Wong Cino Kari Sejodho? Salah siapa?

Pembantaian Warga Keturunan China di Nuswantoro
Populasi keturunan Cina di Nuswantoro sekitar 5 persen dari total jumlah penduduk Indonesia saat ini. Tapi kekuatan ekonomi mereka menguasai lebih dari setengah kekuatan ekonomi nasional. Hal ini menimbulkan rasa bangga bagi mereka, namun juga menimbulkan rasa was-was diantara mereka.
                                       Keluarga Cina dengan pembantu pribumi tempo dulu
Sejarah panjang warga keturunan Cina di kepulauan ini tidaklah semulus seperti yang dibayangkan warga pribumi. Ada beberapa kejadian yang membuat mereka mengalami traumatik mendalam. Pembantaian massal terhadap mereka tercatat sudah tiga kali dialami dalam sejarah kehidupan mereka di Nuswantoro ini. Pembantaian ini selalu dilatar belakangi kecemburuan terhadap kekuatan ekonomi mereka.
Ada sebagian orang menilai, pembantaian yang dialami warga Cina adalah buah karma dari kakek moyang mereka, seorang pria beribu Cina yang belakangan mendirikan kerajaan Demak, Jimbun (Raden Fatah) namanya yang telah menyerang dan menghancurkan Kerajaan Majapahit serta menghancurkan peradaban Hindu-Budha di Tanah Jawa.
Kejahatan kemanusiaan pertama yang dialami warga Cina terjadi pada 10 Oktober1740 di Batavia atas perintah Gubernur Jenderal Adrian Volckanier. Tidak kurang 10 ribu orang Cina, pria dan wanita, lansia hingga bayi yang baru lahir dibantai pasukan Belanda dan kaki-tangannya. Padahal saat itu jumlah populasi warga Cina di Batavia “hanya” 80 ribu orang. Sebelum dibunuh, banyak wanitanya yang diperkosa terlebih dahulu. Lantas semua jasad korban dibuang di Kali Bangke (Kali Angke). Setelah peristiwa pembantaian yang berlangsung sepekan itu, Gubernur Jenderal Adrian Volckanier lengser dan digantikan mantan panglimanya sendiri, Baron van Imhoff.
Kejahatan kemanusian selanjutnya pada prolog Peristiwa G30S, lalu Kerusuhan Mei 1998. Ketua Yayasan Solidaritas Bangsa Ester Yusuf mengatakan stigma pro komunis pasca peristiwa G30S sangat melekat pada warga Cina kala itu. “Orang-orang yang dekat dengan PKI masa itu habis. Jaman Orde Baru, hampir semua orang melakukan pelanggaran HAM terhadap warga Tionghoa. Dan tidak pernah ada proses hukum terhadap para pelakunya,” terang Ester, Sabtu (21/1) di Jakarta.
Berbagai pembantaian itu membuat warga keturunan Cina menjadi sangat alergi politik, termasuk mendaftar sebagai CPNS. ”Sejak masih anak-anak, orang tua mereka sudah melarang anak-anaknya jangan berpolitik dan jangan daftar CPNS. Ini akibat trauma masa lalu,” ujar Ester lagi.
Ketua Komunitas Glodok Hermawi Taslim juga mengatakan, akibat alergi politik itu membuat warga Cina memilih pekerjaan berdagang. “Karena engak ada pilihan lain. Berdagang itu kan tidak ada aturannya,” ujar Taslim.
Anehnya, setiap pembantaian yang dilakukan terhadap warga keturunan Cina pasti disusul lengsernya pemimpin nasional kala itu. Pembantaian tahun 1740 disusul lengsernya Gubernur Jenderal kala itu, pembantaian 1965-1966 disusul lengsernya Soekarno, pembantaian Mei 1998 disusul tumbangnya Soeharto. Apakah darah warga keturunan Cina yang ditumbalkan untuk sebuah kekuasaan ?
                                                             Ianfu
Kaitan Tahun Baru Imlek dan Hujan
 
Sudah menjadi keyakinan warga Tionghoa, hujan di Malam Tahun Baru Imlek hingga atau keesokan harinya merupakan berkah bagi mereka dan melapangkan usaha mereka di sepanjang tahun itu, khususnya di Ibukota Negara. Dan dapat dipastikan hujan selalu turun di Jakarta pada Tahun Baru Imlek, entah malam atau siangnya. Namun untuk Malam Tahun Baru Imlek 2563 yang jatuh pada Senin Legi 23 Januari, di Jakarta sama sekali tidak ada turun hujan, bahkan sejak Minggu malam hingga Senin malamnya. Padahal sebelumnya di Jakarta dilanda hujan deras + angin kencang. Hal yang sama pun pernah terjadi pada Tahun Baru Imlek pada Rabu Pon 28 Januari 1998 di Jakarta, kering kerontang tanpa hujan. Pertanda apa ini ?
 
Pernyataan beberapa pihak yang menyebutkan lengsernya Presiden SBY sebelum 17 Agustus 2012 tidak berimbas pada kejahatan kemanusiaan terhadap warga keturunan Cina di bumi Nusantara ini. Semoga saja Tuhan Yang Maha Kuasa segera memunculkan Sang Satrio Piningit Sejati untuk hadir menyelamatkan rakyat Nusantara terlepas dari ras dan etnisnya dari huru-hara itu.
 
Bagi semua warga Tionghoa, kami ucapkan Gong Xi Fa Cai..
Selamat Tahun Baru Imlek 2563.
Wanita adalah Ibu bagi semua. Sepatutnya kita menjaga dan menyayangi mereka apapun permasalahannya

Posted on 25/01/2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 109 Komentar.

  1. Salam keselamatan semoga semua mahluk berbahagia dan riang gembira, tidak ada lagi manusia yang saling membunuh dan bertikai di dunia karena semua itu tidak ada gunanya. tidak perlu dibunuh manusia kalau sudah waktunya akan kembali kepada yang menciptakanya. yang terpenting bagi kita semua adalah menjalankan hidup dan kehidupanya dengan lila legawa temen sabar dan berbudi luhur. Manusia akan makmur sejahtera hanya jika manusia mau saling memberi dan saling kenal mengenal serta tolong menolong. jaman sekarang hampir memasuki jaman Purba Kencana yang waktunya hanya 25 tahun kemudian diteruskan dengan Jaman Margo kecana , jaman keemasan itulah yang diawali dengan kepemimpinan ratu adil yang sejati.
    Salam memasuki jaman purbakencana .

    • * 2000 SM – Bangsa Austronesia melakukan imigrasi ke kepulauan Indonesia melalui Malaya ke Jawa dan juga Formosa, Filipina ke sebagian Kalimantan dan Jawa. Perpindahan ini tidak diketahui penyebabnya. Tetapi yang jelas bangsa Austronesia ini yang akan menjadi nenek moyang langsung Indonesia. Cara hidup mereka dengan berburu dan berladang. Alat yang digunakan anak panah dan tombak. Mereka hidup di gua-gua untuk sementara dengan mengembara berpindah-pindah tempat. Pada masa ini dikenal dengan sebutan zaman batu muda atau Neolitikum.
      * 500 SM – Terjadi perpindahan gelombang kedua. Perpindahan yang dilakukan sudah dengan membawa kebudayaan Dongson melalui jalan barat lewat Malaysia barat. Kebudayaan Dongson yaitu kebudayaan yang telah memakai logam sebagai alat bantu kehidupan dikenal dengan sebutan zaman perunggu. Mereka sudah mulai tinggal menetap.

      Pertanyaannya begini… Lalu siapa bangsa Austronesia ini??

      Jawabnya adalah
      bangsa Austronesia itu aslinya penduduk Yunnan, Cina Selatan

      Lho…xixixixixixixi……

  2. Salam sejahtera,

    Pembantaian warga China : Nusantara ternyata tidak hanya berpenghuni manusia2 yang halus budi bahasanya. Sejarah telah membuktikan ada banyak manusia2 yang cuma … nampaknya saja halus budi bahasanya, mereka juga kejam, sadis, tidak berperikemanusiaan … Inilah sisi … gelap Nusantara.Hal ini perlu ditulis di buku2 sejarah dari SD sampai PT, supaya episode gelap ini tidak pernah terulang lagi.

    Amerika pernah membantai suku2 Indian di sana, Australia membantai orang2 Aborijin, Jerman pernah membantai jutaan orang Yahudi, dan Khmer Merah pimpinan Pol Pot membantai orang2 mereka sendiri, sekitar dua sampai empat juta orang jadi korban.Nusantara tidak mau … ketinggalan. Manusia kadang2 turun derajadnya, lebih rendah dari binatang … Sejarah telah membuktikan itu.

    Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah, kata Bung Karno. Betul sekali.Mudah2 an kita bisa menjadi bangsa yang arif, yang belajar dari sejarah bahwa kekerasan tidak ada tempatnya di negara yang berlandasakan Pancasila. Yang ber -bhinneka tunggal ika.

  3. jaman dulu kala ketika masih abg,
    ditempat kost, ku jatuh hati pada si dia… abg cina…
    rambut tebal hitam lurus… mirip rambut iklan gadis sanslik…
    wajahnya cantik teduh, menyejukkan hati…
    kulitnya… uaduuuh reeek… putih mulus kempling kinyis-kinyis… gak ku… ku…!
    pokoknya mirip bidadari turun ketempat kost…!
    singkat cerita, kata abg sekarang, kitapun ‘jadian’

    masa liburan tiba,
    ku mau bertandang ke rumahnya, berkenalan dg kedua orang tuanya..
    jawab si dia, jangan mas…
    emang kenapa…?
    engkohku nanti marah…
    kenapa marah?
    aku ga boleh pacaran..
    kenapa kok ga bilang dr dulu?
    maksudku…maksudku… aku ga boleh pacaran sama… sama… pribumi (dg nada lirih).. apalagi sampai kawin… diancam mau diusir…

    duhh… langit terasa runtuh…

    setelah diskusi lama, akhirnya kita putus saat itu juga demi kebaikan bersama…

    pembauran adalah sesuatu yg sangat mahal, mudah diucapkan, susah dilaksanakan.
    akhirnya mereka tetap menjadi minoritas dan selalu berkumpul… pecinan…
    kaum lemah secara fisik, kuat secara ekonomi… mudah jadi kambing hitam dan sasaran tembak…

    salam pembauran

  4. Wah ada tulisan anyar
    Lumayan juga isinya. Tapi kok yang komen sangar gini. hehehehe
    salam kenal Mas syeh. Njenengan siapa ya. Kok “keras sekali” suaranya… hehe nbok ya dipelankan sdkit. Manusia kan juga punya telinga tidak pengen sakit.

    Mas Sasmita
    Betul sekali … Kata SALING sekarang sayangnya sudah bukan jamannya lagi.
    yang ada adalah situ membantu maka saya matur nuwun sekali, bsok sdh lupa. siapa dia ya… hehehe

    Mas Baladewa
    Hmmmm watak SP adalah baladewa juga ya. hehehe jadi kalimat lembah manah andap asor kayaknya prlu direvisi keberadaannya. kalimat itu hanya untuk manusia saja. sedangkan SP tdk perlu. bagi SP siapapun yg tidak bisa menjalankan ketentuan Tuhan maka akan ditabrak, minimal dengan cacian. tetapi meski terlihat kasar. SP tetap berharap manusia tsb mengerti akan dirinya seharusnya bagaimana. ini kalo ktemu sama manusia yang ga bs ditolelir menurut SP dan ajaran Tuhan . Apa seh ajaran Tuhan itu bagi manusia pada umumnya? Ajaran Tuhan adalah saling mengasihi dan menyayangi sesama. SALING….SALING….SALING dan SALING….. apakah kita bisa???
    Kayaknya enggak deh. hehehehehe
    Bukan saling membunuh lho… kikikikuukkk…..

    Mas Gamal
    hmmm.. saya curiga neh… jangan jangan itu pengalaman pribadi ya. hehehehe
    Ga najis kan. hahahaha kata Mas Syeh.. Ente harus sabar ngadepin cewek palagi yg kinyis kinyis getoh.. xixixixi IKUTAN MODE ON

    • Mas Bejo Banget setiap jaman itu beda prilakunya dan beda pula pelaku lahiriahnya. kalau saat ini kata saling bukan jamanya , nanti suatu saat kata itu menjadi jaman yang betul betul terwujud saling asah saling asih dan saling asuh. salam asah asih asuh.

      • Sugeng siang sedoyo sederek

        Mas Sasmita
        Gini lho maksud saya. Kata saling di jaman sekarang sepertinya sudah tidak dipakai oleh sebagian besar masyarakat. Masing masing sibuk dengan kepentingannya sendiri sendiri. Boro boro mau bantuin. ngeliat aja mungkin melengos. Makanya saya bilang kata saling saat ini sudah bukan jamannya lagi artinya manusia sudah melupakan kata SALING itu.
        Kalau Mas Sasmita bilang bahwa “nanti suatu saat kata itu menjadi jaman yang betul betul terwujud saling asah saling asih dan saling asuh.”
        Lalu kapan Mas. kelamaan kalee..

        Gini ya. sebenarnya Tuhan menginginkan manusia bisa SALING ini itu yg sifatnya asah asih asuh itu sudah sejak jaman purba.
        Tapi kenyataannya manusia tidak bisa mengekang hawa nafsu ego untuk memprioritaskan kepentingannya sendiri.Ini yang di sebut semau gue.

        Gini Mas.
        Kenapa ga sesegera mungkin aja atau paling tidak di hari hari kmaren manusia itu menggunakan kata saling ini. seumpama bisa. Kayaknya huru hara dsb sampai kpd masa dimana Tuhan menghukum manusia itu bs terhindarkan karena manusia sdh bisa menjalankan keinginan Tuhan yaitu bisa saling… dengan sesama secara positif

        Jadi kalau Mas Sasmita bilang suatu saat…… kayaknya kita hanya akan bisa diam tanpa berbuat apa. hanya menunggu waktu.
        Kok saya ga pas ya… Bagi saya kalo memang bisa sekarang kenapa kita harus menunggu sesuatu yg sifatnya tidak pasti. artinya masa depan yang tidak kita dasari mulai dari sekarang.
        Suwun

        • @ Denmas Bejo Banget . Leres mas. tetapi yang harus diingat bahwa kekarepaning manungsa mboten mesti pada kaliyan lampah gumelaring jagad merga dereng dumugi lila lan legawa , tetapi kalo lampahe jalma kang lila legawa apapun yang terjaji terhadap diri ini terhadap alam sekitarnya ya itulah yang terbaik untuk diri ini dari gusti kang Maha Suci mas. makanya selain lila legawa masih perlu temen sabar budiluhur.sebagai bentuk laku perbaikan ke kala mendatang. andai saja setiap manusia melakukan hal yang sama seperti itu maka saling asah saling asih saling asuh pasti bisa terwujud nah prosesnya ini kan yo butuh waktu. Yang terjadi sekarang ini pancen seperti apa yang disampaikan Den Bejo “Masing masing sibuk dengan kepentingannya sendiri sendiri”. ya semacam inilah dunia kita sekarang le merubah ya harus dilakukan oleh orang yang terpilih karena yang terpilih itu kan dituntun bisa juga Allah mobah sajroning uripe yang dipilih tadi. jadi kalo ada orang yang dengan kemampuanya sendiri sagah merobah jaman itu kesombongan den Mas. Padahal Kodrate Manungsa itu kan diantaranya bodo, miskin, dan lemah . weh dah sore pekerjaan abdi belum selesai tak rampungke sek nggeh . salam kebahagiaan untuk semuanya.

  5. Mas Syeh yang budiman? Apa maksud dari kalimat
    Jangan suka ngintip…..barang najis?
    Mohon di jelaskan suwun

  6. Saya sudah meng komen anda . . Kalimat Ente ente yang lain itu siapa Mas. Kelihatannya panjenengan tidak suka dengan blog ini. atau mungkin salah seorang dari poro sepuh di sini. Kenapa? ada apa? apa yang salah mas.
    Monggo . Semoga Mas Syeh bisa memberi penjelasan.

  7. Sepertinya komen ini anda tujukan kepada Romo “Wiji” Semar. ada apa gerangan. beliau adalah orang baik dan sholeh. kenapa pula anda mengatakan bahwa beliau tukang ngibul, munafik?

    Mohon kepada tuan rumah agar sedikit di batasi komen yang terlalu keras, sehingga suasana warung bisa tetap terjaga kedamaian dan ketentramannya. suwun

  8. Romo “Wiji” Semar adalah orang terhormat. pinisepuh di sini.

    ingat makin tua seseorang semakin pintar dan bijaksana. Jadi salah kalo anda mengatakan bahwa beliau selalu melihat ke atas. ingat ilmu padi. Beliau selalu dan selalu menjaga kedamaian lingkungan. berusaha tuk yang terbaik bagi sesama apaun bentuknya. Coba Mas Syeh liat komen beliau. semua adalah di karyakan untuk sesama. Mau agama apa suku apa ras apa semua bagi beliau adalah sama. karena beliau hanya berprinsip satu semua sama di Mata Tuhan.
    Tanpa ada perbedaan dan diskriminasi. Semoga Mas Syeh bisa mengerti dan memahami uraian saya yg gak penting ini. suwun

  9. Saya salut dan bangga dengan keadaan Mas yang mau meluangkan waktu untuk memberikan pertolongan bagi siapa saja yang membutuhkannya. tanpa memandang siapa yang perlu ditolong. Yesus bersabda kasihilah musuhmu seperti engkau mengasihi dirimu sendiri.
    Semoga tindakan dan cara pandang Mas bisa dijadikan contoh bagi para Syeh Syeh yang lain. sehingga akan tercapai impian semua untuk mewujudkan Indonesia sebagai mercusuar dunia.

    Contoh orang Amerika. jangan tinggalkan jasad warga amerika di luar negeri.
    Kenapa kita tidak bisa.

    Kita manusia indonesia adalah sama sebagai warga negara indonesia. Saya tidak ada kata NAJIS kepada siapa saja. baik itu arab india cina belanda afrika dsb. bagi saya smua adalah manusia yang baik dan sekiranya suatu ketika mereka minta pertolongan kepada saya, sekiranya saya bisa tolong ya saya akan tolong. Saya ga pilih pilih teman. Yang penting baik. meski tidak baek maka saya juga tidak akan mempunyai rasa benci.

    saya juga berharap dari semua rekan di sini bahwa apabila nanti ada kerusuhan sperti dulu lagi, maka saya ingin semua juga bs bersikap seperti Mas Syeh ini.

    Tidak ada sifat anti cina di indonesia maka setidaknya poin untuk menjadikan indonesia sbg bangsa yang besar akan segera bisa terwujud.

    Cina juga ciptaan Tuhan begitu juga arab afrika amerika dll. kenapa kita harus memusuhi dan anti pati. Longgarkan sedikit otak untuk berpikir bahwa kita juga sama dengan mereka. bayangkan bila kita diciptakan Tuhan sebagai orang cina. saya yakin kita juga akan nelongso seperti mereka.

    Monggo Mas Syeh . dilanjutkan kembali diskusinya. dengan pikiran terbuka dan hati yang adem. Suwun

  10. Kang Gamalpra,

    Orang kolot di-mana2 ada. Saya punya beberapa teman dengan isteri, bukan hanya pacar, non pri. Kawin happily ever after … Saya tahu lumayan banyak orang2 keturunan yang bisa … membaur. Malah rasa ke – Nusantara -an mereka kadang lebih tebal daripada yang asli pribumi … Paling tidak setebal kaum pribumi lah.

    Dari sisi lain, kadang2 kita manusia Nusantara masih sering melihat mereka sebagai … orang asing, padahal mereka lahir disini, berbahasa Indonesia, mencintai Nusantara juga.

    Oh, ya, salah satu teman saya, keturunan, malah pernah jadi anggota DPR.

    Kang Bejo,

    Re saling saling .. : Tadi di mobil saya menyetel CD – ceramah seorang bikku (Budha).Namanya Ajahn Brahm (avamso) …- orang Inggris tapi jadi bikku Buddha aliran Theravada. Salah satu obrolan beliau, Ajahn Brahm, adalah Sang Buddha mengajarkan agar murid2nya – bikku2 – TIDAK boleh membalas kejahatan yang dilakukan orang pada mereka. MENGHARAP agar orang yang menjahati mereka kena hukuman setimpal – dari alam – juga tidak boleh, kata Om Ajahn Brahm ini. Tidak boleh ada (rasa) benci lah.
    (Lha, ndilalah, sebelum saya memposting yg ini, njenengan juga menulis ‘ tidak ada rasa benci ‘, barusan, pada Mas Syeh…) Yesus, sekitar empat ratus tahun kemudian, mengatakan hal yang sama….

    Konon, kita hidup di dunia ini cuma menjalankan peran kita dengan skenario yang ditulis di ‘sono’ … Saya mungkin bernasib mujur, peran yang harus saya mainkan tidak mengharuskan saya … mencaci atau menggebuki orang lain.Peran yang tidak terlalu … susah, ngrekasa …

    Salam menjalankan peran di dunia.

    • Kang Baladewa
      Gimana bacanya ini. saya ga ngeh… tolong dijelasin.

      Yesus, sekitar empat ratus tahun kemudian, mengatakan hal yang sama….

      suwun

      • Kang Bejo,

        Maksud saya : Yesus,sekitar empat ratus kemudian, setelah Buddha, mengatakan hal yang (nyaris) sama, yaitu tidak boleh membalas kejahatan dengan kejahatan, lenyapkan kebencian dari diri kita. Nek menurut sejarah, konon Om Buddha itu lahir sekitar 400 SM, empat ratus tahun sebelum Kang Yesus lahir … Menurut ilmu othak-athik gathuk saya yang cuma tingkat SD, ada kesamaan antara ajaran Om Buddha dengan ajaran Mas/Kang Yesus … ( IQ saya rendah,sering bisa melihat persamaan saja, perbedaan sering kelewatan, tidak kelihatan …)
        Mohon maaf lahir batin atas ketelmian saya,nggih. Untung ada Kang Bejo disini …

        • @baladewa

          kakang prabu baladewa,betul pendapat akang sperti saya ini kelahiran,India,Yunani,Romawi,Mekah,dll tapi saya tetap cinta Nusantara karena sejak kelahiran terakhir ini saya makan dan minum bahkan buang hajat di Nusantara,Jadi sudah layak dan sepantasnyalah kalau stiap orang siapapun namanya,sukunya,agamanya,status sosialnya yg makan dan minum dan buang hajat di nusantara tercinta ini harus menyayangi nusantara ini tanpa kecuali,kalau tdk mau ya silahkan angkat kaki dari nusantara ini.

          setuju ngnggak …7x ?

  11. Soekarno Speach:
    Negara Republik Indonesia ini bukan milik sesuatu golongan, bukan milik sesuatu agama, bukan milik sesuatu suku, bukan milik sesuatu golongan adat-istiadat, tetapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke! (dikutip dari pidato Sukarno di Surabaya, 24 September 1955).

    Buka mata! Buka mata! Buka otak! Buka telinga! Perhatikan, perhatikan keadaan! Perhatikan keadaan dan sedapat mungkin carilah pelajaran dari hal-hal ini semuanya, agar supaya saudara saudara dapat mempergunakan itu dalam pekerjaan raksasa kita membangun Negara dan Tanah Air! (Semarang, 29/7/56).

    Kalau kita mencari demokrasi, hendaknya bukan demokrasi barat, tetapi permusyawaratan yang memberi hidup, yakni politik economische democratie yang mampu mendatangkan kesejahteraan sosial! Rakyat Indonesia sudah lama bicara tentang hal ini. Apakah yang dimaksud dengan Ratu Adil? Yang dimaksud dengan faham Ratu Adil ialah social rechtvaardigheid. Rakyat ingin sejahtera. Rakyat yang tadinya merasa dirinya kurang makan kurang pakaian, menciptakan dunia baru yang di dalamnya ada keadilan,…
    Kita mendirikan negara Indonesia, yang kita semua harus mendukungnya. Semua buat semua! Bukan Kristen buat Indonesia, bukan golongan Islam buat Indonesia, bukan Hadikoesoemo buat Indonesia, bukan Van Eck buat Indonesia, bukan Nitisemito yang kaya buat Indonesia, tetapi Indonesia buat Indonesia, semua buat semua! (BPUPKI, Jakarta, 1/6/45).

    Negara Republik Indonesia ini, bukan milik sesuatu golongan, bukan milik sesuatu agama, bukan milik sesuatu suku, bukan milik sesuatu golongan adat-istiadat, tetapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke! (Jakarta, 24/9/45). Apakah kita mau Indonesia merdeka yang kaum kapitalisnya merajalela, ataukah yang semua rakyatnya sejahtera, yang semua orang cukup makan, cukup pakaian, hidup dalam kesejahteraan, merasa dipangku oleh Ibu Pertiwi yang cukup memberi sandang pangan kepadanya? (Jakarta, 1/6/45).

    Negeri kita kaya, kaya, kaya-raya, Saudara-saudara. Berjiwa besarlah, berimagination. Gali! Bekerja! Gali! Bekerja! Kita adalah satu tanah air yang paling cantik di dunia!
    Mengapa perlu imagination? Agar yang tidak murni terbakar mati! (17/2/59), jikalau ingin menjadi satu bangsa yang besar, ingin menjadi bangsa yang mempunyai kehendak untuk bekerja, perlu pula mempunyai “imagination!”
    “Imagination” , “Imagination” “Imagination“! Ciptaan besar! Kita yang dahulu bisa menciptakan candi-candi besar seperti Borobudur dan Prambanan, terbuat dari batu yang sampai sekarang belum hancur; kini kita telah menjadi satu bangsa yang kecil jiwanya, Saudara-saudara! Satu bangsa yang sedang dicandra-cengkalakan di dalam candra-cengkala jatuhnya Majapahit, sirna hilang kertaning bumi! Kertaning bumi hilang, sudah sirna sama sekali. Menjadi satu bangsa yang kecil, satu bangsa tugu “rong depa”.
    Bahwa manusia di dunia ini, Saudara-saudara, “basically”, pada dasar dan hakekatnya, adalah sama; tidak beda satu sama lain. Dan oleh karena itu, manusia inilah yang harus diperhatikan (Semarang, 29/7/56).

    Gantungkanlah cita-citamu setinggi langit. Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia. (PLR, CA, 1970). Bunga mawar tidak mempropagandakan harum semerbaknya, dengan sendirinya harum semerbaknya itu tersebar di sekelilingnya. we have only scratched the surface! | Dikutipkan dari aforisma-aforisma berbagai pidato Sukarno di beberapa tempat dan waktu.
    Oleh : Sunardian Wirodono II

    • ‘Negara Republik Indonesia ini, bukan milik sesuatu golongan, bukan milik sesuatu agama, bukan milik sesuatu suku, bukan milik sesuatu golongan adat-istiadat, tetapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke! (Jakarta, 24/9/45)……..Bahwa manusia di dunia ini, Saudara-saudara, “basically”, pada dasar dan hakekatnya, adalah sama; tidak beda satu sama lain….. (Semarang, 29/7/56).

      Kang Bejo Banget,

      Terima kasih atas kutipan pidato Bung Karno. Fyi, tidak semua orang setuju dengan BK dan Pancasila. Kahar Muzakkar, Kartosuwiryo adalah contoh orang2 yang mau Nusantara menjadi … NII. Sekarang orang2 seperti itu juga masih ada, salah satunya AB Basyir.

      Mas Tembayat,

      Re yang tidak cinta Nusantara harus angkat kaki : Setuju. Cuma angkat kaki … kemana ? Dan bagaimana DEFINISI cinta Nusantara itu ???

      Kalau definisi saya : Ya yang betul2 menjunjung Pancasila.

      – ya yang punya a.l perikemanusiaan yang adil dan beradab.

      orang2 yang tidak cinta Nusantara adalah yang tidak toleran terhadap perbedaan, terhadap orang lain yg tidak sepaham.
      Ini lho daftar singkat saya orang2 yang tidak menyayangi Nusantara, dus harus angkat kaki :

      – orang2 yang anti WNI keturunan China atau keturunan Arab atau keturunan India,dll
      – orang2 yang suka nggebuki orang lain yang tak sepaham, misalnya orang2 yg nggebuki kaum Ahmadiyah.
      – koruptor2, pencuri uang rakyat
      – orang2 yang anti kemajemukan, dus anti Bhinneka Tunggal Ika.
      – orang2 yang anti seduluran karena perbedaan SARA.

      Mungkin saudara2 yang lain bisa memberi tambahan.

      Terima kasih dan salam Bhinneka Tunggal Ika.

  12. Bunga mawar tidak mempropagandakan harum semerbaknya, dengan sendirinya harum semerbaknya itu tersebar di sekelilingnya.
    hmmmmm…….

  13. Selamat malam semua Romo ..para Pini Sepuh.. dan saudara2

    Hari ini demo besar2 an di jababeka.
    Bekasi -Cikarang lumpuh total.

    Demo besar2 an udh mulai rasial .. teriak2 bunuh cina…. bunuh Sofian Wanadi ..dll
    Jakarta -Cikampek .. bolak balik berhenti blokir demo …tol karawaci jg stuck .

    Mungkin bangsa ini perlu sedikit peringatan…(penyegaran ingatan )
    Suku keturunan Tionghoa di Indonesia adalah WNI….Mereka tidak pernah menjajah Indonesia ..mereka jg sama susah nya dengan suku lain di Indonesia.
    Pandang lah sekeliling .. siapa yg menindas rakyat .?
    Siapa yg merugikan rakyat .?
    Siapa yg korupsi uang rakyat ?
    Siapa yg bangun WC sampai segitu banyak uang ,?
    Siapa yg beli kursi sampai puluhan juta.?

    Apa suku Tionghoa itu yg merugikan rakyat .?
    Yang merugikan bangsa indonesia..

    Tentunya bukan bukan mereka kan .?

    Lalu mau jadi apa bangsa ini .? Menyalahkan kaum minoritas setiap saat !!

    sebenar nya tugas kita semua untuk bisa membuka pikiran sempit para pendemo .. sampai tidak bisa lagI di pengaruhi PROVOKATOR ..

    Dos pundi Romo 2 sekaliyan.. kalau sdh begini ..?

    salam prihatin … buat keturunan Tiong hoa

    • sepuh pini sepuh………

      ada pepatah mengatakan :………
      orang pintar ada yg lebih pintar……….
      orang besar ada yg lebih besar…….
      orang kuat ada yg lebih kuat……….

      ialahhhhhhhhhhh…….. nafsu kita sendiri……..
      jika nafsu sudah menunggangi kita…..
      uang rakyat dilalap……..
      minuman keras dilalap…….
      judi dilalap………….
      wanita dilalap………..

      perikemanusiaan dilalap……
      perikehewanan dilalap……
      daun muda dilalap……….
      kencur dilalap……dan seterusnya…………

  14. Ini lho penjajah nya….
    yg merugikan rakyat .?
    yg korupsi uang rakyat ?
    yg bangun WC sampai segitu banyak uang ,?
    yg beli kursi sampai puluhan juta.?

    • kang bejo buamgettttt deh !

      artikel diatas wong cino kari sak johdo kendati nyerempet berbau sara……. sudah semestinya kita mencari jalan solusi agar tragedi tersebut tdk berulang kembali……
      rentetan peristiwa disebabkan faktor sosial ekonomi, non pri lebih ,mengutamakan berdagang/ perekonomian ketimbang dalam politik dan lain sebagainya , tak heran dlm sisi kehidupan lebih makmur.

      sudah semestinya kita tdk usah mempermasalahkan etnis mereka toh akhirnya sama sama mencari makan di bumi nusantara juga sebagai WNI.
      kalau kita menuruti kekurangan mereka banyak sekali, namun banyak juga kelebihan serta kemampuan mereka yg patut kita tiru, untuk generasi anak bangsa kedepan.

      persoalan etnis/kesukuan , kita sebagai rakyat jelata tidak bisa berbuat banyak, bisanya hanya sebatas himbauan , kalo itu mereka mau. kerena kita tidak punya kekuasaan untuk mengatur mereka.

      persoalan etnis kalau dibahas diantara komunitas akigendengbanget…… ujung-ujungnya hanya omdo ( omong doang ) sebatas wacana. yg lain tidak !
      persoalan tersebut yg dapat mengatasi adalah para pemimpin kita yg memiliki kesempatan mengatur negara.

      jalan terbaik dalam mengatasi gesekan sara adalah dengan adanya j naturalisasi/perkawinan campur antara pribumi dan non pribumi…
      dua generasi mereka akan melebur menjadi…………
      kami putra putri indonesia……..
      berbahasa satu bahasa indonesia……
      berbangsa satu bangsa indonesia……..
      bertanah air satu tanah air indonesia…….

      hei…. pembaca kalo ane salah ato kurang fas ! jangan ribut !
      ini kan hanye pendafat ane…. ane meteng nye dikarbit !
      fahammmmm ente !!!!

    • Srobot apaan yeeee
      Mank nye metro min
      xixixixi…

  15. iyeeee rakyatnye milihnye sambil ngantuk juge ni yeee

  16. Nyang finter trus safe…. xixixixi

    • Diriku ada 5 tepatnya… 10 sempurnanya…. kawan PENGEMBARA… seruling itu berbunyi nyaring… lihatlah….. kaki ini melangkah karena hati, Bagaimana diriku :
      1. Diriku yg menunduk.
      2. Diriku yang duduk.
      3. Diriku yg memandang ke belakang
      4. Diriku yg buta
      5. Diriku yg bodoh dan culun

      tapi diriku tidak bisu dan tidak tuli…..
      Q pergi tidak datang lagi… bukan untuk tidak melindungi… Masalah kawan PENGEMBARA tidak suka… itu juga REALITA,
      Q sudah pernah meminta kepada penjaga warung..
      ( tolong hapuskan, cabut, bakar === postinganku, jangan ada sisa, tetapi q lihat masih ada. Jadi tidak salah bila q berkelana, sekedar bernostalgia ( karena masih ada ) seperti nostalgiaku kepada bapak dan juga ibuku ) dan q tidak pernah memakai cara yg beda dg yg lama bila hrs berbicara dengan siapapun. Kawan PENGEMBARA marah…. saya meminta ma’af. Tapi jangan halangi saya mengumpulkan embun pagi. karena mungkin saja besok tidak ada lagi yg namanya embun putih di bias sinar matahari di sela-sela gemricik mata air yg tersebar di bumi pertiwi.

  17. Hidup ini susah bagi banyak orang, tidak perlu dibuat lebih susah lagi. Problem akan selalu ada / muncul selama kaki masih menginjak bumi.. Problem2 : keuangan,perkawinan – antar suku,ras ,hubungan dengan orang lain yang berbeda SARA, orang2 kenthir,dll. Yang lebih penting : Bagaimana menyikapi problem2 itu dengan kepala …dingin. Jangan sampai lupa diri, jangan sampai tidak ‘eling lan waspodo.’ Apa yang keluar dari mulut kita, apa yang kita ketik dan munculkan di layar komputer, apa ini bukan cermin dari yang ada di dalam hati kita ?

    • Salam Mas SPSW….Mas R Gentholet….Mas ABR….Mas Kuda Gunung….Mas Bejo Banget…..Mas Tembayat….semua rekan yang tidak saya sebut…….

      Saya dan semua para rekan yang berniat baik disini selalu dan selalu mejaga citra tempat ini supaya selalu baik…sopan…santun…asah asih asuh…..

      Kita sudah bersusah payah memberkan kontribusi untuk hal hal baik dirumah ini demi beda dalam gaya dan penampilan dari rumah yang lain…..ha ha ha ternyata eeh ternyata…rumah ini menjadi seperti rumah yang lain….ngomong kasar…tidak sopan….dan kebetulan saya yang ketiban apes….saya menjadi korban yang pertama…….apaa seh maksudnyaaaaa !!!….

      Saya yang dari awal belajar menulis di blog EC selau bermodal dengan hati nurani kejujuran dan pengalan atau cerita nyata….saya yang ingin selalu jujur dan terbuka dan saya buktikan dengan tidak pernah berganti logo gravator meskipun pernah berganti nama…..saya berlanjut menulis di Blog Mas Nurkala baru kemudian masuk di rumah discotik dan kemudian berteduh dirumah Mas SPSW dan akhinya saya betah dan krasan dirumah ini………

      Saya tidak suka dengan menulis yang menghina atau mencemooh orang lain dan sebaliknya…saya juga tidak suka dihina dan direndahkan karena saya memang tidak mau merendahkan orang lain….

      Saya yang pasti membalas hinaan yang sudah saya terima dengan gaya menulis saya yang selalu panjang dengan maksud ingin tahu masalahnya dan ingin tahu apa salah saya kok saya diperlakukan tidak sopan ??…..apakah ini hanya main main atau sebuah trik atau siasat dengan tujuan tertentu……saya tidak suka dengan permainan slintutan….saya lebih senang bloko suto apa adanya…..

      Hal hal yang baik disini akhirnya menjadi muspro mubadzir dan sia sia bila pemilik blog tidak bisa menjaga atau selektif terhadap semua tulisan yang masujk…..ataukah hal ini sengaja dijadikan kisruh supaya lebih ramai dan ranking menjadi nauk………

      • kang WM/Js……….

        selamat pagi selamat bertemu kembali,,,,,,,sabar itu dikasihi allah.
        saya rasa kita semua bisa marah,cuma, cuma kita mau tahu saja , sampai sejauh mana mereka mampu mengatasi situasi dengan kepala dingin……, kita bisa mengukur,IQ , EQ ,ESQ , kalau kang WM memilih pendamping atau pembantu dalam kepemimpinan.

        manuver itu perlu untuk mengukur kemampuan seseorang , jangan sampai kita salah memilih, kalau kita tidak jeli runyam jadinya……….
        seperti ular-ular / pribahasa saya diatas.

        biarlah umpatan , cacian , hinaan ,kita terima dengan lapang dada, pembaca tahu akan maksud kita , antara gurauan,,manuver ! ,pancingan serta amarah
        toh ! mereka tidak tahu kita sesungguhnya…………
        kita bisa menilai mereka melalui gaya bahasa yg diungkapkan.

        masih ingatkan ! ketemuan kita dahulu…..? yg saya sampaikan pada kang WM……? untuk diperdalam lagi ingasah spiritual nya ………???
        agar kita menyampaikan sesuatu yg diluar loginya bukan katanya……..si anu.
        sebaiknya diri kitalah sebagai pelakunya, agar tidak memiliki ketergantungan pada seseorang.

        cukup kita yg tahu saja , siapa sejati diri saya…….
        bloger hanyalah suatu permainan kata-kata dalam mengisi waktu luang.
        jangan heran dan jangan bingung dunia maya memang seperti itu…….
        kecerdikan sebagai andalannya…….

        pemilik blog bukanlah bodoh ! akan tetapi mengerti ……..
        maka dari itu beliau biarkan saja dulu supaya wacana berkembang,akhirnya
        mereka dapat membaca menganalisa………..?????????
        saya tunggu kang WM kedatangannya dirumah. wassalam……..

        • ralat diatas……
          yg saya maksud diluar logika…..

          • saya dan syeh sosok yg berbeda , saya ingin meluruskan agar tiadak ada kesalah fahaman dan tidakj ada dusta diantara kita……….

            ada bocoran syech itu. siapa ?
            jangan terlalu di nggrantes sak jeroning ati…….
            kematangan dan kedewasaan menganalisa di perlukan.
            bisa aja dia memacing kita agar emosional…….
            namun banyak yg tidak terpancing……..
            cuma pancingan saya yg kena !…….

            yakin dan percaya suasana ini akan segarrrrr kembali. dan tdak akan pernah tutup
            warung ini, sampai menyongsong sang fajar bersinar……….
            untuk menerangi bumi pertiwi yg kita cintai……….

      • kawan WM….. lihatlah tanda di kening dan tangannya si Aki….. suruhan siapa dia ??? trus tujuannya apa ??? tentunya kawan WM sudah tau dengan pasti… oleh sebab itulah, sikap, gerak, langkah , nafas, hidup, mati, logika harus setiap kali di asah dan di fahami dengan benar dan baik… mending mancing di kali brantas, dari pada mancing di kali solo….. Ikannya gede-gede, malah kadang-kadang dapat barang unik dan asyik…

      • Selamat Siang bapak WM.

        Bapak sebagai yg udh sepuh disini .. bapak pahami aja…

        Besar hati aja dengan hinaan dan cemoohan.. pelecehan .. itu yg buat kita semakin..kuat hati ..

        romo Bejo ..kan jg bilang . ga ada seorang pun yg bisa menyakiti hati orang lain kecuali hati nya sendiri …

        Jadi gini romo WM. orang yg menghina dan mencemooh itu dia ga merasa kalau ucapannya itu bisa menyakiti perasaan orang lain…. mungkin bagi dia menyakiti orang itu dlm artian menyakiti secara badan .. tp dia tidak mengerti bahwa hanya karena sebuah kata atau senggolan sedikit aja sudah bisa membuat sakit dihati yg bukan kepalang .

        Mungkin dia berpikir .. gurauan .. atau kata2 aja kok bikin sakit hati .. toh km tidak aku pukul .. atau aku bandhem boto … salah mu dewe .. ngapain sakit hati ..

        Apapun tujuan orang itu … jangan di masukkan hati ya..? klo romo sakit hati .. ini kata yg benar..

        Bukan **Tidak ada seorangpun yg bisa menyakiti orang lain .. kecuali dirinya sendiri **

        Tetapi …..** Tidak ada seorang pun yang bisa menyembuhkan sakit hati orang lain.. kecuali hatinya sendiri ..**

        Itu yg Nuning tahu ….. berdasarkan pengalaman sakit hati .. yg ga tidak cuma sekali .

        Solusinya… jgn dibawa ke hati .. minta Tuhan untuk kita besar hati menerimanya..
        Diam kan aja dan kita berdamai dengan diri sendiri ..
        Maafkan dan lupakan aja..seolah ga ada terjadi apa 2
        Waktu yg akan bicara…..

        Teruslah menulis apa yg romo tahu .. dan jangan patah semangat hanya karena.. kata2 yg ga berguna..

        semangat terus ya Romo……

        Maafkan Nuning .. bukan Nuning menggurui .. tetapi saran aja kok ..
        kalo romo ga berkenan jg ga apa.. mohom maaf aja. ya ?

        SALAM .. MAJU TERUS PANTANG MUNDUR ..

        matur nuwun

        • @ yth nuning. bahwa yang memiliki pendapat **Tidak ada seorangpun yg bisa menyakiti orang lain .. kecuali dirinya sendiri ** itu juga sudah teruji dengan lakunya sendiri . artinya sesungguhnya sakit hati itu ya akibat dari dirinya sendiri yang ngopeni kata orang yang tidak sepaham , yang menghina , yang menghujat, yang menyepelekan dll. bagi orang yang sudah laku lila legawa temen sabar budiluhur, tidak akan sakit hati meskipun betul betul di pukul orang yang tidak dikenal sama sekali. La orang itu kan ketakwaanya kuat apapun yang terjadi pada dirinya itu sudah kehendak Gusti Kang Maha suci . jadi ya kalo sampe badanya dipukul orang lain diumpatin itu ya sudah kersane gusti Kang Maha Suci maka dia syukuri . dan ketika belajar lila legawa pancen ya cobaanya tidak ringan, anaknya sendiri saja pernah mbandem pake batu atas alasan yang tidak jelas kok. ya nggak diapa apakan cuma dinasehati le tangan ini, kaki ini, mulut ini , diri ini Milik Allah gunakan yang baik dan jaga jangan sampe merugikan orang lain. Mohon maaf kalo apa yang abdi tulis ini berbeda dengan pendapat penjenengan sami . semoga semua mahluk berbahagia bersukacita dan selamat sejahtera.

          • Bapak Sasmita …

            sama jg yg saya bilang … kersaning Allah atau tidak ada kan yg menyakiti .?. bukan ga ada.. kembali kepada diri sendiri .. dia merasa sakit atau sakit atau tidak … yg pasti sakit lah …

            akan tetapi kita ga mau merasa sakit jadi kita ga ngopeni omongan orang dgn besar menerima ,,memafkan dan melupakan .. otomatis.. itu spt ga da .. karena kita sendiri yg menyembuhkan hati kita sendiri kan …

            namanya kita manusia biasa.. ya kita sakit lah pada awalnya .. karena besar hatilah kita anggap ga ada orang yg menyakiti ….kita terima dgn legawa… sabar dan besar hati itu td..

            . tapi ttp ada kan yg bikn sakit hati .. krn hati kita menertima walau kita di gebuki …jadinya ya . ga ada perkara.. orang kita nerima … ya bebaslah ga ada beban dihati … yg nyakiti jg udh ga merasa punya beban .. dosa atau pun apa .. selesai ..

            memang benar diri ini milik Allah … berbuat yg baik .. jgn sampai merugikan orang lain… akan tetapi .. namanya jg manusia… kadang tidak sadar dan selalu mencari pembenaran untuk dirinya sendiri …. walau dia tahu . dia sdh membuat orang lain .. jadi ga baik ..

            Sangatlah beruntung di dunia ini klo semua orang mengerti akan apa yg diperbuat dengan sadar dan sesuai kehendak Tuhan…

            kalo sama anak ditusuk pun dia jg akan ga sakit hati .. ga mungkin jg balas menusuk .. paling jg didoakan ….dengan harapan anak nya akan baik sesuai kehendak Tuhan..

            Maaf ya bapak…. sekedar balas membalas aja .. jangan di jadikan polemik …..

            mungkin jg saya kurang nalar .. dari sini saya belajar ..

            maaf dan matur nuwun..

            selamat siang ..

          • Maaf …… sedikit tambahan
            sebagai contoh..

            apa kata2 Syeh .. ga bikin orang panas hati .. ya berhubung disini kita semua belajar yg namanya nerima .. legawa… lila dan sabar besar hati .. apapun lah …. jadi kita maklumi aja .. ucapan 2 saudara Syech .. apapun tujuan saudara kita itu …..

            Terima kasih .. ..

            Nuning minta maaf bila ada yg tidak berkenan dgn yg Nuning tulis .. terutama pemilik rumah cantik ini ..dan semua para pini sepuh .. para romo dan saudara2 semua .. bila perlu di hapus jg ga apa..

            salam .. semangat aja.

          • Siip iya mbak Nuning sama sama . semoga semakin tambah sabarnya dalam menghadapi situasi apapun .

    • Betul Den Mas Gentholet . tulisan kita adalah pancaran dari bentuk nurani pribadi kita. baik dan buruknya tulisan kasar dan halusnya tulisan mencerminkan pribadi masing masing. Sebagai intelektual tentu akan berpikir berkali kali ketika menulis apapun untuk konsumsi publik.
      abdi hanya bisa mengajak siapapun untuk belajar lila, legawa , temen sabar dan berbudiluhur. itulah ajaran budi akhir jaman . gleger paner pancer mudi Gustiallah nyembadani panyuwun kawula.
      semoga semua mahluk berbahagia bersukacita , selamat dan sejahtera.

  18. kawan WM dan poro sedulur kabeh….. kalau lagi bicara dengan seseorang, pandang wajahnya. kalian di beri kesadaran untuk berpikir jernih, juga tanpa berpikir, setelahnya kita akan tau. rupa sesungguhnya orang yg ada di depan kita…..

  19. Salam kenal juga ki sasmita dari sasmitaurip semoga nama kita sasmita membawa keberkahan di dunia dan akherat.

  20. Salam Mas Sasmita…Mas Nuning…Mas ABR….Mas Bejo Banget…Mas Sasmito Urip…semua rekan dan Poro sepuh…….

    Maaf soal apa yang saya tulis dan apakah saya teringgung…jelas iya…kenapa tersinggung ??…..karena saya manusia yang bersifat sangat lemah……

    Ketika kita direcoki dan dihina atau difitnah mungkin kita menjadi marah dan jengkel dan keluar kata kata kita yang mungkin menyinggung kepada orang tersebut sebagai akibat dan sangsi kepada manusia yang bikin onar itu…. …demi membela diri dan ingin tahu kenapa peristiwa itu terjadi…….

    Ketika kita marah dan lalu berucap dengan kata kata yang mungkin kotor dan kasar atau kita berucap dengan pelan atau berbicara datar maka bagi saya itu adalah bukti bahwa kita merespon atas peristiwa itu …..hanya dan memang beda cara kita merespon dan menanggapi itu….membalas dengan kasar atau membalas dengan cara yang mendidik dan menyadarkan manusia pembuat onar dan keributan itu…….

    Bagaimana orang jelek tahu dengan sifat jeleknya dan sebaliknya maka alam atau manusia dan mahluk lain yang memberikan jawaban atas perilaku buruknya…..

    Saya harus membalas ucapan si pembuat onar dan maksud saya bukan hanya untuk membela diri pribadi saya…sekali lagi bukan itu…….
    Mungkin poro sedulur tahu ketika saya menulis dengan marah di blog EC….karena saya membela agama islam yang dihina.oleh kelompok si dia yang berfaham Budha…..atau saya marah kepada seseorang aliran faham jawa yang menjelekkan Nabi Muhammad dan saya juga emosi dengan si dia yang mengkafirkan orang lain…..itu artinya saya tidak membela diri pribadi saya……tetapi membela kepentingan manusia lain atau kelompok manusia… …..

    Kenapa saya marah di blog ini…..karena saya tidak rela atas pengrusakan warung ini karena warung ini saya anggap sebagai rumah saya sendiri dan rumah Panjenengan semua….sebagai dan seperti majls atau padepokan tempat belajar bersama dalam kebaikan asah asih asuh……..jadi artinya saya marah karena membela suatu keadaan yang sudah baik dan benar ini untuk tidak rusak dan bukan hanya bermaksud membela pribadi atau ego saya….bisa saja saya tidak marah dan cuek saja dengan cara menjauh dan tidak menanggapi dari si pembuat onar dengan cara menjauh dari warung yang sebenarnya sudah baik ini….he he he yang akhirnya saya menjadi merugi sendiri…tidak punya teman lagi…… ….

    Mohon kepada para rekan untuk cek pribadi saya….ketika saya marah biasanya tidak lama dan pastinya tidak akan lama dan pada akhirnya saya pasti bermohon minta maaf kepada lawan…..dengan marah dan merespon maka saya berharap pribadi sipembuat onar mengerti dan menyadari bahwa apa yang diperbuat adalah sudah dan sedang menyakiti orang lain….perbuatan yang salah dan merugikan orang lain harus dihentikan dengan cara halus dan kemudian dengan kasar biia hal yang buruk itu tetap dilakukan…….

    Mohon kepada Mas Syeh….jangan sangat gampang mengeluarkan kata kata menghina dan merendahkan meskipun itu hanya main main atau memancig sesuatu…..karena blog atau warung ini dibaca banyak orang…….dan tidak lupa saya minta maaf kepada Njenengan…………salam rahayu……. .

    • Salam Mas Ki Sasmito…

      Saya agak santai sedikit…..istirahat sebentar dari pekerjaan yang peras otak ….he he he …ingin menikmati malam minggu dengan cangkrukan sebentar di rumah ini dan sebentar lagi duduk cangkrukan di pos Keamanan di depan gang rumah saya…..sambil lihat lalu lalang kendaraan dan anak anak muda sliweran cari senang dengan sesama teman…..

      Mas Sasmita….ooh…ternyata Njenengan adalah XXX…saya masih ingat dengan nasehat dan ucapan Njenengan kepada saya dan ngen saya memang ingin berjumpa lagi dan juga berjumpa dengan rekan terhormat yang lain….untuk sementara ini saya ingin bertemu muka dengan Mas Bejo Banget…Mas Tembayat Mas ABR…Mas Gamalpra…Mas Tanwaskita….he he he dan mungkin nantinya bisa kepada semua rekan… disuatu saat nanti dan entah dengan cara apa….. perjumpaan yang bukan hanya membahas yang tidak nalar saja tetapi berbicara yang realita yaitu bisa sumbangsih terhadap negeri ini dan demi rakyat banyak. dengan logika pikir ilmu….pengalaman atau dengan hasil karya kita……Nuwun……

    • romo RD bilang kalau Semar itu tidak murah senyum seperti yg dibayangkan org jawa selama ini, tapi tegas dan maju tak gentar membela yg benar.

      lhaa… kan cocok to romo WM?

      nb.
      komiknya jangan berhenti to romo, nanti yg ndongengin sy siapa…?

      salam.

  21. TERRY
    Syahadat Cinta 😀

    • Salam Mas Blac Hole……

      Weeeh…nama yang sudah lama tidak muncul….bolehlah saya ingin belajar kepada Njenengan…..apa iitu arti TERRY dan syahadat cinta. ??….mohon diceritakan…..

      Saya akan ngomong sedikit….soal Black Hole…..saya ingat dengan seseorang yang mempunyai lobang black hole dan menurut Mas RD itu adalah tanda kelahiran…..he he he ternyata dalam diri manusia memang ada lobang hitam itu…ada didahinya dan juga ada yang didadanya…hitam dan lobang yang berwarna hitam amat pekat dan seperti goa yang memnorok sangat dalam……..

      Semoga ada poro sepuh yang mau menjelaskan soal makna blck Hole….lorong hitam yang sangat misterius……..

      Saya juga ingat atas dawuhnya para winasis bahwa dunia macrokosmos dan microkosmos adalah hampir sama…he he he ternyata dalam diri manusia ada banyak gambar…..gunung…laut…bintang…bulan…matahari dan banyak hal yang lain……..weeeh…maaf…nulisnya salah kolom……ini hanya bgara gara Mas Black Hole…..

    • syahadat cinta, kisah perjalanan hidup….

  22. Met mlm….semuanya tanpa kecuali ..

    Mengapa sampai saat ini tetap ada diskriminasi pada orang cina.

    Apa takut kalau masyarakat Tionghoa berkuasa.?

    Padahal sebagian besar tidak ada yg menjadi anggota DPR…atau Presiden.

    Apa2 cina… apa2 cina… memang cina kenapa.?

    Mereka kerja keras untuk hidup .hidup bagi mereka..keluarga mereka. bagi keturunan mereka..

    Bukan memupuk harta.. bukan tidak berbaur..bukan tidak berbagi ..mereka kerja sendiri . untuk sendiri .

    Mereka berusaha dari nol untuk hidup ..tidak langsung berjaya seperti para koruptor ,DPR,..Presiden.

    Indonesia bisa maju bila kita mau berusaha dan selalu bersatu..
    tumbangkan para koruptor dan mafia berdasi ..

    Basmi jg para provokator yg bisa memecah belah bangsa ini ..

    Lalu semua ini jadi tugas siapa.? saya sendiri berharap ada pemimpin yg tidak munafik .. yg betul2bisa mempersatukan bangsa.. tanpa memandang RAS..

    salam prihatin buat keturunan Tiong hoa

    MAKASIH.

    • Malam Mbak Nuning

      Saya setuju dengan ulasan mbak. kapan ya ada pemimpin yang ga munafik.
      Ga memandang agama suku ras . hmmmm…..

      Kenyataan banyak kok yg seperti itu. padahal asal nenek moyang jadulnya adalah cina selatan gmn neh

      Saya aja ada darah cina nya. itu kata para abnormal lho…
      “Dia mengetahui sejarah leluhur kamu”
      Suwun

    • Jangan gampang … diapusi londo timteng … Dia ini – A – yang memerintahkan tentara untuk menembaki demonstran yg protes karena kecurangan dalam pemilu beberapa waktu yg lalu. Negara yg dia pimpin bermaksud membuat senjata nuklir untuk melenyapkan negara kecil tapi kuat sekali di timteng sana …

  23. Urip Iku Urup (Hidup itu Nyala, Hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain disekitar kita, semakin besar manfaat yang bisa kita berikan tentu akan lebih baik, tapi sekecil apapun manfaat yang dapat kita berikan, jangan sampai kita menjadi orang yang meresahkan masyarakat).
    Contoh kasus. Baik cina maupun pribumi harus sama2 menjaga sikap dan tetap saling hidup berdampingan.

    Memayu Hayuning Bawana, Ambrasta dur Hangkara (Manusia hidup di dunia harus mengusahakan keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan; serta memberantas sifat angkara murka, serakah dan tamak).
    contoh kasus. Yang lebih seharusnya bisa berbagi. dan yg di beri bagian jangan menjadi suatu kebiasaan untuk menerima terus.

    Sura Dira Jayaningrat, Lebur Dening Pangastuti (segala sifat keras hati, picik, angkara murka, hanya bisa dikalahkan dengan sikap bijak, lembut hati dan sabar)
    Contoh kasus. dendam benci di masa lalu sebaiknya dilebur. Jadikan ke depan dengan hati yg lapang dan damai

    Ngluruk Tanpa Bala, Menang Tanpa Ngasorake, Sekti Tanpa Aji-Aji, Sugih Tanpa Bandha (Berjuang tanpa perlu membawa massa; Menang tanpa merendahkan atau mempermalukan; Berwibawa tanpa mengandalkan kekuasaan, kekuatan; kekayaan atau keturunan; Kaya tanpa didasari kebendaan)
    Contoh kasus. Apapun yang kita miliki adalah Titipan. Gunakan sebijaksana mungkin.

    Datan Serik Lamun Ketaman, Datan Susah Lamun Kelangan (Jangan gampang sakit hati manakala musibah menimpa diri; Jangan sedih manakala kehilangan sesuatu).
    Contoh kasus. Terima semua baik anugrah maupun bencana. Kita cuma bisa menjalankan apa yg sdh tersirat menurut sang Pencipta

    Aja Gumunan, Aja Getunan, Aja Kagetan, Aja Aleman (Jangan mudah terheran-heran; Jangan mudah menyesal; Jangan mudah terkejut-kejut; Jangan mudah kolokan atau manja).
    Contoh kasus. Kalo keseringan bakal dadi wong bodo. tdk menjadi pinter. Sedang Tuhan membebaskan manusia untuk menjadi maju dalam hidupnya. (Mungkin maksudnya biar ga kliatan udik dan bahaya juga kalo jadi sakit jantung. duit lagi xixixixi)

    Aja Ketungkul Marang Kalungguhan, Kadonyan lan Kemareman (Janganlah terobsesi atau terkungkung oleh keinginan untuk memperoleh kedudukan, kebendaan dan kepuasan duniawi).
    Contoh kasus. Ambisi boleh tetapi tidak mengarah kepada superior. SECUKUPNYA saja

    Aja Kuminter Mundak Keblinger, Aja Cidra Mundak Cilaka (Jangan merasa paling pandai agar tidak salah arah; jangan suka berbuat curang agar tidak celaka).
    Contoh kasus. Jangan melihat orang sebagai orang bodoh. Bisa jadi dia lebih bodoh dari kita atau lebih pintar dari kita. bisa juga keduanya memang sama sama pinter atau malahan SAMA SAMA BODOH. hehehe

    Aja Milik Barang Kang Melok, Aja Mangro Mundak Kendo (Jangan tergiur oleh hal-hal yang tampak mewah, cantik, indah; Jangan berfikir mendua agar tidak kendor niat dan kendor semangat).
    Contoh kasus. Duniawi adalah semu. Tetapi hakekat dari Kecintaan kepada Sang Pencipta Terpatri erat dalam hati

    Aja Adigang, Adigung, Adiguna (Jangan sok kuasa, sok besar, sok sakti).
    Alon-alon waton klakon
    Siapa yang tertawa paling akhir. Dialah yang Empunya Kerajaan Surga.

    Nrimo ing pandum
    Arti yang mendalam menunjukan pada sikap Kejujuran, keiklasan, ringan dalam bekerja dan ketidakinginan untuk korupsi. Inti filosofi ini adalah Orang harus iklas menerima hasil dari usaha yang sudah dia kerjakan.
    Contoh kasus. Sedikit saja. yang penting jadi daging

    Saiki jaman edan yen ora edan ora komanan, sing bejo sing eling lan waspodo.
    Hanya orang yang ingat kepada Allah (disini saja juga tidak cukup) dan waspada terhadap duri-duri kehidupan yang setiap saat bisa datang dan menghujam kehidupan, sehingga bisa mengakibatkan musibah yang berkepanjangan.
    Contoh kasus. Pakailah nama Bejo Untung Waspodo . ganti Nick name mu. xixixixixixi

    Mangan ora mangan sing penting ngumpul’
    ‘Makan tidak makan yang penting kumpul’. Filosofi ini adalah sebuah peribahasa. Kalimat peribahasa tidaklah tepat kalau diartikan secara aktual. Filosofi ini sangat penting bagi kehidupan berdemokrasi. Kalau bangsa kita mendasarkan demokrasi dengan falsafah diatas saya yakin negara kita pasti akan aman, tentram dan sejahtera.’Mangan ora mangan’ melambangkan eforia demokrasi, yang mungkin satu pihak mendapatkan sesuatu (kekuasaan) dan yang lain pihak tidak. Yg tdk dapat apa-apa tetap legowo. ‘Sing penting ngumpul’ melambangkan berpegang teguh pada persatuan, yang artinya bersatu untuk tujuan bersama.
    Saya pikir Filosofi ‘Mangan ora mangan sing penting kumpul’ adalah
    filosofi yang cocok yang bisa mendasari kehidupan demokrasi bangsa
    Indonesia agar tujuan bangsa ini tercapai.
    Contoh kasus. Amerika tidak akan membiarkan warganya tersiksa terbunuh di kubur di luar negeri

    Wong jowo ki gampang di tekuk-tekuk.
    Filosofi ini juga berupa ungkapan peribahasa yang dalam bahasa Indonesia adalah ‘Orang Jawa itu mudah ditekuk-tekuk’.
    Ungkapan ini menunjukan fleksibelitas dari orang jawa dalam kehidupan. Kemudahan bergaul dan kemampuan hidup di level manapun baik miskin, kaya, pejabat atau pesuruh sekali pun. Orang yang memegang filosofi ini akan selalu giat bekerja dan selalu ulet dalam meraih cita-citanya.
    Contoh kasus. Kalo ga percaya… sini tak tekuk… hehehehehe

    • Datan.Serik Lamun Ketaman,..Datan Susah Lamun Kelangan
      Jangan gampang sakit hati manakala musibah menimpa diri
      Jangan sedih manakala kehilangan sesuatu .
      Terima baik anugerah maupun bencana..
      Kita sudah menjalankan apa yg sudah tersirat menurut sang pencipta…

      ————————————
      Bahagianya kalau semua orang bisa punya hati yang mengakui bahwa apa yg kita alami semua memang kehendak sang pencipta

      Tetapi yang namanya manusia selalu ada aja yg cari kambing hitam dalam menghadapi masalahnya .. kadang untuk hal yg kecil aja…
      Ga terima dan menyalahkan orang lain dengan apa yg menimpanya..

      Lupa bahwa semua hal hrs disyukuri .. berterima kasih pada Tuhan dgn iman doa

      Tidak ada lagi kambing hitam

      Damai dihati … damai di bumi ..

      selamat siang
      matur nuwun

    • orang jawa mati kalau dipangku,
      terlena karena puji-pujian… hilang eling dan waspadanya… ga konsen…

      bahasa kasarnya,
      anda puas kami lemas…. lho!

  24. Nrimo ing pandum
    Arti yang mendalam menunjukan pada sikap Kejujuran, keiklasan, ringan dalam bekerja dan ketidakinginan untuk korupsi. Inti filosofi ini adalah Orang harus iklas menerima hasil dari usaha yang sudah dia kerjakan. (BB)
    ————————————-
    Pasrah bongkokan. ‘Jadilah kehendak Mu di atas bumi seperti di dalam surga ..’

  25. Allahu Akbar ?

    JAKARTA, KOMPAS.com (1 Feb,2012) — Musola alias Saifullah alias Muhammad Ibrohim Musa, tersangka teroris kelompok Cirebon yang melakukan aksinya di Masjid Polres Cirebon Az-Zikra pada 15 Maret 2011 lalu, divonis 8 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Tangerang, Rabu (1/2/2012).

    Majelis hakim yang terdiri dari Riyadi Sunindo, ZA Hasibuan, dan I Gede Mayuan menganggap Musola terbukti membantu Muhammad Syarif melakukan tindak pidana terorisme dengan merakit sebuah bom untuk diledakkan di Masjid Az-Zikra yang berada di kompleks Polres Cirebon.

    “Menyatakan dengan sah dan meyakinkan atas nama Musola alias Saifullah alias Muhammad Ibrohim Musa melakukan tindak pidana terorisme selama 8 tahun,” tegas majelis hakim, ZA Hasibuan.

    Musola yang memakai peci hitam dan baju oranye langsung meneriakkan takbir dalam ruang sidang Prof Dr Mr R Wirjono Prodjodikoro, SH di PN Tangerang, “Allahuakbar, Allahuakbar,” teriaknya.

    Terdakwa terbukti bersalah melanggar Pasal 15 dan 9 UU Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Penetapan Perundang-undangan Nomor 1 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme menjadi UU dan Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951.

    Peristiwa ledakan di Masjid Polres Cirebon tersebut mengakibatkan lebih dari 30 orang luka-luka, termasuk Kapolres Cirebon AKBP Herukaca akibat pecahan baut, mur, dan paku yang menerjang para polisi yang tengah melakukan ibadah.

    Sementara dari ke 13 tersangka, dua di antaranya telah divonis di hari yang sama, yaitu Jakim alias Zaim alias Saiful Muboraq divonis 5 tahun, dan Zulkifli alias Abu Irhab divonis 7 tahun.

  26. spsw nusantoro

    Sugeng Ndalu Sedoyo Sedherek Inkang Kinurmatan
    Salam Rahayu

    Tulisan di atas mengenai “Wong Cino” sebenarnya adalah suatu bentuk test bagi diri kita sendiri. Seandainya sedoyo sederek mempunyai jiwa seorang satria, maka pertanyaannya adalah…

    Sanggupkah aku menjadi seorang satria yang berjiwa adil kepada sesama ?
    Mampukah aku membela kebenaran atas ketidak adilan yang dialami seseorang yang berbeda paham warna kulit dan ras?
    Maukah aku membantu dan menolong mereka yang sakit, menderita dan papa?
    Mungkinkah segala kebencian dan dendam hilang dari jiwa dan pikiranku?
    Akankah aku menerima segal bentuk perbedaan yang ada di antara manusia di seluruh muka bumi?

    Monggo di pikir kembali hakekat dari kalimat Manusia yang berhakekat dan bermartabat. Apakah diri kita sudah sesuai? Atau hanya terkesan sesuai?

    Kembali kepada kejujuran di dalam hati kita dan jiwa yang lapang dada maka kita akan menemukan jawabannya.

    Suwun

    • Mas SPSW lan para sedherek,

      Wah ini dia – si jali jali – yang sudah lama saya tunggu … Pertanyaan yg sudah lama … mengusik saya … Saya jelas terbatas, tidak sempurna, tapi dalam keterbatasan – dan kebodohan – saya, saya bisa … melihat orang lain seperti saya melihat diri saya sendiri.

      Ketika masih muda , beberapa dekade yl, saya masih sering membeda- bedakan orang : orang ini beragama A,dia B,saya C, orang ini dari sana, dia dari sono,saya dari sini, dia berkulit berbeda dengan saya, dia berbahasa ibu lain dengan bahasa ibu saya,dll. Sekarang, mungkin karena sadar sewaktu-waktu saya bisa mampus, bablas, sudah tidak muda lagi, ya pelan2 tapi pasti perbedaan2 yg saya lihat itu semakin hari semakin memburam … Mungkin karena IQ saya menurun drastis , atau usia semakin menua saya lebih sering melihat … persamaan. Agama orang A,B,C,D,E,F,Z atau TANPA agama sama sekali, ini tidak menjadi masalah lagi bagi saya. Orang Nusantara, dari daerah mana, atau orang dari Luar Nusantara (LN) – saya punya lumayan banyak teman dari LN – bagi saya tak banyak berbeda.

      Manusia dari manapun juga, sama : Lapar kalau tidak makan,haus kalau tidak minum,ingin cukup sandang pangan, ingin punya papan, ingin melihat anak2 sukses,ingin dihormati, ingin bahagia,dll.

      Saya bukan Yudhistira,Resi Bisma, apalagi Kresna. Saya bukan ksatria, apalagi pandhita … Saya cuma saya. Jauuh dari tokoh2 tsb, tapi saya mencoba berjalan di jalan orang2 ampuh dan waskita itu ,juga di jalan orang2 ampuh,arif dan waskita yg lain … Sampai saat ini siapa saya, pada taraf mana untuk menjadi orang ‘sempurna’, ini tidak terlalu penting bagi saya … Yang lebih penting bagi saya adalah ke arah mana saya berjalan, menuju kemana,dan apakah rasa iri,benci dan dengki masih ada di hati saya ….

      Saya tidak punya daya linuwih, ampuh seperti banyak sedulur disini : Kang ABR,Mas Tembayat, Kang Bejo,Kang Baok, Mas WM – atau anak2 nya, dll. Alam,Gusti sudah memilih mereka untuk itu. Saya nrimo ing pandum saja, pasrah bongkokan. Que sera sera, whatever will be,will be … Apapun yang akan terjadi, biarlah terjadi … Saya mensyukuri hidup yg pendek ini, sing sak dermo mampir ngombe …

      Dengan cara saya, saya mencoba untuk mengurangi kemiskinan, untuk memerangi ketidakadilan di dunia ini, dan untuk menyebarkan keakraban ‘ngopi/ngeteh nasgithel’ dengan sedulur dimana saja; di sana, di sono, di sini ..
      Salam seduluran.

      Rahayu

  27. salam sejahtera kagem ki spsw dan poro sepuh pini sepuh………

    apa yg dituangkan secara pribadi membenarkan , sudah semestinya kita sebagai anak bangsa bertindak arif serta bijaksana dalam bersikap tentang etnis………. karna persoalan etnis tidak dihadapi negara kita saja, akan tetapi negara lain juga sama menghadapi persoalan yg sama.

    pada hahekatnya manusia berasal dari sumber yg sama dari kakek moyang adam dan hawa , kedati kita dihadapkan teori evolusi darwin yg mengaburkan asal usul bangsa manusia , toh ! teori tersebut terjadi pertentangan……..

    kalau manusia sekarang berasal dari evolusi hewan , apakah kita telah bervolusi dari bentuk bapak adam ? meskipun masa nabi adam hingga kini baru sekitar kurang lebih 300 ribu tahun. hemat saya tidak ! berubahnya manusia hanya warna/ figmen bukan bentuk karena didukung oleh faktor alam disekitarnya serta pola makanan sehari-hari…
    mereka berkembang biak ,benanak pinak , menempati daerah-daerah baru untuk dihuni.
    selanjutnya terbentuklah komunitas masyakat setempat, kelompak lingkungan,kelompok wilayah serta kelompak daerah serta kelompok bangsa. sampai ke kepulauan nusantara , kita kenal dengan manusia perahu , nenek moyang kita sendiri berasal dari propinsi yunan bagian tenggara tiongkok.

    kemudian menempati daerah kosong yg belum berpenguni , terbentuklah kelompok etnis baru, bahasa yg berbeda serta adat istiadat berbeda menyesuaikan dg lingkungan disekitarnya seperti sekarang ini.

    kalau disimak dari sisi spiritual ketauhitan. semua manusia berasal dari alam yg sama yakni alam jiwa/ alam badan halus yg atauran dan tata cara berbeda dengan alam dunia, kita belum mengenal siapa ayah,ibu dan saudara-saudara kita, dimana kita berada……? daerah/negara yg akan kita tempati , nasib kita nanti bagaimana setelah kita hidup dialam dunia semua itu didalam genggaman dan kekuasan zat yg maha pencipta alam semesta.dan maha pengatur atas mahluknya.
    ada lima alam yg harus kita lalui, 1 alam jiwa/roh/badan halus…… 2 alam kandungan……..3 alam dunia……….4 alam kubur……….dan 5 alam akhirat.
    ketika kita masih berada dialam jiwa kita sudah bersosialisasi antar sesama cuma kita tdk tahu kapan kita akan turun untuk menghuni alam dunia, jika sudah saatnya menghuni dunia baru maka kita akan dituntun masuk sebuah lorong.,makin masuk kedalamnya kita mangkin tidak sadarkan diri/lupa, barulah kita masuk didalam alam lain yakni alam kandungan….didalam alam ini kita dipersiapkan memakai sarana pakaian/jasad agar dapat bersosialisasi dialam dunia atau nyata
    dialam dunia/alam tahap tiga, kita telah dibekali pakaian yakni jasad, untuk mengarungi samudra kehidupan dialam dunia, kita tidak tahu ketika lahir keluar dari alam kandungan , menjadi anak siapa………..? tinggal didaerah/negara mana………..? keyakinan yg dianut tua kita apa………..? serta status sosial orang tua kita bagaimana……….?
    dialam dunia inilah kita diberi bekal tuhan yg maha kuasa yakni ilmu akal /ilmu pengetahuan untuk kemudahan hidup / sarana di dunia dan tuntunan agama / ilmu tauhid untuk keselamatan kita menempuh perjalan kealam kematian /alam kubur ,jika dialam tahap 4. kita selamat , sudah barang tentu alam tahap lima/akhirat juga selamat.
    demikian penjabaran saya , yg saya ketahui sebagai wacana………..berpikir bukan diskusi. wassalam…………..

  28. Ratu Adil - 666

    Wong Jawa kari separo landa Cina kari sajodo menurut Ramalan Jayabaya akan terjadi dlm goro-goro. Jumlah pnddk Jawa skrg sekitar 136 juta akan turun drastis jadi 68 jutaan menurut hitungan. Prstwa ini berkenaan dgn kemunculan Satrio Piningit. Jumlah yg wafat dlm berbagai bencana dahsyat telah direvisi jadi sekitar 44 juta orang.

  29. Salam Mas Eddy…….

    Terima kasih dengan infonya……

    Kami atau kita sepertinya tidak ada waktu dan tinggal menunggu hari…..

    Harapan dan doa kita semoga itu tidak terjadi…..AMIN…

  30. Salam Mas Eddy……..

    Mohon maaf bila kami mengecilkan suatu arti wilayah atau keadaan tempat dan mohon maaf bila kami juga mengecilkan arti dari gambaran yang sudah Mas Eddy terima dan akhirnya disampaikan di rumah Mas SPSW ini……….

    PERANG AGUNG yang menelan puluhan juta jiwa manusia dan itu tidak main main peristiwanya dan kita tidak bisa membayangkan tentang itu …mengerikan bila dibayangkan……..

    Kami sebagai rakyat kecil tidak mengerti apa apa tentang permasalahan di negeri ini dan kita tentunya tidak juga mengerti apa sebabnya sehingga ada pembataian yang dilakukan oleh sesama saudara dan setanah air Indonesia …..

    MISAL saja perang itu HARUS ada dan terjadi dan MISAL saja doa kita dikabulkan oleh Tuhan dengan bermohon semoga PERANG itu terjadi disuatu tempat saja atau hanya di satu kota saja …yaitu JAKARTA…..

    Seperti yang sudah dikiaskan atau disimbolkan oleh rakyat yang sudah kecewa ini , kita atau mereka mengatakan bahwa negeri NKRI seperti tidak ada dan yang ada adalah negeri JAKARTA…..maka kalau ada perang agung semoga terjadi ditempat itu……

    Mohon maaf Mas Eddy …bukan kami tidak percaya …hanya berharap semua pembataian antar saudara tidak terjadi dengan jumlah korban sampai puluhan juta jiwa…..Nuwun…….

    • Negeri Indonesia dan BUMI NKRI sebenarnya sudah menyediakan banyak hal untuk kemakmuran manusianya ternyata berjalan dengan tidak semestinya…tidak adil merata….

      Negara akan maju dengan pesat dan makmur sentosa sejahtera bila dipimpin oleh para pemimpin yang JUJUR dan AMANAH. dan dengan pemimpin seperti itu maka rakyat pasti mengerti dan tahu diri dan juga pasti sangat patuh dengan aturan dan hukum yang sudah diberlakukan demi kebersamaan dalam hidup bersama / bernegara….

      Negeri ini hancur lebur ekonominya atas atau karena kebijakan dari para manusia pemimpin Jakarta …..

      Kalabendu akan berakhir dan berganti dengan jaman kalasuba bila para pemimpin yang sudah khianat itu sudah jatuh atau dijatuhkan dan diganti oleh para pemimpin yang baik dan tentunya para pemimpin itu dipilih oleh DEWA berbadan manusia yang telah melakukan Perang Pupuh dalam 2 hari itu seperti yang Mas Eddy duga dan sudah ditulis di blog Njenengan……Terima kasih….Nuwun….

    • pnduduk jkt cuma 4% mbah.. masi kurang 36% lg😦

  31. Salam Kang JS dan saudara semua.

    Ada yg aneh tentang EC…. jadi pertanyaan, kenapa komennya ditutup.
    Kalau begitu, artinya bahwa dia sudah tidak mau tulisannya dibantah… hal ini akan merubah sifat blog yg sebelumnya demokratis berubah jadi otoriter…. sama artinya bahwa bog EC jadi alat propaganda.
    Saya amati sejak lama, blog EC bisa bikin orang kecanduan jadi SP dan mulai tak normal … ber-ilusi yg enggak-enggak…. coba cacak amati, siapa-siapa yg telah keracunan “narkoba SP”.
    Lebih jauh lagi, kenapa memberitahukan adanya perang dahsyat….perang pupuh… yg makan korban jutaan jiwa…. dan EC imemberitahukan bahwa para pembantai ini cuma bersenjatakan parang/sabit/clurit….. ditambahi saran agar mempersiapkan diri untuk menyimpan bekal sembako 2 bulan..(dg kata lain: mulai ikutan asah parang/pedang dll untuk persiapan…. inilah yg dimaui oleh EC dg pesan tsb)…. sehingga membuat masyarakat resah dan mudah curiga sehingga mudah diadu domba.
    Kemungkinan EC adalah orangnya si pembuat onar…. mungkin juga terlibat dlm peristiwa kerusuhan di JKT dan Solo pada mei 98…. mungkin berencana mengulanginya.
    Mohon waspada terhadap segala jenis hasutan halus ini.

  32. ——————————————————–
    Yang punya rencana akan membunuh 99% umat Islam Indonesia.
    Yang punya rencana mengganti agama Islam dengan agama Buddha.
    ——————————————————–
    Pernyataan tersebut jelas “ngompori” orang islam agar melenyapkan pemeluk agama Budha.
    Kalau peristiwa mei98 yg diadu adalah Pribumi VS Non-Pribumi.
    Kedepan rencana yg diadu hampir sama… Pribumi (mayoritas islam) VS Non-Pribumi (mayoritas Budha)….. polanya hampir sama.

  33. EC secara tak disadari menaruh tulisannya pada halaman ini: wong cino kari separo….. sudah jelas arahnya…… mirip peristiwa mei 98 cuma disamarkan islam vs budha.

  34. Salam hormat poro sepuh&sedulur,..
    Kang eddycorret @ untuk pandangan hari depan jangan dibuka kang eddycorret,,.karena kondisinya akan bisa berubah,,…
    siapa yg mau menghendaki ribuan manusia meninggal..?
    Siapa yg mau terkondisi,dirinya dalam musibah..?
    Siapa yg mau menyaksikan,adanya kerusakan pada dirinya..?

    # selama alam ghaib masih Ada,.keberADAan TUHAN juga akan selalu Ada #

    rahayu,,,…

  35. brarti 3 hari lg ya kk.. kalo bner mantab jg info kk, ampe bisa nyebut tgl.. ditunggu sambungannya ya kk, kalo bisa kk pake avatar yg naruto itu donk,, jd kita tau ini kk ec bneran, bukan ec jadi2an😛

  36. kk eddy….

    1) dulu kk ngramal sp muncul taun 2008, trnyata salah… kk brani sumpe ramalan yg ini ga salah lg?

    2) krusuhan ini antar apa ya kk? antar suku ato agama? suku apa? agama apa?

    3) mama lorenz jg bilang 40% rakyat mati, tapi karna bencana bsar, bukan prang… mnurut kk cuma karna prang yach? ga pake bencana alam? ato kombinasi?

    4) sp nyetop prang, brarti sp tntara ya kk?

    5) gmana sikap presiden dan tni dlm prang agung nanti kk?

    6) sp nanti trbang2 kayak superman gitu ya kk?

    7) sbenernya di blog ini ada yg siap mhentikan prang lho kk…. mbah js di jatim, bb di bali, gamal di sulawesi, kalo mreka btiga udah turun bakal jd the avengers part 2 lho kk😀

  37. sebenarnya apa yang disampaikan kang eddy tidak ada yang salah, sebab beliau hanya menyampaikan apa yang dia tau, soal ppercaya atau tidak itu masalah lain/

    kalau diangap memprovokasi saya pikir engak juga, karena gambaran perang agung kondisinya memang akan seperti itu, masyarakat ( massa ) akan mempergunakan berbagai macam senjata untuk mempertahanka diri dan berjuang hidup, lihatlah kondisi sekarang, bukankah sekarang sudah terjadi perang dengan sekala kecil ( kelompook ), mereke bersenjata parang, tombak, panah, bom molotov dan sebagainya, kalau peristiwa ini meluas dan tidak terkendali, terciptala pperang agung.

    menurut saya, sebaiknya positif thinking saja, tidak ada salahnya informasi itu kita cermati dan kita sikapi kalau sekiranya, tanda2 perang agung itu mmulai nampak.

    sekedar informasi, sebenarnya saat ini ada sosok yang pinilih ( cuma saya tidak tahu, apakah beliau ini SP atau bukan ), beliau saat ini berusia cukup matang, memiliki musika di kening, saat ini, pernah mengalami ujian yang sangat besar, didampingi para leluhur nusantara, belau termasuk orang yang istiqomah, kehidupannnya saat ini meski tidak kaya, tetapi sakinah mwaddah warrohmah, zuhud, dan secara spiritualmerupakan cucu pendiri majapahit ( pengakuan darrii ppara leluhur ), di dalam tubuhnya terdappat simbol bulan dan bintang, dan saat ini beliau masih menjadi orang biasa.

    jadi kemunculan SP dan perang agung itu, menurut saya memang kehendak jaman, akan tetapi tidak ada satupun yan bisa memastikan, kapan pperistiwa itu terjadi

  38. baru ngeh kalo eddycorret.wordpress.com udha mulai aktip lg… bravo kk ec! ayo smangat nulisnya, kluarin info yg banyak, jgn pelit2😛

  39. tulisan eddycorret koq diapus? aya naon bb?

  40. Malam Kang Pengiler
    Mash ada kok. Ini perang Pupuhnya EC

    Perang pupuh hanya 2 hari.
    Ada puluhan gambaran tentang perang pupuh yang kelak akan digelar oleh Satrio Piningit Sejati dalam rangka untuk menghentikan perang agung yang sedang seru-serunya berlangsung. Akan tetapi melihat dan membaca komentar-komentar yang disampaikan pengunjung pada tulisan-tulisan yang telah diterbitkan sepertinya banyak bahkan 99% menolak hasil penafsiran Eddy Corret, maka sia-sialah bila semua gambaran perang pupuh itu ditampilkan.

    Dalam hal ini hanya akan diberikan satu gambaran saja tentang peristiwa perang pupuh yang akan terjadi nanti. Prediksi saya dari satu gambaran ini kemungkinan juga tidak akan ada yang percaya. Tapi biarlah karena bila telah tiba perang pupuh nanti digelar, maka semua orang akan tahu sendiri benar tidaknya. Jadi saya tidak perlu teriak-teriak atau menerbitkan puluhan tulisan untuk meyakinkan orang. Ini saja sepertinya cukup.

    Gambaran Perang Pupuh.
    Pada saat terjadinya perang agung di suatu tempat di negri tercinta Indonesia antara rakyat Indonesia yang masih hidup dengan rakyat Indonesia pula yang belum mati, tiba-tiba dari dalam tanah muncul monster yang begitu mengerikan. Pada mulanya terlihat kepalanya nongol lalu leher, badan dan kakinya hingga utuh wujud monster itu dalam keadaan berdiri tegak muncul dari permukaan tanah tepat di tengah-tengah berlangsungnya perang agung.

    Bila diukur tinggi monster itu kurang lebih setinggi bangunan berlantai 7. Sesaat setelah seluruh bagian tubuhnya telah muncul dari dalam tanah, monster itupun mengamuk sambil mengeluarkan suara yang begitu keras dan mengerikan. Orang-orang disekitar tempat itu yang sedang saling menyerangpun pada kocar-kacir berlarian berhamburan menjauhi monster tersebut untuk menyelamatkan diri.

    Orang pasti tidak percaya.
    Satu, sedikit dan pendek juga singkat saja yang bisa saya berikan mengenai salah satu gambaran terjadinya perang pupuh yang kelak akan digelar oleh Satrio Piningit Sejati. Saya yakin anda-anda semua tidak percaya dengan gambaran yang saya berikan di atas. Percaya atau tidak percaya bagiku tidak masalah karena tidak akan merubah apapun. Perang pupuh terjadi atas kehendak Tuhan dan kelak anda akan melihat sendiri peristiwanya.

    Wahyu Keprabon
    Perang agung terjadinya begitu cepat, begitu hebat dan diluar dugaan semua orang. Cepat dan hebatnya perang agung tidak akan bisa dihentikan oleh orang yang memiliki Wahyu Keprabon. Apabila orang yang punya Wahyu Keprabon mampu untuk menghentikan perang agung, maka Presiden SBY dengan TNI pasti bisa melakukannya. Percaya atau tidak percaya bahwa sesungguhnya perang agung hanya bisa dihentikan dengan mukjizat Tuhan (dewa berbadan manusia).

    Catatan : Bagi anda yang meyakini Satrio Piningit kelak akan mendapat Wahyu Keprabon, dipastikan kesulitan untuk mempercayai gambaran di atas.

    Eddy Corret.

    • Ada yg bisa menjelaskan ga, bagaimana raut wajah EC saat menulis tulisan trsbt?

      • He he he ….mungkin seperti saya ketika menulis….dengan wajah meringis karena melawan perut mules …atau sambil ngiler dan mata sayu karena mabuk gambar gaib ….ha hha…

    • maksud sy yg asli itu koq diapus sich? perang agung dua minggu yg ditulis id tetangga bu lurah…. itukan malah pas ama topik blog, drpada ngalorngidul mbahas yg gaje…

      • malam semuanya pecinta blok akigendeng banget deh!
        mungkin saya bisa urun rembuk ttg tulisan eddy corret yg di jabarkan kang bedjo banget deh !
        tentang perang pupuh sebenarnya identik dg perang barata yudha joyobinangun yakni perang antara kebaikan dan keburukan. siapapaun tdk akan mampu mengatasinya kecuali pertolongan datangnya dari yg maha pencipta semesta alam.
        kejahatan /angkara murka dipimpin oleh pemimpin bangsa setan/iblis dengan tinggi badan sekita lebih kurang 20 meter dg suara seperti guntur.
        sedang satria pinilih pilihan tuhan senjata andalannya cakra baskara/aji bala sewu, ketika dilesatkan ke langit maka akan keluarlah cahaya didampingi ribuan bangsa malaikat kemudian memayungi bumi pertiwi ibarat payung.
        tentang tulisan eddy corret yg bisa memastikan tanggal dan tahun tentang gonjang-ganjing di nusantara ,itu yg perlu dipertanyakan……..
        apakah kita tahu mati kita kapan?… nasib serta derajad kita besok seperti apa..?
        demikian analisa saya mohon maaf bila ada kekuarang dalam penafsiran karena saya masih bodoh yg harus banyak belajar.

  41. Malam,
    itu si EC sebaiknya tinggalken nama dan alamat nyang jelas, brani berbuat harus brani tanggung jawab menyebarken isu hingga gerah cak Sidik.
    Klau die sampe dipenjara ame cak Sidik brarti dienya SP asli, maka kloplah wangsit Siliwangi.

  42. makelar damai

    1. Perang Agung hanya 2 minggu
    Perang agung hanya berlangsung selama 2 minggu (kurang lebih).
    Namun 40% rakyat Indonesia akan mati terbunuh.
    Sisanya pada trauma, bingung, kelaparan, sakit dll.

    Ini adalah akhir dan puncak dari Zaman Kalbendu.
    Perang ini bukan akhir dan kiamat bagi Indonesia.
    tetapi pertanda Zaman Sukaria akan dimulai dan dibuka.

    Mengapa banyak yang tidak mengetahui waktu perang agung ?
    karena punya jago Satrio Piningit palsu.
    Sementara yang tidak punya jago disibukkan oleh ulah yang palsu.

    Sebenarnya banyak yang mengetahui waktu perang agung.
    Akan tetapi ragu, benar apa tidak atau hanya kerusuhan saja.
    Sementara yang yakin pada diam (ntah kenapa).

    Ada juga yang mampu melihat peristiwa perang agung.
    Namun tidak percaya kalau itu sebenarnya perang agung.
    Sehingga dia diam saja dan hanya melihat, ya sudah.

    Ada juga yang yakin dengan hasil penglihatannya.
    Namun bingung bagaimana memberitahukan pada orang lain.
    Belum-belum sudah pesimis orang lain tidak akan percaya.

    2. Info Perang Agung.
    Saya Eddy Corret memberanikan diri
    Membocorkan informasi perang agung ini ke publik.
    Agar pada bersiap-siap untuk menghadapinya.

    Perang agung akan terjadi pada bulan Sura 1946 Jimakir.
    Versi Islam terjadi pada bulan Muharram 1434 Hijriyah.
    Versi Nasional terjadi pada bulan Desember 2012 Masehi.

    Tahun 2012 semua baik-baik saja, diluar dugaan 4 Desember jadi perang.
    Rakyat Indonesia pada kocar-kacir seperti gabah ditampi.
    Berusaha menyelamatkan diri dari perang tiban dan pembantaian.

    Diprediksi perang agung terjadi pada senin 26 Nofember 2012, eh ternyata tidak.
    Kemudian diprediksi terjadi pada 30 Nofember 2012, eh ternyata belum juga.
    Selanjutnya diprediksi akan terjadi pada Selasa 4 Desember 2012 (semoga bener).

    Yang selamat tidak tahu hari ini, esok dan lusa akan makan apa.
    Yang sakit tidak tahu kapan dan bagaimana sembuhnya.
    Yang mati tidak jelas kapan akan dikuburkan.

    Padahal bukan pistol, senapan atau bom.
    Hanya senjata biasa seperti pisau, arit, kapak, pedang dll.
    Tetapi digunakan untuk membunuh ratusan bahkan ribuan orang.

    Si A : “Aku telah membunuh 100 orang hari ini.”
    Si B : “Aku lupa berapa sudah yang aku bunuh.”
    Si C : “Jangan banyak ngobrol, ayo kita bunuh yang disana.”

    3. Siapa yang berani menghentikan perang agung.
    Yang mengaku Ratu Adil, yang mengaku Satrio Piningit.
    Yang mengaku Satrio Pinandhito Sinisihan Wahyu.
    Coba hentikan perang agung, pasti anda akan mati terbunuh.

    Yang mengaku Kalki Avatar, yang mengaku Imam Mahdi.
    Yang mengaku Pemuda Bani Tammim, yang mengaku Mesiah.
    Coba hentikan perang agung, pasti anda akan mati terbunuh.

    Yang mengaku Bocah Angon, yang mengaku Herucokro.
    Yang mengaku diasuh oleh Sabdo Palon Noyo Genggong.
    Coba hentikan perang agung, pasti anda akan mati terbunuh.

    Yang mengaku punya jurus Tapak Buddha, yang mengaku Alien.
    Yang mengaku lahir di bumi Mekkah, atau dari Planet Nibiru.
    Coba hentikan perang agung, pasti anda akan mati terbunuh.

    Yang punya rencana akan membunuh 99% umat Islam Indonesia.
    Yang punya rencana mengganti agama Islam dengan agama Buddha.
    Coba hentikan perang agung, pasti anda akan mati terbunuh.

    4. Yang punya jago nama calon Ratu Adil.
    Siapa yang meyakini calon Ratu Adil ada di Sunda atau di gunung Lawu.
    Atau di Alas Ketonggo atau di Lebak Cawene atau di gunung Halimun.
    Suruh Dia menghentikan perang agung, pasti akan mati terbunuh.

    Siapa yang meyakini calon Ratu Adil ada di Jogja atau Solo atau Semarang.
    Atau di Bandung, di Surabaya, di Jateng, di Jabar, di Jatim.
    Suruh Dia menghentikan perang agung, pasti akan mati terbunuh.

    Siapa yang meyakini calon Ratu Adil ada di luar Jawa.
    Atau yang meyakini calon Ratu Adil ada di luar negri.
    Suruh Dia menghentikan perang agung, pasti akan mati terbunuh.

    5. Yang punya Wahyu Keprabon.
    Siapa yang punya Wahyu Keprabon ?
    Cobalah hentikan perang agung.
    Dijamin pasti anda akn mati terbunuh.

    Perang agung tidak bisa dihentikan dengan Wahyu Keprabon.
    Bahkan Wahyu Alam Semesta (kesaktian) juga tidak bisa.
    Hanya Mukjizat Tuhan yang bisa menghentikannya.

    Kekuatan massa adalah kekuatan takdir Tuhan.
    Wahyu Keprabon adalah kekuatan Leluhur Nusantara.
    Kekuatan Leluhur Nusantara tidak akan kuat menghadapi kekuatan Tuhan.

    Untuk itu jangan sok merasa bisa menghentikan perang agung.
    Lebih baik menyelamatkan diri sendiri sebaik-baiknya.
    Melindungi diri, keluarga, tetangga, kerabat, teman semampunya.

    6. Keadan saat Perang Agung.
    Ingatlah bahwa pada saat perang agung ekonomi akan lumpuh.
    Bahkan setelah perang agungpun ekonomi tidak segera pulih.
    Butuh waktu untuk memperbaiki perekonomian kembali.

    Semua alat transportasi tidak beraktifitas pada saat perang nanti.
    Listrik padam, air terhenti, telepon putus, internet mati.
    Pasar, toko, kios, kedai, warung, mall, supermarket dll pada tutup.

    Untuk itu persiapkan diri dari sekarang sebelum terlambat.
    Beli lilin, teplok, sentir, senter, minyak tanah dll untuk penerangan.
    Beli gas elpiji, korek api, kompor dan minyak tambahan untuk 1-2 bulan.

    Simpan makanan instan untuk 1-2 bulan (jangan hanya 2 minggu).
    Simpan makanan tambahan siapa tahu ada yang membutuhkan.
    Makanan/bahannya harus tahan (awet) lebih dari 2 bulan.

    Bulan November Desember merupakan bulan musim hujan.
    Beli ember atau alat penampung lainnya untuk menampung air hujan.
    Lebih baik tidak mandi dan mencuci, gunakan air untuk minum saja.

    Bagi yang punya banyak uang alias kaya.
    Untuk sementara bisa mengungsi ke luar negri selama 1 bulan.
    Fungsikan uang untuk keselamatan dan bukan hanya disimpan.

    Alternatif listrik dengan Panel Matahari, 5 juta dapet 1200 whatt.
    Alternatif air dengan menggali sumur atau mengungsi ke dekat sungai.
    Alternatif makan dengan menyimpan mie instan dan yang instan lainnya.

    7. Kemunculan Satrio Piningit.
    Tuhan Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
    Tuhan tidak akan membiarkan Indonesia dalam kehancuran yang nyata.
    Indonesia tidak akan dibiarkan kiamat sebelum waktunya.

    Satrio Piningit sejati akan segera dikeluarkan dari persembunyiannya.
    Menggelar Perang Pupuh untuk menghentikan Perang Agung.
    Menutup lembaran Zaman Kalabendu dan membuka lembaran Zaman Kalasuba.

    Bersambung …….
    Pada mulanya cuma isu … orang pada meremehkan.
    Akhirnya menjadi kenyatan.
    Demonstrasi di seluruh daerah.
    Kasus berdarah.
    Terlambat sudah.

    Eddy Corret.

  43. Hello, i believe that i noticed you visited my web site so i got here to return
    the favor?.I’m trying to find things to improve my web site!I suppose its good enough to use a few of your ideas!!

  44. I like the valuable information you provide in your articles.
    I will bookmark your weblog and check again here frequently.
    I’m quite certain I’ll learn plenty of new stuff right here!
    Best of luck for the next!

  45. I just couldn’t go away your web site before suggesting that I actually loved the standard information a person supply on your guests? Is going to be back continuously to check out new posts

  46. Thanks for finally writing about >Wong Cino Kari
    Sejodho? Salah siapa? Indonesia Mercusuar Dunia <Liked it!

  47. Ozy…web blogger(best speaker/best mounting/best home theatre..truly your web is rubish…no wonder no one want to buy from you. They know where to buy a better speaker fr Jb hifi/harvey norman etc…what the hell are you trying to do in this web..go to hell….I dont want to see you all say rubish here….

  48. Outstanding story tɦere. Whаt happened after?
    Tаke care!

  49. Assatirul Awwalin

    Perang pupuh memang sudah terjadi kok, tahun 2008 itu sudah dimulai, intinya harus mengorbankan bocah angon, bocah angon disini adalah, para keturunan waliyullah, yang berasal dari daerah jawa, bisa itu jawa barat atau jawa tengah atau timur, dan juga mempunyai keturunan terah raja yang gemilang pada zaman dulunya, seperti siliwangi, ataupun jayabaya…perang pupuh terakhir itu bulan oktober 2014-Maret 2015, apalagi kalau bukan untuk mengambil terah atau wahyu keprabon yang bukan miliknya agar penguasa yang palsu wahyu keprabon bisa jaya n langgeng……tapi yang punya hidup n mati hanyalah Allah SWT, semua itu miliknya, dan kepadanyalah semua kembali…..entah kapan waktunya……sudah banyak bocah angon yang mati/meninggal karena menerima n menahan, dijadikan wadah untuk digebukin dari segala penjuru arah, untuk melindungi orang-orang yang akan dijadikan tumbal. tapi ingat! segala sesuatu ada balasannya, yang suka menumbalkan akan jadi tumbal, yang pesugihan kontraknya akan ditagih. yang suka mengadu domba akan jadi dombanya sendiri, yang berilmu dan tidak amanah atau mencari segala sesuatunya dinilai dengan uang ataupun kekayaan semuanya akan diambil……….intinya selama ada yang menjalankan amanah dan menjaga serta eling kepada Gusti Allah, insya Allah perang Agung tidak terjadi. Akan tetapi kalau manusianya tidak mau berubah dan lebih cinta berada di daerah bayang-bayang …ya tinggal lihat saja, kalau Alloh sudah berperan……maka mau lari kemana manusia, seperti gabah ditampi, dan seperti anai-anai yang beterbangan.

    sudah banyak kejadian saat ini, gunung yang meraung-raung
    gunung yang menabung karena kesakitan.
    dimana-mana ada gempa
    kebakaran dimana-mana
    ekonomi lesu….
    kemarau dimana-mana
    Airpun kering karena ulah manusia yang tidak menjaga alam.
    akhirnya apa……yang dibutuhkan adalah perut yang lapar, susah mencari penghidupan….karena banyaknya manusia yang menumpuk hartanya…dan tidak melihat orang yang susah..
    tinggal tunggu waktunya perang agung terjadi.

    sing eling dan waspada serta cermat…itulah orang yang bijak.

    Intinya kitalah yang menjadi bocah angon, semua orang tidak terbatas pada individu manapun. kitalah yang akan membawa dalam kehancuran atau kebaikan. karena kitalah bagian dari alam semesta…semuanya saling berkaitan, dan seperti satu tubuh. tapi ingat manusia itu selalu dikasih pilihan.

    Pilih….Angon yang di depan atau yang dibelakang….he..he

    dan ingatlah setiap manusia adalah seorang pemimpin. menjadi baik atau menjadi rusak.
    CIntailah hidup seperti engkau akan hidup selama-lamanya.
    dan cintailah mati karena entah saat ini lusa. engkau akan dipanggil.

    Semoga kita semua bisa menjadi orang yang berada di depan dari angonnya dan tidak berada di daerah bayang-bayang. karena bayang-bayang adalah tempatnya syaitan.

    Rahayu

  50. hal2 yang aneh aneh sdh ter jadi dari berbagai kasus….mulai kasus freeport…ledakan sarinah….utang luar negeri kecina….menggadaikan BANK….PEMINPIN yang tidak amanah…..rakyat jelata ….terhipnotis….mereka diatas angin ,merasa kuat, benar ..mendatangkan tenaga kerja dari entnis cina,,itu tanpa mereka sadari menombol boom waktu…prahara besar…..eelllaaa….eeellllooo…wong jawa kari separo..wong ciina kari sak jodo….artinya apa segala sesuatu akan terjadi….dibumi jawa ini.Kita nggak bisa melupakan SEJARAH (JAS mERAH ).Bangsa mongol pernah perang di kediri……dst….Sebagai orang mukmin prihatin dgn keadaan skrng….non systeam….smua kacau balau.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: