Hubungan baik di antara Manusia

Setidaknya ada tempat aman utk kita berbicara mengemukakan pendapat. Gunakan blog ini semaksimal mungkin. yg penting adalah memberi kenyamanan kepada pengguna lain utk ikut berpartisipasi meramaikan blog.

Iklan

Posted on 25/04/2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 6.064 Komentar.

  1. Walaahhh….. hb 4 ikut komen.

    Xixixi……

    • yang bunuh diri pengen cepet-cepet masuk surga hahahaha…,itu sang arwah jadi satpam tapa upah…

    • musafir kesasar

      Salam…

      Saya teringat dengan cerita teman tentang sebongkah batu , batu hitam yang dikeramatkan …disuatu tempat dan mungkin penduduknya beragama hindu….mungkin dataran negeri India dimasa lalu…

      Batu ini yang berada disuatu sumur dangkal , ada air bening didalamnya dan ada tumbuhan kecil mengelilingi bibir sumur dan banyak penghuni disekitarnya datang ketempat tersebut untuk ngalap berkah….

      Visual diatas diperlihatkan atas permohonan dan doa untuk mengetahui asal muasal batu hitam itu…..

      • Salam Mas Musafir…

        Apakah ada gambaran sosok tangan besi dan tapak kaki api….penghuni batu hitam….

        Banyak cerita tentang sosok penghuni …dalam benda benda dikeramatkan atau tempat yang dikeramatkan….dll…

  2. HB IV, raja muda yg mati diracun. Apakah beliau termasuk leluhur yg bangkit kembali?

    https://tirto.id/intrik-keraton-dan-misteri-kematian-sultan-hamengkubuwana-iv-cAS4

  3. Selamat malam …
    Salam Sejahtera..

  4. SEMPURNA!

    Sebelum muncul islam, IBLIS sudah masukkan nabi muhammad di kitab hindu agar seluruh dunia masuk islam.

    https://m.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/15/08/03/nshjjs361-masya-allah-nabi-muhammad-dijelaskan-kitab-suci-hindu

  5. Selamat pagi…

    Ijin menyimak…

    Ulasan dan berita yang menarik…

    Ketemu benang merahnya…

    Matur Nuwun.

  6. Sudah beberapa tahun terakhir ini sering ada visual sosok Budha….

    Dalam diri Budha terlihat alam semesta/galaxy…

    Dalam diri Budha seperti ada suara mirip lebah beredengung seakan bercerita banyak hal dalam kehidupan…

    ====================================================================

    Mohon ijin menampilkan bacaan copy paste….semoga ada manfaat….terima kasih sobat..

    Membaca dan menikmati pemikiran Buddha sangat menarik. Termasuk bagi saya yang dibesarkan dalam lingkungan keluarga muslim. Bagi saya Buddha bukanlah sebuah agama, Buddha adalah ajaran untuk berpikir bebas. Jadi, apakah berpikir bebas itu sebuah agama? Tentu saja bukan. Berpikir kok agama. Kalo agama sebagai hasil berpikir, memang iya.

    Salah satu yang saya temukan bahwa dalam Buddha tidak dipaksa untuk langsung percaya pada ajarannya. Ada yang disebut ehipassiko, yaitu datang, lihat, dan buktikan sendiri kebenarannya, bukan datang dan percaya. Ajaran mengenai ehipassiko ini adalah salah satu ajaran penting dan yang membedakan ajaran Buddha dengan ajaran agama lainnya.

    Dalam Kalama Sutta dijelaskan bahwa Buddha mengajarkan pengikutnya untuk jangan percaya pada 10 hal, sebelum memeriksanya secara seksama, yaitu: 1) tradisi lisan, 2) ajaran turun temurun, 3) kata orang, 4) firman kitab suci, 5) penalaran logis, 6) penalaran lewat kesimpulan, 7) perenungan tentang alasan, 8) penerimaan pandangan setelah memikirkannya, 9) pembicara yang kelihatannya meyakinkan, dan 10) atau karena kita berpikir bahwa orang itu guru kami.

    Nah, konsekuensinya adalah ketika kita membaca Buddha maka kita pun bebas untuk meragukan semua dogmanya. Sangat wajar jika seorang pembelajar Buddha tidak percaya pada karma, reinkarnasi, dan aneka kepercayaan supranatural dalam ajaran Buddha lainnya yang tidak masuk akal. Kita dituntut untuk mengalaminya sendiri apakah hal tersebut benar atau tidak.

    Bagi saya Buddhisme tergolong unik. Salah satunya adalah pada konsepnya yang tidak berparadiigma teosentris/idol sentris. ”Tuhan” bukanlah persoalan yang utama di dalam Buddhisme. Seorang atheis, agnostis, atau theis, dapat saja menjadi penganut Buddha. Dengan begitu, fundamen ajaran Buddha bukanlah dogma-dogma teologi, tetapi sesuatu yang berasal dari diri kita sendiri, yakni pikiran(minds).

    Sehingga setiap orang dapat menjadi Buddha tanpa harus menjadi umat Buddha, apalagi jadi bikhsu. Buddha mengatakan bahwa siapa saja yang hidup dengan benar, tak peduli agama apapun yang dianutnya, mempunyai harapan yang sama untuk beroleh kebahagiaan di kehidupan sekarang dan kehidupan yang akan datang.

    Sebaliknya, siapapun yang menganut agama Buddha tetapi tidak mempraktikkannya, hanya akan beroleh sedikit harapan akan pembebasan dan kebahagiaan. Dalam agama Buddha, setiap orang memiliki hak yang sama untuk mencapai kedudukan yang tinggi. Dengan kata lain, setiap orang dapat mencapai Kebuddhaan.

    Dalam ajaran Buddha yang murni, kita ditantang untuk membuktikan sendiri apa yang termaktub di dalam ajarannya. Bukan percaya karena diberitahu oleh orang lain. Sebagai contoh, Buddha mengajarkan tentang konsep Karma. Apakah itu sebuah kebenaran? Tidak ada yang tahu faktanya. Untuk menjawabnya, kita diminta untuk mencari jawaban sendiri dengan membuktikannya.

    Jikapun banyak orang telah membuktikannya, tetap saja pada akhirnya kitamasih harus menemukan jawaban kita sendiri. Apa yang orang lain temukan hanya sebagai referensi untuk kita, terlepas dari siapa pun orang tersebut, bahkan jika itu guru agama Buddha kita sekalipun. Intinya ada pada kata buktikan dulu baru kau yakini, bukan yakini dulu baru kau buktikan.

    Jadi, jelas dengan sistem pengajaran tersebut, bukankah berarti Buddhisme adalah sebuah filsafat untuk berpikir bebas? Hal ini berbeda dengan agama pada umumnya yang kebanyakan berbicara tentang kepercayaan. Buddhisme tidak memaksa kita untuk percaya pada sesuatu. Mereka hanya berbagi dengan kita apa yang telah mereka ketahui.

    Setiap kali Buddhisme memberitahu kita sesuatu, itu dimaksudkan untuk referensi dan kita tidak diwajibkan mempercayainya tanpa membuktikannya sendiri terlebih dahulu. Jadi, apa ini sebuah agama? Jelas agama bukan seperti ini menurut saya.

    Simpulan saya adalah: “Ajaran Buddha yang murni adalah filsafat yang mengajarkan cara mencari jawaban dari dalam diri kita sendiri”.

    • sampurasun…para sahabat…

      Budha..adalah agama ? bukan hal lain???
      sidharta budha gautama adalah “pencerah” bagi manusia, dalam mengajarkan budi .

      Cuma agama ini, lebih menitik beratkan pada budi pekerti,ketimbang ketuhanannya.
      pada hakikatnya semua agama tujuannya sama mengajarkan budi pekerti /ahlak.

      Kedudukannya setara , tidak lebih baik
      atau kurang baik, itu tergantung dari penilaian masing-masing manusia serta prilakunya.

      setiap agama memerintahkan pada pemeluknya untuk Sami’na wa atho’na(mendengar dan melaksanakan).

      Penganut ajaran budha kedudukannya sama,tidak lebih istimewa dari penganut agama lainnya, bahkan didunia ini lebih banyak penganut muslim dan nasrani.
      Yang menjadi pertanyaa ; lebih fleksibel mana penganut budha dan agama lainnya?

  7. Agama yang Paling Baik di Dunia
    —————————————————————————

    Liputan6.com, Jakarta Dalam sebuah wawancara dengan seorang tokoh renovator teologi pembebasan Amerika Latin asal Basil, Leonardo Boff, tokoh spiritual Budha dan pemenang nobel perdamaian serta penulis banyak buku, Dalai Lama, ditanya tentang “agama apa yg terbaik di dunia ini?”

    Pertanyaan itu disampaikan Leonardo dalam sesi reses pada sebuah diskusi tentang agama dan kebebasan. Dan dengan sadar, pertanyaan agak nakal disampaikan Leonardo. “Saya kira dia akan menjawab, tentu saja Budha dari Tibet atau agama-agama timur yang usianya lebih tua dari Kristianitas,” pikir Leonardo.

    Mendengar pertanyaan itu, Dalai Lama berhenti sejenak sambil tersenyum, menatap langsung ke mata Boff dan secara mengejutkan menjawab pertanyaan-pertanyaan sambil tersenyum, “Agama terbaik adalah yang lebih mendekatkan Anda pada Cinta (TUHAN), yaitu agama yang membuat Anda menjadi orang yang lebih baik.”

    Sambil menutupi rasa malu, Boff yang merasa bahwa pertanyaan itu cukup nakal bertanya lagi, “Apakah tanda agama yang membuat kita menjadi lebih baik?”

    “Agama apa pun yang bisa membuat Anda Lebih welas asih, lebih berpikiran sehat, lebih objektif dan adil, lebih menyayangi, lebih manusiawi, lebih punya rasa tanggungjawab, lebih beretika, agama yang punya kualitas seperti yang saya sebut adalah agama terbaik,” ujar Dalai Lama.

    Leonardo Boff terdiam sejenak dan terkagum-kagum atas jawaban Dalai Lama yang bijaksana dan tidak dapat dibantah.

    Selanjutnya, Dalai Lama berkata, “Kawan, tak penting bagi saya apa agamamu, tak peduli Anda beragama atau tidak.Yang betul-betul penting bagi saya adalah perilaku Anda di depan kawan-kawan Anda, di depan keluarga, lingkungan kerja, dan dunia.”

    Dalai Lama melanjutkan, “Ingat, alam semesta akan menggaungkan apa yang sudah kita lakukan dan pikirkan. Hukum aksi dan reaksi tidak eksklusif hanya untuk ilmu fisika, melainkan juga untuk hubungan antarmanusia. Jika saya berbuat baik, akan menerima kebaikan. Jika saya jahat, maka saya pun akan mendapatkan keburukan yang sama.”

    Menurut Dalai Lama, apa yang sudah disampaikan kakek moyang kita adalah kebenaran murni. “Anda akan mendapatkan apa saja yang Anda inginkan untuk orang lain. Dan menjadi bahagia bukanlah persoalan takdir, melainkan pilihan,” tegas Dalai Lama.

    Akhirnya, Dalai Lama berkata,

    Jagalah pikiranmu, karena akan menjadi perkataanmu
    Jagalah perkataanmu, karena akan menjadi perbuatanmu
    Jagalah perbuatanmu, karena akan menjadi kebiasaanmu
    Jagalah kebiasaanmu, karena akan membentuk karaktermu
    Jagalah karaktermu, karena akan membentuk nasib/kammamu
    Jadi nasib/kammamu berawal dari pikiranmu…

    dan tidak ada agama yang lebih tinggi daripada kebenaran,”ujar sang guru.

    https://www.liputan6.com/health/read/2258491/agama-yang-paling-baik-di-dunia

  8. Mau lebaran yaa….

    Mohon maaf lahir dan batin jika ada sale-sale kate terutama yg disengaje.

    Ijin ngakak dulu.

    https://akcdn.detik.net.id/community/media/visual/2018/06/13/e9863349-a0a8-48e4-95ea-93230f6c4179.jpeg?w=600&q=90

  9. Tentang terompet dr langit,

    Nadanya macem2,

    Ternyata bukan sbg terompet perang saja,

    Juga sbg suara minta tolong kesesama alien ketika mulai mengalami kehancuran

    Juga sebagai penakut umat manusia.

  10. Tentang perang lawan gaib muslim.

    Seminggu sebelum lebaran,

    Perang habis2an tanpa kenal waktu,

    Mulai tengah malam sampai subuh,

    Langsung dilanjut sampai maghrib tanpa jeda.

    Istirahat hanya maghrib sampai tengah malam.

    Istirahat perang krn gaib muslim berhenti menyerang.

    Seminggu penuh perangnya.

    Pantesan, tidak pagi tidak sore pilek dan bersin2 terus,

    He he

    Energi keTuhanan utk perang tidak pernah habis,

    Hanya wadag yg letoi perlu vitamin C.

    No problem.

  11. Lebaran perang tetap lanjut hanya frekwensinya sudah menurun drastis.

    Energi gaib muslim menipis, berkurang serangan.

    Tapi perang akan berlanjut selama seminggu lagi,

    Krn ada tambahan energi dr puasa sunah 7 hari.

    Mantap bro, siapa takut.

    He he

  12. Cerita lucu tentang SP.

    Sebelum jadi SP sudah belajar perang gaib.

    SP pakai energi alam,

    Anehnya, lawan kebal terhadap hantaman senjata SP.

    SP jadi bingung, kok lawan kebal semua?

    Saranku, pakai energi Ilahi/Tuhan.

    Beda antara energi alam dg energi Tuhan.

    Energi alam tercampur oleh energi negatif, makanya mereka kebal.

    Energi Tuhan jelas positif semua.

    Lawan SP langsung porak poranda.

    Senang hati SP.

    Itu dulu sewaktu SP jadi bawahan.

    Sekarang mah, malah jadi atasan.

    Wka ka ka

  13. Kembali ke alien ufo,

    Sekarang mereka pakai cara jitu,

    Pesawatnya dibuat menghilang secara wadag, teknologi siluman/stealth.

    Kaga ngaruh, tetap kelihatan bagi rombongan SP.

    Alien ufo pernah kirim mata2, ufo kecil mengitari rumah SP.

    Krn disitu terdeteksi oleh mereka energi yg sangat besar.

    Bunyi ufo secara nyata, mendengung diatas rumah SP, ngung ngung…

    SPpun menghilangkan jejak dg menyembunyikan energi dlm kondisi tetap perang lawan mereka.

    Ufopun pergi dg sendirinya krn kehilangan jejak.

  14. Itulah dongeng abal2.

    Utk mengisi suasana libur lebaran.

    Jangan dipercaya.

  15. @ Munawir…..Salam Damai Mas…

    Cerita menarik…misalkan abal abal tetap saja menarik…..

    Hidup ini memang dongeng penuh cerita dan dongeng diperlukan untuk mengisi waktu dan menghibur hati…

    Salam Sejahtera

  16. Hahaha
    Habis nonton Avanger tuh
    Jika mau kalah pasti datang bala bantuan
    Ada tambahan ilmu bla bla bla

  17. Sebegitu mudah dapat tambahan ilmu
    Tambah nyawa tambah darah
    Mobile legend keless

    Puasa lalu blaaarrrr kembali sakti
    Jika puasa ditambah maka akan tambah sakti
    Jika puasa diperpanjang saktinya makin menjadi jadi

    Lahh puasa terus ya kurus sakit maag

    Malah masuk IGD
    Ga jadi perang

  18. Lagian jika cuman berbekal puasa doank
    Tukang becak tukang cilok
    Juga bisa jadi SP
    Sang Pengayuh
    Sang Pedagang

  19. Menghayal itu setinggi mungkin yaaa

    Masa cuma sampai level avanger atau power ranger

    Menghayal jadi dewa kek
    Ga perlu puasa ga perlu naik haji

    Xixixi

  20. Nih saya kasih contoh

    Dimana itu posisi SP

    Tuhan itu beristri
    Ada 2 istri
    Dan Tuhan punya Putri
    Anak perempuan

    Nah pikir sendiri
    Dimana posisi SP

  21. sik, tak pikire…… !@#$%^&*()~……

  22. Untuk jadi SP…..modal bantal dan kasur saja….lalu mimpi jadi SP…atau.sukma nya keluar dan…eng ing eng

  23. Memang benar bahwa hal gaib dan para penghuninya bisa beresiko berakibat kepada diri atau tubuh manusia, terutama pola pikir dan perilakunya…..

    Manusia bisa sakit phisik lalu meninggal …karena ulah manusia dan gaib perewangan / khodam nya

    Gila…ngengleng …jalan ngalor ngidul tanpa tujuan…

    Depresi karena selalu kaget takut , sering dihampiri dan penampakan menyeramkan…

    Merasa menjadi manusia hebat dan linuwih karena ritual dan mendapat ilmu atau senjata dari para gaib….

    Merasa menjadi sudah suci dan paling benar karena sudah bertemu dengan sosok yang dianggap sebagai dewa ,nabi malaikat dan bahkan didatangi Tuhan…

    DLL….menjadi manusia aneh dalam menjalani kehidupan

  24. Tentang perang dalam alam gaib….itu memang nyata berdasarkan peristiwa yang dialami oleh seorang teman…dia telepon dan menangis sesenggukan karena ketakutan…sangat beruntung dirinya ditolong oleh sosok gaib ( pakaian model pendeta budha) dan dirinya/jiwa/sukmanya dijauhkan dari perang antar gaib tersebut…

    • dia mengalami perang sudah cukup sering…hal yang menakutkan katanya dan tidak ingin mengalami itu dengan cara sadar…pandangan mendua ,,,alam menjadi 2 dan dialami bersamaan waktunya…

  25. Silakan untuk melanglang buwana dengan cara rogo sukma , mencari ditempat mana saja terjadfi perang antar gaib….kalau ikutan maka ikuti mereka yang benar…seperti apa yaang sudah tertulis di ramalan…mereka berebut baris benar…

    Ikutan komentar diatas…

    Jangan dipercaya karena ini hanyalah dongeng abal abal

  26. Kalau ada pertanyaan…siapa SP atau Ratu Adilnya ….maka menurut kabar dan visualnya maka SP/RA adalah golongan sosok bukan manusia ….berbadan halus….karena musuh musuhnya adalah mereka yang berbadan halus dan pekerjaan mereka/ gaib buruk adalah menipu manusia , mengakibatkan manusia hilang pola pikir benar ,hilang nurani dan budi luhurnya….

    Gaib buruk sengaja mengobarkan api ego dan nafsu manusia…mereka bersembunyi dan penumpang gelap dalam banyak hal diatas bumi ini…

  27. Mereka yang buruk tetaplah buruk meskipun ganti wujud /menyamar sosok baik…mereka harus diperangi…taruhan nya adalah keselamatan diri kita…
    Mereka seperti dalam lagu ndang dut….”bisik bisik tetangga” …sang pembisik hati dan pikiran kepada manusia sehingga manusia menjadi salah jalan….manusia menjadi korban atau memang manusia itu sendiri yang ingin berteman dengan mereka…karena ingin menjadi manusia hebat ,sakti mandraguna dll…

  28. Rumahnya seperti Pagupon doro…tendo telu….

    Rumahnya seperti Gatot Kaca….

    Manusia biasa berbadan dewa

    Apa arti nya ??
    ———————————————————

    SP bukan manusia seutuhnya…

    SP adalah dan hanya sebutan saja bagi mereka….

    SP adalah sekelompok manusia dan para gaib putih…berebut baris benar..

    Badan SP hanyalah seperti majlis…tempat berkumpulnya mereka….para dewa…dahnyang dll.

    Mereka /para sukma /leluihur yang diberi tugas menjalankan darma suci…demi kebaikan umat sekarang

    • sugeng sonten kang js…akan saya jelaskan arti pagupon doro telu,rumahnya seperti gatot kaca..
      artinya ia menjalani 3 pergantian jasad,masing-masing jasad yg ia tinggali menjadi orang besar.
      kalau kandang doro tempatnya pasti diatas, kalau kandang ayam pasti dibawah.
      demikian penjelasan saya..

  29. Salam Mas Prabu….

    Itu yang saya ketahui tentang SP atau RA….

    Embuh nyatane….ngapunten

    Rahayu 3 x

  30. Salam rahayu…

    Sudah sangat jelas siapa musuh musuh SP….

    Mereka yang selalu bikin onar diatas bumi dan kehidupan saat ini….

    Musuhnya bertebaran di hampir seluruh bumi…banyak negara dan wilayah….

    Keterangan dan cerita visual dari kami harus saya percayai secara pribadi….karena kita semua percaya ada dunia dan sosok gaib (jahat )….

    Apa susahnya bagi SP untuk rogo sukma….waktu dan tempat yang dituju hanya seperti membalik tangan…

    Begitulah cerita dongeng abal abalnya…

  31. Komentar tulisan diatas adalah versi dari “Kami”…tentang sebagian kecil peristiwa aneh aneh yang kami alami….

    Silakan bila ada versi dari Panjengengan sedoyo tentang SP…..saya ijin menyimak dan bisa saya sampaikan ke mereka (kami)

    Terima kasih

  32. Salam…

    Saya pribadi ikhlas dan sangat beruntung bila saja saya diikutkan dalam kelompok tersebut…meskipun taruhan nya berat….kesehatan dan keselamatan….seperti komen dan janji saya beberapa tahun lalu di blog EC…

    Tuhan Maha Penolong…bagi mereka yaang cinta kepada Tuhan dan semua kebaikan dikehidupan ini…

    Saya bermohon dan berlindung hanya kepada NYA…dari sosok gaib sontoloyo dan para manusia yang kerasukan energi para gaib buruk…

  33. banyak SP karena banyak yang ngarep, banyak yang sengaja bikin rumah lantai 3, dibuat dekat sungai, banyak yang tanam handeuleum hanjuang, cari teman gaib sebagai penyokong dan pembenar.

    memaksakan diri.

    wis sak karepmu kono …!@#$%^&*()~….

    • http://www.tanobat.com/andong-ciri-ciri-tanaman-andong-serta-khasiat-dan-manfaatnya.html

      Link ini menerangkan tentang tanaman hanjuang / Andong..

      Hanjuang banyajk fungsi dan khasiatnya,..

      * Sebagai obat beberapa penyakit..
      * Sebagai tanaman hias.
      * Sebagai pelindung dan pembatas suatu tempat ,sawah, taman,perkebunan dll

      Dalam masyarakat Sunda Jawa Bali….pohon hanjuang bermakna sebagai “pembatas ruangan ” dalam arti harafiah atau filosofinya….

      • Arti filosofis pohon hanjuang…pohon sebagai pembatas suatu tempat atau ruangan dan tidak beda dengan makna filosofi pagupon tundo 3…

        Ada 3 kelompok penunjang dalam kehidupan SP dan ini namanya kolaborasi dan saling terikat / kerja sama…pohon hanjuang bermakna sebagai pembatas ruangan..setiap ruangan dihuni suatu kelompok…

        Pagupon doro tundo 3 maka pagupon ini berpenghuni 3 keluarga/ kelompok…

        Dalam kehidupan SP….ada 3 kelompok golongan….maka golongan apa saja ?…yang tampak dan tidak tampak….mereka berebut baris yang benar….siapa mereka dan berapa jumlahnya…

    • sebenarnya rumah bersusun 3..bukan artian bangunan ???…tetapi pergantian jasad sebagai penghuni jiwa yang berganti-ganti beberapa periode sebanyak 3 kali.

      • hanjuang itu sendiri artinya.. sebagai pembatas wilayah…dalam arti ia menelusuri 3 kali kehidupan, dari batas waktu- kewaktu…
        dari masa ke kahalifahan,masa kerajaan(monarki) dan masa demokrasi..seperti sekarang ini.

    • sebenarnya rumah bersusun 3..bukan artian bangunan ???…tetapi pergantian jasad sebagai penghuni jiwa yang berganti-ganti beberapa periode sebanyak 3 kali.

  34. Penulis dan peramal adalah orang jawa >>>>gatotkaca versi Jawa…seorang ksatria seperti manusia biasa dan ada taring kecil di giginya…karena dia anak raksesi yang sudah di sastra jendra atau diruwat oleh Dewi Kunti ( ibu Pandawa)

    Rumah seperti Gatot Koco

    Apa makna Gatot Koco…??

    Gatot dalam tradisi jawa berarti anak laki laki yang Jarot atau kuat perkasa dll…

    Kaca artinya bening putih seperti berkilat , seperti kaca atau cahaya…manusia yang bermakna tercerahkan karena cahaya Illahi…sosok yang dimaknai telah lulus weda…

    Kalau versi India maka gatot kaca diserupakan sebagai raksasa karena Arimbi adalah seorang raksesi….

  35. Peramal atau penulis telah memberikan gambaran dan makna filosofi ….

    Bukan pagupon sebenarnya…

    Bukan Gatotkoco sebenarnya..

    Bukan pohon hanjuang sebenarnya…

  36. Manusia telah lulus Weda…

    A. Pengertian Weda
    Wahyu yang diturunkan oleh Hyang Widhi melalui para Rsi, dikumpulkan atau dihimpun menjadi suatu kitab suci.

    Kitab suci yang diyakini sebagai wahyu yang diturunkan oleh Hyang Widhi disebut Weda. Kata Weda dapat dikaji melalui dua pendekatan, yaitu berdasarkan etimologi (akar katanya) dan berdasarkan semantic (pengertiannya).

    Weda sebagai wahyu yang diturunkan Agama Hindu, secara etimologi berasal dari bahasa Sansekerta, dari akar kata “Wid” yang berarti mengetahui atau pengetahuan. Dari kata Weda yang ditulis dengan huruf A (panjang) berarti pengetahuan kebenaran sejati atau kata-kata yang diucapkan dengan aturan-aturan tertentu yang dijadikan sumber ajaran Agama Hindu.

    Secara semantic Weda berarti kitab suci yang mengandung kebenaran abadi, ajaran suci atau kitab suci bagi umat Hindu. Maharsi Sanaya mengatakan bahwa Weda adalah wahyu Tuhan Yang Maha Esa yang mengandung ajaran yang luhur untuk kesempurnaan umat manusia serta menghindarkannya dari perbuatan jahat.

    Selengkapnya tentang Weda…ini linknya…

    http://maretanakbali.blogspot.com/2014/08/weda-sebagai-sumber-dan-kitab-suci-hindu.html

    • Lalu …apa Agama SP ??

      • Benarkah kabah dan batu hajar Aswad adalah tradisi peninggalan paham agama Hindu ?

      • Penganut muslim..pengikut ajaran nabi muhamad…
        Ia bukan pelaku religi..namun ia pelaku tassawuf,lebih mengutamakan ruhaniah(spiritual).

        bedanya pelaku Religius dan Spiritual…
        – Religius..dalam menjalankan keyakinannya berdasarkan fisik dan simbol-simbol keagamaan dan selalu membedakan diluar keyakinannya.(mencari kesalahan orang lain).

        – spiritualis…dalam menjalankan keyakinanya berdasarkan jiwa(qolbu)
        ia meyakini simbolik , namun selalu melihat persamaan bukan perbedaan dari masing-masing ajaran.

        pelaku spiritualis diantaranya para nabi
        makanya dari itu, ia tidak pernah mempertentangkan/mencari kesalahan ajaran sebelumnya.

        • batu hajar aswad bukan peninggalan hindu ? tetapi peninggalan nabi ibrahim untuk umat sesudahnya, kemudian diteruskan oleh nabi ismail..hingga sekarang.

          Berdasarkan perintah tuhan, ia membawa batu hitam(batu meteor) dari palestina sekarang israel, bersama putranya ismail dibawa ke mekkah sebagai tanda tempat berkumpulnya orang islam dari seluruh penjuru negeri.

  37. Malaikat.
    Nabi
    Para Dewa…
    Leluhur..
    Dahnyang
    Para Raja jaman dulu.
    Mereka para ksatria..
    Laskar tentara
    Sosok yang berjumlah banyak ,berebut baris benar…

    Mereka berbadan halus…

    Pagupon doro tundo 3.

    Dalam suatu tempat /ruangan/wilayah ..sanepan dibatasi pohon hanjuang handeuleum

  38. SP mampu dan kuasa untuk memerintah demit jin setan (mereka yang berbadan halus ) Berebut baris benar.yang ingin menebus dosa/bermohon diampuni Tuhan YME…

    Setiap Sura Sang Kumara menebus dosa…dosa siapa?…dosa sang kumara atau dosa mereka yang berjumlah tidak terhitung …mereka yang tunduk patuh dan ikut SP ?

    Sura sebagai arti sebenarnya yaitu waktu di bulan sura atau bermakna lain….

    Suro >>>>kemenangan…dalam hal apa dan bagaimana caranya??

    • akang aku jelaskan kang js..menurut pemahamanku ini, yang tertulis di serat tsb adalah sanefan?.
      arti makna setiap bulan sura? “sang kumara menebus dosa” dimaksud sp/ Almahdi menuntun pengikutnya kepada pengampunan atas dirinya dari perbuatan salah/dosa kepada tuhan, baik minannas atau minawloh.

      Bulan suro dalam sanefan bukan hitungan kalender awal tahun jawa atau awal tahun umat muslim, akan tetapi bulan rhomadon/puasa, turun di penghujung puasa, pada tanggal ganjil..21,23,25,27,29.

      Turunnya malam pengampunan dari tuhan atas mahluknya disebut malam lailatul qodar, yaitu malam ampunan 1000 bulan atau 83 tahun lebih.
      Anugrah itu diberikan bagi orang yang qolbu/ jiwanya bersih.

  39. Salam Mas Prabu…

    Sumonggo untuk bercerita ….

    Kami bercerita berdasarkan yang kami lihat dan alami….

    Beda pendapat itu normal dan biasa karena setiap pengalaman seseorang tidak sama…

    Rahayu 3 x

  40. Salam Mas Prabu…

    Rumah susun 3 seperti pagupon tundo 3…nggeh …bukan arti bangunan sebenarnya..

  41. Tentang Gatotkaca melesat keatas/Tuhan…nggeh ..saget kemawon seperti itu…

    Begitu cerdas dan cerdiknya Sang Peramal menulis dan bersanepan seperti dalam ramalan….kita harus berpikir keras memecahkan misterinya…karena semuanya hampir sanepan…

    Kami mengambil kesimpulan…kita tidak bisa menjawab dengan pasti apa makna isi ramalan itu sebenarnya bila hanya paakai pikiran dan logikanya hanya para beliau sendiri yang bisa memberikan jawaban kepada manusia dengan cara mereka sendiri , dengan visual atau banyak hal perbuatan yang manusia itu ikut didalamnya…berinteraksi dan mengalami sendiri bersama mereka saat ini…

    Adakah waktu dan tempat yang menghalangi dan mengekang para beliau dalam dunia mereka disana ketika mereka hadir dialam manusia?

    • betul kang js…sanefan itu sulit dijelaskan bahkan oleh kaum spiritualis, mereka bukan tidak mampu, namun maqomnya belum sampai.

      pada pertanyaan yang point terakhir saya rada bingung mengartikannya,?
      oke akan saya jelaskan kan..
      sp/almadi tidak ada satu mahluk gaibpun yang dapat menghalangi kegiatannya, mereka tidak mapu menghadapinya, ketika ia sedang menundukan lawan untuk mengajarkan tauhid di alam ghaib.
      sp sebagai ratuning ghinab, mereka semua pada hormat dan patuh, baik berasal dari golongan manusia dan jin akan nasehatnya.

      Pengikutnya terdiri dari golongan jin dan setan yang telah mengikuti ajarannya,
      bahkan golongan iblispun takut dan tunduk padanya, dalam arti bukan menjadi pengikut ajaran tauhid, tetapi ia tidak berani menghalangi ketika ada mahluk ghaib ingin menjadi pengikut sp, karna resikonya akan menghadapi sp, mereka akan dibakar atau dipenjara.

      kemunculan sebagai pemimpin didunia nyata,menunggu saatnya tiba,tunggu ketetapan tuhan, karena kemunculan yang belum saatnya akan banyak penolakan dan tidak diyakini.

      Kehadiran sp/almahdi didunia nyata adalah ketetapan dan kepastian tuhan, pertama ia sebagai pemimpin golongan alam ghaib, menunggu saatnya pemimpin golongan alam nyata.
      perjalanannya amatlah berbeda dg para pemimpin yang ada sekarang,mereka hanya sebagai pemimpin golongan manusia dalam waktu yang singkat.

  42. SP adalah ungkapan sebuah Majlis dan bukan individu perorangan….banyak kelompok sebagai anggotanya…saling menunjang dan menguatkan dengan keahlian masing masing…

    SP tetaplah sebagai badan manusia…dewa berbadan manusia…badan SP yang penuh dengan mereka…seperti cerita yang sudah beredar dan dipercaya bahwa banyak sukma berdiam dalam pusaka dll…

    SP berbadan dewa adalah pusaka…tempat mereka bernaung….pagupon tudo 3 dan dibatasi pohon hanjuang…

    • analisa itu kurang tepat kang js, maaf kalau saya meluruskan, julukan sp adalah personal , bukan majlis/kelompok?

      apakah al masih, sebutan personal atau majlis/kelompok ?

      sp jati diri dari isi wadag..tidak ada satu mahluk ghaib yang dapat menghuni jasadnya.
      kecuali ilmu tauhid,dan isi perut rujak cingur,lontong kupang untuk kelangsungan hidup jasadnya. hehehehehe…
      ghaib yang hendak menemepel jasad, sebelum masuk akan terbakar dahulu,karna pancaran cahayanya begitu kuat,maka dari itu setan yang berada didekatnya menyingkir karna panas akibat pancaran nur itu.

      bila ada manusia yang dapat ditempeli setan/iblis maka manusia itu kelakuannya seperti yang menempeli.
      setiap agama mengajarkan kebersihan lahir batin..buka dari kotoran tetapi hakikatnya dari setan yang menempel di badan.

  43. Jumlah ribuan tidak terhitung dan tentunya ada komandan masing masing…

    Anggota intinya….rata rata perwira….dan ada laskar lagi dibawahnya….mereka berebut baris benar….

    Apa yang kami tulis dan sampaikan adalah hal yang benar terjadi dan terlihat visulanya bahkan terseret dalam peristiwanya…
    Bila semua ini adalah tipu daya mereka atau halusinasi maka hal ini tidaklah sangat berpengaruh dalam kehidupan kami….semua kami kembalikan kepada Tuhan YME…

    Kami sebagai manusia biasa tetaplah melakukan aktivitas seperti biasanya…sebagai .tukang solder.,dagang di kios pasar, wira usaha, PNS, mahasiswa, ibu rumah tangga dll…

  44. Urusan SP adalah yang terlihat dan tidak tampak…tugas masing masing anggota/golongan sudah ada…
    Karena bangsa halus juga hidup dan mereka mampu berbaur dalam alam manusia dan ada akibat serius dalam mempengaruhi pola pikir dan hati nurani manusia,…tergantung gaib golongan apa dan siapa…berakibat baik dan berakibat buruk bahkan sangat buruk…

  45. Dalam Bait tertulis….

    SP mampu dan kuasa untuk memerintah demit jin setan (mereka yang berbadan halus ) Berebut baris benar.yang ingin menebus dosa/bermohon diampuni Tuhan YME…

    Setiap Sura Sang Kumara menebus dosa…dosa siapa?…dosa sang kumara atau dosa mereka yang berjumlah tidak terhitung …mereka yang tunduk patuh dan ikut SP ?

    Sura sebagai arti sebenarnya yaitu waktu di bulan sura atau bermakna lain….

    Suro >>>>kemenangan…dalam hal apa dan bagaimana caranya??

  46. Salam Mas Prabu….

    Saya sudah mengira dan mencoba untuk paham keyakinan Mas Pengamat spiritual dan saya tidak kaget atau bingung kalau keterangan dari Mas Prabu seperti itu dan saya sudah mendengar keterangan sebelumnya di hari hari kemarin ketika masih aktif menulis…

    Tentang SP atau Imam Mahdi memang begitu cerita yang dipercaya dan merebak
    Tidak heran tulisan tentang SP sangat ragam dan bertebaran dalam banyak blog juga face book ,menulis komentar sesuai dengan keyakinan serta perjalanan spiritualnya masing masing pribadi

  47. SP beragama Islam…nggeh sumonggo saja…

    Bagaimana kita tahu kalau SP beragama dan berpaham Islam ??

    Apakah ada seseorang mengetahui SP sudah hadir dan bercerita banyak hal dan membuktikan dirinya adalah SP atau hanya mengaku aku saja ….menjadi dan merasa sebagai SP / IM passtinya ada peristiwa dan sebab yang mendasar….benarkah itu wahyu dari Tuhan atau bujukan dari gaib yang menyamar…..

  48. wkwkwk
    rame ik
    pengen ikutan
    tp laptop lg rusak
    keyboard ga jalan

    saya urun mesem saja wess
    lanjuut
    monggo
    salam rahayu

  49. Salam Mas Prabu….

    Keyakinan adalah berdasarkan pengalaman dan mengalami dan misalkan hal itu salah maka resikonya pasti ada….

    Tentang Kabah dan batu Hajar Aswad…….monggo saja diyakini seperti itu dan kami juga membaca beberapa artikel sejarah di google , tergantung kita “klik ” tentang apa??….lalu bila ada hal yang tidak sesuai menurut bukti sejarah maka siapa yang salah dan yang benar maka hal itu tergantung si pencari /pembaca yaitu kita sebagai manusia yang lebih muda / generasi penerus dari suatu bangsa dan peradaban budaya nya

  50. SP sebagai majlis…atau sebutan atau juluk gelar …saya hanya mengumpamakan sebagai itu ….
    Kenapa saya katakan itu …memang begitu yang kami lihat dengan catatan bila visual dan peristiwa itu benar adanya…SP bukan seseorang yang saya kenal secara pribadi dan akrab tapi lebih mengarah siapa saja di sekitar SP ??….begitulah visualnya….banyak dan banyakj visualnya…

    Misal saja saya menulis atau menyebut…presiden NKRI itu siapa…Jokowi presiden ke 7…iya benar …apakah presiden(pribadi Jokowi) itu bekerja sendiri…tentu tidak….banyak staf sesuai dengan bidang keahlian masing masing….atau saya katakan badan presiden ( sebutan ) dihuni banyak orang sebagai staf maka tentunya banyak orang paham..

    Presiden Jokowi hakekatnya tidak sama dengan Presiden NKRI….Jokowi sebagai pribadi dan NKRI sebagai Negara…

  51. Dimana SP….monggo disebutkan kalau ada yang kenal secara pribadi dan tahu…tempat tinggal dan keadaan nya sehari hari…

    Apa maknanya SP ( Satrio Piningit)…dan siapa sebenarnya nama asli SP.??….

    Sumonggo dipersilakan untuk menjelaskan bila memang sudah mengetahui sejatinya /wadag /badan nya…

    He he he…bertahun tahun,,,hampir 9 tahun muter muter mencari SP…keliling berkunjung di beberapa blog SP….tetap saja SP tidak ditemukan….memang benar sesuai namanya yaitu piningit atau disembunyikan…,,tidak bakal ketemu…menunggu kepastian dari Tuhan….entah sampai kapan ??…keburu kita sebagai penggemar dan penanti SP berpulang….he he he…

    • kang js..aya..aya wae…
      yang dicari yg tidak keliatan,ia ada didekatnyapun juga tidak akan kelihatan,sampai ajalpun tidak akan kelihatan.

      saya sebagai pemerhati SP…menanti ke datangan budak angon..
      menurutku sp,im tidak penting !!!
      hehehehehe…

  52. Salam…

    Tentang gaib manjing dalam diri manusia maka tergantung siapa yang manjing atau masuk dalam dirinya…bila buruk maka berpengaruh buruk kepada manusianya..

    Bila gaib buruk bisa manjing dalam manusia apakah tidak dimungkinkan gaib baik manjing dalam diri manusia….ini logikanya…semua serba mungkin…

    Apakah benar bila semua gaib buruk akan menyingkir dan terbakar bila mendekati SP atau seseorang yang berilmu setara dengan SP/IM ??

    Sebenarnya ilmu SP itu apa ??…yang kita ketahui dan yang kita baca bahwa SP sebenarnya tidak mempunyai senjata pribadi dan berbentuk benda…SP yang katanya tidak mempunyai ilmu apa apa…nol puthul katanya….he he

    • kang js…yang dapat terbakar itu golongan yang nurnya berbeda, setan nurnya merah orang baik, jin islam ,malaikat itu nurnya putih.
      kang js..juga nurnya putih..ketika berada didekatnya juga tidak apa-apa…bahkan cengengesan…wkwkwkwkwk..

      sebagai pengamat spiritual…sp tidak memiliki apa tidaklah mungkin.
      perlengkapan perang pasti ada, secara dohir tidak kelihatan namun secara ghaib pasti kelihatan,baik pakaian raja, pakaian perang, persenjataan perang yang menempel dipundaknya , baik busur panah ketika dilesatkan bisa menjadi banyak sesuai musuh yang dihadapinya,maupun pedang nur illahi sebagai simbol kepemimpinan akhir jaman,
      ia dapat menahan musuhnya dg keilmuanya.

      Secara jasad ia tidak memiliki kesaktian untuk dipamerkan, hanya amalan syahadat muslim..
      yang ia bawa kemana-mana.

  53. Salam Rahayu…

    SP cerita yang menarik…nyata atau fiksi tidaklah masalah bagi kami…

    Semua yang terjadi adalah sudah diketahui Tuhan YME…

    SP kemanjingan sosok gaib benar…entah siapa saja…anggap saja ini dongeng abal abal..

    Tentang kemanjingan ada dongengnya…

    Seperti dongeng wayang ….

    Subali / kera putih…manjing kepada Yudistira..

    Kumbokarno manjing dalam Bimo…

    Wisnu manjing dalam Kresno ….juga Prabu Joyoboyo…

    Ismaya kepada Semar….

    Hyang Wenang kepada Wisanggeni…

    Karena kemanjingan sosok benar maka benarlah mereka dalam hidup…

    DLL…

    • Dewa Ruci juga dalam Bimo…

      Ini dongeng Hindu…atau versi Jawa….

    • salam kang js…
      akanku jelaskan agar tidak gagal paham..Sp itu sebutan jiwa,
      bukan jasad? sebutan jasad sesuai dg id ktp.
      arti kemanjingan itu ketempelan roh lain,sedang jiwa selaku pemilik jasa tidak bisa apa-apa.
      sp itu adalah sebutan jiwa, jasadnya disebut budak angon..sebagai penggembala, yang kebiasaannya mengumpulkan daun kering, (peristiwa ghaib)
      melalui kalakay jueng tutunggul(kertas dan pena).

      begicu..kang js..nyuwun sewu..bila saya
      memberikan penjelasan ini, bukan menggurui..saya sendiri tidak bisa apa-apa dan masih banyak belajar.

    • bagi orang yang tauhidnya belum dalam..link itu bisa diyakini,namun bagi yang tau..itu buah pikir manusia. yang tidak ada pengaruhnya.
      agama hindu itu bukan berasal dari dunia nyata, agama hindu berasal dari alam jin..sebelum nabi adam ada..agama hindu sudah ada tetapi di alamnya.
      setelah nabi adam ada beranak pinak,barulah agama itu turun ke mayapada dianut oleh keturunan nabi adam.

      • jelasnya ka’bah itu ,bukan bekas peninggalan hindu…melainkan peninggalan nabi ibrahim..berputra 2 nabi yakub dan nabi ismail..

        nabi yakub menunkan kaum nazaret, nabi ismail nenurunkan kaum arab.
        pembawa ajaran nasrani dan pembawa ajaran muslim itu kakek buyutnya sama.

  54. Artikel tentang Nabi Ibrahim…

    Benarkah Ibrahim, Abraham Adalah Brahma Dari India?

    https://www.isains.com/2015/01/benarkah-ibrahim-abraham-adalah-brahma.html

  55. Hihi sekarang pake ilmu logika gathuk enthuk ikk
    Keh keh keh

    Soal majelis…..
    Sdh di sebut oleh tuan rumah
    Eye of God

    Jika umah gupon tundo telu itu adalah suatu ruang yg disekat
    Bagaimana bila itu adalah dimensi

    SP berada di dimensi 8 kalau tidak salah

    Monggo biar rame

  56. Monggo dipersilakan untuk menelusuri kebenaran atau kesalahan nya tentang artikel diatas…

    Tuhan YME pasti mengetahui semua yang terjadi diatas bumi ini…

    Semoga Tuhan berkenan menjawab dan membimbing kita ke jalan yang benar…..

    Semoga Hati Nurani tidak padam..

    Semoga akal dan pola pikir kita selalu bersih…

  57. Salam Mas BB…

    Lelah nulis…rehat…

    Nuwun

  58. Kenapa tdk sekalian persoalan tentang iskhak dan ismail kang
    Mana yg benar

  59. Salam rahayu kang PHK
    Selamat berjumpa kembali
    Matur nuwun pandonganipun
    Mugio kang PHK inggih sami dipun paringi seger waras sehat sak kluargo lan lancar dan sukses selalu

    Amien

  60. 9 tahun membahas ya pak wiji hehe
    Lha kan ditulisnya
    CARILAH
    bukan
    BAHASLAH

    jika tidak melangkah berjalan nglakoni mencari dalam kenyataan
    Apa iya akan ketemu kang

  61. Rambut sama hitam
    Pendapat boleh berbeda

    Jika ada pertanyaan
    SP agamanya apa

    Harus ada pertanyaan lainnya
    Gurunya agamanya apa

  62. SP disebutkan adalah sebagai Manusia Setengah Dewa

    Teori tentang SP adalah mendukung bahwa dia adalah setengah dewa

    Sementara IM teori yng mendukung adalah bahwa IM adalah seutuhnya manusia

  63. Tertulis ada yang menjadi gurunya SP

    Asuhannya SabdoPalon

    Lalu apa agama Sabdo Palon?

    Agama Sabdo Palon adalah merupakan agama yang tidak cocok menurut Sabdo Palon pada awalnya
    Dan pada akhirnya agama mereka tetap sama nama

  64. Seperti diketahui
    Bahwa Sabdo Palon tidak mau memeluk agama islam
    Apakah kira kira asuhannya nantinya akan memeluk agama islam?

    Karena sebagai seorang guru tentu akan mengajarkan banyak hal
    Dan jelas itu pasti bukan tentang agama islam
    Karena Sabdo Palon bukan seorang islam

  65. Saya salut kpd bbrp teman di fb yg mencari dgn melakukan sebuah perjalanan
    Berusaha mencari benang merah sembari jalan jalan mudik dan liburan
    Drpd mereka yg sama sekali hanya membahas dan membahas saja

    Tp bagus juga jika ada yg sampai bs rogoh sukmo
    Buat jalan jalan
    Hehe

  66. Ada teman yang bilang
    SP itu tdk tdur di springbed dengan dipan jati yg mahal
    SP itu tidurnya di PERLAK

    Hahahaha

    Entah pernah atau belum saya tulis di blok

    SP itu ibarat sebuah batu besar
    Yang sangat berat
    Sangat kuat
    Sangat kokoh

    Susah diangkat susah digeser susah dipukul

    Dan merusak apapun yg dinaikinya atau didudukinya

    Hahahaha

  67. Agama sesuka yang merasa dan sudah tahu SP …Mas Prabu…

    Jadi SP itu islam…bisa budha…kristen..dll

    Sebagai pengamat tentunya ilmu sudah sangat mumpuni lalu spiritual siapa saja yang sudah diamati lalu kesimpulan nya piye Mas ?

    • Mas Prabu…sudah baca link diatas …lalu sebagai pengamat spiritual bagaimana ulasan dan kesimpulan nya??

      Saya tunggu wedaran ilmu langitnya Mas Prabu….lebih maju selangkah kedepan dan lebih tahu…

      Sumonggo

      • selamat malam.
        lingk kang js..sekilas saya baca ..abraham/ibrahim identik dg dewa brahma..
        lucu juga penalaran tsb..
        jelas beda..nabi ibrahim itu manusia , dewa brahma itu jin..yang diutus tuhan.
        nabi ibrahim umurnya pendek,dewa umurnya panjang,matinya setelah kiamat.
        maka dari itu..agama hindu tidak pergantian nabi,dari dulu hingga sekarang nabinya itu-itu saja.

    • bukan begitu…kang..
      sp walaupun umat muslim cuma ajaran yang dia bawa ajaran tauhid yang dapat merangkul ajaran agama lain kedalam titik NOL…
      yaitu tuhan yang maha pencipta.

    • betul kang js….
      Ia bisa muslim ,kristen,hindu,budha..
      karna ajaran tauhid bisa masuk agama itu..
      tanpa tauhid tidak akan agama.

  68. Bahasan semoga netral dan obyektif.. berdasarkan sejarah dengan bukti yang sudah ditemukan….

    Kita bahas soal sejarah dan bukan tentang keyakinan atau doktrin agama…

    Benarkah Islam itu adalah bersumber dan mencotek agama hindu…??

  69. Masih sangat banyak link tentang bahasan agama dan lain lain…

    Saya akan mengumpulkan beberaba bahasan atau link nya supaya Mas Prabu sebagai pengamat spiritual berkenan untuk menjelaskan kebenaran dan kesalahan nya…

    Matur Nuwun…

    Sugeng Ndalu…

  70. Salam tengah malam…

    Link dibawah ini semoga untuk renungan…

    Ada link yang mengatakan bahwa Hidu menjiplak Islam….

    Ada link yang mengatakan Islam menjiplak Hindu…

    Ada link yang menerangkan Ibrahim adalah orang India dan Hindu…

    Ada link yang mengatakan bahwa Hindu sudah ada 6000 SM dan ada yang mengatakan 1500 SM…

    Ibrahim lahir sekitar tahun 3000 SM lebih dulu Nabi Ibrahim / agama Islam dari pada Hindu…

    DLL

  71. Link sanggahan Islam menjiplak Hindu bahkan diduga Hindu menjiplak Islam….

    Agama tertua adalah Islam bukan Hindu

    http://majalaharmanees.blogspot.com/2012/09/agama-tertua-adalah-islam-bukan-hindu.html

  72. Sejarah Lahirnya Agama Hindu di tahun 1500 SM…artinya lebih tua Ibrahim…

    http://www.sarisejarah.com/2016/10/sejarah-lahirnya-agama-hindu.html

  73. Ini tentang umur Agama diatas Bumi …

    10 Agama Tertua di Dunia

    http://planetlegend.blogspot.com/2016/03/10-agama-tertua-di-dunia.html

    Hindu Agama tertua….6000 sampai 7000 SM…lebih tua dari Ibrahim

  74. Benarkah Ibrahim dari India /Hindu..

    https://www.isains.com/2015/01/benarkah-ibrahim-abraham-adalah-brahma.html

    Monggo dicermati…dengan bijaksana dengan dasar ilmu pengetahuan dan peninggalan sejarah…

  75. Semoga ada jawaban dan dengan rasa bijaksana dan adil serta jujur…

    Kenapa batu hajar Aswad seperti lambang Hindu….linggayoni …apakah hanya kebetulan..??

    http://phdi.or.id/artikel/lingga-yoni

  76. Ini tentang Dewa dan Nabi….Ibrahim…Siwa…Adam Hawa..Brahma Wisnu….dll

    Ceritanya serem dan mbingungi….

    http://reviewofreligions.blogspot.com/2012/06/benarkah-dewa-siwa-itu-nabi-adam.html

    Monggo ..silakan baca baca kalau tidak ngantuk….

  77. Salam Rahayu dan selamat pagi….

    Saya hanya nderek kemawon kalau SP senjatanya bermacam dan saking banyak macam maka senjata dan pakaian perangnya disimpan dalam tempat yang cukup besar….gudang senjata….he he he…

  78. Salam Mas Prabu….

    Tentang nama dan sebutan maka ini tidak bisa lepas dari apa yang dimaksudkan dan hanya dengan beda ungkapan saja…seperti yang saya sampaikan yaitu presiden Jokowi dan Presiden NKRI….

    Presiden Jokowi…itu bermaksud dan berarti jasad /phisik/bentuk dalam artian individu perorangan…yaitu diri manusia yang menjabat sebagai presiden..

    Presiden NKRI…nah ini artinya sangat luas dan jamak karena meliputi banyak hal dan bukan hanya siapa orangnya tapi apa saja tugas wewenang dan siapa saja yang harus hidup didalamnya dalam tugas sebagai staf para ahli pembantu presiden NKRI..

    Mas Prabu…saya tetap lebih percaya bahwa SP adalah sebutan dari suatu kelompok/banyak anggota dan hampir mirip maknanya dengan Presiden NKRI…,bukan bermakna perorangan…

    Tentunya ada nama sebagai sebutan pelaku yaitu manusia yang diberi tugas dan kewajiban sebagai SP..,,dia adalah manusia secara dhohir , punya ibu bapak dan pastinya punya nama panggilan…

    • sp sudah pasti punya nama dohir…
      namun pendapat bahwa sp itu kelompok atau majelis, sumonggo wae…
      setahu saya sistem saat ini di indonesia berlaku syistem presidensil..

      presiden sebagai kepala negara juga kepala pemerintahan.
      kalau majelis bisa dikatakan presidium atau pimpinan bersama seperti kpk..ada ketua dan anggota, ketua dipilih oleh anggota kelompok itu sendiri.

  79. Salam Mas Prabu…

    Saya juga punya nama panggilan ( phisik sesuai KTP ), pemberian dari orang tua …mereka memanggil saya dengan nama itu….

    Saya juga punya nama lain dan ini hanya untuk diketahui saya pribadi…

  80. Salam Rahayu…

    Maksud saya sebenarnya sederhana….kita semua sedang mencari siapa sebanarnya yang menjabat sebagai SP(presiden/ tetua)….dimana dia ..siapa namanya …laki atau perempuan, masih muda atau sudah lanjut…dll…mencari ujud orangnya dan bukan isinya….bisa jadi isinya adalah orang lama/reinkarnasi…bisa dewa atau malaikat dan mungkin masih banyak yang lain>>>>>pagupon tundo telu dan banyak pohon hanjuang sebagai tanaman dirumahnya ,,pohon sebagai tanda pembatas wilayah/kelompok/golongan…….

  81. Rakyat NKRI secara umum dan awam hanya ingin tahu bagaimana sosok manusia yang berjabat /gelar SP…berharap SP membenahi tatanan dan tentunya tidak kepo isi nya SP. siapa dan apa saja karena hal tentang itu sangat tidak dipahami kebanyakan masyarakat awam dan hanya para spiritual saja yang paham dan bila diijinkan oleh yang berwenang….

  82. Bahas SP bikin mumet krn orangnya hanya 1
    Bahas setan lebih mudah krn jumlahnya banyak.

    • Ada saran

      Tiap malam sebelum tidur, angkat tangan layaknya berdo’a, baca QS.Al-fatihah, Al-Ikhlas, Al-falaq, An-Nas & Ayat Qursi @1x, tiupkan ke telapan tangan 3x (diusahakan ada ludahnya sedikit) lalu usapkan secara menyeluruh kepada anak kita mulai dari kepala, tangan, perut sampai telapak kakinya. Dalam 1 hari itu, anak kita dilindungi Alloh SWT. dari gangguan Syetan, jin dsb. In Syaa Alloh.

    • sebetulnya sp sama dg kaum spiritual..
      cuma bedanya jabaran dimensi ghaib sejalan dg logika kehidupan,lompatannya jauh kedepan,dan dapat menembus bayang-bayang menjadi terang benderang

  83. Salam….

    Sepertinya SP sudah hadir ….

    Sepertinya Mas Pengamat sudah kenal SP nya atau Mas Pengamat sudah didaulat jadi SP? ?

  84. Sangat merugi dan ketinggalan cerita kelompok kami karena tidak ada kabar apapun kalau SP sudah sudah hadir di masyarakat…..

    Kami selama ini hanya diberi visual…ada cukup banyak manusia dan kalau diaamati manusia ini bukan manusia jaman now….artinya mereka adalah sosok gaib….entah sukma atau apalah sebutan yang pantas bagi mereka…….

    Ada sosok manusia yang dijadikan sebagai panutan atau sebagai pemimpin mereka…

    Mereka adalah banyak dan bergolong golong….oleh sebab itu kami katakan sebagai suatu majlis…pagupon tundo telu…pohon hanjuang sebagai pembatas atau pembedanya…

  85. Mas Pengamat…..

    Saya banyak atau cukup teman bermata Indigo…

    Semoga Mas Pengamat berkenan bercerita tentang SP dan siapa saja yang telah berhubungan dengan SP…manusia jaman sekarang atau sosok jaman dulu dan akan kami konfirmasikan dengan para teman disini….

    Teman yang terhebat menurut saya bertempat tinggal di Semarang…

    Sudah sangat sering kami dengar dan baca bahwa SP adalah manusia luar biasa , dihormati dan ditakuti bangsa gaib…berteman atau dibimbing wali atau guru gaib…nabi atau malaikat dll….

    Mohon untuk diceritakan kepada tamu disini ketika Mas Pengamat didatangi sosok gaib….misal saja KRK atau Bung Karno atau Nabi Malaikat dll…gambaran sosok mereka dari pakaian , model rambut wajah atau bau parfum nya dll…

    Kami percaya bahwa Mas Pengamat lebih maju satu langkah dari manusia yang lain ..bisa menembus bayang bayang gelap menjadi terang benderang….

    Matur Nuwun…

    • banyak kisah….
      selama beberapa tahun ini off di blog..
      untuk menerima tuntunan pengalaman ruhani..
      diantaranya pertanyaan kang js tentang hajar aswad, nabi ibrahim sebagai dewa brahma..
      penjelasan itu saya sampaikan karna ketemu dg beliaunya,apa yang telah dilakukan pada masa itu.

      • Salam….

        Semoga pengalaman bertemu Nabi Ibrahim diceritakan dan semoga sangat bermanfaat bagi yang ikut nyimak….

      • tentang KRK dia baik-baik saja,putrinya tunggalnya sudah menginjak abg, ibunya juga cuantik..luar biasa, awet muda,dan tidak selingkuh..atau pelakor..ia muslim, dekat dengan nabi muhamad dan nabi isa, karna terikat pertalian keluarga dan sahabat dari sang suami.
        banyak kisah..kalau di jelaskan disini tidak cukup waktunya,hanya sebagian kecil saya yang disampaikan.

  86. Salam …

    SP hadir ke masyarakat menunggu kepastian dari Tuhan…..jawaban ini dari Tuhan atau hanya prasangka dan dugaan diri pribadi??

    Bila benar diperintahkan menunggu maka logikanya semoga sudah ada pemberitahuan dari Tuhan melalui utusan / malaikat atau siapapun dan memberitahu kapan untuk muncul karena sesuai logika manusia dalam banyak hal selalu bersifat penasaran dan tidak sabar dan pastinya sosok SP akan bertanya kepada Tuhan nya… meskipun tidak diberi gambaran dan jawaban pasti minimal diberikan tanda tandanya…mungkin peristiwa alam atau peristiwa lain yang terjadi di negeri ini atau dunia…….

  87. Salam Rahayu dan selamat pagi….

    Saya hanya nderek kemawon kalau SP senjatanya bermacam dan saking banyak macam maka senjata dan pakaian perangnya disimpan dalam tempat yang cukup besar….gudang senjata….he he he…

    Pengamat Spiritual… | 19/06/2018 pukul 11:09 am

    apakah kang js mau pinjam rak ketang sebentar??? hiks.hiks.hiks..

    —————————————————————————————————-

    Salam Mas Pengamat….

    Dari tulisan komen diatas maka saya mengambil kesimpulan mas Pengamat adalah SP nya…

    Tentang senjata SP mau dipinjamkan… he he he matur nuwun ….saya lebih butuh solder Avo Meter dan Timah….untuk kerja nyata…

    Salam SP…Sang Penyolder

  88. Dunia …oh dunia…

    Semoga Tuhan selalu membimbing…..

    Eling Lan Wapodo….

    • Salam Rahayu…
      Puji Sukur kepada Tuhan YME karena SP sudah hadir dan sebagai manusia…

      Semoga yang dicari dan dinanti segera membuka identitas diri sebagai SP …sosok yang diharap bisa memperbaiki kondisi tanah air tercinta…

      Semoga suatu saat nanti bila kami masih diberi waktu umur cukup maka dan pasti kami berkunjung dan bertamu kepada yang mulia Sdr SP dengan tujuan mengabdi dan sumbangsih ke Tanah air tercinta ini….
      AMIN…

      Akhir kata dan dengan segala hormat maka kami sebagai tamu akan selalu menyimak saja…sedikit menulis bahasan SP di rumah Aki dikarenan SP yang asli sudah muncul…

      RAHAYU…

  89. Salam rahayu sedherek sedoyo
    Sugeng ndalu kemawon

    Saya sdh tdk mau membahas agama karena kita tidak hidup di jaman lampau
    Saya adalah generasi jaman now. Meskipun hari ini misal adalah tanggal 17 bulan delapan tahun 1945…
    Tidak ada manusia Indonesia yg membahas masalah agama pada hari ini

    Semua ingin sebuah pencapaian atas keinginan bersMa untuk merdeka

    Ada yg paham??
    Hihi

  90. Saya hanya menguasai ilmu per Sp an saja
    Tidak lebih.

    Setuju dengan kalimat kang PHK
    Bahwa SP tidak mau mengaku
    Menurut kang PHK dikarenakan bahwa itu bukan nama yg dipunyainya
    Mungkin ada nama lain

    Kalau boleh saya berpendapat
    Saya juga akan mengatakan hal yg sama
    Bahwa itu bukan namanya
    Tetapi bukan karena ada nama lain
    Melainkan dia tidak tahu apa nama trsebut
    Jadi dia tidak akan mengaku bahwa dia adalah…. Karena dia tidak tahu nama apa yg akan dipakai

  91. Masalah majelis dan presidensiil

    Bukan kesana arahnya kang PHK
    Majelis di sini adalah suatu wadah semisal majelis ulama majelis hakim
    Dan SP sebagai wadah atau majelis dr banyak sosok

    Apa sdh aku bocorin ya soal eye of God?

    Permasalahan Mustika di kening

    Itu adalah selain drpd MATA KETIGA SP
    Pineal Blend. Juga berfungsi sebagai KAMERA PENGINTAI atau CCTV
    Bagi para DEWA sekalian untuk melihat keadaan alam semesta

    Mungkin pernyataan ini akan mendapat sanggahan
    Bukankah dewa itu sakti dan bisa melihat langsung

    Betul. Dewa melihat langsung
    Tetapi kemampuan itu terbatas. Artinya jika mata ketiga yg ada dikebing SP ditutup maka dewa dipastikan tidak akan melihat apapun meskipun dirinya sakti

    Karena CCtV inilah yg memberikan ijin siar bagi para dewa
    Itu sebab SP mengalami jumlah reinkarnasi yg sdh tdk bisa dihitung
    Dengan banyak nama banyak wadag
    Itu sebab dia disebut dengan SERIBU NAMA SERIBU WAJAH

  92. Kang Wiji bilang SP sdh muncul

    Saya bilang SP itu ADA SETIAP SAAT
    Dari jaman ke jaman dr waktu ke waktu
    Ketemunya yg itu itu saja

    Saya cuma bisa bilang

    Kemunculan SP secara 100% juga tdk lepas dr kejadian alam yg sesungguhnya dan keikhlasan mereka yg diberi peran pembantu untuk mengerjakan segala tugas

    Cuma sepertinya kali ini
    Jaman ini adalah memang jaman yg ditunggu tunggu

    Bbrp sumber menjelaskan bahwa
    SP sdh bertemu gurunya
    SP sudah bertemu pacarnya
    Dan musuh Utama SP sdh tiada

    Tinggal penebusan dosa saja yg belum

    Nah

    Monggo yang sdh punya jagoan atau kandidat
    Coba disesuaikan apakah segala kriteria sdh genap??

    Keh keh keh

  93. perang antar ufo,

    ufo nazi kutub utara vs ufo alien

  94. Sugeng enjing sedherek sedoyo rahayu

    Hehe nggeh kang PHK

    Saya bilang musuh utama SP
    Saya tidak bilang musuh manusia kita semua
    Bukankah kita membahas satu sosok

    Musuh utama SP
    Bukan maksudnya hanya musuh SP
    Melainkan satu sosok yang utama
    Karena musuhpun pasti ada pemimpinnya/yg terkuat
    Dan musuh SP kan tdk hanya satu

  95. Saya bilang musuh utama SP
    Bukan berarti tujuan SP sdh terpenuhi
    Karena tujuan SP bukanlah untuk memenangkan sebuah pertempuran

    Satu hal disingkirkan utk mencapai hal yg lain

    SP bukanlah Amnesia
    Melainkan SP sedang KOMA

    Keh keh keh

  96. Ibarat kita melihat film Avanger

    Ada seseorang yg merasa bahwa dirinya mempunyai tekad yg sangat besar
    Tetapi tdk tahu mengapa dan bagaimana
    Hingga suatu ketika ada suatu KLIK dimana akhirnya
    Dirinya tahu bahwa dirinya adalah Sang Anu
    Dengan kemampuan Anu

    Dan itu terjadi bisa karena banyak faktor
    Stress super berat
    Terjadi sebuah ledakan hebat
    Jatuh dgn sangat keras
    Bertemu dgn musuh lama
    Dsb

    Atau karena sebab dr Atas yg menentukan bahwa dia harus sadar sendiri

    Keh keh keh

  97. Agamis dan spiritualis
    Blunder?
    Tidak blunder

    Agamis itu lebih bersifat keakuan terhadap satu agama
    Terhadap agama yang dianutnya
    Spiritualis itu bersifat universal
    Segala agama segala keyakinan segala unsur baik dari manusia atau alam lain dianutnya dipahaminya diyakininya

    Surga. Siapa yang sdh pergi ke surga?

    Keh keh keh

    Saya lebih menilih surga bumi
    Ijo royo royo

    • surga hingga saat ini masih belum ada penghuninya,hanya penjaganya yang nunggu dipintu gerbang malakikat ridwan.
      ia ramah ,bicaranya riang sejalan dengan tugasnya ditempat orang yang bahagia.

      nerakapun blm ada penghuninya hanya penjaganya saja,malaikat malik, ia bicara tegas,kaku tidak ada basa-basi…

  98. Dari awal saya bilang
    Bahwa ini adalah pertarungan jadul antara
    Spiritual melawan non spiritual
    Dan agama adalah senjata pamungkas dari non spiritual untuk memecah belah manusia

    Seorang spiritual diusahakan
    Hanya berperang untuk melindungi diri
    Dan bukan bermaksud untuk menyerang kepada yang lain

    Sama halnya dengan kondisi sebuah penyakit
    Dimana spiritual harus bisa menyembuhkan diri sendiri
    Dan bukan bermaksud menularkannya kepada yang lain

    Jika ini adalah perang antara
    Spiritual melawan non spiritual
    Lalu dimanakah posisi kelompok agamis

    Keh keh keh

    • sampurasun..kang beibe..dan para sahahat semua..
      koment kang beibe mempertanyakan kelompok agamis/religius dimana??? ya jadi penontonlah…
      sebenarnya non spiritual sebagian besar masuk dalam domein religi/syari’at, menjalankan keyakinan berdasarkan simbol keagamaan yang diwujudkan dlm gerakan fisik,sedang sipiritual mengutamakan ruhaniah.

  99. Dunia mengalami berbagai macam cobaan dalam menuju suatu perpecahan dan kehancuran
    Diadu satu sama lain karena berebut
    Pangan
    Wilayah
    Kekuasaan
    Kekuatan
    Agama

    Semua hal kecuali agama adalah bersifat materi
    Dan ternyata masih tdk bisa digunakan untuk memecah persatuan dan kesatuan umat manusia
    Jika materi tidak lagi bisa digunakan maka secaa logika
    Rohani lah yang akan menjadi target berikutnya

    Sebenarnya hal ini sdh terjadi di banyak waktu dan banyak tempat
    Hanya saja kemanpuan agama untuk memecah belah manusia makin ditingkatkan kemampuannya dengan ditambah satu rumus lain
    Yaitu mencampur kesemua hal dalam satu paket

    Agama ideologi kekuasaan power ekonomi ras

    Disatukan untuk digunakan memecah persatuan dan kesatuan manusia

    Jaman dulu orang berperang membela agama dengan keadaan lapar dan haus. Berjibaku hingga mati yang penting berjuang membela agama
    Jaman sekarang orang membela agama dengan cara
    Tidak perang nyata melainkan perang maya, kenyang dan tidak mati

    Kelompok ini ada pada setiap agama dan aliran

    Mereka adalah ujung tombak dari kekuatan non spiritual

  100. Jika saja ratusan otak2 cerdas penghafal qur’an digunakan untuk semestinya yaitu belajar ilmu pengetahuan maka indonesia cepat maju…. kalah telak mereka.

  101. Ilmuwan: Nabi Adam Hidup di Bumi 209 Ribu Tahun Lalu….

    Kita semua adalah anak turun Nabi Adam menurut cerita Agama …

    https://www.liputan6.com/global/read/813960/ilmuwan-nabi-adam-hidup-di-bumi-209-ribu-tahun-lalu

    • Pertanyaan saya mungkin bisa dijawab oleh yang terhormat para tamu disini yang ahli dalam spiritual dan tahu banyak tentang dunia aneh dan gaib juga sosok gaib…jin malaikat iblis dll…

      Benarkah Nabi Adam adalah manusia pertama di bumi dan jatuh dari surga ??

      Terima kasih

      • berdasarkan ilmu tauhid, Nabi adam diciptakan hingga saat ini mencapai 300.000 tahun.
        menurut teori darwin..manusia berasal dari evolusi kera.
        kera adalah binatang..seperti binatang yang lainnya.
        unsurnya terdiri dari jasad dan nyawa.

        Manusia terdiri 3 unsur yang menyatu dalam tubuhnya, ada jasad,jiwa dan nyawa.
        manusia mengenal hidup setelah mati,dan menjalankan kehidupannya setelah kematiannya. jasadnya mati terkubur jadi tanah, jiwanya tetap hidup.

        Binatang setelah mati , tidak ada kehidupan selanjutnya ,karna tidak berbadan halus/jiwa.
        jadi teori darwin itu salah,karna tidak memahami arti dari kehidupan selanjutnya.

        teori ilmu tauhid..mengatakan penciptaan jasad adam sebagai manusia pertama dibumi, ia diciptakan dari sari tanah,bukan tanahnya.
        selanjutnya diciptakan dibumi, bukan dari alam lain ?,dalam bentuk patung tanah,kemudian dimasukan jiwa dan nyawa lantas hidup. selanjutnya ia menjalani kehidupan, dan makan untuk kelangsungan hidupnya, ia makan seperti buah-buahan, hewan berasal dari sari pati tanah, bukan makan tanah.
        hal itu berlanjut dari pada keturunan adam,janin yang dikandung ibunya, berasal dari asupan makanan yang telah dimakan ibunya berupa sari makanan.

      • yang jatuh itu jiwanya kedunia, jasadnya tetap dibumi.
        ia diturunkan bukan dari surga, tapi dari alam jiwa, dialam ini kita hidup bersosialisasi terhadap sesama, cuma kita belum diperbolehkan untuk berumah tangga dan menurunkan garis keturunan, nunggu saatnya kita turun kebumi untuk menurunkan garis keturunan.

  102. Percaya berdasarkan ilmiah atau hanya sekedar doktrin agama yang dilarang untuk dipertanyakan ??

    • Ilmu Tauhid adalah teori pembelajaran yang tidak ada menjadi ada, dikaji melalui jiwa.
      berlaku hukum ketetapan/kekekalan.
      barang/bentuk yang tercipta sudah ada yang menciptakan, seperi alam semesta,surga dan neraka.

      ilmu pengetahuan mempelajari yang ada menjadi tidak ada dan berlaku sementara.

      Melalui pengkajian pikiran manusia,
      ia dapat menemukan dan menciptakan sesuatu, untuk kemudahan hidup manusia didunia dan tidak berlangsung lama.
      sepeti misal penemuan tv,hp,kendaraan.
      penemunya memiliki batasan waktu kehidupan setelah 100 tahun orangnya sdh tidak ada.
      penemuannya juga sdh tidak ada,sudah berevolusi pada bentuk lain,penemunya juga beda.

      • maka dari Definisi ilmu tauhid adalah pengenalan/pencarian kepada tuhan dengan segala ciptaanya serta kekuasaannya.

        Defini ilmu pengetahuan pengenalan/pencarian terhadap lingkungannya untuk kemudahan hidupnya.

        seandainya manusia didunia ini bisa terbang,..pergi kesuatu tempat dengan cepat dan mudah..
        tidak akan diketemukan sepeda motor,mobil,pesawat terbang.

        • untuk itu ilmu pengetahuan berawal dari angan-angan /fiksi untuk menemukan sesuatu yang baru dalam melengkapi kehidupannya.

          ilmu tauhid untuk menemukan sang pencipta semesta,untuk mengetahui keberadaan ciptaannya,melalui ilmu laduni dari indra ke 6.

  103. Selamat malam…

    Pernah ada cerita dari seorang spiritual bahwa minyak berasal dari fosil dan fosil itu terbentuk akibat bumi dulu pernah hancur karena bencana alam ….

    Cerita tersebut disampaikan atas dasar perjalanan spiritual….salah satu cerita yang didapat dari alam langit….entah dari malaikat atau iblis atau dari Tuhan yang disembahnya …

    Benarkah minyak berasal dari fosil ??

  104. Konon minyak bumi bukan dari fosil, entah bagaimana prosesnya.

    Mungkin lewat bim salabim

    He he

    “Bahkan Kenney bersama ilmuwan Rusia lainnya benar-benar mampu membangun reaktor dan membuktikan minyak bumi bisa dihasilkan dari kalsium karbonat dan oksida besi, dua senyawa yang melimpah di kerak bumi.”

    http://zilzaal.blogspot.com/2012/03/propaganda-peak-oil-ternyata-minyak_14.html

  105. Nabi adam?

    Peninggalan Arkeologi itu, antara lain :

    – Jembatan Penyebrangan (Rama Bridge) yang dibikin pasukan kera, untuk Sri Rama, menyeberang ke Alengka, setelah di tes dengan kadar isotop sudah berumur 1.700.000 tahun.

    https://rezarahasia.wordpress.com/2016/07/04/sejarah-nabi-adam-a-s-bangsa-nisnas-dan-dinasti-rama/

  106. Salam rahayu kang Munawir
    Jangan heran jangan bingung
    Usia SP sendiri 4,5 juta tahun

    Tp saya masih belum paham
    Yg dimaksud itu roh nya atau raganya
    Tp menurut data yg disaya
    Penunjukkan itu adalah keduanya
    Ya roh nya ya wadagnya/raganya

    Salam

    • tau?..apa kura-kura dlm perahu???
      hiks.hiks.hiks…
      simak tulisanku diatas ..kang beibe..
      nuwun…

    • salam kang beibe..tentang ruh,dalam ajaran muslim ” itu urusan allah, bahkan nabipun tidak diberitahu, hanya sedikit sekali yang diberitahu,hanya orang yang dikehendakinyalah yang diberitahu.

      seluruh kitab islam, yakni taurat,zabur,injil dan alqur’an tidak ada firman bahasan tentang ruh,umatnyapun tidak mengerti tentang ruh,hanya secara garis besarnya saja. bahkan ajaran hindu, budha..pun sama tidak tahu secara detail tentang ruh”.
      hal itu dipersipkan untuk kedatangan ” almahdi,sebagai pemimpin akhir jaman dalam melengkapi ajaran tauhid yang dibawa yakni kitab pencerahan “akhir jaman”.

  107. dongeng abal abal

    TAK AKAN HABIS, MINYAK BUMI BUKAN BERASAL DARI FOSIL? (Kontroversi #8)

  108. dongeng abal abal

    Doktrin dan cerita dongeng…begitu sangat berpengaruh dalam keyakinan …

  109. Ass….

    Jasad….jiwa…nyawa…

    Apa dan bagaimana definisinya…

    Mohon pencerahan…

    Terima kasih

    • jasad badan kasar berasal dari tanah, untuk golongan manusia, golongan jin dari api . Jiwa adalah badan halus tercipta dari percikan nur illahi, nyawa adalah perekat jiwa dan badan kasar ,tercipta dari nur.

  110. Ada mahluk sudah berumur 4.5 jt tahun….

    Mahluk misterius dan belum ada cerita nya…baik dalam dongeng hikayat atau agama…

    Mungkin bisa saja benar dan mahluk ini selalu mengawasi alam semesta…

    Majlis….majlis…dia ada disitu….sebagai salah 1 anggota dan tidak akan mau berbaur dengan siapapun…,

    Badan kasar …Badan halus…..

    Manusia berbadan kasar…dari tanah dan kembali ketanah

    Badan halus …sebagai jiwa atau sukma…terbentuknya bagaimana prosesnya ??

    Badan halus …katanya tidak pernah bisa mati…

    4.5 jt tahun…itu sangat lama dan badan kasarnya sudah berganti berapa x….

    • prosesenya seperti uraian saya diatas.
      jiwa tercipta sudah milyaran tahun,bahkan tidak bisa terhitung.
      karna ia diciptakan dialam ke 7 di bawah arsy..jiwa tersebut hidup dialam jabarut, berbarengan dg penciptaan alam surga dan alam neraka.

      setelah itu baru allah menciptakan alam dibawahnya dg 6 masa..setelah itu baru dibuat isinya/penghuninya.

  111. tamu lama sekal

    Sugeng ndalu…sugeng pepanggeahan maleh…

    Sangat tertarik dengan ulasan Sdr Pengamat Spiritual

    Kita berbadan kasar dan berbadan halus….

    Umur kita sebagai badan kasar …bisa diketahui saat manusia lahir dan meninggal…

    Badan halus kita…kira kira sama tidak dengan umur badan kasar.??

    Mohon penjelasan dari tokoh spiritual .

    Matur Nuwun..

  112. GOAL…masuk gawang…

  113. Beda antara Avatar dg SP.

    Avatar, salah satu anggota badannya ada hologram atau tanda gaib berupa alam semesta seperti Buddha, Wisnu, Krisna dll.

    SP tidak punya tanda gaib alam semesta.

    SP merupakan pelaksana dari Avatar.

    Jaman Avatar Sri Krisna, SPnya adalah Arjuna.

    Sekarangpun sama, SP isi awalnya hanya Arjuna yg selanjutnya terisi semua Avatar dari jaman Avatar pertama sampai Avatar saat ini, saling bahu membahu.

    SP setingkat nabi, tapi Avatar adalah wakil Tuhan di bumi (Tuhan mewujud), kedudukannya lebih tinggi daripada SP.

    Avatar tidak membawa agama baru tapi memberi pencerahan spiritual.

    Avatar dan SP muncul pada era/jaman yg sama hanya beda tahun.

    Pada jaman Avatar Sri Krisna dan SP Arjuna ada perang dunia (barata yuda)

    Nantipun sama, ada Perang Dunia ke 3.

    Tapi Indonesia tidak ikut perang, hanya sebagai dalang lewat gaib.

    Yg berumur jutaan tahun kemungkinan adalah Avatar, ruh lama wadag baru.

    • Avatar tidak mau menampakkan diri, tidak mau berkuasa dan tidak mau menduduki jabatan, contoh Buddha. Avatar adalah pemain dibelakang layar.

      SP bersedia menampakkan diri, berkuasa dan menduduki jabatan (presiden).

    • sugeng siang kang munawir..
      bisa saya jelaskan..
      mungkin beda penafsiran,boleh kan??
      avatar sebagai tokoh perdamain dunia tak lain dan tak bukan , adalah almadi yang ditugaskan tuhan sebagai pemimpin akhir jaman.
      landasannya ia..telah bertemu sidarta budha gautama, trimurti, dan tokoh2 pendiri agama/para nabi..
      bahasannya tidak satupun yang menyinggung nama avatar..kecuali nama almadi sebagai pemimpin akhir jaman yang ditugaskan menggiring seluruh umat beragama dibawah satu komando dan satu panji yang dibawanya.

  114. Sugeng Enjang….

    Kulo Nuwun.

    • Salam Damai kepada Mbah Aki dan Pinisepuh…

      Bahasan tentang kehidupan tetaplah sebagai misteri meskipun kita sedang menjalani kehidupan di saat ini….

      Kita berujud badan kasar dan berbadan halus…..

      Kalau saya berumur ,,,misal 40 tahun ( terhitung sejak lahir) maka umur badan halus sayaa berapa umurnya?

      Terima Kasih…

      • Ketika manusia sudah meninggal maka yang merasakan siksa (neraka) dan nikmat (surga) siapa ??…badan halus atau badan kasar ?

        • ada dua kriteria ,siksa kubur dan siksa akhirat.

          siksa kubur..yang disiksa jiwa kita.
          siksa akhirat yang disiksa jiwa dan jasad kita.
          ketika jasad disiksa diakhirat, jasad kita mede in tuhan,dari proses kloning genitik kita dunia, tanahnya diambil bukan dari dunia,terapi dari alam akhirat sehingga jasad dapat lentur,elastis dan tidak hancur.. ketika mendapat benturan,hantaman,bakaran api.

          beda dengan penciptaan jasad dari tanah, rapuh, tidak tahan banting !, mudah hancur..yang mengkir orang tua kita.

      • jiwa tetaplah abadi tidak mengenal tua,
        contohnya orang yang lanjut usia semangat tetap, cuma raganya yang tidak kuat mengimbangi semangat jiwanya.

  115. Salam Damai….

    Semoga ada pinisepuh berkenan bercerita visual di area tempat makam /kuburan….

    Diatas makam , dekat dengan batu nisan….mereka duduk jongkok tidak bergerak diatas makam masing masing , seperti patung dan mata memandang kosong , tidak berkomunikasi dengan yang disekitarnya (kiri kanan depan belakang ) tapi ada juga makam yang kosong….siapa mereka ?…badan halus / jiwa atau badan kasarnya??

    • Sahibul hikayat.

      Tempat kuburan adalah terminal penantian yang tidak enak. Pakaian mereka putih mangkak kotor.
      Tempat bagi orang baik entah dimana yang jelas pakaian mereka putih bersih, mereka tidak terlihat di kuburan. Kadang kadang suka tengok anak cucu di rumah.

      • korin untuk menyampaikan pesan pada anak cucu..melalui tidur..mimpi didatangi almarhum..
        jiwa tidak bisa kemana-mana ..ketika disiksa ia mengatasi masalahnya sendiri saja susah,apa lagi keluar dari siksa kubur..
        bagi yang diterima amal baiknya ia ditidurkan.
        khusus bagi manusia yang diberi kemulyaan seperti para nabi dan auliya ia diberi kebebasan melihat keturunannya. ia tidak tinggal dialam kubur melaikan dialam khodam.

        • salam buat preman kw..@ kuburan berbeda dg alam kubur..

          kuburan tempat jasad dikubur..
          jadi tanah, dikuburan suatu saat itu akan di bangkitkan kembali melalui proses pengkloningan.

          alam kubur/adalah alam barzah,alam tingkat 4.. dimana jiwa kita dikumpulkan, bagi yang baik amalnya akan ditidurkan, bagi yang buruk amal perbuatannya skan disiksa. setelah kiamat kita akan dibangkit kembali menggunakan jasad.

    • penunggu jasad kita adalah korin, ditugaskan tuhan mengawal jasad hingga maninggal,jiwa kita masuk ke alam kubur untuk dimintai pertanggung jawaban atas perbuatan kita semasa hidup didunia,bila baik masuk kita istirahat tidur panjang hingga kiamat,bila buruk disiksa hingga kiamat.
      yang ada disekitar kuburan itu adalah syaitan,bahkan membo-membo almarhum, untuk membuat ketakutan dan lunturnya keimanan kita.

    • sos..@ mereka syaitan yang membo-membo..
      korin manusia atau jiwa orang meninggal tidak akan menampakan diri dikuburan, pada hakikatnya kuburan tempat berkumpulnya golongan syaitan , menunggu orang sesat untuk ritual-ritual tertentu.

  116. manusia biasa

    Salam dan semoga ada manfaat dan renungan hati paling dalam.

    Sebagai mahluk penghuni planet bumi ini, kita semua yakin dan percaya bahwa keberadaan kita ini diciptakan oleh Sang Maha Tunggal yaitu Tuhan. Tuhan sang pencipta alam beserta istrinya disebut dengan berbagai sebutan …

    Disadari atau tidak penyebutan nama Tuhan berbeda antara agama yang satu dengan yang lainnya terhadap Tuhan YME membawa perbedaan terhadap sifat dan ajaran-ajaran dari Tuhan sehingga memberikan pengaruh yang berbeda pula bagi para penganutnya.

    Kepercayaan dan keyakinan akan kebenaran ajaran-ajaran ke tuhan an atau agama tersebut telah mengkotak-kotakan keberadaan para penganutnya. Pengkotak-kotakan ini terkadang terkesan mengekslusifkan agama yang satu dibandingkan dengan agama yang lainnya…

    Di alam nyata mahluk ciptaan Tuhan ini telah dikelompok-kelompokkan kedalam berbagai agama yang ada, bagaimana nasib roh/jiwa/atman manusia setelah kematiannya? apakah juga dikelompok-kelompokkan sebagaimana agama yang dianutnya sewaktu hidup di bumi ini ?

    Jawaban atas pertanyaan ini tentunya juga berbeda-beda tergantung dari sudut pandang masing-masing agama ?

    • amin ya rob…@ manusia biasa…

      saya hanya sekedar memberikan “pencerahan” semoga bisa diserap kerelung qolbu bagi teman lainnya.
      jangan heran dan bingung bahwa penjelasan saya ini, melewati batas syariat yang ada, dalam arti tidak ada pembelajarannya, numun dapat menembus berbagai lintas agama dalam memberikan pembelajaran ilmu tauhid.

      semoga bermanfaat amin.

    • manusia biasa@
      penjelasan itu benar..bahwa ada pengelompokan, cuma tempatnya satu,baik
      mengisi surga maupun neraka.

  117. manusia biasa

    Agama-agama rumpun Abrahamik mengelompokan roh /jiwa / atman orang meninggal berdasarkan keyakinannya bukan karena perbuatannya.
    Perbuatan seseorang tidak menentukan di sorga atau neraka tempat roh/jiwa/atman setelah kematiannya.

    Kepercayaan agama yang diyakini sampai saat ini , perbuatan buruk atau penuh dosa sepanjang dia menganut agama itu akan masuk sorga. Sekalipun perbuatan seorang manusia baik, tetapi kalau beragama lain tidak akan akan masuk neraka…..

    Menurut Hindu, orang masuk sorga, neraka atau bahkan moksah sekalipun adalah karena perbuatannya sendiri.
    Roh/jiwa/atman seseorang semasa hidup di bumi ini berkelakuan baik atau lebih banyak berbuat kebajikan dibandingkan dengan kejahatan maka roh/jiwa/atman akan masuk sorga dan begitu juga sebaliknya yang berbuat jahat atau kebanyakan berbuat jahat, akan masuk neraka. Hal ini tidak terpengaruh oleh keyakinannya apakah Hindu atau Non Hindu.

    Pertanyaan adalah : Mungkinkah Tuhan menciptakan sorga yang berbeda-beda bagi setiap pemeluk agama sesuai dengan keinginan pendiri agama itu?

    • Kontroversi al baqarah.

      62. Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja di antara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

      Siapa sebenarnya berhak ke sorga?
      Berdasar agama atau perbuatan baik?

    • Ini lagi al maidah

      69. Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, Sabiin dan orang-orang Nasrani, barang siapa beriman kepada Allah, kepada hari kemudian dan berbuat kebajikan, maka tidak ada rasa khawatir padanya dan mereka tidak bersedih hati.

    • Hadispun kontroversi.
      Pelacur masuk surga karena memberi minum anjing kehausan.
      Pelacur agamanya nggak jelas. Jaman nabi siapa nggak jelas.
      Nyatanya masuk surga karena (terlihat) hal sepele.

      • preman kw..@
        maksudnya tidak begitu?
        secara kasat mata ia melakukan perbuatan dosa, lantaran bebuat sepele ia terampuni dosanya lantas masuk sorga.
        hakikatnya tidak begitu, tuhan sebagai pemilik dan pencipta ,memiliki hak untuk memberikan pengampunan bagi siapapun yang ia kehendaki,dengan imbalannya surga.
        seorang ahli ibadah, bukan jaminan ia akan masuk surga. apakah pelaku tahu kalau ibadahnya diterima tuhan?

        semua itu karna hidayah allah selaku pemegang ketetapan dan kepastian dalam memberikan pengampunan atas mahluknya.

    • sorga di akhirat tempatnya hanya 1..
      cuma di dalamnya terdiri berbagai pemeluk agama, masing-masing pemeluk agama tempatnya sendiri yang dikepalai oleh nabi yang membawa umatnya, ia sebagai kepala negara,kepala pemerintahan,raja juga khalifah umatnya.
      seperti didunia ini..tinggal dimasing-masing negara berikut identitas diri.
      sebenarnya tatanan dunia ini adalah penggambaran..kehidupan akhirat.

      • penghuni surga adalah orang yang ahlaknya baik,sejalan dengan perintah agamanya, derajad kemulyaan disurga diperoleh ketika didunia,dengan menjalankan dan mepelajari tingkatan syri,at,tarekat,hakikat dan makrifat.

        Bagi penghuni surga yang ketika hidup di dunia menjalakan perintah agama (syari’at) dengan baik, ia hanya sebagagai rakyatnya penghuni surga.

      • hal ini bukan bagi orang islam saja,tapi berlaku bagi ajara agama hindu dan agama budha.

  118. manusia biasa

    Sesuai dengan judul halaman…Hubungan baik antar manusia…

    Semuga ada manfaat…

    Gambaran sorga dan neraka masing-masing agama juga berbeda beda..Ada agama yang menggambarkan sorga dimana manusia dengan tubuh seperti di dunia hidup bersama-sama Tuhan, sekalipun tidak dirinci apa yang mereka lakukan di sorga. Ada agama yang menggambarkan secara kategoris bahwa di Sorga, para lelaki yang beriman memenuhi kesenangan tubuhnya (makan, minum, seks) secara tak terbatas.

    Dalam kepercayaan Hindu yang hidup di sorga maupun neraka hanya jiwa.
    Tetapi tempat ini bukan tempat abadi. Sorga dan Neraka sekedar persinggahan sementara bagi atman yang tidak murni karena pengaruh karma wasana. Sorga bersifat sementara.

    Bagawad Gita IX: 21 menyatakan : mereka menikmati sorga yang luas, dan ketika buah dari karma baik mereka habis, mereka memasuki dunia yang tidak abadi ini; demikianlah mereka yang mengikuti aturan Weda, mendambakan hasil dari perbuatan mereka, memperoleh lingkaran hidup dan mati (Diterjemahkan dari Bhagawad Gita, Commentary bay Mahatma Gandhi).

    Bagi atman yang ketika hidup di dunia banyak berbuat subha karma (berbuat baik) dari pada asubha karma (berbuat tidak baik), mereka akan singgah sementara di sorga. Dan sebaliknya, bagi atman yang ketika hidup banyak berbuat asubha karma (berbuat tidak baik) dari pada subha karmanya (berbuat baik), mereka akan singgah di neraka. Ini semua karena hasil karma mereka masing-masing. Akibat tidak mampu mempertahankan kesucian sang atman yang suci, bagian dari Brahman yang Maha Suci.

    ——————————————————————————————————
    Jadi setelah menikmati sorga atau neraka, jiwa bisa kembali lahir ke dunia untuk melanjutkan evolusinya sampai akhirnya mencapai moksa.
    —————————————————————————————–

  119. manusia biasa

    Semoga hati nurani dan pikiran kita lebih terbuka dalam menyikapi sifat Tuhan YME….DIA Maha Kasih …

    Tuhan/Sanghyang Widhi tidak pilih kasih, setiap orang membuat nasibnya sendiri, melalui karma yang mereka lakukan sebelumnya…
    Karena karma lampau telah menentukan sebagai apa dan peranan apa yang dia terima dalam kelahirannya di dunia ini. Itulah sebabnya yang dilahirkan berbeda-beda. Ada yang jadi Pandita, Rohaniawan, Presiden, Pejabat ABRI maupun Sipil, Pengusaha Sukses/Ekonom, Konglomerat, Petani Sukses dan Kaya Raya, Peternak Sukses, Seniman, ada yang menjadi orang kaya, orang miskin, orang cacat, orang gelandangan dsb. Bahkan yang lebih jauh merosot adalah sebagai binatang dan tumbuhan. Hal ini juga merupakan salah satu motivasi umat Hindu dalam berbuat baik, setidaknya bisa mencapai surga, sehingga reinkarnasinya nanti masih pada manusia yang sempurna dan bernasib baik, dan ada kesempatan mencapai moksa

    Tetapi yang penting diingat Sorga Hindu bukanlah sorga dimana manusia memuaskan nafsu badaninya. Karena yang hidup di sorga Hindu hanya jiwa, tanpa badan kasar. Neraka Hindu juga tidak seperti neraka dalam agama lain yang merupakan tempat penyiksaan yang kejam dan abadi terutama bagi mereka yang tidak seiman.

    Neraka dalam Weda hanya disebutkan dalam tiga mantra sebagai tempat kegelapan saja, lawan dari sorga yang artinya dunia yang selalu terang.
    Berbeda dengan sorga yang ada di dunia spiritual, neraka itu sebetulnya ada di dunia ini dalam bentuk penderitaan. Tetapi penderitaan kita di dunia ini sifatnya konstruktif. Bukan balas dendam dan kekejaman tanpa batas….

  120. manusia biasa

    Surga Neraka sebagai tempat badan kasar atau badan halus..

    Dari penjelasan para spiritual dan filusuf. surga adalah tempat, tetapi dalam dunia rohani, bukan dunia materi. (ini berbeda dengan sorga dan neraka agama-agama rumpun Yahudi, yang merupakan tempat sama seperti dunia ini. Mereka percaya dengan kebangkitan tubuh (materi) maka sorga dan nerakanya juga berupa tempat seperti dunia materi ini, ada tembok batasnya segala, katanya dibuat dari batu bata).

    Berapa kilometer jauhnya? (apa mungkin ada yang mengukur jaraknya). Tapi dunia rohani tidak dapat diukur. Ia mungkin saja parallel dengan dunia materi ini. Tapi ia tidak dapat dilihat oleh mata fisik.

    Kalau sorga atau neraka itu sifat atau keadaan, artinya surga atau neraka itu ada atau terjadi di dunia ini. Demikian juga moksha ? karena itu tidak ada kehidupan sesudah mati. Masalahnya kapan suatu sifat atau keadaan itu disebut sorga atau neraka ?

    Seorang ibu yang mengalami sakit luar biasa waktu melahirkan apakah itu sorga atau neraka ?

    Seorang teroris yang senang karena telah membunuh ratusan orang, apakah itu sorga atau neraka ?

    Nanti setiap orang dapat menentukan sendiri apa yang dia maksud dengan sorga atau neraka menurut kepentingannya sendiri.

    Manusia sering tidak dapat membedakan senang (preya) dengan bahagia atau yang baik (sreya).

    Mereka yang berbuat tidak benar tetap saja melakukannya ,apa yang sudah dilakukan adalah suatu kebenaran menurut kepercayaan..

    Kalau sorga atau neraka sifat atau keadaan, lebih banyak menimbulkan pertanyaan dari pada jawaban.Dan Weda memberikan jawaban yaitu surga dan neraka adalah tempat, tetapi dalam dunia rohani, bukan dunia materi.

  121. Satu pertanyaan

    Berapa kalikah PINTU SURGA sudah pernah terbuka?

  122. Semua pendapat adalah hanya sebuah teori belaka
    didasarkan pada suatu buku dan ramalan
    Tiada yang pernah tahu bagaimana keadaan surga dan neraka itu
    baik di dalam atau di luarnya
    Siapapun boleh berpendapat apapun
    Siapapun boleh percaya dengan apapun
    Dan jika masing2 bersikukuh dengan pendapatnya sendiri
    maka MENANG lah KUASA KEGELAPAN atas manusia

    jika masing2 meyakini akan datang sebuah”KUASA TERANG” maka seharusnya
    semua meyakini bahwa KEGELAPAN akan datang sebelum TERANG

    TERANG ADA KARENA GELAP
    HABIS GELAP TERBITLAH TERANG

    AVATAR
    BUDHA MATREYA
    IMAM MAHDI
    YESUS
    SATRIO PINIGIT
    dsb
    Tidak akan muncul sebelum adanya Bencana Alam dan Bencana Kemanusiaan

    jadi
    Tetaplah berpola pikir yang berbeda dan saling menyalahkan serta menjatuhkan
    Supaya Sang Penyelamat bisa HADIR untuk menyelesaikan

    Salam

  123. Salam bertemu

    Ternyata apa yang diterangkan tentang surga neraka dan jiwa dll diatas tetaplah cerita yang pernah saya dengar…..cerita turun temurun dan doktrin yang tidak boleh didebat dan harus dipercaya mutlak….

  124. Mohon maaf bila ikut bertanya dan semoga ada jawaban yang tidak membingungkan…

    Jiwa itu abadi dan tidak pernah tua…

    Jiwa…ruh…sukma….apakah sama maknanya ??

    Manusia tanpa jiwa lalu apa sebutan nya….apakah dia bisa dikatakan hidup??…

    Saya berumur 36 tahun dan sebenarnya jiwa saya berumur berapa ??

    • salam sejahtera id sami mawon@
      jiwa sama dengan sukma ..

      ruh itu nyawa sebagai unsur yang menghidupkan jasad.

      manusia tanpa jiwa koma..
      karna jantungnya masih berdetak .
      karna letaknya ruh di jantung..

  125. jiwa tetaplah abadi tidak mengenal tua,
    contohnya orang yang lanjut usia semangat tetap, cuma raganya yang tidak kuat mengimbangi semangat jiwanya.

    ——————————————————————————————–

    Manusia pasti ber jiwa…
    Sejak kapan jiwanya di ciptakan ??

    Terima kasih

    • semenjak allah menciptakan penghuni alam…
      berbarengan dg penciptaan nyawa : malaikat, jin,manusia,hewan dan tumbuhan.

      kemudian allah menciptakan jiwa untuk manusia dan golongan jin dari percikan nur illahi.
      bagi mahluk yang berjiwa dikenai ganjaran surga dan siksa neraka.

      kemudian barulah jasadnya..dibuat secara bertahap..sesuai dg kehendak dan kebutuhan allah.
      pertama kali allah menciptakan mahluk adalah golongan malaikat..dst..dst…

  126. Salam Sejahtera @ Manusia biasa…

    Artikel dan pencerahan yang sangat mencerahkan……

  127. Mas Dawuh Semar….

    Setuju ….

  128. IM….apakah dia Imam Mahdi ??….seorang pemimpin dari umat Islam…

    IM…apakah dia sejalan dengan SP ,,sejalan dengan Avatar..Budha Matreya dll ?

  129. jadi
    Tetaplah berpola pikir yang berbeda dan saling menyalahkan serta menjatuhkan
    Supaya Sang Penyelamat bisa HADIR untuk menyelesaikan

    —————————————————————————————–

    SETUJU….karena yang merasa paling tahu dan paling benar banyak di atas bumi ini …susah diberikan masukan dan jiwanya sudah terkurung seperti katak dalam tempurung…

    Tuhan bersifat seperti apa sebenarnya ?? lalu siapa saja yang dibelanya …agama dan bangsa apa yang dibelanya ??

  130. Salam Hangat dan Damai Persaudaraan Mas/ Bapak Pengamat Spiritual…

    Ijin ikut baca baca ulasan bapak tentang spiritual dan hal hal tentang kematian sorga neraka dll…

    Mohon pencerahan…

    Apakah Bapak Pengamat pernah menunggu dan merawat manusia yang sedang sakit dan meninggal dan Bapak ikut menyaksikan prosesnya…

    Mohon diceritakan bagaimana visualnya ketika ruh atau sukma keluar dari jasad yang sudah meninggal…

    Ada sosok gaib siapakah yang mendampingi dan menunggu calon mayat itu?? ..

    Ruh atau sukma apakah di cabut atau keluar sendiri dan bagaimana gambaran nya ??

    Terima kasih…

    • tamu juga yth..@
      ketika ajal menjemput,,, malaikat datang untuk mencabut ruh/nyawa yang menempel di jasad, kemudian nyawa itu dibawa di taruh di alam jabarut,suatu saat ketika selesai kiamat nyawa itu akan dikembalikan pada pemiliknya.

      kemudian terurailah jiwa dan jasad..almarhum tahu bahwa jasadnya tergeletak disitu ..ia berusaha masuk jasadnya juga tidak bisa, ia bicara pada kelurganya tidak mendengarnya..jasad dimandikan, diberi kain kafan jiwa mengetahui, namun ia tidak bisa berbuat apa -apa, bahkan berusaha memegang tangan handai tolannya yang berada disitu tidak bisa , karna berbeda materi..

      ketika jasad dikuburkan jiwa tidak ikut mengantar seakan-akan ada kekuatan,agar jiwa tetap tinggal dirumah, ..
      dia tidak tahu jasadnya dibawa kemana?
      malam pertama kematian hingga 7 hari jiwa tersebut masih didalam rumah,ia tahu persis keluarga maupun kerabat yang datang, setelah 7 hari ia berada di teras rumah,setelah 40 hari jiwa berada diluar rumah ,menunggu jemputan untuk dibawa ke alam kubur oleh malaikat munkar-nakir.
      peristiwa ini umum terjadi bagi orang yang maninggalnya husnul khotimah.

      beda lagi yang matinya suul khotimah, tabrakan karna kelalaian akibat mabuk,bunuh diri, yang pada hakikatnya mati karna kelalaian dirinya..
      jiwanya ada ditempat kejadian, menjadi jiwa penasaran mencari tempat perlindungan, jiwa tersebut masih berada dialam dunia, cuma tidak memiliki jasad. nyawanya menempel di jiwanya menunggu saat pencabutan nyawa.
      barulah ia pindah ke alam kubur.

      demikian penjelasan saya berdasarkan pengalaman dan pengkajian dlm fenomena spiritual.
      semoga bermanfaat dan tercerahkan..amin.

  131. PATISANDHI / PUNARBHAVA (Tumimbal Lahir)..

    Sesuai benih yang ditabur itulah yang akan dipetik.
    ———————————————————————
    Ungkapan diatas diatur oleh sebuah hukum yang kita kenal dengan istilah kamma (pali) atau karma (sansekerta).

    Karma ada yang mengatur sebab-akibat di kehidupan ini maupun yang akan datang, ada juga yang mengatur kehidupan suatu makhluk di satu alam dan ada juga yang mengatur dimana suatu makhluk akan dilahirkan.
    Jenis yang terakhir lahir adalah yang disebut janaka kamma, janaka kamma mengatur kelahiran sesuai dengan macam dan sifatnya, berapa usianya, cantik, ganteng, jelek, kaya, miskin dan sebaginya.
    Kelahiran yang diatur oleh karma ini tidak lepas dari perbuatan di masa sebelumnya. Hal itu menunjukkan bahwa setiap perbuatan akan menimbulkan akibat sesuai perbuatannya.

    ________________________________________________________

    KELAHIRAN diatur oleh KARMA atas perbuatan di MASA sebelumnya…

    ——————————————————————————————-

    Semoga ada pencerahan dan jawaban

    Semoga menjadikan renungan untuk lebih baik dalam hidup…

    Pintu hati dan pikiran terbuka dan menemukan hakekat kehidupan..

    • sahabat patisandhi/punarbhava..
      apa yang dikatakan itu benar…
      saya kenal dengan trimurti, Brahma,Wisnu ,shiwa , masing -masing tinggal ada yang digunung pring, gunung agung dan tanah lot..cuma saya tidak tau tempatnya..

      pada tahun 2002 terjadi ledakan bom dilegian bali,mereka memberi tahu akan ada peristiwa besar dibali sempat menggegerkan dunia, saya tidak menghiraukannya, ternyata di legian bali.
      pasca ledakan mereka minta saran ?
      saya sarankan untuk segera memulihkan pulau bali, karna pulau bali sebagai wisata dunia dan devisa negara.
      jiwa’jiwa yang berada di tempat kejadian itu segera di kembalikan ke negara masing-masing agar tidak menggang masyarakat disekitar itu. demikian sekelumit pengalaman selama 16 tahun dipendam..ketika itu saya berusia 40 tahun.

      sahabat patisandhi, saya diberitahu asal muasal agama hindu dari sebelum adanya nabi adam hingga saat ini.
      dahulu masih dianut golongan jin,sebelum adanya manusia.
      maka dari itu agama hindu tidak ada proses pergantian trimurti.
      beda dg ajaran islam.., selalu ada pergantian nabi, karna umur manusia pendek, setiap dekade waktu ada nabi yang diutus tuhan.

      namun untuk ajaran hindu tetap..karna trimurti berumur panjang hingga hari kiamat.
      berdasarkan pengalam saya beliau itu sama dengan nabi, cuma beda aturan dan tata caranya bermuara pada sanghyang tunggal(tuhan yang maha esa) sanghyang wenang( tuhan yang maha kuasa).

      pengikut ajaran hindu muaranya tetap penghuni syurga , menjadi satu dengan agama lsinnya ,cuma masing-masing memiliki negara..

      seluruh penghuni surga dari bermacam agama pada waktu tertentu akan menghadap allah selaku penciptanya, tanpa terkecuali,? untuk mendapatkan kenikmatan yang sempurna..
      penghuni surga naik ke alam yang diatas alam surga.
      kemudian tuhan turun dari arsy.. ke alam pertemuan itu disebut alam..??? tidak perlu saya sebut disini.
      saran saya jalankan perintah agama itu, hindu adalah ajaran yang baik dan benar sejalan dengan tauhid.

  132. Salam hormat…

    Dunia ini sangat dan sarat dengan berbagai peristiwa dan cerita….

    Dunia sebagai pelampiasan nafsu cinta dunia tahta harta kuasa dan sebaliknya …Memayu Hayuning Bawono…..

    Terlahir kembali merupakan bukti dari kehidupan yang berulang-ulang dari setiap makhluk yang disebut dengan istilah punabhava (pali) atau punarbhava (sansekerta).
    Setiap makhluk yang masih diliputi tanha (keinginan tanpa akhir) akan selalu terlahir kembali di salah satu dari 31 alam kehidupan.
    Dari tiga macam tanha, yang paling berpengaruh dalam kelahiran kembali adalah bhava tanha (keinginan untuk terlahir) meskipun kama tanha (keinginan pemuasan nafsu indera)dan vibhava tanha (keinginan untuk memusnahkan diri).
    Darimana keinginan-keinginan itu muncul? itu muncul oleh ucapan dan perbuatan keinginan itu dicetuskan…

  133. Nanti diteruskan nulis lanjutan nya…

    Monggo untuk dibahas diterima atau ditolak…..

    Ajaran dari spiritual perjalanan Budha untuk mencapai kesempurnaan pencerahan…

    Apakah ada ajaran yang sesuai dan sejalan dengan Budha dan apakah lebih baik ??

    • uraian itu benar sahabat irfan,..@ namun berbeda keyakinan, berbeda pula cara dan uraian, namun esensinya sama agar manusia berahlak baik selaras.. dg keyakinannya.

      pada diri manusia diberi nafsu?
      yang dikelompokan menjadi 4..
      1. nafsu mutma’inah.(dijalan tuhan)
      2. nafsu sopiah(menjalani kodrat hidup)
      3. nafsu ualamah.(pelampiasan syahwat,judi,mabuk, madat,maling,melacur)
      4. nafsu amarah..(kekuasaan, keserakahan, kebencian,kekerasan, dan keputus asaan).

  134. Tamu sangat jauh

    Jiwa, sukma, ruh atau apapun namanya.
    Surga neraka hasil memeluk agama atau hasil dr amal/perbuatan baik.

    Yg kelihatanpun susah dimengerti, apalagi yg tak terlihat.

    • orang masuk surga bukan karena agamanya??

      namun hasilnya/esensinya ? menjadikan orang itu , berahlak baik.begitu juga dengan penghuni neraka diisi berbanding terbalik.

      jadi surga dihuni oleh orang yang baik ahlaknya, latihannya didunia dengan mengkuti perintah dan aturan agama yang diyakininya.

  135. Tamu sangat jauh

    The Flash itu fiksi atau fakta?
    Malaikat berbentuk manusia?
    Beragama?

    • Tamu sangat jauh

      Haruskah manusia beragama?
      Apa akibatnya jika tidak beragama?
      Susah matinya dan masuk neraka?

      Bagaimana kalau tidak beragama dan cukup hanya “Percaya kepada Tuhan YME” saja sesuai sila 1 Pancasila?

      Suku tidak ada dalam kolom KTP.
      Sebaiknya agama juga tidak ada.
      Maka semakin sedikit gesekan akibat SARA.

      • penyebab sara itu bukan lantaran agamanya ,namun lantaran manusianya,ditunggani nafsu egonya.

        bila mengakui tuhan namun tidak beragama? itu namanya kepercayaan..

        bagaimana mau dipercaya tuhan..sedang dirinya sendiri tidak percaya pada utusannya.
        wkwkwkwk…

        • Salam Hari Minggu…

          Mengakui tuhan namun tidak beragama ,ini yang dinamakan Aliran kepercayaan kepada Tuhan..

          Bagaimana mau dipercaya tuhan..sedang dirinya sendiri tidak percaya pada utusan Tuhan…..

          Sangat sering perkataan diatas itu saya dengar dan hal itu adalah perkataan dan bermakna merendahkan mencemooh dan intinya adalah kesalahan dan keliru….

          Ucapan dan kesimpulan diatas sangat dimaklumi karena alasan dan sebab merasa sebagai yang paling benar dan sangat sangat tidak bijaksana bila diucapkan seorang spiritual…

          Seorang pengamat belum tentu melakukan hal yang diamati artinya seorang pengamat belum tentu sebagai pelaku apa yang diamati misal melakukan pun belum tentu mumpuni, seperti contoh pengamat dan komentator sepak bola, hanya berdasar teori dan analisa secara pribadi, uthak athik gathuk enthuk dan belum tentu benar…

        • Tamu sangat jauh

          Hehehe…..
          Memang dr hasil pengamatan dunia nyata dan gaib, sangat meragukan keaslian sbg ‘utusan’ Tuhan di mata sy… Skrg sy lebih condong sepakat dg kesimpulan Salman Rusdi.

          Demikian juga dg agama kristen, meragukan…. ternyata ada 2 sosok manusia, yg satu nabi Isa dan yg lain Yesus pemalsu nabi Isa.
          Yg baik dan benar digabung dijadikan satu dg yg salah dan menyesatkan shg kacaulah isi kitab suci nasrani.

          Memang dunia penuh dg setan, baik yg tampak maupun yg tak tampak.

  136. Dongeng sebelum tidur….dongeng turun temurun…dongeng yang melena menina bobok..

    Semoga kita tidak tertipu , menipu diri sendiri karena keinginan hasrat yang menjulang tinggi …..

    Semoga perjalanan spiritual yang tidak sia sia dan bermanfaat …

    Semoga selalu Eling dan Waspodo…

    God Bless U

  137. Kenapa umat agama suka sekali ribut , saling menyalahkan dan menghina , perang dan berbunuhan…

    Kenapa ajaran dan wahyu dari Tuhan ada yang tidak sesuai dengan kata hati nurani…

    Kenapa ajaran agama dan wahyu Tuhan bisa pecah bergolong golong dan saling bermusuhan ??

  138. Benarkah Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang memerintahkan perang dan berbunuhan dengan alasan membela Tuhan,membela agama dan kesucian Tuhan….sangat aneh bila membela kesucian dengan cara yang tidak ada kasih dan tidak suci ,berlumuran darah…

  139. Salam Baca Baca….sebagai perenungan…

    Agama samawi atau agama Langit adalah agama yang berasal dari Tuhan. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah agama Yahudi, Kristen, dan Islam.
    Dalam bab Keempat dengan judul “Agama Islam adalah Agama Samawi Terakhir” Rasjidi dengan jelas menunjukkan atau menempatkan Islam sebagai puncak dari agama langit. Hal ini dapat dipahami karena Rasjidi bukan saja seorang guru besar tentang Islam, tetapi juga seorang Muslim yang saleh.

    Tulisan ini mencoba menampilkan beberapa Ayat-ayat/surat-surat/mantra-mantra/seloka-seloka sebagai pelengkap kategori Agama Bumi dan Agama Langit.
    Tulisan ini hanya menyajikan fakta tertulis didalam kitab suci Agama Langit dan Agama Bumi, selain kriteria yang sudah banyak dibahas oleh para “penemu” kriteria agama langit dan Bumi.
    Tulisan ini bukan pula dimaksudkan untuk menyinggung keyakinan seseorang. Hanya menyajikan Fakta seperti apa yang termuat dalam kitab suci masing-masing Agama Bumi dan agama Langit.

    Beberapa kriteria tambahan untuk Agama Langit/agama Samawi adalah :

    Kitab Suci Agama langit mengatakan;
    Matahari beredar menurut garis edarnya/orbitnya.(Al Qur’an Surat Yassin, An Abiya,Al Faathir, maupun Injil Yosua 10/13)

    Bumi dihaparkan, langit dibentangkan, gunung ditancapkan sehingga Bumi tidak bergerak untuk selamanya (Al Quran dan Injil).

    Bumi mempunyai tiang-tiang (I Samuel 2/8)

    Bumi mempunyai empat sudut (Wahyu 7/)

    Bumi tidak pernah bergoyang untuk selamanya (Mazmur 104/5)

    Tuhan Injil membawa kekacauan diatas Bumi, Tuhan Injil ( Agama Langit) dalam Matius 10/34 berkata : Jangan kamu menyangka bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang.

    Tuhan Agama langit tidak mengijinkan menyembah Tuhan-Tuhan yang lain.
    Masing-masing Agama langit punya Tuhannya sendiri-sendiri yang tidak Boleh disembah oleh yang lainnya, Sehingga di NegaraTimur Tengah paling tidak ada 3 pribadi Tuhan yang masing-masing mempunyai karakter yang berbeda yaitu: Yehovah, Allah Yesus, dan Allah Swt).
    Masing-masing Tuhan ini akan murka, kalau umatnya menyembah Tuhan yang lain.

    Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah, kamu bukan menyembah Tuhan yang Aku sembah. Agamaku agamaku, Agamamu agamamu. (Al Kafiru)

    Dari bukti-bukti no 1-5 diatas, kita mengetahui bahwa penulis kitab Agama Samawi/Agama Langit adalah penglihatan mahluk yang tinggal di Bumi.

    Agama Samawi/Agama Langit melihat segala sesuatunya di langit dan di Bumi dari Bumi. Penulis Kitab Agama Samawi/agama Langit tinggal di Bumi dan tidak pernah ke Langit untuk melihat Bumi dari langit.

    Beberapa kriteria untuk Agama Bumi/Agama Ardhi adalah :

    Kitab Suci Agama Bumi mengatakan : Bumi berbintik bintik dan bertempat tinggal dilangit. Bumi berputar mengitari Matahari yang bagaikan Ayah (YayurVeda III.6)

    Kitab suci agama Bumi mengatakan : Langit dan Bumi bertumpu pada porosnya dan berputar pada porosnya seperti sebuah roda ( RgVeda X.89.4)

    Kitab Suci Agama Bumi mengatakan : Bumi bergerak dan bergetar, Bumi bergerak karena api dibagian dalam perut Bumi (AtharvaVeda XII.I.37)

    Tuhan Agama Bumi tidak pernah cemburu, maupun iri hati kepada umat Manusia seperti kata dalam Bhagawadgita IX.29 sebagai berikut : Aku tidak pernah iri dan selalu adil terhadap semua mahluk. BagiKu tidak ada yang paling Aku benci dan tidak ada yang paling Aku kasihi. Tetapi yang selalu berbakti kepadaKu, dia akan berada padaKu dan Aku selalu bersamanya.

    Tuhan Agama Bumi sangat toleran dan membebaskan umat manusia untuk memilih jalan menuju kepadaNya seperti kata Bhagawadgita IV.11 berikut : Apapun jalan yang ditempuh manusia menuju kearahKu, akan Aku terima sama. Manusia menuju kearahKu dengan berbagai jalan.

    Tuhan Agama Bumi hanya Satu, Manusia yang menyebut Banyak seperti mantra RgVeda I.64.46 berikut : Ekam sadvipra bahuda vadanti artinya Hanya satu Tuhan,orang pintar menyebut dengan banyak nama

    Tuhan yang hanya satu juga dipertegas dalam kitab sutasoma Bineka Tunggal Ika tan Hana Dharma mangrua artinya Mekipun berbeda-beda, tetap satu, tidak ada kebenaran (Tuhan) dua.

    Dari bukti-bukti no 1-3 maka dapat dipastikan; penulis kitab suci Agama Bumi tinggal di Langit dan melihat bumi beserta penghuninya dari langit, sehingga Bumi kelihatan Bundar, Bumi berputar mengelilingi Matahari…

  140. HATI HATI….

    Banyak Produk Abal Abal….Branded KW dan numpang tenar supaya laris manis terjual dan dengan harga murah…

    Bisa jadi Tuhan dan Utusan dipalsukan…hancur dunia dan hidup manusia tidak rukun tidak damai, dikotak kotak dan di adu domba…saling benci dan hujat..

  141. mahluk manusia ciptaan Tuhan

    Yuk….keluar dari jeratan pikiran karena pengaruh sosok gaib yang tidak mencerdaskan…

    Hiburan dan sekaligus asah otak supaya berwawasan

  142. mahluk manusia ciptaan Tuhan

    Video ini,…tolong bagaimana menjawab teknik yang dipakai pesulap dan jawaban tidak selalu jin setan iblis berkolaborasi dan aktor belakang layar…

  143. mahluk manusia ciptaan Tuhan

    Gilaa!! Pesulap Apa Tukang Sihir Sulit Dinalar Otak Manusia

  144. mahluk manusia ciptaan Tuhan

    Tuhan Yang Esa…..tentu pasti ada bagi yang percaya dengan segenap jiwa dan hati nuraninya…

    Detak jantung yang selalu bergerak terus menerus…
    Tarikan nafas paru yang mengembang dan mengempis tidak kuasa kita menahan dan menghentikan..
    Udara oksigen dan sel darah berjumlah trilyun berbaris dan melaju rapi menghidupi badan dengan asupan sari pati makanan…

    Pola pikir dan hati yang baik maka kepastian dari NYA adalah kebaikan dan kesejahteraan serta damai bagi mereka….mereka yang berbudi luhur atas dasar kasih dan sayang dan hidup hati nuraninya …hati seperti cahaya yang kekal dan selalu terang benderang…

    Keadilan Tuhan bagi semua mahluk adalah kebaikan dibalas kebaikan dan keburukan juga dibalas keburukan …tabur tuai…hukum karma sebab akibat…

    Manusia sebagai mahluk ciptaan NYA dan DIA pasti bersama kita semua dengan cara dan bentuk ujud NYA dan tidak bisa dinalar manusia , bagaimana cara Tuhan melingkupi alam semesta dan isinya…??

  145. mahluk manusia ciptaan Tuhan

    Kita lahir atas benih yang berbeda…..benih yang bertemu dan menyatu dan berkembang biak….seperti cerita dan dongeng adam hawa….lalu manusia bertebaran memenuhi bumi…

    Lingga Yoni….sebagai lambang kehidupan yang berawal dan berasal…
    Sperma yang ditempatkan dan disalurkan untuk menuju indung telur , mereka yang berjumlah jutaan dan mereka yang membawa pesan DNA masing masing berjuang hidup atau mati dengan hitungan detik , melawan arus dan bersaing untuk menjadi pemenang dan menempel dipermukaan indung telur….sperma dan telur yang pada akhirnya bersama sama membela sel dan akhirnya berubah ujud menjadi daging tulang dan lahir menjadi mahluk hidup….

    Badan sebagai bentuk kumpulan materi dari semua ujud sel dan selalu bergerak karena hidup, melakukan tugas fungsi masing masing atas inisiatif sendiri atau atas kuasa “sesuatu” ?? dan sampai detik inipun tidak ada ilmu dan kuasa manusia bisa menerangkan dan menjelaskan kehidupan mereka dengan pasti…

  146. mahluk manusia ciptaan Tuhan

    Sebenarnya apa yang dikatakan sebagai sukma / ruh/jiwa dan nyawa…hal yang tidak terlihat oleh penglihatan mata dhohir….

    Sukma atau jiwa/ruh telah ditiupkan…Apa sebenarnya yang ditiupkan Tuhan kebadan manusia bila semua sel dalam ujud janin sudah dan sedang hidup/ berkembang memecah sel untuk mencapai bentuk sempurna ??

    Manusia dan semua mahluk hidup adalah energi kekekalan dan bersumber dari energi kekal itu sendiri….maka sumber energi kekal itu menurut kepercayaan saya adalah Tuhan Sang Pencipta Alam Semesta dan isinya…

    Energi yang kita kandung adalah semua hal yang dikandung dalam diri kita ..badan sebagai tempat energi dan energi berfungsi sebagai penggerak dan fungsi tempat… apakah ini bisa kita namakan sebagai NYAWA…

    • mahluk manusia ciptaan tuhan@ apa yang dikatakan itu benar sekali ..
      kalau kita merenung dg qolbu yang paling dalam itulah kuasa illahi,dengan ilmunya yang amat sempurna.

      lima fase kehidupan manusia yang harus di jalani dan perjalankan atas kehendakNYA.

      ke 1kehidupan alam jiwa.
      ke 2 alam kandungan.
      ke 3 kehidupan alam dunia.
      ke 4 kehidupan alam kubur/barzah.
      ke 5 kehidupan alam akhirat/alam keabadian.

  147. mahluk manusia ciptaan Tuhan

    Salam Damai….

    Bagaimana tentang JIWA atau SUKMA ?….

    Menurut paham agama dan doktrin…ruh /sukma sebagai mahluk hidup dan dicipta lalu ditempatkan disuatu tempat disana dan bila sudah tiba waktunya /kepastian dari Tuhan lalu ditiupkan kedalam diri manusia ??….artinya roh berumur lebih tua dibandingkan manusia /badan kasar….roh sudah ada sebelum manusia dicipta dan lahir…

    Sesuatu yang menurut saya menjadi kebingungan bila dalam diri manusia ada sukma yang bertanggung jawab atas salah dosa manusia , sukma yang melakukan kesalahan…membunuh…penipu…dholim…mati dan bunuh …dll…ora oleh nongko ne tapi oleh pulut e …

    Apa yang dimaksud dengan KESADARAN ?

    Kesadaran dalam pola pikir..
    Kesadaran dalam bersifat..
    Kesadaran dalam perilaku dan perbuatan…
    Kesadaran dalam bermasyarakat dan bernegara…
    Kesadaran lain lain

    Bagi pemercaya dan terlepas benar dan salahnya SUKMA adalah ENERGI yang berbentuk dan berujud karena perbuatan manusia itu sendiri dan semua ini akan dikembalikan kepada manusia atas kuasa dan adilnya Tuhan disuatu saat dan tempat dan tidak beda dengan hukum kemanusiaan bila melakukan kejahatan pasti ditangkap polisi dan dipenjara lalu bebas kembali sesuai masa hukumya….hukum keadilan…tabur tuai..

  148. mahluk manusia ciptaan Tuhan

    SUKMA LAHIR KEMBALI….tumimbal lair….energi kekal berputar putar terus dan selalu berubah sesuai apa yang dilakukan sebelumnya sebagai tanggung jawab dan akibat yang pernah dilakukan…
    Berbuat kebaikan sebagai kewajiban dan mendasar… diwajibkan menuju kesempurnaan kembali kepada ASAL…kebutuhan dan kewajiban sebagai keperluan sukma itu sendiri

    Lahir kembali dengan wadag baru dan tempat baru harus sesuai dengan karma sebelumnya….sesuai adil dan timbangan nya…
    Hidup dan lahir kembali sebagai proses menuju kesempurnaan…

    Berbuat baik sebagai kewajiban dan bukan atas ingin pahala dan surga beserta bidadari/ sex syahwat…serta nikmat materi dll….

  149. perang dari mulai tadi malam sampai sekarang msghrib ini belum kelar juga.

    sampai kakiku keju/kemeng/pegal, kepala mbliyut.

    lanjut maanggg… sampai titik darah penghabisan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: