mengganggu tertib sipil. Di masa lalu Raja-Raja Jawa menempatkan dirinya sebagai Khalifah Panatagama, Panatagama = pengatur tata ruang dan tempat agama diatur Raja sebagai lambang Negara.

      Percaya atau tidak baru di era SBY ini Negara didikte oleh kekuatan agama, oleh para sekelompok yang melakukan politik agama garis keras dan mengklaim mendrive jaringan agama dimana-mana, yang berbeda pemahaman digusur dan disingkirkan.

      Negara menjadi lemah atas konflik-konflik agama. Walaupun SBY pernah bilang pada Adnan Buyung Nasution “kita tak boleh takut oleh tekanan mereka” saat bicara soal Ahmadiyah, tapi nyatanya pembunuhan dan pengusiran terus terjadi dimana-mana atas nama perbedaan keyakinan atas Tuhan.

      Padahal di masa lalu kepemimpinan nasional amat berwibawa terhadap agama. Bung Karno amat dikagumi oleh kaum agamawan, bahkan pengetahuan agamanya amat luas. Suharto ditakuti kaum agamawan, dia mampu menempatkan dirinya sebagai penguasa sesungguhnya, Gus Dur adalah monumen terbesar kepemimpinan yang didasarkan pengetahuan agama yang maha luas, sementara Megawati dan BJ Habibie walaupun kekuasaannya hanya singkat tidak pernah mengalami konflik agama yang riskan di masa kekuasaannya. Tapi SBY seperti orang kebingungan menghadapi radikalitas yang tak masuk akal ini.

      Hanya di masa SBY ini kekuatan garis keras muncul tiba-tiba, mereka muncul di ruang publik, bicara seenaknya, dihormati seperti seorang intelektual. Mereka seakan-akan menasbihkan diri sebagai pemimpin yang baru dengan jualan radikalisme berdasarkan perang terhadap beda keyakinan dan beda peradaban, tak ada dialog dalam bahasa mereka.

      Intelektual-intelektual modern dan berpengetahuan kita seakan terpinggirkan, padahal mereka dulu penguasa publik. Setiap hari TV-TV kita acara agamanya melulu, tak ada lagi ruang kebangsaan, tak ada lagi kisah cinta pada merah putih, tak ada lagi cerita sinetron di masa lalu seperti aktor Bambang Sulistomo yang pulang ke desa membangun desanya, semuanya bercerita tentang masyarakat yang homogen, masyarakat satu agama.

      Kita terasing pada keIndonesiaan kita, kita terasing pada kenapa bangsa ini didirikan, sebuah bangsa dengan hakikat multikultural.

      Kita harus mengembalikan Indonesia kita yang dulu, dimana agama-agama ditempatkan sebagai taman sari-nya kemanusiaan, hidup berdampingan tanpa aura menguasai, dimana Merah Putih menjadi rumah bersama bukan teriakan saling
      mengutuk atas nama Tuhan.

      selamat pagi buat semua para sepuh dan yg terhormat pemilk blog

      salam prihatin

      • @ mbak ratna,

        saya sependapat, memang kondisi sekrang ini sudah luar biasa, berbagai macam konflik mulai bermunculan, yang paling akhir peristiwa sampang, konflik yang bernuansa sara, antara syiah dan sunni, yang sebenarnya persolan pilkada dan keluarga.

        konflik2 ini muncul kepermukaan dikarenakan lemahnya negara beserta aparaturnya, bukan lemah dalam arti phisik namun lemah dalam arti yang luas. ketidakmampuan menangani setiap persoalan merupakan indikasi yang paling nyata dan mudah dilihat.

        dimanapun didunia ini, sepanjang negara dan aparturnya lemah, maka yang muncul adalah kekuatan2 yang memakai berbagai macam topeng, salah satunya adalah agama.

        konidisi seperti ini justru semakin memberikan keyakina akan kebenaran ramalan para leluhur, bahwa saat ini kita tengah memasuki jaman kerusakan yang akan diikuti dengan jaman kemuliaan. ( kalasuba ).

        sebutan satrio boyong pambukaning gapura, ternyata bermakna membuka gapura kemakmuran ( kalsuba ) yang dibangun setelah melalui kerusakan2 ( GORO2 ), jadi pada fase ini sepertinya konflik horisontal akan semakin luas, bentuknya macam2, mulai konflik sara, tanah, pilkada, dsb, tapi semuanya bermuara pada kemarahan dan perusakan.

        sekarang yang perlu kita lakukan adalah terus meningkatkan kewaspadaan dengan selalu eling sama Yang Maha Kuasa, sejauh mana kondisi kerusakan bangsa ini menggelinding menjadi bola salju melindas siapapun yang tidak eling dan waspada.

        salam eling dan waspada

  190. DETIK-DETIK MUNCULNYA MANUSIA UTUSAN ALLAH

    Pemimpin “KEBENARAN”/ Al Mahdi/ Juru Selamat/ Ratu Adil/ Satrio Piningit/ Pemimpin Besar Revolusi.
    http://kiblatdunia.blogspot.com/2012/04/detik-detik-munculnya-manusia-utusan.html

  191. ASALAMUALAIKUM WR/WB….

    Satria pininggit pada intinya sudah dimunculkan akan tetapi kemunculanNya itu datang dari arah yang tidak diketahui.
    karna jika kita khaji kemunculanNya itu sama seperti kemunculan umat-umat terdahulu atau umat-umat yang jauh sebelum kamu seperti yang terdapat dalam sejarah suatu contoh kemunculan nabi isa dlsb hanya saja tiap-tiap kemunculan sosok para pemuka disesuaikan dengan keberadaan zamannya yang sudah barang tentu berbeda warna dan dimensinya namun pada intinya sama.
    Satrio pininggit bukanlah seorang pemimpin akan tetapi kekusaanNya melebihi dari pada seorang pemimpin dan hal itu tidak semata-mata mendapat julukan SATRIA jika dia seorang pemimpin akan tetapi dia akan berdiri dibelakan seorang pemimpin dalam arti menjadi sosok SATRIA {SABDA PANDITA NING RAJA.}

    sekian dan terimakasih..

  192. Satrio Piningit merupakan Bapak Jokowi Widodo (merupakan keturunan dari keraton jawa tengah asli) dan Ratu Adil merupakan Ahok (merupakan ciptaan Allah dari negeri Timur). mereka berdua ini telah d bentuk dengan misi,visi, tujuan dari Gusti Allah sendiri, dan mereka berdua ini sangat berarti untuk menjadi Presiden dan Wakil Presiden mendatang. Kawulaning Gusti Allah Sudah d tentukan oleh Allah sendiri. Manusia tidak berhak mengubahnya. Mereka berdua merupakan Satrio Piningit Sinisihan Wahyu dan Ratu Adil yang terpilih. Bila mereka terpilih sebagai presiden dan wakil presiden mendatang/berikutnya, maka kekuatan wahyu dari gusti allah akan turun d kedua zirah mereka tanpa mereka minta-minta. Dukunglah SP dan RA sbg Presiden dan Wakil Presiden ( Mereka akan sempurna d mata gusti allah). RAHAYU Para Sesepuh, Babad Alas, dan Para Sedhuluran. Majapahit 2 akan bangkit di tangan mereka berdua. _/\_

  193. Bung Karno semasa hidupnya sudah menguasai bermacam-macam agama apapun d dunia ini, tp bung karno lebih mengutamakan kejawen ajaran leluhur jawa daripada ajaran-ajaran lainnya. Bung karno lebih menghormati ajaran dan keyakinan agama-agama lainnya dan tidak memihak atau bersekutu dengan agama-agama garis keras. Bung karno lebih mengutamakan “Bhinneka Tunggal Ika”, “Tuhan Yang Maha Esa”, “Gemah Ripah Loh Jinawi” dan “Eling Lan Waspodo”.
    Sebab itulah Bung Karno Selama masa kepemimpinan di Indonesia ini lebih merakyat dan lebih peduli dengan masyarakat kecil. Tanpa membeda-bedakan SARA dan Golongan Etnis tertentu.
    Bung Karno selama hidupnya selalu “mlampah-mlampah” tanpa mengenal lelah. (Itulah Kesatria). Apakah ada yg bisa meniru wibawanya, komunikasinya, dan persahabatannya dg negara-negara tetangga d dunia ???? Hanya Satrio Piningit dan Ratu Adil yg dapat melakukannya tsb. _/\_ Rahayu

  194. bencana-bencana tdk akan berhenti selama SP dan RA tdk menjadi Presiden dan Wakil Presiden.
    semua bencana d dunia akan bergoyang-goyang tanpa henti sampai para manusia sadar akan hakikatnya terhadap misi, visi, tujuan gusti allah.
    Selamat Menikmati.

    _/\_ Rahayu

  195. Salam dan selamat pagi…….

    Tentang SP atau manusia hebat…..waaah….di blog ini banyak manusia hebat…..karena para rekan dan porosepuh adalah keturunan trah kerajaan atau pejabat……
    Ada keturunan raja sumatra…Teuku….Raja solo atau jogja….Gus Dur…Brawijaya 5…..Ulama besar….Wali…..dll dll…..

    Para rekan di blog ini., penulis atau pengamatnya juga bukan orang sembarangan dan bukan manusia ecek ecek…….
    Saya katakan begitu karena keyakinan dan rasa kami dan juga dari info yang jelas datangnya….

    Banyak dari rekan kita yang berpikiran briliant….hanya karena waktu dan tempat atau kesempatan saja belum berpihak….apakah itu nasib atau takdirnya…..atau sudah berkiprah dan berbuat dan kita tidak mengetahui sehari harinya……

    Siapakah SP…..dimana dia….sudah hadir atau masih dalam kurungan waktu….kita tunggu saja kedatangannya……kamipun juga ingin tahu dan misal ada yang sudah mengaku atau mengetahui SP sudah hadir maka kita semua pasti akan melihat seberapa jauh dan perbuatannya untuk masyarakat,….khususnya masyarakat Jawa dan NKRI pada umumnya….sesuai dengan isi ramalan bahwa SP akan mengentas dan menyelesaikan banyak problem dan masalah…..menggiring dan menghantarkan NKRI sebagai dan menjadi mercusuar dunia……….Nuwun….

  196. Salam kang js @ slmt pagi kang js,.tanpa kehadiran kang js,.rasa2nya seperti sayur tanpa kuah kang..sepertinya sibuk sekali yah,kang js…

    • Salam Mas Nur……selamat malam semuanya….

      Tanpa kehadiran JS maka seperti sayur tanpa kuah……sepertinya tidak…….
      Blog Bapak Aki…..tanpa saya ….tetap saja jalan dan selalu ramai…..
      Banyak tokoh dan orang hebat di blog ini…para pengamat pengintip juga orang linuwih…hanya saja para beliau itu sibuk sehingga jarang atau memang tidak mau menulis……….Nuwun…

  1. Ping-balik: Kemunculan Satrio Piningit (Skenario Tuhan atau Konsep Manusia) | garudabangsaku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: